Review IPOT: Kelebihan hingga Cara Menggunakannya!

IPOT adalah sebuah aplikasi trading dan investasi yang disediakan oleh Indopremier sekuritas. IPOT termasuk salah satu aplikasi keuangan yang cukup populer. Jika Anda tertarik, simak review IPOT mulai dari kelebihan dan kekurangannya hingga cara menggunakan IPOT.

Seeiring berkembangnya teknologi, investor atau trader di Indonesia semakin mudah mengakses pasar saham. Melalui aplikasi investasi seperti IPOT yang bisa didownload di handphone, Anda bisa dengan mudah membeli saham, reksadana dan instrumen investasi lainnya.

Review IPOT: Apa itu?

Saat seseorang yang baru saja ingin berinvestasi di saham dengan modal kecil biasanya pertanyaan yang muncul apakah ada sekuritas yang bisa tanpa modal minimal untuk jadi nasabahnya? Tentu saja ada!

Investasi saham secara online tanpa minimal deposit merupakan salah satu hal yang dikenal dari IPOT Stock. Sebagai informasi, IPOT adalah sebuah aplikasi milik PT Indo Premier Sekuritas. IPOT merupakan kepanjangan dari Indo Premier Online Technology.

review IPOT

Nah PT Indo Premier Sekuritas adalah sebuah perusahaan penyedia jasa keuangan di bidang pasar modal yang melayani klien individu atau investor ritel hingga korporasi. Tentunya Indo Premier Sekurita sudah terdafyat di Otoritas Jasa Keuangan.

Indo Premier Sekuritas memiliki visi menyediakan layanan keuangan paling berguna dan secara konsekuen ingin dikenal sebagai perusahaan Indonesia yang besar. Adapun misinya adalah mendorong investor untuk mengontrol keuangan mereka, bebas dari biaya tinggi, kompleksitas, konflik kepentingan dan menghubungkan investor di pasar modal.

Adapun Indo Premier Sekuritas bergerak di bidang pedagang efek, penjamin emisi efek dan manajemen investasi. Untuk nasabah institusi, Indo Premier Sekuritas memberikan layanan investment banking, penjualan saham dan penjualan instrumen pendapatan tetap.

PT Indo Premier Sekuritas saat ini juga menyediakan akun syariah yang memudahkan Anda terhindar dari riba dan tetap bisa berinvestasi. Lebih lanjut Indo Premier Sekuritas menunjukkan dirinya sebagai sekuritas yang kredibel dengan penghargaan yang diperolehnya, antara lain:

  • 2021: Juara I IDR Bond Bookrunner/Underwriter The Asset Benchmark Research, Best Islamic Investment Bank, Sukuk Advisor of The Year, Asia Money Best Securities House in Indonesia, Alpha Southeast Asia Best Retail Brokerage, Alpha Southeast Asia Best Bond House
  • 2020: Juara I IDR Bond Bookrunner/Underwriter Bloomberg, Best Domestic Bond House/Advisor The Asset Benchmark Research, Best Islamic Investment Bank The Asset Benchmark Research, Finance Asia Indonesia’s Best ECM House
  • 2019: Juara I IDR Bond Bookrunner/Underwriter The Asset Benchmark Research, Best Domestic Bond House/Advisor The Asset Benchmark Research, Best Islamic Investment Bank The Asset Benchmark Research, Best Islamic Deal The Asset Benchmark Research

Menurut data Bursa Efek Indonesia, saat ini Indo Premier Sekuritas masuk dalam 10 sekuritas dengan volume transaksi terbesar yaitu mencapai 1,16 miliar dengan nilai transaksi Rp 657,16 miliar.

Profil Singkat Indo Premier Sekuritas

  • 🇮🇩 Regulasi: Bursa Efek Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, KSEI
  • 💼 Aset keuangan: saham, reksa dana dan ETF lokal
  • 💻 Jenis akun: 2 (reguler dan syariah)
  • 💲 Fee transaksi:
    • 0,19% untuk transaksi beli saham
    • 0,29% untuk transaksi jual saham
  • 💰 Minimal deposit: Rp 100.000
  • 📈 Platform:
    • Aplikasi IPOT
  • 🗣️ Layanan dalam bahasa Indonesia dan Inggris: Ya

Review IPOT: ini daftar fitur unggulannya!

IPOT tentu terus berusaha memenuhi kebutuhan investor atau para trader yang sudah menjadi nasabahnya. Dalam hal ini, IPOT menyediakan fitur-fitur unggulan yaitu:

FiturPenjelasan
Swipe to Buy/SellMenyediakan fitur transaksi beli dan jual saham cukup dengan satu swipe aja.
AI TrendingMerupakan fitur detektor untuk mendeteksi saham apa yang sedang ramai diperdagangkan secara real-time dan bisa memberikan investor atau trader mendapatkan keuntungan.
e-IPOMerupakan fitur yang memudahkan investor atau trader yang mengincar saham-saham baru. Anda bisa memesan saham perdana sebelum tercatat di Bursa Efek Indonesa (BEI) dengan mudah cukup satu swipe.
EZ ModuleMerupakan fitur untuk mengkustom tampilan di aplikasi sesuai dengan preferensi Anda sehingga Anda merasa lebih mudah dan nyaman menggunakan aplikasi IPOT
Stock ScreenerFitur yang membuat investor atau trader bisa dengan mudah melihat pergerakan saham yang diinginkan sesuai dengan filter fundamental, teknikal dan statistik yang diinginkan
Fund ComparisonFitur untuk membandingkan reksa dana berdasarkan kinerjanya hingga melihat pertumbuhan AUM (Asset Under Management) atau unitnya.
Stock ComparisonFitur untuk membandingkan saham berdasarkan pergerakan harganya, statistik hingga indikator pendukung untuk menemukan saham terbaik.
Fund EvaluatorFitur untuk memberikan penilaian pada reksa dana sesuai dengan tipenya. Kemudian membandingkan performa dan pertumbuhan AUM/unitnya.
Advanced ChartingFitur yang menyediakan tampilan grafik dengan indikator yang beragam. Juga untuk membantu membandingkan multi aset.
Robo TradingMerupakan fitur otomatisasi transaksi sehingga bisa mengurangi waktu Anda mengawasi pergerakan harga. Otomatisasi ini juga bisa membantu Anda mendapatkan cuan dengan memanfaatkan momentum secara sempurna.
Price AlertFitur yang memungkinkan nasabah membuat pengingat atau alarm untuk memberikan informasi bahwa saham yang diinginkan atau sedang dipantau sudah menyentuh harga yang Anda inginkan. Ini membantu Anda meminimalisir kerugian.
Multiple OrderFitur untuk membeli atau memesan suatu aset dengan beragam harga hanya dengan satu kali submit.
Broker SummaryMenyediakan informasi data jual beli suatu saham dari sejak emiten tersebut IPO.
G/L SummaryMerupakan fitur yang memberikan laporan keuntungan dan kerugian portofolio investasi Anda.
Portofolio CompositionFitur yang memberikan informasi komposisi portofolio ETF dan eksekusi order real-time.
SPT TahunanFitur yang memudahkan Anda mengisi laporan SPT tahunan dengan template yang telah disesuaikan dengan standard pelaporan pajak.

Review IPOT: Produk Investasi yang disediakan IPOT

Saham

IPOT menyediakan akses ke seluruh saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). IPOT juga memberikan informasi apabila suatu saham berada dalam pengawasan khusus BEI. Anda bisa melakukan innvestasi dan trading dengan mode EZ atau Pro.

>>> saham-saham berdividen tinggi

Reksa Dana

Anda bisa membeli dam menjual reksa dana di IPOT sehingga tidak perlu menggunakan aplikasi lain khusus reksa dana. Platform IPOT mulai mengembangkan transaksi reksa dana sejak 2014.

>>> reksa dana terbaik untuk pemula

ETF

Anda bisa membeli ETF khusus dengan aset dasar saham di dalam negeri menggunakan aplikasi IPOT. Minimal pembelian adalah satu basket atau setara 1.000 lot.

>>> cara berinvestasi ETF

Review IPOT: minimal deposit & biaya lain-lain

  • Minimal pembelian saham: 1 lot
  • Fee transaksi saham: 0,19% untuk membeli dan 0,29% untuk menjual
  • Minimal pembelian reksa dana: Rp 100.000
  • Fee transaksi Reksa Dana: 0%
  • Minimal deposito / setoran awal: Rp 100.000

Review IPOT: Keamanan & Regulasi

Indo Premier Sekuritas menyeramkan 3 Factor Authentication (3FA) mulai dari password, nomor PIN yang diacak dan kode OTP. Password terdiri dari 8 angka digit, huruf dan spesial karakter. Nomor PIN yang diacak terdiri dari pengacakan 10 nomor untuk memasukkan PIN yang sudah Anda buat. Adapun IPOT juga menggunakan sistem keamanan 256 bit untuk melindungi data pribadi nasabah dan melindungi nasabah dari ancaman hacker.

Dari segi regulasi, Indo Premier Sekuritas sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan nomor KEP-11/PM/PPE/1996. Sehingga segala transaksi berada di bawah pengawasan OJK untuk menjamin perlindungan nasabah.

Cara beli saham untuk pemula di aplikasi IPOT

Kini Anda sudah mulai mengenal apa itu IPOT. Tentu rasanya kurang lengkap jika Anda belum mengetahui cara membeli saham di aplikasi IPOT. Untuk bisa membeli saham di aplikasi IPOT, kami memulainya dengan memberi tahu Anda cara mendaftarkan diri ke sekuritas Indo Premier.

Cara daftar Sekuritas Indo Premier lewat HP

Berikut cara daftar sekuritas Indo Premier lewat HP:

  1. Download aplikasi IPOT di Android atau iOs serta siapkan KTP, buku rekening atas nama Anda dan NPWP jika punya.
  2. Buka aplikasi IPOT kemudian pilih Registration
  3. Masukkan email dan nomor ponsel yang aktif. Pastikan bisa menerima telepon, SMS, email atau whatsapp.
  4. Lakukan konfirmasi email yang sudah Anda daftarkan.
  5. Isi kode OTP yang dikirim melalui SMS.
  6. Masukkan data rekening bank atas nama pribadi Anda.
  7. Foto KTP, isi dan ceklis seluruh data. Pastikan data sesuai dengan KTP.
  8. Foto selfie sambil memegang e-KTP Anda pastikan wajah terlihat jelas.
  9. Buat tandatangan virtual pada aplikasi.
  10. Kemudian rekam video wajah Anda sambil membaca kalimat yang ada di layar.
  11. Isi asal dana investasi Anda. Misalkan Anda merupakan karyawan maka isi asal dana yaitu Gaji.
  12. Isi nama perusahaan tempat kerja, bidang usaha dan nomor telepon perusahaan
  13. Isi alamat perusahaan dengan lengkap
  14. Isi penghasilan per tahun dan NPWP, pilih alamat surat menyurat.
  15. Buat user name, password dan PIN.
  16. Klik lembar pernyataan nasabah khusus Bank BCA atau Bank Permata
  17. Klik ketentuan rekening Tapres, kemudian klik Ya untuk membuka rekening efek.
  18. Registrasi selesai. Anda akan segera mendapatkan email yang berisi nomor identitas investor (Single Investor Identification/SID) Anda, nomor rekening dana nasabah (RDN), dan Sub Rekening Efek (SRE) untuk keperluan transaksi efek.

Cara isi RDN di IPOT

Nah setelah mengikuti langkah cara daftar akun di IPOT, kini saatnya Anda mulai bertransaksi saham. Nah untuk bisa bertransaksi saham Anda wajib mengisi RDN di IPOT.

RDN yang tersedia di IPOT adalah Bank Permata, BCA, Mandiri (khusus transaksi saham saja) dan BCA Syariah (khusus untuk akun syariah).

Cara mengisi dana di RDN IPOT cukup mudah. Anda dapat mengirim dari rekening selain rekening pribadi yang telah didaftarkan, atau menggunakan rekening pribadi Anda. Kemudian transfer ke nomor RDN yang sudah Anda dapatkan. Biasanya dana langsung masuk ke RDN.

Cara beli saham di IPOT untuk investor pemula

  1. Buka aplikasi IPOT, kemudian pilih Saham Easy
  2. Kemudian pilih ikon search untuk mencari saham yang Anda inginkan
  3. Anda juga bisa memilih daftar yang sudah dikelompokkan sesuai indeks seperti 30 IPO terakhir, IDX30, LQ45 hingga Kompas100.
  4. Setelah memilih sahamnya, Anda bisa klik EZ Buy jika ingin membelinya langsung dengan harga yang sudah disesuaikan dengan harga pasar saat itu atau Anda bisa memilih harga . Masukkan jumlah lot yang diinginkan. Minimal pembelian saham yaitu sebanyak 1 lot atau setara 100 lembar saham.
  5. Kemudian swipe to buy
  6. Setelah itu silakan scroll ke bawah untuk melihat order status Anda

Cara atur (setting) Cut Loss & Take Profit saham di IPOT

  1. Pilih saham yang ingin Anda awasi pergerakannya
  2. Pilih Robo New Task atau Robo
  3. Pilih ikon merah bertuliskan + New Jual untuk menjual di harga tertentu untuk meminimalisir risiko kerugian (cut loss) dan mendapatkan keuntungan optimal (take profit). Kemudian pilih ikon Full untuk menentukan harga yang diinginkan.
  4. Pilih ikon hijau bertuliskan + New Beli untuk membeli di harga rendah (buy on low) atau membeli saat harga tertinggi (buy on high). Kemudian pilih ikon Full untuk menentukan harga yang diinginkan.
  5. Centang pada pilihan yang tertera kemudian masukkan jumlah lot yang diinginkan.

Review IPOT: kelebihan & kekurangan

KelebihanKekurangan
Ramah bagi investor pemula dengan modal kecil. IPOT tidak memberikan batasan minimal deposit.❌ Biaya atau fee transaksi IPOT bukan yang termurah. Masih ada fee transaksi yang lebih murah seperti BRI Sekuritas dan Mirae Asset Sekuritas.
Mudah dalam membuat akun hanya melalui handphone.❌ Saat ini sudah banyak sekuritas dengan minimal deposito awal yang murah.
✅ Produk lengkap untuk ETF, Reksa Dana dan Saham.❌ Tampilan aplikasi IPOT tidaklah mudah untuk dipahami. Sehingga membutuhkan waktu lebih panjang untuk mempelajarinya.
✅ Memiliki akun syariah.Data pasar real-time tergantung pada jaringan internet di lokasi Anda mengaksesnya. Sehingga ada kemungkinan perbedaan realisasi profit ataupun kerugian.
✅ Sudah memiliki fitur Robo Trading, yang memudahkan Anda mengelola aset tanpa harus memantau secara terus-menerus.

Opini para pengguna IPOT

Aplikasi IPOT di iOS mendapatkan rating 3.4 dari 5. Penilaian ini dilakukan oleh 6.600 pengguna. Dari segi kepopuleran, IPOT berada di peringkat 94. Peringkat ini berada di bawah Ajaib dan Pluang.

Tak jauh berbeda, rating IPOT di Google Playstore adalah 3.8 dari 5. Penilaian ini diberikan oleh 50.000 pengguna, dengan jumlah pengunduh hingga lebih dari 1 juta.

Para pengguna IPOT banyak yang mengeluhkan tampilan aplikasi terbaru yang sulit untuk dimengerti. Selain itu, masih ada beberapa bug yang ditemui. Namun customer service IPOT cukup cepat dalam menanggapi keluhan tersebut dengan membalas keluhan dan memberikan solusi. Sedangkan hal yang paling disukai oleh pengguna adalah mudah dalam membuat akun dan langsung bisa digunakan untuk transaksi.

IPOT: pendapat & rekomendasi kami

Lalu bagaimana pendapat kami mengenai aplikasi IPOT milik PT Indo Premier Sekuritas? Kami masih merekomendasikan Anda menggunakan jasa sekuritas ini dan menggunakan aplikasi IPOT karena kemudahan dalam membuat akun dan tidak adanya minimal deposito untuk transaksi.

Kedua hal tersebut sangat membantu investor ritel pemula dengan modal yang minim. Sehingga bagi Anda yang baru saja bekerja dengan gaji UMR tak perlu takut lagi untuk membuat akun dan mulai berinvestasi saham.

Selain itu, meski banyak yang mengeluhkan tampilan aplikasi yang sulit Anda tetap bisa mempelajarinya dengan cepat. IPOT menawarkan penggunaan tombol-tombol utama dengan mudah seperti mencari saham, jual dan beli saham. Begitu pula akses menggunakan fitur Robo, IPOT juga telah meletakkan tombol penggunaan fitur ini dengan mudah. Anda hanya perlu membiasakan diri menggunakan aplikasi ini.

Khusus investor pemula, tak perlu takut. IPOT memiliki fitur IPOT Journey yang bisa membantu Anda belajar mengenai instrumen investasi yang disediakan aplikasi ini. Media pembelajarannya adalah video hingga webinar sesuai dengan level yakni beginner, intermediate dan advanced.

Dari sisi keamanan, kebetulan penulis telah menggunakan aplikasi ini sejak 2019. Dana yang tersimpan cukup aman dan tidak pernah mengalami masalah selama menggunakan IPOT. Hanya saja jika Anda lama tak membuka aplikasi ini, maka Anda harus mulai dari login dan memasukkan PIN demi keamanan akun.

Namun di sisi lain, jika Anda mencari sekuritas dengan fee paling rendah maka kami tidak menyarankan menggunakan IPOT. Fee transaksi jual dan beli saham di IPOT bukanlah yang termurah.

Cara mengajukan komplain

Cara mengajukan komplain saat mengalami masalah dengan IPOT sangatlah mudah. Anda bisa menuliskan review di App Store atau Google Play Store. Namun untuk jalur yang lebih resmi, berikut datanya:

  • Alamat: Pacific Century 16/F SCBD Lot 10, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190
  • No telepon: (021) 5088-7200 atau (021) 5086-0608
  • Email: [email protected]

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Bagaimana cara menggunakan IPOT?

Cara menggunakan IPOT cukup mudah. Anda harus mendownload aplikasi IPOT di App Store atau Google Play Store. Kemudian siapkan dokumen penting seperti KTP dan NPWP (opsional). Jika sudah Anda bisa langsung melakukan pendaftaran akun, isi semua data yang dibutuhkan. Jika sudah Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa akun sudah aktif. Setelah itu isi RDN Anda dan langsung beli saham yang Anda inginkan.
Untuk membeli saham, reksa dana dan ETF cukup buka aplikasi IPOT. Cari yang aset yang diinginkan, klik beli.

Berapa setoran awal aplikasi IPOT dan apakah ada biaya bulanan?

Biaya setoran awal aplikasi IPOT sebesar Rp 100.000. IPOT hanya mengenakan fee transaksi jual beli saham dan tidak ada biaya bulanan yang dikenakan.

Apakah proses registrasi di IPOT lama?

Proses registrasi IPOT terhitung cepat. Anda bisa mendaftarkan akun hanya dalam waktu 5 menit. Setelah itu, hanya perlu waktu sekitar satu jam untuk melakukan transaksi saham pertama Anda.

Artikel Terkait