Raja Dividen: Saham dengan Dividen yang Terus Meningkat Selama Lebih Dari 50 Tahun

Raja dividen atau dividend kings adalah saham-saham perusahaan yang memiliki dividen meningkat selama lebih dari 50 tahun sehingga memiliki stabilitas yang besar. Itulah sebabnya dividend kings harus ada di portofolio Anda. Dalam artikel ini, kami mengundang Anda untuk menyimak perusahaan-perusahaan tersebut.

dividen raja

Setiap investor suka berinvestasi di perusahaan yang membayar dividen. Ini adalah cara yang nyaman untuk menerima pembayaran dengan mudah hanya karena memiliki saham di portofolio. Dan salah satu cara terbaik untuk mencari perusahaan dengan dividen yang menarik dan menguntungkan adalah dengan membeli saham dividend kings. Saham jenis ini telah membayar dividen selama paling tidak 50 tahun dan telah meningkatkannya.

Pengelompokkan Dividend Kings

Dividend kings dapat dibagi menjadi dua kelompok.

Perusahaan yang membayar dan meningkatkan dividen mereka selama setidaknya 50 tahun

Perusahaan jenis ini memiliki reputasi yang baik. Hal ini didukung oleh fakta bahwa selama bertahun-tahun mereka memiliki arus kas bebas yang konstan, solid, teratur, dan andal. Kami akan membahas perusahaan dividend kings dalam artikel ini. Sayangnya, di Indonesia belum ada perusahaan yang masuk dalam kategori dividend kings.

Untuk memilih saham jenis dividend kings, sektor berikut ini perlu Anda perhatikan:

  • Industri
  • Barang konsumsi
  • Layanan publik
  • Konsumen non inti
  • Keuangan
  • Kesehatan
  • Material
  • Properti

Perlu Anda ketahui, di sektor teknologi sangat jarang ditemukan perusahaan dengan karakteristik ini.

Aristokrat dividen

Aristokrat dividen merupakan perusahaan yang telah mendistribusikan dan meningkatkan dividen selama setidaknya 25 tahun. Jika kita berbicara tentang perusahaan Amerika, persyaratan aristokrat dividen adalah sebagai berikut:

  • Telah meningkatkan dividen selama setidaknya 25 tahun berturut-turut.
  • Menjadi bagian dari indeks S&P 500.
  • Memiliki kapitalisasi pasar minimal 3 miliar dolar.
  • Memiliki volume rata-rata perdagangan harian minimal 5 juta dolar.

Keuntungan dari berinvestasi di perusahaan ini adalah perusahaannya kuat, solid, serius, likuid, dan memiliki kapitalisasi yang baik.

Daftar Dividen King di Amerika Serikat

Berikut adalah 10 dividend kings beserta proyeksi dividen yang akan dibagikan tahun 2024. Saham-saham ini bisa Anda temukan di bursa saham Amerika Serikat:

PerusahaanKode sahamDividen yield
3M CoMMM6,29%
The Coca-Cola Co.KO3,15%
Johnson & JohnsonJNJ3,16%
Cincinnati Financial CorpCINF2,94%
Colgate-Palmolive Co.CL2,48%
Emerson Electric Co.EMR2,36%
Procter & Gamble Co.PG2,49%
ABM Industries, IncABM2,15%
Lancaster Colony CorpLANC2,12%
Dover Corp.DOV1,47%

Berikut ini adalah daftar dividend kings lainnya dari perusahaan di Amerika Serikat yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Federal Realty Investment Trust (FRT)
  • Target Corp. (TGT)
  • Genuine Parts Co. (GPC)
  • Northwest Natural Holding Co. (NWN)
  • Hormel Foods Corp. (HRL)
  • SJW Group (SJW)
  • Lowe’s Cos., Inc. (LOW)
  • Parker-Hannifin Corp. (PH)
  • Commerce Bancshares, Inc. (CBSH)
  • Lancaster Colony Corp. (LANC)
  • California Water Service Group (CWT)
  • American States Water Co. (AWR)
  • Stepan Co. (SCL)
  • Nordson Corp. (NDSN)
  • Tootsie Roll Industries, Inc. (TR)
  • Stanley Black & Decker, Inc. (SWK)

Bagaimana Cara Berinvestasi di Saham dengan Dividen Tinggi

Ini adalah dua cara paling nyaman: membeli saham yang mendistribusikan dividen atau membeli ETF.

Membeli Saham dari Dividend Kings

Ini berarti membeli saham dari perusahaan yang menawarkan dividen yang stabil, berkelanjutan sepanjang waktu. Masalahnya adalah, selain membutuhkan banyak waktu untuk memantau pasar, ini juga melibatkan biaya yang tinggi dalam hal komisi dari broker.

Membeli ETF atau Dana Investasi Dividen

Ini adalah metode kedua: berinvestasi dalam dividen atas nama orang lain, yaitu berinvestasi dalam dana investasi atau dalam ETF. Sayangnya, produk ETF di Indonesia masih belum terlalu populer dan volume transaksinya juga masih relatif kecil atau kurang likuid. Dari data IDX, tercatat 42 produk ETF yang bisa Anda beli melalui 8 sekuritas yang berpartisipasi, seperti Indopremier, Mirae, Phillip, Panin, Sinarmas, Bahana, Mandiri, dan KISI.

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi dalam dividen, berikut adalah daftar dividen terbaik di IHSG.

Saham dengan Dividen yang Meningkat: Mengapa?

Selain fakta bahwa perusahaan membayar dividen secara konsisten selama bertahun-tahun dan terus meningkatkannya, perusahaan semacam ini ditandai oleh tiga karakteristik lainnya.

Stabilitas Keuangan

Perusahaan yang termasuk dalam dividend kings memberikan jaminan dan ketenangan tertentu. Memang benar bahwa penilaian kembali secara berkala tetap diperlukan. Hal lain terlihat dari komitmen manajemen untuk menghormati track record puluhan tahun dalam distribusi dividen secara berturut-turut dan inilah yang memberikan rasa ketenangan dan jaminan.

Jika perusahaan tidak mempertahankan stabilitas keuangan, masalah bisa timbul sehingga mungkin saja pembagian dividen menjadi tidak terlaksana.

Tindakan Defensif

Perusahaan yang masuk dalam kategori dividend kings memiliki produk dan layanan yang permintaannya stabil sepanjang waktu, terlepas dari siklus ekonomi.

Contoh dari saham defensif adalah layanan utilitas publik, produk makanan dan minuman atau produk farmasi. Alasan mendasarnya adalah karena manusia harus terus makan atau berpakaian terlepas dari ada atau tidaknya resesi.

Perusahaan tipe ini menjadi pilihan populer bagi investor yang ingin meminimalkan risiko dan melindungi investasi mereka.

Saham Value (Value Stocks)

Value stocks merupakan saham dengan pertumbuhan yang konsisten. Value stocks berbeda dengan growth stocks yang cenderung mendistribusikan dividen secara tidak teratur karena mereka menginvestasikan semua kembali ke perusahaan untuk terus tumbuh.

Sapi perah
Perusahaan yang dianggap “sapi perah” adalah yang memiliki model bisnis stabil dan dapat diprediksi. Perusahaan ini menghasilkan aliran kas yang konsisten dan menggunakan sebagian dari aliran kas ini untuk membayar dividen kepada pemegang saham. Perusahaan-perusahaan ini sering kali memiliki posisi dominan di pasar dan mungkin memiliki keunggulan kompetitif sehingga mereka mampu mempertahankan posisi dan terus menghasilkan aliran kas yang stabil.

Bagi investor, perusahaan yang dianggap “sapi perah” sering kali dianggap sebagai investasi yang stabil dan berisiko rendah karena dividen reguler memberikan aliran pendapatan yang konsisten.

Sebagai hasilnya, jika kita menggunakan dividen ini untuk menginvestasikannya kembali ke perusahaan itu sendiri, memanfaatkan bunga majemuk dan hasil jangka panjangnya bisa menjadi luar biasa.

Bagaimana Perilaku Raja Dividen dalam konteks ekonomi yang tidak pasti?

Inflasi tinggi

Inflasi yang tinggi juga dapat berdampak pada tingkat pengembalian saham perusahaan berupa dividen. Laba perusahaan yang turun akibat inflasi yang terlalu tinggi dapat menyebabkan perusahaan tidak mampu membagikan dividen guna menjaga kondisi perusahaan yang dihantam inflasi.

Risk off

Risk off adalah istilah yang digunakan di pasar keuangan untuk menggambarkan situasi di mana investor mengurangi eksposur mereka terhadap aset yang dianggap lebih berisiko dan mencari perlindungan di aset yang dianggap lebih aman.

Selama periode “risk off“, investor cenderung menjual saham perusahaan yang dianggap lebih berisiko, seperti saham pasar berkembang atau teknologi, dan membeli saham pemerintah, emas, atau saham perusahaan defensif seperti yang telah kita tinjau. Ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti ketakutan akan resesi ekonomi, ketidakpastian politik, atau volatilitas pasar.

Sebagai hasilnya, karena kurang terpapar pada siklus ekonomi, penurunan tidak akan begitu parah, bahkan beberapa di antaranya mungkin hampir tidak bisa dikoreksi.


Singkatnya, dalam artikel ini kami telah melihat saham mana yang telah membayar dividen tertinggi dan bagaimana cara berinvestasi di dalamnya. Dan sekarang beri tahu kami, apa saham dividen tertinggi yang Anda miliki di portofolio Anda?

FAQs – Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Kriteria apa yang harus dipenuhi perusahaan agar dapat diklasifikasikan sebagai dividend kings?

Untuk dianggap sebagai Dividend Kings, perusahaan harus memiliki rekam jejak yang luar biasa dalam meningkatkan dividen selama minimal 50 tahun berturut-turut.

Apakah dividend kings cocok untuk semua jenis investor?

Dividend kings cocok untuk berbagai investor, terutama mereka yang mencari pendapatan stabil dan pertumbuhan jangka panjang.

Bagaimana saya bisa mengidentifikasi dividend kings untuk investasi potensial?

Mengidentifikasi dividend kings memerlukan penelitian dan analisis. Investor dapat memulai dengan menjelajahi daftar dividend kings yang kami rekomendasikan, yang diuraikan dalam artikel di atas.

Artikel Terkait