Faktor-Faktor Penting Keamanan Bursa Kripto

Keamanan bursa kripto saat ini telah menjadi suatu keharusan bagi para investor yang ingin masuk ke dunia kripto. Sama seperti sektor keuangan lainnya, blockchain dan platform exchange kripto sangat rentan terhadap serangan siber.

Ini lo Faktor penting keamanan bursa kripto

Meskipun keamanan merupakan pilar penting pada teknologi blockchain serta menjadi ujung tombak terhadap adopsi yang luas, namun tidak ada sitem komputer yang 100% aman. Akan selalu ada celah yang membuatnya rentan dan akan selalu ada kesalahan manusia.

Blockchain memiliki keamanan yang baik karena mendapat dukungan dari teknik kriptografi yang canggih. Meskipun begitu, hal ini bukan berarti tidak dapat tertembus, sehingga tingkat keamanan siber yang tinggi menjadi hal penting yang harus platform bursa kripto miliki.

👉 10 Bursa Kripto Terbaik di Dunia dan Indonesia

Keamanan Bursa Kripto: Apakah peretasan blockchain dapat terjadi?

Hal ini menjadi mitos yang perlu kami jelaskan. Meskipun blockchain memiliki standar keamanan yang jauh lebih tinggi daripada teknologi digital lain, kenyataannya blockchain masih memiliki sisi yang rentan.

Sebagai contohnya, Bitcoin yang menjadi mata uang kripto terpopuler di dunia, telah memperlihatkan kesalahan dalam kodenya. Terjadi penontaktifan beberapa OP_CODES Bitcoin karena menimbulkan masalah keamanan yang serius

Hingga saat ini, Bitcoin telah mencatatkan 46 kesalahan pada sistem kemanan yang serius sepanjang riwayatnya. Mungkin bagi Anda jumlahnya besar, namun Windows dalam 4 tahun telah mencatatkan lebih dari 8.000 kesalahan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa, meskipun dapat terjadi peretasan pada blockchain, kemanannya lebih terjamin jika kita bandingkan dengan plaftorm yang menggunakan teknologi digital lainnya.

Pentingnya Keamanan Bursa Kripto

Sebelum melakukan pemilihan dan mulai trading pada bursa tertentu, penting bagi Anda untuk melakukan analisis pada beberapa aspek. Berikut merupakan aspek penting yang harus Anda perhatikan:

  • Kualitas layanan
  • Transparansi keuangan
  • Kepatuhan pada regulasi
  • Keamanan platform

Aspek-aspek di atas merupakan hal penting Anda pertimbankan dalam melakukan pemilihan platform. Hal tersebut karena transaksi pada mata uang kripto sifatnya digital, sehingga Anda harus memilih platform yang memiliki standar keamanan siber yang tinggi.

Keamanan menjadi salah satu faktor yang paling berpengaruh pada kepercayaan pengguna kepada platform buras kripto. Hal tersebut karena dengan tingkat keamanan bursa yang tinggi, para investor mendapatkan jaminan akan keamanan dana dan data pribadi mereka.

Untuk melakukan analisis keamanan bursa kripto, Anda harus melakukan peninjauan standar enkripsi beserta seluruh langkah yang berkaitan dengan penyimpanan dana.

👉Kripto Terbaik Indonesia 2024: Bitcoin, Ethereum, Tether

Faktor Keamanan Bursa Kripto

Berikut merupakan 5 faktor penting yang perlu Anda perhatikan saat ingin memeriksa tingkat keamanan yang bursa kripto sediakan secara terpusat:

  • Cold Storage
  • Ketersediaan penyimpanan
  • Keamanan siber
  • Pengujian cadangan
  • Cakupan pada deposit fiat

👉 Cold Wallet: Bagaimana Cara Kerjanya dan Mana Yang Terbaik?

👉 Wallet Crypto: Mana Lebih Aman, Hot Wallet atau Cold Wallet? 

Cold Storage

Terdapat beberapa cara untuk menyimpan mata uang kripto, yang paling populer adalah dengan menggunakan cold wallet dan hot wallet.

Melakukan penyimpanan kripto pada cold wallet berarti menyimpan kripto pada perangkat fisik yang tidak terhubung dengan internet. Hal ini karena penyimpanan cold wallet bertujuan utuk meningkatkan keamanan dan membuatnya tidak mudah mengalami peretasan.

Oleh karena mata uang kripto merupakan aset digital, penyimpanan cold wallet menyerupai USB dan hanya terhubung pada internet ketika pengguna ingin bertransaksi atau memindahkan aset.

Bursa kripto yang menyimpan dana nasabahnya dalam cold storage, lebih dapat kita andalkan karena dana tersebut akan terjaga dengan lebih aman.

Penyedia Penyimpanan

Penyimpanan mata uang kripto merupakan langkah untuk melindungi aset dari pencurian. Penyedia penyimpanan ini adalah perusahaan yang bertugas mengawasi keamanan kripto dan bertidan sebagai penjaga aset.

Pada dunia perbankan konvensional, penyedia peyimpanan ini telah ada sejak tahun 60an serta menjadi pilar pada sistem perbankan hingga saat ini.

Pada mata uang kripto, tidak penyimpanan aset karena semua data dan transaksi tersimpan dalam buku besar publik yang kita kenal sebagai blockchain. Penyedia peyimpanan ini bertugas untuk menjaga kunci pribadi para nasabah.

Kunci pribadi ini menjadi bagian paling penting dalam wallet kripto, karena menjadi akses bagi para nasabahnya pada aset mereka.

Penyedia penyimpanan memiliki peran penting dalam dunia kripto yang sangat bergantung pada mereka dan dorongan adopsi. Hal tersebut karena institusi besar (terutama institusi yang mengelola dana dalam jumlah besar seperti reksa dana dan bank investasi) enggan untuk berinvestasi pada kripto karena ragu tentang keamanannya.

Keamanan Siber

Mata uang kripto sangat rentan terhadap serangan siber, sehingga penting untuk memiliki langkah-langkah keamanan utama.

Dalam hal ini, harus terdapat semua kemungkinan hambatan peretasan baik aktif maupun pasif. Penting bagi platform kripto untuk melakukan uji penetrasi dan secara berkala menguji sistem keamanan mereka.

Platform yang memiliki tingkat keamanan tinggi harus terus menyediakan layanannya meskipun dalam masa krisis. Hal tersebut juga harus beserta pengelolaan informasi pribadi pengguna dengan benar.

Audit dan peninjauan keamanan siber penting untuk mereka lakukan melalui perusahaan yang bergerak di bidang khusus tersebut.

Aspek penting lainnya untuk memilih exchange kripto adalah memperhatikan nilai keamanan sibernya. Hal tersebut juga dapat Anda lihat dari kepemilikan sertifikasi ISO keamanan siber terkemuka, sehingga menjamin keamanan pengguna secara maksimal.

Selain itu, platform juga harus menyediakan fitur yang memperkuat keamanan akun nasabahnya, misalnya memiliki sistem otentikasi dua faktor (2FA). Sistem tersebut membutuhkan pengenalan kode tambahan dari aplikasi atau perangkat kedua guna menyelesaikan proses log in.

Pengujian Cadangan

Pengujian cadangan merupakan uji yang menunjukkan solvabilitas platform. Pada dasarnya, pengujian ini menunjukkan bahwa platform memiliki aset yang mereka klaim.

Pelaksanaan pengujian ini harus melalui perusahaan luar yang bergerak di biang ini dan hasilnya harus mereka publikasikan (meskipun terdapat beberapa pengecualian) Publikasi ini bertujuan agar para nasabah mengetahui bahwa dana yang mereka miliki terjamin dan mengetahui keadaan keuangan bursa.

Metode paling umum dalam pengujian ini adalah Merkle Tree (Pohon Merkle). Metode ini merupakan struktur data yang berguna untuk memfasilitasi verifikasi pada sebagian besar data yang terorganisir.

Melalui kriptografi, pengujian cadangan memverifikasi validitas saldo pada dompet perusahaan dan transaksi pengguna.

Cakupan Deposit Fiat

Terakhir, penting bahwa suatu bursa menawarkan jaminan yang mencakup total dana fiat yang pengguna setorkan.

Hal yang paling penting adalah tidak terjadi pencampuran antara dana pengguna dan dana perusahaan. Untuk itu, Anda harus memastiksn bahwa penyimpanan dana ada pada akun pribadi dan pengelolaanya oleh pihak ketiga berlisensi. Lisensi ini harus berdasarkan ketentuan pada Bank Sentral yang bersangkutan dan harus mematuhi regulasi yang relevan.

Keamanan Bursa Kripto: Regulasi dan Kebijakan Fiskal

Poin penting untuk mengetahui suatu bursa dapat Anda percaya atau tidak adalah dengan mengetahui apakah bursa tersebut memenuhi regulasi.

Anda dapat memeriksa apakah bursa tersebut memiliki kator fisik yang dapat Anda lacak beserta lokasi keberadaan kantor tersebut. Platform yang terpercaya akan terdaftar pada regulator suatu negara dan dalam yurisdiksi yang mengutamakan konsumen.

Berikut merupakan aspek-aspek lain yang juga penting untuk Anda perhatikan dalam memilih bursa kripto:

Reputasi

Anda harus mencari tahu reputasi platform tersebut membuka akun. Anda dapat memerikanya melalui pendapat pengguna lain dan mengunjungi situs web yang berisikan ulasan sehingga mendapatkan gambaran tentang platform tersebut.

Penawaran Aset

Beberapa bursa menawarkan berbagai macam aset kripto, namun ada juga bursa yang memiliki jumlah produk kripto yang terbatas. Pilihlah bursa yang memiliki aset kripto sesuai dengan yang Anda inginkan.

Bagi Anda yang meragukan keamanan saat trading kripto, kami memberikan rekomendasi untuk memilih aplikasi Tokocrypto. Hal ini karena aplikasi tersebut memiliki sistem keamanan bertingkat yangg mencakup autentikasi dua faktor. Dengan autentikasi tersebut, dapat Anda pastikan bahwa setiap transaksi pengguna terjadi secara sah. Selain itu, bagi pemula, aplikasi ini mudah penggunaannya karena antarmuka yang simpel. Selain itu, biaya trading di dalamnya juga tergolong rendah.

Berikut merupakan informasi penting tentang Tokocrypto:

  • 💶 Minimal deposit: Rp 50 ribu
  • 📝 Regulasi: Bappebti
  • ⭐️ Skor: 4,3/5

Singkatnya, Tokocrypto menjadi populer karena keamanannya, dukungan regulasi, dan dukungan multibahasa, memantapkan platform tersebut sebagai exchange paling tepercaya untuk aset digital Anda.

Disclaimer:

  • Investai pada aset kripto tidak teregulasi menyeluruh sehingga tidak cocok bagi investor ritel dan memiliki risiko kehilangan pada seluruh aset yang Anda investasikan.
  • Penting untuk mempelajari dan memahami risiko investasi kripto

Di bursa kripto, selain Bitcoin, ada juga mata uang lain dalam kripto seperti LTC, USDT dan XRP!

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Apakah blockchain pada bursa terjamin keamanannya?

Blockchain sebagai buku catatan transaksi selalu terjamin keamanannya. Namun, layaknya teknologi digital pasti terdapat kekurangan yang dapat menjadi celah peretasan. Hal ini karena sepanjang riwayatnya, Bitcoin mencatatkan terjadinya kesalahan pada sistem keamanan sebanyak 46 kali. Angka ini jauh lebih kecil jika kita bandingkan dengan teknologi digital lain seperti Windows yang mencatatkan kesalahan sebanyak 8.000 kali dalam 4 tahun.

Mana yang lebih aman, meyimpan aset kripto pada cold wallet atau hot wallet?

Secara teori, ketika Anda ingin menyimpan aset kripto, lebih baik untuk melakukan penyimpanan pada cold wallet. Hal ini karena penyimpanan pada cold wallet menggunakan perangkat fisik seperti USB dan tidak terhubung dengan internet. Namun, di sisi lain Anda juga harus menyimpan perangkat tersebut pada tempat yang aman sehingga tida rawan pencurian.

Artikel Terkait