Review Upbit Indonesia: Tempat Beli Bitcoin

Upbit Indonesia jadi salah satu broker pilihan untuk memperdagangkan aset digital seperti Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH). Jika Anda ingin menggunakan broker ini untuk transaksi, simak terlebih dahulu review Upbit Indonesia. Seperti apa kelebihan dan kekurangannya, legalitas serta syarat dan ketentuan yang berlaku!

Secara singkat, Upbit adalah salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk jual-beli crypto. Nah tentunya Upbit hadir dengan fitur yang bisa membantu Anda memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan kerugian seperti memberikan informasi soal data pasar hingga real-time notification. Lalu apa saja fitur menarik lainnya? Yuk simak di artikel ini!

Apa itu Upbit?

Upbit merupakan platform exchange mata uang kripto asal Korea yang kini telah ada di Indonesia. Platform tersebut menjadi salah satu platform yang terkenal berkat dukungan dari perusahaan induknya yang bernama Donamu. Upbit menawarkan perdagangan 190 jenis mata uang kripto, 1 mata uang fiat dan 295 pasangan perdagangan mata yang kripto. Beberapa mata uang kripto yang diperdagangkan pada platform Upbit adalah Bitcoin (BTC), Ripple (XRP), Solana (SOL), Ethereum (ETH), dan Dogecoin (DOGE). Upbit didirikan pada tahun 2017 dan kini menjadi platform exchange yang mendunia.

upbit ulasan

Walaupun berasal dari Korea, platform exchange tersebut saat ini sudah terdaftar di Bappebti sehingga keamanan akan aset yang Anda miliki terjamin. Platform tersebut menawarkan proteksi keamanan dengan menggunakan fitur otentikasi dua faktor atau 2FA ketika Anda akan login akun di Upbit.

Sebagai salah satu platform exchange mata uang kripto yang sudah mendunia, Upbit memberikan pilihan kepada Anda untuk bertransaksi melalui website atau menggunakan aplikasi berbasis mobile yang dapat diunduh melalui Google Playstore dan App Store.

Walaupun platform exhcange mata uang kripto tersebut berasal dari Korea, Upbit tetap menawarkan perdagangan dengan mata uang Rupiah sehingga Anda dapat melakukan deposit Rupiah. Hal tersebut membuat pengguna Indonesia menjadi tertarik untuk menggunakan platform ini.

Sejarah Upbit

Upbit merupakan platform exchange mata uang kripto yang didirikan pada tahun 2017 oleh Song Chi-Hyung. Ia adalah seseorang yang memiliki pengaruh besar pada dunia kripto di Korea Selatan. Song merupakan sosok yang paling berjasa dalam menjadikan platform Upbit menjadi platform yang paling populer di Korea Selatan dengan dukungan dari perusahaan induknya yang bernama Dunamu.

Upbit sejak awal konsisten terhadap tujuan utamanya untuk memenuhi kebutuhan perdagangan kripto dengan menawakan platorm yang dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan perdagangan berbagai aset kripto.

Upbit memulai ekspansi globalnya setelah berhasil sebgai bursa mata uang kripto teratas secara global. Tahun 2018 merupakan saat di mana Upbit membuka cabang di Asia Tenggara yang berada di Singapura. Tidak sampai di situ saja, Upbit membuka cabang juga di Thailand dan Indondesia.

Platfrom tersebut juga menjalin kersama dengan buras aset kripto yang bernama Bittrex dan kemudian melakukan integrasi dengan Kakao Corp. Hasil inovasi dengan Kakao Corp memungkinkan pengguna untuk melakukan perdagangan Kakao Stock dan dapat melakukan transaksi aset digital melalui aplikasi Kakaotalk.

Review Upbit: Ini Fitur-Fitur Unggulan Upbit

Sebagai salah satu dari beberapa platform exchange mata uang kripto yang sudah populer di dunia, Upbit mempunyai beberapa fitur unggulan yang menjadikannya nilai tambah di mata para penggunaya. Untuk dapat menggunakan seluruh fitur tersebut, Anda harus memiliki akun yang sudah terverifikasi level 3. Berikut merupakan fitur unggulan yang dimiliki oleh Upbit:

FiturPenjelasan
Layar KunciFitur ini membuat para pengguna Upbit tidak perlu selalu melakukan buka tutup aplikasi demi mengetahui harga dari suatu aset secara real-time. Fitur ini juga menyediakan pemberitahuan yang aktual pada pantuan pasar 24/7.
Tren dan Data PasarPlatform exchange Upbit menyediakan analisa pada berbagai aset kripto berdasarkan pada tren dan data pasar secara real-time. Anda tidak perlu membukan website lain untuk mengetahui analisa terhadap pergerakan pasar, cukup hanya dengan satu aplikasi saja.
Program Referral Hingga 100%Upbit menjadi platform yang berani memberika keuntungan besar kepada pengguna lama maupun pengguna baru. Apabila Anda memiliki akun level 2, program referral yang dapat Anda dapatkan adalah 50%. Apabila Anda memiliki akun level 3, Anda akan mendapat 100% dari total biaya transaksi yang dilakukan oleh teman yang mendapat kode referral Anda.
Lightning TransferFitur ini menjadi salah satu fitur menarik bagi para pengguna Upbit. Anda tidak akan dikenakan biaya dan dapat melakukan penarikan serta transfer saldo atau mata uang kripto antar akun Upbit secara instan.
Real-time NotificationIni merupakan fitur yang memberitahu Anda secara update kondisi pasar. Sehingga Anda bisa membuat keputusan dengan cepat mengenai aset yang Anda miliki saat pasar dibuka.
Sumber: inbiza

Produk investasi yang disediakan Upbit

Upbit sebagai platform exchange mata uang kripto teratas di dunia menyediakan lebih dari 150 aset kripto yang dapat diperdagangkan. Tidak hanya koin kritpo saja, Upbit juga melakukan perdanganan pada stablecoin seperti USD Tether (USDT)

Platform tersebut juga menyediakan perdagangan koin-koin terpopuler, seperti:

Bitcoin (BTC)

Bitcoin merupakan mata uang kripto tertua yang ada. Bitcoin dibuat pada tahun 2008 oleh Satoshi Nakamoto, nama alias untuk seseorang yang identitas aslinya tidak diketahui. Bitcoin memiliki tujuan yaitu menciptakan sistem pembayaran alternatif untuk mata uang fiat atau tradisional yang sepenuhnya terdesentralisasi sehingga tidak bergantung pada bank sentral apa pun. Peredaran Bitcoin hanya dibatasi hingga 21 juta koin saja dan akan mengalami halving Bitcoin pada periode tertentu. Dengan harga US$ 66 ribu saat ini, Bitcoin berada pada posisi pertama sebagai mata uang terpopuler saat ini dengan kapitalisasi pasar US$ 1.298,40 Miliar.

Ethereum (ETH)

Ethereum merupakan platform virtual yang menggunakan teknologi blockchain. Hal tersebut dapat memungkinkan dilakukannya suatu pengembangan aplikasi, pemeliharaan aset, dan penggunaan mata uang kripto aslinya (Ether, atau ETH). Hal tersebut memiliki arti bahwa Ethereum merupakan ruang digital di mana berbagai operasi dapat dilakukan menggunakan ETH sebagai mata uang kripto yang terdesentralisasi. Ethereum saat ini menempati peringkat kedua sebagai mata uang kripto terpopuler yang ada di dunia. Saat ini, satu koin Ethereum memiliki harga US$ 3,3 ribu dengan kapitalisasi pasar sebesar US$ 401,52 Miliar.

Solana (SOL)

Solana diluncurkan pada Maret 2020. Seperti Ethereum, jaringannya mendukung dApps, smart contract, dan token yang tidak dapat dipertukarkan. Namun, sistem verifikasi bukti kepemilikan dan bukti sejarah Solana yang unik membuatnya lebih cepat dan lebih murah apabila dibandingkan Ethereum. Sayangnya, jaringan Solana telah mengalami gangguan sejak peluncurannya, sehingga merusak kredibilitasnya di dunia kripto. Jaringan Solana mati selama hampir 20 jam pada bulan Februari 2023. Investor tetap diuntungkan dengan harga solana mendapat dorongan besar dari keputusan pengadilan XRP, dan mengalami kenaikan hingga tiga digit pada tahun 2023 sehingga menjadikannya mata uang kripto dengan kinerja terbaik. Soala menempati posisi ketiga sebagai mata uang kripto terpopuler dengan kapitalisasi pasar US$ 82,4 Miliar.

Dogecoin (DOGE)

Berawal dari asal muasal yang cukup unik yaitu diciptakan sebagai koin meme, kini Dogecoin menjadi salah satu koin kripto yang populer di kalangan para investor kripto. Dogecoin merupakan mata uang kripto terdesentralisasi dan mata uang kripto open source yang memiliki blockchain-nya sendiri sehingga sifatnya berbeda dengan Bitcoin dan Ethereum, Dogecoin mulai populer ketika Elon Musk memberikan pernyataan bahwa kita dapat membeli mobil Tesla dengan menggunakan Dogecoin. Saat ini satu koin Dogecoin memiliki harga US$ 0,18 dengan kapitalisasi pasar sebesar US$ 25,78 Miliar.

Ripple (XRP)

Ripple merupakan jaringan pembayaran pertama dan terutama dari RippleNet. Ripple bukan mata uang kripto itu sendiri dan tidak berdasarkan pada teknologi Blockchain seperti halnya Bitcoin. RippleNet merupakan platform pembayaran “terdesentralisasi” berbasis buku besar terdistribusi (“interledger protocol” atau “distributed ledger“) dan perangkat lunak bebas yang berfokus pada pengembangan pembayaran internasional. XRP saat ini berharga US$ 0,58 dengan kapitalisasi pasar sebesar US$ 31,9 Miliar.

USD Tether (USDT)

Tether (USDT) merupakan mata uang kripto yang beracuan pada nilai dolar AS (USD), dengan begitu dapat dipastikan bahwa harga satu koin Tether setara dengan nilai tukar satu dolar Amerika Serikat. Meskipun masih terdapat volatilitas harga, namun volatilitas yang terjadi masih minim. Di antara berbagai stablecoin di sektor mata uang kripto, Tether adalah mata uang digital yang paling menonjol. Saat ini harga satu Tether adalah US$ 1 dengan kapitalisasi pasar sebesar US$ 106,62 Miliar.

Review Upbit: Berapa Fee di Upbit?

Upbit memberikan fee yang sangat kompetitif serta transparan kepada para penggunaya ketika melakukan transaksi. Berikut merupakan rincian dari fee dalam pasar Rupiah (IDR), Bitcoin (BTC), dan USD Tether (USDT):

Limit, MarketStop Limit
MakerTaker
IDR Market0%0,51%0,51%
BTC Market0,46%0,46%0,46%
USDT Market0,46%0,46%0,46%
Sumber: upbit

Sedikit memberikan penjelasan pada istilah maker dan taker. Maker merupakan pihak yang membuat order book dengan cara menambahkan order baru pada order book. Pihak tersebut melakukannya dengan menentukan harga tertentu (limit order) ketika akan melakukan transaksi jual beli kripto. Taker adalah pihak yang mengambil order yang telah tersedia di order book. Pihak tersebut melakukan tersebut dengan menggunakan harga market (market order) ketika melakukan transaksi jual beli kripto. Secara umum, biaya yang dikenakan pada maker akan lebih rendah apabila dibandingkan dengan taker.

Fee Penarikan

Upbit telah menentukan fee penarikan yang dapat dilakukan pada setiap mata uang kripto yang diperdagangkan Apabila Anda melakukan penarikan antar akun Upbit dengan menggunakan fitur Lightning Transfer tidak dikenakan biaya. Fee tersebut akan dikenakan kepada pengguna pada setiap transaksi yang dilakukan. Kami akan memberikan informasi fee penarikan pada koin-koin kripto terpopuler. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat melihatnya melaui website resmi Upbit. Berikut merupakan daftar fee dari beberapa koin kripto populer yang ada di Upbit:

Mata UangNetworkMinimal Jumlah PenarikanFee DepositFee Penarikan
BTCBitcoin0,001 BTCGratisRp 25.000
ETHEthereum0,02 ETHGratis0,01 ETH
SOLSolana0,01 SOLGratis0,01 SOL
DOGEDogecoin12.0 DOGEGratis12.0 DOGE
USDTEthereum4,0 USDTGratis4,0 USDT
Sumber: upbit

Minimal Pesanan di Upbit

Platform exchange Upbit memiliki batas minimal untuk melakukan pesanan. Batas minimal ini berbeda-beda tergantung pada pasar mata uang yang dipilih ketika Anda melakukan pesanan. Berikut merupakan rincian batas minimal pesanan di Upbit:

Pasar Rupiah (IDR)Pasar Bitcoin (BTC)Pasar USD Tether (USDT)
Rp 5.0000,0005 BTC0,0005 USDT
Sumber: upbit

Batas Deposit & Penarikan di Upbit

Berikut merupakan rincian minimum deposit dan penarikan yang ada pada platform exchange Upbit:

Level Akun TerverifikasiLimit DepositLimit Penarikan
Aset DigitalRupiah (IDR)Aset Digital (Harian)IDR (per Transaksi)IDR (Harian)
Level 100000
Level 2Unlimited0200 Juta00
Level 3UnlimitedUnlimited1 Miliar500 Juta1 Miliar
Sumber: upbit

Keamanan Upbit

Upbit adalah platform exchange mata uang kripto asal Korea yang sudah ada di Indonesia dan telah terdaftar sejak tahun 2019 oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Platform ini terdaftar di Bappebti dengan nomor 002/BAPPEBTI/CP-AK/12/2019.

Platform tersebut menjaga keamanan aset penggunanya secara signifikan. Dengan menggandeng Kakao Corp untuk sistem pembayarannya, Upbit bekerja sama dengan Kakao Pay yang merupakan aplikasi pembayaran seluler terpopuler kedua di Korea Selatan. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa standar keamanan Upbit sulit untuk dikalahkan.

Cara Membuka Akun di Upbit

  • Unduh aplikasi mobile Upbit yang saat ini sudah tersedia di Google Playstore dan App Store.
  • Setelah selsai mengunduh aplikasi Upbit, buka aplikasi dan piih Sign Up.
  • Isi informasi yang dibutuhkan lalu pilih Sign Up.
Review Upbit Indonesia: Tempat Beli Bitcoin
Membuat Akun Upbit
  • Anda akan menerima email verifikasi yang dikirimkan ke email yang telah Anda daftarkan.
  • Buka email tersebut dan klik tombol verifikasi.
  • Akun Anda sudah terverifikasi

Verifikasi Akun di Upbit

  • Lakukan login ke Upbit dengan akun yang sudah terdaftar.
  • Lakukan proses KYC dengan pilih setting, lalu pilih security.
  • Pilih verify identity pada bagian level 2.
  • Ikuti instruksi dan masukkan semua informasi yang diminta, lalu klik Next.
  • Proses selanjutnya Anda diwajibkan untuk upload foto KTP dan foto selfie diri Anda.
Review Upbit Indonesia: Tempat Beli Bitcoin
Verifikasi Akun Upbit
  • Pastikan foto yang di upload cukup jelas terbaca, kemudian klik submit.
  • Selanjutnya, akan dilakukan proses verifikasi oleh pihak Upbit dalam beberapa hari.
  • Ketika sudah verifikasi level 2, Anda sudah bisa melakukan perdagangan di Upbit Indonesia.

Cara Deposit di Upbit

Berikut merupakan cara untuk melakukan deposti di akun Upbit Indonesia dengan mata uang Rupiah:

  • Klik Wallets.
  • Klik Indonesia Rupiah, lalu klik Deposit.
  • Lakukan deposit dengan menggunakan Virtual Account.
Review Upbit Indonesia: Tempat Beli Bitcoin
Deposit di Upbit
  • Anda dapat melakukan transfer dari bank dengan memasukkan virtual account dan lakukan pengisian nominal yang ingin Anda depositkan.

Cara Beli Koin di Upbit

Berikut merupakan cara yang dapat Anda lakukan untuk membeli aset kripto di plaftorm Ubit. Tentunya hal tersebut dapat Anda lakukan ketika Anda telah melakukan deposit terlebih dahulu. Sebagai contoh, kami akan menggunakan cara untuk membeli Bitcoin pada Upbit Indonesia.

  • Pilih pair BTC/IDR pada halaman dashboard
  • Terdapat dua cara ketika Anda ingin memasukan nominal Bitcoin yang akan Anda beli. Cara pertama adalah dengan memasukkan ammount yaitu jumlah Bitcoin yang akan Anda beli yang akan disesuaikan dengan jumlah Rupiah. Cara kedua adalah dengan memasukkan total yaitu jumlah Rupiah yang akan disesuaikan dengan jumlah Bitcoin.
Review Upbit Indonesia
Membeli Kripto di Upbit
  • Apabila nominal yang Anda masukkan sudah sesuai, klik confirm.
  • Pilih Buy dan tunggu hingga order Anda terkonfirmasi.

Kelebihan & Kekurangan Trading Menggunakan Upbit

Sebagai platform exchange, tentu saja Upbit Indonesia memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada bagian ini kami akan memberikan daftar kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Upbit sehingga Anda dapat mempertimbangkannya.

Upbit mempunyai beberapa kelebihan yang menjadikannya sebagai salah satu platform yang populer di kalangan trader mata uang kripto. Berikut merupakan daftar kelebihan Upbit:

  • Memiliki fitur unggulan yang beragam
  • Fitur keaman yang kuat berkat dukungan dari Kakao Corp.
  • Antarmuka yang ramah bagi para trader pemula.
  • Biaya yang transparan dan kompetitif.

Tentu saja Upbit memiliki beberapa kekurangan yang dapat Anda jadikan pertimbangan ketika akan menggunakan platform tersebut. Kekurangan dari Upbit yaitu:

  • Platform tersebut tidak tersedia di beberapa negara seperti Amerika Serikat.
  • Terbatasnya dukungan terhadap mata uang fiat.
  • Respon teradap keluhan pelangga terkadang tidak responsif.

Opini para pengguna Upbit

Review Upbit Indonesia: Tempat Beli Bitcoin
Rating Upbit di App Store

Beberapa opini dari pengguna yang telah menggunakan platform tersebut mengatakan bahwa Upbit merupakan platform exchange yang memiliki antarmuka yang sangant ramah bagi para pemula. Dengan fitur yang mudah dipahami dan kemudahan dalam melakukan deposit, membuat platform ini menjadi salah satu platform populer. Pada App Store di IOs, Upbit mendapatkan rating sebesar 4,7 dari 5 dengan lebih dari 300 rating yang telah diberikan penggunanya.

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Apakah Upbit aman?

Upbit adalah platform exchange mata uang kripto asal Korea yang saat ini sudah ada di Indonesia. Platform tersebut menjamin keamaan penggunaya dengan telah memeperoleh izin resmi dari Bappebti sebagai pedagang fisik aset kripto sejak tahun 2019.

Berapa fee withdrawal di Upbit?

Upbit merupakan platform yang memberikan rincian fee withdrawal yang kompeitituf dan transparan. Fee tersebut bergantung pada aset kripto yang akan ditarik. Anda dapat melihatnya langsung pada website resmi Upbit Indonesia untuk mengetahui lebih lanjut terkait fee withdrawal.

Apa risiko menggunakan platform Upbit?

Dikarenakan Upbit merupakan platform yang berasal dari luar negeri, terdapat risiko ketika ada kebijakan moneter pada negara asalnya yaitu Korea Selatan yang membuat platform tersebut juga tidak dapat digunakan di Indonesia. Selain itu, banyak ulasan yang mengatakan bahwa respon bantuan terhadap kelihan pengguna tergolong lambat sehingga ketika terjadi suatu masalah, Anda tidak bisa secara cepat mendapatkan solusinya.

Artikel Terkait