Bitcoin Mining: Apa itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Bitcoin mining merupakan proses yang menarik, karena kita berbicara tentang “penciptaan” Bitcoin dan mata uang kripto. Hal tersebut beriringan dengan proses yang memastikan penciptaan Bitcoin baru yang beserta integritas dan keamanan transaksi pada jaringan. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari aspek relevan dari mining, untuk memahami cara kerja dan relevansi dalam ekosistem criptocurrency.

Mengenal Bitcoin mining

Apa itu Bitcoin Mining😕

Bitcoin mining atau penambangan merupakan proses pembuatan koin baru beserta dengan transaksi yang penambang amankan dan pertahankan pada jaringan BTC. Proses ini sangat penting bagi fungsi blockcahin, dengan bantuan teknologi akuntansi terdistribusi yang mencatat semua transaksi mata uang kripto tersebut.

👉 Jika Anda ingin investasi Bitcoin, simak Cara Aman Berinvestasi Bitcoin 2024 di Indonesia: Panduan Langkah

Bagaimana cara kerja Bitcoin Mining😕

Anda kini sudah mengetahui definisi Bitcoin mining. Kemudian apabila Anda tertarik untuk melakukannya, kini saatnya Anda mengatahui cara kerja penambangan BTC. Berikut merupakan cara kerja melakukan penambangan Bitcoin:

Validasi Transaksi

Penambang melakukan pengumpulan transaksi yang belum terkonfirmasi kemudian mengelompokkannya dalam satu blok.

Pemecahan Masalah Kriptografi

Untuk melakukan penambahan blok pada blockchain, penambang harus melakukan pemecaham masalah kriptografi yang kompleks. Hal tersebut kita kenal sebagai Proof of Work (PoW). Pada hal ini, penambang harus melakukan kalkulasi dengan peralatan milik mereka, sehingga menghabiskan energi listrik dan kapasitas komputasi yang besar.

Pembentukan Blok Baru

Setelah penambang menyelesaikan permasalahan tersebut, akan bertambah blok baru pada blockchain. Hal tersebut mereka lakukan dengan memverifkasi semua transaksi pada blok tersebut dan tidak ada BTC yang dibelanjakan dua kali.

Hadiah

Sebagai insentif dalam bentuk Bitcoin bagi para penambang yang telah memecahkan masalah. Hadiah ini berdasarkan atas terbentuknya Bitcoin baru beserta semua transaksi yang ada pada blok tersebut.

Penyesuaian otomatis terhadap kesulitan masalah kriptografi oleh jaringan terjadi setiap dua minggu sehingga memastikan waktu rata-rata penambahan blok baru sekitar 10 menit. Penyesuaian ini tergantung pada total kekuatan komputasi dari jaringan penambang yang aktif.

Sehingga, penambangan Bitcoin menjadi penting karena tidak hanya untuk menciptakan Bitcoin baru, namun juga untuk keamanan dan ingtegritas seluruh jaringan. Hal tersebut terjadi dengan tujuan memastikan transaksi mengalami pemrosesan dengan andal dan tahan terhadap perubahan dan penipuan.

Bitcoin Mining: Apakah aman?

Keamanan jaringan Bitcoin begantung pada penambang yang bertindak sebagai node dalam jaringan. Penambang juga melakukan validasi dan menjaga konsensus mengenai keadaa blockchain.

Berikut merupakan premisnya:

Semakin banyak node dan penambang yang aktif, jaringan akan semakin terdesentralisasi dan lebih tahan terhadap serangan.

Hal ini karena para pengikut Bitcoin melihat desentralisasi sebagai suatu hal yang sangat positif. Kemudian, hal tersebut juga menjadi argumen kuat dalam penilaian Bitcoin.

Berapa banyak BTC yang dapat kita tambang?

Batas maksimum Bitcoin yang bisa kita tambang adalah 21 juta koin. Seiring dengan semakin dekatnya jumlah batas ini, hasil Bitcoin mining per blok terus berkurang. Hal tersebut karena adanya halving Bitcoin yang terjadi setiap 4 tahun sekali. Halving pada akhirnya akan membawa pada era baru di mana hadiah bagi para penambang adalah biaya transaksi. Prakiraan terjadinya hal tersebut adalah pada tahun 2140.

Apa fungsi penambangan dalam Blockchain?

Penambangan sangat penting guna mejada desentralsasi dan keamanan blockhain Bitcoin. Hal tersebut karena penambang melakukan validasi transaksi baru kemudian mencatatnya pada blok. Berikutnya, catatan tersebut akan terdaftar pada blockchain yang ada.

Mekanisme ini mencegah “pengeluran ganda” (mencegah pemalsuan) dan memastikan semua peserta jaringan memiliki salinan yang konsisten dan terus diperbarui. Tidak hanya itu, hal ini juga menjamin transparansi dan keandalannya.

Fakta ini mejadi hal penting bagi investor Bitcoin. Hal tersebut juga bisa menjadi argumen utama yang mendukung mata uang kripto yang sifatnya berlawanan dengan mata uang fiat.

Apa hadiah untuk penambangan pada setiap blok?

Saat penambang berhasil memecahkan masalah kriptografi untuk menambahkan blok baru ke blockchain, mereka akan mendapatkan BTC dengan jumlah tertentu. Hadiah tersebut pada dasarnya menjadi cara pembuatan Bitcoin baru atau “mining”.

Namun, penambang juga menerima hadiah dari biaya transaksi pada semua transaksi yang termasuk ke dalam setiap blok yang mereka tambahkan.

Selanjutnya, mari kita melihat dampak dari Halving Bitcoin:

  • Saat peluncuran Bitcoin pada tahun 2009, hadiah penambangan per blok adalah 50 Bitcoin.
  • Halving bertujuan untuk mengurangi hadiah pada penambangan per blok menjadi setengahnya, biasanya setelah 210.000 blok baru terbentuk (empat tahun sekali)
  • Halving merupakan mekanisme penting dalam mengendalikan penawaran BTC baru. Hal tersebut juga berguna untuk memastikan penambangan bertahap hingga tahun 2140. Halving membantu mencegah inflasi Bitcoin.
  • Halving dapat secara signifikan mengurangi hadiah bagi penambang. Akibatnya, hanya penambang yang memiliki efisiensi yang baik dapat tetap menghasilkan keuntungan dalam janga waktu panjang.
APA ITU BITCOIN MINING

Setelah halving tahun 2024, imbalan 6,25 Bitcoin per penambangan blok akan menjadi 3,125. Benar adanya jumlahnya akan menjadi semakin kecil. Namun, hal ini berkat gagasan Bitcoin semakin banyak yang menerima sehingga nilainya jadi lebih besar.

Bitcoin Mining: Apa saja persyaratannya?

Siapa saja dapat menjadi penambang Bitcoin. Bahkan, perusahaan dengan perangkat keras dan lunak yang tepat juga dapat bergabung dengan kumpulan penambang.

Penambangan Bitcoin saat ini sudah sangat kompetitif, sehingga memerluan biaya investasi yang tinggi. Anda harus memiliki perlatan khusus dengan kemampuan tinggi, kita kenal sebagai ASIC (Application Specific Integrated Circuits). Selain itu, Anda juga harus memiliki akses listrik yang terjangkau untuk dapat beroperasi dan menghasilkan keuntungan.

Walaupun siapa saja dapat melakukan penambangan, saat ini semakin sedikit orang maupun perusahaan yang dapat melakukannya. Hal ini karena adanya hambatan ekonomi dan sumber daya untuk mulai menjadi penambang.

Bitcoin Mining: Pool penambang

Suatu pool penambang merupakan jaringan gabungan sumber daya komputasi mereka demi meningkatkan peluang menambang blok dan meperoleh imbalan.

Dengan bekerjasama, pool tersebut dapat memecahkan masalash matematis kompleks sehingga dapat menambang dengan lebih cepat. Hal tersebut dapat menghasilkan pembagian imbalan secara reguler dan pembagiannya berdasarkan kontribusi kekuatan pemrosesan pool.

Pool penambangan Bitcoin. Sumber: news bit2me

Apakah staking termasuk menambang?

Jawaban untuk pertanyaan ini adalah “Tidak”. Staking mata uang kripto merupakan proses yang menggunakan mekanisme konsensus Proof of Stake (PoS). Hal ini berbeda dengan Bitcoin yang menggunakan PoW dan membutuhkan proses penambangan.

Staking melibatkan pemeliharaan dana dalam dompet digital cryptocurrency guna mendukung operasi jaringan blockchain. Dengan menawarkan pendekatan yang lebih efisien energi, proses staking mata uang kripto hanya membutuhkan laptop atau ponsel dengan koneksi internet.

Di mana kita dapat melakukan staking mata uang kripto?

Anda dapat menemukan banyak platform yang mudah untuk Anda pahami. Lakukan pemilihan pada platform yang telah terdaftar dan telah melakukan penyesuaian.

Kami akan memberikan contoh melakukan staking kripto pada Indodax. Namun, hanya terdapat beberapa koin saja yang dapat kita staking. Di Indonesia, kami tidak menemukan exchange kripto yang menyediakan layanan staking Bitcoin. Untuk melakukan staking pada Bitcoin, Anda dapat menggunakan broker luar negeri yang telah terdaftar pada regulator masing-masing negara.

Indodax bukan hanya exchange yang menyediakan layanan staking kripto dan perdagangan kripto saja. Berikut merupakan beberapa hal penting terkait dengan exchange tersebut:

  • Keamanan: Indodax merupakan platform exchange kripto asal Indonesia yang telah terdaftar pada Bappebti sehingga keamanan aset Anda terjamin. Indodax juga memiliki fitur Two-Factor Authentication (2FA) yang ada pada setiap kali kita melakukan transaksi.
  • Cryptocurrency/Staking: Indodax menawarkan lebih dari 160 aset kripto yang dapat Anda perdagangkan. Namun, untuk melakukan staking, platform tersebut hanya menawarkan 5 koin yaitu ETH, BNB, SOL, DOT, dan MATIC.

Di bawah ini, merupakan rincian dari 5 koin yang dapat Anda staking:

Indodax merupakan salah satu platform exchange kripto dengan pengguna terbanyak di Indonesia.  Hal tersebut dikarenakan fitur-fitur yang dimiliki oleh Indodax sederhana dan mudah dipahami oleh trader yang baru saja berkecimpung di dunia kripto. Proses KYC dari Indodax juga tergolong cepat. Tidak hanya itu proses untuk melakukan deposit dan penarikan juga cepat.

👉Kripto Terbaik Indonesia 2024: Bitcoin, Ethereum, Tether

Bitcoin Mining: Apakah dapat berinvestasi pada perusahaan penambang BTC?

Sebenarnya, terdapat alternatif lain selain melakukan staking atau penambangan Bitcoin. Hal ini sangat cocok bagi Anda yang masih menganggap investasi kripto merupakan hal yang sangat berisiko. Bursa konvensional memungkinkan Anda untuk melakukan hal tersebut.

Cara ini dapat Anda lakukan dengan berinvestasi pada perusahaan terdaftar pada bursa serta melakukan penambangan Bitcoin. Berikut merupakan beberapa contoh perusahaan yang bergerak di bidang penambangan Bitcoin:

Canaan Creative dan Zhejiang Ebang Communication

Canaan Logo

Canaan Creative merupakan perusahaan Beijing yang berdiri pada 2013, yang menjual komputer dan proses penambang bernama “Avalon” yang menggunakan chip ASIC. Perusahaan tersebut berhasil mendapatkan keuntungan sebesar US$ 203,8 juta pada tahun 2017. Menurut, wakil presiden perusahaan, Jianpin Kong, perusahaan tersebut menjadi penyedia bagi seperempat prosesor pemroses Bitcoin seluruh dunia. Ia berharap Tiongkok dapat mempromosikan industri chip lokal guna membantu peningkatan pertumbuhan perusahaan.

Credit Suisse, CMB International, Deutsche Bank dan Morgan Stanley bertindak sebagai penjamin emisi IPO. Belum adaa penetiapan penilaian IPO Canaan, karena kurangnya perusahaan pembanding dan fluktuasi mata uang kripto. Pada pertengahan tahun 2017, nilai perusahaan ini sekitar US$500 juta, menurut sumber yang dikutip oleh IFR.

Ebang Logo

Zhejiang Ebang Communication merupakan perusahaan berteknologi tinggi yang mengintegrasikan R&D, produksi, penjualan, dan layanan. Perusahaan tersebut berdedikasi pada komunikasi data dan sistem transmisi serta optik dengan fokus pada “Block chain” dan “Cloud computing”.

Ebang memulai debutnya tahun 2015 pada National Equities Exchange and Quotations Tiongkok, kemudian menarik diri dari pasar tahun ini setelah mengumumkan niatnya untuk go public di Hong Kong pada bulan Januari.

Mana yang lebih layak antara menambang atau staking?

Penambangan Bitcoin menjadi pilar penting pada operasi dan perlindungan blockchain. Tidak hanya verifikasi dan pendaftaran traksaksi baru, namun mencegah penipuan, memastikan desentralisasi, dan transparansi sistem. Setiap peserta memiiliki salinan buku besar blockchain sehingga mempertahankan integritas serta otonomi jaringan yang membuat Bitcoin memiliki banyak peminat apabila kita bandingkan dengan mata uang fiat.

Oleh karena saat ini sudah menjadi hal yang sangat kompetitif, penambangan sudah tidak memberikan keuntungan seperti dulu (50 Bitcoin). Hal ini tentu bukan menjadi pilihan bagi penambang kecil, karena saat ini harus memiliki ratusan komputer untuk menambang.

Walaupun saat ini ada pool penambang, karena adanya halving, imbalan yang akan penambang peroleh juga akan semakin sedikit.

Staking menjadi alternatif lain yang tidak memerlukan penggunaan sumber daya yang besar. Melalui cara ini, pengguna dapat memperoleh imbalan dengan ikut berpartisipasi dalam validasi transaksi yang menggunakan Proof of Stake (PoS). Staking juga tidak memerlukan investasi perangkat keras yang mutakhir dan lebih efiesn dalam hal penggunaan energi. Hal ini membuat staking menjadi cara yang mudah untuk meperoleh pendapatan dari mata uang kripto.

Pada akhrinya, secara individu staking merupakan cara yang tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan imbalan atas partisipasi pada jaringan. Hal tersebut karena staking tidak membutuhkan sumber daya baik dalam hal ekonomi maupun energi dalam jumlah besar, sementara imbalan yang Anda dapatkan tidak sedikit.

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Bagaimana cara kerja mining bitcoin?

Cara kerja mining Bitcoin adalah dengan mengumpulkan transaksi Bitcoin yang belum terkonfirmasi dan mengumpulkannya menjadi satu blok. Namun untuk menambah blok baru Anda harus memecahkan teka-teki matematika. Setelah Anda berhasil memecahkan maka Anda bisa mendapatkan hadiah.

Berapa lama waktu untuk mendapatkan 1 Bitcoin dalam mining?

Hadiah dari kegiatan penambangan ini adalah mendapatkan Bitcoin. Anda bisa secara otomatis mendapatkan 1 Bitcoin paling cepat 10 menit. Namun tetap saja disesuaikan dengan kekuatan komputer Anda untuk melakukan penambangan.

Bagaimana cara melakukan mining Bitcoin?

Anda bisa melakukannya sendiri dengan perangkat keras yang memadai. Tentunya Anda membutuhkan aplikasi khusus untuk melakukan penambangan. Sehingga sebelum melakukan penambangan, unduh terlebih dahulu aplikasi yang sesuai. Jika Anda pengguna Android, contoh aplikasi yang bisa digunakan adalah MinerGate dan CryptoTab.

Artikel Terkait