Investasi di ETF Negara Terbaik dan Terburuk

ETF memiliki cakupan investasi yang lebih luas dibandingkan reksa dana indeks. Hal ini memungkinkan kita untuk menemukan ETF yang melibatkan berbagai negara, mulai dari negara maju, negara berkembang, hingga negara perbatasan. Dalam artikel ini, akan dibahas daftar investasi di ETF negara yang mencatatkan kinerja terbaik selama 3 tahun terakhir, serta negara-negara yang memiliki kinerja terendah.

Investasi ETF Negara
Sumber: Pluang

Mengapa Investasi di ETF Negara?

Jawaban cepatnya adalah karena fleksibilitas dan keragaman mereka.

Bagi para investor yang aktif, menarik untuk menanamkan modal dalam ETF negara karena mereka bisa memanfaatkan pola tren, momentum, penilaian rendah, atau kinerja ekstrem dalam jangka pendek dan menengah melalui strategi rotasi.

Meskipun kurang disarankan, Anda juga dapat melakukan spekulasi makroekonomi pada negara-negara tertentu. Namun, perlu diingat bahwa pasar keuangan dan ekonomi tidak selalu bergerak sejalan. Pasar keuangan merupakan mekanisme yang mencerminkan harapan dan penemuan harga. Sementara itu, ekonomi memberikan gambaran tentang apa yang telah terjadi. Pasar pertama kali mengantisipasi masa depan, sementara ekonomi melihat kembali ke masa lalu.

Oleh karena itu, grafik di bawah ini menggambarkan beberapa negara yang diurutkan berdasarkan CAPE (Cyclically Adjusted Price-to-Earnings) mereka, yang merupakan ukuran yang dikembangkan oleh Profesor Shiller untuk membantu Anda melihat mana yang mungkin undervalued.

Investasi di ETF negara berdasarkan CAPE

Berikut adalah grafik dengan moving average selama 12 bulan untuk 4 negara terakhir yang memiliki CAPE terendah. Tujuan dari indikator teknikal ini adalah untuk menunjukkan tren yang mungkin dimiliki ETF.

Investasi di ETF negara Polandia dan Turki
Negara Polandia dan Turki
Investasi di ETF negara Brazil dan Cina
Negara Cina dan Brasil

Dari analisis yang sederhana dan cepat, dapat dilihat bahwa hanya Brasil dan Polandia yang berada di atas moving average dan memiliki potensi tren positif yang tinggi. Turki berada pada titik kritis yang mungkin akan membalikkan tren penurunannya. Sementara itu, Cina telah menunjukkan beberapa kenaikan yang palsu, tetapi belum menunjukkan kemungkinan membalikkan tren penurunannya.

Karakteristik umum dari negara-negara ini adalah bahwa mereka termasuk dalam kategori negara berkembang. Saat ini, banyak pertanyaan muncul mengenai investasi di Asia atau di negara-negara berkembang, kecuali Cina. Investasi di ETF negara memberikan fleksibilitas dan fokus pada negara-negara yang memiliki peluang pertumbuhan lebih besar.

👉Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang Berinvestasi dalam ETF yang mengikuti MSCI, di sini ada artikel Investasi Global Mudah dengan Indeks MSCI World melalui ETF

Top 5 ETF Negara Terbaik

Berikut ini adalah daftar ETF negara yang telah memiliki kinerja terbaik dalam 3 tahun terakhir:

NegaraETFTickerTERReturn 3 tahun
MeksikoXtrackers MSCI Mexico UCITS ETF 1CXMES, D5BI0,65%+63,68%
Arab SaudiiShares MSCI Saudi Arabia Capped UCITS ETF USD (Acc)IKSA, IUSS0,60%+37,25%
IndiaXtrackers Nifty 50 Swap UCITS ETF 1CDBX7, XNIF, XNID0,85%+57,26%
PrancisXtrackers CAC 40 UCITS ETF 1DDX2G, XCAC0,20%+40,49%
ItaliaiShares FTSE MIB UCITS ETF (Acc)SXRY, CMB1, CSMIB, CMIB0,33%+60,85%
Sumber: justetf

👉Jika Anda tertarik untuk mengetahui produk ETF terbaik, Anda bisa mengunjungi artikel ETF Terbaik untuk Berinvestasi dari Indonesia.

Selanjutnya kita akan menganalisis tiga ETF pertama, yaitu yang memiliki keuntungan terbaik dalam 3 tahun.

Xtrackers MSCI Mexico UCITS ETF 1C

ETF ini mengikuti indeks MSCI Meksiko yang mencakup perusahaan besar dan menengah. Pendekatannya adalah dengan memiliki portofolio yang mirip dengan indeks tersebut. Mata uang yang digunakan adalah USD dan tidak ada perlindungan terhadap fluktuasi nilai tukar mata uang.

ETF ini didirikan di Luxemburg dan kebijakan dividen yang diterapkan adalah akumulasi, artinya dividen yang diperoleh akan ditambahkan kembali ke nilai ETF. Tingkat volatilitasnya adalah sebesar 19,31% per tahun.

Berikut adalah posisi utama dalam portofolionya:

Komposisi portfolio Investasi di ETF negara Mexico
Sumber: justetf

Dan ini daftar distribusi sektornya:

Xtrackers MSCI Mexico UCITS ETF 1C
Sumber: justetf

iShares FTSE MIB UCITS ETF (Acc)

ETF iShares FTSE MIB UCITS (Acc) bertujuan untuk mengikuti pergerakan indeks FTSE MIB yang mencakup 40 perusahaan terbesar di Italia. ETF ini mencerminkan kinerja indeks yang mendasarinya dengan cara membeli semua saham yang terdapat dalam indeks tersebut. Dividen yang diterima dalam ETF tersebut dikumpulkan dan diinvestasikan kembali.

Total aset yang dikelola oleh ETF iShares FTSE MIB UCITS (Acc) mencapai 238 juta Euro. ETF ini diperkenalkan pada tanggal 26 Januari 2010 dan berkantor pusat di Irlandia. ETF ini memiliki volatilitas tahunan sebesar 12,89%.

Berikut adalah rincian sektoral dari portofolionya:

iShares FTSE MIB UCITS ETF (Acc)
Sumber: justetf

Dan ini adalah posisi utama:

investasi arab saudi etf
Sumber: justetf

Xtrackers Nifty 50 Swap UCITS ETF 1C

ETF ini mengikuti indeks Nifty 50, yang terdiri dari 50 perusahaan terbesar di India dari berbagai sektor ekonomi. ETF ini menggunakan metode replikasi sintetis dengan swap yang tidak didanai. Produk ini tidak dilindungi terhadap perubahan nilai mata uang dan mata uang dasarnya adalah USD. ETF ini didaftarkan di Luxemburg dan kebijakan dividen yang diterapkan adalah akumulasi. Volatilitas tahunannya sekitar 10,49%.

Berikut adalah rincian sektoral dari portofolionya:

Xtrackers Nifty 50 Swap UCITS ETF 1C
Sumber: morningstar

Dan ini adalah 10 posisi utamanya:

investasi india etf
Sumber: marketsft

Xtrackers CAC 40 UCITS ETF 1D

ETF Xtrackers CAC 40 UCITS 1D bertujuan untuk melacak indeks CAC 40. Indeks CAC 40 melacak saham-saham Prancis terbesar dan paling banyak diperdagangkan yang terdaftar di Euronext di Paris. ETF ini adalah ETF termurah yang melacak indeks CAC 40.

Selain itu, ETF ini mereplikasi kinerja dari indeks yang mendasarinya melalui replikasi penuh (membeli semua konstituen indeks). Dividen dalam ETF ini didistribusikan berkala kepada para investor. Total aset yang dikelola mencapai EUR 132 juta.

Berikut ini komposisi di dalam portofolionya

Xtrackers CAC 40 UCITS ETF 1D
Sumber: justetf

Dan ini adalah daftar sektornya

investasi France
Sumber: justetf

iShares FTSE MIB UCITS ETF (Acc)

ETF iShares FTSE MIB UCITS (Acc) bertujuan untuk melacak indeks FTSE MIB. Indeks ini melacak 40 perusahaan terbesar di Italia. ETF ini mereplikasi kinerja indeks yang mendasarinya dengan replikasi penuh (membeli semua konstituen indeks). Dividen dalam ETF ini dikumpulkan dan diinvestasikan kembali dalam ETF. Total aset yang dikelola sebesar EUR 241 juta.

Berikut ini adalah 10 posisi utamanya

iShares FTSE MIB UCITS ETF (Acc)
Sumber: justetf

Dan inilah daftar sektornya

investasi italy
Sumber: justetf

Top 5 ETF Negara Terburuk

Mungkin daftar ini tidak begitu populer atau terabaikan oleh banyak orang, tetapi perlu diingat bahwa di pasar keuangan sering terjadi pembalikan menuju rata-rata, di mana investasi yang performanya buruk kadang-kadang memiliki potensi besar untuk kembali menguntungkan.

Berikut ini adalah daftar investasi di ETF negara yang telah memiliki kinerja terbaik dalam 3 tahun terakhir:

NegaraETFTickerTERReturn 3 tahun
CinaiShares MSCI China UCITS ETF USD (Dist)IS4T, ICHD0,28%-40,89%
JepangXtrackers MSCI AC Asia ex Japan ESG Swap UCITS ETF 1CXAXJ, XAXD, DX550,65%-23,88%
KoreaiShares MSCI Korea UCITS ETF (Dist)IKOR, IKRA, IQQK, IDKO0,74%-20,13%
ThailandXtrackers MSCI Thailand UCITS ETF 1CXCS40,50%-7,78%
JermanDeka MSCI Germany Climate Change ESG UCITS ETFD6RT0,20%-0,09%

Kita dapat melihat bahwa dua ETF dengan pengembalian terendah dalam 3 tahun adalah Cina dan Jepang. Cina muncul dalam grafik tren di atas yang masih menunjukkan tren menurun. Bagi mereka yang mengikuti strategi tren, momentum atau swing, ETF Cina bisa menjadi kandidat untuk diperhatikan.

Bagaimana Cara Investasi di ETF Negara

Dengan neobank atau fintech: eToro, Saxo Bank

Dengan entitas lain: MEXEM, Interactive Brokers

FAQs – Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Apa risiko berinvestasi di ETF negara?

Bergantung pada negaranya, jika itu termasuk dalam kategori negara berkembang, maka kemungkinan akan mengalami fluktuasi yang tinggi dan risiko yang lebih besar. Hal ini ditandai dengan ketidakstabilan politik, tingkat korupsi yang tinggi, keraguan terhadap sistem hukum, serta konflik sosial yang mungkin terjadi.

Apakah ada ETF untuk semua negara?

Secara umum, keberadaan Exchange-Traded Fund (ETF) memang umum di banyak negara, meskipun ada kemungkinan hanya ada satu ETF yang tersedia di beberapa negara. Meskipun demikian, terdapat kemungkinan bahwa beberapa negara tidak menyediakan ETF sama sekali, namun hal tersebut jarang terjadi.

Mengapa ETF berbasis negara kurang disarankan untuk portofolio indeks?

Seperti halnya Exchange-Traded Fund (ETF) lainnya yang menitikberatkan pada suatu aspek tertentu, kinerja ETF ini sangat bergantung pada faktor-faktor seperti pilihan aset, timing pembelian, dan tentunya strategi yang diterapkan. Jenis ETF yang terfokus pada negara-negara tertentu tidak memberikan hasil optimal ketika dimasukkan ke dalam portofolio indeks, karena potensi risiko konsentrasi yang dapat menambah risiko acak dan berdampak pada pengembalian portofolio di masa mendatang. Oleh karena itu, lebih disarankan untuk memanfaatkannya dalam strategi rotasi investasi yang lebih tepat.

Artikel Terkait