Review Ajaib – Amankah untuk Investasi?

Bagaimana review aplikasi Ajaib? Apakah aplikasi investasi ini cukup aman digunakan? Simak ulasan mengenai Ajaib yang aplikasinya masuk dalam lima besar aplikasi investasi terpopuler di iOS.

Review Ajaib, amankah untuk investasi

Dalam artikel ini, Anda bisa menemukan kelebihan dan kekurangan Ajaib Sekuritas, biaya yang dikenakan, aset yang ditawarkan dan rekomendasi dari kami. Sehingga Anda bisa membuat keputusan tepat supaya hasil investasi Anda optimal.

Review Ajaib: Apa itu?

Ajaib adalah perusahaan yang menawarkan kemudahan berinvestasi di era perkembangan teknologi yang pesat saat ini. Di bawah PT Ajaib Teknologi Indonesia, Ajaib menyasar investor saham ritel dari kalangan milenial.

Oleh karena itu Ajaib menyediakan sarana Mobile dan Online Trading di Asia Tenggara. Ini membuat layanan investasi yang disediakan Ajaib bisa dengan mudah Anda akses secara online di manapun dan kapanpun.

Melalui PT Ajaib Teknologi Indonesia didirikan sejak tahun 2018 dengan menghadirkan aplikasi Ajaib yang saat ini sudah memiliki nasabah hingga 3 juta. Kemudian usaha sekuritas Ajaib berada di bawah PT Ajaib Sekuritas Asia yang sudah terdaftar sebagai Anggota Bursa (AB) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh Ajaib sehingga cukup populer adalah minimal deposito yang rendah sehingga investor dengan modal terbatas bisa mengakses aset investasi pertama mereka.

Selain itu, Ajaib jadi salah satu sekuritas yang dapat dipercaya dengan berbagai penghargaan yang diraih, antara lain:

  • 2023: The Best Securities Company Info Bank 12th Digitak Brand Award
  • 2022: Platform Investasi Online Terbaik Dunia Fintech Award, The Best Online Stock Brokerage CNBC Indonesia Award, Most Rusted Crypto Trading App CNBC Indonesia Award
  • 2021: The Best Retail Brokerage Firm CNBC Indonesia Award, The Most Innovative Brokerage House CNBC Indonesia Award
  • 2020: Startup Investasi Reksa Dana Online Terbaik Dunia Fintech,

Menarik, bukan? Namun untuk tahu lebih lanjut mengenai aplikasi ini yuk baca informasi di bawah ini untuk membantu Anda memutuskan apakah Ajaib cocok untuk Anda berinvestasi atau tidak!

Profil singkat Ajaib

  • 🇮🇩 Regulasi: BEI, Bappebti dan Kominfo
  • 💼 Aset keuangan: Saham, Reksa Dana dan Kripto
  • 💻 Jenis akun: Reguler & Prime
  • 💲Fee transaksi saham:
    • Biaya : 0,15%
    • Biaya Jual: 0,25%
  • 💲 Fee transaksi Obligasi: 0,1%
  • 💰 Minimal deposito: tidak ada
  • 📈 Platform: Aplikasi Ajaib di iOS dan Android
  • 🗣️ Layanan bahasa: Bahasa Inggris & Bahasa Indonesia

Review Ajaib: fitur-fiturnya

Tak lengkap jika kami tidak memberi tahu apa saja fitur yang ditawarkan aplikasi Ajaib sebagai aplikasi investasi yang cukup populer. Berikut fitur-fitur yang ditawarkan Ajaib untuk mendukung investasi Anda:

FiturKeterangan
Screener saham dan aset kriptoFitur untuk menyaring aset dengan kriteria khusus yang sudah Anda tentukan terlebih dahulu seperti harga dan rasio keuangan.
Price AlertFitur di aplikasi Ajaib untuk menetapkan target harga atau moving average yang Anda inginkan dan Ajaib akan memberi tahu saat aset mencapai target.
Stop Loss & Take ProfitFitur untuk meminimalisir risiko kerugian dengan fitur otomatis menghentikan kerugian dan ambil keuntungan yang mengeksekusi transaksimu langsung saat target tercapai.
Xtra Day TradingFitur untuk memberikan hingga 7 kali kemampuan beli dengan day trading yang memungkinkan Anda menghasilkan keuntungan lebih maksimal dalam sehari.
Margin TradingMeningkatkan kemampuan beli lebih besar hingga 2,85 kali dari modal yang Anda miliki dengan suku bunga kompetitig dan persyaratan pembayaran yang fleksibel.

Produk yang disediakan Ajaib Sekuritas

Saham

Ajaib menyediakan 800+ pilihan saham Indonesia di aplikasinya. Saat memilih menu saham, Ajaib akan menampilkan data yang dibutuhkan seperti rencana e-IPO, analisa saham terkini, saham dengan kenaikan harga tertinggi, perusahaan dengan dividen hingga sesuai profil investor seperti Value Investor dan Growth Investor.

ETF

Anda juga bisa terhubung ke 50 pilihan ETF dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Dalam aset ETF ini Anda juga bisa menemukan satu produk Dana Investasi Real Estate (DIRE) atau Real Estate Investment Trust (REIT) untuk memperluas portofolio investasi Anda yaitu Ciptadana Asset Management (XCID).

Berinvestasi atai trading ETF di Ajaib memiliki keuntungan dengan tersedianya rekomendasi apakah suatu ETF cocok untuk jangka pendek, menengah atau panjang berdasarkan indikator teknikal.

Reksa Dana

Ajaib menyediakan produk Reksa Dana Pasar Uang, Pendapatan Tetap, Saham dan Campuran. Melalui aplikasi Ajaib Anda bisa menyaring Reksa Dana berdasarkan kinerjanya, imbal hasil terbaik, dana kelolaan terbaik, minimal pembelian terendah dan Reksa Dana syariah.

>>> Temukan cara investasi Reksa Dana lengkap di sini!

>>> Ini Reksa Dana Saham terbaik yang bisa Anda pilih

>>> Anda bisa memiliki Reksa Dana Pendapatan Tetap terbaik di sini

Kripto

Ajaib memiliki aplikasi tersendiri khusus untuk trading mata uang Kripto, aplikasi tersebut Ajaib Kripto di bawah PT Kagum Teknologi Indonesia. Khusus kripto, aset ini dilindungi dengan asuransi Fireblocks dan CoinCover.

Anda akan mendapatkan akses ke 100 lebih mata uang kripto dengan nilai dasar Rupiah. Sedangkan kripto dengan nilai dasar USDT, ada 20 aset kripto yang bisa Anda pilih. Meski memiliki aplikasi yang berbeda, Anda bisa menggunakan email yang sama dengan Ajaib untuk masuk ke Ajaib Kripto.

Obligasi

Anda juga bisa mendapatkan akses berinvestasi di obligasi yang dijamin oleh negara yang sedang ditawarkan. Anda bisa memilih berdasarkan kupon tertinggi, jatuh tempo tercepat, jatuh tempo terlama dan performa tertinggi.

Review Ajaib: deposit dan biaya lainnya

Ajaib berupaya mewujudkan investasi dengan biaya minimal dan mendapatkan cuan maksimal. Ini memberikan kemudahan bagi investor dengan modal yang terbatas. Anda tidak dikenakan minimal deposito, jadi bisa mengisi RDN Anda sesuai dengan harga aset yang ingin Anda beli.

Biaya jual saham hanya 0,25% dan biaya beli saham sebesar 0,15%. Biaya ini sudah termasuk fee broker, biaya levy (BEI, KPEI, KSEI) sebesar 0,0433%, PPN biaya broker 11% dan PPh final untuk transaksi jual 0,1%.

Sementara itu untuk investasi Reksa Dana tidak dikenakan biaya apapun. Sedangkan untuk jual-beli Obligais dikenakan biaya 0,1%. Adapun ketentuan biaya transaksi ETF mengikuti ketentuan saham.

Review Ajaib: keamanan dan regulasinya

Ajaib Kripto telah terdaftar di Bappebti dengan menggunakan nama perusahaanya yaitu PT Kagum Teknologi Indonesia dengan nomor 008/BAPPEBTI/CP-AK/04/2022.

Sementara itu PT Ajaib Sekuritas Asia yang bertindak sebaagai sekuritas sudah tercatat sebagai Anggota Bursa (AB) dengan nomor izin usaha SPAB-102/JATS/BEJ.I.1/V/1995.

Untuk kegiatan perdagangan Reksa Dana, Ajaib terdaftar atas nama PT Takjub Teknologi Indonesia. Terdaftar di OJK dengan nomor izin KEP-17/PM.21/2018.

Layanan pengaduan nasabah Ajaib

Investor dapat menyampaikan pengaduan terhadap ketidakpuasan Investor terkait kendala transaksi dan/atau kendala atas layanan yang disediakan ASA melalui:

  1. Email ke [email protected]
  2. chat customer service pada Aplikasi Ajaib atau website resmi Ajaib.co.id
  3. Pertemuan langsung dengan lebih dulu mengirimkan pesan melaui email
  4. media sosial resmi (instagram: @ajaib_Investasi)
  5. Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK)

ASA akan menyelesaikan pengaduan paling lambat 20 (dua puluh) Hari Bursa setelah tanggal penerimaan pengaduan serta dokumen pendukung disampaikan secara lengkap oleh Investor.

Review Ajaib: cara investasi

Setelah mengetahui bahwa Ajaib adalah salah satu aplikasi yang aman dan legal di Indonesia, tentu Anda harus mengetahui cara membuka akun, isi saldo hingga informasi penting lainnya.

Cara buka dan daftar akun

Berikut langkah-langkah membuka dan mendaftarkan akun Anda. Ini penting diketahui supaya Anda bisa langsung berinvestasi melalui Ajaib.

  1. Unduh aplikasi Ajaib atau Ajaib Kripto
  2. Masukkan email yang ingin Anda daftarkan
  3. Masukkan password Anda
  4. Setelah berhasil, Anda akan masuk ke halaman utama aplikasi Ajaib dan Ajaib Sekuritas. Setelahnya, Anda perlu melengkapi data diri untuk verifikasi. Proses verifikasi membutuhkan waktu 3 jam.
  5. Jika sudah mendapatkan pemberitahuan verifikasi berhasil, Anda bisa memilih aset investasi yang Anda inginkan.

Cara isi saldo di Ajaib

Setelah mendaftarkan akun dan mendapatkan verifikasi, Anda akan memiliki Rekening Dana Nasabah (RDN). Ini adalah rekening khusus untuk jual-beli saham dan isntrumen investasi lain yang disediakan oleh Ajaib.

Begini cara isi saldo RDN Anda di Ajaib:

  1. Klik bagian profil Anda dengan klik tulisan RDN di bagian kiri atas
  2. Klik Top Up, lalu Anda akan mendapatkan kode bank atau RDN untuk melakukan isi ulang
  3. Lakukan isi saldo RDN dengan transfer, masukkan kode bank yang muncul di aplikasi Ajaib setelah itu masukkan nomor RDN Anda
  4. Isi saldo sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.

Sebagai tambahan informasi, untuk mengurangi biaya transfer antarbank, Anda bisa menggunakan Bank Permata atau BCA. Transfer melalui kedua bank tersebut tidak dikenakan biaya transfer antarbank.

Cara membeli saham di Ajaib, panduan bagi pemula

Setelah isi saldo RDN, Anda sudah bisa berinvestasi di Ajaib. Cukup dengan memilih instrumen investasi yang Anda inginkan. Begini cara membeli saham di Ajaib:

  1. Buka aplikasi Ajaib
  2. Pilih menu Saham
  3. Pilih saham yang Anda inginkan dengan mengetikkan nama perusahaan atau kode saham, bisa juga dengan mencari kategori yang disediakan Ajaib
  4. Di aplikasi akan tertera nominal harga saham per lembarnya.
  5. Kamu hanya perlu memilih buy dan input berapa jumlah lot yang ingin dibeli. Umumnya minimal pembelian itu 100 lembaran saham atau 1 lot.

Cara beralih ke Ajaib Prime

Ajaib Prime adalah jenis akun yang bisa memberikan layanan eksklusif seperti rekomendasi saham harian yang dikirim ke Whatsapp Anda, laporan keuntungan dan kerugian yang sudah Anda realisasikan, analisa eksklusif oleh Financial Expert yang bersertifikat dan akses ke webinar khusus investor Ajaib Prime.

Cara beralih ke Ajaib Prime adalah memiliki nilai aset total minimal Rp 200 juta. Total aset ini dapat diambil dari saldo RDN, saham margin di portofolio Anda dan gabungan keduanya. Saham margin yang dapat dijaminkan adalah yang sudah melalui proses penyelesaian transaksi yang dapat dijaminkan dalam proses aktivasi.

Review Ajaib Sekuritas: kelebihan dan kekurangan

Kelebihan dan kekurangan sebuah aplikasi investasi atau sekuritas adalah hal penting yang perlu Anda tahu untuk membantu menentukan keputusan Anda. Berikut kelebihan dan kekurangan Ajaib:

KelebihanKekurangan
Menyediakan aset lengkap mulai dari Saham, ETF, Obligasi, Reksa Dana dan KriptoKurang cocok untuk trader profesional yang membutuhkan alat tingkat tinggi
Khusus investor yang tertarik dengan Kripto, ada aplikasi sendiri yang memungkinkan fitur makin optimalTidak menyediakan akses ke saham perusahaan internasional seperti di pasar Amerika Serikat (AS)
Komisi broker terhitung murahAplikasi kerap mengalami masalah menurut review di iOS maupun Android
Ajaib adalah aplikasi investasi legal yang terdaftar di OJK, BEI dan BappebtiCustomer Service kurang tanggap
Untuk bisa memanfaatkan fitur margin trading membutuhkan jaminan aset Rp 200 juta

Opini para penggunanya

Ajaib khusus saham, ETF, obligasi dan reksadana mendapatkan peringkat 4.1 dari 5 di App Store. Penilaian ini dilakukan oleh 18.000 pengguna yang mengunduh.

Review Ajaib

Nilai tersebut cukup baik dibuktikan dengan opini para penggunanya yang mengatakan aplikasi cocok untuk investor pemula dan profesional. terutama karena banyak informasi yang disediakan di aplikasi.

Namun di sisi lain, banyak yang mengeluhkan aplikasi Ajaib kerap mengalami masalah seperti kode top up tidak bisa digunakan, verifikasi lama, hingga portofolio saham yang tiba-tiba menghilang.

Review Ajaib di Android

Nilai aplikasi Ajaib di Google Play Store juga tak berbeda jauh yakni 4.2 dari 5. Penilaian ini dilakukan oleh 127.000 pengguna dari sekitar 5 juta orang yang mengunduh aplikasi ini.

Sementara itu aplikasi Ajaib Kripto mendapatkan penilaian 4 dari 5 di App Store dan 4.1 dari 5 di Google Play Store. Khusus aplikasi ini berada di urutan ke 85 aplikasi keuangan terpopuler di App Store.

Review Ajaib: pendapat dan rekomendasi kami

Setelah melakukan ulasan di atas, lalu bagaimana pendapat dan rekomendasi kami?

Dari segi keamanan, Ajaib dan Ajaib Kripto telah terdaftar di badan regulasi Indonesia. Hal ini membuat perlindungan nasabah lebih terjamin. Namun demikian Anda tetap perlu waspada dengan risiko kerugian karena faktor-faktor tertentu seperti volatilitas pasar hingga scamming.

Dari segi fitur di aplikasi, Ajaib dan Ajaib Sekuritas memberikan tampilan yang mudah dipahami oleh investor. Alat analisa pun cukup lengkap. Namun Ajaib tidak menyediakan akses aplikasi atau situs untuk trading di PC sehingga untuk trader profesional cukup kesulitan melihat grafik.

Di sisi lain, aplikasi masih sering mengalami gangguan saat jam bursa ramai. Ini membuat Ajaib dan Ajaib Kripto lebih cocok untuk investor pemula atau investor jangka panjang. Serta cocok untuk investor dengan modal terbatas atau investor yang lebih suka dengan sistem menabung di aset investasi setiap bulannya.

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Apakah Aplikasi Ajaib termasuk sekuritas?

Aplikasi Ajaib berada di bawah PT Ajaib Teknologi Indonesia. Nah PT Ajaib Teknologi Indonesia memiliki afiliasi atau anak usaha PT Takjub Teknologi Indonesia dan PT Ajaib Sekuritas Asia. PT Ajaib Teknologi Indonesia bertugas mengembangkan aplikasi Ajaib, PT Takjub Teknologi Indonesia mengelola Reksa Dana, PT Kagum Teknologi Indonesia mengelola kripto dan PT Ajaib Sekuritas Asia yang terdaftar sebagai Anggota Bursa. Ini berarti di dalam aplikasi Ajaib ada layanan sekuritas yang bisa Anda akses.

Kapan saldo Ajaib bisa dicairkan?

Pencairan saldo di Ajaib bisa dilakukan kapan saja, namun maksimal pencairan bisa dilakukan dalam 7 hari kerja. Terutama penarikan dari instrumen Reksa Dana, biasanya membutuhkan waktu lebih lama ketimbang penarikan dari instrumen saham.

Berapa modal awal berinvestasi di Ajaib?

Saat ini Ajaib tidak menentukan modal awal berinvestasi. Sehingga Anda bisa menyesuaikan berapa saldo yang perlu diisi untuk bisa membeli instrumen investasi yang Anda inginkan. Sebagai investor pemula, Anda bisa mencoba mulai dari Rp 100.000.

Artikel Terkait