ETF Terbaik untuk Berinvestasi dari Indonesia

ETF merupakan instrumen investasi yang memiliki banyak kegunaan dalam membangun portofolio investasi pasif Anda maupun melengkapi portofolio dana dan saham Anda.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa pembahasan tentang ETF terbaik untuk berinvestasi di Indonesia, dimulai dari memberikan daftar lengkap dana yang diperdagangkan sehingga dapat membantu Anda untuk menciptakan portofolio yang seimbang dan berkelanjutan dengan kinerja terbaik pada setiap sektornya.

terbaik etf Indonesia

Cara Kerja ETF

ETF pada dasarnya merupakan reksa dana bersama yang diinvestasikan dalam sekumpulan portofolio atau aset sekuritas. Namun, terdapat 5 elemen yang membuatnya berbeda dengan reksa dana konvensional, yaitu:

  1. ETF berfungsi mirip dengan saham, yang berarti memiliki likuiditas tinggi. ETF dapat dibeli atau dijual kapan saja selama jam pasar dibuka sehingga memberikan kelebihan yang tidak dimiliki reksa dana.
  2. ETF yang dikelola secara pasif memiliki biaya pengelolaan yang lebih rendah dibandingkan reksa dana yang dikelola secara aktif. Namun, karena Anda dapat memperdagangkannya seperti halnya saham, sebagian besar broker membebankan komisi saat melakukan perdagangan (kecuali broker tersebut memiliki kebijakan bebas komisi).
  3. ETF menawarkan transparansi sehingga investor dapat dengan mudah mengakses informasi real-time tentang nilai aset bersih dana tersebut dan komposisi portofolio yang mendasarinya.
  4. Sebagian besar ETF dikenai pajak keuntungan modal, bukan pajak penghasilan. Untuk mengklasifikasikan pajak yang lebih rendah ini, mereka harus memiliki status “pelapor” atau “distributor”.
  5. Karena ETF memiliki likuiditas lebih tinggi dibandingkan reksa dana, tidak hanya lebih mudah untuk memperdagangkannya tetapi juga terdapat lebih banyak pilihan dan lebih fleksibel.

Dengan berinvestasi pada ETF tertentu, Anda dapat membangun portofolio investasi yang terdiversifikasi dengan baik dengan biaya minimal. ETF menawarkan banyak keuntungan, termasuk keterjangkauannya, biaya rendah, diversifikasi yang melekat, dan sifatnya yang lugas.

ETF Terbaik Bursa Indonesia untuk Berinvestasi

Pasar menawarkan beragam ETF yang melacak berbagai indeks, yang menarik adalah banyak dari dana terdaftar ini mereplikasi indeks yang sama.

Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, memilih ETF yang tepat bisa jadi sangat membingungkan. Untuk menyederhanakan prosesnya, kami telah menyusun daftar ETF teratas yang ideal untuk dimasukkan dalam portofolio investasi Anda.

Berikut merupakan kriteria yang harus Anda pikirkan:

  • Portofolio yang Luas dan Terdiversifikasi: Setiap ETF yang kami rekomendasikan memiliki portofolio yang luas dan terdiversifikasi, memastikan eksposur terhadap berbagai aset.
  • Pengindeksan Jangka Panjang: ETF ini berfungsi sebagai kepemilikan inti yang sangat baik untuk portofolio berbasis indeks jangka panjang.
  • Kinerja Kuat Selama Lima Tahun Terakhir: Kami dengan cermat mengevaluasi kinerja setiap ETF selama lima tahun terakhir untuk mengidentifikasi ETF yang secara konsisten memberikan hasil yang baik.

Berikut merupakan rekomendasi ETF terbaik yang ada di bursa Indonesia per tahun 2021:

Nama ETFTICKERTERVolatilitas 1 Tahun
iShares MSCI Indonesia ETFEIDO0,59%3,43%
HSBC MSCI Indonesia UCITS ETFHIDR0,50%3,94%
MSCI Indonesia Swap UCITS ETFXMIN/XMID0,65%6,73%
Sumber cnbcindonesia.com

Mari kita bahas satu persatu ETF yang menjadi ETF terbaik yang ada di bursa perdagangan Indonesia

iShares MSCI Indonesia ETF (EIDO)

EIDO adalah ETF Indonesia yang menjadi ETF paling populer di kalangan investor global yang digunakan sebagai indikator kinerja pasar modal Indonesia. EIDO dikelola Blackrock sejak peluncurannya pada tanggal 5 Mei 2010, ETF provider terbesar di dunia, tercatat di NYSE Arca (Amerika Serikat), dan telah memiliki dana kelolaan sebesar US$511 juta.

EIDO menggunakan MSCI Indonesia IMI 25/50 Index sebagai acuan kinerjanya dengan top 5 holding saham BBCA, BBRI, TLKM, BMRI, dan ASII dari total 75 saham.

iShares MSCI Indonesia ETF (EIDO)

HSBC MSCI Indonesia UCITS ETF (HIDR)

HIDR merupakan ETF dikelola oleh manajer investasi bernama HSBC Investment Funds dan diluncurkan pada tanggal 30 Maret 2011. ETF ini sudah mendunia sehingga tercatat di London Stock Exchange (Inggris), Borsa Italiana (Italia), Frankfurt Stock Exchange (Jerman), dan SIX Swiss Exchange (Swiss), serta telah memiliki dana kelolaan sebesar US$93,2 juta .

HIDR berindeks MSCI Indonesia Net USD Index sebagai acuan kinerjanya dengan top 5 holding saham BBCA, BBRI, TLKM, BMRI, dan ASII dari total 22 saham.

MSCI Indonesia Swap UCITS ETF (XMIN/XMID)

Tidak seperti ETF lain yang menggunakan metode replikasi indeks penuh, XMIN merupakan salah satu jenis ETF Indonesia yang menggunakan mekanisme swap untuk pengukuran kinerjanya, sehingga termasuk ke dalam jenis synthetic ETF.

MSCI Indonesia Swap UCITS ETF (XMIN/XMID)
Sumber: Investing

XMIN dikelola oleh manajer investasi bernama DWS Investment Management. XMIN sejak diluncurkan telah tercatat di London Stock Exchange (Inggris), Borsa Italiana (Italia), Frankfurt Stock Exchange (Jerman), dan Singapore Exchange (Singapura), serta telah memiliki dana kelolaan sebesar US$56,9 juta. XMIN menggunakan MSCI Indonesia indeks Net USD sebagai acuan kinerjanya dengan top 5 holding saham BBCA, BBRI, TLKM, BMRI, dan ASII dari total 22 saham.

ETF Terbaik untuk Berinvestasi Berdasarkan Kategorinya

Selanjutnya, kami akan memberikan penjelasan pada ETF terbaik untuk berinvestasi menurut berbagai kategori, seperti kelas aset, pasar, atau lokasi geografis. Namun, penting untuk diingat bahwa kinerja masa lalu bukanlah jaminan kinerja masa depan, jadi Anda harus melakukan pengujian dengan tepat sebelum berinvestasi pada aset apa pun.

ETF Ekuitas/Saham Terbaik untuk Berinvestasi

Rekomendasi ini adalah pilihan ETF yang diperdagangkan di bursa Amerika Serikat dan bisa diakses oleh investor Indonesia dengan kinerja tinggi serta biaya yang rendah pada tahun 2024, seperti yang ditunjukkan oleh rasio biaya total (TER):

ETF EkuitasTER1 Tahun
Nasdaq 100 ETF0.2%51.45%
S&P 500 ETF0.095%33.89%
Vanguard Total Stock Market0.03%33.12%
Dow Jones Industrial ETF0.16%22.71%
Vanguard Dividend Appreciation ETF0.6%22.51%
Vanguard Value Index ETF0.04%19.24%
iShares Russel 2000 ETF 0.19%18.69%
Vanguard High Dividend ETF0.06%15.64%
Sumber: GoTrade Indonesia per 14 Maret 2024

ETF Obligasi Terbaik untuk Berinvestasi

Berikut merupakan daftar ETF Obligasi terbaik pada tahun 2024:

ETF ObligasiTER1 Tahun
iShares Corporate Bond ETF0.14%1.56%
iShares International Treasury Bond ETF0.35%1.05%
S-T Inf-Protected Treasury Bond Vanguard0.04%0.95%
Vaguard Total International Bond ETF0.07%0.12%
Sumber: GoTrade Indonesia per 14 Maret 2024

ETF Terbaik untuk Berinvestasi Berdasarkan Negara

Berikut merupakan daftar ETF per negara terbaik pada tahun 2024. Hanya ada dua ETF dalam kategori ini yang dapat diakses oleh investor Indonesia. Salah satunya adalah iShares China Large-Cap ETF yang tidak direkomendasikan karena kinerjanya negatif.

ETFTER1 Tahun
iShares MSCI Indonesia ETF0.59%2.89%
Sumber: GoTrade Indonesia per 14 Maret 2024

ETF Terbaik untuk Berinvestasi Berdasarkan Sektor

Berikut merupakan daftar ETF terbaik untuk berinvestasi berdasarkan sektornya:

ETF Berdasarkan SektorTER1 Tahun
Vanguard Information Technology ETF0.1%49.4%
SDPR Financial Sector ETF0.03%30.35%
SDPR Materials Select Sector ETF0.09%17.58%
SDPR Health Care Sector ETF0.09%16.96%
Sumber: GoTrade Indonesia per 14 Maret 2024

ETF Terbaik untuk Berinvestasi

Berikut merupakan daftar ETF dengan kinerja terbaik pada tahun 2024. Daftar ini merupakan daftar dengan pengecualian terhadap perdagangan ETF mata uang kripto.

ETF TerbaikTER1 Tahun
First Trust Cloud Computing ETF0.6%58.51%
Nasdaq 100 ETF0.2%51.45%
Vanguard Information Technology ETF0.1%49.4%
First Trust Nasdaq Cybersecurity ETF0.59%44.76%
Sumber: justetf.com

Membeli ETF di Indonesia

Untuk melakukan pembelian maupun penjualan ETF secara resmi dan aman di Indonesia, Anda dapat memilih beberap dealer partisipan. Dealer partisipan merupakan pihak yang membantu investor untuk membeli atau menjual ETF kepada pengelola investasi.

Berikut merupakan dealer partisipan yang ada di Indonesia:

KodeNama Dealer Partisipan
PDIndo Premier Sekuritas
DHSinarmas Sekuritas
CCMandiri Sekuritas
DXBahana Sekuritas
KKPhillip Sekuritas Indonesia
YPMirae Asset Sekuritas Indonesia
GRPanin Sekuritas Tbk
BQKorea Invesment and Sekuritas Indonesia
SQBCA Sekuritas
CPPT Valbury Sekuritas
Sumber: idx.co.id

GoTrade Indonesia. Platform investasi ini menawarkan fungsi portofolio yang juga berdasarkan ETF (portofolio pintar eToro), yang memungkinkan investor untuk membuat portofolio yang beragam menggunakan kombinasi ETF yang dipilih berdasarkan profil risiko dan preferensi investasi mereka. GoTrade Indonesia adalah aplikasi milik PT Valbury Sekuritas dan jadi satu-satunya yang menyediakan produk ETF dari pasar luar negeri.

Di sini kami juga meninggalkan daftar broker terbaik untuk ETF.

Apakah Anda perlu melampaui portofolio dasar? Untuk melengkapi artikel ini tentang ETF terbaik untuk berinvestasi pada tahun 2024, kami telah memperluas pilihan dengan membagi daftar menjadi kategori.

Dalam artikel ini Anda dapat melihat ETF lainnya untuk berinvestasi dalam dividen.

Daftar ETF terbaik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia

Saat ini ETF yang tercatat di Bursa Efek di Indonesia adalag ETF yang mengacu pada aset dalam negeri. Adapun daftar ETF terbaik di Bursa Efek Indonesia adalah:

ETF1 Tahun
Premier ETF PEFINDO i-Grade25.24%
Majoris Pefindo I Grade ETF23.79%
Reksa Dana Indeks Capital ETF IDX ESG Leaders17.89%
Premier IDX High Dividend 2016.53%
Premier Sri Kehati16,06%
Sumber: investing.id

Memilih ETF Terbaik untuk Portofolio Anda

Memilih ETF terbaik untuk portofolio Anda bukan hanya mempertimbangkan histori kinerjanya. Penting untuk memahami cara menilai apakah dana yang diperdagangkan di bursa optimal untuk portofolio yang spesifik dan strategi investasi yang Anda inginkan.

Walaupun terdapat banyak indikator yang dapat Anda gunakan, berikut ini adalah faktor-faktor utama yang perlu dijadikan pertimbangan:

  1. Strategi yang Jelas: Memiliki strategi yang sudah ditentukan dengan baik sangatlah penting. Penentuan strategi yang jelas akan memandu Anda dalam menentukan ETF mana yang akan dibeli, kapan membelinya, dan kapan menjualnya.
  2. Rasio Biaya Total (TER): TER memberikan informasi tentang total biaya kepemilikan ETF, termasuk biaya manajemen dan biaya terkait lainnya.
  3. Bid/Ask Spread: Menilai bid/ask spread, yang mewakili kisaran antara harga beli dan jual, memberikan informasi berharga tentang likuiditas ETF serta aset dasarnya.
  4. Replikasi Indeks: Memahami indeks yang direplikasi oleh ETF sangatlah penting. Hal ini memberi Anda informasi tentang pasar atau sektor spesifik tempat Anda berinvestasi melalui ETF.

Pajak ETF

Pajak ETF (Exchange-Traded Funds) merupakan aspek penting yang harus dipertimbangkan saat mengevaluasi ETF mana yang terbaik untuk diinvestasikan. Secara umum, sebagian besar negara yang ada di dunia mengenakan pajak pada ETF sama seperti saham. Hal ini dapat dimisalkan dengan pengenaan pajak pada dividen yang dibagikan dan keuntungan yang diperoleh dari penjualan ETF.

Di Indonesia ETF dikenakan pajak, maka dari itu aturan pajak ETF bisa mengacu pada UU Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan. Pada Bab III Pasal 4 Ayat 2 dijelaskan bahwa penghasilan dari transaksi saham dan sekuritas, transaksi derivatif yang diperdagangkan di bursa dan transaksi penjualan saham dikenakan pajak penghasilan bersifat final.

Adapun tarif pajak penghasilan final yang dikenakan sebesar 8% jika tidak diinvestasikan kepada kegiatan usaha sektor pengolahan sumber daya alam atau sektor energi terbarukan di wilayah Indonesia dan surat berharga negara. Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI) derivatif adalah kontrak atau perjanjian yang nilai atau peluang keuntungannya terkain dengan kinerja aset lainnya yang dijadikan acuan (underlying asset). Seperti diketahui kinerja ETF juga didasarkan atau mereplikasi aset acuan lain seperti saham sehingga ETF masuk dalam ketentuan transaksi derivatif.

Kesimpulan

Kesimpulannya, ETF menawarkan investor cara yang bervariasi dan hemat biaya untuk membangun portofolio investasi yang terdiversifikasi dengan baik. ETF memberikan transparansi, efisiensi pajak, dan beragam eksposur investasi sehingga menjadikannya pilihan yang menarik bagi investor pasif dan aktif.

Dengan mempertimbangkan ETF yang memiliki kinerja terbaik di bursa dan menggunakan kriteria pemilihan utama seperti strategi investasi yang jelas, rasio biaya total (TER), spread bid/ask, dan replikasi indeks, investor dapat membuat keputusan yang tepat dan selaras dengan tujuan investasi jangka panjang mereka.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa perbedaan antara ETF dengan reksa dana?

Meskipun ETF dan reksa dana adalah instrumen investasi, keduanya memiliki perbedaan pada beberapa hal. ETF diperdagangkan di bursa saham seperti saham individual, memungkinkan investor untuk membeli atau menjualnya sepanjang hari perdagangan. Sebaliknya, reksa dana dibeli atau dijual sebesar nilai aset bersih (NAV) pada akhir hari perdagangan.

Apakah ETF cocok untuk investor pemula?

Ya, ETF bisa menjadi pilihan yang sangat baik bagi investor pemula. ETF menawarkan diversifikasi pada berbagai aset dalam satu dana, memberikan eksposur ke berbagai sektor, pasar, atau tema.

Bisakah saya menggunakan ETF untuk investasi jangka panjang?

Tentu saja, ETF sangat cocok untuk strategi investasi jangka panjang. ETF memberikan cara mudah untuk membangun portofolio yang terdiversifikasi dengan eksposur ke berbagai kelas aset, seperti saham, obligasi, komoditas, atau perumahan.

Artikel Terkait