Saham GOTO: Cara Beli, Analisa & Rekomendasi

Saham GOTO (PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk) adalah saham yang ramai menjadi perbincangan para investor pada saat IPO. Hal tersebut karena GoTo merupakan gabungan dari dua perusahaan start up besar Indonesia yang menjadi satu.

Kemudian, merger terjadi ketika PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) sebagai perusahaan penyedia aplikasi ojek online melakukan akuisisi terhadap PT Tokopedia sebagai perusahaan penyedia e-commerce asli Indonesia. Kini, bukanlah hal yang sulit bagi para investor untuk membeli saham tersebut karena bisa mendapatkan saham tersebut melalui broker online.

Cara membeli saham Gojek Tokopedia (GOTO)

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang apa itu saham GOTO? Bagaimana Anda dapat memembelinya? dan Di mana Anda dapat membeli saham tersebut secara online? Mari, simak artikel ini lebih dalam.

Apa itu Saham Gojek Tokopedia (GOTO)?

PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) merupakan perusahaan induk yang bergerak di bidang layanan digital. Perusahaan tersebut membawahi 14 perusahaan di Indonesia serta di luar negeri. Layanan utama berbasiskan aplikasi yang mereka sediakan yaitu jasa transportasi on-demand (Gojek), e-commerce (Tokopedia), dan layanan keuangan (GoTo Financial).

lambang saham Gojek Tokopedia (GOTO)

Pada awalnya, perusahaan ini didirikan dengan naman PT Aplikasi Karya Anak Bangsa pada tanggal 15 Desember 2015. Kemudian, pada tahun 2021 perusahaan tersebut mengakuisisi PT Tokopedia dan mengubah namanya menjadi GoTo. Sampai saat ini, sudah ada 55 juta pengguna yang telah menggunakan layanan dari GoTo.

Perusahaan tersebut resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 11 April 2022. Kemudian, dalam debut perdananya, perusahaan tersebut memiliki harga Initial Public Offering (IPO) sebesar Rp 338 per saham. Kemudian di hari yang sama sempat hampir menyentuh harga tertinggi Rp 416 per lembar saham dan terendah Rp 372 per lembar saham. Saat IPO jumlah saham yang akan dilepas berjumlah 40,61 miliar saham, tetapi total jumlah saham yang dipesan oleh investor berjumlah 55,54 miliar sehingga IPO GOTO mengalami kelebihan permintaan sebesar 14,92 miliar.

Oleh karena itu, sungguh hal yang luar biasa melihat animo masyarakat umum terhadap peluncuran saham GOTO.

👉 Bursa Saham: Segala yang Perlu Diketahui Untuk Memulai Investasi

Analisis Fundamental saham Gojek Tokopedia

Apabila kita melihat dari akhir tahun 2020 hingga akhir tahun 2023, GoTo memiliki pertumbuhan pendapatan sebesar 444,29%. Merupakan pertumbuhan yang signifikan karena perusahaan ini tergolong perusahaan baru. Namun, dalam hal kapitalisasi pasar, perusahaan ini mengalami penurunan sejak melantai di bursa saham. Berikut merupakan data kapitalisasi pasar GOTO dari tahun 2022 hingga 2024:

TahunKapitalisasi PasarPerubahan
2024US$ 4,7 miliar-22,01%
2023US$ 6,03 miliar1,19%
2022US$ 5,96 miliar
Sumber: companiesmarketcap

Namun, apabila kita melihat laba bersihnya, perusahaan tersebut masih mengalami kerugian. Tercatat pada tahun 2021 sejak berganti nama menjadi GoTo, perusahaan tersebut memiliki laba bersih hingga minus Rp 21,39 triliun. Kemudian, pada tahun 2022 GoTo memiliki laba bersih dengan minus Rp 39,57 triliun. Kerugian terbesar terjadi pada tahun lalu oleh karena perusahaan memperoleh laba bersih dengan minus Rp 90,40 triliun. Dari sebab itu, kerugiannya meningkat sebesar 128,44% apabila kita bandingkan dengan tahun 2022.

Dengan melihat fundamental GoTo, dapat kita katakan bahwa perusahaan tersebut masih mengalami kerugian. Namun perusahaan ini masih dipercaya oleh para investor karena berpotensi dalam hal ekspansi perusahaan mulai dari transportasi, e-comerce, hingga finansial. Hal tersebut merupakan potensi besar karena memberikan banyak saluran pendapatan.

GoTo menawarkan potensi pendapatan perusahaan yang besar pada masa yang akan datang karena basis pengguna yang besar dan beragam layanan yang dimiliki. Investasi yang berkelanjutan di bidang teknologi dan inovasi berpotensi meningkatkan efisiensi operasional sehingga mendorong peningkatan pendapatan.

👉 Bagaimana Cara Menilai Perusahaan Berdasarkan Analisis Fundamental?

Analisis Teknikal saham GoTo

Selanjutnya, mari kita melihat analisis teknikal pada saham GOTO. Berdasarkan grafik nilai saham di bawah, sejak IPO pada tahu 2022, sehingga tren pada saham ini cenderung turun. Kenaikan yang signifikan hanya terjadi pada bulan Juni hingga Juli 2022. Per tanggal 30 Mei 2024, saham tersebut memiliki harga Rp 67 per lembarnya dengan volume perdagangan yang mencapai 20 miliar.

Gojek Tokopedia (GOTO)

Berikut merupakan data moving average pada tanggal perdagangan 30 Mei 2024 beserta dengan sentimen pasarnya:

Moving AverageSederhanaEksponensial
MA567.40 (Jual)67.66 (Jual)
MA1068.70 (Jual)68.49 (Jual)
MA2070.25 (Jual)69.10 (Jual)
MA5068.46 (Jual)68.75 (Jual)
MA10067.22 (Jual)67.42 (Jual)
MA20065.16 (Beli)66.82 (Beli)
Sumber: investing.com

Dari data moving average yang telah diberikan di atas, saham tersebut berada pada sentimen “sangat jual” oleh karena pada data di atas rekomendasi yang dominan adalah “jual“. Hal ini karena para investor mengharapkan pergerakan dapat menembus level resistance Rp 70 dan ditargetkan secara teoritis nilainya bisa mencapai Rp 83. Kemudian, yang terjadi justru nilai sahamnya turun menjadi Rp 67 per lembar sahamnya. Hal ini membuat sentimen pasar menjadi “sangat jual” sehingga memungkinkan harganya akan turun kembali.

Berikut kami menyediakan data beberapa indikator teknikal lain yang dapat digunakan untuk melakukan analisis teknikal:

Sumber: investing.com

Saat kita melihat pada indikator teknikal, nilai RSI pada saham GOTO adalah sebesar 40,572. Dari sebab itu, saham ini diprediksi masih akan mengalami downtrend.

👉 Indikator Trading Dan Osilator | Analisis Teknikal

Membeli Saham GOTO Secara Online

Saat ini, membeli saham GOTO sangatlah mudah karena Anda bisa melakukannya secara online. Anda dapat melakukannya melalui aplikasi investasi saham resmi yang telah terdaftar pada BEI atau Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Di bawah ini, kami akan memberikan contoh langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan pendaftaran akun dan membeli GOTO melalui aplikasi Stockbit.

Cara registrasi akun melalui aplikasi Stockbit

  • Unduh aplikasi Stockbit
  • Klik Sign Up atau Daftar pada tampilan awal ketika membuka aplikasi
  • Anda bisa mendaftar akun social Stockbit dengan menggunakan akun Google, Facebook, Email atau Apple ID jika menggunakan perangkat iPhone
  • Masukkan Nama Lengkap
  • Buat username yang ingin Anda gunakan untuk berinteraksi di Stockbit Social
  • Buat password akun social dan lakukan konfirmasi dengan memasukkan kode yang sama pada kotak Konfirmasi
  • Masukkan nomor HP
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor HP yang telah terdaftar
  • Pilih negara. Apabila Anda memilih Indonesia, maka data yang akan muncul pada aplikasi Stockbit adalah daftar saham yang melantai di Bursa Efek Indonesia. Selain itu, akan muncul topik bahasan seputar saham di Indonesia.
  • Selesai. Akun Stockbit Social Anda sudah terdaftar

Cara membuat akun dan membuka rekening di Stockbit

  • Pastikan Anda telah mengunduh aplikasi Stockbit terbaru
  • Klik fitur Portfolio, pilih opsi Register
  • Masukkan Password Stockbit. Apabila belum memiliki password, buat terlebih dahulu dengan mengikuti arahan yang diminta
  • Masukkan nomor HP yang telah terdaftar
  • Masukkan alamt email yang telah terdaftar
  • Kemudian Anda akan menerima kode verifikasi yang muncul pada email.
  • Masukkan kode verifikasi tersebut
  • Unggah foto e-KTP
  • Unggah foto selfie dengan memegang e-KTP
  • Isi informasi data diri Anda, sesuai dengan e-KTP
  • Isi data informasi rekening pribadi yang ingin digunakan untuk transaksi saham
  • Konfirmasi rekening pencairan, kemudian klik lanjut
  • Isi data profil resiko dengan menjawab pertanyaan yang paling sesuai dengan Anda
  • Pilih bank untuk pembuatan RDN

Panduan membeli saham GOTO dengan Stockbit

  • Pertama, buka aplikasi Stockbit pada smartphone Anda
  • Kedua, lakukan deposit pada RDN (tidak ada minimal deposit pada aplikasi Stockbit)
  • Kemudian, pastikan saldo RDN cukup untuk melakukan pembelian GOTO (dengan minimal pembelian 1 lot)
  • Selanjutnya, Anda dapat melakukan pencarian GOTO dan klik saham tersebut
  • Klik tombol buy
  • Masukkan harga beserta jumlah lot sesuai dengan yang ingin Anda beli
  • Klik buy, lalu confirm

Pertimbangan Investasi GOTO

Berinvestasi pada saham GoTo menawarkan potensi pertumbuhan yang signifikan, mengingat perkembangan pasar digital di Asia Tenggara yang pesat. Pertumbuhan ini didorong dengan peningkatan penetrasi internet, adopsi pada smartphone, dan perubahan perilaku konsumen yang mengarah pada kebiasaan belanja online serta layanan digital. GoTo, dengan ekosistemnya yang meliputi transportasi, e-commerce, dan layanan finansial, berada pada posisi strategis yang dapat memanfaatkan peluang ini.

Namun, Anda harus mempertimbangkan beberapa risiko penting. Pertama, GoTo belum mencapai profitabilitas, sehingga terdapat ketidakpastian mengenai kapan dan bagaimana perusahaan akan menghasilkan keuntungan. Kedua, persaingan pada sektor teknologi dan digital sangat ketat, dengan pemain besar lainyang juga berusaha merebut pangsa pasar yang sama. Ketiga, fluktuasi ekonomi global dan regional dapat mempengaruhi kinerja perusahaan, terutama dalam hal pendanaan serta ekspansi.

Berinvestasi saham GOTO memerlukan keseimbangan antara optimisme terhadap potensi pertumbuhan di masa depan dan kewaspadaan terhadap risiko yang ada. Diversifikasi portofolio dan pemantauan terus-menerus terhadap perkembangan perusahaan dan pasar digital merupakan strategi yang bijak bagi para investor.

👉 Apa itu Diversifikasi: Pengertian, Kriteria & Cara

Kelebihan dan Kekurangan Berinvestasi Saham GOTO

Tentu saja, dalam berinvestasi pada saham, terdapat kelebihan dan kekurangan. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan yang dapat Anda jadikan pertimbangan ketika akan berinvestasi pada saham GOTO:

KelebihanKekurangan
✅ Harga saham GOTO tergolong masih murah❌ Kinerja keuangan perusahaan yang masih belum baik
✅ Memiliki lebih banyak potensi positif di masa depan❌ Ketidakpastian dalam hal keuntungan
✅ Perusahaan dengan basis pengguna yang besar

Kesimpulan

Berinvestasi saham GOTO menjadi hal yang menarik untuk diversifikasi portofolio Anda. Dengan berinvestasi pada perusahaan di bidang teknolgi dan digital, memungkinkan Anda untuk memperoleh keuntungan di masa depan. Bagi Anda yang tertarik untuk membeli saham tersebut, Anda dapat memperolehnya melaui broker oniine seperti Stockbit atau Ajaib.

Kami merekomendasikan saham GOTO sebagai aset untuk investasi jangka panjang. Hal ini karena saham GOTO hingga saat ini masih belum mencapai profitabilitas, sehingga bisa kita katakan masih merugi. Terlebih lagi baru-baru ini, GoTo melepas beberapa anak perusahaannya, seperti Tokopedia yang mereke lepas ke TikTok dan PT Paket Anak Bangsa (bergerak di bidang logistik).

Terlepas dari itu semua, saham GOTO mendapatkan banyak perhatian dari investor lokal maupaun investor asing. Dengan pengembangan layanan berbasiskan teknologi aplikasi, rasanya perusahaan ini masih akan terus berkembang di masa yang akan datang. Selamat berinvestasi saham GOTO.

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Apakah berinvestasi saham GOTO menguntungkan?

Walaupun hingga saat ini GoTo belum mencapai profitabilitasnya, lalu beserta dengan pelepasan beberapa anak perusahaannya. GOTO masih menjadi saham yang perlu kita perhitungkan. Hal ini karena perusahaan tersebut masih tergologn perusahaan yang baru. Kemudian, berinvestasi pada saham perusahaan yang bergerak di bidang layanan berbasiskan teknologi dapat memberikan keuntungan di masa depan seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan kebiasaan masyarakat. GOTO juga didukung oleh basis penggunya yang sangat banyak.

Bagaimana sentimen pasar terhadap saham GOTO?

HIngga saat ini, dengan beberapa analisis teknikal seperti moving average dan relative strength index, kita dapat melihat bahwa sinyal pada perdagangan saham GOTO masih berada pada “jual”. Namun, terdapat dua perusahaan asing yang memborong saham tersebut yaitu JP Morgan dan Nomura Holdings Inc. JP Morgan saat ini telah memiliki 0,16% dari saham GOTO sedangkan Nomura memiliki 0,01%.

Artikel Terkait