Daftar IPO 2024 di Bursa Indonesia hingga AS!

Simak daftar IPO 2024 di pasar atau bursa saham Indonesia, Amerika Serikat, Inggris dan Asia. Melalui informasi ini Anda bisa mendapatkan keuntungan dari perusahaan yang cukup menarik.

Penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) terus menarik perhatian pelaku pasar keuangan pada tahun 2024. Mereka menawarkan prospek yang menjanjikan untuk menggenggam peluang pertumbuhan baru. Dalam artikel ini, kami memberikan gambaran lengkap tentang penawaran saham perdana mendatang untuk tetap unggul dalam tren pasar. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menemukan jadwal & daftar IPO 2024.

IPO 2024

Apa itu IPO?

Sebuah penawaran saham perdana atau IPO (Initial Public Offering) adalah proses dimana perusahaan swasta menjadi publik atau perusahaan tertutup menjadi perusahaan terbuka. Ini melibatkan pembukaan sahamnya kepada publik melalui penawaran di bursa. Ini juga merupakan mekanisme pembiayaan yang memungkinkan perusahaan mengumpulkan dana dengan menjual sebagian sahamnya kepada investor.

Untuk melakukan ini, perusahaan sering bekerja sama dengan bank investasi. Bersama-sama, mereka menentukan harga saham dan mengatur penjualan. Kemudian, perusahaan menyiapkan prospektus rinci yang memberikan investor potensial informasi penting tentang perusahaan. Ini mencakup kegiatan, situasi keuangan, dan prospeknya.

Setelah disetujui oleh otoritas regulasi, IPO diluncurkan. Investor dapat mulai membeli saham perusahaan di pasar saham publik.

Mengapa harus berinvestasi dalam daftar IPO 2024?

Penawaran saham perdana memungkinkan Anda untuk memanfaatkan beberapa keuntungan. Berikut adalah 4 alasan utama untuk berinvestasi dalam IPO pada tahun 2024:

  • Mendapatkan akses ke perusahaan muda dengan potensi pertumbuhan yang kuat.
  • Mendapatkan harga preferensial dengan membeli saham sejak penawaran awal.
  • Potensi untuk mendapatkan keuntungan signifikan dalam jangka panjang.
  • Diversifikasi portofolio Anda dengan menambahkan saham dari perusahaan yang sedang berkembang.

Bagaimana cara berinvestasi pada saham yang sedang IPO?

Ada beberapa cara untuk berinvestasi pada saham yang sedang IPO. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Mengikuti IPO secara langsung : Beli saham langsung dari penawaran awal untuk mendapatkan peluang pasar pertama. Ini memungkinkan Anda untuk membeli lebih rendah sebelum saham tersedia untuk publik.
  • Berlangganan ke dana khusus : Pilih dana bersama atau ETF yang menargetkan IPO. Ini adalah cara untuk berinvestasi pada portofolio saham yang baru terdaftar untuk mengurangi risiko.
  • Mengakses saham yang sedang IPO melalui e-IPO : Gunakan e-IPO yang disediakan Bursa Efek Indonesia (BEI) khusus saham Indonesia untuk cepat mengakses saham yang sedang IPO. Anda akan mendapatkan manajemen posisi yang gesit dengan eksekusi order yang cepat.
  • Investasi melalui CFD : Kontrak untuk Perbedaan menawarkan alternatif fleksibel untuk berinvestasi pada saham yang sedang IPO. Mereka memungkinkan Anda untuk berspekulasi pada pergerakan harga naik atau turun tanpa harus memiliki saham secara fisik.

Daftar Saham IPO 2024 Indonesia 🇮🇩

Daftar perusahaan IPO yang ada di bawah ini adalah perusahaan yang sudah diumumkan di e-IPO milik Bursa Efek Indonesia. Selain 3 perusahaan ini, BEI menyebutkan masih ada sekitar 17 calon perusahaan yang akan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) (Data per 4 Maret 2024).

Multi Hanna Kreasindo (MHKI)

ipo adalah

PT Multi Hanna Kreasindo Tbk adalah perusahaan dalam sektor pengelolaan limbah industri B3 dan non B3. Perusahaan ini menerapkan 3R yaitu Reuse, Recycling, Recovery yang tertintegrasi memiliki unit bisnis pengangkutan, pengumpulan, pengolahan dan pemanfaatan limbah B3.

Multi Hana Kreasindo sedang mempersiapkan penawaran saham perdana mereka untuk mengumpulkan Rp 150 miliar dengan melepas 750 juta saham baru. Dana hasil IPO sebagian besar akan digunakan untuk pembangunan pabrik baru di Lamongan, Jawa Timur.

Cahaya Bumi Rezeki (CABR)

ipo bursa indonesia

PT Cahaya Bumi Rezeki adalah perusahaan yang bergerak di sektor pertanuan. Perusahaan ini menyediakan jasa penunjang pertanian lainnya.

Penawaran saham perdana Cahaya Bumi Rezeki bertujuan untuk pembelian alat berat yaitu excavator, dump trucl dan buldozer. Dalam persiapan penawaran saham perdana mereka, mereka berencana untuk mengumpulkan Rp 30 miliar dengan melepas 300 juta lembar saham.

Atlantis Subsea Indonesia (ATLA)

Atlantis Subsea Indonesia IPO

PT Atlantis Subsea Indonesia Tbk adalah perusahaan yang bergerak di sektor migas, energi baru dan terbarukan serta infrastruktur laut. Perusahaan ini telah bekerja dengan beberapa klien ternama seperti Pertamina Hulu Mahakam, Medco Energi, Telkom Infra, PGN Saka dan Esso Thailand Company.

Icade Santé berencana untuk penawaran saham perdana di BEI dengan dana yang ditargetkan lebih dari Rp 144 miliar. Dana hasil IPO ini akan digunakan untuk pembelian peralatan untuk menunjang perusahaan seperti alat penerima sinyal, sensor kecepatan suara di medium air dan lainnya.

Daftar IPO 2024 di bursa Indonesia lainnya

Nama PerusahaanSektorRencana emisiRencana tahun IPO
Lion AirTransportasiRp 7,7 triliun
CIMB NiagaPerbankan2026 atau 2027
PT Pupuk KaltimPertanian
BPR Syariah Artha MardaniKeuangan2025
PT Industri Telekomunikasi IndonesiaTelekomunikasiRp 10 triliun
JULOP2P Fintech
PT Horizon Internusa Persada (Travelio)Properti

Daftar IPO 2024 untuk di Bursa Amerika Serikat 🇺🇸

Melansir situs resmi NYSE, dalam waktu dekat belum ada perusahaan yang terdaftar akan segera melakukan IPO. Melansir Investors.com, usai kesuksesan Reddit dan Astera Labs melantai di bursa Amerika Serikat (AS) rencana IPO masih belum akan pulih hingga akhir 2024.

Jumlah IPO di AS masih akan tipis terutama hingga April 2024. Meski sebenarnya di Sekuritas dan Bursa sudah penuh dengan pengajuan baru. Pasar masih khawatir dengan kemungkinan kenaikan suku bunga, inflasi dan risiko ekonomi lainnya. 

Databricks

databricks ipo

Databricks adalah perusahaan Amerika yang menyediakan perangkat lunak untuk pemrosesan data dan pembelajaran otomatis. Didirikan oleh pencipta Apache Spark, perusahaan ini membantu perusahaan lain untuk menyatukan proses pemrosesan data, analisis, dan pembelajaran otomatis mereka dalam satu platform cloud terintegrasi. Perusahaan ini bertujuan untuk menyederhanakan penemuan data dan inovasi dalam kecerdasan buatan.

Trustly

ipo singkatan dari

Didirikan pada tahun 2008, Trustly adalah perusahaan pembayaran Swedia yang menawarkan solusi pembayaran online langsung dari rekening bank. Ini memungkinkan konsumen untuk melakukan pembelian dan pembayaran online tanpa menggunakan kartu. Perusahaan ini memfasilitasi transaksi yang aman dan cepat antara konsumen dan pedagang di seluruh Eropa dan Amerika Serikat.

Klarna

apa itu ipo saham

Klarna adalah perusahaan Swedia yang mengkhususkan diri dalam layanan pembayaran dan belanja. Didirikan pada tahun 2005, ia telah menjadi salah satu platform pembayaran utama di Eropa dan berkembang pesat di internasional. Klarna menawarkan solusi pembayaran yang fleksibel. Ia bekerja sama dengan ribuan pedagang untuk meningkatkan pengalaman belanja online melalui layanan pembayaran yang disederhanakan.

Daftar IPO 2024 di Bursa Inggris 🇬🇧

Daftar IPO di bursa Inggris ini adalah daftar perusahaan yang akan go-publik di London Stock Exchange (LSE). Sebagai tambahan informasi, jumlah perusahaan IPO di LSE pada 2023 mengalami penurunan yang signifikan dan jadi yang tersepi sejak 2009. Namun pihak LSE optimistis di tahun 2024 bakal ada kenaikan jumlah minat IPO perusahaan di bursa saham London.

Revolut

saham ipo 2024

Revolut adalah fintech asal Inggris. Ia menawarkan platform layanan keuangan yang mencakup rekening bank, transfer uang internasional dengan biaya rendah, pertukaran mata uang tanpa biaya, dan produk asuransi. Didirikan pada tahun 2015, ia telah berkembang pesat di internasional. Ia melayani jutaan pelanggan di seluruh dunia. Revolut terus memperluas penawaran produknya, menjelajahi jalur baru seperti cryptocurrency dan produk perdagangan.

Monzo

Daftar IPO 2024 di bursa Inggris

Diluncurkan pada tahun 2015, Monzo adalah bank digital yang berbasis di Inggris. Bank ini dikenal karena kartu debit Mastercard dan aplikasi mobile-nya yang menawarkan pengalaman pengguna yang intuitif. Monzo dengan cepat menjadi populer karena manajemen keuangan pribadi yang transparan, alat-alat anggaran, dan tidak ada biaya di luar negeri. Perusahaan ini bertujuan untuk membuat layanan perbankan lebih mudah diakses dan lebih ramah pengguna.

Starling

ipo 2024

Starling Bank adalah bank digital lainnya dari Inggris yang menawarkan berbagai layanan perbankan lengkap untuk individu dan bisnis. Layanan mereka mencakup rekening giro, pinjaman, dan solusi tabungan. Didirikan pada tahun 2014, Starling menonjol karena komitmennya terhadap teknologi dan inovasi. Bank ini menawarkan fitur-fitur menarik seperti alat manajemen keuangan real-time dan integrasi yang mendalam dengan layanan keuangan lainnya.

Huel

daftar ipo

Huel adalah perusahaan Inggris yang mengkhususkan diri dalam makanan nutrisi lengkap dan praktis. Didirikan pada tahun 2015, Huel menawarkan berbagai produk, termasuk bubuk, batangan, dan minuman siap minum. Mereka dirancang untuk memberikan keseimbangan sempurna protein, karbohidrat, lemak, serat, dan 27 vitamin dan mineral penting. Misi Huel adalah memudahkan makanan seimbang dalam gaya hidup yang sibuk. Perusahaan ini menekankan pada keberlanjutan dan kenyamanan.

Daftar IPO 2024 di Bursa Saham Asia

ByteDance

IPO asia 2024

ByteDance adalah perusahaan teknologi Cina yang didirikan pada tahun 2012. Dikenal sebagai pemilik TikTok, aplikasi berbagi video pendek yang sangat populer di seluruh dunia serta Douyin, versi Cina-nya. ByteDance juga mengembangkan berbagai aplikasi konten dan hiburan lainnya berbasis kecerdasan buatan. Ekspansi cepatnya ke internasional dan inovasi terus menerus dalam bidang AI menjadikan ByteDance pemain utama dalam industri teknologi.

Ant Group

Daftar IPO 2024 di bursa Asia

Dulu dikenal dengan nama Ant Financial dan berafiliasi dengan raksasa Cina Alibaba, Ant Group adalah pemimpin global dalam layanan keuangan dan pembayaran. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2014 ini adalah salah satu platform pembayaran digital terbesar di dunia. Ant Group juga menawarkan berbagai layanan keuangan, termasuk pinjaman, asuransi, dan solusi investasi. Perusahaan ini berfokus pada inovasi teknologi untuk mengubah sektor keuangan.

aCommerce

saham ipo 2024

aCommerce adalah perusahaan yang berbasis di Asia Tenggara. Perusahaan ini menyediakan solusi e-commerce putih untuk merek dan pengecer. aCommerce bertujuan untuk menjadi mitra pilihan bagi merek di Asia Tenggara. Perusahaan ini menawarkan solusi terintegrasi untuk menavigasi ekosistem e-commerce regional yang kompleks.

Daftar IPO 2024 di Bursa Australia 🇦🇺

Virgin Australia

ipo australia

Virgin Australia adalah maskapai penerbangan terbesar kedua di Australia. Didirikan pada tahun 2000 dengan nama Virgin Blue, ia dengan cepat berkembang dari maskapai berbiaya rendah menjadi maskapai yang menawarkan berbagai layanan lengkap. Ia bersaing langsung dengan Qantas, maskapai nasional Australia.

Virgin Australia menawarkan penerbangan domestik dan internasional. Ia menawarkan opsi perjalanan premium dengan kabin kelas bisnis. Setelah mengalami kesulitan keuangan yang diperparah oleh pandemi COVID-19, Virgin Australia dibeli oleh Bain Capital pada tahun 2020, yang mengakibatkan restrukturisasi perusahaan.

Daftar IPO 2024 di bursa Amerika Serikat, London & Asia paling terkenal

Berikut adalah daftar rencana IPO 2024 di bursa Amerika Serikat dan London yang wajib diperhatikan oleh para investor. Adapun rencana IPO 2024 di bursa Indonesia sudah dijelaskan sendiri di bagian atas artikel ini.

PerusahaanBursaNilai PasarTanggal IPO
ByteDance (Tik Tok)$400+ miliar2024
Discord$15 miliar2024
Stripe$74 miliar2024
Chime$25-40 miliar2024
DatabricksNasdaq$38 miliar2024
Plaid$13 miliar2024
Klarna$6.7 miliar2024
Better.com$7.7 miliar2024
Impossible Foods$10 miliar2024
ParshipMeet Group$4-5 miliar2024
Bitcoin Suisse2024
European Green Transition London Stock Exchange (LSE)to be confirmedApril 2024
Helix Exploration London Stock Exchange (LSE)US$ 8,09 jutaApril 2024
ZopaLondon Stock Exchange (LSE)US$ 1 miliar
BrewdogLondon Stock Exchange (LSE)US$ 2 miliar2024
Walgreens Boots Alliance London Stock Exchange (LSE)US$ 8.78 miliar
SheinLondon Stock Exchange (LSE)US$ 90 miliar
Mixue Bincheng & Gumings HoldingsBursa Efek ShenzhenUS$ 2,13 miliar
Catatan: Nilai pasar diberikan sebagai indikasi dan dapat bervariasi tergantung pada fluktuasi pasar.

IPO terbaru yang telah dieksekusi

Berikut adalah daftar IPO yang sudah dilaksanakan di bursa saham Indonesia, Amerika Serikat dan London. Ketiga pasar ini merupakan pasar yang paling banyak diminati oleh investor Indonesia.

TanggalLabelPasarTanggal Penutupan
27/03/2024Boundless Bio IncNasdaq28/03/2024
21/03/2024Auna S.A.ANew York Stock Exchange (NYSE)22/03/2024
20/03/2024REDDITNew York Stock Exchange (NYSE)21/03/2024
19/03/2024ASTERA LABSNasdaq20/03/2024
08/02/2024BBB Foods IncNew York Stock Exchange (NYSE)09/02/2024
07/02/2024Kyverna Therapeutics IncNasdaq08/02/2024
06/02/2024Americana Healthcare REITNew York Stock Exchange (NYSE)07/02/2024
31/01/2024Amer Sports IncNew York Stock Exchange (NYSE)01/02/2024
26/01/2024Sumber Mineral Global AbadiBursa Efek Indonesia (BEI)27/01/2024
25/01/2024BrightSpring Health ServicesNasdaq26/12/2023
24/01/2024CG Oncology IncNasdaq25/11/2023
10/10/2023Birkenstock Holding LtdNew York Stock Exchange (NYSE)11/10/2023
09/10/2023Barito Renewables Energy Bursa Efek Indonesia (BEI)10/10/2023
05/09/2023Tribe TechLondon Stock Exchange06/09/2023
18/08/2023Tan Delta SystemsLondon Stock Exchange19/08/2023
02/08/2023Nusantara Sejahtera RayaBursa Efek Indonesia (BEI)03/08/2023
03/06/2023AmicorpLondon Stock Exchange04/06/2023
03/05/2023Asoka WhiteoakLondon Stock Exchange05/05/2023
18/04/2023Merdeka Battery MaterialsBursa Efek Indonesia (BEI)19/04/2023
06/04/2023Fadel PartnerLondon Stock Exchange07/04/2023
04/04/2023Ocean HarvestLondon Stock Exchange05/04/2023

Pertanyaan yang sering diajukan

Perusahaan Indonesia mana yang sedang mempersiapkan penawaran saham perdana mereka dalam waktu dekat?

Multi Hana Kreasindo, Cahaya Baru Rezeki & Atlantis Subsea adalah tiga perusahaan Indonesia yang sedang mempersiapkan penawaran saham perdana mereka. IPO ini merupakan langkah penting untuk pengembangan dan ekspansi mereka. Mereka juga menunjukkan komitmen mereka terhadap inovasi dan keberlanjutan di sektor mereka masing-masing.

Bagaimana cara membeli saham saat IPO?

Untuk membeli saham saat IPO, Anda harus memiliki akun broker atau sekuritas terlebih dahulu. Kemudian, pantau pengumuman IPO dan tunjukkan minat Anda kepada broker Anda. Beberapa IPO tersedia untuk publik, sementara yang lainnya hanya untuk investor institusional.

Apakah menarik untuk berinvestasi dalam IPO?

Berinvestasi dalam IPO bisa menarik untuk mendapatkan saham perusahaan yang menjanjikan sejak mereka masuk bursa. Namun, ini bisa berisiko, termasuk volatilitas harga dan kurangnya sejarah pasar. Oleh karena itu, penting untuk mengevaluasi risiko ini dan melakukan penelitian mendalam sebelum berinvestasi.

Artikel Terkait