Investasi Global Mudah dengan Indeks MSCI World melalui ETF

Indeks MSCI World adalah salah satu pilihan populer bagi investor yang ingin mendapatkan keuntungan dari pergerakan ekonomi global. Indeks ini melacak kinerja saham dari perusahaan yang memiliki kapitalisasi besar dan menengah di 23 negara maju. Berinvestasi di indeks ini menjadi salah satu cara untuk mendiversifikasi portofolio dan mengurangi risiko Anda dalam berinvestasi.

imbal hasil Indeks MSCI World

Apa Itu MSCI World?

MSCI World adalah indeks yang menampilkan riwayat kinerja lebih dari 1.500 saham perusahaan dari negara maju. Beberapa negara tersebut yaitu Amerika Serikat dengan bobot 68%, diikuti oleh Jepang dengan bobot 6% dan Inggris dengan bobot 4%. Sisanya merupakan negara maju lainnya yang terdaftar dalam MSCI World. Adapun saat ini ada sekitar 23 negara yang masuk dalam indeks ini per 31 Maret 2023. 

Indeks MSCI World ini merepresentasikan sekitar 85% kapitalisasi pasar di dunia dan melingkupi berbagai sektor ekonomi. Indeks MSCI World digunakan sebagai referensi untuk mengevalusi jumlah keuntungan investasi global dan menyediakan gambaran umum tentang pasar saham dunia. 

Apa saja daftar perusahaan yang menjadi bagian dari MSCI World? 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, indeks ini terdiri dari 1.600 perusahaan dan ETF menggunakannya sebagai acuan. Sehingga mereka akan berinvestasi di perusahaan-perusahaan tersebut, mencoba memberi bobot sebagaimana yang dilakukan oleh indeks MSCI World.

Beberapa perusahaan yang masuk dalam indeks MSCI World adalah sebagai berikut:

PerusahaanBobot
Apple4.54%
Microsoft3.39%
Amazon1.16%
Nvidia1.11%
Tesla1.06%
Alphabet1.04%

6 perusahaan di atas adalah perusahaan dengan bobot tertinggi atau terbesar. Sisanya hanya memiliki bobot kurang dari 1%. 

Bagaimana cara investasi di Indeks MSCI World?

Berinvestasi di MSCI World melalui ETF

ETF (Exchange-Trade Fund) yang melacak MSCI World memberikan peluang untuk mendiversifikasi portofolio Anda. 

Dengan berinvestasi di MSCI World melalui ETF, Anda memiliki kemungkinan untuk mengakses berbagai perusahaan dari berbagai sektor dan negara dalam satu instrumen. Ini memungkinkan untuk mengurangi risiko Anda dalam berinvestasi. Anda yang berinvestasi di ETF yang juga berpotensi menghasilkan stabilitas yang lebih besar dan peluang pertumbuhan jangka panjang dalam portofolio Anda. 

Biaya investasi di Indeks MSCI World melalui ETF

Sama seperti instrumen keuangan lainnya, ETF juga memiliki komisi atau biaya yang perlu ditanggung oleh investor.

Penting bagi kita untuk tidak membayar biaya yang berlebihan, karena hal ini menjadi masalah dalam pengelolaan pasif keuangan dalam berinvestasi.

Biaya rata-rata berinvestasi di MSCI World melalui ETF sekitar 0.12% dan 0.50%. 

Ini Daftar Kelebihan dan Kekurangan Berinvestasi di ETF MSCI World

Kelebihan berinvestasi di ETF MSCI World

  • Ini merupakan indeks yang sangat terdiversifikasi dalam segala hal, baik negara, perusahaan hingga bobot.
  • Biasanya investor bisa mendapatkan keuntungan lebih dari 5% dalam beberapa tahun terakhir. 
  • Anda tidak perlu berinvestasi di semua perusahaan secara individual dan membayar harga yang ditentukan oleh masing-masing saham. Melalui ETF Anda dapat berinvestasi di semua perusahaan sekaligus. 

Kontra berinvestasi di ETF MSCI World

  • Bobot dari perekonomian Amerika Serikat jauh lebih besar dibandingkan perekonomian negara lainnya.
  • Hanya ada 23 negara yang masuk dalam indeks ini dibandingkan jumlah negara di dunia, sehingga masih banyak negara yang belum masuk. 

ETF Terbaik untuk Berinvestasi di MSCI World

Di bawah ini Anda akan melihat daftar ETF terbaik yang diurutkan berdasarkan keuntungannya. Namun jangan lupa untuk memeriksa Total Expense Ratio atau TER. TER dalam Bahasa Indonesia berarti rasio biaya tahunan dari ETF (ETF ini tersedia melalui InterActive Brokers)

NamaTickerImbal hasil selama 3 tahunTER
iShares Core MSCI World UCITS ETF USD (Acc)EUNL45,840,20
Lyxor MSCI World UCITS ETF – Dist
LYYA45,790,30
SPDR MSCI World UCITS ETFSPPW45,580,12
ETF ini bisa dibeli oleh investor Indonesia melalui GoTrade atau broker internasional.

Seperti yang bisa Anda lihat pada tabel, ETF memberikan imbal hasil yang sangat mirip dengan indeks MSCI Global. Artinya ETF bisa mereplikasi kinerja indeks MSCI World. 

Namun, kita juga bisa melihat perbedaan besar dalam TER terutama antara ETF kedua dan ketiga dalam tabel. Ini menunjukkan bahwa ETF ketiga akan lebih menarik untuk berinvestasi mengingat komisinya atau biayanya lebih rendah, meski memiliki beberapa poin imbal hasil yang lebih rendah. 

Alternatif untuk Berinvestasi di Indeks MSCI World

Beberapa alternatif investasi di saham yang masuk dalam indeks MSCI World paling populer yang kami sarankan adalah:

  • S&P 500: indeks yang atau melacak kinerja 500 perusahaan terbesar di Amerika Serikat. ETF seperti H SBC S&P 500 UCITS ETF USD (Ticker:H4FZ) menggunakan acuan indeks ini. 
  • Dow Jones Global Titans 50: Indeks ini menunjukkan 50 perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia. ETF Lyxor DJ Global Titans 50 UCITS ETF – DIt (Ticker: L8IF) mengikuti indeks ini. 
  • MSCI Emerging Markets: Indeks ini fokus pada perusahaan dari negara berkembang dengan ekonomi yang berkembang dengan potensi pertumbuhan yang tinggi. ETF UBS (LU) ETF MSCI Emerging Markets UCITS ETF (USD) A-dis (Ticker: UIMI) mengikuti indeks sini.
  • FTSE Developed Europe: Indeks ini fokus pada saham di negara-negara maju di Eropa. The ETF Vanguard FTSE Developed Europe UCITS ETF (EUR) Accumulating (Ticker: VWCG) mengikuti indeks ini.

Alternatif untuk berinvestasi di MSCI Indonesia melalui

Indeks MSCI juga memiliki daftar saham di Indonesia. Jika tertarik untuk berinvestasi di Indeks MSCI Indonesia melalui ETF, ini daftar ETF yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia: 

  • MSCI Large Cap Indonesia: indeks yang menunjukkan kinerja perusahaan-perusahaan di Indonesia yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar. ETF RD Indeks Premier ETF MSCI Indonesia Large Cap menggunakan indeks ini sebagai acuannya.
  • MSCI Indonesia: indeks yang menunjukkan kinerja perusahaan yang ada di Indonesia. ETF Reksa Dana Indeks BNI-AM Nusantara ETF MSCI Inonesia, Reksa Dana Indeks KISI MSCI Indonesia ETF menggunakan indeks ini sebagai acuannya.
  • MSCI Indonesia ESG Leaders: indeks yang menunjukkan kinerja perusahaan yang memiliki peringkat tinggi dalam pengelolaan lingkungan, sosial dan tata kelola internal perusahaan. RD Indeks BNI-AM ETF MSCI ESG Leaders Indonesia menggunakan indeks ini sebagai acuannya.
  • MSCI Indonesia ESG Universal: indeks yang menunjukkan perusahaan yang ingin meningkatkan eksposur mereka terhadap ESG sambil mempertahankan lingkungan yang luas dan beragam untuk diinvestasikan. Syailendra ETF MSCI Indonesia ESG Universal Index menggunakan indeks ini sebagai acuannya.

Daftar Perusahaan Konstituen MSCI Indonesia Large Cap

Apabila Anda ingin berinvestasi pada ETF yang mengacu padai MSCI Indonesia Large Cap, yakni kinerjanya disesuaikan dengan perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di Indonesia. Maka daftar perusahaan konstituen MSCI Indonesia adalah:

  1. Bank Central Asia Tbk (BBCA)
  2. Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI)
  3. Bank Mandiri Tbk (BMRI)
  4. Telkom Indonesia Tbk (TLKM)
  5. Astra Internasional Tbk (ASII)
  6. Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI)
  7. Amman Mineral International Tbk (AMMN)
  8. United Tractors Tbk (UNTR)
  9. Indofood CBP Sukes Tbk (ICBP)
  10. Unilever Indonesia Tbk (UNVR)

FAQ

Bagaimana cara berinvestasi di MSCI World?

Anda bisa melakukannya melalui berbagai macam instrumen keuangan, termasuk melalui broker yang menyediakan ETF dengan acuan MSCI World atau melalui dana indeks. 
Di Indonesia Anda bisa berinvestasi di ETF MSCI World melalui GoTrade yang berada di bawah pengawasan Bappebti. Anda juga bisa membeli saham secara langsung melalui broker yang terdaftar di Bappeti.
Anda juga bisa membeli dari broker internasional. Namun perlu diingat bahwa broker internasional tidak dalam pengawasan OJK dan Bappebti sehingga biasanya membutuhkan VPN untuk mengaksesnya.

Apa yang dimaksud dengan indikator MSCI World? 

MSCI World melacak pertumbuhan perusahaan-perusahaan terkemuka di 23 negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Perancis dan Kanada. Sehingga MSCI World mencerminkan kapitalisasi pasar mereka. 

Siapa negara yang menjadi bagian dari indeks MSCI World?

Negara-negara yang menjadi bagian dari Indeks adalah Jerman, Australia, Austria, Belgia, Kanada, Denmark, Spanyol, Amerika Serikat, Finlandia, Prancis, Hong Kong, Irlandia, Israel, Italia, Jepang, Norwegia, New Zealand, Portugal, Inggris, dan Singapura. 

Artikel Terkait