Review Nanovest: Platform, Biaya, dan Produk Keuangan

Nanovest adalah aplikasi investasi resmi Bappebti yang merupakan bagian dari Sinar Mas Group. Tentu, Anda sudah sangat familiar dengan latar belakang perusahaan Sinar Mas yang diketahui adalah perusahaan besar di Indonesia yang punya gurita bisnis di berbagai industri, mulai dari minyak goreng, keuangan, asuransi, hingga telekomunikasi.

Namun, hal yang menjadi pertanyaan di kalangan investor adalah apakah aplikasi Nanovest yang dikembangkan Sinar Mas Group sebesar reputasi nama besar perusahaan di belakangnya? Untuk mencari tahu jawabannya, Anda bisa simak review Nanovest berikut untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Nanovest bagi investor.

review Nanovest

Tentu, di akhir review ini kami akan memberikan kesimpulan tentang aplikasi investasi ini.

Apa Itu Nanovest?

Dengan mendengar perusahaan Sinar Mas yang mengembangkan aplikasi investasi Nanovest, tentu membuat investor di luar sana menaruh ekspektasi lebih terkait layanan investasi yang ditawarkan Nanovest. Aplikasi Nanovest sendiri dapat dikatakan sebagai aplikasi investasi yang masih tergolong baru karena baru diluncurkan pada tahun 2021 lalu.

Jika Anda meninjau layanan dan produk yang ditawarkan aplikasi Nanovest, layanan dan produk yang ditawarkan Nanovest mirip dengan aplikasi Pluang. Mengapa?

Hal ini dikarenakan kedua aplikasi investasi resmi Bappebti tersebut sama-sama menargetkan investor yang ingin berinvestasi di saham-saham populer di Amerika Serikat. Bahkan, pada aplikasi Nanovest Anda bukan hanya bisa berinvestasi di 20 saham perusahaan Amerika Serikat terbaik melainkan tersedia lebih dari 2.000 saham Amerika Serikat yang terdaftar di NASDAQ, BATS, dan NYSE.

Saham-saham Amerika Serikat tersebut bisa Anda beli dengan pecahan kecil di aplikasi Nanovest. Dengan keuntungan harga saham yang lebih terjangkau dan investor bisa membeli saham dalam jumlah yang lebih banyak. Ini adalah keuntungan jika Anda membeli saham dalam pecahan kecil.

Di awal peluncurannya, aplikasi Nanovest hanya menyediakan pilihan produk keuangan saham dan aset crypto, namun aplikasi investasi ini berkembang menjadi aplikasi investasi multi aset dengan menambah pilihan produk keuangan emas digital yang baru diluncurkan pada kuartal akhir tahun 2023 lalu.

Investor yang berinvestasi di Nanovest bisa memulai investasi pada saham, emas digital, dan cryptocurrency dengan modal investasi yang sangat kecil yaitu mulai dari Rp5.000.

Informasi Penting Tentang PT Tumbuh Bersama Nano (Nanovest)

review nanovest
  • 🇮🇩 Regulasi: Bappebti di Indonesia
  • 🔒 Keamanan: perlindungan SIPC $250.000 secara tunai dan $250.000 untuk surat berharga bagi setiap pengguna Nanovest
  • 💼 Aset keuangan: +300 aset crypto, +2000 saham AS, emas digital, staking
  • 💲 Biaya trading
    • Biaya jual/beli: 0,11% (beli) dan 0,1% (jual) untuk aset crypto, terdapat biaya broker + biaya regulator untuk saham Amerika Serikat
    • Biaya penarikan: Rp4.500/transaksi
  • 💰 Minimal investasi: Rp5.000
  • 📈 Platform:
    • Aplikasi Nanovest
  • 📧 Hubungi:
    • Live Chat 24/7: Tersedia
    • Hubungi melalui Pusat Bantuan Pelanggan
  • 🗣️ Layanan dalam bahasa Indonesia dan Inggris: Ya

Keamanan Dana di Aplikasi Nanovest

Sebagai perusahaan investasi yang telah memenuhi persyaratan legalitas dari Bappebti, Nanovest menawarkan keamanan dana bagi nasabah yang berinvestasi melalui platformnya.

Dana nasabah di Nanovest dalam bentuk saham maupun tunai akan disimpan di bank kustodian. Ketika Anda melakukan deposit di Nanovest, dana nasabah akan disimpan di Bank Sinarmas dan dilindungi asuransi Sinarmas. Sementara aset saham Amerika Serikat yang Anda beli di Nanovest akan disimpan di bank kustodian yang sudah memenuhi regulasi dari mitra broker AS (anggota SIPC).

Mitra broker AS dari Nanovest adalah anggota SIPC, yang akan menambah perlindungan nasabah hingga $250.000 secara tunai dan $250.000 untuk surat berharga.

Pilihan Instrumen Trading di Nanovest

Sebagai aplikasi multi aset, Nanovest menawarkan pilihan produk keuangan yang beragam yang bisa dipilih investor di platform mereka.

Cryptocurrency

Di Nanovest, investor maupun trader bisa berinvestasi di lebih dari 300+ aset crypto yang terdiri dari mata uang kripto utama seperti:

  • Bitcoin (BTC).
  • Ethereum (ETH).
  • Solana (SOL).
  • Cardano (ADA).
  • Dogecoin (DOGE).

Dengan pilihan aset crypto yang lebih dari 300 koin, Anda bukan hanya bisa berinvestasi di mata uang kripto utama melainkan juga bisa berinvestasi di mata uang kripto eksotis lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menghasilkan cuan dari cryptocurrency dengan cara staking dengan mendapatkan bunga dari koin Anda.

Saham Amerika Serikat

Produk keuangan lain yang disediakan di aplikasi Nanovest adalah saham-saham perusahaan Amerika Serikat. Anda bisa berinvestasi di lebih dari 2.000 saham Amerika Serikat dan ETF yang terdiri dari pilihan saham-saham berkapitalisasi besar di dunia seperti:

  • Google.
  • Microsoft.
  • Amazon.
  • Apple.
  • Tesla.

Emas Digital

Selain aset crypto dan saham-saham Amerika Serikat, investor juga bisa berinvestasi emas digital melalui aplikasi Nanovest. Emas digital adalah investasi yang aman dan likuid. Untuk melindungi nasabah, Nanovest telah menjalin kerjasama dengan treasury.id (sebuah platform penyimpanan aset komoditas berlisensi Bappebti).

Biaya Transaksi di Aplikasi Nanovest

Saham Amerika Serikat

Rincian BiayaPenjelasan
Biaya regulator Biaya SEC (total nilai transaksi x $5,10 / 1.000.000), TAF ($0,000119 per saham untuk setiap penjualan surat berharga dan maksimal $5,90 per perdagangan
Biaya broker$0,01 x jumlah saham
Biaya top up dan penarikanBiaya top up gratis (e-wallet, virtual account, giftcards), biaya penarikan Rp4.500/transaksi dan gratis jika penarikan dilakukan ke Bank Sinarmas
Minimal investasiMulai dari Rp5.000

Aset Crypto

Rincian BiayaPenjelasan
Biaya penarikanRp4.500/transaksi dan gratis jika penarikan dilakukan ke Bank Sinarmas, minimal penarikan Rp15.000 – Rp50.000.000
Biaya trading 0,1% (Pph) untuk jual dan 0,11% (PPN) untuk beli.
Deposit rupiah Minimal deposit Rp5.000 via e-wallet dan virtual account Rp10.000
Deposit aset cryptoMinimal deposIt ETH (0,00000001 ETH), BTC (0,00000001 BTC), USDT BEP20 (0,01 USDT)
Biaya penarikan aset cryptoBiaya penarikan BTC (0,0005 BTC), ETH (0,0033 ETH), USDT (BEP20) (0,29 USDT)
Minimal penarikan aset cryptoBTC (0,001 BTC), ETH (0,0098 ETH), USDT (BEP20) (10 USDT)
Minimal investasiMulai dari Rp5.000

Emas Digital

Rincian BiayaPenjelasan
Biaya transaksi Gratis (jual/beli)
Biaya penarikan Biaya top up gratis (e-wallet, virtual account, giftcards), biaya penarikan Rp4.500/transaksi dan gratis jika penarikan dilakukan ke Bank Sinarmas
Minimal investasiMulai dari Rp5.000

Review Nanovest: Aplikasi Nanovest

Aplikasi Nanovest adalah aplikasi investasi yang menawarkan multi aset bagi pengguna. Investor bisa dengan mudah melakukan diversifikasi portofolio investasi dengan berinvestasi di beberapa aset investasi sekaligus (aset crypto, emas digital, dan saham Amerika Serikat).

Aplikasi Nanovest sendiri diketahui punya sejumlah fitur utama, salah satu fiturnya adalah Crypto Wallet dan Stock Limit Order.

Fitur Crypto Wallet adalah sebuah fitur dompet kripto yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer, deposit dan withdraw aset crypto di aplikasi Nanovest. Fitur ini sendiri baru tersedia untuk sejumlah crypto di antaranya adalah Bitcoin dan Ethereum. Sementara untuk Stock Limit Order, fitur ini adalah jenis order yang bisa pengguna gunakan saat ingin membeli atau menjual saham sesuai dengan keinginan investor.

Selain itu, aplikasi Nanovest juga menawarkan kemudahan bagi investor untuk menarik dana. Lantaran, aplikasi Nanovest menyediakan 3 rekening bank berbeda di wallet aplikasi Nanovest yang dapat Anda tambahkan dan ubah dengan mudah. Anda juga bisa menghasilkan cuan dari cryptocurreny yang dimiliki dengan cara staking lewat fitur locked staking dan flexible staking yang tersedia di aplikasi Nanovest.

review Nanovest

Di Google Play Store, aplikasi Nanovest mendapatkan review yang sangat baik dari penggunanya dengan mendapatkan rating 4,4 bintang dari 5 bintang dengan jumlah review mencapai lebih dari 27 ribu, serta sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna.

Fitur Nanovest

Di aplikasi Nanovest, pengguna bisa menggunakan beberapa fitur yang tersedia, antara lain:

Locked Staking

Investasi crypto saat ini bukan bisa dilakukan di pasar spot saja, melainkan Anda juga bisa mengurangi risiko volatilitas yang tinggi di pasar crypto dengan memarkir aset crypto Anda di locked staking. Apa itu locked staking?

Locked staking adalah sebuah fitur yang memungkinkan investor untuk mengunci aset crypto yang dimiliki secara onchain untuk jangka waktu tertentu. Sebagai imbalannya, Anda akan mendapatkan bunga hingga 7% per tahun nett.

Anda bisa memulai locked staking di aplikasi Nanovest dengan minimal investasi sebesar IDDR 1.000.000 (stable coin rupiah) dan tersedia pilihan jangka waktu yang bisa Anda pilih (30 hari, 90 hari, 180 hari) dengan maksimal bunga keuntungan yang bisa diperoleh mencapai 7% per tahun nett.

Flexible Staking

review nanovest
Sumber: Nanovest

Fitur lain yang ditawarkan aplikasi Nanovest bagi pengguna adalah fitur flexible staking. Hal yang membedakan antara locked staking dan flexibel staking adalah tingkat bunga dan fleksibilitas jangka waktu. Pada flexible staking, investor boleh menarik aset crypto kapan saja tanpa perlu menunggu hingga 30 hari, 90 hari, bahkan 180 hari atau tanpa locking period. Sementara untuk bunga keuntungannya akan cair setiap hari dan memiliki kekurangan tingkat bunga yang lebih kecil dibanding locked staking yakni hanya maksimal hingga 5% per tahun nett.

Free Transfer Aset Digital

Investasi crypto Anda di aplikasi Nanovest akan semakin mudah dengan hadirnya fitur free transfer aset digital. Pengguna Nanovest bisa menikmati fitur free transfer dengan menggunakan IDDR, dimana pengguna bisa menerima dan mengirimkan aset digital secara gratis ke sesama pengguna Nanovest ataupun ke akun lain. Dengan minimal transfer IDDR 5.000 dan maksimal IDDR 50.000.000.

Dukungan Pelanggan

Selain fitur-fitur yang sudah kami sebutkan sebelumnya, aplikasi Nanovest juga menawarkan fitur dukungan pelanggan yang responsif bagi pengguna. Anda bisa menghubungi Nanovest melalui layanan pelanggan berikut:

  • ✅ Kantor di Indonesia: Ya
  • ✅ Email: [email protected]
  • ✅ Live Chat 24/7:  Ya                       
  • ✅ Layanan dalam bahasa Indonesia dan Inggris: Ya
  • ✅ Customer Support: Ya 

PT Tumbuh Bersama Nano atau kita kenal dengan aplikasi investasi Nanovest adalah perusahaan investasi resmi Bappebti yang memiliki kantor pusat di Gedung Mayapada Tower 1 Lantai 20, Jakarta Selatan. Pengguna bisa menghubungi Nanovest melalui layanan pelanggan di alamat email yang tertera di atas dan juga bisa menghubungi Nanovest lewat fitur live chat 24/7 yang tersedia di aplikasi Nanovest. Semua informasi perihal layanan dan produk yang ditawarkan Nanovest bisa Anda lihat selengkapnya di laman FAQ perusahaan.

Cara Daftar Akun di Aplikasi Nanovest

Bagi Anda yang tertarik dengan pilihan produk keuangan dan fitur yang tersedia di aplikasi Nanovest. Anda bisa melakukan pendaftaran akun di aplikasi Nanovest dengan mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Unduh aplikasi Nanovest yang tersedia di Google Play Store dan App Store.
  • Setelah berhasil mengunduh aplikasi Nanovest, Anda bisa buka aplikasi tersebut.
  • klik tombol Mulai.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor HP aktif.
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui Whatsapp atau SMS.
  • Jika Anda punya kode refferal, Anda bisa memasukkannya. Namun, jika tidak ada Anda bisa melewatinya.
  • Akun Anda berhasil dibuat.
  • Langkah berikutnya, Anda perlu memasukkan PIN baru dan konfirmasi kembali PIN baru tersebut.
  • Buat username yang nanti akan Anda gunakan di aplikasi Nanovest.
  • Untuk bisa berinvestasi di aplikasi Nanovest, pengguna wajib melakukan proses KYC.
  • Proses KYC di aplikasi Nanovest hanya memakan waktu maksimal 5 menit.

Cara Deposit di Aplikasi Nanovest

Setelah Anda sudah menyelesaikan proses KYC, langkah selanjutnya adalah Anda perlu melakukan deposit ke akun Nanovest Anda, Anda bisa melakukan deposit dengan cara seperti berikut:

  • login ke akun Anda di aplikasi Nanovest.
  • Akses menu Wallet yang terdapat pada halaman beranda.
  • Klik Virtual Account di Metode Top Up.
  • Pilih nama bank, jika nama bank yang dipilih tidak tersedia. Anda bisa pilih All Other Banks dan Anda bisa ikuti instruksinya secara seksama.
  • Lakukan deposit melalui bank yang Anda pilih.
  • Jika proses deposit Anda berhasil, saldo di akun Nanovest Anda akan bertambah.

Aplikasi Nanovest sendiri menyediakan beberapa metode deposit yang bisa pengguna pilih, yaitu via virtual account, jaringan kripto, e-wallet, dan gift card. Anda tidak akan dibebankan biaya deposit di aplikasi Nanovest jika menggunakan metode deposit via virtual account, e-wallet, dan gift card. Sementara untuk metode deposit via jaringan kripto, pengguna akan dibebankan biaya layanan penyedia jaringan.

Cara Withdraw di Aplikasi Nanovest

Untuk menarik keuntungan investasi Anda dari saldo wallet di aplikasi Nanovest ke rekening bank, Anda bisa menarik dana tersebut dengan mudah. Berikut adalah caranya:

  • login ke akun Anda di aplikasi Nanovest.
  • pilih menu Wallet yang berada di halaman beranda.
  • Klik Tarik Uang.
  • Pilih Metode Penarikan yang tersedia (akun bank, jaringan kripto, dll).
  • Jika Anda pilih akun bank, kemudian Anda bisa pilih rekening bank.
  • Masukkan jumlah nominal uang yang ingin ditarik.
  • Cek kembali informasi penarikan dan klik Konfirmasi.
  • Terakhir, Anda akan diminta memasukkan PIN untuk mengonfirmasi penarikan dana di aplikasi Nanovest.

Proses withdraw di aplikasi Nanovest biasanya membutuhkan waktu 1 hari kerja dengan jumlah minimal penarikan sebesar Rp15.000.

Kelebihan Nanovest

Diawasi Bappebti

review nanovest
Sumber: Bappebti

Selain menyandang nama besar perusahaan Sinar Mas Group di belakangnya, aplikasi Nanovest sendiri sudah dinyatakan resmi dan legal untuk beroperasi secara resmi di Indonesia. Karena perusahaan ini sudah mengantongi izin operasional dari Bappebti sejak tahun 2022 dengan nomor izin 007/BAPPEBTI/CP-AK/03/2022. Aplikasi Nanovest juga sudah tersertifikasi ISO oleh CBQA Global dan memberikan perlindungan kepada pengguna dengan asuransi Sinarmas.

Multi Aset

ulasan Nanovest
Sumber: Nanovest

Kelebihan lain yang ditawarkan Nanovest bagi investor adalah kemudahan dalam hal diversifikasi portofolio investasi dengan menawarkan pilihan aset investasi yang beragam seperti cryptocurrency, saham Amerika Serikat, dan emas digital. Pengguna Nanovest bisa berinvestasi di 3 aset investasi sekaligus dalam satu aplikasi.

Untuk pilihan saham Amerika Serikat di Nanovest terdiri dari lebih dari 2.000 saham Amerika Serikat yang listing di indeks saham populer seperti NASDAQ, NYSE, dll.

Minimal Investasi

Minimal investasi di aplikasi Nanovest tergolong sangat rendah, karena investor bisa berinvestasi di cryptocurrency, saham Amerika Serikat, dan emas digital mulai dari Rp5.000.

Menyediakan Fitur untuk Trading

Untuk memudahkan pengguna untuk berinvestasi dan trading, aplikasi Nanovest menyediakan grafik market real time, weekly update saham dan kripto, stock limit order, data fundamental, dan alert harga. Namun, fitur yang tersedia di aplikasi Nanovest tidak selengkap Tokocrypto.

Kekurangan Nanovest

Spread Lebar

Salah satu kekurangan aplikasi Nanovest di mata trader adalah selisih spread jual/beli aset crypto yang tergolong besar. Sehingga, hal ini mungkin tidak cocok bagi trader dan bisa mengurangi likuiditas dari mata uang kripto tertentu.

Tidak Menyediakan Platform Trading dari Pihak Ketiga

Kekurangan lain yang kami lihat dari aplikasi Nanovest adalah tidak menggunakan platform trading standar industri yang biasanya umum digunakan trader di luar sana seperti MT4 atau MT5. Namun, Nanovest hanya menyediakan aplikasi yang mereka kembangkan sendiri. Hal ini tentu memiliki kekurangan karena cukup menyulitkan pengguna yang ingin menganalisis pergerakan harga aset crypto dan saham.

Apakah Aman Berinvestasi di Nanovest? Ini Pendapat Kami

Secara regulasi dan legalitas, aplikasi Nanovest adalah aplikasi investasi yang resmi dan legal di Indonesia. Sehingga, Anda sebagai investor tidak perlu khawatir saat melakukan transaksi di aplikasi Nanovest. Lantaran, aplikasi Nanovest sendiri memberikan perlindungan bagi setiap pengguna dengan asuransi Sinarmas. Selain itu, mitra broker saham AS dari Nanovest juga merupakan anggota SIPC yang memberikan perlindungan tambahan secara tunai sebesar $250.000 dan $250.000 untuk surat berharga.

Soal reputasi, aplikasi Nanovest sendiri diback-up dengan nama besar perusahaan Sinar Mas yang merupakan perusahaan kakap di Indonesia yang punya gurita bisnis yang meliputi bisnis minyak goreng hingga telekomunikasi. Selain itu, aplikasi Nanovest juga bisa diandalkan oleh pengguna karena menyediakan berbagai fitur seperti flexible staking, locked staking, free transfer, dll yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan cuan Anda selama trading dan investasi di Nanovest.

Kesimpulan Kelebihan dan Kekurangan Nanovest

Untuk memudahkan Anda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Nanovest, kami sudah merangkum kelebihan dan kekurangan Nanovest sebagai aplikasi investasi multi aset di tabel berikut.

KelebihanKekurangan
✅ Diawasi Bappebti❌ Tidak menyediakan platform trading dari pihak ketiga
✅ Dukungan pelanggan 24/7❌ Selisih spread yang cukup besar
✅ Menyediakan fitur staking dan free transfer untuk aset crypto❌ Mungkin tidak cocok bagi trader
✅ Aplikasi investasi yang menawarkan multi aset
✅ Minimal investasi rendah

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Apakah Aplikasi Nanovest Resmi di Indonesia?

Aplikasi Nanovest adalah platform investasi yang aman dan resmi di Indonesia dan telah mendapatkan izin operasional dari Bappebti sejak tahun 2022.

Berapa minimal investasi di Nanovest?

Anda bisa berinvestasi di cryptocurrency, saham Amerika Serikat, dan emas digital mulai dari Rp5.000.

Apa Platform Trading yang Digunakan di Nanovest?

Nanovest hanya menyediakan aplikasi Nanovest untuk trading dan investasi

Artikel Terkait