Tips Memilih Dana Investasi yang Menguntungkan untuk Investor Pemula

Setelah Anda memahami apa itu dana investasi, kini saatnya Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam dana investasi. Namun, sering kali Anda mungkin merasa bingung tentang bagaimana memilih dana investasi terbaik yang sesuai dengan tujuan. Proses pemilihan ini bisa sulit karena pasar menawarkan banyak pilihan dana investasi. Dalam tulisan ini, kami akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik.

Setelah Anda memutuskan untuk mengalokasikan sebagian dari tabungan ke dana investasi, langkah pertama yang harus Anda ambil adalah memilih produk investasinya. Untuk membuat keputusan yang tepat, Anda perlu menyadari tingkat ketidaknyamanan terhadap risiko, mempertimbangkan jangka waktu investasi, dan cara Anda melaksanakannya.

Jika Anda berinvestasi untuk jangka waktu 20 tahun, Anda dapat mengambil risiko lebih besar. Akan tetapi, jika Anda ingin berinvestasi selama 5 tahun untuk dana pendidikan anak Anda, pilihlah yang risikonya lebih kecil.

Memilih Dana Investasi
Sumber: Akseleran

Untuk memperoleh gambaran tentang keuntungan, Anda bisa gunakan data historis tentang keuntungan jangka panjang dari berbagai aset dan penilaian.

Dengan tujuan untuk lebih memahami profil Anda sebagai investor, banyak lembaga memiliki kuesioner yang memungkinkan mereka mengklasifikasikan klien mereka berdasarkan variabel ini. Kami yakin bahwa mengisi salah satu kuesioner ini dapat sangat membantu Anda sehingga lembaga tersebut dapat lebih memahami profil risiko Anda sebagai investor. Dan sangat penting, saat Anda mengisi formulir, coba untuk jujur pada diri sendiri dan pertimbangkan apakah Anda terpengaruh oleh euforia atau depresi dari momen pribadi tertentu atau oleh situasi pasar sebelum menjawab.

Anda dapat mengevaluasi kualitas produk dana investasi, keuntungan, dan biaya dengan mengunjungi beberapa situs web atau media khusus lainnya. Penting juga untuk mengetahui pendapat dari pengguna lain, dan di sini Rankia menawarkan semua potensinya baik melalui forum dana, blog, dan webinar.

Bagaimana Memilih Dana Investasi?

Sebelum memutuskan dana investasi yang akan dibeli, sebaiknya Anda mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

Baca Kebijakan Dana Investasi

Anda perlu mengetahui jenis aset yang diinvestasikan (baik nasional, internasional, atau di pasar berkembang, serta apakah perusahaan kecil atau besar, dan sektor mana yang diincar) serta instrumen yang digunakan untuk melaksanakan investasi. Perlu diingat bahwa jika dana menggunakan derivatif, risikonya akan lebih tinggi.

Lebih baik jika produk dana investasi memiliki tujuan keuntungan yang jelas untuk dicapai, seperti mengalahkan suatu indeks acuan seperti IHSG atau kombinasi dari beberapa indeks. Anda dapat menemukan semua informasi ini dalam brosur dana investasi dan juga di situs webnya.

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan apa pun jika Anda merasa tidak memahami sesuatu tentang kebijakan investasi. Selain itu, Anda sebaiknya tetap mengikuti perkembangan informasi dengan membaca laporan triwulanan dan lembaran informatif yang biasanya diterbitkan setiap bulan.

Pastikan untuk memeriksa portofolio nyata dari dana investasi bersama dengan kebijakan investasi dan memahami dengan baik produk yang membentuknya.

Periksa Riwayat Dana Investasi

Mengkaji catatan dana investasi setidaknya dalam lima tahun terakhir dan membandingkannya dengan kinerja pasar merupakan hal penting.

Setelah setiap penurunan, perhatikan kapan pasar pulih ke tingkat tertinggi sebelumnya. Selisih kinerja dana investasi antara periode penurunan dan pemulihan puncak terakhir menjadi perhatian utama. Jika nilai likuidasi dana investasi melebihi tingkat tertinggi sebelumnya, ini menunjukkan kinerja yang lebih baik daripada pasar secara keseluruhan, menandakan manajemen yang efektif dan pencapaian yang baik. Hal ini tentu memberikan keuntungan tambahan untuk Anda. Meskipun terdengar sederhana, aturan ini sangat efektif.

Kami lebih memilih menggunakan rasio alpha dan drawdown maksimum untuk mengevaluasi kinerja manajemen dana investasi. Saya juga membandingkannya dengan rasio serupa dari dana investasi dalam kategori yang sama.

Periksa Peringkat Keuntungan Dana Investasi

Dapatkan informasi tentang posisi dana investasi Anda dalam peringkat keuntungan dari kategori yang sama baik dalam 1 tahun terakhir maupun dalam 3 atau 5 tahun terakhir. Pilihlah selalu dana yang berada dalam kuartil pertama dalam ketiga kasus tersebut, artinya di antara 25% terbaik, dan masih dikelola oleh orang yang sama. Meskipun seseorang bisa beruntung dalam satu tahun, namun tampaknya lebih sulit untuk mempertahankan keberuntungan dalam tiga atau lima tahun berturut-turut. Pertanyaan yang paling penting adalah apakah dana tersebut berhasil mengalahkan indeks acuan atau benchmark-nya.

Kinerja produk reksa dana pendapatan tetap
Sumber: Bareksa

Tinjau Biaya Manajemen

Pilihlah sebuah dana investasi di mana biaya manajemen terkait dengan keuntungan. Ini disebut biaya sukses dan bisa datang dari mendapatkan keuntungan absolut tertentu atau mendapatkan keuntungan lebih besar dari indeks acuan.

Cobalah untuk mencari tahu apakah manajer mengalirkan investasi pribadinya melalui dana tersebut (“skin in the game“). Ketika seseorang berinvestasi selain dari pekerjaannya, kekayaannya sendiri, tampaknya masuk akal untuk berpikir bahwa dia akan lebih peduli untuk membuat keputusan yang tepat.

Meskipun biaya manajemen telah menurun dalam beberapa tahun terakhir (biasanya berkisar sekitar 1,66% untuk saham dan 0,84% untuk moneter) masih terlalu tinggi untuk keuntungan yang diperoleh. Ketahui total biaya atau biaya berjalan (dikenal dengan istilah TER) yang ditanggung oleh dana investasi. Jangan sampai Anda terlalu banyak memutar roda dan menghabiskan hari Anda membeli atau menjual dan membuat biaya untuk broker Anda.

Bagaimana Dengan Dana Investasi Indeks?

Jika Anda meragukan kemampuan tim manajemen untuk secara konsisten mengungguli indeks referensi, lebih baik memilih dana indeks yang mengikuti pasar yang diyakini akan naik dalam beberapa tahun mendatang. Pastikan untuk tidak membayar biaya manajemen yang tinggi (kurang dari 1%), karena pada dasarnya manajer hanya melakukan replikasi dari komposisi indeks referensi.

Reksa dana indeks
Sumber: Bibit

Sejarah telah menunjukkan bahwa keuntungan memiliki korelasi dengan beberapa faktor seperti demografi, teknologi, sumber daya alam, dan tata kelola yang baik.

Data pada abad ini menegaskan peran kunci Amerika Serikat dalam teknologi serta kekuatan dari negara-negara di Asia.

Investigasi Tim Manajemen Dana Investasi

Pastikan bahwa manajer investasi memiliki keahlian profesional yang solid. Mereka merupakan aset terbesar dalam pengelolaan dana. Kinerja mereka menentukan apakah dana yang dikelola akan menghasilkan keuntungan yang signifikan atau tidak sama sekali. Jika Anda ingin mengetahui peringkat baik dana investasi terbaik maupun manajer investasi terbaik, Anda dapat merujuk ke website yang menyajikan perbandingan kinerja para manajer investasi.

Sebuah fakta yang menarik dari industri dana investasi adalah bahwa penjual sering kali mendapatkan kompensasi yang lebih tinggi daripada para manajer investasi.

Cobalah Untuk Memiliki Hubungan Aktif Dengan Manajer

Pahami latar belakang dan rekam jejak manajer investasi, baca beberapa artikel yang mengulasnya, dan ikuti beberapa konferensi yang dihadirinya. Apakah Anda merasa yakin dengan kinerjanya? Anda juga perlu memahami alasan di balik keputusannya untuk membeli dan menjual saham dari beberapa perusahaan tertentu? Apakah Anda mengerti strategi manajemennya? Apakah manajer ini telah mendapatkan penghargaan atas kinerjanya?

Perlu dicatat bahwa banyak manajer aktif di Twitter; mengikuti mereka di platform ini juga bisa menjadi alternatif yang baik untuk terus memperoleh informasi tentang kegiatan manajerial mereka sehari-hari.

Dengan memahami manajer dan pendekatan kerjanya, Anda akan merasa lebih yakin, lebih percaya terhadap pengelolaan investasi mereka, dan bahkan dapat melihat fluktuasi pasar sebagai peluang untuk membeli lebih banyak saham.

Apakah manajer memiliki seorang profesional keuangan yang berkualitas untuk memberikan jawaban atas segala pertanyaan dalam konteks investasi ini? Apakah mereka menggunakan simulator keuangan?

Untuk Memulai, Investasikan Dalam Rupiah

Anda sebaiknya menahan sebagian besar dana Anda dalam Rupiah, kecuali Anda atau manajer investasi Anda memiliki kemampuan yang baik untuk meramal pergerakan mata uang, yang memang sulit dilakukan. Pengecualian terhadap aturan ini hanya berlaku jika Anda memiliki hutang dalam mata uang yang sama dengan investasi Anda karena alasan tertentu. Jika portofolio Anda mencakup saham dari berbagai negara, penjualan yang dilakukan di berbagai wilayah dapat berfungsi sebagai bentuk proteksi nilai investasi Anda.

Investasi Di Dana Campuran atau Dana Yang Dijamin?

Jika Anda berinvestasi dalam dana campuran ekuitas dan obligasi, pastikan manajemen likuiditas dan obligasi dilakukan secara aktif.

Hindari menginvestasikan uang dalam dana investasi yang menawarkan jaminan. Dana yang menawarkan jaminan dari saham biasanya menjamin pengembalian 100% dari modal yang diinvestasikan serta sebagian dari kenaikan indeks saham. Lebih baik memilih untuk berinvestasi dalam obligasi yang akan mengembalikan kepada investor 100% dari modal yang diinvestasikan saat jatuh tempo, atau dalam opsi bahkan futures untuk ikut serta dalam pergerakan pasar saham.

Contoh Perhitungan

Misalkan kita ingin membentuk dana yang dijamin selama empat tahun, dengan tingkat bunga untuk jangka waktu tersebut adalah 4% dan total biaya dana (biaya manajemen dan deposit, tarif) mencapai 1,5% per tahun dari total asetnya (6% selama masa hidup dana). Untuk menjamin modal akhir, kita menghitung nilai sekarang dari 100 unit moneter selama empat tahun dikapitalisasi dengan 4%.

Sebagai contoh, Anda ingin membeli dana investasi yang menawarkan jaminan selama empat tahun dengan tingkat bunga 4% dan biaya total dana sebesar 1,5% per tahun dari total asetnya (6% sepanjang hidup dana). Untuk menjamin modal akhir, berikut ini adalah perhitungan nilai sekarang dari 100 unit mata uang selama empat tahun dengan tingkat bunga 4%.

VAN = 100/(1,04)^4 = 85,48.

Dengan menginvestasikan 85,48 unit mata uang, kita akan mendapatkan jaminan 100 unit mata uang untuk modal yang dijanjikan, dan sisanya, yaitu 14,52 dapat digunakan untuk membeli derivatif (opsi atau futures) untuk mendapatkan keuntungan tambahan.

Namun, dari 14,52 tersebut, kita harus memotong 6 untuk biaya dana, sehingga yang kita investasikan dalam membeli opsi adalah 8,52.

Apa keuntungan yang paling mungkin Anda dapatkan dari opsi yang dibeli? Keuntungan paling mungkin adalah 8,52% dari total selama empat tahun, atau 2,13% per tahun, karena jika opsi memberikan lebih dari itu dengan pasti, pihak bank yang menjual opsi kepada Anda akan meminta pembayaran yang lebih besar.

Jadi, kemungkinan terbesar ketika Anda membeli dana investasi yang menawarkan jaminan adalah bahwa total keuntungan dalam skenario terbaik tidak akan melebihi keuntungan dari obligasi dalam jangka waktu yang sama setelah dikurangi komisi yang dikenakan oleh dana.

Dana Investasi Sektoral: Ya Atau Tidak?

Hindari mengalokasikan sebagian besar dari aset Anda dalam dana investasi sektoral, kecuali Anda memiliki pemahaman yang mendalam tentang sektor tersebut yang melebihi pengetahuan umum pasar, atau jika itu merupakan tren besar yang tidak terbantahkan. Dalam jangka pendek, volatilitas dan risiko akan meningkat secara signifikan kecuali Anda mampu secara konsisten memilih sektor yang akan terus mengalami kinerja yang positif.

Berinvestasi di Negara-Negara Berkembang

Berikan alokasi yang moderat pada investasi dalam dana yang berasal dari negara-negara berkembang. Meskipun mungkin dalam jangka pendek Anda akan menghadapi fluktuasi yang lebih besar, pertimbangkan untuk menyusun portofolio dana investasi dengan memperhitungkan proporsi dari masing-masing pasar saham.

Investasikan Pada Masa Depan

Antisipasi masa depan dan perhatikan apa yang digunakan oleh generasi penerus Anda, bagaimana mereka menjalani kehidupan, cara mereka mengatur diri, alokasi dana pemerintah, serta kebijakan yang mereka dukung. Singkatnya, amati arah perubahan masa depan dan faktor-faktor apa yang meningkatkan kenyamanan dan kemudahan hidup Anda.

Dana investasi yang bertumbuh
Sumber: TrenAsia

Hati-Hati Dengan Iklan Dana Investasi

Jangan terlalu terpaku pada promosi dari tim pemasaran manajer investasi, karena mereka hanya menciptakan produk yang merupakan gabungan dari produk lain yang sudah ada. Hampir semua konsep sudah ditemukan sebelumnya.

Studi Korelasi Antara Dana Investasi

Apabila Anda memilih beberapa dana investasi, penting untuk memperhatikan korelasi di antara mereka ketika membentuk portofolio. Meskipun dana-dana tersebut mungkin memiliki perusahaan yang berbeda di dalam portofolionya, ada kemungkinan bahwa mereka berasal dari sektor yang sama atau memiliki perilaku yang seiringan sehingga tidak memberikan diversifikasi yang optimal.

Jika Perlu, Cari Seorang Profesional

Jika Anda merasa perlu, itu bisa sangat bermanfaat untuk mendapatkan bimbingan dari seorang profesional yang ahli dalam bidangnya, terutama jika Anda merasa bingung atau ragu tentang keputusan investasi Anda. Sebelum memutuskan, pastikan Anda mempertimbangkan dari mana pendapat profesional tersebut berasal dan apa yang membuatnya berkualifikasi untuk memberikan saran.

Perhatikan pula perbedaan biaya dan keuntungan antara berbagai perantara atau platform investasi tempat Anda membeli produk investasi Anda. Tinjau biaya-biaya tersembunyi dan pastikan bahwa mereka menawarkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda tanpa membebani Anda dengan biaya yang tidak perlu.

Jika setelah penelitian Anda tidak menemukan produk investasi yang secara konsisten mengalahkan kinerja indeks referensi dalam jangka waktu yang cukup lama, pertimbangkan untuk mengalokasikan dana Anda ke dalam indeks dana yang secara pasif melacak kinerja indeks tersebut.

Investasikan Secara Sistematis

Investasikan secara teratur setiap 3 bulan dengan rencana tabungan dan investasi yang telah Anda susun. Hindari terpengaruh oleh media massa yang mungkin mendorong Anda untuk menjual saat pasar saham sedang turun dan membeli saat harga sedang tinggi.

Berikut ini kami kumpulkan konsep kunci saat memilih dana investasi:

Konsep KunciTindakan yang harus diambil
Pahami・Kenali profil risiko
・Produk apa yang cocok dengan profil saya?
・Baca kebijakan dari dana investasi
・Pelajari metode analisis
・Ada kehidupan di luar bank
Membandingkan・Cari di antara berbagai dana
・Bandingkan dana dengan indeksnya
・Perhatikan komisi dari pemasar
・Manajer Bank Tradisional versus Bank Independen
Menganalisis・Jejak manajer investasi
・Hasil/kinerja dana investasi
・Strategi investasi yang diterapkan
・Apakah sesuai dengan kebutuhan saya?
・Bagaimana perilaku mereka di saat-saat paling sulit
・Apakah saya bersedia menanggung kerugian maksimal mereka?
・Apakah saya percaya kepada mereka?
Investasi・Minimalkan biaya
・Jangan konsentrasikan semuanya dalam satu dana investasi saja
・Investasikan pada dana yang memiliki filosofi investasi dan pasar yang berbeda
・Jangan investasi sekaligus, lakukan kontribusi secara berkala
・Lakukan pergerakan seminimal mungkin
・Percayalah pada manajemen dan jangan menjual saat harga turun pertama kali

Jika Anda adalah seorang pemula, Anda bisa membaca artikel kami yang membahas tentang Reksa Dana untuk pemula.

FAQs – Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Apa yang dimaksud dengan Dana investor?

Dana investor merupakan uang yang ditanamkan oleh seseorang untuk meraih profit. Dana tersebut juga dapat membantu pemilik usaha yang memerlukan modal untuk mengembangkan bisnisnya.

Apakah uang yang diinvestasikan bisa diambil kembali?

Uang yang Anda investasikan bisa dicairkan kapan saja tanpa harus menunggu waktu tertentu. Proses penarikannya juga cukup mudah karena bisa dilakukan secara online. Selain itu, tidak ada denda yang dikenakan saat menarik uang.

Apa bedanya menabung dengan investasi?

Walaupun terlihat mirip, kedua hal tersebut sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Investasi adalah cara untuk meningkatkan nilai aset, sedangkan tabungan lebih berfokus pada menyimpan sebagian pendapatan.

Artikel Terkait