Review Binance Indonesia: pilihan trading, platform, dan komisi

Binance adalah salah satu bursa kripto terbesar yang beroperasi saat ini, dengan mempertimbangkan volume perdagangan. Awalnya bursa kripto global ini berbasis di Hong Kong dan saat itu Binance masih diatur oleh regulasi aset crypto di Hong Kong. Perusahaan ini memiliki 7.000 karyawan dan punya 170 juta pelanggan di seluruh dunia pada tahun 2023. Volume perdagangan Binance pada bulan April 2024 mencapai $1,12 triliun, ini adalah rekor volume perdagangan tertinggi bagi Binance sejak Mei 2021.

review Binance

Apa itu Binance?

Binance adalah bursa kripto yang didirikan pada tahun 2017. Dengan menggunakan platform terpusat dan terdesentralisasi, di bursa kripto Binance pengguna bisa membeli, menjual, dan menukar aset kripto. Selain itu, pengguna juga dapat menyetor dan menarik aset kripto dari platform Binance, dan juga pengguna bisa menggunakan payment gateway Binance untuk membeli koin dengan uang fiat.

Bursa kripto Binance adalah bursa kripto global yang menyediakan lebih dari 400 aset kripto yang bisa Anda perdagangkan dan tidak heran jika Binance sering dikunjungi oleh investor dari seluruh dunia. Lantaran, Binance saat ini tersedia di lebih dari 180 negara dan memiliki kantor operasional di 40 negara.

Siapa pun dapat berinvestasi di Binance tanpa memverifikasi identitas mereka. Namun, ini hanya mencakup akun terbatas dengan jumlah uang yang relatif kecil yang digunakan. Binance akan meminta verifikasi KYC untuk akun dengan jumlah saldo yang relatif besar.

Setelah membuat akun, Anda akan memiliki opsi untuk menyetor kripto dari dompet Anda atau membelinya langsung dari bursa. USD dapat disetor melalui Paxos, sementara mata uang lain seperti EUR, RUB, UAH, dan KZT bisa Anda setorkan melalui Advcash yang sudah tersedia sejak tahun 2019.

Sebagai investor kripto, ada hal penting yang perlu Anda ketahui saat melakukan transaksi jual/beli aset crypto di Binance dimana pengguna harus mempertimbangkan untuk membeli token Binance Coin (BNB). BNB sendiri adalah kripto asli Binance yang bisa Anda gunakan sebagai metode pembayaran di Binance dengan keuntungan memberikan diskon yang cukup besar untuk mengurangi biaya perdagangan saat bertransaksi di Binance. Saat ini, BNB adalah salah satu mata uang kripto terbaik di dunia dengan menduduki peringkat keempat berdasarkan kapitalisasi pasar.

 Jumlah Karyawan 2023Jumlah Pelanggan 2023Volume Perdagangan 2023
Binance7.000170 juta$34,26 triliun
Coinbase3.41698 juta$468 miliar

Cara kerja Binance

Untuk mengetahui bagaimana cara kerja Binance sebagai sebuah crypto exchange, Anda perlu mengetahui fitur utamanya:

🌎 Negara asalHong Kong
💰 KomisiRendah
💰 Deposit minimalTidak
💵 Biaya inaktivitasTidak
💵 Biaya penarikan$1-$30 atau 1% untuk kartu kredit
📈 ProdukStablecoins, altcoins, futures crypto, opsi, P2P
🕹️ Koin yang didukung400+

Cara membuka akun di Binance Indonesia

Binance menawarkan beberapa jenis akun. Dengan akun Basic, Anda dapat menggunakan banyak layanan, tetapi jika Anda ingin trading derivatif yang lebih kompleks, Anda perlu membuka akun untuk futures atau opsi.

  • Akun Basic: akun dasar
  • Akun Futures: akun untuk perdagangan futures
  • Akun Option: akun untuk perdagangan opsi
  • Akun Corporate: akun untuk bisnis

Untuk membuka akun Binance Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Kunjungi situs web Binance dan klik Daftar. Isi informasi yang diminta.
  2. Ketika Anda mengklik buat akun, kode verifikasi akan dikirim ke email atau nomor telepon Anda (kode ini hanya valid selama 30 menit).
  3. Masukkan kode yang diterima untuk memverifikasi akun.
  4. Aktifkan 2FA.
  5. Hubungkan metode pembayaran.
  6. Deposit dana ke dompet kripto dan mulai trading.
Sumber: Screenlane

Pilihan aset kripto di Binance exchange

Binance memiliki lebih dari 400 cryptocurrency yang tersedia untuk diperdagangkan di bursanya. Untuk pengguna internasional, Binance menyediakan berbagai mata uang fiat, termasuk USD, EUR, AUD, GBP, HKD, dan INR.

Berikut adalah sejumlah cryptocurrency yang tersedia di Binance, antara lain:

  • Dash (DASH)
  • Cosmo (ATOM)
  • Composto (COMP)
  • Bitcoin (BTC)
  • Ethereum (ETH)
  • Litecoin (LTC)
  • Cardano (ADA)

Cara membeli Luna Inu di Binance

Jika Anda ingin membeli Luna Inu, koin ini tidak terdaftar di Binance, namun Anda dapat melakukan pembelian dengan menghubungkan dompet cryptocurrency Anda ke bursa desentralisasi (DEX) melalui akun Binance Anda untuk membeli mata uang dasar. Berikut adalah cara membeli Luna Inu di Binance.

  • Unduh dompet Binance.
  • Daftar dan sambungkan dompet cryptocurrency Anda melalui ekstensi Google Chrome dari dompet atau melalui aplikasi yang diunduh pada langkah sebelumnya.
  • Membeli BNB Chain sebagai mata uang dasar.
  • Kirim BNB Chain dari Binance ke dompet cryptocurrency Anda: setelah membeli BNB Chain, masuk ke bagian dompet Binance Anda dan cari BNB Chain yang dibeli. Klik penarikan dan masukkan informasi yang diminta. Pilih jaringan di BNB Chain, masukkan alamat dompet Anda dan jumlah dana yang ingin Anda transfer. Klik tombol penarikan dan tunggu BNB Chain Anda muncul di Binance Anda.

Jika Anda menggunakan situs web Binance:

  • Pilih bursa desentralisasi (DEX).
  • Hubungkan dompet Binance milik Anda ke bursa desentralisasi (DEX) yang ingin Anda gunakan dengan menggunakan alamat dompet Anda pada poin 2.
  • Tebus BNB Chain untuk mata uang yang ingin Anda dapatkan.
  • Pilih BNB Chain sebagai metode pembayaran dan pilih Luna Inu sebagai mata uang pembelian.
  • Jika Luna Inu tidak terdaftar, Anda bisa masukkan alamat kontrak Luna Inu dan menambahkannya.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, selanjutnya Anda dapat mengklik tombol pertukaran.

Binance Indonesia: komisi dan biaya

Komisi di Binance adalah salah satu yang terendah. Komisi yang ditetapkan di Binance bervariasi berdasarkan volume perdagangan. Binance menawarkan biaya perdagangan dengan discount rate berdasarkan volume yang diperdagangkan dan partisipasi Anda dalam koin Binance (BNB) dan apakah Anda menyediakan likuiditas atau tidak.

Komisi perdagangan standar untuk perdagangan aset kripto di Binance adalah 0,1%. Jika Anda memiliki saldo positif BNB di akun Binance Anda, komisi perdagangan berkurang menjadi 0,075%. Komisi untuk pembelian instan adalah yang terendah jika dibandingkan bursa kripto pesaing: Binance hanya membebankan komisi 2% untuk pesanan pembelian instan dengan kartu kredit/debit dan merupakan yang terendah di antara bursa kripto global lain.

Sebagai contoh, untuk perdagangan sebesar 1.000 euro:

ExchangeKomisi pada pembelian instan
Binance2% komisi untuk pembayaran dengan kartu kredit/debit
Coinbase3.99% komisi untuk pembayaran dengan kartu kredit/debit

Komisi penarikan dan deposit

Jenis pembayaranDepositPenarikan
SEPATidakmulai dari 0,80 euro
Kartu kredit/debit1,8%1%
Dompet elektronikTersedia (GoPay, OVO, DANA)Tersedia (GoPay, OVO, DANA)
Bank lokalGratis jika bank samaGratis jika bank sama
Deposit BTCTerdapat batasan mininum deposit yang bisa dilihat saat proses depositTerdapat batasan withdraw yang bisa dilihat saat proses withdraw

Komisi perdagangan Binance tergantung pada tingkat VIP (dari 0 hingga 9) atau volume perdagangan, menurut data yang dipublikasikan di situs Binance komisi didistribusikan sebagai berikut:

Ketika berbicara tentang biaya setoran dan penarikan, pengguna membayar tarif tetap untuk menutupi biaya transaksi yang terkait dengan penarikan cryptocurrency dari akun Binance mereka. Biaya penarikan ini ditentukan oleh jaringan blockchain dan dapat berubah tanpa pemberitahuan. Untuk alasan ini, untuk mengetahui tarif biaya ini, sebaiknya Anda mengunjungi situs web Binance. Selain Anda bisa melakukan deposit dan penarikan lewat metode pembayaran SEPA, kartu kredit/debit, dompet digital, dan bank lokal. Pengguna Indonesia juga bisa langsung melakukan deposit dan penarikan dengan crypto seperti USDT, Bitcoin, ETH, dan BNB di Binance.

Metode Pembayaran

Anda dapat dengan mudah membeli cryptocurrency langsung dengan kartu debit/kredit Anda di situs web Binance atau dalam mode Lite dari aplikasi Binance.

Cara Menarik dan Menyetor di Binance

Penarikan

  1. Masuk ke akun Binance Anda dan klik [Dompet] – [Ringkasan].
  2. Klik [Penarikan].
  3. Klik [Tarik Cryptocurrency].
  4. Pilih cryptocurrency yang ingin Anda tarik. Dalam contoh ini, kita akan menarik BNB.
  5. Pilih jaringan. Karena kita akan menarik BNB, kita bisa memilih antara BEP2 (BNB Beacon Chain) dan BEP20 (BNB Smart Chain [BSC]). Biaya jaringan untuk transaksi ini juga akan ditampilkan.
  6. Kemudian, masukkan alamat penerima atau pilih dari buku alamat.
  7. Masukkan jumlah penarikan dan Anda akan melihat biaya transaksi yang sesuai dan jumlah akhir yang akan Anda terima. Klik [Penarikan] untuk melanjutkan.
  8. Pada tahapan ini, Anda perlu memverifikasi transaksi. Untuk melakukan ini, ikuti petunjuk di layar.

Setoran

  1. Masuk ke akun Binance Anda dan klik [Dompet] – [Ringkasan].
  2. Klik [Setoran] dan jendela pop-up akan muncul.
  3. Klik [Setoran Cryptocurrency].
  4. Pilih cryptocurrency yang ingin Anda setor, misalnya USDT.
  5. Kemudian, pilih jaringan setoran. Pastikan jaringan yang dipilih sesuai dengan platform dari mana Anda menarik dana. Jika Anda memilih jaringan yang salah, Anda akan kehilangan dana.
  6. Klik untuk menyalin alamat deposit dari dompet Binance Anda dan salin ke alamat platform dari mana Anda ingin menarik kripto.
  7. Jika Anda mau, Anda juga bisa mengklik ikon kode QR untuk mendapatkan kode QR dari alamat platform dan mengimpornya ke platform dari mana Anda menarik kripto tersebut.
  8. Setelah mengkonfirmasi permintaan penarikan, Anda perlu menunggu konfirmasi transaksi. Waktu konfirmasi bervariasi tergantung pada blockchain dan lalu lintas jaringan pada saat itu.
  9. Setelah transfer diproses, dana akan segera dikreditkan ke akun Binance Anda.
  10. Anda dapat memeriksa status deposit di [Riwayat Transaksi] dan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang transaksi terbaru.

Keamanan Binance Indonesia

Bursa kripto Binance tidak menyediakan program asuransi deposit, karena Binance bukanlah sebuah bank. Oleh karena itu, layanan tersebut tidak diatur seperti halnya yang terdapat di layanan broker. Anda bisa melihat bursa kripto resmi Bappebti terbaik di Indonesia di sini.

Fitur keamanan Binance mencakup otentikasi dua faktor (2FA) melalui aplikasi Google Authenticator atau Short Message Service (SMS), whitelisting adress, manajemen perangkat, dan membatasi akses ke perangkat. Namun, investor Indonesia perlu mempertimbangkan baik-baik terkait legalitas dari Binance di Indonesia yang hingga saat ini belum terdaftar dan diawasi Bappebti.

Binance Coin: token Binance

Binance Coin dibuat sebagai token utilitas yang digunakan untuk biaya perdagangan di Binance dengan keuntungan memberikan potongan harga yang diluncurkan pada tahun 2017. Tetapi sejak itu penggunaan BNB telah diperluas ke banyak aplikasi di berbagai platform. Token Binance Ini dikembangkan untuk digunakan untuk membayar biaya transaksi di www.binance.com, Binance DEX dan Binance Chain.

Review Binance: platform versi lite dan pro

Platform Binance cukup sederhana dan user friendly. Anda dapat memilih mata uang kripto yang ingin dijual dan yang ingin dibeli. Anda dapat mengonversikan mata uang fiat menjadi kripto dan sebaliknya, atau mengonversi satu aset kripto menjadi aset kripto lainnya.

Jika Anda menginginkan lebih banyak opsi, Binance juga menawarkan platform trading lanjutan. Di platform Classic atau Advanced, Anda dapat melakukan trading menggunakan desain antarmuka gaya terminal trading dengan banyak tools grafis dan jenis order lanjutan.

Binance mobile

Platform mobile Binance menawarkan 2 desain interface, yaitu versi Binance Lite dan Pro. Perbedaan kedua versi platform Binance mobileini bisa kita bedakan dari desain interface dan fitur yang ditawarkan. Binance lite hanya untuk mengirim, menerima, dan melacak aset cryptocurrency. Sementara tampilan Binance mobile versi Pro lebih profesional dengan tersedianya lebih banyak grafik lanjutan dan jenis order yang lebih kompleks.

Trustwallet: dompet Binance

Trust Wallet diluncurkan pada November 2017 oleh Viktor Radchenko dan langsung memikat hati banyak pengguna di luar sana. Binance membeli Trust Wallet pada 2018 dan Eowyn Chen, mantan wakil presiden pemasaran Binance, menjadi CEO pada awal 2021.

dompet binance

Aplikasi Trust Wallet adalah dompet kripto mobile yang tidak memerlukan pendaftaran. Tersedia untuk pengguna iOS, Android dan Google Play. Setelah diinstal, Anda dapat dengan mudah menghubungkan dompet tersebut. Pada dompet kripto, Trust Wallet termasuk jenis hot wallet yang bisa Anda ketahui kelebihan dan kekurangannya di sini.

Layanan Pelanggan

Anda dapat menghubungi Binance hanya melalui fitur chat yang tersedia 24 jam sehari dalam 7 hari seminggu.

Ada dua cara bagi Anda yang ingin menghubungi Binance lewat fitur chat. Cara termudah adalah dengan mengakses fitur chat ini yang tersedia di aplikasi Binance dan mengaksesnya lewat situs web Binance di laman dukungan.

Pro dan Kontra Binance

KelebihanKerugian
Komisi pembelian rendah via pembelian instan dan tidak instanTidak diawasi Bappebti
Menawarkan lebih dari 400 aset cryptoStruktur perusahaan kurang transparan.
Menyediakan pilihan trading yang beragam dan jenis order lanjutan Beberapa hambatan dalam verifikasi akun.

Penghasilan dari transaksi kripto harus dilaporkan dalam pajak

Keuntungan yang Anda peroleh dari investasi kripto harus dilaporkan dalam pelaporan pajak, karena cryptocurrency sendiri di Indonesia termasuk objek pajak. Oleh karenanya, penghasilan yang Anda peroleh dari investasi kripto wajib dilaporkan saat pengisian SPT tahunan. Pajak crypto di Indonesia sendiri sudah resmi diberlakukan sejak 1 Mei 2022.

Alternatif untuk Binance

Beberapa alternatif untuk Binance adalah:

FAQ

Apakah Binance resmi di Indonesia?

Binance belum memenuhi persyaratan legalitas untuk beroperasi secara resmi di Indonesia. Karena hingga saat ini Binance belum terdaftar resmi di Bappebti.

Berapa komisi di Binance?

komisi perdagangan yang dibebankan kepada investor maupun trader tergantung dari volume perdagangan yang dilakukan dan partisipasi Anda dalam koin Binance (BNB), serta apakah Anda menyediakan likuiditas atau tidak.

Artikel Terkait

Golden Cross: Apa itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Golden cross adalah sinyal perdagangan dalam analisis teknikal yang terjadi ketika moving average yang lebih kecil melintasi moving average yang lebih besar ke atas. Hal ini menunjukkan kemungkinan perubahan tren naik. Strategi ini telah memenangk...