Bagaimana Cara Beli Saham Tesla (TSLA)? Analisa & Opini

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk berinvestasi di Tesla, Anda berada di tempat yang tepat. Alasannya karena Tesla adalah pemain utama industri otomotif pada masa depan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah praktis untuk membeli saham Tesla dan cara melakukannya dengan aman.

Apa Itu Tesla?

Tesla adalah perusahaan teknologi energi bersih dan otomotif Amerika yang berdiri pada tahun 2003 oleh Elon Musk, JB Straubel, Martin Eberhard, Marc Tarpenning, dan Ian Wright. Tujuan utama perusahaan adalah untuk mempercepat transisi dunia ke energi berkelanjutan, melalui pembuatan mobil listrik, panel surya, dan sistem penyimpanan energi.

Berikut ini adalah beberapa poin kunci tentang perusahaan mobil listrik Tesla:

  • 2003: Elon Musk ikut mendirikan perusahaan kendaraan listrik Tesla Motors.
  • 2008: Perusahaan meluncurkan kendaraan listrik pertamanya, Roadster yang mencetak rekor dunia untuk jangkauan kendaraan listrik.
  • 2010: Tesla dikenal publik di bursa saham Nasdaq dengan kode saham TSLA.
  • 2012: Tesla meluncurkan Model S, sedan mewah listrik yang menerima banyak penghargaan dan pujian untuk desain dan performanya.
  • 2016: Tesla memperluas fokusnya untuk mencakup energi surya dan solusi penyimpanan energi.
  • 2017: Perusahaan memperkenalkan Tesla Semi, truk listrik pertamanya.
  • 2020: Tesla menjadi perusahaan otomotif paling berharga di dunia dalam hal kapitalisasi pasar, melampaui raksasa industri, seperti Ford, Toyota, dan Volkswagen.

Sejak saat itu, hampir setiap hari ada berita tentang Tesla atau pendirinya, Elon Musk, entah itu tentang berita terbaru, peluncuran produk, atau laporan keuangan mereka.

Informasi Umum Tentang Tesla

Siapa Elon Musk?

Elon Musk adalah seorang pengusaha, ahli teknologi, dan pemimpin bisnis yang lahir di Pretoria, Afrika Selatan pada tahun 1971. Ia kemudian pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1990-an untuk studi di University of Pennsylvania. Musk dikenal luas karena perannya dalam mendirikan, memimpin, dan berinvestasi di banyak perusahaan teknologi dan energi terkemuka, termasuk:

  • Tesla
  • SpaceX
  • Neuralink
  • The Boring Company
  • Twitter
Elon Musk, CEO dan pendiri Tesla saat ini

Elon Musk dikenal karena cara kerjanya yang kreatif dan penuh semangat dalam menciptakan teknologi yang bisa membuat dunia menjadi lebih baik. Dia sukses membuat produk dan layanan, seperti roket yang bisa digunakan lagi untuk perjalanan luar angkasa, mobil listrik, sampai baterai surya untuk rumah.

Bahkan, ia juga membuat antarmuka langsung antara otak manusia dan komputer. Ia sering digambarkan sebagai pemimpin visioner di sektor teknologi dan pendukung kemajuan dalam teknologi dan eksplorasi ruang angkasa.

Berapa Banyak Saham Tesla Yang Dimiliki Elon Musk?

Elon Musk, sang CEO Tesla, masih memiliki sekitar 13% saham Tesla. Meskipun telah menjual sahamnya delapan kali pada tahun 2022, termasuk penjualan terbarunya sebanyak 22 juta lembar saham, Musk masih memiliki 423,6 juta lembar saham Tesla (TSLA). Dengan kepemilikan tersebut, dia memegang 13,4% saham di perusahaan mobil listrik yang ia dirikan sejak tahun 2003.

Siapa Pemegang Saham Terbesar Tesla?

Elon Musk berdiri sebagai pemegang saham individu terbesar Tesla, memiliki 13% dari modal saham perusahaan. Namun, investor institusional seperti Fidelity Management and Research dan BlackRock juga memiliki saham yang cukup besar di perusahaan. Berikut ini adalah daftar kepemilikan mereka:

Pemegang Saham Tesla
Sumber: Kamil Franek

Perusahaan Apa Yang Dimiliki Elon Musk?

Selain Tesla, Elon Musk juga merupakan pendiri dan CEO dari perusahaan berikut ini:

  • SpaceX: Perusahaan teknologi aerospace yang didirikan pada tahun 2002. Perusahaan ini berfokus pada pengembangan roket dan pesawat ruang angkasa yang dapat digunakan kembali. Tujuannya untuk membuat perjalanan ruang angkasa lebih mudah dan terjangkau. Ambisi besar SpaceX adalah untuk membawa manusia tinggal di planet Mars.
  • Neuralink: Sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 2016 yang berdedikasi dalam penelitian dan pengembangan antarmuka otak-mesin (BCI). Hal ini memungkinkan koneksi langsung antara otak manusia dan komputer. Teknologi Neuralink dapat digunakan di berbagai aplikasi medis, seperti membantu orang dengan gangguan motorik atau gangguan neurologis.
  • The Boring Company: Perusahaan yang juga didirikan pada tahun 2016 yang berfokus pada pembangunan terowongan bawah tanah untuk transportasi orang dan barang dengan kecepatan tinggi. The Boring Company telah mengembangkan teknologi terowongan yang menggunakan platform transportasi listrik untuk mencapai kecepatan hingga 240 km/jam. Tujuan utama adalah untuk mengurangi kemacetan lalu lintas perkotaan.
  • Twitter: Pada tahun 2022, Elon Musk berhasil memenangkan penawaran untuk mengakuisisi Twitter seharga USD 44 miliar sehingga menjadi CEO dan pemilik tunggal platform media sosial tersebut.

Bagaimana Cara Membeli Saham Tesla?

Untuk membeli saham Tesla, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buat akun di broker pilihan Anda.
  • Akses platform perdagangannya.
  • Cari saham Tesla dengan menulis nama perusahaannya Tesla atau ticker-nya TSLA di bagian pencarian.
  • Klik untuk membuka posisi dan isi detail pesanan, seperti berapa banyak yang ingin Anda investasikan di Tesla dan jenis pesanan saham.
  • Kirim pesanan Anda, yang akan dieksekusi oleh broker tergantung pada jenis pesanan yang Anda kirim.

Di Mana Membeli Saham Tesla?

Berikut adalah empat rekomendasi broker yang memungkinkan Anda untuk membeli saham Tesla:

GotradePluangAjaib
RegulatorBappebtiBappebtiBappebti
Saham nyataYaYaYa
Akun demoYaTidakYa
Deposit minimumUSD 10Rp5.000Tidak ada
Biaya transaksi0,3%0,3%0,15%
Saham pecahanYaYaTidak
UlasanUlasan GoTradeUlasan PluangUlasan Ajaib

Bagaimana Cara Membeli Saham Tesla Dengan Gotrade?

Langkah 1: Buat akun di Gotrade

Untuk mulai berinvestasi di Tesla, Anda akan membutuhkan akun di platform Gotrade. Berikut ini caranya:

  • Buat akun: Pendaftarannya mudah, berikan detail pribadi, seperti nama dan email Anda.
  • Verifikasi identitas Anda: Langkah ini melibatkan informasi yang lebih mendalam seperti alamat Anda. Anda juga perlu mengirimkan foto identitas diri dan bukti alamat untuk verifikasi identitas. Sebuah kuesioner singkat akan membantu menentukan profil keuangan Anda.
  • Deposit dana Anda: Untuk membeli saham Tesla, lakukan deposit pada akun Anda melalui metode pembayaran yang dipilih.

Langkah 2: Beli saham Tesla

Sekarang Anda memiliki akun Gotrade, saatnya untuk berinvestasi di Tesla. Berikut ini cara beli sahamnya:

  1. Akses platform Gotrade melalui perangkat yang Anda pilih (komputer, ponsel, tablet)
  2. Cari saham Tesla di bagian pencarian dan pilih perusahaan tersebut.
  3. Pilih jumlah saham yang ingin Anda beli, jenis pesanan (stop order atau limit order) dan tekan tombol untuk mengirim pesanan.

Lot Minimum Saham Tesla

Tidak ada aturan khusus tentang jumlah saham yang harus Anda beli untuk menjadi investor. Jumlah investasi minimum bervariasi tergantung pada broker yang Anda gunakan. Jika uang yang Anda miliki terbatas, Anda dapat memilih untuk membeli saham dalam pecahan (fractional). Sebagai contoh, Gotrade memungkinkan Anda untuk berinvestasi mulai dari USD 1 di saham pilihan Anda, tanpa peduli berapa harga satu sahamnya.

Mengapa Anda Harus Mempertimbangkan Membeli Saham Tesla?

Investasi pada saham Tesla menarik bagi investor yang mencari perusahaan berkembang. Terutama untuk mereka yang tertarik pada perusahaan terkemuka dalam industri EV (kendaraan listrik) dan transisi ke ekonomi yang lebih berkelanjutan serta teknologi yang lebih maju.

Proyek Berkelanjutan Yang Inovatif

Berikut ini rekam jejak Tesla yang mencakup proyek-proyek inovatif di garis depan teknologi berkelanjutan:

  • Produksi kendaraan listrik: Tesla terkenal karena kendaraan listrik berkualitas tinggi, seperti model S, model X, dan model 3.
  • Energi surya: Tesla memproduksi panel surya dan sistem penyimpanan energi untuk rumah dan bisnis.
  • Baterai: Perusahaan ini sedang mengerjakan produksi baterai berkapasitas tinggi untuk mobil dan penyimpanan energi.
  • Mobil otonom: Proyek ini adalah langkah besar bagi Tesla di luar kendaraan listrik. Mereka sedang mengembangkan mobil yang bisa mengemudi sendiri dengan bantuan kecerdasan buatan. Rencananya, mereka ingin meluncurkan armada mobil otonom di kota-kota besar Amerika Serikat pada akhir tahun ini. Tujuan akhirnya adalah membuat mobil yang tidak memerlukan setir atau pedal.

Berapa Nilai Harga Saham Tesla?

Harga saham Tesla selalu menjadi perhatian para investor, terutama karena peran Elon Musk sebagai orang yang memiliki visi yang kuat.

Di bawah ini, Anda bisa melihat fluktuasi harga saham Tesla. Ada penurunan signifikan pada bulan Januari 2023, tetapi harga saham secara bertahap mulai pulih dan mendapatkan kembali momentumnya.

Pergerakan harga saham Tesla

Pemecahan Saham Tesla 4:1

Pada pertemuan tahunan Tesla di Austin, Texas, pemegang saham memilih untuk menyetujui pemecahan saham 1:4. Secara teoritis, ini membuat saham Tesla lebih mudah diakses oleh investor ritel karena harga yang lebih rendah, tetapi nilai pasar tetap sama.

Pembelian kembali saham untuk karyawan juga dilakukan untuk memberi mereka bagian dalam keberhasilan perusahaan.

Subsidi Pemerintah

Tesla menggunakan bantuan keuangan dari pemerintah dan insentif pajak di berbagai negara di mana mereka beroperasi. Mereka tidak hanya fokus pada inovasi, tetapi juga memperhatikan manfaat fiskal. Hal ini dapat dilihat dari:

  • Tesla mendapatkan dukungan dari program federal AS senilai $2,5 miliar untuk membangun 7.500 stasiun pengisian kendaraan baru, termasuk 4.000 yang dapat diakses oleh siapa pun.
  • Di Amerika Serikat, undang-undang mengenai mobil listrik memberikan subsidi hingga USD 7.500 untuk pembelian kendaraan listrik.
  • Beberapa negara di Eropa seperti Estonia, memberikan subsidi hingga 50%. Di Inggris, memiliki mobil Tesla memberikan banyak keuntungan, seperti pengurangan pajak 100% pada tahun pertama, penghematan biaya bahan bakar (karena listrik dianggap sebagai bahan bakar yang lebih murah), serta manfaat lainnya seperti pengurangan biaya kemacetan di London.

Investasi ESG Yang Berkelanjutan

Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi di Tesla, pikirkanlah tentang bagaimana perusahaan tersebut memenuhi kriteria lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG). Tesla terkenal sebagai pelopor dalam hal keberlanjutan karena fokusnya pada mengurangi emisi karbon dan menggunakan sumber energi terbarukan. Dengan berinvestasi di Tesla, kamu juga turut mendukung praktik-praktik yang berkelanjutan selain hanya mencari keuntungan finansial.

Pendapat Ahli Tentang Membeli Saham Tesla

Saham Tesla selalu menarik perhatian investor dengan berbagai potensi keuntungan. Namun, hal ini tidak hanya terkait dengan kesuksesan mobil listrik saat ini. Ini juga melibatkan visi masa depan perusahaan, seperti energi surya, mobil otonom, dan proyek inovatif lainnya. Jika semua rencana ini berhasil, mereka bisa menjadi sumber pendapatan besar bagi Tesla pada masa mendatang. Itulah sebabnya para investor tertarik untuk berinvestasi dalam perusahaan ini.

Berikut ini adalah rekomendasi dari Yahoo Finance mengenai saham Tesla:

saham tesla investasi

Yang patut diperhatikan adalah hampir tidak ada ahli yang merekomendasikan menjual saham Tesla. Dalam skenario yang paling hati-hati, nasihat mereka cenderung ke arah menahan saham Tesla dalam portofolio investasi mereka.

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Saham Tesla

Dalam setiap kasus, mari kita lihat kelebihan dan kekurangan membeli saham Tesla:

Kelebihan berinvestasi di TeslaKekurangan berinvestasi di Tesla
Keberlanjutan❌ Perusahaan menghadapi persaingan yang ketat
Harga saham terjangkau dibandingkan perusahaan teknologi tinggi lainnya❌ Sangat bergantung pada ekonomi umum dan kebijakan
Salah satu pemimpin di pasar EV
Konsensus yang menguntungkan
Kemampuan perusahaan untuk berinovasi sudah terbukti

Apa Saja Perusahaan Pesaing Tesla?

Di pasar kendaraan listrik, Tesla memiliki beberapa pesaing, seperti:

PerusahaanTickerISIN
NIONIOUS62914V1061
BYD Company LimitedBYDDFCNE100000296
Rivian AutomotiveRIVNUS76954A1034
Lucid MotorsLCIDUS5494981039

Setiap pesaing ini memiliki strategi dan model bisnisnya sendiri, jadi penting untuk meneliti mereka sebelum membuat keputusan investasi.

Kesimpulan

Meskipun para ahli mungkin bersikap hati-hati mengingat kondisi ekonomi yang kompleks, namun pandangan umum cenderung mendukung ide untuk memegang atau bahkan membeli saham Tesla. Namun, perlu diingat bahwa investasi selalu membawa risiko. Karena itu, melakukan riset yang mendalam dan mempertimbangkan dengan baik sangatlah penting sebelum membuat keputusan finansial.

Investasi dalam saham Tesla tidak hanya menjanjikan potensi keuntungan finansial, tetapi juga mengikuti arah perjalanan yang lebih besar tentang keberlanjutan dan perkembangan teknologi. Seiring Tesla terus memimpin inovasi di sektor otomotif dan energi, memiliki sahamnya adalah bagian dari mendukung perusahaan yang berperan dalam menghasilkan perubahan positif secara global.

FAQs – Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Mengapa saya harus mempertimbangkan membeli saham Tesla?

Berinvestasi di Tesla berarti Anda ikut terlibat dengan perusahaan yang memimpin revolusi dalam mobil listrik dan sumber energi ramah lingkungan. Tesla tidak hanya membuat mobil listrik, tetapi juga menciptakan teknologi baterai yang canggih, menggunakan energi surya, dan mengembangkan teknologi kendaraan otonom. Dengan catatan inovasi dan kepemimpinan yang jelas, Tesla membuka jalan untuk masa depan yang lebih bersih dan lebih efisien dalam transportasi dan energi.

Kapan Tesla membayar dividen?

Tesla tidak membayar dividen kepada pemegang sahamnya. Sebaliknya, perusahaan ini berfokus pada pertumbuhan dan ekspansi lebih lanjut di pasar, oleh karena itu manfaat utama dari membeli saham Tesla adalah apresiasi modal.

Apakah ada risiko saat berinvestasi saham Tesla?

Tentu, seperti halnya investasi lainnya, membeli saham Tesla memiliki risikonya. Fluktuasi harga di pasar, perubahan aturan, kompetisi, dan hal-hal lain di luar kendali kita bisa berdampak pada bagaimana Tesla berkinerja. Selain itu, harga saham Tesla juga bisa dipengaruhi oleh pendapat dan prediksi para investor.

Artikel Terkait