ETF Dividen Terbaik: Investasi Cerdas untuk Keuntungan Maksimal

ETF dividen terbaik, seperti namanya, adalah jenis investasi yang fokus pada saham yang memberikan dividen kepada pemegangnya. Ada beberapa kriteria yang digunakan untuk memilih perusahaan yang akan dimasukkan ke dalam ETF ini.

Beberapa filter ini adalah:

  • Keuntungan dari dividen yang diberikan
  • Frekuensi pembagian dividen
  • Konsistensi dalam pembagian dividen sepanjang tahun
  • Pertumbuhan dividen dari waktu ke waktu
  • Keberlanjutan pembagian dividen

Seperti halnya reksa dana atau ETF lainnya, ETF dengan dividen terbaik juga memiliki berbagai strategi, pembobotan, dan paparan yang berbeda:

  • Pembobotan berdasarkan kapitalisasi pasar
  • Eksposur terhadap wilayah dan negara tertentu, seperti AS, Eropa, atau negara-negara berkembang
  • Fokus pada saham-saham aristokrat dividen.
  • Fokus pada saham-saham dengan pengembalian dividen tertinggi (high dividend yield)
  • Fokus pada saham-saham dengan pertumbuhan dividen yang konsisten

Melalui ETF, investor dapat mengakses berbagai produk investasi dengan biaya yang lebih rendah. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa melihat artikel mengenai “Bagaimana Cara Memilih ETF untuk Mengoptimalkan Investasi?

ETF Dividen
Sumber: Kenyan Wall Street

Kategori Perusahaan Berdasarkan Dividen

  • Raja Dividen (Dividend Kings): Perusahaan dengan lebih dari 50 tahun berturut-turut meningkatkan pembayaran dividen tahunan.
  • Aristokrat Dividen (Dividend Aristocrats): Perusahaan S&P500 yang telah meningkatkan dividen mereka selama lebih dari 25 tahun berturut-turut.
  • Champion Dividen (Dividend Champions): Serupa dengan Aristokrat, tetapi juga mencakup perusahaan di luar S&P500.
  • Pemenang Dividen (Dividend Achievers): Terdiri dari perusahaan NASDAQ dan/atau NYSE dengan lebih dari 10 tahun dividen yang meningkat secara berturut-turut.
  • Kompetitor Dividen (Dividend Contenders): Mereka adalah perusahaan yang telah berhasil memberikan dividen yang meningkat setiap tahun selama setidaknya 10 tahun, tetapi belum mencapai 25 tahun.
  • Saham Dividen Tinggi: Ini mengacu pada saham-saham yang biasanya menawarkan pembayaran dividen lebih tinggi daripada rata-rata pasar atau lebih tinggi dari indeks SP500. Terdapat beberapa indeks yang mengikuti jenis saham ini, dan selain memilih saham-saham dengan dividen tinggi, setiap indeks menggunakan berbagai filter fundamental.
  • Dogs of the Dow: Perusahaan dengan dividen tertinggi dalam indeks DowJones.
  • Saham dengan Dividen Meningkat (Dividend Growers): Ini merujuk pada perusahaan-perusahaan yang secara konsisten meningkatkan pembayaran dividen mereka setiap tahun selama beberapa tahun terakhir. Terdapat juga indeks-indeks yang mengadopsi pendekatan ini dengan menggunakan berbagai filter fundamental dan rentang waktu.

👉 Informasi lebih lanjut: 10 Saham IHSG dengan Proyeksi Dividen Tertinggi

Daftar ETF Dividen Terbaik

Mari kita lihat berikut ini, daftar ETF yang berfokus pada pengembalian dividen yang telah melakukan dengan baik dalam 3 tahun terakhir.

Reksa Dana Indeks Premier ETF IDX High Dividend 20

Return YTD: -3,67%

Return 3 tahun: +48,06%

Simbol: XIHD

Premier ETF IDX High Dividend 20 bertujuan untuk menyamai kinerja Indeks IDX High Dividend 20 dalam memberikan hasil investasi.

Kebijakan Investasinya

  • Setidaknya 80% dari Nilai Aktiva Bersih dalam saham yang tergabung dalam Indeks IDX High Dividend 20;
  • Tidak lebih dari 20% dari Nilai Aktiva Bersih dalam instrumen pasar uang domestik yang memiliki jatuh tempo maksimal 1 tahun dan/atau deposito.

Berikut adalah posisi utamanya:

ETF Dividen dari Indo Premier
Sumber: Bareksa

Dan ini adalah rincian sektoral dari portofolionya:

Sumber: Bareksa

Reksa Dana Kresna Indeks 45

Return YTD: -5,54%%

Return 3 tahun: +9,26%

Simbol: KGKI45

Reksa Dana Kresna Indeks 45 bertujuan untuk menghasilkan keuntungan investasi sejalan dengan kinerja Indeks LQ-45. Adapun kebijakan investasinya adalah:

  • Setidaknya 80% hingga maksimal 100% dari Nilai Aktiva Bersih dalam saham-saham yang tergabung dalam Indeks LQ-45.
  • Antara 0% hingga maksimal 20% dari Nilai Aktiva Bersih dalam instrumen pasar uang, Efek pendapatan tetap, saham-saham lain, dan derivatif seperti rights, warrant, futures, kontrak opsi, serta produk derivatif lain di Bursa Efek.

Komposisi portofolio

ETF dividen dari Kresna
Sumber: Bareksa

Alokasi aset berdasarkan sektor

Sumber: Bareksa

BNI AM IDX High Dividend 20 Kelas R1

Return YTD: -3,32%

Return 3 tahun: –

Simbol: NI002IFC01BIHD01

Tujuan dari investasi dalam BNI-AM IDX High Dividend 20 Kelas R1adalah untuk mencapai pertumbuhan nilai investasi sejalan dengan kinerja Indeks IDX HIGH DIVIDEND 20.

Portofolio akan terdiri dari minimal 80% hingga maksimal 100% dari total nilai aset dalam saham. Sementara itu, alokasi dalam instrumen pasar uang akan berkisar dari minimal 0% hingga maksimal 20% dari total nilai aset.

Berikut adalah posisi utamanya:

Sumber: BNI-AM

Reksa Dana Syariah Allianz High Dividend Global Sharia Equity Dollar

Return YTD: -16,05%

Return 3 tahun: –

Simbol: DR002GFSHDGSED00

Allianz High Dividend Global Sharia Equity Dollar Fund menawarkan diversifikasi investasi dalam dividen dan mengurangi risiko jangka panjang, tanpa terpengaruh oleh kondisi ekonomi atau pasar. Penerapan prinsip syariah tanpa mengubah cara alokasi investasi.

Kebijakan Investasi:

  • Setidaknya 80% hingga maksimum 100% dari Nilai Aktiva Bersih dalam Efek Syariah ekuitas, baik domestik maupun internasional, yang terdaftar dalam Daftar Efek Syariah.
  • Setidaknya 0% hingga maksimum 20% dari Nilai Aktiva Bersih dalam instrumen pasar uang Syariah domestik dengan jangka waktu kurang dari 1 tahun, dan/atau deposito Syariah.

Berikut adalah posisi utamanya:

Isi portofolio Reksa Dana Syariah Allianz
Sumber: Bareksa

Berikut adalah alokasi sektornya:

Sumber: Bareksa

Pinnacle Core High Dividend ETF

  • Return YTD: -0,57%
  • Return 3 tahun: +34,68%
  • Simbol: MK002IFC21EI2020

Tujuan dari Pinnacle Core High Dividend ETF adalah untuk memberikan pertumbuhan investasi yang optimal melalui saham-saham dari perusahaan berkualitas tinggi dengan dividen yang tinggi dan stabil. Investasi ini tersedia melalui Penawaran Umum atau Anda dapat membelinya di Bursa Efek Indonesia.

Kebijakan investasi dari ETF ini adalah sebagai berikut:

  • Setidaknya 80% hingga maksimum 100% investasi pada saham-saham perusahaan.
  • Antara 0% hingga maksimum 20% pada instrumen pasar uang.

Berikut ini komposisi portfolionya:

Komposisi portofolio
Sumber: Bareksa

Alokasi sektornya adalah sebagai berikut:

ETF Dividen dari Pinnacle
Sumber: Bareksa

👉 Dan baiklah, karena kita telah membahas tentang ETF yang membagikan dividen setiap bulan, kami akan meninggalkan Anda dengan artikel berikutnya yang membahas tentang dividen: Raja Dividen: Saham dengan Dividen yang Terus Meningkat Selama Lebih Dari 50 Tahun.

FAQs – Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagaimana ETF membayar dividen?

ETF mendapatkan dividen dari perusahaan-perusahaan dalam portofolio mereka yang membayar dividen. Bergantung pada apakah mereka akumulasi atau distribusi, ETF akan menginvestasikan kembali dividen tersebut atau membagikannya kepada para investor yang memiliki unit ETF. Berdasarkan struktur hukumnya, mereka dapat membagikan dividen secara segera atau secara berkala, misalnya setiap tiga bulan, sambil mempertahankan uang tunai atau menginvestasikannya dalam instrumen Renta Fija berkualitas tertinggi.
Frekuensi pembagian dividen akan bervariasi tergantung pada ETF, dan bisa dilakukan bulanan, triwulanan, semesteran, atau tahunan.

Apa ETF dividen terbaik?

Dalam tulisan ini, kami membicarakan Reksa Dana Indeks Premier ETF IDX High Dividend 20 karena memiliki kinerja terbaik dalam pengembalian selama 3 tahun terakhir, tetapi kita juga dapat memilih berbagai kriteria untuk menemukan ETF dengan dividen terbaik.

Apa saja ETF yang membayar dividen?

Orang-orang yang menyebut Distribusi atau Dist adalah yang membagikan pendapatan dividen. Sementara yang menyebut Akumulasi atau Acc atau Kapitalisasi adalah ETF yang secara otomatis menginvestasikan kembali pendapatan dividen.

Artikel Terkait