Perdagangan Futures: Memahami Definisi & Strategi Kunci

Awalnya diciptakan untuk membantu produsen komoditas memitigasi risiko, kontrak futures kini telah muncul sebagai produk keuangan standar bagi semua pedagang. Perdagangan derivatif ini memiliki leverage yang memungkinkan Anda mendapat keuntungan yang besar ketika melakukan perdagangan dengan investasi awal yang kecil.

Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan Anda tentang dasar-dasar futures dan broker terbaik untuk melakukan perdagangan futures dan komoditas di Indonesia.

Cara perdagangan Futures

Apa itu Futures? 

Futures adalah kontrak berjangka yang terstandarisasi dengan tanggal kadaluwarsa yang telah ditentukan. Setelah habis masa berlakunya, pembeli dan penjual menukarkan aset dasar yang dapat terdiri dari berbagai instrumen keuangan dengan harga yang telah ditentukan. Aset dasar tersebut dapat mencakup indeks saham, saham individu, obligasi pemerintah, atau komoditas seperti bahan mentah. Selain itu, ada jenis aset dasar lain yang kurang familiar yang akan kita bahas nanti saat membahas mekanisme perdagangan futures.

Pihak yang melakukan pembelian aset futures setuju untuk membeli aset dasar pada saat jatuh tempo dengan mengambil posisi long. Sebaliknya, pihak yang menjual aset pada futures setuju untuk menjual aset dasar kepada pembeli pada saat jatuh tempo dapat disebut dengan mengambil posisi short. Perlu dicatat bahwa futures adalah derivatif simetris dikarenakan kedua belah pihak berkewajiban untuk melakukan tindakan yang sama namun berlawanan pada saat jatuh tempo.

Bagaimana Cara Kerja Futures dalam Trading?

Tanggal jatuh tempo futures sering kali ditetapkan pada hari Jumat ketiga pada bulan tertentu. Jadi, ketika seorang pedagang membeli futures (yang selalu memiliki harga yang telah ditentukan), mereka berkewajiban untuk membeli aset yang mendasarinya pada tanggal jatuh tempo. Jika seorang pedagang menjual kontrak tersebut, mereka berkewajiban untuk menjual aset dasar pada saat jatuh tempo dengan harga yang telah ditentukan.

Pada kenyataannya, tujuan membeli kontrak berjangka bukanlah untuk menahannya hingga jatuh tempo melainkan untuk mendapatkan keuntungan dari penjualannya pada harga yang lebih tinggi.

Sebaliknya, saat menjual kontrak berjangka tujuannya adalah menutup transaksi dengan membelinya kembali dengan harga lebih rendah.

Biasanya, broker tidak menahan kontrak hingga jatuh tempo dan memberitahu klien untuk menutup posisi mereka dalam tanggal dan waktu tertentu. Jika dikehendaki, kemudian klien dapat beralih ke perdagangan kontrak jatuh tempo berikutnya. Sekalipun akad ditahan sampai jatuh tempo, penyelesaiannya dilakukan secara tunai. Keuntungan apa pun dikreditkan ke akun klien, sementara kerugian dikurangkan dari akun tersebut.

Kompleksitas muncul ketika berhadapan dengan futures yang melibatkan penyerahan fisik aset dasar pada saat habis masa berlakunya. Misalnya, hal ini dapat melibatkan sejumlah saham, obligasi, atau bahan mentah seperti tembaga dalam jumlah tertentu. Dalam kasus seperti ini, pedagang tidak hanya harus memiliki dana yang diperlukan untuk membeli tembaga dalam jumlah yang dibutuhkan namun mereka juga harus mengeluarkan biaya terkait dengan penyimpanannya. Sebaliknya, penjual harus memiliki jumlah tembaga yang telah ditentukan untuk dikirimkan. Proses ini lebih mahal dan rumit.

Kebanyakan broker memberikan pemberitahuan terlebih dahulu tentang masa berlakunya dan dapat menutup kontrak sebelum tanggal tersebut. Namun, selalu disarankan untuk menanyakan prosedur khusus untuk menghindari “kejutan” yang tidak terduga dan merugikan.

Namun demikian, penting untuk dicatat bahwa tanggal kedaluwarsa adalah pengecualian dan bukan norma. Dalam sebagian besar kasus, aktivitas futures diselesaikan jauh sebelum kontrak mencapai tanggal kedaluwarsanya.

Waktu untuk Melakukan Perdagangan Futures di Indonesia

Waktu perdagangan futures untuk broker resmi yang ada di Indonesia telah ditentukan oleh Bursa Efek Indonesia. Perdagangan dilakukan pada hari Senin sampai dengan hari Jumat. Waktu perdangan lebih singkat pada hari Jumat dibangingkan dengan waktu perdagangan pada hari Senin sampai dengan hari Kamis.

Pada hari Senin sampai hari Kamis perdagangan terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama dilakukan pada pukul 08.45 sampai dengan pukul 12.00. Sesi kedua dilakukan pada pukul 13.30 sampai dengan pukul 16.15.

Perdagangan pada hari Jumat memiliki waktu yang lebih singkat. Pada sesi pertama dilakukan pada pukul 08.45 sampai dengan pukul 11.30. Pada sesi kedua dilakukan pada pukul 14.00 sampai dengan pukul 16.15.

Jenis Pesanan pada Perdagangan Futures

Jenis pesanan umum yang digunakan dapat diterapkan dalam perdagangan futures. Jenis pesanan termasuk market order yang dieksekusi tanpa batasan harga. Selain itu, ada limit order yang menentukan harga tertentu yang ingin dibeli atau dijual.

Pesanan yang berhubungan dengan waktu juga biasa digunakan. Biasanya, pesanan tetap berlaku hingga akhir hari perdagangan namun dapat diatur untuk diperpanjang selama beberapa hari atau hingga waktu tertentu. Ketersediaan opsi tersebut bervariasi tergantung pada platform perdagangan yang disediakan oleh broker Anda.

Setelah pesanan dilakukan, Anda memiliki kesempatan untuk melampirkan perintah stop-loss dan take-profit untuk mengelola strategi. Pesanan ini dirancang untuk menutup posisi secara otomatis ketika level stop-loss atau take-profit tercapai. Fitur ini membantu membatasi potensi kerugian dan mengamankan keuntungan.

Perlu dicatat bahwa jenis pesanan tertentu yang tersedia memiliki fungsi yang berbeda tergantung pada platform broker dan bursa tempat futures diperdagangkan.

Biaya dan Komisi Perdagangan Futures

Dalam hal biaya pembelian dan penjualan futures, biaya merupakan hal penting bagi pedagang yang melakukan transaksi sehari-hari seperti pedagang intraday. Bagi trader multiday, dampak komisi relatif lebih rendah. Namun, ada diskon dari broker (dibahas di bawah) dengan biaya yang sangat rendah.

Biaya lain yang perlu dipertimbangkan adalah margin. Untuk mempertahankan posisi long atau short dalam perdagangan futures, Anda harus memberikan sejumlah uang sebagai jaminan.

Persyaratan margin biasanya berkisar sekitar 10% dari nilai kontrak. Jumlah ini dikunci atau diblokir sebagai jaminan. Jika posisi dibiarkan terbuka selama beberapa hari, perhitungan dilakukan setiap hari untuk menilai apakah posisi tersebut untung atau rugi.

Jika untung, jumlah yang setara akan dikreditkan sedangkan jika rugi, jumlah yang dikurangkan harus diisi ulang untuk mempertahankan tingkat margin yang diperlukan.

Setelah posisi ditutup, broker segera melepaskan margin kembali ke klien.

Perlu dicatat bahwa bagi pedagang intraday, yang ingin menutup posisi mereka sebelum akhir hari perdagangan, banyak broker menawarkan pengurangan persyaratan margin untuk mengakomodasi gaya perdagangan mereka.

Jenis Perdaganan Futures

Ada 2 kategori utama dalam perdagangan futures:

  • Perdagangan yang diatur dalam tunai (cash settlement);
  • Perdaganan yang berbasis penyerahan fisik (physical settlement).

Pada futures yang menggunakan indeks saham sebagai acuannya (underlying asset) atau aset dasar, tidak dapat dikirimkan oleh karena itu hanya dapat diselesaikan secara tunai. Pada hal yang berdasarkan saham, obligasi, atau bahan mentah, maka dapat dilakukan penyerahan fisik atas barang yang mendasarinya. Khusus untuk bahan baku, kontrak berjangka pada awalnya dirancang untuk pengiriman fisik. Pengiriman secara fisik ini hanya melayani klien profesional (pedagang grosir atau produsen bahan mentah).

Karena pengiriman fisik rumit dan tidak diperlukan oleh trader, pemberitahuan selalu diberikan terkait dengan sisa waktu untuk pengiriman fisik kemudian sejumlah broker meminta klien untuk menutup posisi sebelum masa berlakunya habis. Ada juga futures untuk bahan mentah serta saham yang diselesaikan secara tunai dikarenakan pengelolaannya lebih sederhana dan lebih disukai oleh para pedagang.

Kategori kontrak berjangka lainnya adalah perdagangan futures pada mata uang yang diperdagangkan di CME Group, pasar derivatif terbesar di dunia. Kontrak ini berkaitan dengan nilai mata uang utama terhadap dolar AS, termasuk persilangan mata uang yang signifikan. Futures pada mata uang mewakili kuantitas tertentu dari satu mata uang terhadap mata uang lainnya.

Selain itu, perdagangan futures tersedia untuk indeks saham. Perdaganan futures ini memungkinkan pedagang untuk berspekulasi mengenai kinerja indeks saham tertentu. Dengan memperdagangkan indeks saham berjangka, investor dapat mengambil posisi berdasarkan pandangan mereka terhadap keseluruhan pergerakan indeks pasar saham tertentu.

Perdagangan futures mata uang dan perdanganan futures pada indeks saham memberikan peluang bagi para pedagang untuk mendiversifikasi portofolio mereka dan terlibat dalam berbagai strategi perdagangan.

Perdagangan Futures Kripto: Bitcoin dan Ethereum

Kami juga memberikan alternatif perdagangan futures dengan subjek 2 mata uang kripto utama yaitu Bitcoin dan Ethereum (lebih tepatnya Ether). Kedua aset kripto ini selalu diperdagangkan di pasar Cme dan diatur dalam tunai (cash settlement). Kontrak standar perdagangan futures kripto ini mewajibkan Anda memiliki masing-masing 5 Bitcoin dan 50 Ether. Ketika kedua mata uang kripto ini berada di puncak, perdagangan futures ini bisa menjadi sangat mahal. Oleh karena itu, micro futures diciptkan dengan mewajibkan Anda untuk memiliki 0,1 Bitcoin dan 0,1 Ether. Harus dikatakan bahwa karena perdagangan futures kripto ini sangat fluktuatif, margin yang diminta jauh lebih tinggi daripada futures lainnya.

Untuk semua kontrak utama Cme ada micro future, biasanya keduanya memiliki besaran 10% dari kontrak yang lebih besar. Keduanya dirancang khusus untuk memungkinkan trader yang tidak memiliki modal besar untuk berpartisipasi di pasar futures.

Broker Perdagangan Futures

Di sini Anda dapat menemukan daftar broker futures terbaik.

Dalam tabel ini kami memberikan ringkasan.

Nama BrokerInformasi Tambahan Tentang Broker
MIFXUkuran Transaksi: Mulai dari 0,01 Lot
Spread: Mulai dari 0,3
Minimal Deposit Awal: Mulai dari Rp 500.000
Komisi: 10$ / lot
TRIVEINVESTUkuran Transaksi: Mulai dari 0,01 Lot
Spread: Mulai dari 0,8
Minimal Deposit Awal: Mulai dari 200$
Komisi: 10$ / lot
FINEXUkuran Transaksi: Mulai dari 0,01 Lot
Spread: Mulai dari 0,5
Minimal Deposit Awal: Mulai dari 10$
Komisi: 1$ / lot

Melakukan Perdagangan dengan Broker Triveinvest

Broker Triveinvest adalah salah satu pilihan terbaik untuk melakukan perdagangan futures dan opsi futures. Biayanya lebih rendah dibandingkan banyak penawaran lainnya; misalnya, untuk melakukan perdagangan futures, komisinya hanya $1untuk setiap lot.

Selain itu, Broker Triveinvest ini memiliki tiga pilihan jenis akun untuk melakukan perdagangan futures:

  • Ultra-Low dengan deposit minimal Rp 500.000 dan komisi $10 / lot
  • Standard dengan deposit minimal Rp 500.000 dan komisi $1 / lot
  • Pro dengan deposit minimal Rp 100.000.000 dan komisi $5 / lot

Ketiga pilihan jenis akun tersebut menggunakan platform trading yang sama yaitu MetaTrader 4.

Keuntungan dan Risiko Perdagangan Futures

Salah satu keuntungan utama perdagangan berjangka adalah efek leverage. Misalnya, jika seorang pedagang hanya perlu menyetor jaminan margin sebesar Rp 10.000.000 untuk mengendalikan kontrak berjangka senilai Rp 100.000.000, leverage adalah 1 banding 10.

Rasio leverage ini dipengaruhi oleh peraturan yang mengatur perdagangan futures tertentu serta ketentuan yang ditetapkan oleh broker. Umumnya, pasar yang lebih bergejolak cenderung memerlukan margin yang lebih tinggi, sehingga menghasilkan efek leverage yang lebih rendah.

Namun, penting untuk menyadari bahwa risiko yang terkait dengan perdagangan berjangka berkaitan dengan keuntungannya. Efek leverage, selain memberikan potensi peningkatan keuntungan hal ini juga dapat menyebabkan kerugian yang signifikan dan cepat terutama jika terjadi pergerakan pasar yang merugikan secara tiba-tiba.

Contoh Perdagangan Futures

Ketika berbicara tentang perdagangan futures, penting untuk menentukan pendekatan perdagangan pilihan Anda, apakah itu perdagangan intraday atau menahan posisi selama beberapa hari (multi-day). Pilihan ini akan mempengaruhi kerangka waktu yang Anda pilih untuk menganalisis grafik harga. Pedagang intraday biasanya berfokus pada kerangka waktu yang lebih pendek, mulai dari rentang waktu menit hingga satu jam, sedangkan pedagang multi-day cenderung menggunakan grafik harian atau mingguan.

Setelah Anda memutuskan kerangka waktu perdagangan Anda, penting untuk mengidentifikasi alat analisis teknis yang selaras dengan strategi Anda. Salah satu pendekatan umum yang melibatkan penggunaan dua rata-rata pergerakan eksponensial (EMA) dengan rentang berbeda. Misalnya, Anda dapat memilih EMA dengan periode lebih pendek (seperti EMA 20 hari) dan EMA dengan periode lebih panjang (seperti EMA 50 hari). Rata-rata pergerakan ini dapat membantu mengidentifikasi tren dan potensi titik masuk atau keluar berdasarkan persilangan atau interaksinya.

Rerata Pergerakan Eksponensial pada Futures

Mari kita perhatikan indeks futures DJ Eurostoxx 50 dan menganalisis grafik 15 menit dengan dua rata-rata pergerakan eksponensial (EMA): EMA 5 periode dan EMA 10 periode. Perhatikan grafiknya.

Pergerakan Eksponensial pada Futures trading

Dalam contoh ini, kita akan masuk ke dalam perdagangan ketika garis merah melintasi garis hijau, yang ditandai dengan panah yang mengarah ke atas. Entrinya akan berada pada level penutupan candle 15 menit, pada harga 4,140 poin.

Mengingat 1 poin bernilai £10 (US$ 10,85), nilai kontraknya adalah £41.140 (US$ 44.641,63). Dengan asumsi persyaratan margin sebesar £4.000 (US$ 4.340,46) (kira-kira 10%), dan memperhitungkan biaya komisi sebesar £5 (US$ 5,43) agar kita dapat melanjutkan perdagangan.

Sinyal keluar akan dipicu oleh persilangan sebaliknya, ketika garis merah memotong di bawah garis hijau, seperti yang ditunjukkan oleh panah yang mengarah ke bawah lima jam setelah masuk. Langkah untuk keluar perdagangan akan terjadi pada level penutupan pada 4,153 poin dengan biaya komisi sebesar £5 (US$ 5,43).

Total keuntungan dari perdagangan ini adalah 13 poin, setara dengan £130 (US$ 141,06). Dikurangi total biaya komisi sebesar £10 (US$ 10,85), laba bersih akan berjumlah £120 (US$ 130,21). Keuntungan 3% diperoleh sehubungan dengan nilai £4,000 (US$ 4.340,46) yang digunakan sebagai margin. Seluruh perdagangan berlangsung sekitar 5 jam.

Mari kita lihat grafik pada posisi short:

trading futures untuk indonesia

Dalam kasus posisi short, kita akan masuk ke dalam perdagangan ketika mm5 (garis merah) memotong di bawah mm10 (garis hijau), yang ditandai dengan panah yang mengarah ke bawah. Entrinya akan berada pada level penutupan candle 15 menit, pada harga 4,051 poin. Dengan asumsi biaya komisi sebesar £5 (US$ 5,43) dan persyaratan margin sebesar £4.000 (US$ 4.340,46), kita dapat melanjutkan perdagangan.

Sinyal keluar untuk perdagangan pendek ini akan terjadi ketika mm5 melintasi di atas mm10, seperti yang ditunjukkan oleh panah yang mengarah ke atas. Pintu keluar akan terjadi pada level penutupan 4,041 poin dan biaya komisi sebesar £5 (US$ 5,43).

Total keuntungan dari perdagangan singkat ini adalah 10 poin, setara dengan £100 (US$ 108,51). Dikurangi biaya komisi sebesar £10 (US$ 10,85), laba bersih akan menjadi £90 (US$ 97,66). Dengan demikian kita memperoleh keuntungan 2,25% sehubungan dengan £4,000 (US$ 4.340,46) yang digunakan sebagai margin. Seluruh perdagangan berlangsung sekitar 4 jam.

Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Berapa lama tanggal kadaluarsa kontrak pada futures?

Tanggal kedaluwarsa kontrak berjangka bervariasi, mewakili jangka waktu yang disepakati oleh kedua belah pihak untuk pengiriman produk dan penyelesaian kontrak selanjutnya.

Apa saja fitur perdagangan futures?

Kontrak memberikan hak bagi pembeli dan kewajiban bagi penjual. Kedua belah pihak sepakat untuk mematuhinya, sehingga pada akhir kontrak kedua belah pihak harus menyelesaikan posisinya dengan mengakhiri hubungan kontraktual mereka.
Spekulan dapat menggunakan leverage untuk bertaruh pada harga berbagai sekuritas yang mendasarinya (indeks saham, komoditas, valas, dan lain-lain).
Terakhir, kontrak futures dapat digunakan untuk melakukan lindung nilai terhadap kerugian dalam portofolio yang ada atau untuk melindungi terhadap perubahan harga yang merugikan bagi produsen komoditas tertentu.

Apa saja risiko yang terlibat dalam perdagangan futures?

Perdagangan futures memiliki risiko yang melekat karena efek leverage dan sifat pasar yang bergejolak. Leverage memungkinkan pedagang untuk mengontrol posisi yang lebih besar dengan persyaratan margin yang lebih kecil, namun juga memperbesar potensi keuntungan dan kerugian.

Artikel Terkait