Mengenal Indeks Russell 2000 & Cara Berinvestasi

Apa itu Indeks Russell 2000 (RUT), bagaimana cara menghitungnya, apa saha komponennya berdasarkan sektor, cara berinvestasi di dalamnya bagi investor Indonesia, dan mengapa ini bisa menjadi pilihan menarik bagi para investor. Dalam artikel ini, kita akan melihat secara rinci.

Mengenal Indeks Russell 2000 dan cara berinvestasi di dalamnya

Apa itu indeks Russell 2000?

Indeks Russell 2000 adalah sebuah indeks pasar saham yang mengukur kinerja 2000 perusahaan dengan kapitalisasi pasar yang relatif kecil (atau “Small Caps” dalam bahasa Inggris) yang terdaftar di bursa saham Amerika Serikat.

Ini adalah bagian dari Russell 3000 yang lebih luas, yang mewakili lebih dari 95% nilai pasar saham Amerika Serikat. Secara luas banyak yang mengakui Russell 2000 sebagai indeks paling akurat untuk menilai kinerja perusahaan kecil di AS. Amerika menjadi barometer penting untuk segmen pasar ini.

Russell 2000 dianggap referensi penting bagi investor yang mencari diversifikasi dan peluang di pasar saham. Terutama di segmen perusahaan kecil dan menengah Amerika Serikat yang melampaui perusahaan besar yang sudah terkenal dan mapan dalam mencari apresiasi yang lebih besar.

Kinerja historis

Kinerja historis Russell 2000 sejak peluncurannyanya pada tahun 1984 telah menunjukkan tren kenaikan yang fantastis. Serupa dalam hal apresiasi dan ketahanan di saat krisis jika Anda membandingkan dengan S&P 500. Memang benar bahwa Nasdaq menunjukkan apresiasi yang jauh lebih besar dari kedua indeks tersebut dalam periode yang sama, tetapi penurunan di saat krisis terakhir juga jauh lebih parah. 

Kinerja indeks Russell 2000
Kinerja Russell 2000 sejak peluncurannya. Sumber: Yahoo Finance

Bagaimana Indeks Russell 2000 dihitung? | Karakteristik

Russell 2000 dihitung berdasarkan kapitalisasi pasar yang disesuaikan dengan saham free-float. Artinya, indeks ini hanya mempertimbangkan saham yang tersedia untuk investor publik dan mengecualikan saham milik oleh orang dalam, pemerintah, atau promotor. Ini memberikan ukuran yang lebih akurat dari penilaian pasar dan minat investor pada perusahaan-perusahaan ini.

Pemilihan perusahaan diperbarui setiap tahun, dengan melihat kapitalisasi pasar dari perusahaan lama atau yang baru. Perusahaan baru ini biasanya menggantikan yang keluar baik karena peningkatan atau penurunan kapitalisasi pasar. Proses ini memastikan bahwa indeks tetap menjadi cerminan yang setia dari segmen perusahaan kecil, sekaligus memungkinkan indeks untuk beradaptasi secara dinamis dengan perubahan di pasar.

Kriteria untuk menjadi bagian dari indeks Russell 2000

Kriteria untuk menjadi bagian dari Indeks Russell 2000 meliputi:

  1. Lokasi: Perusahaan harus berada di Amerika Serikat, terutama kantor pusatnya.
  2. Kapitalisasi pasar: Perusahaan harus berada dalam kisaran kapitalisasi pasar yang ditetapkan untuk 2000 perusahaan terkecil dari Russell 3000. Bagaimanapun, tidak boleh kurang dari 30 juta dolar. 
  3. Likuiditas: Saham perusahaan harus cukup likuid. Selain itu, rata-rata dolar harian yang diperdagangkan (Average of Daily Dollars Traded/ADDTV) harus melebihi median global, yang ditentukan oleh peringkat harian dari semua nilai yang diinvestasikan dalam ADDTV. Pada rekonstruksi tahun 2024, median global ADDTV adalah US$ 130.000
  4. Kelayakan saham: Perusahaan harus memiliki saham biasa yang tersedia untuk umum, dengan minimum lebih dari 5% dari kapitalisasi float.

Bagaimanapun, kriteria ini ada untuk memastikan bahwa Indeks Russel 2000 terus melakukan evaluasi setiap tahun. Tujuannya untuk memastikan perubahan kondisi pasar tercermin dalam indeks. Serta memastikan indeks terus menjadi representasi yang akurat untuk perusahaan kecil di pasar AS. Dalam proses ini, perusahaan bisa ditambahkan atau dihapus dari indeks.

Kemudian, dalam kasus initial public offering/IPO, perusahaan yang akan mencatatkan sahamnya harus memenuhi kriteria di atas.

Komponen dari Indeks Russell 2000

Komposisi pada Russel 2000 baik dari segi perusahaan maupun sektor, cukup dinamis. Komponennya bisa berubah setiap tahun tergantung pembaharuan indeks.

Bagaimanapun, hal ini sangatlah mudah untik selalu Anda lihat: cukup lihat situs terpercaya soal ETF Russel 2000 seperti iShares, Blackrock atau Morningstar. Kemudian lihat posisi portofolio mereka dan/atau komposisi sektoralnya.

Komposisi sektoral Indeks Russell 2000. Sumber: LSEG

Seperti yang Anda lihat komposisi Russel 2000 memiliki bobot yang berbeda di setiap sektornya. Terutama pada sektor penting ini:

  • Industrial
  • Kesehatan
  • Finansial
  • Teknologi
  • Konsumer diskresioner

Bagaimana cara berinvestasi pada Indeks Russel 2000?

Ada 4 cara yang berbeda untuk berinvestasi pada Russel 2000, salah satu indeks saham terkemuka di dunia.

Perusahaan terbaik di Russell 2000

Salah satu pilihan yang kami sarankan adalah jangan hanya membeli indeks Russel 2000. Namun coba berinvestasi pada perusahaan terbaik yang masuk dalam indeks dan masukkan ke portofolio Anda.

Untuk itu, kami telah melakukan analisa perusahaan apa saja dalam indeks yang kami percaya paling menjanjikan (walaupun ini membutuhkan pengetahuan tingkat lanjut mengenai analisa fundamental saham). Mengingat akan ada 2000 perusahaan setiap tahunnya yang muncul dan hilang.

Bisa juga dengan memilih saham yang selalu ada dalam indeks dengan bobot yang besar. Ini bisa menjadi pilihan karena kapitalisasi pasar yang besar dibanding perusahan lainnya. Namun, Anda tidak harus selalu memilih saham yang merupakan pemimpin indeks untuk bisa mendapatkan peluang investasi terbaik.

Opsi kedua, cukup sederhana, kita dapat melihat saham yang membentuk indeks dengan cepat dan gratis di berbagai situs terpercaya. Oleh karena itu, kami menyarankan 7 perusahaan dengan bobot tertinggi dalam Indeks Russell 2000

Suatu fakta yang sangat menonjol dari indeks ini, adalah bahwa saham-saham tersebut memiliki bobot yang relatif seimbang.

ETF Russell 2000

Tentu kami tak akan lupa menyarankan ETF. Ini adalah salah satu aset yang paling banyak diperdagangkan di dunia. Kami memiliki berbagai opsi ETF yang mereplikasi harga aset tersebut; demikian halnya dengan Russell 2000.

Beberapa ETF Russell 2000 yang paling populer adalah sebagai berikut:

ETFTickerISIN
SPDR Russell 2000 USSmall Cap UCITS ETFZPRRIE00BJ38QD84
Xtrackers Russell 2000UCITS ETFXRS2IE00BJZ2DD79
Amundi Russell 2000 UCITS ETFRS2KLU1681038672
Invesco Russell 2000 UCITS ETFSC0KIE00B60SX402

Untuk membeli atau berinvestasi pada ETF Russell 2000 yang paling populer Anda perlu membuka akun broker internasional seperti Interactive Brokers. Broker ini sudah terdaftar di lembaga pengawasan di beberapa negara. Namun masih termasuk ilegal di Indonesia karena belum terdaftar di OJK dan Bappebti.

Di Indonesia, Anda hanya bisa membeli iShares Russell 2000 ETF melalui aplikasi broker legal yaitu Go Trade Indonesia dan Pluang.

Reksa Dana (Investment Funds)

Ada juga opsi reksa dana atau investment funds. Reksa dana juga menarik bagi investor karena keuntungan pajaknya. Kita bisa mentransfer modal dari satu reksa dana ke reksa dana lain tanpa harus membayar pajak atas keuntungan yang kita peroleh menurut undang-undang, yang tidak mungkin dilakukan dengan ETF, saham, atau aset lainnya.

Adapun reksa dana indeks yang paling populer adalah Vanguard Russell 2000 Index. Namun, menarik juga untuk menyoroti reksa dana dengan manajemen aktif (tidak diindeks) yang berfokus pada Small Caps AS yang mengungguli Russell 2000.

Berikut adalah beberapa reksa dana yang paling menarik:

  • Vanguard Russell 2000 Index (Diindeks)
  • CT (Lux) – American Smaller Companies
  • FTGF Royce US Small Cap Opportunity Fund
  • Neuberger Berman US Small Cap Fund
  • BNP Paribas Funds US Small Cap

Futures dan Opsi

Terakhir, kami juga memiliki opsi derivatif keuangan, seperti kontrak futures atau opsi.

Kontrak futures adalah perjanjian untuk membeli dan menjual (atau untuk pertama menjual dan kemudian membeli) suatu aset dalam periode dan hingga tanggal batas tertentu di masa depan (biasanya periode adalah 365 hari, tetapi tidak harus demikian), dengan harga yang telah disepakati sebelumnya.

Dengan cara ini, di platform seperti iBroker, Anda dapat berinvestasi dalam instrumen yang jauh lebih kecil yang disesuaikan untuk publik ritel, seperti mini Micro futures.

FuturesNilai NominalTick Minimum
E-mini Russell 2000Indeks x 50 USD0,1
Micro E-mini Russell 2000Indeks x 5 USD0,1

Pilihan lain adalah opsi, kontrak yang memberikan hak untuk membeli (call) atau menjual (put) suatu aset pada harga yang disepakati sebelum tanggal batas, tetapi tanpa kewajiban untuk melakukannya. Saya tinggalkan informasi lebih lanjut di artikel ini: Trading dengan opsi

Russell 2000 memiliki likuiditas yang tinggi serta volatilitasnya yang relatif rendah dari saham individu dan indeks atau ETF yang kurang terdiversifikasi. Russell 2000 menjadi salah satu aset keuangan paling menarik di dunia bagi para trader atau investor yang suka beroperasi dengan futures dan/atau opsi.

Mengapa berinvestasi di Russell 2000 pada tahun 2024?

Berikut ini adalah tiga alasan utama mengapa investasi di indeks Russell 2000 bisa menarik di tahun ini:

Ekspektasi penurunan suku bunga

Dalam konteks ekspektasi penurunan suku bungasmall caps cenderung lebih mendapat keuntungan dalam jangka panjang dari pada saham kapitalisasi besar karena sensitivitasnya yang lebih tinggi terhadap dana pembiayaan.

Bertentangan dengan apa yang banyak investor pemula percaya, sudah hal lumrah jika mengalami penurunan di pasar saham pada saat penurunan suku bunga. Hal ini biasanya malah menjadi peluang investasi besar dalam sejarah.

Suku bunga vs SP500. Sumber: Isabelnet

Dalam gambar tersebut kita melihat bagaimana, selama beberapa dekade terakhir, penurunan suku bunga bertepatan dengan “bear markets” di pasar saham (menawarkan peluang investasi besar setelahnya).

Ini Jadwal Rapat FOMC The Fed 2024 & Hasilnya!

Small caps memiliki potensi kenaikan yang lebih besar

Hipotesisnya dengan masuknya modal yang sama ke dalam big cap, harga saham small cap akan lebih meningkat karena persentase pertumbuhan kapitalisasi pasarnya akan lebih besar dari big cap.

Marilah kita ambil contoh dengan angka agar lebih jelas:

  • Jika sebuah perusahaan memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$ 1.000.000, dan seseorang menginvestasikan US$ 1.000.000 lagi, kapitalisasi dan harga sahamnya akan meningkat sebesar 100%, menjadi dua kali lipat
  • Jika sebuah perusahaan memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$ 10.000.000, dan seseorang menginvestasikan 1.000.000$ lagi, kapitalisasi dan harga sahamnya hanya akan meningkat sebesar 10%

Kita melihat dengan jelas bahwa, dengan investasi yang sama, Small Cap akan meningkat lebih dari Big Cap. Dan inilah alasan utama mengapa investor tertarik pada Small Caps dan/atau indeks seperti Russell 2000.

Unicorn tersembunyi

Russell 2000 memberikan kesempatan untuk berinvestasi pada perusahaan yang berpotensi menjadi “unicorn”. Ini adalah perusahaan kecil dengan potensi menjadi pemimpin pasar di masa depan dan, oleh karena itu, menawarkan kenaikan harga saham yang lebih besar daripada perusahaan besar yang sudah mapan.

Russell 2000 vs indeks lain di AS

Marilah kita melihat beberapa perbandingan Russell dan pengembalian historisnya, dengan indeks AS lainnya, yang juga sangat kuat:

Russell 2000 vs SP5000

Russell 2000 dan S&P 500 mewakili segmen pasar yang berbeda: yang pertama berfokus pada perusahaan kecil dan yang kedua pada perusahaan besar. Ini menawarkan kepada investor untuk mendiversifikasi investasi mereka berdasarkan pandangan masa depan mereka tentang berbagai sektor ekonomi, dan juga sesuai dengan profil risiko dan tujuan pengembalian mereka.

👉 Untuk informasi lebih lanjut tentang yang pertama: Bagaimana cara berinvestasi di SP500?

Russell 2000 vs Nasdaq

Meskipun kedua indeks mencakup perusahaan teknologi, Nasdaq terkenal karena konsentrasinya pada teknologi. Sedangkan Russell 2000 mendasarkan konsentrasinya pada perusahaan dengan kapitalisasi pasar yang lebih kecil daripada konstituen Nasdaq tanpa memperhatikan sektor mereka. Rusell 2000 menawarkan diversifikasi sektor yang jauh lebih luas.

👉 Untuk informasi lebih lanjut tentang indeks teknologi: Bagaimana cara berinvestasi di Nasdaq?

Russell 2000 vs Russell 3000

Russell 2000 adalah indeks yang konstituennya merupakan bagian dari Russell 3000, yang berfokus secara eksklusif pada 2000 perusahaan terkecil dari Russell 3000.

Sementara Russell 3000 mencakup jangkauan yang lebih luas yang meliputi perusahaan besar dan kecil (3000 perusahaan terbesar lebih tepatnya), tanpa berfokus pada yang kecil seperti Russell 2000.

Pada gambar berikut kita dapat melihat perbedaan dalam komposisi Russell 3000, versus komposisi Russell 2000 yang telah kita lihat di atas dalam artikel ini, dengan mengamati perusahaan utama yang membentuk masing-masing:

10 perusahaan terbesar di Russel 3000. Sumber: LSEG

Singkatnya, ide berinvestasi di Indeks Russell 2000 (RUT) menawarkan kepada investor jendela unik ke dunia dinamis (dan mungkin sangat menguntungkan) dari perusahaan kecil Amerika Serikat. Memberikan peluang investasi besar dan sekaligus diversifikasi yang besar, baik melalui ETF, reksa dana, futures, opsi, atau langsung di perusahaan yang membentuk indeks.

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Berapa banyak Indeks Russell yang ada?

Indeks Russell yang paling terkenal adalah Russell 2000. Padahal ada 156 indeks lainnya. Banyak investor berpikir bahwa mereka hanya fokus pada saham dengan kapitalisasi kecil dari Amerika Serikat. Padahal ada banyak pilihan seperti ekuitas pasar berkembang, berdasarkan volatilitasnya, tematik, berkelanjutan dan lainnya.

Apa itu Russell 3000?

Jangan membuat kesalahan dengan berpikir bahwa ini terdiri dari 3000 small caps di Amerika Serikat. Indeks ini adalah yang paling luas dan terdiri dari 4.000 perusahaan 

Namun, disebut demikian karena semua perusahaan dalam Russell 1000 dan 2000 ada di dalam Russell 3000. Namun, hanya ada sedikit produk untuk mereplikasi indeks ini.
Penting: Ingatlah bahwa perusahaan dapat membuat sebanyak mungkin indeks yang mereka inginkan, tetapi kemudian manajer ETF atau dana, atau bursa berjangka, yang memutuskan produk mana yang menarik dan meminta lisensi untuk mereplikasinya.

Artikel Terkait