Pengertian Dividen: Jenis-jenis, Syarat, dan Kapan Dibagikan

Ada dua cara untuk menghasilkan uang dengan membeli saham, yaitu melalui capital gain dan dividen. Nah, dividen merupakan cara untuk mendapatkan pendapatan pasif. Namun, apa sebenarnya pengertian dividen? Apa saja jenis-jenis dividen? Kapan Anda harus membeli saham untuk menerima dividen? Adakah syarat untuk mendapatkan dividen? Dan kapan dividen dibagikan? Di sini kami mengumpulkan beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan, kami harap ini dapat membantu Anda!

bagaimana cara kerja dividen

Apa pengertian dividen?

Dividen adalah bagian dari keuntungan perusahaan yang diberikan kepada pemegang saham sebagai penghargaan kepada investor. Bagian ini dipisahkan sebagai kewajiban perusahaan dalam bentuk distribusi keuntungan. Jumlah ini akan diusulkan oleh Dewan Direksi dan disetujui oleh Direksi.

Ketika perusahaan mendapatkan keuntungan, manajemen memutuskan apakah keuntungan tersebut akan diinvestasikan kembali atau dibagikan sebagai dividen di antara pemegang saham. Penghargaan ini merupakan bagian dari keuntungan korporasi yang diperoleh seseorang karena memiliki saham perusahaan tersebut. Banyak perusahaan yang sudah stabil menginvestasikan kembali persentase dari keuntungan tersebut dan membayar sisanya dalam bentuk dividen, baik dalam bentuk tunai atau dalam bentuk saham.

Apa hak yang dimiliki dividen?

Saham adalah bagian dari modal perusahaan. Memiliki saham artinya memiliki hak politik (suara dalam rapat) dan ekonomi (partisipasi dalam keuntungan perusahaan). Representasi dari hak ekonomi ini dikenal sebagai dividen.

Siapa yang berhak menerima dividen?

Setiap orang yang memiliki saham sebelum hari pembagian dividen berhak menerima dividen. Artinya, jika perusahaan membagikan dividen pada hari ke-19, Anda cukup memiliki saham pada hari ke-18. Berikut ini adalah contoh salah satu perusahaan yang rutin membagikan dividen setiap tahunnya.

Apakah ada syarat minimum untuk menerima dividen?

Ketika Anda memiliki saham, Anda berhak menerima dividen yang dihasilkan oleh saham tersebut. Minimumnya Anda memiliki 1 lot (100 lembar) saham agar mendapatkan dividen. Hal ini juga sama saat Anda berniat untuk menghadiri RUPS. Ketika ini berasal dari pembesaran, ini bukanlah remunerasi: jika tidak hadir, persentase yang dimiliki dari perusahaan sebelum pembesaran akan berkurang.

Apa jenis dividen yang ada? Final dan interim

Ada dua jenis dividen, yaitu final dan interim. Dividen final adalah dividen yang diberikan setelah pembukuan keuangan perusahaan selesai. Ada juga dividen interim yang dibagikan sebelum periode pembukuan keuangan perusahaan selesai.

Jenis dividenDefinisiContoh
Dividen finalDiberikan setelah pembukuan keuangan perusahaan selesai.BCA, Astra, Telkom, Indofood, Unilever
Dividen interimDibagikan sebelum periode pembukuan keuangan perusahaan selesai.Charoen Pokhpand, Tempo Scan, Darya-Varia (tahun 2023)

Jika diklasifikasikan berdasarkan cara pembagian, dividen diklasifikasikan menjadi:

  • Dividen tunai: Ini adalah dividen yang dibayarkan secara tunai langsung ke akun broker pemegang saham.
  • Dividen saham: Ini adalah pembagian yang tidak dibuat dalam bentuk tunai, tetapi dalam bentuk saham.

Apa pengertian dividen fleksibel?

Dividen fleksibel adalah formula kompensasi untuk pemegang saham yang ditandai dengan menawarkan kemungkinan untuk menerima pembagian keuntungan yang disetujui oleh rapat umum melalui uang tunai atau dalam bentuk saham. Jenis dividen ini dianggap sebagai pembesaran modal.

Pemegang saham yang memilih untuk menerima saham perusahaan tidak akan dikenakan pajak penghasilan, karena ketika menjual hak yang diterima ketika perusahaan memperbesar modal, kekayaan bersih sedang dikurangi. Menerima dividen adalah menerima pendapatan. Namun, menjual hak adalah menjual sebagian modal. Kekayaan bersih investor berkurang.

Kapan dividen dibagikan?

Ini tergantung pada perusahaan. Ada perusahaan yang membagikan dividen hanya sekali setahun, ada yang melakukannya setiap enam bulan. Sebagian besar perusahaan di Indonesia mengumumkan terlebih dahulu tanggal pembayaran dividen yang tepat, dan untuk mengetahuinya Anda hanya perlu mengunjungi halaman Bursa Efek Indonesia.

Untuk mengetahui kapan perusahaan akan membayar dividen, Anda perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan tanggal berikut:

  • Tanggal pengumuman (declaration date): Ini adalah tanggal ketika Dewan Direksi mengumumkan jumlah dividen.
  • Tanggal pencatatan (recording date): Pada tanggal ini perusahaan secara resmi menentukan siapa yang akan menjadi pemegang saham yang memenuhi syarat atau pemegang.
  • Tanggal ex-dividen: Karena pembelian saham dapat memakan waktu untuk diseimbangkan, tanggal pendaftaran didahului oleh batas waktu sekitar dua atau tiga hari untuk menghindari masalah apa pun yang terkait dengan kepemilikan saham. Pada tanggal ini, investor harus memiliki saham untuk menerima dividen pada pembagian berikutnya. Jadi, sebagai pemilik yang termasuk, setelah tanggal tanpa dividen, pemegang saham dapat menjual saham dan tetap menerima dividen.
  • Tanggal cum-dividen: Waktu atau tanggal hari terakhir perdagangan saham untuk para pemegang saham yang ingin memperoleh dividen berupa dividen tunai atau dividen saham dari sebuah emiten atau perusahaan.
  • Tanggal pembayaran (payment date): Pada hari ini dividen dibayar kepada pemegang saham. Antara tanggal ex-dividen dan tanggal pembayaran bisa terdapat berbeda antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain.

Perubahan dalam pembagian dividen pada 2023

Berikut ini adalah beberapa daftar perusahaan yang membagikan dividen untuk tahun 2023:

Perusahaan-perusahaan dari sektor energi, seperti ITMG, BSSR, dan PTBA membagikan dividen dengan yield tertinggi sebesar 43,93%, 34,15%, dan 17,84% masing-masing.

Namun, perusahaan seperti ASII, BJBR, HMSP, dan MPMX, juga tidak ketinggalan dengan membagikan dividen lebih dari 5%.

Untuk 2023, perusahaan dengan remunerasi dividen terbaik adalah:

 PerusahaanKeuntungan
dari dividen (%)
Dividen (dalam rupiah)
Indo Tambangraya Megah (ITMG)43,93%9.076
Baramulti Suksessarana (BSSR)34,15%691,33
United Tractors (UNTR)30,48%6.886
Adaro Energy Indonesia (ADRO)21,77%440,76
Bukit Asam (PTBA)17,84%1.094,05

Dan seperti biasa, untuk mengetahui semua pendapat komunitas investor tentang tema dividen, kami sarankan Anda mengunjungi forum tentang dividen 2023 untuk tetap up to date dengan perkembangan terbaru.

Sekarang kita akan melihat broker mana yang lebih menguntungkan untuk investasi dividen, di antaranya:

Broker Online Terbaik untuk Investasi Dividen
Mirae Asset Sekuritas
Indo Premier Sekuritas
Panin Sekuritas
Mandiri Sekuritas
Tri Megah Sekuritas

Klasifikasi perusahaan yang membagikan dividen

Dalam perusahaan yang cenderung membagikan dividen sepanjang tahun, ada dua hierarki yang semakin eksklusif. Mari kita lihat:

Pengertian dividen aristokrat

Pengertian Dividen Aristokrat adalah perusahaan yang telah menunjukkan sejarah panjang dan stabil peningkatan pembayaran dividen sepanjang waktu. Perusahaan ini biasanya adalah berkualitas tinggi dan dianggap investasi defensif karena dapat menyediakan sumber pendapatan yang konstan bagi investor melalui pembayaran dividen.

Untuk memenuhi syarat sebagai aristokrat dividen, sebuah perusahaan harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti memiliki rekam jejak setidaknya 25 tahun peningkatan dividen tahunan dan memiliki kapitalisasi pasar minimum. Perusahaan-perusahaan ini biasanya juga memiliki arus kas yang stabil dan hutang yang rendah dibandingkan pendapatan mereka, seperti Unilever (UNVR), Semen Indonesia (SMGR), dan Tempo Scan Pasific (TSPC)

Pengertian dividen raja

Pengertian Dividen Raja adalah sekelompok perusahaan pilihan yang dikenal karena telah mempertahankan rekam jejak dividen yang stabil dan meningkat selama periode yang lebih lama dibandingkan dengan aristokrat dividen. Artinya, perusahaan-perusahaan ini telah membayar dividen dan telah meningkatkannya tanpa henti selama setidaknya 50 tahun berturut-turut.

Sama seperti Dividen Aristokrat, Dividen Raja juga dianggap sebagai investasi defensif, tetapi jauh lebih kuat daripada Aristokrat. Bahkan, di Indonesia belum ada Dividen Raja, sementara di AS, dari ribuan perusahaan yang terdaftar, hanya 26 yang telah mencapai tonggak sejarah ini.

Apa hubungan antara harga saham dan dividen?

Hampir semua indeks adalah ex-dividen, yang berarti dividen dikurangi dari harga saham pada hari pembagian, karena uang tersebut tidak lagi milik perusahaan dan oleh karena itu tidak boleh menjadi bagian dari kapitalisasi mereka. Mari kita ambil contoh: sebuah perusahaan membagikan dividen pada tanggal 19, tutup pada tanggal 18 dengan harga Rp600 dan membagikan dividen sebesar Rp30 per saham; keesokan harinya akan dibuka dengan penurunan Rp30 pada harga saham, jika tidak ada perubahan pada tanggal 19 akan dibuka dengan Rp570.

👉 Lihatlah cara investasi di Nasdaq atau cara investasi di S&P500.

Oleh karena itu strategi tidak sangat efektif bagi beberapa investor untuk membeli saham beberapa hari sebelumnya dan menjualnya pada hari pembagian, karena strategi ini tidak memberikan keuntungan ekstra.

Bagaimana pengertian dividen yang dikenakan pajak? Semua yang perlu Anda ketahui

Dividen dikenakan pajak sebagai hasil dari modal bergerak dalam basis pengenaan pajak dari Pengembalian Pajak, yaitu:

  • PPh Pasal 4 (PPh final): Pajak penghasilan bahwa atas dividen yang diperoleh Wajib Pajak orang pribadi dalam negeri akan dikenakan potongan pajak sebesar 10% dari jumlah bruto dan penghasilan tersebut bersifat final. Pajak dividen tersebut termasuk dividen atas pemegang polis dari perusahaan asuransi dan anggota koperasi yang menerima bagian dari hasil usaha.
  • PPh Pasal 26: Pasal ini mengatur mengenai tarif pemungutan sebesar 20% atas jumlah bruto dividen dikenakan kepada penerima dividen. Pajak ini dikenakan kepada wajib pajak orang pribadi yang tinggal di luar negeri.

Agar dividen bebas pajak, diperlukan investasi, dan investasi tersebut harus dilakukan sebelum akhir bulan ketiga setelah tahun pajak dividen. Secara ringkas, investasi harus selesai pada tanggal 31 Maret tahun berikutnya. Berita baiknya, terdapat beberapa opsi investasi yang mudah, seperti emas batangan 99,99 persen, saham, dan tabungan, yang tidak menyulitkan prosesnya.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang pajak dividen, Anda dapat membaca: Bagaimana dividen asing dikenakan pajak?

Keuntungan dan kerugian memiliki saham dengan dividen dalam portofolio

Semua investasi memiliki pro dan kontra. Oleh karena itu, kami akan merincikan dalam tabel berikut keuntungan dan kerugian investasi di perusahaan dengan dividen:

KeuntunganKerugian
✅ Tidak memerlukan banyak pengalaman di pasar keuangan❌ Tidak 100% bergantung pada Anda
✅ Ketersediaan Arus Kas❌ Sulit bagi perusahaan bertahan ratusan tahun
Anda hanya bergantung pada Keuntungan Perusahaan❌ Anda membayar pajak setiap tahun untuk keuntungan dari dividen
✅ Strategi jangka panjang dan tenang 
✅ Volatilitas lebih rendah 

Jika Anda ingin tahu perusahaan mana yang membayar dividen terbaik, Anda dapat menggunakan stock screener. Platform ini memungkinkan Anda untuk mengklasifikasikan saham terbaik dengan menyaring berdasarkan berbagai variabel, termasuk yang membayar dividen tertinggi kepada pemegang saham.

Pluang adalah platform multi-aset yang menawarkan investasi dalam saham dan kriptoaset, serta perdagangan CFD.

Hal lain tentang CFD

Harap perhatikan bahwa CFD adalah instrumen yang kompleks dan membawa risiko tinggi kehilangan uang dengan cepat karena leverage. Sebanyak 81% dari akun investor ritel kehilangan uang saat berdagang CFD dengan penyedia ini. Anda harus mempertimbangkan apakah Anda memahami bagaimana CFD bekerja dan apakah Anda mampu mengambil risiko tinggi kehilangan uang Anda.

Kinerja masa lalu tidaklah menjamin hasil masa depan. Riwayat perdagangan yang disajikan kurang dari 5 tahun mungkin tidak cukup sebagai dasar untuk membuat keputusan investasi.

Investasi dalam kriptoaset mungkin tidak cocok untuk semua investor ritel karena volatilitasnya yang tinggi. Jika tidak cermat, Anda bisa mengalami kehilangan seluruh jumlah dana yang diinvestasikan. Penting untuk membaca dan memahami risiko investasi dalam kriptoaset.

Pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ)

Apa akibatnya jika pemegang saham tidak mengambil dividennya dalam jangka waktu yang lama?

Dividen yang tidak diambil setelah lima tahun terhitung sejak tanggal yang ditetapkan untuk pembayaran dividen lampau, dimasukkan ke dalam cadangan khusus. Jika dividen yang telah dimasukkan dalam cadangan khusus tidak diambil dalam jangka waktu sepuluh tahun, dividen tersebut akan menjadi hak Perseroan.

Bagaimana jika perusahaan mengalami kerugian apakah pemegang saham mendapatkan dividen?

Jika perusahaan mengalami kerugian, perusahaan tidak akan bisa membagikan dividen kepada pemilik saham.

Bagaimana cara menghitung dividen?

Cara menghitung dividen yaitu:
Total dividen yang akan dibayarkan perusahaan = laba bersih tahunan – laba ditahan

Artikel Terkait