Apa itu NFT? Ini cara kerja & berinvestasi di dalamnya

Pada artikel kali ini kita akan membahas aset digital yang sedang banyak dibicarakan, yaitu NFT. Ini merupakan sertifikat kepemilikan digital yang didukung oleh teknologi blockchain, sama seperti mata uang kripto.

NFT | Apa itu, bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana cara berinvestasi di dalamnya

Aset digital telah ada sejak awal mula internet, seperti nama domain. Aset ini merupakan jenis aset yang unik, langka, dan bahkan sangat langka yang menyebabkan aset tersebut memiliki nilai. Bagaimana jika ada sertifikat kepemilikan atau keaslian aset tersebut? Bagaimana jika sertifikat tersebut dapat dinegosiasikan? Berkat NFT, semua ini menjadi mungkin. Yuk, simak artikel ini untuk memahaminya!

Konsep dan definisi: Apa itu NFT?

NFT adalah singkatan dari Non Fungible Tokens, dalam bahasa Indonesia adalah token yang tidak dapat dipertukarkan. NFT merupakan sertifikat kepemilikan digital yang telah merevolusi dunia seni dan hak cipta.

Pada tanggal 11 Maret, seorang seniman digital yang juga desainer grafis terkenal yaitu Beeple, berhasil menjual karya seninya melalui suatu lelang dengan harga sekitar US$ 58 juta. Namun, dikarenakan karya seni ini bersifat digital, sehingga tidak dikirimkan dalam bentuk fisiknya melainkan sertifikat digitalnya yang menjadi tanda kepemilkan atas karya seni digital tersebut. Hal tersebut merupakan salah satu perdagangan NFT.

Melalui sertifikat digital ini, sertifikat kepemilikan atau sederhananya “token”, keaslian atau hak kepemilikan atas aset digital apa pun dapat disimpan dalam buku besar terdistribusi serta informasinya tidak dapat dipalsukan.

NFT disebut token yang tidak dapat dipertukarkan karena merepresentasikan hak atas aset unik. Aset yang dapat dipertukarkan bisa ditukar dengan aset lain yang bernilai sama, seperti uang atau karya seni.

nft apa itu
Sumber: DBS Bank

Ketika ada seseorang yang meminjam uang ke kita sebesar Rp 100.000, mereka tidak perlu mengembalikan uang kertas Rp 100.000 yang sama, hanya dengan memberikan kita uang kertas dengan nilai yang sama. Misalnya mereka mengembalikan pinjaman dengan 2 lembar uang Rp 50 ribu atau 10 lembar uang Rp 10 ribu.

Namun, terdapat aset yang tidak dapat digantikan dengan aset lain yaitu aset yang memiliki sifat yang unik dan asli. Contoh nyata dari hal tersebut adalah karya seni. Ada segmen lain yang akan kita bahas selanjutnya berkaitan dengan validitas NFT.

Jadi, walaupun mata uang kripto merupakan token yang dapat dipertukarkan, NFT merupakan token (bisa dianggap sebagai “voucher” digital) yang memiliki sifat unik. Token tersebut mewaliki hak atas suatu aset dan menjadi obek perdagangan. Oleh karena itu, memiliki NFT sama dengan memiliki mata uang kripto namun dengan karakterisik yang unik dan berbeda sehingga nilainya akan memiliki keunikan tersendiri.

Apa keuntungan yang ditawarkan?

Pada bagian ini, kami akan memberikan beberapa keuntungan yang ditawarkan. Berikut merupakan keuntungan yang ditawarkan dari memiliki NFT:

KeuntunganPenjelasan
StandarisasiAset digital tidak memiliki representasi hingga munculnya token yang tidak dapat dipertukarkan. Misalnya, barang koleksi tidak direpresentasikan dengan cara yang sama seperti pembelian domain. Dengan direpresentasikan dalam token yang tidak dapat dipertukarkan, memungkinkan untuk menentukan serangkaian standar seperti kepemilikan, transfer, dan pengendalian akses.
Dapat diperdagangkanKetika standarisasi terjadi, token tersebut dapat dengan mudah dikirimkan sehingga proyek NFT baru dapat dipertukarkan secara bebas pada pasar. Pengguna dapat menciptakan cara pemasaran yang lebih canggih seperti lelang, penawaran, bundling, dan kemampuan menjual dalam bentu mata uang apa pun. Cara tersebut dapat dilakukan tanpa mengandalkan kehadiran pedagang yang meciptakan pasar yang lebih luas.
Jaminan kelangkaanBerkat adanya smart contract, pengembang proyek NFT dapat berkreasi dengan cara tertentu dalam jumlah yang terbatas. Hal tersebut juga mengharuskan kekhususan ini tetap dan tidak berubah seiring dengan berjalannya waktu. NFT telah menunjukkan kelangkaanya sebagai sebuah karya asil (hal yang sangat berharga dalam dunia seni).
Kemampuan untuk diprogramAset digital ini 100% dapat diprogram. Hal tersebut dikarenakan banyak NFT yang memiliki mekanisme yang rumit dikarenakan desainnya yang memiliki banyak kemungkinan.

 

Pada segmen apa NFT dapat digunakan?

Sertifikat kepemilikan digital ini dapat digunakan pada file GIF, postingan di jejaring sosial, gambar digital, ebook, seni digital, dan lain-lain. Semua elemen ini tersedia untuk siapa saja hanya dengan satu klik. Namun kepemilikan atas ciptaan tersebut dimiliki oleh seseorang serta sertifikat bukti kempilikan atau keasliannya dapat berbentuk digital yaitu dengan NFT. Apabila seseorang membeli sertifikat digital ini, mereka akan mendapatkan hak kempilikan atas karya cipta tersebut.

NFT telah menyebabkan terjadinya revolusi sejati pada dunia digital. Para seniman, merek besar, selebritas, aktor, influencer, dan siapa pun yang memiliki hak ditigal dapat memanfaatkannya melalui sertifikat kepilikan ditigal tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa segmen di mana NFT dapat digunakan:

Segmen Penjelasan
Karya seni digitalSeniman digital mana pun dapat menghasilkan infoproduk yang kepemilikannya dapat dijual.
Barang koleksiNFT dapat diciptakan untuk dikoleksi. Pada segmen ini menciptakan pengikutnya sendiri (orang-orang yang memiliki hobe mengkoleksi) dan menciptakan interaksi antar para kolektor. Saat ini sudah ada NFT yang berwujud kartu digital para pemain sepak bola.
Video gameBaik permainan kartu, permainan role-playing, permainan strategi, dan sebagainya. Salah satu contoh adalah objek yang diperoleh dalam permainan role-playing, beberapa objek tersebut sangat sulit untuk didapatkan dan memiliki nilai yang tinggi bagi para pemainnya. Jenis permainan seperti ini umumnya memiliki pasar yang paralel untuk memperjualbelikan jenis objek ini.
OlahragaAset serta hak cipta yang dimiliki oleh tokoh besar di dunia olagraga seperti klub NBA bisa menjadi subjek diciptakannya NFT. Sebagai contoh NBA, liga bola basket profesional di Amerika Serikat, menjual video dengan konten permainan terbaik sepanjang masa.
Lain-lainContohnya nama domain atau hak khusus yang diberikan kepada pemiliknya.

Perlu dicatat bahwa NFT tidak bertentangan dengan dunia fisik. NFT tersebut menjadi pelengkap digital pada semua aset yang ada di dunia nyata.

Demikian pula, NFT tidak selalu melibatkan pengalihak hak cipta. NFT juga dapat berwujud sertifikat keaslian karya (misalnya membeli gambar yang ditandatangai oleh Michael Jordan).

Bagaimana cara kerjanya?

NFT menggunakan teknologi yang sama dengan mata uang kripto, yaitu blockchain. Transaksi Anda dilakukan melalui buku besar digital pada jaringan yang terdesentralisasi dan disimpan dalam wallet.

Dengan cara ini, NFT didaftarkan dalam buku besar digital. Namun, berbeda dari mata uang kripto dikarenakan masing-masing dari NFT ini terdiri atas serangkaian metadata yang memberikan sifat yang unik. Dengan kata lain, NFT bersifat individual dan berbeda satu sama lain. Metadata dapat berupa karakteristik, seperti ukuran, nama pembuat, dan lain-lain.

Seperti halnya mata uang kripto, NFT tidak dapat dipalsukan. Pencatatannya dilakukan pada buku besar bersama, yang pemeliharaannya dilakukan oleh ribuan pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Metadata pada sebuah NFT menjamin keaslian karya tersebut.

Pengoperasian NFT dapat bervariasi tergantung pada platform blockchain yang mendukungnya. Ethereum menjadi jaringan pertama yang melakukan transaksi untuk NFT. Sehingga transaksi jual beli NFT umumnya hanya bisa dilakukan menggunakan mata uang kripto Ethereum untik saat ini.

apa itu nft process
Sumber: Data Science Cental

Salah satu fitur utama Ethereum adalah memungkinkan pembuatan smart contract (menjadi dasar standar untuk “mentokenisasi” atau membuat token yang tidak dapat dipertukarkan).

Namun, menurut “Laporan Tahunan NFT 2020”, tidak terdapat korelasi yang jelas antara total transaksi NFT dan transaksi Ethereum (rata-rata volume transaksi NFT mingguan masih sangat rendah jika dibandingkan Ethereum). Faktanya, aset digital ini siap beroperasi pada blockchain apa pun, tidak hanya Ethereum. Meskipun sebagian besar proyek dilakukan pada platform Ethereum, bukan berarti platform tersebut menjadi satu-satunya platform yang digunakan.

Singkatnya, berkat blockchain, aset digital apa pun bisa menjadi NFT. Proses ini disebut “pencetakan” atau “tokenisasi”.

👉 Selain Ethereum, mata uang kripto terkenal lainnya adalah Bitcoin. Jika Anda tertarik berinvestasi di Bitcoin: Cara Aman Berinvestasi Bitcoin di Indonesia: Panduan Langkah

👉 Dalam mata uang kripto, dikenal istilah Altcoin atau alternatif Coin: Mata Uang Kripto Altcoin: Pahami sebelum Trading!

Bagaimana caranya berinvestasi di dalamnya?

Karena sifat perdagangannya yang tidak dapat dipertukarkan, maka terciptalah pasar yang menarik perhatian banyak investor.

Transaksi yang terjadi di pasar NFT telah mencapai lebih dari US$ 200 juta hanya dalam waktu dua bulan pertama pada tahun 2021 dan ini masih dalam tahap awal.

Tidak diragukan lagi bahwa angka-angka ini cukup untuk menunjukkan bahwa pasar NFT sedang booming (bahkan ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa gelembung mungkin sedang terjadi). Meski pada kenyataannya, pasar produk ini masih sangat kecil jika dibandingkan dengan pasar mata uang kripto. Oleh karena itu, hal tersebut belum dapat diukur dengan akurat.

Namun, indikator utama, seperti minat pengembang yang ada pada jumlah kontrak ERC721 (standar pertama yang mewakili aset digital yang tidak dapat dipertukarkan) tumbuh pada tingkat yang eksponensial.

Kami dapat memastikan bahwa krisis Covid-19 telah mempercepat transisi ke dunia digital yang terlihat jelas dalam tren yang terjadi baru-baru ini. Pertumbuhan terjadi pada penjualan digital, sedangkan bisnis fisik masih mengalami stagnant. Masyarakat bergerak menuju suatu era di mana transaksi digital akan menjadi sarana utama untuk melakukan perdagangan. Masa depan era digitalisasi pun semakin terpacu dengan mulai munculnya produk-produk NFT.

NFT dianggap sebagai simpanan atau deposit yang bernilai yang memiliki platform tersendiri dalam pertukarannya, misalnya Opensea yang menjadi pasar barang kripto terbesar. Opensea menjadi marketplace yang menyediakan barang-barang koleksi, item game, dan berbagai barang virtual lainnya. Platform ini memiliki fungsi sebagai lapak jual beli yang mirip seperti eBay dengan pembelian barang yang dapat dilakukan dengan smart contract.

Cara menghasilkan uang

Pada dasarnya terdapat tiga cara untuk menghasilkan keuntungan melalui NFT. Berikut merupakan tiga model bisnis menurut “Laporan Tahunan NFT 2020” yang dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan yang stabil dan cukup untuk dijadikan kegiatan full-time.

  • Seniman (yaitu, pembuat konten digital).
  • Mengembangkan proyek NFT
  • Bertransaksi dengan NFT (berinvestasi)

Berinvestasi NFT

Karena merupakan objek yang tidak dapat dipertukarkan, tidak ada pasar yang terorganisasi untuk berinvestasi pada NFT seperti pasar saham yang memiliki regulator. Hal serupa terjadi ketika berinvestasi pada properti atau karya seni. Namun Anda tetap bisa melakukan jual-beli NFT.

Tidak diragukan lagi bahwa pasar karya seni dapat menjadi sumber pendapatan yang baik bagi siapa saja yang mengetahui caranya dalam beroperasi, namun pasar yang terorganisir tidak memiliki transparansi.

Pedagang atau investor dalam proyek tersebut mengikuti aturan umum yang terdapat pada semua perdagangan yaitu membeli dengan harga rendah dan menjual dengan harga tinggi. Namun bagaimana Anda bisa menentukan apakah proyek NFT memiliki potensi untuk bertumbuh?

Dalam hal ini, fungsi pasar NFT dapat disamakan dengan fungsi pasar seni atau pasar mata uang kripto yaitu sulit untuk mengekstraksi nilai aset. Namun, berinvestasi NFT juga dianggap lebih berisiko apabila dibandingkan mata uang kripto.

Kenyataannya, masih sangat dini bagi pasar NFT untuk menentukan apakah mungkin untuk melakukan investasi cepat (perdagangan jangka pendek). Namun, apabila kita berpedoman pada pasar seni konvensional, investasi memerlukan waktu untuk menjadi lebih matang. Jarang sekali kita bisa melihat bagaimana sebuah karya seni meningkat nilainya setelah beberapa tahun.

Meskipun, melihat evolusi pasar, ekspektasi awal dapat mendorong terciptanya permintaan yang berlebih dan aset tumbuh dengan cepat, kemungkinan keadaan akan kembali menjadi normal (pasar selalu memulihkan kewarasannya dalam jangka panjang).

Oleh karena itu, dengan memperlakukan investasi pada NFT seolah-olah merupakan investasi pada bidang seni, inflasi juga dapat berperan dan berdampak pada profitabilitas investasi tersebut. Hal tersebut akan menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan.

Di sisi lain, layaknya perusahaan yang dianalisa kinerjanya untuk menentukan harga saham, demikian pula NFT. Kita juga bisa menganalisis tim pengembang, industri tempat NFT bergerak, komunitas yang dihasilkannya, merek pribadi seniman, dan serangkaian data fundamental lainnya.

Anda harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang pasar ini, seperti halnya pasar properti atau karya seni.

Saat memeriksa kapitalisasi pasar dari berbagai NFT, orang mungkin berpikir bahwa NFT yang termasuk ke peringkat teratas adalah mereka yang benar-benar memiliki proyek yang solid.

Kapitalisasi pasar NFT
Daftar NFT berdasarkan kapitalisasi pasar.
Sumber: coinmarketcap

Sama seperti setiap aset dianalisis sendiri (karena unik), maka penting juga untuk mengetahui pengikut di baliknya.

Setiap NFT akan menciptakan pengikut dan ekspektasi, keduanya merupakan hal yang memberikan dorongan kepada suatu proyek. Anda harus bertanya kepada diri sendiri apabila jumlah pengikutnya cukup besar dan profil Anda cukup kuat untuk menghasilkan keuntungan. Suatu komunitas yang terus berkembang merupakan indikator yang baik pada sebuah proyek dengan prospek pertumbuhan yang baik.

Aspek penting lainnya yang harus selalu diperhatikan ketika berinvestasi adalah apakah non-fugible tokens ini cukup likuid sehingga kita dapat membatalkan investasi kita ketika tiba saatnya?

Bagaimana cara memantau NFT?

Ada banyak sekali halaman dan sumber informasi yang membicarakan tentang sektor ini. Apabila sudah berpengalaman, Anda pasti dapat melihat proyek mana yang layak untuk diinvestasikan pada sektor tersebut.

Nonfungible merupakan basis data terbesar yang ada dan kita dapat melihat riwayat transaksi jual beli yang telah dilakukan di sana.

Memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk memahami tentang konsep pasar tersebut serta beberapa aset yang tidak dapat dipertukarkan yang diperdagangkan di dalamnya. Anda juga harus mengenal tren dan data penjualan.

Mari kita berpikir bahwa pada umumnya pasar karya seni disediakan bagi para profesional yang telah mendalaminya (misalnya pedagang barang antik, galeri seni, penjual, rumah lelang, kolektor yang telah berpengalaman di bidan ini, dan lain-lain). Anda harus benar-benar ahli untuk melakukan perdagangan karya seni dan hal ini bisa diterapkan secara sempurna dengan berinvestasi pada NFT.

Apabila Anda ingin berinvestasi pada saham Microsoft, Anda bisa membeli saham sesuai dengan kemampuan kita dan tidak perlu menilainya satu per satu. Lain halnya dengan NFT, dikarenakan tidak ada NFT yang sama, Anda harus menilai dengan tepat pada setiap NFT yang ingin Anda miliki.

NFT Terpopuler
Daftar top NFT. Sumber: opensea

Pasar NFT

Sama seperti halnya dengan semua jenis aset, sangat mungkin akan muncul instrumen derivatif pada NFT. Kami merujuk pada CFD dan futures pada NFT.

Pada prinsipnya, kemampuan memperdagangkan NFT melalui instrumen baru dapat menjadi suatu keuntungan. Hal ini karena pedagang akan mengakses pasar di mana dia tidak secara fisik membeli NFT, melainkan akan melakukan langkah yang bersifat spekulatif terhadap fluktuasi harga pada NFT tersebut.

Perdagangan derivatif keuangan memberikan likuiditas yang lebih besar serta kemudahan dalam melakukan trading. Pergerakan naik dan turunnya harga dapat dimanfaatkan berkat kemudahan untuk mengambil posisi short yang ditawarkan oleh produk tersebut. Selain itu, tedapat instrumen leverage (apabila Anda mengatahui cara untuk mengelola risiko dengan baik, leverage dapat sangat berguna).

Sementara itu, satu-satunya pasar yang ada pada NFT adalah pasar spot yaitu dengan melakukan pembelian langsung tanpa melalui perantara broker.

Menjadi hal yang bijaksana apabila megikuti harga yang telah ditentukan pasar, dikarenakan penentuan harga aset dilakukan dengan lebih baik berdasarkan penjualan yang telah dilakukan. Dengan cara tersebut, ketika Anda ingin membeli NFT yang telah tertera harganya, Anda dapat mengetahui apakah harga tersebut sudah sesuai dengan harga pasar serta apakah harga tersebut mengalami kenaikan atau penurunan.

Kemungkinan terdapat grup, komunitas, atau forum di mana NFT diperjualbelikan dengan harga yang lebih murah, dapat membeli dalam jumlah yang besar, dan lain sebagainya selain melalui platform jual beli NFT. Semua ini tentang interaksi dan negosiasi dan cara ini berlaku untuk beberapa proyek NFT utama.

Singkatnya, pasar bisa menjadi sangat rumit. Pada suatu kasus, tidak sepenuhnya mustahil berinvestasi pada NFT selama Anda mengetahui kunci untuk meperdagangkan aset digital yang baru muncul tersebut.

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Untuk apa orang membeli NFT?

NFT dapat digunakan untuk membeli barang-barang dunia nyata seperti karya seni, musik, atau properti namun hanya dalam wujud virtual. NFT tidak dapat diperdagangkan atau ditukar seperti mata uang kripto, dikarenakan NFT ini tidak ada yang sama antara satu dengan yang lain. NFT memiliki beberapa keunggulan, salah satunya terkait tingkat keasliannya.

Apa risiko yang dimiliki NFT?

Keterbatasan NFT terdapat pada hal layanan yang harus diikuti pengguna saat menggunakan pasar NFT. Walaupun pembeli mendapatkan hak kepemilikan atas suatu NFT, ia mungkin tidak mendapatkan hak kekayaan intelektual dari karya seni yang mendasarinya.

Apa keunggulan utama dari NFT?

Berinvestasi NFT berguna untuk membangun rantai kepemilikan yang jelas pada suatu aset digital. Tentu saja keunggulan aset NFT ini adalah sifatnya yang unik dan tidak dapat dipalsukan.

Di mana kita bisa berdagang NFT?

Anda bisa berdagang NFT di marketplace seperti Opensea, SuperRare, Rarible, Binance dan Coinbase.

.

Artikel Terkait