Rekomendasi Aplikasi Trading Kripto Terbaik Indoneisa

Aplikasi trading Kripto apa saja yang bisa digunakan di Indonesia dan jadi yang terbaik? Ini pertanyaan yang kerap disampaikan langara melakukan aktivitas trading kripto merupakan salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Banyak orang yang mendadak menjadi kaya karena kripto.

Fluktuasi yang tinggi menjadi hal yang dimanfaatkan oleh para trader yang terjun ke dunia kripto untuk memperoleh keuntungan. Namun, dengan keuntungan besar yang mungkin didapatkan, melakukan perdagangan mata uang kripto juga memiliki risiko yang sangat tinggi dikarenakan harganya sangat fluktuatif.

Rekomendasi Aplikasi Trading Kripto Terbaik 2024

Tentu saja ketika Anda ingin melakukan trading kripto, Anda harus menggunakan apllikasi trading kripto yang dapat digunakan dengan perangkat seperti laptop, tablet, maupun smartphone. Dalam artikel ini kami akan membahas aplikasi trading kripto terbaik yang dapat Anda gunakan untuk melakukan aktivitas trading kripto. Yuk, simak artikel ini agar Anda tidak bingung memilih aplikasi kripto!

Apa itu Kripto?

Kripto merupakan sebuat aset dalam wujud digital yang dirancang menjadi suatu mata uang virutal yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi jual beli atau sering disebut dengan trading. Keamanan kripto dijamin oleh kriptografi yang membuat mata uang kripto tersebut tidak dapat dipalsukan. Aset digital ini juga tidak diatur oleh otoritas pusat seperti bank sentral.

Mata uang kripto didukung oleh teknologi yang bernama blockchain. Teknologi ini yang menjamin keamanan pada aset yang Anda miliki, saat Anda bertransaksi secara online walaupun tanpa perantara pihak ketiga. Sederhanya, blockchain merupakan sekumpulan blok yang terhubung ke suatu buku besar online. Setiap blok berisikan sekumpulan transaksi terverifikasi yang dilakukan secara independen pada setiap jaringan.

Perkembangan kripto dimulai dengan munculnya Bitcoin yang saat ini memegang 50% dari kapitalisasi pasar mata uang kripto yang ada. Setelah kemunculan Bitcoin (BTC), mata uang kripto lain mulai bermunculan seperti Ethereum (ETH), Litecoin (LTC), dan Dogecoin (DOGE). Sayangnya, beberapa aset kripto yang sudah ada di pasar mengalami penurunan harga yang disebabkan oleh regulasi pemerintah dan perlindungan hukum di beberapa negara.

Walaupun sudah banyak trader Indonesia yang mulai melakukan trading kripto dan sudah memiliki status legal untuk diperdagangkan di Indonesia, kripto tidak dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia. Saat ini kripto juga telah terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan RI. Agar lebih aman, kami menyarankan Anda untuk melakukan trading dengan menggunkan aplikasi kripto yang sudah terdaftar pada Bappebti.

Karakteristik mata uang Kripto

Mata uang kripto sebagai aset yang terdesentralisasi memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya menjadi menarik bagi para trader. Berikut merupakan karakteristik yang dimiliki oleh mata uang kripto:

  • Mata uang kripto sangat aman: Keamanan kripto dijamin dengan kode kriptografi serta dikunci dengan menggunakan sistem kriptografi publik. Setiap pemilik memiliki kunci pribadinya masing-masing. Jadi, tidak ada yang bisa mengakses kunci pribadi tersebut selain pemiliknya. Kriptografi yang digunakan untuk membuat kunci pribadi ini sangat kuat, dengan jumlahnya yang sangat besar membuatnya hampir mustahil untuk dipecahkan. Oleh karena itu, seseorang dapat menggunakan mata uang kripto tanpa harus khawatir tentang keamanan asetnya.
  • Transaksi mata uang kripto tidak dapat diubah: Salah satu kekurangan dari mata uang kripto adalah transaksinya tidak dapat diubah. Ketika melakuan perdagangan mata uang kripto seperti Bitcoin, sebelum terjadinya perdagangan akan ada konfirmasi yang harus Anda berikan. Ketika Anda telah memberikan konfirmasi dan transaksi tersebut telah dimulai, maka Anda tidak dapat mengubahnya. Bahkan pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto sendiri tidak dapat mengubahnya. Pastikan terlebih dahulu transaksi yang Anda lakukan telah sesuai sebelum melakukan konfirmasi.
  • Tidak diperlukan izin: Anda tidak perlu untuk meminta izini dari pihak mana pun saat menggunakan mata uang kripto. Hal tersebut memiliki arti tidak ada penghalang yang dapat menghentikan Anda untuk menggunakan mata uang kripto. Yang diperlukan hanya unduh aplikasi atau perangkat lunak secara gratis dan menggunakannya untuk trading kripto. Karakteristik ini membuat para trader berbas menggunakan mata uang kripto sesuai dengan keinginan mereka.
  • Transaksi cepat: Karakteristik lainnya adalah transaksi yang cepat. Ketika Anda mulai bertransaksi pada kripto, transaksi tersebut akan segera diterima dan dikonfirmasi dalam hitungan menit saja.
  • Tidak terbatas ruang dan waktu: Mata uang kripto tidak terbatas pada ruang dan waktu. Anda dapat bertransaski atau mengirimkan kripto kepada orang lain dari berbagai belahan dunia mana pun. Transaksi tersebut juga akan terjadi pada waktu yang sama.
  • Anonimitas: Banyak orang takut tersebar data pribadinya ketika melakukan transaksi secara online. Hal tersebut tidak terjadi pada perdagangan mata uang kripto, karena Anda tidak perlu meberikan identitas pribadi Anda kita melakukan trading kripto. Anda cukup memiliki ID akun untuk melakukan trading kripto.

Dengan beberapa karakteristik yang telah dijelaskan di atas, kemudahan dan kecepatan transaksi trading kripto menjadi daya tarik trader.

Keuntungan besar yang dapat diperoleh dari fluktuasi harga mata uang kripto juga dapat menjadi risiko. Hal tersebut dikarenakan harga pada mata uang kripto dapat berubah secara drastis dalam waktu yang sangat singkat. Beberapa mata uang kripto pun dijadikan alat untuk melakuan manipulasi pasar dengan cara menyebarkan informasi yang tidak benar sehingga mendorong para investor untuk membeli mata uang tersebut. Oleh karena itu, ketika akan melakukan pembelian mata uang kripto, trader harus benar-benar mengetahui latar belakang, tujuan, dan riwayat dari mata uang kripto tersebut sehingga terhindar dari kemungkinan terjebak penipuan.

Event halving Bitcoin yang terjadi pada tahun 2024, meningkatkan kembali gairah pasar mata uang kripto yang sebelumnya mengalami “crypto winter” pada tahun 2022 dan mengalami bearish market sepanjang tahun 2023. Hal tersebut ditunjukkan dengan keadaan pasar yang cenderung bullish pada awal tahun 2024 ini. Maka, ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk berinvestasi pada kripto!

Daftar Rekomendasi Aplikasi Kripto Terbaik

1. Indodax

Indodax, merupakan aplikasi kripto yang mempertegas keamanannya dengan telah terdaftar dan diawasi Bappebti serta memperoleh sertifikasi ISO sebagai bukti standar keamanan internasional. Selain itu, adanya sistem keamanan 2FA memberikan jaminan keamanan bagi Anda ketika sedang bertransaksi.

Rekomendasi Aplikasi Trading Kripto Terbaik 2024
  • 🏆 Regulasi: BAPPEBTI
  • 💱 Aset kripto diperdagangkan: Lebih dari 200 aset kripto yang diperdagangkan Indodax.
  • 💰Minimal deposit: Berkisar antara Rp 10 ribu – Rp 1 juta.
  • 💲Komisi:
    • Tidak ada biaya atau fee ketika melakukan deposit.
    • Besaran fee withdrawal / penarikan aset digital bervariasi tergantung dengan pilihan jaringan yang Anda pilih.
  • 📈 Platform: Aplikasi Indodax
KelebihanKekurangan
✅ Indodax merupakan platform exchange yang terdaftar resmi di Bappebti❌ Tidak adanya pilihan untuk melakukan deposit dengan menggunakan kartu kredit
✅ Menggunakan mata uang Rupiah untuk bertransaksi kripto❌ Tidak memiliki fitur Order Cancel Order (OCO) yang dapat diatur secara otomatis. Hal tersebut menyebabkan pengguna harus melakukan pembatalan transaksi jual beli secara manual.
✅ Keamaan yang terjamin oleh sistem Two-Factor Authentication (2FA)
✅ Terdapat 3 pilihan bahasa yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Mandarin

👉 Review Indodax: Kelebihan & Kekurangan Crypto Platform

2. Tokocrypto

Bagi Anda yang meragukan keamanan saat trading kripto, disarankan untuk memilih aplikasi Tokocrypto. Hal ini karena aplikasi tersebut dilengkapi dengan sistem keamanan bertingkat yang mencakup autentikasi dua faktor. Dengan autentikasi tersebut, dapat dipastikan bahwa setiap transaksi dilakukan oleh pengguna yang sah. Selain itu, bagi pemula, aplikasi ini mudah digunakan karena antarmukanya yang simpel. Selain itu, biaya trading di dalamnya juga tergolong rendah.

tokocrypto
  • 🏆 Regulasi: BAPPEBTI
  • 💱 Aset kripto diperdagangkan: Lebih dari 340 aset kripto termasuk stablecoin diperdagangkan di Tokocrypto.
  • 💰Minimal deposit: Rp 50 ribu.
  • 💲Komisi:
    • Fee Deposit: 2% untuk deposit dengan e-wallet, untuk deposit selain melalui e-wallet tidak dikenakan biaya.
    • Fee Withdrawal: Rp 10 ribu untuk BIDR, biaya sesuai jaringan untuk penarikan kripto.
    • Fee Trading: 0,31% untuk pengguna akun biasa, 0,22% untuk pengguna dengan akun VIP.
    • Fee Instant TradeFee yang akan dikenakan pada pengguna ketika melakukan instant trade akan bervariasi, tergantung pada aset yang diperdagangkan.
  • 📈 Platform: Aplikasi Tokocrypto
KelebihanKekurangan
Keamanan dan legalitas terjamin dengan izin dari Bappebti❌ Jumlah aset kripto yang tersedia pada Tokocrypto masih terbatas apabila dibandingkan dengan bursa global seperti Binance dan Coinbase.
Fee yang kompetitif dan transparan❌ Bagi trader berpengalaman dan profesional, beberapa fitur yang tersedia di Tokocrypto mungkin masih terasa kurang.
✅ Sangat cocok untuk pemula❌ Masih perlu untuk melakukan peningkatan performa dan stabilitas platform Tokocrypto karena masih sering mengalami masalah ketika terjadi lonjakan volume dan transaksi perdagangan.
✅ Memiliki komunitas yang aktif dengan dukungan yang sangat kuat.
✅ Memiliki likuiditas yang tinggi
✅ Menyediakan pilihan metode deposit dan penarikan yang beragam

👉 Review Tokocrypto, Broker Resmi Crypto di Indonesia

3. Upbit Indonesia

Upbit Indonesia jadi salah satu broker pilihan untuk memperdagangkan aset digital seperti Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH). Upbit merupakan platform trading kripto asal Korea yang kini telah resmi mendapatkan izin untuk melakukan perdagangan kripto di Indonesia.

upbit aplikasi critpo
  • 🏆 Regulasi: BAPPEPTI
  • 💱 Aset kripto diperdagangkan: Lebih dari 150 aset kripto termasuk diperdagangkan di Upbit Indondesia.
  • 💰Minimal deposit: Tidak ada minimal deposit.
  • 💲Komisi:
    • Fee Deposit: Gratis.
    • Fee Withdrawal: fee penarikan bergantung pada jenis aset yang Anda pilih.
  • 📈 Platform: Aplikasi Upbit Global
KelebihanKekurangan
✅ Memiliki fitur unggulan yang beragam❌ Platform tersebut tidak tersedia di beberapa negara seperti Amerika Serikat
✅ Fitur keaman yang kuat berkat dukungan dari Kakao Corp❌ Terbatasnya dukungan terhadap mata uang fiat
Antarmuka yang ramah bagi para trader pemula.❌ Respon teradap keluhan pelanggan terkadang tidak responsif
✅ Biaya yang transparan dan kompetitif

👉 Review Upbit Indonesia: Tempat Beli Bitcoin

4. Pintu

Pintu merupakan crypto exchange yang tidak membebankan biaya komisi pada setiap transaksi trading. Dengan demikian, Anda memiliki potensi keuntungan maksimal karena tidak ada biaya komisi yang harus dibayarkan. Jika Anda mengincar keuntungan optimal dari trading kripto, maka layak untuk menjadi pertimbangan menggunakan aplikasi ini.

pintu broker terbaik crypto
  • 🏆 Regulasi: BAPPEBTI, Kominfo, dan ISO 27001.
  • 💱 Aset kripto diperdagangkan: Lebih dari 100 aset kripto diperdagangkan di Aplikasi Pintu.
  • 💰Minimal deposit: Mulai dari Rp 11 ribu
  • 💲Komisi:
    • Fee Deposit: Gratis
    • Fee Withdrawal: Rp 4,5 ribu untuk penaikan dalam Rupiah ke semua bank.
  • 📈 Platform: Aplikasi Pintu
KelebihanKekurangan
✅ Tampilan antar muka yang relatif sederhanaJumlah koin sangat terbatas
✅ Mudah untuk melakukan deposit❌ Tidak bisa melakukan auto order
✅ Semua harga dalam IDRSpread yang tinggi
Gratis biaya admin ketika jual beli

5. Bybit

Bybit adalah salah satu crypto exchange yang punya volume transaksi terbesar di dunia. Salah satu target pasar crypto exchange Bybit adalah pasar Indonesia, sehingga tak heran jika pada situs resmi mereka tersedia layanan dalam bahasa Indonesia. Namun sayangnya rekomendasi aplikasi trading Kripto ini belum terdaftar resmi di Bapebti. Bursa Bybit diketahui menyediakan produk derivatif dan produk spot kripto dan mendukung perdagangan P2P. 

bybit broker kripto
  • 🏆 Regulasi: VARA Dubai (Uni Emirat Arab), AFSA (Kazakhstan), SEC (Siprus).
  • 💱 Aset kripto diperdagangkan: Lebih dari 100 aset kripto diperdagangkan di Bybit.
  • 💰Minimal deposit: Mulai dari Rp15.000 untuk beli kripto dengan rupiah
  • 💲Komisi:
    • Fee Deposit: 5% untuk perdagangan P2P.
    • Fee Withdrawal: tidak ada fee penarikan untuk Internal Transfer.
  • 📈 Platform: Aplikasi Bybit dan MetaTrader 4
KelebihanKekurangan
✅ Menyediakan trading tools tingkat lanjut❌ Tidak terdaftar dan diawasi Bappebti
✅ Pilihan perdagangan kripto yang variatif❌ Platform tidak cocok untuk trader pemula
✅ Menawarkan Bybit Insurance Fund bagi nasabah
✅ Dukungan layanan pelanggan 24/7
✅ Menyediakan aplikasi seluler

👉 Review Bybit Terbaru: Aman atau Tidak untuk Investor?

6. Binance Indonesia

Lebih dari 150 juta orang menggunakan telah menggunakan Binance. Binance menjadi platform exchange yang mengkombinasikan penawaran, keamanan, dan layanan. Sebagai sebuah exchange, Binance talah menyediakan lebih dari 600 mata uang kripto dan menawarkan alat perdagangan canggih serta sistem yang berbeda untuk menghasilkan pendapatan melalui staking dan farming, operasi dengan NFT, berbagai jenis pesanan, pinjaman, dan alat untuk meluncurkan token.

binance broker kripto indonesia
  • 🏆 Regulasi: SEC, FCA, dan CNMV
  • 💱 Aset kripto diperdagangkan: Lebih dari 600 aset kripto diperdagangkan di Binance.
  • 💰Minimal deposit: Tidak ada minimum deposit
  • 💲Komisi: 0.1% untuk maker dan 0.1% untuk taker, namun pembelian dengan tidak menggunakan token BNB akan dikenakan potongan sebesar 25%.
  • 📈 Platform: Aplikasi Binance
KelebihanKekurangan
✅ Merupakan platform exchange terbesar di dunia sehingga likuidtasnya tinggi❌ Tidak terdaftar dan diawasi Bappebti
✅ Jumlah produk yang ditawarkan sangat banyak❌ Tidak memiliki perlindungan hak konsumen
Komisi yang kecil❌ Platform tidak cocok untuk trader pemula
✅ Keamanan dan KYC yang ketat
✅ Mendukung akuisisi fiat-crypto

7. Coinbase Indonesia

Coinbase adalah bursa exchange kripto terbesar kedua di dunia berdasarkan volume perdagangan menurut CoinMarketCap. Coinbase adalah salah satu platform terbaik untuk memulai dunia mata uang kripto dengan menawarkan platform exchange yang sederhana, intuitif, dan sangat mudah dikelola. Di sisi lain, Coinbase memiliki komisi yang lebih tinggi.

Rekomendasi Aplikasi Trading Kripto Terbaik 2024
  • 🏆 Regulasi: SEC, BaFin, FCA, dan dapat digunakan di lebih dari 100 negara.
  • 💱 Aset kripto diperdagangkan: Lebih dari 260 aset kripto diperdagangkan di Coinbase.
  • 💰Minimal deposit: Tidak ada minimum deposit
  • 💲Komisi: 0.5% untuk maker dan 0.6% taker, ditambah dengan spread
  • 📈 Platform: Aplikasi Coinbase
KelebihanKekurangan
 Platform yang mudah digunakan, cocok untuk pemula Layanan pelanggang yang perlu ditingkatkan
✅ Terdapat sistem untuk melakukan staking❌ Memiliki komisi yang tinggi.
✅ Jumlah token yang bervariasi
Exchange terbesar kedua di dunia.

8. Bitpanda Indonesia

Bitpanda merupakan salah satu bursa terbesar di dunia yang didirikan pada tahun 2014. Sejak tahun 2020, Bitpanda dapat disebut sebagai unicorn karena nilainya yang mencapat lebih dari US$ 1 miliar. Anda dapat melakukan pertukaran pada lebih dari 50 mata uang kripto, 6 indeks kripto, dan portofolio derivatif yang bagus pada saham, ETF, atau komoditas. Bitpanda juga memiliki layanan staking dan paid balance account (cash-plus).

Rekomendasi Aplikasi Trading Kripto Terbaik 2024
  • 🏆 Regulasi: BaFin (Regulator keuangan Jerman)
  • 💱 Aset kripto diperdagangkan: Lebih dari 50 aset kripto diperdagangkan di Bitpanda.
  • 💰Minimal deposit: Tidak ada minimum deposit
  • 💲Komisi: Mulai dari 0,5% hingga 3%.
  • 📈 Platform: Aplikasi Bitpanda
KelebihanKekurangan
Satu platform untuk semua aset Tidak tersedia di semua negara
✅ Cocok untuk trader yang masih minim pengalaman❌ Jumlah Altcoin yang diperdagangkan tidak bayak
✅ Dapat digunakan dengan device apapun (desktop, Android, iOS)Komisi yang tinggi
✅ Menawarkan transaksi yang dijamin keamanannya

9. Exness

Exness merupakan pilihan sesuai bagi trader yang barukan akan terjun ke dunia trading maupun trader berpengalaman. Platform exchange ini menyediakan banyak instrumen perdagangan dan fitur-fitur yang mutakhir. Platfork Exness mudah untuk digunakan dan memiliki spread yang kompetitif sehingga membuat proses perdagangan menjadi lebih lancar. Selain itu, tidak ada biaya komisi sehingga menjadi nilai tambah bagi para trader.

Rekomendasi Aplikasi Trading Kripto Terbaik 2024
  • 🏆 Regulasi: CBCS, CySEC, FCA, FSA, FSC, FSCA, dan CMA
  • 💱 Aset kripto diperdagangkan: 97 pasangan perdagangan termasuk aset kripto
  • 💰Minimal deposit: US$10
  • 💲Komisi:
    • Fee Deposit: tidak ada fee deposit
    • Fee Penarikan: tidak ada fee penarikan
  • 📈 Platform: MetaTrader 4, MetaTrader 5, Aplikasi Exness
KelebihanKekurangan
Menyediakan instrumen investasi yang sangat bervariasi Tidak adanya konten edukasi pada situs web Exness
Komisi yang sangat rendah❌ Layanan keluhan pelanggan 24/7 hanya tersedia dalam beberapa bahasa saja.
✅ Platform trading yang menawarkan kecepatan transaksi❌ Tidak terdaftar pada Bappebti
Minimum deposit yang rendah

Bagaimana cara memilih aplikasi trading Kripto terbaik?

Ketika akan mengunduh aplikasi kripto untuk memulai trading, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting agar Anda terhindar dari aplikasi ilegal yang dapat menyebabkan Anda mengalami kehilangan aset atau penipuan. Berikut merupakan cara untuk memiliki aplikasi kripto:

Lakukan pemeriksaan legalitas aplikasi Kripto

Penyedia layanan aplikasi kripto di Indonesia yang ingin beroperasi sebagai pedagang fisik aset kripto harus memperoleh izin resmi dari Bappebti, sebuah lembaga di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Semua platform layanan aset kripto, termasuk aplikasi perdagangan kripto, diwajibkan untuk mendaftarkan diri mereka di Bappebti. Legalitas pedagang fisik aset kripto atau perusahaan penyedia aplikasi tersebut dapat diverifikasi melalui situs web Bappebti. Namun untuk beberapa kasus, ada aplikasi yang tidak terdaftar di Indonesia namun terdaftar resmi di negara atau bahkan berbagai negara lain.

Pilih aplikasi trading dengan banyak pilihan aset

Saat ini, ribuan jenis aset kripto diperdagangkan di seluruh dunia. Setiap koin kripto memiliki ciri khasnya sendiri, sehingga dibutuhkan strategi dan pertimbangan yang tepat saat memilih jenis aset. Untuk lebih fleksibel dalam memilih, Anda disarankan untuk menggunakan aplikasi yang menyediakan beragam jenis dan jumlah aset kripto.

Ketahui pilihan mata uang untuk deposit

Berikutnya, Anda perlu mempertimbangkan mata uang yang diterima untuk deposit di platform perdagangan kripto. Ada dua jenis mata uang yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran deposit:

  • Fiat, yaitu mata uang yang dikeluarkan oleh pemerintah dan diatur oleh undang-undang. Mata uang fiat adalah yang digunakan dalam transaksi sehari-hari sebagai alat pembayaran yang sah. Contohnya adalah rupiah, dolar, dan sebagainya. Pada platform, Anda dapat melakukan deposit menggunakan mata uang rupiah atau dolar.
  • Cryptocurrency, yaitu mata uang digital kripto. Jika Anda memiliki aset kripto di platform lain, Anda dapat menggunakan aset kripto tersebut untuk melakukan deposit. Namun, pastikan bahwa platform yang bersangkutan dapat mengirim dan menerima aset kripto.

Cek minimal deposit dan biayanya

Terdapat hal penting yang harus Anda perhatikan ketika memilih platform perdagangan kripto, yaitu minimal deposit. Oleh karena itu, aplikasi yang menetapkan minimal deposit yang rendah dapat menjadi pilihan yang baik, terutama bagi trader pemula. Dengan minimal deposit yang terjangkau, trader dengan modal yang terbatas pun dapat tetap menghasilkan keuntungan.

Selain mempertimbangkan minimal deposit, Anda juga harus melakukan penghitungan biaya perdagangan yang dikenakan pada setiap transaksi yang dilakukan. Sangat perlu untuk mengetahui besarnya komisi pada transaksi pembelian dan penjualan aset kripto. Pilihlah aplikasi yang menawarkan biaya komisi yang rendah agar hasil trading Anda dapat maksimal.

Pilih aplikasi trading kripto yang mudah untuk Deposit dan Penarikan

Untuk tetap mendapatkan harga terbaik pada suatu aset kripto, penting untuk memilih metode pembayaran yang praktis dan sesuai dengan preferensi Anda. Anda perlu memastikan bahwa bank atau dompet digital yang Anda gunakan memiliki kesesuaian dengan metode pembayaran yang disediakan oleh aplikasi yang Anda pilih sehingga menghindari biaya administrasi yang tidak perlu.

Selain kemudahan deposit, penting juga untuk mempertimbangkan kemudahan penarikan dana. Pilihlah aplikasi yang menawarkan proses penarikan yang mudah dan cepat. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan yaitu kecepatan pencairan dana, layanan penarikan 24 jam, dan kemungkinan biaya penarikan yang gratis.

Rekomendasi aplikasi trading Kripto: opini & rekomendasi

Melakukan perdagangan kripto bisa menjadi salah satu cara untuk menghasilkan keuntungan besar dalam waktu yang cepat berkat fluktuasi harganya. Namun, Anda harus tetap waspada ketika trading kripto. Maraknya manipulasi pasar yang terjadi dapat menjadi ancaman bagi Anda yang berakibat pada kerugian.

Oleh karena itu, Rankia mencoba membuat panduan yang berisikan rekomendasi aplikasi kripto terbaik bagi Anda yang ingin memulai berinvestasi pada mata uang kripto. Tetaplah untuk waspada dan melakukan riset yang lebih dalam sebelum Anda benar-benar menginvestasikan uang Anda di dalamnya.

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Apa saja aplikasi yang legal di Indonesia?

Aplikasi kripto yang legal di Indonesia adalah platform exchange kripto yang mengantongi izin dari Bappebti. Biasanya aplikasi kripto yang legal di Indonesia akan menampilkan logo Bappebti di situs resminya dan menampilkan nomor izin operasi dari Bappebti. Ciri selain itu yaitu aplikasi kripto yang legal dapat diakses tanpa menggunakan VPN dan tidak diblokir oleh Kominfo. Aplikasi kripto yang legal di Indonesia yaitu Indodax, Tokocrypto, Upbit Indondesia, dan Pintu.

Mengapa aplikasi kripto legal di negara lain tidak dianggap legal di Indonesai?

Beberapa aplikasi kripto yang legal di negara lain bisa dianggap ilegal di Indonesia karena belum memenuhi beberapa ketentuan yang diterapkan oleh badan regulator yang ada di Indonesia. Hal tersebut antara lain adalah tidak memiliki kantor di Indonesia dan menyediakan produk investasi yang tidak diatur di Indondesia. Apabila tetap ingin menggunakan aplikasi tersebut Anda dapat menggunakannya dengan bantuan VPN, namun pastikan platform tersebut sudah teregulasi oleh badan regulator yang ada di negara lain.

Artikel Terkait