10 Bursa Kripto Terbaik di Dunia dan Indonesia

Ingin mulai berinvestasi kripto tetapi tidak tahu caranya? Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari platform yang melayani transaksi jual/beli aset crypto secara aman, yaitu melalui crypto exchange. Di luar sana, tersedia banyak crypto exchange, tetapi tidak semua crypto exchange yang tersedia saat ini sama.

Bursa kripto terbaik memiliki sejumlah karakteristik yang membedakan mereka dari yang lain dan juga dari platform trading yang ditawarkan. Selain itu, sebagai investor Anda juga perlu mempertimbangkan sejumlah hal dalam memilih crypto exchange sebagai tempat jual/beli aset crypto yang bisa Anda simak informasinya di artikel ini.

bursa kripto terbaik

Apa itu bursa kripto?

Bursa kripto adalah platform di mana Anda dapat bertransaksi jual/beli aset crypto dan melakukan investasi dengan menggunakan aset crypto. Artinya, Anda dapat membeli, menjual, bertukar, dan juga melakukan jenis investasi lain seperti staking koin atau mengakses pinjaman kripto.

Awalnya bursa kripto hanya melayani perdagangan jual/beli aset crypto saja, namun bursa kripto saat ini telah berkembang menjadi platform investasi yang lebih lengkap. Tentu saja, layanan yang diberikan bursa kripto hanya berhubungan dengan beragam jenis pilihan trading di aset crypto.

Namun, jika Anda ingin berinvestasi bukan hanya di aset kripto dan juga ingin berinvestasi saham dan ETF di satu platform yang sama, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih sebuah broker dibanding crypto exchange.

5 Bursa Kripto Terbaik di Indonesia untuk Tempat Jual/Beli Cryptocurrency

PINTU

Pintu adalah crypto exchange lokal yang didirikan pada 1 April 2020. Pada 1 April 2024 lalu, PINTU genap berusia 4 tahun dimana selama 4 tahun berdiri PINTU menunjukkan pertumbuhan yang pesat dengan mengalami peningkatan volume transaksi hingga mencapai 250%.

pintu kripto terbaik

Saat ini, PINTU menawarkan pilihan aset crypto yang sangat beragam setidaknya ada lebih dari 100 aset crypto yang bisa diperdagangkan trader maupun investor di aplikasi PINTU.

Sebagai crypto exchange lokal dan legal di Indonesia, PINTU selalu menjadikan keamanan pengguna sebagai prioritas utama dengan menggunakan teknologi enkripsi terkini dan perlindungan dana yang kuat.

Untuk melindungi keamanan pengguna, PINTU menggunakan sistem keamanan berlapis dengan autentikasi 2 faktor, keamanan biometrik, dan menyediakan kustodian bergaransi. Aplikasi PINTU juga menawarkan beberapa fitur yang bisa trader gunakan seperti Web3, PTU Staking, Earn, dan Pintu OTC.

Selain sebagai platform jual/beli aset crypto, PINTU juga mengembangkan mata uang virtualnya sendiri yang diberi nama Pintu Token (PTU) yang sudah terdaftar sebagai salah satu aset crypto legal di Bappebti yang dapat diperdagangkan di bursa crypto.

  • 🇮🇩 Regulasi: Bappebti di Indonesia
  • 💼 Aset keuangan: Spot trading, Earn, Staking, Web3, OTC
  • 💲 Biaya trading
    • Biaya jual/beli: gratis
    • Biaya penarikan: Rp4.500/transaksi
  • Hubungi:
    • PINTU Live Chat 24/7: Tersedia
    • Hubungi melalui Pusat Bantuan Pelanggan
  • 🗣️ Layanan dalam bahasa Indonesia dan Inggris: Ya
KelebihanKekurangan
✅ Diawasi Bappebti❌ Metode deposit tidak bisa menggunakan kartu kredit
✅ Dukungan pelanggan 24/7❌ Selisih spread yang cukup besar
✅ Menyediakan tampilan plaform yang advanced di PINTU Pro❌ Terbatas pilihan transfer untuk bank BNI saja untuk top up
✅ Tersedia aplikasi seluler
✅ Fitur beragam (Earn, Staking, OTC, Web3)

INDODAX

Platform exchange Indodax tentu saja sudah terdaftar dan diawasi oleh Bappebti sehingga dapat menjamin keamanan aset kripto yang dimiliki oleh para penggunanya. Pada tahun 2019, Indodax telah mendapatkan dua sertifikasi internasional yaitu ISO 9001: 2015 dan ISO 27001 : 2013. Indodax mendapatkan sertifikasi internasional kembali pada tahun 2021 yaitu ISO 27017 : 2015. Terhitung sudah tiga kali Indodax memiliki sertifikasi ISO.

indodex kripto terbaik

Dengan jumlah pengguna terverifikasi dan aktif sebanyak 2,7 juta orang saat ini, Indodax menjadi platform exchange mata uang kripto yang sangat populer di kalangan investor yang ada di Indonesia. Indodax merupakan salah satu platform exchange yang merupakan perusahaan Indonesia dan menggunakan mata uang Rupiah sebagai alat tukar ketika kita ingin berinvestasi kripto. Perdagangan mata uang kripto dengan Indodax dapat dilakukan hanya dengan mengunduh aplikasi mobile yang ada pada Google Playstore maupun App Store.

Para investor yang sudah terverifikasi di Indodax dapat melakukan setoran dana maupun penarikan dana secara langsung selama 24 jam. Platform exchange tersebut beroperasi setiap hari, bahkan di saat hari libur Anda masih dapat melakukan akses kapan saja dan dari mana saja.

  • 🇮🇩 Regulasi: Bappebti di Indonesia
  • 💼 Aset keuangan: Spot trading crypto, OTC, EARN
  • 💲 Biaya trading: 0,1% (biaya maker) dan 0,2% (biaya taker) +pajak beli/jual
  • Hubungi:
  • Email:  [email protected]
  • Live Chat: Tersedia
  • Hubungi melalui Pusat Bantuan Pelanggan
Kelebihan Kekurangan
✅ Adanya Customer Service yang dapat membantu memecahkan masalah kapan saja lewat live chat, telepon, atau email.❌ Tidak adanya pilihan untuk melakukan deposit dengan menggunakan kartu kredit.
✅ Keamanan yang terjamin oleh sistem Two-Factor Authentication (2FA)❌ Tidak memiliki fitur Order Cancel Order (OCO) yang dapat diatur secara otomatis. Hal tersebut menyebabkan pengguna harus melakukan pembatalan transaksi jual beli secara manual.
✅ Kemudahan dalam bertransaksi hanya dengan menggunakan smartphone.
✅ Menyediakan perdagangan puluhan aset kripto seperti BTC, ETH, DOGE, XRP, dan masih banyak lagi.
✅ Menggunakan mata uang Rupiah untuk bertransaksi kripto.
✅ Terdapat 3 pilihan bahasa yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indondesia, dan Bahasa Mandarin.
✅ Indodax merupakan platform exchange yang terdaftar resmi di Bappebti.

.

Tokocrypto

Tokocrypto merupakan platform exchange mata uang kripto pertama yang ada di Indonesia. Menjadi mitra resmi dari Binance, Tokocrypto menawakan perdagangan yang mudah dan aman pada mata uang kripto seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Dogecoin (DOGE), dan banyak mata uang kripto lainnya dan dapat dibeli dengan menggunakan mata uang Rupiah. Platform exchange tersebut didirikan oleh sekelompok penggemar mata uang kripto pada tahun 2017 dengan tujuan memajukan industri kripto yang ada di Indonesia.

bursa kripto terbaik di Indonesia

Platform exchange Tokocrypto tentu saja sudah terdaftar dan diawasi oleh Bappebti sehingga menjamin keamanan aset kripto yang Anda miliki. Tokocrypto juga menawarkan antarmuka pengguna yang ramah sehingga menjadikannya sebagai platform exchange mata uang kripto yang paling populer di antara para pengguna.

Dengan jumlah pengguna yang lebih dari 4 juta orang saat ini, Tokocrypto menyediakan opsi untuk melakukan perdangan dengan website atau dengan menggunakan aplikasi mobile yang dapat diunduh di Google Playstore atau App Store.

Yang membuat menarik adalah Tokocrypto juga memiliki koin kripto yang dapat digunakan untuk melakukan pertukaran pada aset kripto lainnya, menabung, melakuan setoran dan penarikan dana, melakukan program DeFi antar platform, serta melakukan transaksi pada NFT (Non-fungible Token).

  • 🇮🇩 Regulasi: Bappebti di Indonesia
  • 💼 Aset keuangan: Spot trading crypto, OTC, EARN, staking
  • 💲 Biaya trading: mulai 0,31% untuk akun biasa.
  • Hubungi:
  • Email:  [email protected]
  • Live Chat: Tersedia
  • Hubungi melalui Pusat Bantuan Pelanggan
Kelebihan Kekurangan
✅ Keamanan dan legalitas terjamin dengan izin dari Bappebti.❌ Jumlah aset kripto yang tersedia pada Tokocrypto masih terbatas apabila dibandingkan dengan bursa global seperti Binance dan Coinbase.
✅ Menyediakan pilihan metode deposit dan penarikan yang beragam, dapat melalui virtual account dan melalui e-wallet.❌ Bagi trader berpengalaman dan profesional, beberapa fitur yang tersedia di Tokocrypto mungkin masih terasa kurang.
✅ Memiliki likuiditas yang tinggi, sehingga memberikan kemudahan dalam menjual dan membeli aset kripto.❌ Masih perlu untuk melakukan peningkatan performa dan stabilitas platform Tokocrypto karena masih sering mengalami masalah ketika terjadi lonjakan volume dan transaksi perdagangan.
✅ Memiliki komunitas yang aktif dengan dukungan yang sangat kuat.
✅ Memiliki fitur yang lengkap sehingga sangat cocok untuk trader pemula hingga trader berpengalaman.
✅ Fee yang kompetitif dan transparan.

Upbit

Upbit merupakan platform exchange mata uang kripto asal Korea yang kini telah ada di Indonesia. Platform tersebut menjadi salah satu platform yang terkenal berkat dukungan dari perusahaan induknya yang bernama Donamu. Upbit menawarkan perdagangan 190 jenis mata uang kripto, 1 mata uang fiat dan 295 pasangan mata uang kripto. Beberapa mata uang kripto yang diperdagangkan pada platform Upbit adalah Bitcoin (BTC), Ripple (XRP), Solana (SOL), Ethereum (ETH), dan Dogecoin (DOGE). Upbit didirikan pada tahun 2017 dan kini menjadi platform exchange yang mendunia.

opbit kripto terbaik di Indonesia
  • 🇮🇩 Regulasi: Bappebti di Indonesia
  • 💼 Aset keuangan: Spot trading crypto
  • 💲 Biaya trading: biaya maker 0%, biaya taker 0,51%, dan stop limit 0,51%
  • Hubungi:
  • Email:  [email protected]
  • Hubungi melalui Pusat Bantuan Pelanggan
KelebihanKekurangan
✅Memiliki fitur unggulan yang beragam❌Platform tidak tersedia di beberapa negara seperti Amerika Serikat.
✅Fitur keamanan yang kuat berkat dukungan dari Kakao Corp.❌Terbatasnya dukungan terhadap mata uang fiat.
✅Antarmuka yang ramah bagi para trader pemula.❌Respon terhadap keluhan pelanggan terkadang tidak responsif.
✅Biaya yang transparan dan kompetitif.

Pluang

Pluang adalah salah satu platform yang menyediakan layanan trading dan investasi dalam satu aplikasi yang tersedia di handphone para nasabahnya. Juga merupakan aplikasi manajemen investasi yang multi aset, memudahkan nasabahnya terhubung dengan aset seperti saham, reksa dana, kripto dan emas.

apa itu aplikasi pluang
  • 🇮🇩 Regulasi: Bappebti di Indonesia
  • 💼 Aset keuangan: Spot trading dengan +250 aset crypto
  • 💲 Biaya trading
    • Biaya spread: floating tergantung jenis aset crypto yang dipilih
    • Minimal transaksi : Rp5.000
    • Maksimal transaksi : Rp75.000
  • Hubungi:
  • Email [email protected] 
    • Live Chat 24/7: Tersedia
    • Hubungi melalui Pusat Bantuan Pelanggan
  • 🗣️ Layanan dalam bahasa Indonesia dan Inggris: Ya
KelebihanKekurangan
✅Dalam satu aplikasi Pluang, banyak aset investasi yang bisa Anda pilih❌Belum cocok untuk trader profesional yang membutuhkan platform dan sistem yang lebih canggih
✅Merupakan aplikasi dari broker legal di Indonesia. Tercatat di OJK, Bappebti, Kementerian Perdagangan dan Kominfo❌Data harga yang ditampilkan terkadang mengalami delay
✅Ramah bagi investor pemula❌Tampilan aplikasi masih cukup membingungkan bagi investor pemula
✅Memberikan informasi yang jelas mengenai biaya yang dikenakan
✅Cocok untuk Anda yang memiliki modal kecil karena minimal deposito mulai dari Rp 5.000

5 Bursa Kripto Terbaik di Dunia untuk Membeli Cryptocurrency

Bit2Me

Bit2Me adalah salah satu bursa kripto terbaik di dunia asal Spanyol. Platform cryptocurrency ini memiliki volume perdagangan yang besar dengan keunggulan menawarkan dukungan layanan pelanggan dan keamanan yang baik bagi pengguna.

bursa kripto terbaik

Bursa kripto ini didirikan pada tahun 2014 sebagai platform untuk melakukan pembelian, penjualan, dan pertukaran cryptocurrency, saat ini Bit2Me telah memperluas layanannya dengan menyediakan fitur staking dengan 37 aset crypto dan menyediakan metode pembayaran dengan Bit2me Pay, yang berfungsi seperti Bizum.

Berbicara soal regulasi, bursa kripto ini adalah bursa kripto pertama yang terdaftar di Bank Spanyol sebagai penyedia layanan pertukaran mata uang virtual untuk mata uang fiat dan penyimpanan dompet elektronik yang telah memenuhi semua regulasi Eropa.

  • 🏆 Regulasi: Bank Spanyol
  • 🪙Jumlah kripto: +230
  • 💲 Komisi: Dari 0,1%, hingga 0,6% dari operasi. Meskipun dengan operasi minimal 2.000 euro per bulan, komisi sudah turun menjadi 0,3%, sesuatu yang ideal untuk pedagang..
Volume minimum
(dalam 30 hari)
Volume maksimum
(dalam 30 hari)
TakerMaker
0 (€)+2k (€)0,6%0,5%
2k (€)50k (€)0,3%0,2%
50k (€)250k (€)0,26%0,16%
250k (€)500k (€)0,16%0,08%
  • 💼 Layanan tambahan: Akademi pelatihan, staking kripto, dompet, kartu, cashback…
  • 🗣️ Dukungan pelanggan:
Kelebihan Kekurangan
✅Platform yang baik untuk pemula dan trader berpengalaman.❌Hanya dapat melakukan deposit FIAT dalam euro.
✅Kartu Mastercard yang dapat digunakan untuk membayar dengan cryptocurrency di seluruh dunia (cashback hingga 9%).
❌Jika Anda tidak menggunakan versi Bit2Me Pro, Anda akan membayar lebih banyak komisi perdagangan.
✅komisi rendah, rata-rata 0,3% per transaksi (dengan operasi lebih dari 2.000 euro per bulan).
✅Staking cryptocurrency dengan APY hingga 28,80%.
✅Tersedia lebih dari 400 pilihan aset crypto (Bitcoin dan Ethereum termasuk).
✅Dukungan layanan pelanggan melalui email atau telepon dalam berbagai bahasa.

Coinbase

Coinbase adalah bursa kedua terbesar di dunia berdasarkan volume perdagangan menurut CoinMarketCap.

Apakah Coinbase adalah bursa kripto terbaik?

Didirikan pada tahun 2012, bursa kripto yang berbasis di San Francisco ini mempekerjakan lebih dari 4.900 orang di seluruh dunia. Keberhasilan perusahaan ini membuatnya melantai di bursa saham pada tahun 2021, yang merupakan nilai tambah di mata pengguna dalam hal keamanan karena transparan dalam hal laporan keuangan perusahaan.

Coinbase adalah salah satu platform terbaik untuk memulai investasi di dunia kripto: sederhana, intuitif, dan sangat mudah digunakan. Bahkan, Coinbase juga dianggap sebagai salah satu platform cryptocurrency yang paling mudah digunakan.

Bursa kripto ini diketahui menargetkan pengguna yang kurang berpengalaman, karena Coinbase bisa memungut komisi yang lebih tinggi. Karena, investor pemula biasanya lebih mementingkan kemudahan daripada biaya.

Platform ini telah menambahkan opsi ke operasionalnya seperti NFTs dan produk untuk pengembang.

  • 🏆 Regulasi: SEC, BaFin, FCA… + dari 100 negara.
  • 🪙Jumlah kripto: +260
  • 💲 Komisi: 0,4% maker – 0,6% taker + spread
  • 💼 Layanan tambahan: Akademi pelatihan, staking kripto, wallet, kartu pay, dapps, sistem earn for learn.
  • 🗣️ Dukungan pelanggan:
    • Pelayanan dalam bahasa Indonesia: tidak
    • Kantor di Indonesia: tidak
    • Email kontak: web
KelebihanKekurangan
✅ Platform sangat mudah digunakan. Cocok untuk pemula.
❌ Dukungan dan layanan pelanggan perlu ditingkatkan.
✅ Menyediakan fitur staking dan sistem earn.
❌ Komisi tinggi.
✅ Pilihan aset crypto sanga beragam.
✅ Bursa kripto terbesar kedua di dunia.

Kraken

Kraken adalah bursa kripto yang didirikan pada tahun 2011, pada saat itu Kraken merupakan persaing utama untuk Binance dan Coinbase sebagai alternatif bagi investor yang ingin mencari bursa kripto yang tidak terlalu populer, dan lebih fokus pada operasional dan lebih transparan.

Apakah Kraken adalah bursa kripto terbaik?

Kraken sendiri diketahui telah memperbaiki desain interface di platform mereka dan membuatnya lebih ramah bagi pengguna. Untuk pengguna yang merupakan trader berpengalaman, platform Kraken tersedia dalam versi Pro. Dengan sistem komisi yang transparan dan sangat wajar, serta menawarkan keamanan yang baik di dalam platformnya. Bahkan, 95% aset disimpan dalam cold wallet.

Bursa kripto ini memang lebih dikhususkan bagi trader kripto, dimana trader bukan hanya bisa melakukan trading aset crypto saja melainkan juga tersedia fitur staking dan menyediakan tools trading yang canggih dengan Kraken Pro. Ditambah lagi, Anda juga berinvestasi crypto dalam futures dan leverage.

  • 🏆 Regulasi: FCA; FinCEN, OAM Italia, +78 negara
  • 🪙Jumlah kripto: +225
  • 💲 Komisi: 0,16% (biaya maker) – 0,26% (biaya taker) + spread
  • 💼 Layanan tambahan: Akademi pelatihan, staking kripto, dompet, pinjaman dan API
  • 🗣️ Dukungan pelanggan:
    • Layanan dalam bahasa Indonesia: tidak
    • Kantor di Indonesia: tidak
    • Email kontak: web dan chat
KelebihanKekurangan
✅ Keamanan platform.
❌ Komisi lebih tinggi jika tidak menggunakan Kraken Pro.
✅ Tersedia tools trading yang canggih bagi trader dengan Kraken Pro.
✅ Komisi yang disesuaikan untuk layanan.
✅ Likuiditas: salah satu bursa kripto terbesar di dunia.

Binance

Binance adalah bursa kripto dengan volume perdagangan terbesar di dunia. Mereka juga mengembangkan token utilitas sebagai alat pembayaran di Binance dan platform lainnya yang kita kenal dengan BNB yang merupakan koin keempat terbesar dalam hal kapitalisasi pasar.

Apakah Binance bursa kripto terbaik?

Lebih dari 150 juta orang menggunakan platform mereka. Binance sendiri menawarkan keamanan dan pilihan layanan perdagangan yang beragam. Sebagai bursa kripto, Binance menyediakan pilihan lebih dari 400 aset crypto dan menawarkan tools trading tingkat lanjut bagi para trader berpengalaman dengan berbagai fitur untuk menghasilkan keuntungan dalam kripto melalui staking dan farming, operasi dengan NFTs, berbagai jenis pesanan, pinjaman, dan tools untuk peluncuran token. Sehingga, bisa kita katakan bahwa setiap inovasi yang terjadi di pasar crypto, kemungkinan akan langsung tersedia di platform Binance. Hal ini mengingat Binance adalah pemain kunci di industri crypto.

Binance juga menawarkan komisi perdagangan yang dapat disesuaikan dan menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki crypto exchange global ini. Namun, kekurangannya adalah sistem komisi Binance sendiri dianggap tidak begitu transparan, sama seperti platformnya.

Belum lagi ditambah dengan adanya berbagai masalah terkait dengan regulator yang terjadi di berbagai negara, terutama di negara Amerika Serikat dan Inggris. Masalah terkait dengan regulator ini bukan karena faktor keamanan, tapi karena SEC menganggap Binance beroperasi sebagai layanan crypto exchange yang tidak teregulasi.

Layanan yang dimiliki Binance sangatlah lengkap, tetapi mungkin Binance bukanlah bursa kripto terbaik untuk investor pemula.

  • 🏆 Regulasi: SEC, FCA, CNMV, +
  • 🪙Aset crypto: +400
  • 💲 Komisi: 0,1% (biaya maker) – 0,1% (biaya taker), tetapi jika pembelian dilakukan dengan token asli mereka BNB, mendapatkan diskon 25%.
  • 💼 Layanan tambahan: Akademi pelatihan, staking crypto dan sistem earn, dompet, kartu, pinjaman, API, dan mining pool.
  • 🗣️ Dukungan pelanggan:
    • Layanan dalam bahasa Indonesia: ya
    • Kantor di Indonesia: tidak
    • Email kontak: web dan chat
Kelebihan Kekurangan
✅Platform terbesar di dunia dengan menawarkan likuiditas yang lebih tinggi.
❌Berlokasi di wilayah tax haven tanpa perlindungan hak pengguna
✅Menyediakan pilihan aset crypto dan layanan perdagangan crypto yang beragam.
❌Platform tidak mudah untuk digunakan.
✅Komisi perdagangan dapat disesuaikan.
✅Menyediakan tools trading tingkat lanjut.

Kukoin

Didirikan pada tahun 2017, KuCoin adalah salah satu bursa yang paling direkomendasikan oleh CoinMarketCap untuk berinvestasi di spot, namun rekomendasi ini sebenarnya lebih dikarenakan adanya pertimbangan terkait jumlah volume perdagangan.

Apakah Kucoin adalah bursa kripto terbaik?

Platform ini menyita perhatian kalangan trader maupun investor di luar sana karena jumlah aset kripto yang diperdagangkan, serta berbagai layanan yang ditawarkan sangat berorientasi pada trading. Jadi, memungkinkan Anda trading dengan margin, trading dengan futures, termasuk tersedia juga fitur staking dan menjadi bursa kripto pertama yang menawarkan ETF NFT.

KuCoin saat ini bisa digunakan di lebih dari 200 negara dengan lebih dari 29 juta pengguna.

  • 🏆 Regulasi: SEC, FCA, CNMV, +
  • 🪙Jumlah kripto: +700
  • 💲 Komisi: 0,1% (biaya maker) – 0,15% (biaya taker)
  • 💼 Layanan tambahan: Akademi pelatihan, staking kripto dan sistem earn, dompet, kartu, pinjaman, API, derivatif.
  • 🗣️ Dukungan Pelanggan:
    • Layanan dalam bahasa : ya
    • Kantor di Indonesia: tidak
    • Kontak Email: web dan chat
Kelebihan Kekurangan
✅Menawarkan jumlah aset kripto yang sangat banyak.
❌ Dukungan layanan pelanggan.
✅Menyediakan layanan perdagangan crypto yang beragam.
❌ Pernah mengalami kasus peretasan besar pada 2020.
✅ Komisi sangat wajar.
❌ Platform tidak mudah digunakan.
✅ Menyediakan trading tools yang canggih.❌Beroperasi di wilayah tax haven, sehingga kurangnya perlindungan hak pengguna.

Jenis-jenis crypto exchange yang tersedia di pasar

Tidak semua crypto exchange yang ada di luar sana sama. Karena crypto exchange dapat dibedekan berdasarkan cara kerjanya sebagai berikut.

Pertukaran Terpusat

Pertukaran terpusat atau CEX adalah jenis crypto exchange yang paling umum kita jumpai di pasar. Jenis crypto exchange ini dikelola oleh perusahaan yang bertindak sebagai perantara, seperti broker, tetapi hanya untuk aset kripto saja.

Jenis platform ini bekerja dengan cryptocurrency dan mata uang fiat, menawarkan lebih banyak fungsi dan biasanya memiliki lebih banyak likuiditas dari pertukaran desentralisasi. Dalam hal ini, semakin besar semakin likuid.

Sebagai gantinya, jenis crypto exchange ini juga akan menjadi penjaga kunci aset kripto Anda dan seperti pepatah “Not your keys, not your coins”.

Pertukaran Desentralisasi

Pertukaran desentralisasi atau DEX merupakan platform yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi secara langsung tanpa perantara atau kustodian.

Jenis pertukaran ini dijalankan di atas blockchain, sehingga menghilangkan perantara dalam menjalankan order dari trader.

Pada pertukaran desentralisasi, tidak ada perusahaan yang mengelola dana pengguna dan pengguna sendiri yang mengontrol informasi dan memiliki kunci pribadi mereka. Jenis pertukaran ini mungkin memiliki lebih banyak masalah likuiditas, tetapi sebagai gantinya DEX adalah platform yang aman karena menawarkan keamanan dan privasi bagi pengguna.

Broker

Ada juga broker yang melayani perdagangan untuk cryptocurrency. Salah satu contoh broker kripto yang ada di luar sana adalah eToro, Scalable Capital atau Interactive Brokers.

Keuntungan memilih broker untuk trading cryptocurrency adalah broker menawarkan semua layanan trading di satu platform tanpa harus memiliki beberapa platform tergantung pada jenis aset. Selain itu, mereka punya regulasi yang lebih ketat daripada exchange.

Kekurangan broker kripto adalah umumnya Anda hanya bisa melakukan trading kripto melalui kontrak derivatif, dan biasanya broker tidak menawarkan pilihan layanan yang beragam untuk kripto seperti exhange. MIsalnya, staking atau pinjaman kripto tidak tersedia di banyak broker.

Apa persyaratan yang harus dipenuhi crypto exchange?

Seperti yang telah Anda lihat, ada berbagai jenis exchange yang tersedia di pasar. Bahkan, jika kita lihat terdapat banyak sekali perbedaaan antara CEX (terpusat) dan DEX (desentralisasi). Lantas, bagaimana cara kita untuk memilih jenis exchange terbaik? Serta, apa saja karakteristik yang harus dimiliki platform investasi cryptocurrency yang dianggap baik?

Keamanan

Poin utama saat berinvestasi dalam cryptocurrency adalah faktor keamanan. Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan dari sebuah exchange adalah apakah exchange tersebut bisa diandalkan atau tidak. Tentu saja, sebagai investor Anda pasti tidak ingin peretas dapat mengakses aset kripto Anda, yang sangat mungkin saja terjadi di sebuah exchange.

Hal ini pernah dialami oleh CoinEX, dimana saat itu peretas berhasil mencuri 27 juta dolar dalam aset crypto di CoinEX.

Apa yang menjadi indilkator dari keamanan bursa kripto? Salah satu hal yang penting adalah standar enkripsi dan keamanan dana. Anda bisa mempertimbangkan hal ini dengan mencari tahu terkait provisi dana dan asuransi khusus yang disediakan pihak exchange.

Berdasarkan Glassnode, sebuah perusahaan konsultan keuangan di Swiss, mereka menetapkan tiga indikator risiko yang perlu dipertimbangkan investor sebelum berinvestasi di sebuah exchange:

  • EBR atau Exchange Reserve Risk: indikator yang menunjukkan risiko kehilangan uang dengan menyimpan kripto Anda di bursa;
  • EIR atau Exchange Inflow/Outflow: indikator yang mengukur hubungan antara masuk dan keluar kripto di bursa;
  • EBR atau Exchange Balance Ratio: indikator yang merangkum proporsi aset yang ada di bursa dibandingkan dengan total aset yang beredar.

Berbagai macam kripto

Sebagian besar bursa kripto menyediakan pilihan aset crypto yang terdiri dari koin-koin utama seperti Bitcoin, Ethereum, Tether, XRP atau Cardano.

Namun, untuk menilai apakah bursa kripto tersebut baik atau tidak. Kita tidak bisa hanya berfokus dengan aset crypto besar saja tetapi Anda juga bisa melihat apakah bursa kripto tersebut menyediakan aset kripto yang lebih eksotis atau tidak. Saat ini, setidaknya terdapat lebih dari 22.900 kripto menurut data dari CoinMarkeCap.

Sebagai investor, Anda tidak perlu memiliki akses ke semua kripto tersebut, tetapi Anda minimal harus memiliki akses ke 100 token / kripto. Salah satu keuntungan dari penggunaan bursa DEX dan CEX adalah kedua platform tersebut adalah tempat di mana suatu kripto resmi diperdagangkan setelah melakukan ICO mereka.

Komisi rendah

Saat melakukan perdagangan dengan kripto, Anda akan dibebankan komisi untuk penarikan, transfer, konversi mata uang dan transaksi, dll.

Oleh karenanya, bursa biasanya membedakan antara biaya taker dan maker saat mengenakan biaya komisi. Berikut adalah penjelasan singkat terkiat biaya taker dan biaya maker yang sering Anda jumpai di bursa kripto.

  • Taker: Biaya trading yang dibebankan kepada pengguna ketika melakukan pesanan dengan market order.
  • Maker: Biaya trading yang dibebankan saat melakukan pesanan dengan limit order.

Layanan tambahan

Selain hal-hal yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebagai investor penting bagi Anda untuk meninjau layanan dan produk yang ditawarkan sebuah crypto exchange. Karena setiap bursa bisa menawarkan layanan dan produk yang berbeda, sehingga Anda bisa memilih bursa kripto yang menawarkan layanan dan produk yang lebih lengkap, salah satu pilihan bursa kripto terbaik adalah Bit2Me.

Salah satu layanan tambahan yang bisa Anda tinjau adalah area pelatihan dan sumber daya yang ditawarkan bursa kripto jika mereka memiliki layanan analisis atau berita terkini.

Termasuk Anda juga bisa meninjau layanan seperti pinjaman berbasis kripto, staking, farming, earn, dan fitur lain apakah mereka memiliki API atau tidak untuk dapat beroperasi dengan perangkat lunak Anda sendiri.

Dukungan Pelanggan

Terakhir, Anda juga perlu mempertimbangkan faktor pengalaman pengguna. Apakah platform yang ditawarkan mudah digunakan atau tidak dan apakah tersedia dukungan layanan pelanggan jika sewaktu-waktu Anda ingin menghubungi bursa kripto bersangkutan.

Dalam hal ini, Anda sebaiknya mencari bursa kripto yang dapat merespons keluhan pengguna secara cepat dan tersedia live chat agar memudahkan Anda saat menghubungi crypto exchange tersebut dan apakah bursa kripto tersebut bisa melayani Anda dalam bahasa Indonesia.

Bagaimana cara kerja bursa kripto?

Sebuah “crypto exchange” terpusat memiliki cara kerja yang sama seperti platform exchange pada umumnya, hal yang membedakannya adalah produk yang diperdagangkan, dalam hal ini pasangan “crypto” (LTC/BTC) atau pasangan “crypto”/fiat (BTC/USD) yang memiliki volatilitas tinggi.

Platform crypto exchange menghasilkan keuntungan dengan berbagai cara, salah satunya bersumber dari komisi yang dibebankan kepada pengguna pada volume perdagangan (biasanya dihitung dalam 30 hari), crypto exchange juga mendapatkan pendapatan lain yang bersumber dari:

  • Komisi deposit dan penarikan fiat atau kripto.
  • Penawaran layanan “margin lending” dan leverage, yang akan mengenakan bunga dan/atau persentase dari keuntungan.
  • Tarif premium.

Ada dua jenis order yang umum digunakan, market order dan limit order. Limit order adalah yang memberikan likuiditas ke pasar, oleh karena itu disebut “maker“, sebaliknya market order mengurangi likuiditas dan disebut “taker“. Misalnya, Anda menjual aset crypto di harga tertentu adalah operasi “maker”, sementara jika Anda menjualnya dengan harga pasar adalah operasi “taker”. Biasanya komisi “maker” lebih rendah, ini adalah cara untuk meningkatkan penyediaan likuiditas di pasar.

Apakah lebih baik membeli cryptocurrency di bursa atau broker? Ini pendapat kami

Pada dasarnya, Anda bisa mempertimbangkan pada jenis operasi atau strategi, apakah cukup dengan broker atau Anda membutuhkan bursa.

Selain itu, tergantung juga pada berapa banyak Anda melakukan trading, bursa CEX dianggap cukup, namun Anda bisa mempertimbangkan DEX untuk mengoptimalkan investasi kripto Anda.

Dalam hal ini, jika Anda adalah orang yang bertaruh pada kesederhanaan dan hanya ingin melakukan trading, broker bisa menjadi solusi terbaik. Namun, ingatlah bahwa banyak broker bekerja dengan derivatif dan itu bisa mempersulit operasi. Jika Anda ingin melakukan trading tanpa benar-benar masuk ke dunia kripto, broker juga bisa menjadi pilihan terbaik.

Sementara itu, bagi mereka yang ingin membeli dan menjual, serta mengakses berbagai fitur layanan crypto, bursa terpusat bisa menjadi tempat terbaik untuk memulai investasi kripto. Keuntungannya adalah mereka dapat menawarkan desain interface yang mirip dengan broker seperti Coinbase atau Bit2Me yang sangat mudah untuk digunakan.

Namun, jika Anda ingin benar-benar terjun ke dunia kripto dan berencana melakukan banyak perdagangan, Anda dapat memilih bursa desentralisasi sebagai level selanjutnya dalam investasi kripto Anda. Dimana, jika Anda baru terjun ke dunia investasi crypto, bursa terpusat bisa menjadi referensi terbaik.

Untuk faktor keamanan, bursa terpusat menempatkan aset crypto Anda di cold wallet yang menawarkan keamanan yang tinggi. Sementara jika Anda melakukan trading di DEX, Anda harus menghubungkan dompet online Anda dengan bursa DEX dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Cara mudah untuk menentukan bursa kripto terbaik yang cocok dengan Anda adalah dengan mempertimbangkan faktor keamanan, layanan dan produk yang ditawarkan, komisi yang dibebankan, dan juga mempertimbangkan kebutuhan dari masing-masing pengguna. Bagi investor Indonesia, Anda sebaiknya memilih crypto exchange yang sudah memiliki izin operasional dari Bappebti sehingga aman saat melakukan transaksi jual/beli aset crypto dengan memilih beberapa crypto exchange legal di Indonesia yang sudah kami sebutkan di artikel ini.

FAQ bursa kripto terbaik

Apa bursa kripto terbesar di dunia?

Berdasarkan data dari CoinMarketCap, Binance adalah bursa terbesar di dunia dalam hal volume perdagangan spot dan juga derivatif.

Bursa apa yang harus digunakan di Indonesia?

Trader maupun investor asal Indonesia bisa melakukan transaksi jual/beli aset crypto melalui crypto exchange legal yang beroperasi di Indonesia seperti Upbit, PINTU, INDODAX, Pluang dan Tokocrypto

Artikel Terkait

Golden Cross: Apa itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Golden cross adalah sinyal perdagangan dalam analisis teknikal yang terjadi ketika moving average yang lebih kecil melintasi moving average yang lebih besar ke atas. Hal ini menunjukkan kemungkinan perubahan tren naik. Strategi ini telah memenangk...