Hot Wallet: Bagaimana Cara Kerjanya dan Mana Yang Terbaik?

Sama seperti ada cold wallet, ada juga lawannya, yaitu Hot Wallet. Jadi, jika Anda ingin memulai di pasar kripto, artikel ini menarik karena di dalamnya kami akan menjelaskan secara detail apa itu hot wallet, bagaimana cara kerjanya, cara menggunakannya, serta kelebihan dan kekurangannya dibandingkan cold wallet.

Hot Wallet

Apa itu Hot Wallet?

Mari kita mulai dengan definisinya: hot wallet adalah dompet digital untuk kripto yang selalu terhubung ke internet dan tidak memerlukan perangkat keras apa pun untuk digunakan. Hal ini memberikan kemudahan kepada pengguna dan akses cepat ke dompet kripto yang ada di dalamnya.

Karena selalu terhubung ke internet, dompet ini menjadi target menarik bagi hacker yang mencari seperti bajak laut kuno yang mencari koin emas, dalam hal ini hacker mencari kripto.

👉 Temukan cara memulai investasi di Bitcoin dalam panduan ini: Bagaimana cara berinvestasi di Bitcoin dengan aman?

Karakteristik Hot Wallet

Mari kita lihat beberapa karakteristiknya:

  • Penggunaan Online: seperti yang telah kita bahas dalam definisinya, jenis dompet ini digunakan 100% secara online tanpa memerlukan perangkat eksternal apa pun selain perangkat yang digunakan untuk koneksi internet (baik itu komputer, tablet maupun ponsel) dan kunci akses ke dompet.
  • Aksesibilitas: dompet ini lebih mudah diakses dibandingkan cold wallet yang bergantung pada perangkat keras eksternal.
  • Kemudahan penggunaan: dompet ini juga lebih mudah digunakan. Cold wallet memerlukan instalasi perangkat lunak tambahan karena perlu mengakses ke perangkat eksternal, dan juga koneksi ke perangkat eksternal dari perangkat tempat koneksi dibuat (komputer/ponsel/tablet), yang membuat penggunaannya lebih rumit, terutama bagi pengguna pemula. Pada beberapa merek memang diperlukan instalasi software, tetapi tidak pernah koneksi ke perangkat lain; Kita akan melihat ini dijelaskan lebih lanjut dalam artikel.
  • Keanekaragaman: ada berbagai jenis hot wallet yang memudahkan adaptasi semua jenis pengguna ke dompet ini.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Ketika beroperasi online dan terhubung ke Internet, sebaiknya Anda memiliki sejumlah uang kecil di dompet ini agar dapat menghindari risiko diretas. Keuntungan utamanya adalah memungkinkan akses cepat ke dana karena terhubung ke internet.

Berikut adalah 3 ide yang harus dipertimbangkan:

Hot Wallet Tidak Sepenuhnya Terputus Dari Jaringan

Ini adalah titik paling kontroversial tentang hot wallet. Banyak pengguna lebih memilih cold wallet karena alasan keamanan. Karena tidak terhubung ke Internet, hal ini membuatnya kurang rentan terhadap peretasan.

Di sisi lain, meski terhubung ke jaringan dan blockchain, jika pengguna menjaga kata sandinya dengan aman dan tidak melakukan aktivitas yang sembarangan, mereka tidak perlu khawatir.

Hot Wallet Memiliki Seed Phrase (Frase Benih)

Hal ini juga berlaku untuk cold wallet: setiap dompet kripto yang aman dan berkualitas memiliki “seed phrase (frase benih)”; Ini adalah serangkaian 12 atau 24 kata yang harus disimpan pengguna dan tidak dibagikan kepada orang lain. Kunci inilah yang memungkinkan akses ke dompet dari setiap perangkat di dunia.

Hot Wallet Memiliki Private Key

Selain seed phrase, pengguna dapat mengunci dan membuka kunci dompet di perangkat tempatnya diinstal. Untuk melakukannya, Anda harus menggunakan sandi tambahan selain seed phrase.

Pertimbangan Lainnya

  • Dikelola melalui aplikasi web atau aplikasi seluler yang diinstal di komputer atau smartphone dan dapat digunakan dari sana.
  • Mereka dapat menawarkan layanan web yang memungkinkan akses ke kripto atau perangkat lunak yang dapat diunduh secara gratis ke komputer atau smartphone.
  • Jika ini adalah dompet dengan private key, Anda harus melakukannya secara manual
  • Umumnya bisa diakses dengan gratis
  • Biasanya terhubung dengan publik dan private key sehingga memudahkan Anda melakukan transaksi dan juga berfungsi sebagai penghalang keamanan.

Pentingnya Public Key dan Private Key Pada Hot Wallet

Public key dan private key adalah salah satu aspek terpenting dari dompet kripto.

  • Public key atau kunci publik mirip dengan nama pengguna akun. Hal ini memungkinkan Anda mengidentifikasi dompet untuk menerima token tanpa harus mengungkapkan identitas penerima kripto.
  • Private key atau kunci pribadi sebaliknya mirip dengan nomor PIN. Private key memfasilitasi akses ke dompet dan memeriksa saldo, memulai transaksi, dan operasi lainnya.
  • Tanpa jenis kunci ini, dompet atau wallet tidak akan berguna/berfungsi.

Top 3 Hot Wallet Terbaik

Mari kita lihat 3 merek yang paling banyak digunakan oleh komunitas investor cryptocurrency:

  • MetaMaskpaling banyak digunakan karena cocok dengan berbagai macam blockchain (Ethereum, Binance Smart Chain, Polygon, Avalanche) dan dengan berbagai macam kripto dan token.
Hot Wallet di MetaMask
  • Trust Walletdiakuisisi oleh Binance pada tahun 2018 dan kompatibel dengan exchanger. Itulah mengapa dompet ini berkembang dan diterima secara luas di seluruh dunia. Wallet ini memiliki aplikasi mobile, Google Chrome extension dan bahkan kompatibel dengan cold wallet.
Hot Wallet di Trust Wallet
  • Coinbase Walletdikembangkan oleh Coinbase, exchanger terbesar kedua di dunia dan yang pertama terdaftar di bursa saham. Wallet ini diklaim memiliki antarmuka yang menyenangkan dan user experience (UX) yang paling sederhana. Coinbase Wallet merupakan salah satu yang paling direkomendasikan untuk pengguna baru, bersama dengan MetaMask.
hot dompet kripto

Jenis Hot Wallet

Saat ini ada tiga jenis yang tersedia di market. Kebanyakan gratis, tetapi ada juga yang berbayar

Hot Wallet Pada Desktop

Ini adalah dompet yang ditujukan untuk digunakan di komputer desktop atau laptop, dan diperlukan instalasi program/software dari aplikasi desktop untuk penggunaannya. Setelah software tersebut diinstal, Anda dapat mengakses dompet dari perangkat tempat Anda menginstalnya kapan pun yang kita inginkan (asal terhubung ke internet).

hot wallet pada desktop

Kita bisa melihat di gambar bagaimana tampilan aplikasi desktop dari Exodus Wallet, salah satu merek yang paling banyak digunakan oleh investor kripto.

Hot Wallet Pada Smartphone

Dompet yang populer adalah yang memiliki aplikasi untuk Android dan iOS serta dapat digunakan dari hampir semua perangkat smartphone.

hot wallet crypto terbaik

Dalam gambar di atas, terlihat tampilan aplikasi mobile dari Coinbase Wallet. Dompet ini memiliki desain dan UX yang paling menarik di market.

Hot wallet untuk smartphone memiliki ruang penyimpanan yang lebih terbatas dibandingkan versi desktop. Keuntungannya adalah mobilitas dan kemudahan penggunaan dari mana saja.

Hot Wallet Online

Terakhir, ada dompet yang dapat diakses melalui browser web dan tidak memerlukan instalasi aplikasi desktop atau mobile (meskipun mungkin perlu menginstal ekstensi untuk Google Chrome atau sejenisnya).

Beginilah tampilan Metamask yang paling banyak digunakan dan populer, dilihat di browser Google Chrome.

Hot wallet online

Jadi, dompet ini memiliki keunggulan, yakni dapat digunakan secara online dari mana saja. Namun, hal ini berarti bahwa untuk menggunakannya, Anda harus menyerahkan private key kepada pihak ketiga, yang berarti bahwa orang lain dapat mengendalikannya. Mungkin inilah salah satu kekurangan terbesarnya.

Bagaimana Cara Mengirim Kripto ke Hot Wallet?

Mari kita lihat bagaimana cara mengirim kripto dari exchanger ke hot wallet.

Langkah 1: Akses Wallet di Exchanger

Langkah 2: Tambahkan Alamat Hot Wallet dan Klik Kirim

Tambahkan informasi alamat dompet di bagian “Alamat” dan jumlah kripto yang ingin dikirim. Setelah itu, klik tombol “Kirim”

Langkah 3: Periksa Penerimaan Kripto di Hot Wallet

Akhirnya, Anda perlu mengakses hot wallet untuk memastikan bahwa Anda telah menerima kripto (semua pengiriman kripto membutuhkan waktu, dari detik hingga menit tergantung pada blockchain yang digunakan; Anda harus menunggu beberapa waktu sebelum melakukan pengecekan).

Untuk itu, kemungkinan Anda perlu menambahkan kripto ke hot wallet agar bisa melihatnya; mari kita lihat bagaimana caranya:

  • Sebagai contoh, akses Polygon Scan terlebih dahulu dan mencari kripto yang dimaksud (salin kontraknya dan tambahkan ke hot wallet)

Kita lihat di bagian tengah kiri gambar bagaimana menyalin kontrak, dengan mengklik kotak yang menunjukkan “Copy to clipboard”

  • Setelah itu, pergi ke hot wallet dan impor token
  • Klik di bawah pada “Import tokens”
Cara mengimpor kripto
  • Tambahkan kontrak yang disalin dari Polygon Scan dan klik “Next”:
Pastikan alamat sudah sesuai
  • Dan kita akan melihat token yang diimpor ke dompet kita dengan saldo yang sesuai transaksi
Kripto yang dikirim sudah masuk ke hot wallet

Baik, sekarang Anda telah mengenal cara untuk menjadi penjaga aset kripto Anda sendiri. Jika Anda tertarik di sektor ini, Anda dapat mulai berinvestasi di dalamnya dengan lebih tenang. Anda hanya perlu membeli kripto dan menariknya, seperti yang kami jelaskan di sini.

Hot Wallet Terbaik Berdasarkan Platform

Ada beberapa jenis active wallet yang dapat Anda unduh secara gratis. Beberapa dompet khusus untuk digunakan bersama aplikasi tertentu atau hanya memungkinkan kripto tertentu.

Setelah melihat jenis yang ada, mari kita lihat sekarang mana yang terbaik dari setiap jenisnya.

Desktop Wallet Terbaik

Di antara hot wallet desktop, Anda dapat memilih salah satu dari yang berikut:

Desktop Wallet Terbaik
Electrum
Bitcoin Core
Exodus

Electrum: dompet perangkat lunak, mudah, tingkat keamanan tinggi. Kuncinya dienkripsi di komputer dan tetap di komputer desktop:

  • Memungkinkan pemulihan kripto melalui frase rahasia
  • Kontrol total atas Bitcoin dan kripto lainnya, mencegah orang lain memblokir dana mereka
  • Memungkinkan rotasi alamat setiap kali menerima pembayaran, yang mempersulit pelacakan dana
  • Tidak perlu mengunduh seluruh blockchain, membuat beban di komputer menjadi ringan
  • Kompatibel dengan OS Windows, Linux, Mac dan Android

Bitcoin Core: ini adalah dompet yang hanya menerima Bitcoin. Software pertama yang berfungsi dalam format dompet. Beberapa hal mengenai Bitcoin Core:

  • Memungkinkan mengirim dan menerima bitcoin melalui alamat atau kode QR
  • Tidak mendukung pembelian atau penjualan melalui kode QR
  • Penggunaannya lebih kompleks daripada dompet lainnya
  • Membantu jaringan Bitcoin dengan memvalidasi transaksi
  • Penyimpanannya ada di blockchain
  • Memerlukan sejumlah bandwidth dan memori di hard disk PC
  • Kompatibel dengan OS Windows, Linux dan Mac.

Hot Wallet Terbaik untuk Smartphone

Di antara hot wallet untuk ponsel, ini adalah yang terbaik:

Hot Wallet Terbaik untuk Ponsel
Electrum
Mycelium
Trust Wallet
Exodus
  • Electrum: selain versi desktopnya, Electrum memiliki dompet dalam format aplikasi seluler:
    • Kompatibel dengan Android yang memungkinkan instalasi dompet di smartphone
    • Menyediakan keamanan untuk mengelola kripto Anda
    • Menyediakan dukungan yang terus diperbarui.
  • Mycelium: ini adalah salah satu dompet terbaik untuk ponsel dengan karakteristik berikut:
    • Menyediakan keamanan perusahaan tingkat tinggi untuk mengelola bitcoin
    • Menyediakan perlindungan kunci pribadi
    • Dapat diintegrasikan dengan layanan lain dan dengan cold/hard wallet
    • Kompatibel dengan OS Android dan iPhone
    • Kekurangannya adalah hanya kompatibel dengan Bitcoin
    • Dapat membeli dan menjual Bitcoin ke uang fiat, seperti dolar, euro, dan lainnya atau sebaliknya
    • Memiliki integrasi dengan platform Cashila dan Glidera
  • Trust Wallet: pilihan lain dari hot wallet dengan format aplikasi. Karakteristiknya adalah sebagai berikut:
    • Aplikasi seluler dengan fungsi keamanan
    • Memungkinkan untuk mengelola berbagai cryptocurrency
    • Trust Wallet adalah aplikasi Ethereum terdesentralisasi sumber terbuka
    • Ini adalah dompet multi-mata uang, mendukung cryptocurrency utama
    • Menyediakan dukungan untuk lebih dari 20.000 token, seperti ERC20 dari jaringan Ethereum dan BEP2 dari Binance.

Hot Wallet Online Terbaik

Di antara hot wallet online, ini adalah yang terbaik:

Hot Wallet Online Terbaik
BitGo
Blockchain.com
Bit2Me Wallet
  • BitGo: ini adalah salah satu dompet Bitcoin yang paling direkomendasikan. Dompet ini menawarkan fungsi berikut:
    • Menyediakan layanan penitipan dan penyimpanan dingin tingkat institusional
    • Menyediakan dukungan untuk lebih dari 100 cryptocurrency dan token
    • Beroperasi di bawah platform dengan teknologi tanda tangan ganda (P2SH) dan HD (BIP32) yang menawarkan tingkat privasi yang tinggi.
  • Blockchain.com: dompet ini adalah salah satu yang paling populer dan menawarkan fungsi seperti:
    • Memungkinkan untuk menyimpan dan mengelola hingga 4 jenis cryptocurrency (BTC, ETH, BTH dan XLM)
    • Layanan ini sederhana dan mudah digunakan
    • Menyediakan tingkat keamanan dengan autentikasi 2 faktor
    • Untuk mengakses dompet online membutuhkan kode SMS, Yubikey atau Google Authenticator (salah satu dari 3 faktor ini) untuk melindungi akun dari akses yang tidak sah.
  • Bit2Me Wallet: ini adalah pilihan lain dari hot wallet di antara fungsinya yang menonjol adalah:
    • Terintegrasi dengan semua layanan Bit2Me
    • Bit2Me Wallet adalah dompet multi-mata uang dan atomic swaps
    • Tersedia dalam berbagai bahasa
    • Menyediakan penjelajah blok
    • Integrasi dengan layanan peminjaman Bit2Me
bit2me

Keuntungan Hot Wallet Dibandingkan Cold Wallet

Pada dasarnya, dua keuntungan jelas dari hot wallet dibandingkan cold wallet adalah sebagai berikut:

  • Kemudahan akses: faktor ini membuatnya menjadi pilihan yang menarik dibandingkan cold wallet, terutama bagi investor kripto yang sering melakukan transaksi dan/atau pengiriman kripto
  • Kemudahan penggunaan: karena kebutuhan penggunaan perangkat eksternal dan penggunaan software tambahan yang diperlukan untuk cold wallet, hot wallet menjadi pilihan yang lebih menarik terutama bagi pengguna pemula karena tidak memerlukan persyaratan tersebut.

Bahaya Hot Wallet: Apa Saja?

Ada dua bahaya utama ketika kita berbicara tentang penyimpanan kripto di hot wallet:

  • Kerentanan terhadap peretasan (hack)/serangan siber: karena dompet selalu terhubung ke internet, jika ada kesalahan atau kerentanan dalam desainnya, seorang hacker yang terampil dapat mengakses dompet dan mencuri kripto yang disimpan di dalamnya. Anda harus memilih dengan baik hot wallet yang digunakan sebelum menyimpan kripto kita di dalamnya.
  • Risiko kehilangan seed phrase: meskipun faktor ini umum untuk cold wallet dan hot wallet, ini juga merupakan risiko yang harus diperhitungkan saat menggunakan hot wallet. Selalu penting untuk menyimpan kata sandi dengan aman dan berusaha untuk tidak kehilangan dalam keadaan apa pun, atau akses ke kripto yang disimpan di dompet akan selamanya tidak mungkin diakses.

Pro dan Kontra Hot Wallet Dibandingkan Dompet di Exchanger

Mari kita bandingkan pro dan kontra menyimpan kripto di hot wallet dibandingkan menyimpannya di exchanger atau dompet terpusat:

Pro:

  • Kepemilikan langsung atas kripto Anda: di dunia kripto, frasa “Not your keys, not your coins (bukan kunci Anda, bukan koin Anda)” sangat populer. Ini berarti jika Anda tidak memiliki seed phrase dari dompet tempat kripto Anda disimpan, Anda bukanlah pemilik sebenarnya (seperti dalam kasus ketika kripto disimpan di bursa). Jika Anda adalah satu-satunya orang yang memiliki seed phrase dari dompet tempat kripto Anda disimpan, Anda adalah pemilik sebenarnya dari kripto tersebut.
  • Akses langsung dan permanen ke kripto Anda: kadang-kadang, di exchanger, baik karena volume pengguna yang berlebihan atau faktor eksternal, aktivitas di bursa dapat terganggu sementara dan akses investor ke kripto mereka juga menjadi terganggu. Ini juga biasanya terjadi pada momen penting sehingga menyebabkan kerugian potensial bagi investor yang ingin melakukan transaksi dengan kripto mereka. Masalah ini tidak akan pernah terjadi di dompet desentralisasi.

Kontra:

  • Risiko kebangkrutan exchanger: salah satu risiko menyimpan kripto di exchanger adalah kehilangan kripto jika exchanger tersebut bangkrut dan mereka tidak memiliki likuiditas yang cukup untuk mengembalikannya kepada Anda. Ini tidak akan pernah terjadi di dompet pribadi kita sendiri karena kripto benar-benar berada di dalam dompet.
  • Risiko penipuan/pencurian: risiko utama lainnya adalah orang. Exchanger dikelola oleh orang-orang dan jika pemilik atau manajernya melakukan penipuan dan mencuri kripto dari investor yang menyimpannya di sana, investor akan kehilangan kripto mereka.

Singkatnya, “Hot Wallet” adalah dompet digital untuk kripto yang selalu terhubung ke internet, memudahkan akses yang cepat dan mudah ke dana yang diinvestasikan dalam aset kripto. Meskipun nyaman dan mudah digunakan, terutama untuk pengguna pemula, mereka memiliki risiko keamanan seperti kerentanan terhadap peretasan karena koneksi permanen ke internet. Oleh karena itu, sangat penting untuk menangani private key dan seed phrase dengan hati-hati untuk menghindari kerugian.

FAQs – Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Apa yang dimaksud dengan Crypto wallet?

Crypto wallet atau dompet kripto adalah tempat atau sarana di mana investor menyimpan seluruh aset kripto yang dimilikinya.

Apa itu hot wallet?

Hot wallet adalah dompet kripto yang selalu terhubung dengan internet dan jaringan kripto. Hot wallet digunakan untuk mengirim dan menerima kripto, dan mereka memungkinkan Anda untuk melihat berapa banyak token yang Anda miliki yang tersedia untuk digunakan.

Hot wallet mana yang paling aman?

Hot wallet yang aman tersedia untuk semua pengguna terdaftar di Coinbase. Terhubung langsung ke bursa berarti perdagangan yang nyaman dan penyimpanan yang aman. MyEtherWallet – Wallet populer yang tersedia di iOS dan Android. Kompatibilitas ERC20 memastikan akses ke ribuan token.

Artikel Terkait