Trading: Apa itu dan Bagaimana Cara Memulainya?

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan pertanyaan “apa itu trading?” dan kami akan membantu Anda memahami konsep dasar pada praktik keuangan ini. Mulai dari beberapa jenis trading dan risiko serta keuntungan yang berkaitan dengan trading. 

apa itu trading

Tentu saja, kami akan memberi tahun Anda langkah-langkah yang perlu Anda ketahui untuk memulai trading dan berbagai produk yang tersedia untuk Anda. Apabila Anda sudah siap untuk terjun ke dalam dunia trading, bacalah artikel ini.

Apa itu Trading?

Trading merupakan suatu proses jual beli dari sebuah aset keuangan untuk memperoleh keuntungan melalui, saham, obligasi, pertukaran atau jual-beli mata uang, komoditas, dan beberapa produk keuangan lainnya.

Maka dari itu, trading merupakan sebuah praktik yang melibatkan risiko, membutuhkan pengetahuan khusus, dan kemampuan untuk beroperasi pada pasar secara efektif. Lewat trading, Anda dapat memperoleh imbal hasil yang tinggi tetapi Anda juga dapat mengalami kerugian yang besar jika tidak dikelola dengan baik.

Dengan begitu, yang dibutuhkan seorang trader adalah menghasilkan uang melalui strategi yang terbukti yaitu dengan bertindak lebih konservatif dengan membatasi tingkat risiko pada pasar. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengambil perspektif jangka panjang.

Pendekatan lainnya adalah pendekatan yang agresif yang memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan cepat dengan berspekulasi pada pergerakan harga jangka pendek.

Setelah Anda mengetahui definisi dari trading, kami akan memberikan panduan ini ke dalam beberepa bagian di mana kami akan memulainya pada tingkat kesulitan dari yang paling rendah ke yang paling tinggi dan tingkat profesionalismenya.

Enam Langkah Memulai Trading

Berikut merupakan 6 langkah yang harus Anda lakukan sebelum memulai trading:

1. Belajar, Membaca dan Mengamati Trader-Trader Terbaik

Sebelum, memulai terjun ke dalam dunia trading, sangat diperlukan bagi Anda untuk cukup memperoleh informasi pada pemahaman konsep dari dari suatu pasar. Anda harus menekankan pada diri Anda bahwa trading bukanlah aktivitas sederhana, sehingga membutuhkan pengetahuan mendalam dari pasar keuangan dan produk-produk yang diperdagangkan di dalamnya.

Ada baiknya Anda banyak membaca beberapa topik di bawah ini:

  • Perbedaan produk finansial atau keuangan
  • Strategi trading
  • Analisis teknikal dan fundamental
  • Berita ekonomi yang bisa mempengaruhi pergerakan pasar

2. Pelajari Produk-Produk Investasi Keuangan Utama

Sebelum mulai beroperasi, penting bagi Anda untuk tahu perbedaan beberapa produk keuangan yang ada pada pasar, serta beberapa pertimbangan tertentu yang akan kami tunjukkan melalui beberapa daftar di bawah ini:

Saham

  • Tingkat Kesulitan: Rendah
  • Biaya Rata-Rata: Tinggi
  • Prakiraan Deposit Minimum: US$ 50 atau untuk saham-saham di Indonesia bisa mulai dari Rp 5.100 (Rp 51 per lembar saham x 100 lembar alias 1 lot) mengingat aturan Bursa Efek Indonesia (BEI) harga saham yang belum menyentuh Rp 50 masih bisa diperdagangkan

ETF

  • Tingkat Kesulitan: Rendah
  • Biaya Rata-Rata: Rendah
  • Prakiraan Deposit Minimum: US$ 1 (dengan menggunakan aplikasi Gotrade Indonesia) untuk ETF dengan underlying asset saham luar negeri. Sedangkan untuk ETF dengan aset dasar saham Indonesia biasanya minimal pembelian 1 unit kreasi setara 100.000 penyertaan atau 1.000 lot untuk transaksi di pasar primer. Sedangkan di pasar sekunder minimal pembelian 100 unit penyertaan atau setara 1 lot.

Mata Uang / Forex

  • Tingkat Kesulitan: Tinggi
  • Biaya Rata-Rata: Sedang
  • Prakiraan Deposit Minimum: US$ 50  atau Rp 500.000 tergantung pada aturan broker yang Anda pilih.

Futures

  • Tingkat Kesulitan: Tinggi
  • Biaya Rata-Rata: Tinggi
  • Prakiraan Deposit Minimum: US$ 50 atau Rp 500.000 tergantung pada aturan broker yang Anda pilih.

Opsi

  • Tingkat Kesulitan: Sangat Tinggi
  • Biaya Rata-Rata: Tinggi
  • Prakiraan Deposit Minimum: US$ 50 atau Rp 500.000 tergantung pada aturan broker yang Anda pilih.

Kripto

  • Tingkat Kesulitan: Sedang
  • Biaya Rata-Rata: Sedang
  • Prakiraan Deposit Minimum: US$ 50 atau Rp 500.000 tergantung pada aturan broker yang Anda pilih.

Obligasi

  • Tingkat Kesulitan: Sedang
  • Biaya Rata-Rata: Rendah
  • Prakiraan Deposit Minimum: US$ 50 atau Rp 1 juta untuk obligasi dalam negeri

Tentu saja, setiap produk memiliki karakteristik tersendendiri dan memiliki risiko yang berbeda-beda sehingga sangat penting bahwa Anda memahami agar dapat menentukan pilihan yang sesuai dengan tujuan dan profil investasi Anda.

trading indonesia

3. Pilih Broker yang Sesuai dengan Profil Anda

Broker merupakan kunci penting ketika melakukan trading, broker menjadi perantara Anda dengan pasar. Oleh karena itu, penting untuk Anda memilih broker yang sesuai dengan kebutuhan dan profil investasi Anda. Perhatikan beberapa aspek yang harus Anda perhatikan:

  • Regulasi
  • Komisi
  • Platform trading
  • Plihan variasi produk

Berikut merupakan beberapa pilihan broker resmi yang sudah berijin Bappebti (yang menawarkan perdagangan di pasar luar negeri) di Indonesia:

  • MIFX
  • Finex
  • DCFX
  • Indonesia FxPro

4. Batasi Risiko Anda

Risiko merupakan hal dasar pada trading sehingga penting bagi Anda untuk belajar melakukan pengelolaan risiko dengan bagi sehingga terhindar dari kerugian besar.

Sebagai contoh, aturan risiko yang sering digunakan adalah aturan 2%. Hal ini berarti bahwa Anda tidak boleh menempatkan modal Anda pada risiko lebih dari 2% dalam satu transaksi. Apabila Anda memiliki modal sebesar US$ 10 ribu, maka Anda tidak boleh menempatkan modal Anda dalam risiko lebih dari US$ 200 dalam satu transaksi.

5. Mulai Lakukan Transaksi pada Pasar Sungguhan

Setelah Anda cukup mendapatkan informasi dan memilih broker yang tepat untuk Anda, kini saatnya Anda mulai trading pada pasar sungguhan.

Mencoba bertransaksi pada akun demo akan tampak menarik, namun hal tersebut tidak cukup untuk mempelajari dinamika platform broker maupun cara kerja pada aset tertentu.

Dalam beberapa hal, selelah Anda berhasil terbiasa dengan platform dan mekanisme trading, jangan menetap terlalu lama. 

Pada akhirnya, melakukan transaksi di pasar sungguhan akan membuat Anda memperoleh pengalaman. Trading bukanlah permainan.

6. Dokumentasikan Transaksi Anda

Sebuah praktek baik untuk meningkatkan transaksi Anda adalah dengan mendokumentasikan seluruh transaksi yang Anda lakukan. Hal ini akan membuat Andat dapat melakukan analisis keberhasilan dan kegagalan Anda sehingga dapat meningkatkan strategi trading Anda. Anda dapat menggunakan spreadsheet atau jurnal trading untuk mencatat transaksi Anda, ukuran posisi, tingkat risiko, hasil, dan aspek-aspek lain yang berkaitan.

Jenis – Jenis Trading

Berikut ini merupakan beberapa pilihan jenis trading paling populer yang dapat Anda jadikan pilihan:

Trading Jangka Panjang atau Position Trading

Trading jangka panjang atau position trading merupakan strategi trading yang berdasarkan pada transaksi yang dilakukan jangka panjang. Hal tersebut membantu para trader untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik berkaitand dengan pergerakan pasar serta mellihat peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Keuntungan utama dari strategi ini adalah para trader memperoleh keuntungan pada pergerakan pasar jangka panjang tanpa harus memperdulikan pergerekan pasar jangka pendek.

Swing Trading

Swing trading merupakan trading jangka pendek yang berfokus pada pengambilan keuntungan dari pergerakan harga jangka pendek pada pasar keuangan. Objek utama dari teknik ini adalah untuk mendapatkan keuntungan pada periode yang berlangsung pada beberapa hari hingga beberapa minggu.

Swing Trading merupakan sebuah teknik yang berdasarkan pada analisa tekniks serta penggunaan indikator kekuatan dan momentum seperti MACD, RSI, dan rerata pergerakan untuk mengidentifikasi titik untuk masuk dan keluar pada pasar. Penting untuk dicatat bahwa swing trading membutuhkan kita untuk memperhatikan pasar setiap hari, namun hal ini dapat menjadi strategi yang baik bagi mereka yang mencari cara untuk melakukan trading jangka pendek tanpa harus berada di depan layar sepanjang hari.

Intraday Trading

Intraday Trading merupakan teknik trading di mana transaksi jual beli aset keuangan dilakukan pada hari yang sama dengan tujuan memperoleh keuntungan cepat dalam jangka waktu yang pendek berkat leverage. Biasanya jangka waktu yang digunakan, sesuai namanya, hanya harian.

Teknik ini membutuhkan tingkat pengetahuan yang tinggi, pengalaman dan kontrol emosi dikarenakan kita juga melibatkan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat berdasarkan stategi yang berlandaskan analisis teknikal.

Scalping

Scalping merupakan teknik trading yang terdiri dari melakukan beberapa transaksi pada periode waktu yang sangat singkat sehingga memperoleh keuntungan dalam dalam variasi harga yang kecil. Tujuan dari teknik ini adalah memperoleh keuntungan yang cepat dan meminimalkan kerugian. Scalpers biasa bertransaksi dalam grafik waktu jangka waktu pendek seperti 1 atau 5 menit untuk mencari keuntungan dari pergerakan pasar yang  cepat.

Strategi ini membutuhkan kedisiplinan yang tinggi dan kontrol emosi yang baik dikarenakan transaksi yang dilakukan berlangsung sangat cepat sehingga kesalahan apapun bisa sangat berdampak besar. Sebagai tambahan, platform trading dengan eksekusi order yang bagus, spreads rendah dan levergae tinggi sangat dibutuhkan dalam scalping agar menjadi efektif.

Bagaimanapun juga, terdapat jenis lain dari trading yang sedikit lebih kompleks dan canggih seperti Order flow, paper trading atau OTC trading. 

Trading dengan AI

Temukan bagaimana kecerdasan buatan, khususnya Chat GPT  yang dapat mengubah dunia trading. Panduan ini mengungkap bagaimana melakukan uji pada strategi trading dengan menggunakan Chat GPT yang dikombinasikan dengan TradingView.

Meskipun Chat GPT tidak melakukan transaksi trading secara otomatis, sara ini merupakan sarana yang berharga untuk melakukan pengujian ulang dan melakukan analsis. Namun, sangat penting untuk diingat bahwa keputusan akhir harus dibuat oleh trader itu sendiri hingga sebuah strategi yang cukup terkonsolidasi tersedia dalam berbagai skenario.

Copy Trading

Copy trading merupakan bentuk investasi yang telah memperoleh popularitas dalam beberapa tahun terakhir. Praktek ini membuat trader mampu untuk meniru transaksi yang telah dilakukan oleh trader lain dengan menawarkan keuntungan transaksi pada pasar keuangan tanpa membutuhkan pengetahuan dan pengalaman.

Hal ini sangat berguna untuk trader pemula atau bagi para trader yang belum bisa berhasil di pasar perdagangan sehingga mereka dapat meniru tranasaksi yang sudah dilakukan oleh trader berpengalaman. Namun, perlu diingat bahwa copy trading tidak menjamin imbal hasil di masa depan dan tidak menghilangkan risiko kerugian. Selain itu, walaupun cara ini membuat Anda dapat belajar dari trader yang lebih berpengalaman, hal ini tidak memberikan pengetahuan yang lebih dalam tentang strategi trading atau alasan dari setiap transaksi. 

Produk Keuangan pada Transaksi di Bursa

Berikut merupakan aset keuangan penting untuk melakukan perdagangan:

Trading Saham

Saat Anda membeli saham, Anda memiliki bagian dari perusahaan tersebut. Jaga harga saham naik, maka nilai investasi Anda juga akan naik. Jika harga sama turun, nilai investasi Anda juga akan menurun.

trading saham

Trading Futures

Pilihan lain ketika trading adalah dengan trading futures. Walaupun banyak trader dan investor yang dapat menggunkan futures untuk melindungi aset dari risiko tertentu atas aset fisik atau portofolio investasi. Namun, kebanyakan traders saat ini menggunakan futures untuk berspekulasi pada pergerakan harga.

Dalam kebanyak hal, Anda harus tahu bahwa trading futures adalah salah satu cara teraman dikarenakan berada pada pasar yang teregulasi.

Trading Forex

Suatu broker forex akan menyediakan platform perdagangan online untuk Anda melakukan transaksi. Broker juga akan menyediakan data yang diperlukan dan informasi kepada Anda sehingga Anda dapat membuat keputurasn berdasarkan informasi.

Ketika Anda membuka akun, ini merupakan waktu Anda untuk merancang strategi. Strategi tersebut harus mencakup beberapa faktor seperti ukuran posisi, durasi transaksi, dan level target harga. Penting juga untuk menetapkan sejumlah modal untuk diinvestasikan dalam setiap transaksi.

Trading Waran

Waran merupakan bentuk dari investasi jangka panjang berdasarkan spekulasi harga pada aset yang mendasarinya. Pembeli waran memperoleh hak tetapi bukan obligasi, sehingga untuk melakukan jual beli aset yang mendasarinya ata harga tertentu selama periode waktu tertentu. Hal ini memberikan investor peluang untuk memperoleh keuntungan ketika harga dari aset yang mendasarinya mengalami kenaikan atau penurunan selama periode waktu tertentu.

Trading Komoditas

Trading pada komiditas merujuk pada transaksi jual beli komoditas seperti emas, perak, kacang kedelai, minyak, gandum, dan lain-lain. Dengan cara inilah, trader mencari keuntungan berkat fluktuasi pada harga yang terjadi setiap hari, tergantung pada situasi makroekonomi.

Bagi investor lain, melakukan trading komoditas sebagai cara untuk melindungi aset dari inflasi dikarenakan harga dari komoditas dapat naik ketika terjadi inflasi yang tinggi.

Trading Opsi

Trading Opsi merupakan bentuk investasi di mana kontrak opsi dari aset yang mendasari seperti saham, indeks, atau komoditas dapat diperjual belikan. Opsi adalah kontrak yang memberikan hak kepada pembeli tetapi bukan obligasi untuk memperjual belikan aset yang mendasarinya pada harga tertentu atau sebelum waktu yang telah ditentukan. Trading opsi dapat menjadi cara yang menguntungkan untuk berspekulasi pada pergerakan harga dari aset yang mendasarinya tetapi juga membawa risiko yang besar dan membutuhkan pengetahuan yang mendetil serta kemampuan analsis pasar keuangan.

opsi trading

Ketika Anda berinvestasi opsi, penting untuk memahami beberapa tipe opsi yang berbeda yang tersedia, seperti opsi beli atau opsi jual dan bagaimana cara kerja keduanya. Anda juga diharuskan untuk menyadari faktor-faktor yang mempengaruhi harga opsi seperti ketidakpastian pasar, perubahan suku bunga, dan peristiwa ekonomi global.

Trading Mata Uang Kripto

Trading mata uang kripto saat ini telah menjadi pilihan yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Pada dasarnya, hal ini berkaitan dengan jual beli mata uang digital seperti Bitcoin dan Ethereum dengan tujuan memperoleh keuntungan jangka panjang maupun jangka pendek. Jenis trading ini dilakukan pada platform perdagangan khusu di mana Anda dapat menemukan pilihan yang bervariasi untuk diinvestasikan dan mendapatkan keuntungan dari ketidakpastian dari pasar mata uang kripto.

Opsi lain untuk melakukan perdagangan adalah dengan aset kriptografi melaui broker. Biasanya, apabila dibandingkan dengan aset kita lebih memilih melakukan trading dengan CFD kripto.

Trading Bagi Profesional

Apablia Anda telah melihat langkah yang lebih jauh, Anda mungkin akan tertarik untuk menemukan beberapa cara berbeda yang ada untuk memprofesionalkan aktivitas investasi ini:

  • Trading kuantitatif
  • Sistem trading
  • Trading otomatis
  • HFT

Trading Kuantitatif (Quantitative Trading)

Trading kuantitatif merupakan suatu strategi investasi yang menggunakan pemodelan matematis dan algoritma untuk mengidentifikasi peluang trading pada pasar keuangan.

Tidak seperti trading konvensional yang bergantung pada intuisi atau analisis fundamental, trading kuantitatif berfokus pada analisis data dan pola numeris.

Trader kuantitatif juga disebut dengan “quants” yang berbagai alat matematis dan statistik untuk memprediksi pergerakan harga dan membuat keputusan investasi. Hal ini termasuk analisis pada riwayat data, penerapan teori keuangan, dan penggunaan pemodelan risiko yang kompleks. 

Ciri khas dari trading kuantitatif adalah ketergantungannya pada teknologi dan pemrograman komputerTrading kuantitatif seringkali mengembangkan algoritma trading otomatis yang dapat melakukan perdagangan pada kecepatan dan frekuensi yang tidak dapat dilakukan oleh trader manusia. Algoritma ini dapat menganalisa kumpulan data pasar dan melakukan perintah berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

Trading Otomatis

Trading otomatis juga dikenal sebagai trading yang terotomasi merujuk pada penggunaan program dan algoritma untuk melakukan perdagangan pada pasar keuangan dengan sedikit atau tanpa intervensi manusia. Program ini didisain untuk membuat keputusantrading berdasarkan kumpulan dari kriteria dan peraturan yang telah ditetapkan sebelumnya seperti indikator teknis, pola harga atau sinyal pasar.

Trader dan investor menggunakan trading terotomasi untuk mengimplementasikan strategi trading dengan lebih efektif dan objektif, meminimalkan dampak emosional manusia dan kesalahan manusia pada keputusan investasi.

Secara keseluruhan, ini merupakan langkah yang lebih maju dalam trading kuantitatif dikarenakan trading kuantitatif memberikan sinyal untuk masuk atau keluar kepada Anda pada parameter yang telah ditetapkan. Namun, hal ini terjadi ketika Anda mengotomatiskan proses ini sehingga aktivitas investasi Anda akan 100% terbebas dari intervensi apapun termasuk emosional manusia.

Trading Sistem

Secara sederhana, trading sistem merupaka sekumpulan peraturan dan strategi yang biasa digunakan untuk menentukan keputusan jual beli pada pasar keuangan. Peraturan ini berlandaskan pada indikator teknis, analisis fundamental atau kombinasi keduanya. Tujuan dari trading sistem ini ada untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan keuntungan.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua trading sistem sama dan yang berjalan untuk satu trader mungkin tidak berjalan untuk trader lainnya. Sebagai tambahan, penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang pasar keuangan dan manajemen risiko sebelum menggunakan trading sistem apapun.

HFT

High-Frequency Trading (HFT), merupakan bentuk trading otomatis yang menggunakan algoritma canggih untuk melakukan perintah dalam jumlah banyak dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Trader HFT menggunakan komputer dengan kekuatan tinggi dan koneksi dengan kecepatan tinggi untuk menganalisa data pasar dan melakukan pesanan dalam hitungan detik. Strategi ini bergantung pada pelaksaan perdagangan dengan kecepatan tinggi untuk memanfaatkan variasi harga yang rendah dalam jangka waktu yang pendek di mana seringkali menghasilkan keuntungan yang sangat kecil pada setiap transaksi namun dapat diakumulasikan secara signifikan dari banyak transaksi yang dilakukan. 

Hal ini akan menjadi langkah yang paling profesional dalam trading otomatis dikarenakan hal ini melibatkan transaksi yang otomatis dengan kecepatan tinggi yang berdasarkan aturan kuantitatif. Tipe trading ini biasanya digunakan untuk melakukan arbitrase yang bertanggung jawab terhadap sekitar 70% trasaksi keuangan yang terjadi setiap hari.

Manfaat Analisa Teknis dalam Perdagangan

Analisa teknis merupakan teknik yang dalam trading yang digunakan untuk menganalisa pergerakan harga pada pasar keuangan dan memprediksi perubahan di masa depan yang mungkin terjadi. Hal ini berlandaskan pada pembelajaran grafik dan data riwayat harga dengan tujuan untuk mengidentifikasi pola dan tren yang dapat digunakan untuk menetukan keputusan investasi.

Dengan kata lain, hal ini merupakan alat yang sangat berguna bagi para trader dikarenakan dapat memungkinkan untuk menganalisis informasi secara objektif dan membuat keputusan yang terinformasi berdasarkan riwayat data. Melalui pembelajaran pola dan tren hal ini memungkinkan untuk melakukan identifikasi peluan investasi dan meminimalkan risiko yang berkaitan dengan trading, seperti:

  • Relative Strength Index (RSI) untuk mengukur kekuatan relatif suatu aset
  • Moving Average (MA) untuk mengamati tren
  • Volatility Index (VIX): untuk mengidentifikasi volatilitas suatu aset

Contoh dari analisa teknikal dengan Fibonaci pada platform Stockbit.

Dapatkah kita belajar trading untuk memenuhi kebutuhan hidup?

Hal pertama yang harus dipahami adalah konsep dasar dari trading. Hal ini termasuk memahami perbedaan pasar keuangan serta manajemen dasar dari manajemen risiko. Kedua konsep ini adalah hal yang mendasar.

Langkah selanjutnya adalah menemukan strategi yang sesuai dengan gaya trading Anda dan tujuan investasi Anda. Hal ini juga berarti penting bagi Anda untuk mempelajari dan berlatih sebelum Anda memulai trading dengan uang sungguhan.

Selain itu, penting juga untuk memiliki manajemen risiko yang baik. Hal ini berarti Anda harus menetapkan kerugian maksimal yang Anda kehendaki sebelum menutup transaksi.

Trading bisa menjadi cara yang baik untuk menghasilkan uang namun membutuhkan waktu, usaha, dan displin yang kuat. Jika Anda sangat tertarik untuk melakukan trading dalam hidup, Anda harus rela menghabiskan waktu untuk belajar dasar dari trading dan menerapkan strategi Anda sebelum Anda memulai trading dengan uang sungguhan.

5 Trader Terbaik Indonesia

Berikut merupakan beberapa trader terbaik Indonesia menurut idxchannel.com:

  • Ellen May
  • Andika Sutoro Putra
  • John Wen
  • Hendrik Leonardy
  • Demond Wira

Kesimpulannya, trading merupakan aktivitas keuangan yang melibatkan pembelian dan penjualan aset dengan tujuan memperoleh keuntungan ekonomi. Untuk menjadi trader yang sukses, penting untuk memberikan informasi ke diri sendiri, mengetahui produk keuangan utama, memilih broker yang tepat, menjaga risiko tetap terkendali dan mendokumentasikan transaksi.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagaimana cara kerja trading?

Dalam trading, prinsip yang dipegang adalah buy and sell. Sehingga, seorang trader akan membeli aset untuk bisa dijual lagi di masa yang akan datang.

Dapatkah kita memenuhi kebutuhan hidup dari trading?

Tentu saja, trading bisa menjadi cara yang baik untuk menghasilkan uang namun membutuhkan waktu, usaha, dan displin yang kuat. Jika Anda sangat tertarik untuk melakukan trading dalam hidup, Anda harus rela menghabiskan waktu untuk belajar dasar dari trading dan menerapkan strategi Anda sebelum Anda memulai trading dengan uang sungguhan.

Apakah copy trading sangat berguna?

Copy trading sangat berguna bagi trader pemula yang minim akan pengalaman dalam melakukan trading. Namun, apabila kita hanya melakukan copy trading saja, kita tidak akan mendapat pengetahuan yang mendalam tentang melakukan pemilihan strategi trading.

Artikel Terkait