Stablecoin Terbaik 2024: Apa dan Bagaimana Cara Berinvestasi?

Pada artikel ini, kita akan melihat stablecoin terbaik 2024 yang bisa Anda pilih untuk menjadi instrumen investasi atau setidaknya untuk mempertahankan nilai keuntungan yang Anda peroleh di pasar kripto, tanpa harus keluar dari pasar tersebut.

Stablecoin Terbaik 2024: Apa dan Bagaimana Cara Berinvestasi?
Stablecoin Terbaik tahun 2024

Apa itu Stablecoin?

Stablecoin adalah mata uang virtual yang ditempatkan dan ditransfer di berbagai blockchain dan berupaya menjaga stabilitas nilai. Stablecoin juga dapat diprogram dan dapat berinteraksi dengan aplikasi berbasis blockchain dan smart contract (perjanjian yang ditulis dalam kode yang dijalankan secara otomatis).

Aset acuan dari stablecoin adalah aset tradisional seperti mata uang fiat (misalnya dolar AS) atau komoditas (misalnya emas). Aset inilah yang menjadi dasar nilai stablecoin. Acuan ini membantu memitigasi volatilitas yang sering mempengaruhi mata uang kripto lainnya serta menawarkan kepada investor alternatif yang lebih aman dan dapat diprediksi.

Apa fungsi Stablecoin?

Stablecoin memiliki fungsi yang beragam. Nah, berbagai fungsi diatribusikan untuk dianggap sebagai ciri stablecoin. Agar digunakan seperti mata uang pada umumnya, stablecoin berfungsi sebagai alat tukar, satuan hitung, dan penyimpan nilai sehingga memiliki arti untuk harus mempertahankan nilainya, digunakan untuk menentukan nilai produk dan layanan, dan memfasilitasi perdagangan.

Keunggulan yang paling terutama dari stablecoin adalah dapat digunakan sebagai alat tukar antara mata uang fiat dan mata uang kripto. Dengan pengaitan terhadap harga tetap suatu aset, stablecoin memilii utilitas yang sangat berbeda dari mata uang kripto tradisional seperti Bitcoin atau Ethereum.

Dalam Keuangan Terdesentralisasi (DeFi), stablecoin menawarkan pinjaman dengan suku bunga lebih tinggi daripada rekening tabungan konvensional atau memfasilitasi pinjaman yang didukung oleh mata uang kripto. Meskipun menawarkan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan pilihan tabungan tradisional, stablecoin tidak memiliki asuransi yang didukung pemerintah, namun ada beberapa perusahaan asuransi swasta. Beberapa platform yang terkadang menawarkan Annual Percentage Yield (APY) lebih dari 10%.

Mata uang ini hadir di berbagai blockchain yang mendukung smart contract sehingga menjadi sangant penting pada DeFi karena dapat memperoleh pengembalian di atas 10% APY tanpa banyak mencari.

Banyak orang menggunakan stablecoin sebagai token masuk ke dunia kripto atau sebagai jembatan antar bursa. Stablecoin biasanya digunakan sebagai cadangan nilai ketika diperkirakan akan ada tren penurunan harga mata uang kripto

Selain itu, stablecoin memperingkas proses pembayaran gaji dan membuat transfer internasional lebih terjangkau, dengan biaya transaksi minimum pada bursa blockchain. Sebagai perbandingan, sistem keuangan tradisional memerlukan waktu berhari-hari untuk memproses transaksi internasional.

Nah, stablecoin memiliki volatilitas yang cukup rendah. Sifat volatilitas stablecoin inilah menarik investor. Dengan berinvestasi di stablecoin, mereka bisa menyimpan dana pada blockchain dengan risiko yang kecil, berbeda dengan mata uang kripto tradisional yang dapat mengalami fluktuasi karena tidak memiliki harga tetap.

Delapan Stablecoin Terbaik 2024

Dalam pemeringkatan stablecoin terbaik 2024 ini, kita akan melihat 8 pilihan di antara lebih dari 30 pilihan stablecoin yang ada. Alasan, hasil, dan penjelasannya ada di seluruh artikel.

Peringkat delapan stablecoin terbaik ini diurutkan berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Berikut merupakan 8 stablecoin yang paling berharga menurut coinmarketcap.com (data per 2 April 2024):

#8 FRAX (FRAX)

Di urutan ke delapan stablecoin terbaik 2024 adalah Protokol Frax. Mata uang kripto ini adalah sistem stablecoin algoritmik pecahan pertama. Frax bersifat open-source, tanpa izin, dan sepenuhnya on-chain saat ini diterapkan di Ethereum (dengan kemungkinan implementasi lintas rantai di masa mendatang). Tujuan akhir dari protokol Frax adalah untuk menyediakan uang algoritmik yang sangat terukur, terdesentralisasi, sebagai pengganti aset digital dengan pasokan tetap seperti BTC.

Protokol Frax adalah stablecoin berbasis komunitas dan berdesain unik. Lebih dari 60% pasokan FXS dikeluarkan selama beberapa tahun kepada penyedia likuiditas. Aset ini adalah protokol yang sepenuhnya terdesentralisasi dengan tata kelola onchain. Aset ini juga merupakan stablecoin pertama dan satu-satunya yang menggabungkan desain hibrida algoritmik pecahan pada saat diluncurkan pada November 2020.

#7 Ethene USDe (USDe)

Ethena adalah protokol dolar sintetis yang dibangun di atas Ethereum yang akan memberikan solusi kripto-asli untuk uang yang tidak bergantung pada infrastruktur sistem perbankan tradisional, di samping instrumen tabungan dalam mata uang dolar yang dapat diakses secara global – ‘Internet Bond‘.

Dolar sintetis Ethena, USDe, akan memberikan solusi kripto-asli pertama yang tahan sensor, terukur, dan stabil untuk uang yang dicapai dengan jaminan Ethereum yang dipertaruhkan dengan delta-hedging. USDe akan didukung sepenuhnya secara onchain secara transparan dan bebas untuk menciptakan di seluruh DeFi.

Stabilitas acuan USDe dipastikan melalui penggunaan posisi derivatif delta-hedging terhadap jaminan yang dipegang protokol bersama dengan mekanisme arbitrase mint dan penebusan.

#6 True USD (TUSD)

TrueUSD adalah stablecoin yang dibangun pada jaringan Ethereum yang berupaya mempertahankan nilainya pada US$ 1. Pasokannya didukung oleh dolar AS yang disimpan di bank serta penggunanya memiliki akses untuk memperoleh dan menukarkan token ini dengan dolar melalui platform TrustToken. TrueUSD membuat perbedaan terhadap stablecoin lain dengan menjadi aset digital pertama yang menampilkan sertifikasi on-chain real-time, yang diberikan oleh lembaga pihak ketiga independen untuk memastikan rasio 1:1 antara cadangan dolar dan pasokan token yang beredar. Selain itu, TrueUSD menerapkan Chainlink Proof of Reserve untuk meningkatkan transparansi dan keandalan. Pasokannya, sebagai mata uang yang stabil disesuaikan dengan permintaan.

Namun, keamanan jaringan TrueUSD terkait dengan token ERC-20 dan dapat terpengaruh oleh biaya transaksi yang tinggi pada blockchain Ethereum jika harga bahan bakar mengalami kenaikan yang signifikan.

#5 USDD (USDD)

Seperti FRAX, USDD adalah stablecoin dengan algoritmik “terdesentralisasi” yang tidak didukung oleh aset fisik atau jaminan apa pun. Sebaliknya, aset ini didasarkan pada algoritma yang mengatur penerbitannya dan menjamin kesetaraannya dengan dolar, mengaitkan nilainya dengan mata uang kripto TRX, yang berasal dari blockchain Tron.

USDD menjamin kesetaraannya dengan dolar melalui mekanisme arbitrase antara USDD dan TRX. Dengan cara ini, untuk mencetak USDD, Anda perlu membakar TRX dengan nilai yang setara dalam dolar dengan jumlah stablecoin baru yang ingin Anda cetak.

Mekanisme tersebut merupakan mekanisme yang sama yang digunakan oleh UST, Terra stablecoin (LUNA) yang mengalami death sprial sehingga menyebabkan kerugian jutaan dolar dan penurunan besar di pasar kripto. Karena alasan inilah, setelah hilangnya kepercayaan terhadap mekanisme ini, diputuskan untuk beralih ke model over-collateralization.

Stablecoin tersebut bukan mata uang terdesentralisasi dalam arti biasa karena hanya dapat memasuki sirkulasi melalui kendali Tron DAO Reserve (TDR).

#4 First Digital USD (FDUSD)

FDUSD diluncurkan pada bursa pada tahun 2023 dan merupakan stablecoin dengan jaminan sepenuhnya dari mata uang fiat. Stablecoin ini dikeluarkan oleh FD121 Ltd. (First Digital Labs) yang merupakan bagian dari First Digital Group yang berbasis di Hong Kong. Cadangan untuk FDUSD terdiri dari aset yang sangat likuid dan aman, seperti surat utang negara AS jangka pendek (dimiliki secara langsung atau sebagai jaminan untuk perjanjian pembelian kembali), dan setoran tunai dalam bentuk dolar AS.

#3 Dai (DAI)

DAI Stablecoin

DAI adalah stablecoin terdesentralisasi yang terkenal karena pendekatannya yang terdesentralisasi, menjadikannya stablecoin yang menarik sebagai alternatif stablecoin yang lebih terpusat seperti USDC dan USDT. Nilainya dipertahankan pada acuan 1:1 dengan dolar AS, namun tidak seperti stablecoin yang lain, DAI tidak didukung oleh rekening bank atau dolar, melainkan oleh mata uang kripto lainnya.

Penerbitan DAI dan agunannya ditandai oleh desentralisasi karena tidak bergantung pada rekening bank. Sebaliknya, siapa pun dapat menerbitkan DAI dengan menyetorkan mata uang kripto lainnya melalui smart contract.

MakerDAO, sebuah Organisasi Otonomi Terdesentralisasi (DAO), mengatur penerbitan dan pengoperasian DAI. Pemegang token MKR memiliki kemampuan untuk berpartisipasi dalam keputusan tata kelola, mengusulkan dan memberikan suara mengenai perubahan operasinya yang mencerminkan sifat platform yang otonom dan terdesentralisasi.

Agunan yang harus disetorkan untuk memperoleh DAI bisa dalam bentuk ETH, USDC, USDT, WBTC dan beberapa aset lainnya.

#2 USD Coin (USDC)

Stablecoin USD Coin

USDC merupakan salah satu stablecoin utama di dunia kripto dan telah mencapai status terkemuka di tingkat global. Proyek ini muncul sebagai respons terhadap keterbatasan Tether (USDT) dengan menawarkan transaksi yang lebih cepat dan efisien dibandingkan pendahulunya. Tidak seperti USDT, yang beroperasi pada OmniLayer dan Bitcoin, USDC dibuat sebagai token ERC-20 pada jaringan Ethereum, memberikan ketangkasan dan skalabilitas yang lebih besar.

Proyek USDC lahir dari kolaborasi antara Coinbase dan Circle, yang mendirikan Centre untuk mengelola stablecoin baru.

Didukung nilainya yang 1:1 dengan dolar AS, USDC diluncurkan pada 26 September 2018 lalu dengan cepat diintegrasikan ke dalam ekosistem Ethereum. Adopsi ini dibantu oleh kemampuan USDC untuk bekerja secara efisien dengan DApps dan DEX di Ethereum yaitu hal yang tidak dapat dicapai oleh USDT pada saat itu. Selain itu, USDC mengatasi masalah transparansi dengan menawarkan akses luas untuk pengembangan dan memastikan audit publik melalui GitHub sejak awal.

#1 USD Tether (USDT)

Stablecoin USD Tether

Tether (USDT), dalam menghadapi kritikan dan sentimen negatif, terus memimpin pasar stablecoin sejak diluncurkan. Stablecoin ini beroperasi dengan mematok nilainya terhadap dolar AS dan memberikan jaminan untuk mempertahankan rasio 1:1 yang stabil, yang berupaya memberikan stabilitas di seluruh sektor dikarenakan banyak token dan mata uang kripto yang mudah berubah.

Operasi Tether didasarkan pada sistem cadangan, di mana Tether Limited berkomitmen untuk mendukung setiap USDT yang dibuat dengan jumlah yang setara dengan dolar AS. Kerangka cadangan ini memastikan dukungan yang kuat terhadap nilai USDT sehingga memperkuat tingkat kepercayaan pengguna terhadapnya. Pengguna Tether memiliki opsi untuk mengonversi token mereka menjadi dolar AS, memulai prosesnya dengan mengirimkan USDT ke alamat penukaran yang ditunjuk Tether. Perusahaan memfasilitasi pertukaran dengan menyediakan dolar AS yang sesuai.

Penyimpanan USDT dapat bersifat custodial atau non-custodial, menawarkan opsi bagi pedagang yang mencari akses cepat ke peluang perdagangan dan mereka yang memprioritaskan keamanan di bursa terdesentralisasi.

Berikut merupakan daftar Stablecoin terbaik pilihan yang ada pada pasar mata uang kripto:

STABLECOINTICKERHARGA (dalam US$)KAPITALISASI PASAR (dalam US$)
USD TetherUSDT1.00104.52 Miliar
USD CoinUSDC1.0032.52 Miliar
DaiDAI1.005.35 Miliar
First Digital USDFUSD1.002.56 Miliar
USDDUSDD0.9977730.19 Juta
True USDTUSD1.00494.81 Juta
Ethene USDeUSDe1.001.41 Miliar
FraxFRAX0.9979648.14 Juta
Sumber: coinmarketcap

Dari 8 pilihan stablecoin tersebut hanya terdapat beberapa pilihan stablecoin yang dapat kita perjual belikan di Indonesia. Berikut merupakan daftar stablecoin pilihan yang dapat kita beli di Indonesia:

  • USD Tether (USDT)
  • USD Coin (USDC)
  • Dai (DAI)
  • True USD (TUSD)

>> Bagaimana cara berinvestasi Tether di Indonesia?

Indikator hasil peringkat Stablecoin

Dalam analisis kuantitatif ini, kita akan melihat lebih dekat 8 stablecoin yang menurut para ahli layak untuk masuk ke dalam daftar teratas ini.

Terdapat 8 stablecoin dari 30 stablecoin yang telah dipilih. Sebagian besar tidak termasuk karena kapitalisasi pasarnya di bawah US$ 400 juta atau memiliki volume perdagangan yang tidak diketahui, sehingga tidak cocok untuk analisis utama stablecoin dengan kinerja terbaik.

Dalam analisis ini, kami berfokus pada 4 aspek kuantitatif utama yang menentukan kualitas stablecoin:

  • Likuiditas
  • Matriks pasar
  • Potensi kinerja
  • Stabilitas harga.

Selain itu, kami telah meninjau audit terbaru dari masing-masing stablecoin, kemungkinan perdagangan di bursa, dan banyak lagi.

Analisis komparatif ini menggunakan beberapa matriks untuk mengevaluasi setiap stablecoin dibandingkan dengan stablecoin sejenisnya. Penting untuk dicatat bahwa peringkat tersebut mengevaluasi keadaan stablecoin saat ini dan tidak mempertimbangkan bagaimana kinerjanya di masa depan. Pemeringkatan hanyalah salah satu indikator yang harus Anda pantau, dan pemeringkatan tidak boleh digunakan sebagai satu-satunya alat dalam pengambilan keputusan investasi.

Metodologi

Dalam analisis ini, kami menguraikan stablecoin terkuat di pasar. Kami memberi peringkat stablecoin berdasarkan pengukuran metrik yang berbeda dan menetapkan poin berdasarkan kinerjanya dibandingkan dengan stablecoin lainnya.

Pada tabel berikut, Anda dapat menemukan empat kategori utama beserta bobotnya. Dua aspek terpenting adalah likuiditas dan stabilitas harga, yang masing-masing menyumbang 30% dari skor akhir. Kategori ketiga adalah matriks pasar yang menyumbang nilai 25% pada skor akhir dan yang terakhir adalah potensi kinerja dengan bobot 15% dari skor akhir.

Tanggal Laporan1/04/2024
Metrik Yang DievaluasiBobot
Likuiditas (30%)
Jumlah Pasangan Perdagangan (Volume Perdagangan)8,00%
Jumlah Bursa Perdagangan Yang Mencantumkan8,00%
Skor Likuiditas8,00%
Kedalaman Pasar ±2%8,00%
Stabilitas Harga (30%)
Harga tertinggi sepanjang tahun7,00%
Harga terendah sepanjang tahun7,00%
Jumlah hari ketika harga lebih tinggi dari US$ 1,02 pada tahun lalu7,00%
Jumlah hari ketika harga lebih rendah dari US$ 0,98 pada tahun lalu7,00%
Metrik Pasar (25%)
Volume perdagangan rata-rata dibandingkan tahun lalu12,50%
Rerata kapitalisasi pasar jika dibandingkan tahun lalu12,50%
Potensi Pengembalian (15%)
Rata-rata Volume/Kapitalisasi Pasar15,00%

Laporan

Berdasarkan 4 ciri di atas, mari kita lihat bagaimana kinerja stablecoin tersebut.

Likuiditas

Salah satu kategori yang penting dalam menilai kinerja stablecoin adalah likuiditas. Anda ingin mempunyai kesempatan sebanyak mungkin untuk bisa menukarkan kripto Anda dengan stablecoin atau sebaliknya. Itulah sebabnya dua metrik pertama mengevaluasi jumlah pasangan perdagangan dan jumlah bursa yang mencantumkan stablecoin tersebut.

Kedua, indikator bursa yang memperdagangkan memberikan arti bahwa reputasi stablecoin bagus, sehingga menambah kredibilitas keseluruhan proyek. Semakin tinggi angkanya, semakin besar kemungkinan untuk masuk dan keluar likuiditas. Skor likuiditas diberikan secara tepat berdasarkan apakah aset tersebut paling likuid atau tidak.

Bagian lain dari kategori ini adalah kedalaman pasar. Menunjukkan likuiditas di setiap pasangan pasar yang tersedia di semua pasangan bursa yang tersedia.

Kedalaman pasar dengan nilai ±2% digunakan untuk mengetahui likuiditas pasar pada saat investor melakukan pembelian. Hal ini mengacu pada jumlah yang harus dibeli investor untuk membayar 2% lebih tinggi dari harga pasar saat ini, atau menjualnya untuk menerima 2% lebih rendah dari harga awal aset. Kedua metrik sederhana ini menunjukkan kepada kita seberapa “sehat” likuiditas stablecoin tertentu di semua pasangan pasar dan seberapa besar harga dapat dipengaruhi oleh pesanan beli atau jual dalam jumlah besar.

Stabilitas Harga

Kategori lain dengan bobot yang sama yaitu sebesar 30% adalah stabilitas harga.

Kami menganggap stabilitas harga sebagai kategori penting dalam stablecoin, karena tidak ada seorang pun yang ingin memiliki stablecoin yang tidak dapat mempertahankan nilainya.

Dua metrik pertama yaitu harga tertinggi dan terendah selama setahun terakhir. Metrik ini menunjukkan seberapa dalam stablecoin menyimpang dari harga stabil yang diharapkan (biasanya US$1 atau harga resmi emas dibandingkan XAUT).

Dua metrik terakhir mewakili jumlah hari setiap stablecoin berada di bawah $0,98 atau di atas $1,02. Kedua metrik tersebut cukup penting karena angka di bawah $0,98 menunjukkan bahwa stablecoin tidak dapat mempertahankan nilainya dan siapa pun yang beralih ke stablecoin di atas $1,02 dapat mengalami kerugian dari sebagian dananya. ketika stablecoin kembali ke US$ 1. Depeg ini telah dialami beberapa kali di sektor ini dan menimbulkan banyak kepanikan di pasar.

Metrik Pasar

Metrik pasar merupakan kategori ketiga yang dianalisis. Hal tersebut terdiri dari dua metrik, yaitu rata-rata volume perdagangan harian selama setahun terakhir dan rata-rata kapitalisasi pasar selama setahun terakhir. Kedua metrik tersebut cukup jelas karena berkontribusi pada kredibilitas stablecoin. Stablecoin dengan kapitalisasi pasar dan volume perdagangan tertinggi cenderung paling banyak dipilih dan dapat diandalkan.

Sebagati tambahan, satu metrik lainnya hanya untuk tujuan informasi, MarketCap biasanya memiliki angka yang lebih tinggi daripada volume. Terutama di saat seperti ATH (All time high) kripto secara global. Bukan berarti terdapat volatilitas yang tinggi namun dikarenakan banyak volume yang tercipta dan secara sementara dalam jangka waktu singkat, volumenya bisa melebihi MCap.

Potensi Kinerja

Kategori terakhir dari analisis komparatif ini adalah potensi kinerja. Hal tersebut memiliki pengaruh penting dengan pertumbuhan DeFi dan kemampuan untuk memperoleh pendapatan pasif dengan stablecoin dengan mendelegasikan sebagai jaminan.

Metrik yang digunakan untuk kategori ini adalah perbandingan antara volume rata-rata dengan rata-rata MCap, yang dikumpulkan dari seluruh bursa terpusat dan protokol terdesentralisasi yang tersedia pada tahun 2023.

Harap dicatat bahwa kami telah mengumpulkan data dari sumber yang tersedia secara umum. Beberapa sumber yang digunakan untuk analisis ini berbayar, beberapa gratis, dan banyak lainnya terbatas. Meskipun kami selalu berusaha menawarkan analisis terbaik, kami tidak dapat menjamin dengan cara apa pun bahwa stablecoin dengan peringkat baik akan selalu berhasil.

Kesimpulan Laporan

StablecoinTickerRasio Final
USD TetherUSDT75,94%
USD CoinUSDC65,14%
DaiDAI55,28%
First Digital USDFUSD53,97%
USDDUSDD53,68%
True USDTUSD29,61%
Ethene USDeUSDe27,20%
FraxFRAX11,47%

Analisis komparatif ini telah mengevaluasi 8 mata uang kripto yang masuk dalam kategori stablecoin, di mana tidak ada satupun dari mereka yang menonjol sebagai yang terbaik untuk diperhatikan.

Dua dari mereka menerima peringkat akhir di atas rasio 65 dengan Tether (USDT) memimpin dengan 75,94%. USD Coin (USDC) mendapatkan hasil 65,14% berada di tempat kedua.

Mencapai zona tengah tabel, di mana 3 proyek mendapatkan skala penilaian netral dari 55,28% hingga 53,68%.

Selesai dengan 3 koin stabil dengan peringkat negatif, yang menerima dari 29,61% hingga 11,47%, di mana Frax (FRAX) dinilai sebagai Stablecoin terburuk dalam peringkat.

Dengan cara ini, saya mengajukan pertanyaan terbuka berikut, yaitu, mana yang akan Anda pilih untuk melindungi kekayaan Anda? Dan untuk melakukan perubahan besar dari satu kripto ke yang lain?

Bagaimana cara membeli Stablecoin di Tokocrypto?

Anda telah sampai pada tahap membeli stablecoin. Hanya ada 4 pilihan dari 8 pilihan stablecoin yang dapat Anda beli di Indonesia melalui platform exchange Tokocrypto. Tentunya Anda dapat melakukan transaksi tersebut setelah Anda membuat akun dan melakukan verifikasi akun dan melakuan deposit dana yang nantinya akan berbentuk BIDR pada platform tersebut. Kami memberikan contoh ketika akan membeli stablecoin USD Tether (USDT). Berikut merupakan cara yang dapat Anda lakukan untuk membeli stablecoin pada platform Tokocrypto:

  • Masuk ke Akun Tokocrypto Anda, kemudian pilih menu Pertukaran.
  • Di halaman pertukaran, ketik “usdt” pada kolom pencarian untuk memilih pasangan perdagangan.
  • Pilih USDT/BIDR (Tokonauts akan memiliki BIDR setelah melakukan deposit).
Memlih Pairing USDT/BIDR
Sumber: Tokocrypto
  • Pilih menu pesanan Limit atau Pasar atau Stop-Limit, lalu masukkan jumlah yang Anda ingin beli pada kolom pilihan Beli.
  • Klik tombol hijau untuk Beli USDT.
Membeli USDT
Sumber: Tokocrypto
  • Tunggu sampai pemberitahuan”Berhasil” muncul dan masuk ke Order Book.
  • Kemudian, jika sudah berhasil beli akan masuk ke Riwayat Pesanan. Lakukan pengecekan dengan klik Riwayat Order.
  • Transaksi akan muncul di Riwayat pesanan.

Bagaimana Cara Menjual Stablecoin di Tokocrypto?

Pada bagian ini kami akan memberikan langkah-langkah untuk melakukan penjualan stablecoin (dalam contoh yang dijual adalah USD Tether) yang akan ditukar ke dalam bentuk BIDR yaitu koin yang memiliki nilai yang sama dengan mata uang Rupiah. Berikut merupakan cara untuk menjual stablecoin pada Tokocrypto:

  • Masuk ke Akun Tokocrypto Anda, kemudian pilih menu Pertukaran.
  • Di halaman pertukaran, ketik “usdt” pada kolom pencarian untuk memilih pasangan perdagangan.
  • Pilih USDT/BIDR.
Memlilih pairing USDT/BIDR
Sumber: Tokocrypto
  • Masukkan nominal USDT yang ingin Anda dijual pada kolom pilihan Jual.
  • Klik tombol merah Jual USDT.
Menjual USDT
Sumber: Tokocrypto
  • Tunggu sampai pemberitahuan “Sukses” muncul.
  • Setelah pemberitahuan “Berhasil” muncul akan masuk ke Order Book.
  • Kemudian, jika sudah berhasil beli akan masuk ke Riwayat pesanan 24 jam saya.
  • Anda dapat cek transaksi jual di menu Dompet.

Pada akhirnya, artikel ini membahas tentang stablecoin terbaik untuk diinvestasikan pada tahun 2024, berdasarkan data fundamental yang diperoleh tahun lalu (ingat bahwa hal ini tidak menjamin kesuksesan di masa depan). Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk memperoleh salah satu dari stablecoin terbaik yang ada untuk mempertahankan nilai aset Anda dalam mata uang kripto, platform exchange seperti Tokocrypto terbukti menjadi alat yang luar biasa.

Pertanyaan yang sering diajukan

Stablecoin apa yang paling populer?

USD Tether (USDT) dan USD Coin (USDC) merupakan beberapa stablecoin yang paling populer dan dikenal.

Apa tujuan utama penggunaan stablecoin?

Stablecoin biasanya digunakan untuk perdagangan, sebagai penyimpan nilai, transfer uang, dan sebagai jembatan antara keuangan tradisional dan mata uang kripto.

Apakah stablecoin dapat menggantikan mata uang fiat tradisional?

Stablecoin dapat berfungsi sebagai alternatif digital terhadap mata uang fiat untuk tujuan penggunaan tertentu, namun penerapannya secara luas sebagai pengganti penuh terhadapa mata uang tradisional masih terus berkembang dan mematuhi perkembangan peraturan.

Artikel Terkait