Rekomendasi Dana Pensiun Terbaik 2024, Mana Yang Paling Untung?

Dana pensiun masih menjadi instrumen tabungan utama untuk pensiun meskipun mengalami pengurangan dalam keuntungan pajaknya. Apakah Anda tahu apa rekomendasi dana pensiun terbaik untuk 2024?

Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa dana pensiun yang telah berkinerja baik hingga sekarang dan dengan potensi terbesar untuk masa depan. Kami menyajikannya kepada Anda berdasarkan keuntungannya.

Menurut OJK, dana pensiun adalah lembaga keuangan nonbank yang menyelenggarakan program pensiun. Dana pensiun atau yang selanjutnya disingkat menjadi dapen dapat didirikan oleh perusahaan, lembaga sosial, atau orang perorangan yang mempekerjakan karyawan. Dana pensiun merupakan badan hukum dengan manajemen, kegiatan operasional dan kekayaan yang terpisah dari pendirinya.

Secara umum, ada 2 jenis dana pensiun di Indonesia, yakni Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPKK) dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). DPPK dibentuk oleh perusahaan untuk sebagian atau seluruh karyawannya. Sementara DPLK dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi untuk masyarakat umum, termasuk karyawan dan pekerja mandiri.

Persiapkan dana pensiun sejak dini
Sumber: OJK

Salah satu contoh DPKK adalah Dana Pensiun Pertamina atau dapen lainnya yang dikelola oleh korporasi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lebih detail mengenai DPLK dan beberapa alternatif DPLK yang bisa Anda pertimbangkan.

Analisis Mengenai Dana Pensiun

Secara umum, cara menghitung dapen melibatkan perubahan nilai uang saat ini menjadi nilai uang pada masa depan karena nilai uang akan berubah seiring waktu karena adanya inflasi. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan rumus yang telah disediakan:

FV = PV × (1+I)^n

dengan keterangan:

  • FV adalah nilai uang di masa depan
  • PV adalah nilai uang saat ini
  • I adalah tingkat inflasi
  • n adalah selisih usia pensiun dan usia saat ini.

Untuk lebih mudah dipahami, mari kita lihat contoh penghitungannya berikut ini!

Johan, seorang pegawai swasta berusia 25 tahun, bermaksud pensiun pada usia 55 tahun dan berencana hidup hingga usia 75 tahun. Dengan asumsi inflasi tahunan sebesar 5% dan biaya hidup bulanan sebesar Rp 5 juta, berapa total dapen yang dibutuhkan Johan?

Diketahui:

PV = 5 juta

Inflasi = 5%

n = 55 tahun − 25 tahun = 30 tahun

Ditanya: FV?

Jawaban:

FV = PV × (1+I)^n

FV = 5 juta × (1+5%)^30 = 21,6 juta

Jadi, uang sebesar 5 juta saat ini akan menjadi sekitar 21,6 juta per bulan pada masa depan.

Selanjutnya, untuk menghitung total biaya hidup yang dibutuhkan selama pensiun, kita dapat mengalikan selisih antara usia harapan hidup dan usia pensiun dengan biaya hidup bulanan.

Rumus:

Jangka waktu pensiun = usia harapan hidup − usia pensiun

Jangka waktu pensiun = 85 tahun − 55 tahun

Jangka waktu pensiun = 20 tahun

Total dana yang dibutuhkan:

Total dana pensiun = biaya hidup di masa depan × 12 bulan × jangka waktu pensiun

Total = 21,6 juta × 12 bulan × 20 tahun = 5,2 miliar

Jadi, total dana pensiun yang dibutuhkan oleh Johan saat berusia 55 tahun adalah sekitar 5,2 miliar.

Rekomendasi Produk DPLK Terbaik 2024

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi DPLK terbaik yang bisa dipertimbangkan:

  • DPLK BRI
  • DPLK BNI Simponi
  • DPLK AXA Mandiri
  • DPLK Manulife
  • DPLK Syariah Muamalat
  • DPLK BJB
  • DPLK Indolife
  • DPLK AIA
  • DPLK Astra

Di masing-masing DPLK ini terdapat berbagai pilihan produk yang bisa disesuaikan dengan profil risiko Anda. Sebagai contoh, DPLK BRI memiliki 6 produk, seperti BRI Pasar Uang, BRI Pendapatan Tetap, BRI Saham, BRI Kombinasi, BRI Pasar Uang Syariah, dan BRI Berimbang Syariah.

Berikut ini rangkuman produk DPLK yang ditawarkan oleh bank dan perusahaan asuransi:

DPLK BRI

portal dplk bri

DPLK BRI unggul karena dikelola oleh Bank BRI dengan pengalaman lebih dari 120 tahun. Transaksi mudah lewat ATM, mobile banking, dan internet banking Bank BRI. Mereka menyediakan beragam pilihan investasi dengan hasil yang konsisten. Selain itu, mereka transparan dalam publikasi hasil investasi dan bermitra dengan banyak perusahaan besar. Biaya rendah dengan pendaftaran gratis dan fasilitas informasi saldo yang mudah diakses juga merupakan keunggulan lainnya.

  • Pasar Uang: portofolio efek pasar uang 100%, tingkat risiko konservatif
  • Pendapatan Tetap: portofolio efek utang 80 – 100% dan efek pasar uang 0 – 20%, tingkat risiko konservatif moderat
  • Saham: portofolio efek saham 80 – 100% dan efek pasar uang 0 – 20%, tingkat risiko agresif
  • Kombinasi: portofolio kombinasi DPLK BRI Pasar Uang, DPLK BRI Pendapatan Tetap dan DPLK BRI Saham sesuai pilihan peserta, tingkat risiko moderat agresif
  • Pasar Uang Syariah: portofolio efek pasar uang syariah 100%, tingkat risiko konservatif
  • Berimbang Syariah: portoflio efek pasar uang syariah 100%, efek sukuk 0-50%, efek saham syariah 0-50%, tingkat risiko moderat agresif

DPLK BNI SImponi

BNI Simponi adalah program pensiun yang disediakan oleh Dana Pensiun PT. Bank Negara Indonesia (DPLK BNI), yang telah beroperasi sejak tahun 1994 berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun. Siapa pun bisa bergabung dengan BNI Simponi tanpa memandang profesinya atau latar belakangnya. Program ini terbuka bagi semua lapisan masyarakat, termasuk pegawai negeri, karyawan swasta, karyawan BUMN/BUMD, dokter, notaris, konsultan, akuntan, pengacara, arsitek, pedagang, petani, buruh, mahasiswa, dan siapa saja yang menginginkan keamanan finansial di masa pensiun.

  • SIMPONI LIKUID: 100% deposito dan/atau pasar uang
  • SIMPONI LIKUID PLUS: 75% deposito dan/atau pasar uang & 25% obligasi
  • SIMPONI LIKUID SYARIAH: 100% deposito syariah, pasar uang syariah dan/atau obligasi syariah
  • SIMPONI MODERAT: 50% deposito dan/atau pasar uang & 50% obligasi
  • SIMPONI BERIMBANG: 50% deposito dan/atau pasar uang & 50% reksa dana dan/atau saham
  • SIMPONI BERIMBANG SYARIAH: 50% deposito syariah, pasar uang syariah dan/atau obligasi syariah & 50% reksa dana syariah
  • SIMPONI PROGRESIF: 50% obligasi & 50% reksa dana dan/atau saham

DPLK AXA Mandiri

produk dana pensiun

DPLK AXA Mandiri memiliki program pensiun terbagi dalam dua tahap dengan mempertimbangkan usia pensiun rata-rata yaitu 55 tahun. Tahap pertama adalah mengumpulkan dan mengelola dana peserta hingga mencapai usia pensiun. Tahap kedua memungkinkan peserta untuk memilih produk anuitas sesuai kebutuhan.

Produk unggulan dari DPLK AXA Mandiri antara lain:

  1. Pasar Uang: Dana peserta diinvestasikan sepenuhnya pada instrumen pasar uang seperti tabungan, deposito, dan reksa dana berorientasi pasar uang.
  2. Pendapatan Tetap: Sebagian besar dana peserta diinvestasikan pada instrumen pendapatan tetap seperti obligasi dan reksa dana berorientasi pendapatan tetap, dengan sisanya diinstruksikan pada pasar uang.
  3. Syariah Pasar Uang: Dana peserta diinvestasikan sepenuhnya pada pasar uang syariah.
  4. Saham Pasar Uang: Sebagian besar dana peserta diinvestasikan pada saham dan sisanya pada instrumen pasar uang.
  5. Syariah Pendapatan Tetap: Sebagian besar dana peserta diinvestasikan pada instrumen pendapatan tetap syariah.
  6. Saham Pendapatan Tetap: Sebagian besar dana peserta diinvestasikan pada saham dan sisanya pada instrumen pendapatan tetap.
  7. Kombinasi 1: Dana peserta diinvestasikan pada pasar uang dan pendapatan tetap dengan proporsi maksimum tertentu.
  8. Kombinasi 2: Dana peserta diinvestasikan pada pasar uang dan pendapatan tetap dengan proporsi maksimum tertentu.

DPLK Manulife

manulife dplk

DPLK Manulife Indonesia adalah lembaga yang didirikan oleh PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia untuk mengelola program pensiun. Program ini menawarkan manfaat pensiun sesuai dengan Undang-undang Nomor 11 tahun 1992 dan peraturan yang mengikutinya. DPLK Manulife Indonesia telah disetujui oleh Menteri Keuangan pada tanggal 5 Agustus 1994 dengan nomor KEP-231/KM.17/1994.

  • MiFuture Income Protector: Memberikan benefit pembayaran hingga 6 kali jumlah premi yang dibayarkan. Keleluasaan bagi nasabah untuk menentukan usia mapan (fleksibilitas) dan dana mapan yang diinginkan. Kemudahan Underwriting (Simplified Issuance Offer/SIO)
  • Manulife MiGolden Retirement: Memberikan fleksibilitas dalam pembayaran dan pilihan investasi. Dengan iuran minimal Rp 500 ribu per bulan, produk ini memberikan manfaat pensiun normal, dipercepat, cacat, dan manfaat pensiun meninggal dunia kepada pesertanya.

DPLK Syariah Muamalat

DPLK Syariah Muamalat, yang didirikan oleh Bank Muamalat pada tahun 1997, adalah DPLK Syariah pertama di Indonesia. Saat ini, mayoritas sahamnya dimiliki oleh BPKH-RI. Dengan total dana kelolaan melebihi Rp 1,5 triliun dan melayani lebih dari 120 ribu peserta serta lebih dari 500 perusahaan, DPLK Syariah Muamalat menjadi pilihan utama bagi individu dan perusahaan di Indonesia.

DPLK bjb

bank bjb terdekat

DPLK bank bjb didirikan berdasarkan SK Direksi Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Nomor 624 / SK / DIR / 2001 tanggal 10 Desember 2001 dan disahkan oleh Menteri Keuangan RI berdasarkan SK Menteri Keuangan Nomor KEP – 056 / KM.6 / 2002 tanggal 18 Februari 2002.

  • Paket Investasi A PDP 2021 memiliki alokasi penempatan investasi 100% pada pasar uang (Deposito Berjangka, Deposito on Call, Surat Berharga Negara dengan tenor kurang dari 1 tahun, dan Reksadana Pasar Uang)
  • Paket Investasi B PDP 2021 memiliki alokasi penempatan investasi minimal 20% pada pasar Deposito Berjangkadan maksimal 80% pada Reksadana (Pasar Uang, Campuran, Pendapatan Tetap, Saham)
  • Paket Investasi C PDP 2021 memiliki alokasi penempatan investasi minimal 20% pada pasar uang (Deposito Berjangka, Deposito on Call, Surat Berharga Negara dengan tenor kurang dari 1 tahun, dan Reksadana Pasar Uang) dan maksimal 80% pada Instrumen Pendapatan Tetap (Obligasi Pemerintah, Obligasi Korporasi, Surat Utang Lainnya seperti EBA & MTN dan Reksadana Pendapatan Tetap)

DPLK Indolife

Produk yang dimiliki oleh Indolife adalah Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP). PPIP merupakan program pensiun yang iurannya dapat berasal dari Pemberi Kerja dan/atau Peserta, dan seluruh iuran serta hasil pengembangannya dibukukan pada rekening masing-masing Peserta sebagai Manfaat Pensiun.

Program ini memiliki beberapa keunggulan.

  • Pertama, dengan Cash Out Reserve, program ini membantu mengurangi risiko gagal bayar bagi Pemberi Kerja jika menghadapi ketidakpastian, seperti PHK.
  • Kedua, melalui Cash Flow Management, program ini membantu menyeimbangkan beban keuangan Pemberi Kerja di masa depan dengan menyiapkan simpanan.
  • Ketiga, melalui Asset Allocation, program ini membantu alokasi aset ke DPLK Indolife untuk pertumbuhan, sehingga Pemberi Kerja dapat fokus pada pengelolaan bisnis mereka.

DPLK AIA

AIA memiliki dua produk dana pensiun yang bisa Anda pilih.

  • Individual Account: Program pensiun untuk mendukung karyawan mempersiapkan kesinambungan penghasilan agar dapat mempertahankan gaya hidupnya di masa pensiun.
  • Pooled Fund: Program pensiun untuk karyawan yang memberikan nilai tambah sepert manfaat perpajakan dan kemudahan klaim manfaat pensiun.

DPLK Astra

Dana Pensiun Astra merupakan sebuah program pensiun yang dibuat oleh Astra International untuk mengatur manfaat pensiun bagi karyawan di dalam grup Astra. Sampai Januari 2024, jumlah peserta dalam Dana Pensiun Astra mencapai 157.889 orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Saat ini, Dana Pensiun Astra memiliki dua program pensiun:

  • Program Pensiun Manfaat Pasti (PPMP), yang manfaatnya ditentukan dalam Peraturan Dana Pensiun (PDP) dan dikelola oleh Dana Pensiun Astra Satu. Perhitungan manfaat pensiun dilakukan dengan mengalikan faktor, nilai sekarang, dan PhDP.
  • Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP), yang iurannya ditetapkan dalam PDP dan dikelola oleh Dana Pensiun Astra Dua. Manfaat pensiun dalam program ini terdiri dari akumulasi iuran peserta, iuran perusahaan, dan hasil investasi, dengan persyaratan bahwa sebagian besar harus diinvestasikan dalam produk Anuitas.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Dana Pensiun

Keuntungan adalah salah satu parameter saat memilih produk dana pensiun, tetapi bukan satu-satunya, dan jauh lebih sedikit dalam jangka pendek saja.

Untuk menemukan rencana yang tepat untuk Anda, Anda harus mengevaluasi:

  • Rencana mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini berarti Anda harus mengetahui profil risiko Anda sebagai investor. Dari sana, Anda dapat memilih produk yang paling sesuai untuk Anda.
  • Perhatikan komisi yang dikenakan karena dalam investasi jangka panjang, segala sesuatu menjadi tambah dan kurang.
  • Rasio indikator utama. Pada akhirnya, apa yang akan Anda evaluasi sebenarnya adalah dana pensiun itu sendiri.

Dari sana, ingatlah bahwa penting untuk mengelola rencana pensiun Anda dan mengubahnya jika diperlukan untuk menyesuaikannya dengan keadaan hidup Anda. Misalnya, mengurangi risiko sesuai dengan waktu yang tersisa hingga pensiun Anda.

Di Panduan Rencana Pensiun, Anda memiliki kunci untuk melakukannya, meskipun jika Anda lebih suka bantuan, Anda dapat menggunakan alat penasihat keuangan untuk menemukan profesional yang dapat membantu Anda.

Apakah Menguntungkan Berinvestasi Dalam Dana Pensiun?

Sebagai poin terakhir, pertanyaan terpenting. Apakah menguntungkan untuk berinvestasi dalam dana pensiun? Apakah itu layak dilakukan? Perlu diingat bahwa tidak ada jawaban universal, tetapi ada cara untuk mengetahuinya dalam kasus Anda.

Dapen adalah alternatif lain untuk mengembangkan aset Anda dan merencanakan masa pensiun Anda. Menurut OJK, ada 2 manfaat dana pensiun yang bermanfaat pada masa depan. Yang pertama adalah sebagai penyambung hidup atau bekal pensiun dan yang selanjutnya sebagai modal usaha di masa pensiun.

Selain itu, ada beberapa manfaat dapen lainnya yang perlu diketahui. Usia tua membawa biaya berobat tak terhindarkan karena risiko kesehatan meningkat. Dapen mencegah kesulitan finansial dan memberikan dukungan keluarga jika seseorang meninggal sebelum tua. Oleh karena itu, penting untuk mulai menyisihkan dana pensiun sejak dini.

Jika Anda memiliki profil risiko agresif, Anda dapat mempertimbangkan investasi emas atau investasi di komoditas seperti minyak. Silakan kunjungi link di bawah ini untuk artikel selengkapnya.

FAQs – Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Kapan dana pensiun dapat diperoleh?

Peserta dapen akan menerima manfaat pensiun pada saat memasuki usia pensiun normal sesuai dengan kebijakan masing-masing dapen. Manfaat pensiun juga dapat diterima bagi peserta yang telah memasuki usia pensiun dipercepat, yaitu 10 tahun sebelum usia pensiun normal.

Apa tujuan dana pensiun bagi karyawan?

Dapen bertujuan: Memberikan penghargaan kepada para karyawan yang telah lama mengabdi kepada perusahaannya. Agar pada masa pensiun tersebut, karyawannya mendapatkan jaminan. Memberikan rasa aman pada karyawan.

Apa saja kelemahan dari dana pensiun?

Pengelola Yayasan Dana Pensiuan (YDP) masih banyak yang kurang profesional, arahan investasi kurang jelas dan kurang konsisten terhadap pencapaian tujuan program pensiun, banyak investasi dilakukan pada aktiva tetap yang kurang produktif sehingga tidak cepat menghasilkan.

Artikel Terkait