Binance Coin (BNB): Definisi, Penggunaan, Keamanan, dan Biaya

Binance adalah salah satu exchanger kripto yang dikenal luas di seluruh dunia. Binance menawarkan kepada pengguna Binance Coin (BNB), sebuah mata uang kripto yang diterbitkan oleh pertukaran tersebut untuk memfasilitasi transaksi di dalam platform.

Selain itu, BNB juga dapat digunakan untuk membeli produk dan layanan di beberapa platform lainnya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang apa itu Binance, apa itu Binance Coin (BNB), siapa pemiliknya, keamanan yang ditawarkan, penggunaan, dan biayanya.

Apa Itu Binance Coin?

Binance Coin (BNB) merupakan mata uang kripto yang dikembangkan oleh Binance. Diluncurkan pada bulan Juli 2017, BNB bertujuan untuk mempermudah pertukaran kripto di platform Binance. Selain itu, BNB juga dapat digunakan untuk membeli berbagai produk dan layanan di beberapa platform.

Awalnya, Binance Coin diterbitkan sebagai token ERC20. Namun, seiring berjalannya waktu, BNB telah menjadi salah satu mata uang kripto yang bernilai tinggi secara internasional karena kapitalisasi pasarnya. Terutama sejak awal tahun 2021, Binance Coin dan mata uang kripto lainnya telah mengalami peningkatan nilai yang signifikan dan menjadi lebih volatil.

Binance Coin (BNB)

Seiring berjalannya waktu, Binance Coin telah menjadi mata uang kripto yang dihargai di pasar dan menempati peringkat keempat sebagai kripto terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. BNB juga telah diadopsi oleh berbagai platform dan layanan untuk berbagai jenis pembayaran.

Siapa pemilik Binance?

Binance merupakan perusahaan yang berasal dari Hong Kong yang didirikan oleh Changpeng Zhao, dikenal sebagai CZ. CZ adalah seorang pengembang perangkat lunak (software developer) dan pengusaha teknologi yang merupakan salah satu dari para investor awal di Binance. Beliau juga menjabat sebagai CEO sampai akhir tahun 2023. Sejak November 2023, Binance dipimpin oleh Richard Teng.

Changpeng Zhao (CZ)
Sumber: Binance

Apakah Binance dan Binance Coin Dapat Dipercaya?

Tentu, Binance dapat dipercaya. Sebagai salah satu platform exchanger kripto terbesar, Binance diakui sebagai platform yang aman dan dapat diandalkan bagi pengguna.

Selain itu, Binance menyediakan berbagai alat keamanan untuk melindungi pengguna. Alat-alat tersebut meliputi autentikasi dua faktor, verifikasi alamat IP, verifikasi identitas, dan verifikasi dana.

Bagaimana Cara Mendapatkan Binance Coin?

Untuk memperoleh BNB di Binance, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftar di platform tersebut. Setelah berhasil mendaftar, Anda dapat melakukan pembelian BNB menggunakan beragam metode pembayaran, termasuk kartu kredit, debit, transfer bank, PayPal, dan sebagainya.

Setelah Anda membeli BNB, Anda dapat mentransfernya ke dompet Binance Anda. Ini akan memungkinkan Anda menyimpan BNB Anda dengan aman di dompet Anda.

Apa Yang Harus Dilakukan Dengan BNB di Binance?

Setelah Anda memiliki BNB di dompet Binance Anda, terdapat beragam opsi yang dapat Anda lakukan. Pertama, Anda dapat memanfaatkan BNB untuk melakukan transaksi jual beli cryptocurrency di bursa Binance. Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah dan aman melakukan pertukaran cryptocurrency.

Selain itu, BNB juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk membeli berbagai produk dan layanan di berbagai platform. Ini mencakup platform, seperti Amazon, Microsoft, Google, Apple, dan lain sebagainya. Dengan demikian, BNB menjadi pilihan yang aman dan tepercaya untuk melakukan pembayaran atas produk dan layanan secara online.

Berapa Minimal Pembelian BNB?

Di Binance, jumlah minimum yang dapat diperdagangkan adalah 0,001 BNB. Per tanggal 16 April 2024 harga Binance Coin per 1 koin adalah sekitar 8,8 juta rupiah.

Apa Yang Bisa Dibeli Dengan BNB?

BNB dapat digunakan untuk membeli berbagai produk dan layanan. Ini termasuk kartu hadiah, layanan streaming video, perangkat lunak keamanan, dan lainnya. Ini berarti bahwa pengguna dapat menggunakan BNB mereka untuk mendapatkan berbagai produk dan layanan.

Berapa Banyak BNB Yang Ada?

Saat ini, ada sekitar 150 juta BNB yang beredar.

Apakah Bisa Mengeluarkan Lebih Banyak BNB?

Tidak, meskipun penawaran awal BNB adalah 200 juta, Binance berkomitmen untuk melakukan pembakaran BNB hingga mencapai 100 juta. Proses ini dilakukan setiap kuartal dan akan dihentikan saat jumlah BNB yang beredar turun di bawah 100 juta.

Di Mana Bisa Membeli BNB?

Sebagai salah satu dari mata uang digital yang paling terkenal, BNB dapat dibeli di berbagai platform pertukaran cryptocurrency, seperti Binance, Bitfinex, Huobi, OKEx, dan lainnya. Pengguna dapat membeli token ini menggunakan berbagai mata uang konvensional, seperti Rupiah, dolar AS (USD), euro, yen, serta menggunakan cryptocurrency lainnya, seperti Bitcoin, Ethereum, dan Litecoin.

👉 Apa Itu Trading Mata Uang Kripto? – Panduan Lengkap

Bagaimana Cara Mendapatkan BNB Dengan Bermain?

Pengguna memiliki kesempatan untuk memperoleh BNB melalui partisipasi dalam berbagai permainan yang disediakan oleh Binance. Jenis permainan tersebut meliputi dadu, rolet, dan lotre yang tersedia di platform. Lewat permainan ini, pengguna memiliki peluang untuk memperoleh BNB sambil menikmati pengalaman bermain yang menyenangkan.

Bagaimana Cara Menerima BNB Metamask?

Pengguna dapat menerima BNB menggunakan Metamask, sebuah kripto dompet digital yang aman. Dompet digital ini memungkinkan Anda untuk menyimpan dan menerima BNB langsung dari platform Binance. Metamask merupakan salah satu bentuk hot wallet cryptocurrency. Jika Anda tertarik untuk mempelajari tentang apa itu hot wallet, Anda bisa menyimak artikel berikut ini.

Karena itu, pilihan terbaik akan bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan tujuan masing-masing pengguna.

Mana Yang Lebih Baik BNB atau USDT?

BNB dan USDT adalah dua cryptocurrency yang sangat populer. USDT adalah token stabil yang nilainya terkait dengan USD. Fungsi USDT adalah sebagai alat untuk menjaga stabilitas nilai mata uang. Sementara itu, BNB menawarkan berbagai fitur tambahan, seperti pembayaran biaya transaksi.

BNB versus USDT
Sumber: CoinGeek

FAQs – Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Berapa harga BNB pertama kali?

BNB diperkenalkan pertama kali pada 26 Juni hingga 3 Juli 2017 di platform blockchain Ethereum. Pada awalnya, harga untuk mendapatkannya adalah 1 ETH untuk 2.700 BNB atau 1 BTC untuk 20.000 BNB.

BNB bergerak di bidang apa?

Fungsi utamanya, tentu saja, adalah sebagai mata uang di platform Binance. Kamu bisa menggunakan BNB untuk membayar biaya transaksi, yang mencakup biaya perdagangan, biaya penarikan, dan lainnya.

BNB burn sampai kapan?

BNB burn terakhir terjadi pada 13 Oktober 2022, ketika Binance mengurangi sejumlah BNB dengan total 2.065.152.42 BNB, setara dengan token senilai 546 juta dolar AS

Artikel Terkait