Mata Uang Kripto LiteCoin (LTC): Memahaminya!

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang kemunculan dan karakteristik utama dari mata uang kripto LiteCoin. Meskipun mata uang kripto ini tidak sepopuler Ethereum atau Bitcoin, Litecoin memiliki riwayat yang serupa dalam hal penentuan harga berdasarkan nilai dengan revaluasi eksponensial dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan pada akhir 2013, LiteCoin mencapai kapitalisasi pasar sebesar US$ 1 Miliar.

ltc to idr

Apa itu LiteCoin | Semua tentang mata uang kripto ini

Litecoin adalah mata uang kripto yang didukung oleh jaringan p2p (open source), yaitu sistem yang sama dengan sistem yang mendukung Bitcoin tetapi dengan sistem penambangan yang berbeda. Sistem pemnambangan LiteCoin tidak berdasarkan pada sistem yang sangat terpusat seperti Bitcoin. Data tersebut bisa dianggap sebagai keuntungan atau kerugian, tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Kita akan membahas lebih dalam nanti.

Berdasarkan karakteristiknya sebagai mata uang kripto, perlu dikatakan bahwa mata uang kripto tersebut menonjol karena bersifat virtual, abstrak, dan tidak memiliki bentuk fisik jika dibandingkan dengan mata uang tradisional. Data tersebut telah kami bahas di postingan sebelumnya yang membahas tentang Bitcoin dan Ethereum.

Bagaimana Mata Uang Kripto LiteCoin Lahir

Litecoin diluncurkan pada 5 Oktober 2011 yang dilakukan oleh Charlie Lee, seorang insinyur perangkat lunak lulusan MIT dan mantan karyawan Google. Litecoin dibuat untuk menutupi kekurangan Bitcoin seperti sentralisasi pasokan dan waktu transaksinya. Di sisi lain, Lee tidak bermaksud menciptakan Litecoin untuk dijadikan pengganti Bitcoin justru Lee ingin mereka dapat berjalan bersama, sebagai pelengkap satu sama lain. Hal tersebut merupakan sebab dari Lee menciptakan LiteCoin dengan sistem penambangan yang berbeda.

✅ Keuntungan dari Mata Uang Kripto LiteCoin

Keuntungan yang dimiliki Litecoin sebagai mata uang kripto adalah sebagai berikut:

  • Tidak ada pemerintahan yang dapat mengontrol nilainya
  • Sistem open source yang memungkinkan implementasi perbaikan sepanjang waktu
  • Keunggulan fisik seperti daya tahan yang tidak terbatas apabila dibandingkan dengan Euro atau Dollar sebagai produk fisik yang akan menurun seiring berjalannya waktu.

Kita dapat menemukan banyak keuntungan lain dari Litecoin sebagai mata uang kripto

Perbedaan antara Bitcoin dan Litecoin… Emas dan perak

Di sisi lain, Bitcoin dan LiteCoin tidaklah sama. Perbedaan utama yang terdapat pada Bitcoin dan Litecoin adalah sebagai berikut:

harga litecoin
Perbedaan utama antara Bitcoin dan Litecoin
Unit yang beredar
Penambangan yang berbeda
Waktu transaksi lebih singkat
  • Unit yang beredar: Jumlah peredaran Bitcoin memiliki batas 21 juta koin, Litecoin memiliki batas jumlah peredaran coin sebesar 84 juta koin.
  • Penambanan yang berbeda: Meskipun keduanya dikelola pada platform open source, penambangan Litecoin didasarkan pada algoritma Scrypt. Hal ini berarti tidak ada sentralisasi penambangan Litecoin, karena tidak ada peralatan khusus yang ditujukan untuk itu. Oleh karena itu, pertumbuhan Litecoin tidak sekuat Bitcoin. Namun, berkat desentralisasi, Litecoin telah memungkinkan lebih banyak orang untuk mengakses penambangan.
  • Waktu transaksi yang lebih singkat: Setidaknya ketika Litecoin diciptakan pada tahun 2011, waktu transaksnya jauh lebih pendek yaitu sekitar 2-3 menit apabila dibandingkan dengan waktu transaksi Bitcoin yaitu 10-15 menit.

Bagaimana cara berinvestasi Mata Uang Kripto LiteCoin di Indonesia?

Saat ini kita sangat dimudahkan apabila ingin berinvestasi mata uang kripto. Terdapat beberapa platform yang memungkinkan Anda untuk berinvestasi pada mata uang kripto yaitu exchange mata uang kripto dan broker konvensional yang menawarkan produk untuk berinvestasi pada mata uang kripto.

Selain itu, Litecoin merupakan salah satu mata uang kripto yang terutama pada pasar, sehingga Anda dapat membelinya di hampir semua platform. Berikut merupakan rekomendasi kami ketika Anda akan berinvetasi Litecoin:

  • Berinvestasi Litecoin melalui platform exchanges kripto: Indodax dan Tokocrypto.
  • Berinvestasi Litecoin melalui broker: Triv, Interactive Brokers.

Ketika Anda ingin berinvestasi Litecoin melalui Indodax, Anda hanya dapat melakukan pembelian Litecoin dengan pairing Litecoin dengan Rupiah, sehingga hanya ada satu jenis pertukaran yang tersedia pada platform Indodax. Berbeda dengan Indodax, platform Tokocrypto menyediakan dua jenis pairing yaitu Litecoin dengan Bitcoin (LTC/BTC) dan Litceoin dengan USD Theter (LTC/USDT).

Ketika Anda ingin berinvestasi Litecoin melalui broker, Triv merupakan jawabannya. Triv merupakan broker resmi yang terdaftar pada Bappebti yang telah melakukan Jual beli Litecoin terbesar di Indonesia sejak 2015. Mudah, kapanpun & dimanapun 24 jam tanpa hari libur. Triv terintegrasi dengan 61 bank & E-money di Indonesia, sejak 2015 Triv digunakan oleh jutaan orang untuk bertransaksi LTC. Anda harus membuat akun terlebih dahulu sehingga kemudian dapat melakukan transaksi pembelian Litecoin dengan menggunakan broker tersebut.

Pertanyaan yang sering diajukan

Apa itu mata uang LiteCoin?

Litecoin adalah mata uang kripto yang didukung oleh jaringan p2p (open source), yaitu sistem yang sama dengan sistem yang mendukung Bitcoin tetapi dengan sistem penambangan yang berbeda yaitu dengan tidak berdasarkan pada sistem yang sangat terpusat seperti Bitcoin.

Apa perbedaan utama Litecoin dengan Bitcoin?

Perbedaan utama antara Litecoin dengan Bitcoin terletak pada waktu transaksinya. Litecoin memiliki waktu transaksi yang lebih singkat apabila dibandingkan dengan Bitcoin yaitu sekitar 2-3 menit.

Di mana kita dapat membeli Litecoin di Indonesia?

Saat ini sudah ada beberapa platform exchange dan broker yang memungkinkan Anda untuk berinvestasi Litecoin. Apabila Anda ingin berinvestasi Litecoin melalui platform exchange, Anda dapat menggunakan Indodax dan Tokocrypto. Apablia Anda ingin berinvestasi Litecoin melalui broker, Anda dapat menggunakan Triv sebagai salah satu broker resmi yang terdaftar Bappebti.

1 LiteCoin berapa Rupiah?

Harga 1 LiteCoin terus mengalami perubahan selama masih aktif diperdagangkan. Adapun mata uang Kripto LiteCoin (LTC) per 26 Maret 2024 memiliki harga Rp 1,45 juta.

Artikel Terkait