Review Stockbit: Kelebihan serta Cara Menggunakannya

Review Stockbit, aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melakukan trading saham hanya dengan menggunakan laptop maupun smart phone. Hal yang memudahkan Anda untuk melakukan perdagangan saham di mana saja dan kapan saja.

review stockbit mengenal kelebihan dan kekurangannya

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan Stockbit. Kemudian, kami juga akan membahas biaya pada platform tersebut, ketersediaan aset dan rekomendasi dari kami. Sehingga Anda bisa membuat keputusan tepat supaya hasil investasi Anda optimal.

Review Stockbit: Apa itu?

Stockbit merupakan aplikasi yang berguna untuk melakukan trading saham, namun juga berguna untuk mencari informasi dan berinteraksi dengan komunitas. Berdiri pata tahun 2013, perusahaan sekuritas ini kemudian melakukan akuisisi pada PT Maharkaya Arta Sekuritas sehingga mengubah namanya menjadi PT Stockbit Sekuritas Digital pada tahun 2021.

Stockbit menyediakan mobile dan online trading. Hal ini memudahkan para penggunanya untuk melakukan transaksi jual beli saham di mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, Stockbit mengincar para investor yang berasal dari kalangan gen Z dan Milenial.

Aplikasi dari PT Stockbit Sekuritas Digital ini, kini telah memiliki nasabah hingga 900 ribu orang. Pada tahun 2024 perusahaan menargetkan sebanyak lebih dari 1 juta pengguna, lebih tepatnyaa hingga 1,5 juta pengguna hingga akhir tahun. Sekuritas ini juga telah terdaftar menjadi Anggota Bursa (AB) pada Bursa Efek Indonesai (BEI), OJK, dan Kustodian Efek Indonesia (KSEI). Stockbit memiliki keunggulan yang menjadikannya populer yaitu dengan minimal deposit Rp 0 sehingga investor dengan modal terbatas bisa melakukan investasi.

Slain itu, Stockbit juga menjadi salah satu sekuritas terpercaya dengan berbagai penghargaan. Salah satu penghargaan yang sekuritas tersebut berhasil dapatkan adalah dua penghargaan Best Pemungut Award 2024 dari PT Peruri Digtal Security, anak perusahaan dari PERUM Percetakan Uang RI (PERURI).

Selanjutnya, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi tersebut, yuk baca informasi ini sehingga Anda dapat memutuskan apakah Stockbit cocok untuk berinvestasi atau tidak.

👉 Apa itu Bid & Ask pada Bursa Saham, Trik Broker tanpa Komisi

Profil singkat Stockbit

  • 🇮🇩 Regulasi: BEI, OJK, dan KSEI
  • 💼 Produk Investasi: Saham, reksa dana, indeks saham, komoditas, dan valas
  • 💲Fee Transaksi Saham:
    • Beli: 0,15%
    • Jual : 0,25%
  • 💰 Minimal deposito: Rp 0
  • 📈 Platform: Aplikasi Stockbit (iOS & Android) dan Desktop App Stockbit (MacOS & Windows)
  • 🗣️ Layanan bahasa: Bahasa Inggris & Bahasa Indonesia

Review Stockbit: Fitur-fitur unggulan

Stockbit sebagai sekuritas yang menyediakan aplikasi untuk melakukan jual beli saham memiliki beberapa fitur unggulan. Berikut merupakan fitur-fitur unggulan milik Stockbit:

FiturKeterangan
ScreenerFitur memungkinkan trader untuk melakukan screening saham sehingga Anda dapat melihat beberapa infromasi seperti indikator tertentu, valuasi, dividen, dan fundamental.
Bandar DetectorMerupakan fitur yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan terknik badarmology, yaitu dengan melihat aliran jual beli saham.
Financial ReportFitur yang berisikan rangkuman kuangan emiten yang bisa kita atur sesuai dengan kebutuhan.
KeyStatsMemungkinkan kita untuk melihat rasio-rasio dari emiten seperti PE ratio, PBV, TTM dan lain-lain.
FundaChartMemberikan gambaran visual tentang fundamental emiten dari waktu ke waktu berdasarkan beberapa rasio.
Stockbit AcademyMerupakan fitur yang berisi materi untuk belajar saham dengan akses gratis.
Virtual TradingMemungkinkan kita untuk belajar trading yang berkaitan dengan juam bei saham sebelum Anda menggunakan akun real.
CharbitMemberikan Anda akses pada grafik harga saham secrara real time beserta indikator penting seperti Foreign flow.
Price AlertFitur notifikasi dari aplikasi apabila harga saham mencapai batas yang Anda tentukan.
SeasonalityMemungkinkan Anda untuk melihat tren harga saham

Review Stockbit: Produk investasi yang tersedia

Saham

Stockbit menyediakan berbagai pilihan saham Indonesia pada aplikasinya. Saat memilih menu saham, Stockbit akan menampilkan data yang Anda butuhkan seperti rencana e-IPO, analisa saham terkini, saham dengan kenaikan harga tertinggi, perusahaan dengan dividen tertinggi. Sehingga Anda dapat menentukan pilihan yang sesuai dengan profil investasi Anda.

Melakui Stockbit Anda bisa membeli saham-saham top di Indonesia. Salah satunya adalah BBCA. Simak penjelasan Saham BBCA: Bagaimana Cara Membelinya & Opini

Reksa Dana

Kemudian, pada aplikasi Stockbit, Anda juga dapat membeli reksa dana. Tersedia berbagai pilihan seperti reksa dana pasar uang, obligasi, saham, dan syariah. Anda juga dapat melakuan penyaringan untuk melihat reksa dana yang paling menguntungkan, memiliki kapitalisasi pasar terbesar, dan memiliki likuiditas tinggi.

Indeks Saham

Stockbit juga menyediakan pilihan produk investasi pada indeks saham global. Pada aplikasi ini, Anda dapt melihat beberapa indeks global terkenal seperti S&P 500, NASDAQ USA, dan Dow Jones. Terdapat 9 indek saham global yang dapat Anda jadikan pilihan.

Komoditas

Produk investasi selanjutnya adalah komoditas. Pada aplikasi Stockbit, Anda dapat berinvestasi komoditas mulai dari logam mulia (emas, dan perak), minyak, dan gas. Terdapat 13 pilihan komoditas yang dapat menjadi pilihan investasi Anda.

👉 Berinvestasi Emas: Saham, ETF, Pendanaan Bersama, dan Emas Fisik

Valuta Asing

Produk investasi terakhir yang mereka tawarkan adalah valuta asing. Namun, pada aplikasi Stockbit jumlahnya sangat terbatas. Tentu saja, jika Anda berinvestasi pada valuta asing, pasangan perdagangannya dengan mata uang Rupiah. Stockbit menyediakan 5 valuta asing yang dapat Anda pedagangkan.

👉 Cara Pilih Broker Forex Terbaik di Indonesia, Yuk Simak!

Review Stockbit: Deposit dan biaya lainnya

Stockbit memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan berinvestasi kepada siapa saja dengan modal yang minim untuk keuntungan yang maksimal. Hal tersebut memberikan kemudahan kepada para investor yang modalnya terbatas. Pada aplikasi tersebut tidak ada minimum deposit.

Biaya untuk melakukan transaksi saham pada aplikasi tersebut adalah sebesar 0,15% untuk beli dan 0,25% untuk jual. Sebagai keteterangan tambahan biaya ini sudah termasuk fee broker, biaya levy (BEI, KPEI, KSEI) sebesar 0,0433%, PPN biaya broker 11% dan PPh final untuk transaksi jual 0,1%.

Kemudian ketika Anda akan melakukan investasi pada reksa dana, tidak akan terkena biaya apa pun dengan RDN Stockbit.

Review Stockbit: Regulasi dan keamanan

Stockbit telah terdafatar pada Bursa Efek Indonesia dengan nama perusahaan Stockbit Sekuritas Digital. Tidak hanya itu sekuritas ini telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keungan (OJK). Sekuritas tersebut terdaftar dengan nomor izin KEP-132/PM/1992 dengan nama PT Mahakarya Artha Sekuritas.

Kemudian, perusahaan ini juga telah terdaftar pada Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI)

Layanan pengaduan nasabah Stockbit

Apabila Anda menemui masalah atau ketidakpuasan dalam transaksi maupun layanan, berikut merupakan kontak yang dapat Anda hubungi untuk melakukan pengaduan:

  • Emai ke [email protected]
  • Menggunakan fitur live chat pada aplikasi Stockbit maupun website resmi Stockbit.com
  • Media sosaial resmi (instagram: @stockbit)
  • Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK) dari OJK

Ulasan Stockbit: Cara investasi

Kemudian, setelah Anda mengetahui informasi penting terkait Stockbit, sekarang saatnya Anda mengetahui langkah-langkahnya. Berikut merupakan tahapan ketika Anda akan berinvetasi dengan Stockbit:

Cara buka dan daftar akun Stockbit

Berikut merupakan cara untuk melakukan pembukaan akun dan mendaftarkan diri pada Stockbit:

  • Pastikan sudah mengunduh aplikasi Stokcbit.
  • Klik fitur watchlist yang ada di bagian paling bawah aplikasi, lalu pilih “Buka Rekening Saham”.
  • Buat password dan lakukan konfirmasi.
  • Masukkan nomor handphone.
  • Masukkan alamat email yang masih aktif.
  • Cek email dari Stockbit untuk mendapatkan kode verifikasi, lalu salin di aplikasi Stockbit.
  • Mengisi identitas diri.
  • Unggah foto KTP dan selfie kamu sambil memegang KTP.
  • Isilah informasi rekening pribadi yang berguna untuk transaksi saham.
  • Jawab beberapa pertanyaan untuk menentukan profil risiko investasimu.
  • Pilihlah bank untuk pembuatan rekening RDN.
  • Ikuti arahan selanjutnya. Selesai!

Cara deposit dana ke RDN Stockbit

Setelah mendaftarkan akun dan mendapatkan verifikasi, Anda akan memiliki Rekening Dana Nasabah (RDN). Ini adalah rekening khusus untuk jual-beli saham dan isntrumen investasi lain yang ada pada Stockbit.

Berikut merupakan cara untuk melakukan deposit dana Anda ke RDN Stockbit sehingga mulai dapat melakukan aktivitas trading:

  • Login akun Stockbit Sekuritas.
  • Klik sidebar di kiri atas aplikasi, lalu pilih ‘Deposit’.
  • Pilih metode pembayaran yang telah tersedia.
  • Salin nomor RDN dan pilih metode transfer.

Stockbit menggunakan Bank BCA dan Bank Jago sebagai perantara Rekening Dana Nasabah (RDN). Sehingga Anda tidak terkena biaya apabila melakukan transfer pada kedua bank tersebut.

Cara membeli saham di Stockbit

Anda dapat dengan mudah membeli atau menjual saham pada aplikasi Stockbit. Berikut merupakan cara untuk melakukan jual beli saham:

  • Buka aplikasi Stockbit yang sudah terunduh pada smartphone.
  • Masukkan kata sandi.
  • Cari saham yang ingin Anda beli.
  • Pilih menu “buy”.
  • Masukkan jumlah lot saham dan harga yang Anda inginkan.
  • Klik “buy”.

Cara beralih ke Stockbit Pro

Melakukan analisis performa dan harga saham perusahaan adalah hal yang wajib Anda lakukan sebelum berinvestasi. Untuk memudahkan proses analisis investasi, Stockbit menyediakan beragam tools canggih pada Stockbit Pro.

Anda dapat menikmati paket berlangganan Stockbit Pro untuk menikmati media analisis mulai dari rangkuman data keuangan, platform chartingscreener saham, valuasi, dan fitur lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menikmati semua fitur Stockbit Pro secara gratis dengan bergabung menjadi nasabah Stockbit Sekuritas.

Apabila bukan nasabah Stockbit Sekuritas, Anda dapat berlangganan sebesar Rp 250 ribu per bulan sehingga dapat menikmati fitur-fitur canggih tersebut.

Ulasan Stockbit: Kelebihan & kekurangan

Kelebihan dan kekurangan suatu platform trading layak Anda perhatikan dalam mempertimbangkan mana yang akan Anda pilih. Berikut rangkuman tentang kelebihan dan kekurangan Stockbit:

Kelebihan Kekurangan
Ramah bagi pemula: Stockbit memiliki tampilan antarmuka modern yang mudah digunakan, bahkan bagi pemula. Semua fitur yang dibutuhkan tersedia dan mudah diakses, membuat pengguna cepat familiar dan mahir dalam waktu kurang dari 5 hari.Tidak ada auto order: Bagi beberapa trader, fitur auto order seperti auto sell dan stop loss sangat penting untuk memaksimalkan keuntungan tanpa harus memantau pasar terus-menerus. Namun, Stockbit tidak memiliki fitur ini, sehingga semua transaksi harus dilakukan secara manual.
Memiliki dukungan komunitas: Stockbit mengusung konsep platform investasi komunitas dengan beragam konten dari tim internal dan pengguna. Di bagian stream, kita dapat melihat percakapan tentang informasi terbaru, analisis, polling, dan prediksi, serta berinteraksi dengan pengguna lain untuk memberikan informasi tambahan atau bertanya.Withdrawal yang lama: Proses tarik dana di Stockbit langsung tersedia untuk bank Jago, tetapi untuk bank lain, permintaan dilakukan pukul 11.00 dan bisa memakan waktu hingga 2 hari kerja, yang cukup lama.
Materi pembelajaran: Tim Stockbit Sekuritas rutin membuat konten edukatif dengan akses yang gratis melalui Stockbit Academy. Di sini, pengguna bisa belajar saham dari nol. Selain materi teknis, terdapat seri seperti Unboxing Emiten dan ekonomi outlooks yang memperluas wawasan tentang saham.
Laporan terbaru: Setelah beberapa bulan mengenal saham, Anda mungkin sering mengunjungi website Bursa Efek Indonesia untuk laporan terbaru emiten. Kini, Stockbit memudahkan dengan menyediakan laporan cepat, termasuk notifikasi untuk emiten dalam watchlist Anda, sehingga tidak ketinggalan informasi penting.

Opini para pengguna

Aplikasi Stockbit memiliki nilai 4,5 dari 5 pada App Store miliki iOS. Dengan penilaian lebih dari 11 ribu pengguna yang telah mengunduh.

review stockbit di app store

Nilai tersebut cukup baik, karena banyak pengguna yang memberikan ulasan dengan komentar aplikasi tersebut sangat cocok bagi para investor pemula. Hal tersebut karena terdapat banyak fitur yang membantu trader pemula dalam melakukan analisis saham.

Kemudian, aplikasi ini juga memiliki nilai yang bagus pada Google Play Store dengan nilai 4,6 dari 5. Dengan penilaian oleh lebih dari 43 ribut pengguna yang telah mengunduh.

Sama seperti pada App Store, sebagian besar penggunanya meberikan ulasan tentang kemudahan penggunaan aplikasi tersebut dan teradapat fitur yang memudahkan pengguna baru untuk belajar.

Review Stockbit: pendapat dan rekomendasi kami

Setelah memberikan ulasan tentang Stockbit di atas, lalu bagaimana pendapat kami?

Dari segi keamanan, Stockbit telah terdaftar di badan regulasi Indonesia, sehingga memberikan perlindungan lebih bagi nasabah. Namun, tetap perlu waspada terhadap risiko kerugian akibat volatilitas pasar dan penipuan.

Dari segi fitur aplikasi, Stockbit menawarkan tampilan yang mudah investor paham beserta dengan alat analisis yang cukup lengkap. Kemudian, Stockbit juga menawarkan akses pada pasar dengan menggunakan laptop atau PC yang cocok untuk trader profesional.

Selain itu, aplikasi ini sering mengalami gangguan saat jam bursa ramai. Oleh karena itu, Stockbit lebih cocok untuk investor pemula dan investor jangka panjang, serta untuk investor dengan modal terbatas atau yang lebih suka menabung pada aset investasi setiap bulannya.

Artikel yang direkomendasikan

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Apa perbedaan akun Stockbit biasa dan Stockbit Pro?

Tentunya, terdapat beberapa perbedaan pada akun biasa dan Pro. Saat Anda telah berlangganan menjadi akun Stockbit Pro, Anda dapat mengakses beberapa fitur unggulan utama seperti, Chartbit, Screener, dan Keystats. Anda harus mengeluarkan biaya Rp 250 ribu setiap bulannya untuk dapat menikmati fitur-fitur tersebut. Namun, ada cara lain selain berlangganan, yaitu menjadi nasabah dari Stockbit Sekuritas.

Apakah berinvestasi dengan menggunakan Stockbit aman?

Stockbit Sekuritas, yang merupakan perusahaan di balik aplikasi Stockbit, kini resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin KEP-132/PM/1992. Ini menunjukkan bahwa Stockbit telah memenuhi standar hukum dan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menjamin keamanan dana serta transaksi para investornya.

Artikel Terkait