Review Bybit Terbaru: Aman atau Tidak untuk Investor?

Tahun 2024 adalah salah satu tahun terbaik bagi Bitcoin, dimana harga Bitcoin sejak 1 Januari – 15 April 2024 mengalami kenaikan sekitar 56%, tren kenaikan harga Bitcoin juga diikuti dengan naiknya volume transaksi di berbagai crypto exchange di seluruh dunia, termasuk crypto exchange Bybit yang juga mengalami kenaikan volume transaksi.

Bybit adalah salah satu crypto exchange yang punya volume transaksi terbesar di dunia. Crypto exchange ini sudah eksis sejak tahun 2018 dan memiliki 20 juta pengguna di seluruh dunia per Desember 2023.

Salah satu target pasar crypto exchange Bybit adalah pasar Indonesia, sehingga tak heran jika pada situs resmi mereka tersedia layanan dalam bahasa Indonesia. Sebelum Anda ingin berinvestasi kripto di Bybit, sebaiknya Anda baca terlebih dahulu review Bybit selengkapnya di artikel ini untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan crypto exchange ini.

review Bybit

Tentu, di akhir review kami akan memberikan kesimpulan tentang crypto exchange global ini.

Apa Itu Bybit?

Bybit adalah crypto exchange yang didirikan oleh Ben Zhou pada tahun 2018. Perusahaan crypto exchange ini terdaftar di Kepulauan Virginia dan berkantor pusat di Singapura.

Bursa Bybit diketahui menyediakan produk derivatif dan produk spot kripto dan mendukung perdagangan P2P. Bahkan, Bybit juga diklaim menjadi salah satu pasar berjangka terbesar di dunia dengan volume perdagangan rata-rata harian mencapai lebih dari $10 miliar.

Sebagai crypto exchange terkemuka di dunia, Bybit menawarkan layanan pelanggan yang responsif dan platform trading yang mudah untuk digunakan. Namun, Bybit belum teregulasi dengan baik untuk pasar Indonesia karena hingga saat ini mereka belum mengantongi izin operasional dari Bappebti.

Untuk bisa mengakses situs resmi Bybit, investor membutuhkan akses VPN karena situs mereka diblokir oleh Kominfo dan Bappebti.

Informasi Penting Bybit

  • 🏆 Regulasi: VARA Dubai (Uni Emirat Arab), AFSA (Kazakhstan), SEC (Siprus)
  • 🔒 Keamanan: Cold wallet
  • 💼 Aset keuangan: spot trading, margin trading, token leverage, USDC option, dan USDC perpetual dan USDT perpetual.
  • 💻 Jenis akun: 3 (Demo, Standard Account, Unified Trading Account)
  • 💲 Biaya trading: Taker fee mulai dari 0,0100% dan maker fee mulai dari 0,0000%
  • 💰 Minimal deposit:  Mulai dari Rp15.000 untuk beli kripto dengan rupiah
  • 📈 Platform:
    • MetaTrader 4
    • Aplikasi Bybit
  • 📧 Hubungi:
    • Email: [email protected]
    • Telepon: 1+ (877)-945-9994 atau 1-707
    • Chat live: Tersedia
    • Hubungi melalui Pusat Bantuan Pelanggan
  • 🗣️ Layanan dalam bahasa Indonesia: Ya
  • 🎁 Promosi 2024: Giveaway berdasarkan syarat dan ketentuan

Bagaimana Keamanan Dana Nasabah di Bybit?

Sebagai salah satu crypto exchange terkemuka di dunia, bursa Bybit menyediakan perlindungan dana nasabah dengan menggunakan cold wallet, dimana dana nasabah disimpan secara offline dengan aman di cold wallet.

Selain itu, Bybit juga melindungi dana nasabah yang disimpan secara offline di cold wallet dengan menggunakan kombinasi multi tanda tangan yang canggih, Trusted Excecution Environment (TEE) dan Threshold Signature Schemes (TSS).

Pilihan Instrumen Trading yang Disediakan Bybit

Bursa Bybit menawarkan pilihan instrumen trading bagi investor maupun trader yang terdiri dari:

Produk Spot Kripto

Spot trading crypto adalah aktivitas jual/beli aset cryptocurrency secara langsung dalam hitungan detik. Spot trading crypto bisa kita samakan seperti Anda sedang melakukan trading saham biasa, namun hal yang membedakan Anda bisa melakukan trading crypto selama 24/7 yang memberikan fleksibilitas yang tinggi bagi para trader.

Pilihan spot trading crypto di Bybit meliputi koin-koin utama seperti Bitcoin, Ethereum, Dodge Coin, Solana, dll.

Produk Derivatif Kripto

Selain Bybit menawarkan pasar spot, crypto exchange ini juga menawarkan produk derivatif kripto bagi investor maupun trader. Kontrak derivatif kripto adalah kontrak keuangan yang nilainya berasal dari aset mata uang yang mendasarinya.

Anda bisa melakukan perdagangan derivatif kripto untuk Bitcoin, Ethereum, dan aset crypto lainnya di bursa Bybit. Bursa Bybit juga menyediakan jenis trading kripto lain yaitu melalui margin trading.

Perdagangan P2P Kripto

Dalam dunia cryptocurrency, P2P trading adalah sistem perdagangan yang memungkinkan Anda untuk menjual aset crypto yang dimiliki kepada pengguna lain tanpa perlu melibatkan pihak ketiga seperti bank ataupun broker.

Keuntungan bagi Anda yang melakukan P2P trading di pasar crypto adalah Anda bisa membeli atau menjual aset crypto sesuai harga yang diinginkan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Salah satu pilihan aset crypto yang bisa Anda perdagangan secara P2P di Bybit adalah Bitcoin.  

Jenis Akun Bybit

Tersedia 2 pilihan jenis akun yang bisa dipilih trader saat melakukan bertransaksi di bursa Bybit, yaitu:

Unified Trading Account (UTA)

Pada jenis akun ini, Anda bisa melakukan perdagangan untuk spot trading, margin trading, token leverage, USDC option, dan USDC perpetual dan USDT perpetual. Jadi, Anda bisa melakukan perdagangan 6 produk sekaligus pada 1 akun.

Standard Account

Jenis Standard Account adalah akun pertama kali yang Anda gunakan ketika Anda melakukan pendaftaran di Bybit. Namun, jenis akun ini memiliki banyak keterbatasan terkait pilihan perdagangan yang bisa Anda pilih. Sehingga, Anda lebih disarankan untuk mengupgrade jenis Standard Account yang dimiliki ke jenis Unified Trading Account (UTA) untuk bisa melakukan perdagangan di 6 produk dalam satu akun (token leverage, USDC perpetual, USDT perpetual, spot trading, margin trading, dan USDC option.

Demo

Bybit juga menyediakan akun Demo bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman trading bersama Bybit untuk menguji trading tools yang tersedia dan melakukan simulasi trading secara nyata.

Review Bybit Berdasarkan Platform Trading: Aplikasi Bybit dan MetaTrader 4

Bagi Anda yang melakukan perdagangan di bursa Bybit, crypto exchange ini menyediakan platform trading MetaTrader 4 dan aplikasi Bybit yang bisa diunduh di Google Play Store dan App Store.

Untuk platform MetaTrader 4, platform trading populer ini tersedia untuk perangkat komputer dan seluler. Namun, untuk memudahkan Anda saat melakukan transaksi di Bybit sebaiknya menggunakan aplikasi Bybit dengan beragam fitur trading yang bisa diandalkan yang memudahkan pengguna saat memantau pergerakan harga dan trading di lebih dari 900 aset crypto yang tersedia kapan saja dan di mana saja.

apa itu aplikasi bybit
Sumber: Goole Play Store

Berdasarkan penelusuran kami di Google Play Store, aplikasi Bybit sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna dan mendapatkan rating yang sangat baik yaitu 4,6 bintang dari 5 bintang dengan lebih dari 500 ribu ulasan.

Rating yang baik dari aplikasi Bybit bisa Anda jadikan sebagai gambaran seberapa baikkah aplikasi trading milik Bybit ini bagi trader maupun investor yang bertransaksi di platform mereka.

Fitur Bybit

Pada aplikasi Bybit, Anda bisa menggunakan beberapa fitur unggulan yang tersedia di aplikasi tersebut, antara lain:

Bybit Learn

Bybit Learn adalah sebuah portal edukasi bagi trader maupun investor di luar sana yang ingin belajar tentang trading dan investasi yang berisikan panduan trading, strategi trading, blockchain, dan topik edukasi lainnya.

Anda bisa mengakses Bybit Learn untuk semakin menambah wawasan Anda tentang dunia trading dan cryptocurrency.

Layanan Pelanggan 24/7

Fitur lain yang disediakan bursa Bybit adalah layanan pelanggan yang responsif yang siap melayani segala keluhan dan pertanyaan Anda dan layanan pelanggan Bybit juga tersedia dalam bahasa Indonesia sehingga sangat memudahkan para trader maupun investor asal Indonesia yang melakukan perdagangan di crypto exchange ini.

Menyediakan Trading Tools untuk Trading

Selain menyediakan aplikasi seluler untuk trading, aplikasi Bybit juga dilengkapi dengan beberapa trading tools yang bisa Anda gunakan seperti Signal Trading, Coinalyze, CoinGecko, Martingale Bot, Double-Win, dan AI-powered tool.

Cara Daftar dan Verifikasi Akun di Bybit

Untuk melakukan pendaftaran akun di Bybit, Anda bisa melakukan pendaftaran akun melalui aplikasi Bybit yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Berikut adalah tahapan pendaftaran dan verifikasi akun di Bybit.

  • Unduh aplikasi Bybit di Google Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasi Bybit.
  • Pilih Daftar.
  • Isi alamat email dan buat kata sandi.
  • Setujui Ketentuan Layanan,
  • Klik Daftar.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email.
  • Setelah memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email, Anda akan mendapatkan notifikasi di aplikasi Bybit bahwa pendaftaran akun berhasil.
  • Untuk melakukan verifikasi, Anda bisa klik Verifikasi Sekarang.
  • Pada tahapan verifikasi, Anda bisa pilih negara Indonesia dan pilih jenis dokumen apa yang ingin digunakan (KTP, paspor, dll).
  • Klik Konfirmasi.
  • Izinkan aplikasi Bybit mengakses kamera HP Anda.
  • Pilih opsi Lainnya yang saat mengonfirmasi saat ini Anda tinggal di negara mana.
  • Lakukan foto KTP jika Anda menggunakan dokumen tersebut untuk proses verifikasi.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk melakukan foto selfie dan tim verifikator Bybit akan melakukan verifikasi identitas Anda. Biasanya, hasil verifikasi sudah Anda dapatkan dalam kurun waktu 1 jam.

Cara Deposit di Bybit

Sebelum melakukan transaksi jual/beli crypto di Bybit, Anda perlu melakukan deposit terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Login ke akun Anda di aplikasi Bybit.
  • Pilih menu Aset.
  • Pilih menu Setoran.
  • Pilih Beli Kripto.
  • Pilih Fiat Deposit.
  • Jika deposit Anda berhasil dilakukan, jumlah saldo pada akun Anda akan bertambah sesuai dengan jumlah uang yang ditransfer.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan deposit untuk perdagangan P2P dengan memilih menu Perdagangan P2P dan tersedia lebih dari 30 metode pembayaran yang bisa dilakukan. Trader yang melakukan perdagangan P2P di Bybit akan dikenakan biaya tambahan 5%.

Cara Withdraw di Bybit

Batas penarikan dana di Bybit dapat berbeda-beda untuk pengguna karena tergantung level KYC akun Anda. Untuk KYC level 1 memiliki batas penarikan kurang dari 1 juta USDT per hari. Sementara KYC level 2 menyediakan batas penarikan kurang dari 2 juta USDT per hari.

Anda bisa melakukan penarikan dana di aplikasi Bybit dengan cara seperti berikut:

  • Login ke akun Anda di aplikasi Bybit.
  • Pilih menu Aset.
  • Klik Tarik.
  • Anda bisa mengirimkan dana dari Bybit ke dompet kripto, dan mengirimkan dana tersebut dari dompet kripto langsung ke rekening Anda.

Selain itu, Bybit juga menyediakan penarikan uang fiat kepada pengguna. Namun, layanan penarikan uang fiat ini dibatasi untuk mata uang fiat tertentu saja. Proses penarikan dana di Bybit biasanya memakan waktu 30 menit.

Minimal penarikan BTC di Bybit sebesar 0,0003 BTC dan minimal penarikan tersebut di setiap koin kripto berbeda-beda dan terdapat biaya penarikan untuk transaksi on-chain tergantung pada koin dan jaringan blockchain.

Berapa Fee Trading di Bybit?

Spot Trading

Spot TradingTaker FeeMaker Fee
VIP Level
VIP 00,1000%0,1000%
VIP 10,0600%0,0400%
VIP 20,0500%0,0250%
VIP 30,0450%0,0200%
VIP 40,0400%0,0150%
VIP 50,0350%0,0125%
Supreme VIP0,0200%0,0050%
Pro 10,0400%0,0150%
Pro 20,0350%0,0125%
Pro 30,0300%0,0100%
Pro 40,0250%0,0075%
Pro 50,0200%0,0050%
Tabel Biaya Spot Trading di Bybit

Perpetual & Futures Contracts Trading

Perpetual & Futures Contracts TradingTaker FeeMaker Fee
VIP Level
VIP 00,0550%0,0200%
VIP 10,0400%0,0180%
VIP 20,0375%0,0160%
VIP 30,0350%0,0140%
VIP 40,0320%0,0120%
VIP 50,0320%0,0100%
Supreme VIP0,0300%0,0000%
Pro 10,0320%0,0100%
Pro 20,0320%0,0050%
Pro 30,0300%0,0000%
Pro 40,0275%0,0000%
Pro 50,0250%0,0000%
Tabel Biaya Perpetual & Futures Contracts Trading

USDC Options Trading

USDC Options TradingTaker FeeMaker Fee
VIP Level
VIP 00,0200%0,0200%
VIP 10,0200%0,0150%
VIP 20,0200%0,0150%
VIP 30,0200%0,0150%
VIP 40,0180%0,0150%
VIP 50,0150%0,0100%
Supreme VIP0,0150%0,0020%
Pro 10,0180%0,0150%
Pro 20,0150%0,0100%
Pro 30,0150%0,0020%
Pro 40,0100%0,0020%
Pro 50,0100%0,0000%
Tabel Biaya USDC Option Trading

Kelebihan Bybit

Sebagai salah satu crypto exchange terkemuka di dunia, Bybit menawarkan sejumlah kelebihan bagi trader maupun investor yang melakukan trading di platform mereka, antara lain:

Menyediakan Aplikasi Trading bagi Trader

Selain menyediakan platform trading MetaTrader 4 bagi trader, bursa Bybit juga menyediakan aplikasi seluler untuk trading lewat aplikasi Bybit dengan beragam fitur trading yang bisa Anda gunakan untuk membantu pengambilan keputusan investasi dan trading yang lebih baik. Karena aplikasi Bybit menyediakan trading tools seperti Signal Trading, Coinalyze, CoinGecko, Martingale Bot, Double-Win, dan AI-powered tool.

Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan Bybit kepada pengguna adalah AI-powered tool, fitur ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan analisis teknis dan informasi metriks penting lainnya yang bisa digunakan untuk memperkirakan tren pergerakan harga dengan menggunakan analisis teknis dan data masa lalu.

Bybit Insurance Fund

Kelebihan lain yang ditawarkan Bybit kepada trader maupun investor adalah selain mereka menyimpan dana nasabah secara offline di cold wallet. Mereka juga memberikan perlindungan terhadap dana nasabah melalui fitur Bybit insurance fund. Fitur ini bisa Anda aktifkan dengan membeli asuransi Bybit dan dapat melindungi trader dari pergerakan harga pasar yang merugi.

Pilihan Perdagangan Kripto yang Variatif

Trader maupun investor bukan hanya bisa melakukan transaksi jual/beli aset crypto di pasar spot, melainkan crypto exchange Bybit juga menyediakan beberapa pilihan perdagangan kripto yang terdiri dari perpetual & futures contracts trading, USDC options trading, dan P2P trading.

Kekurangan Bybit

Tidak Teregulasi Bappebti

Kekurangan Bybit bagi trader maupun investor Indonesia adalah crypto exchange ini belum terdaftar dan diawasi Bappebti. Walaupun begitu, trader Indonesia masih bisa menggunakan Bybit di Indonesia dan bisa mengakses aplikasi Bybit yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Namun untuk mengakses layanan website mereka di Indonesia, Anda membutuhkan akses VPN.

Untuk negara-negara tertentu seperti Siprus, Kazakhstan, dan Uni Emirat Arab. Bursa Bybit sudah dinyatakan legal di negara-negara tersebut karena sudah mengantongi izin operasional sebagai bursa dan penyimpanan aset crypto. Berikut adalah izin operasional yang dimiliki Bybit:

  • Astana Financial Service Authority (AFSA) di Kazakhstan.
  • Cyprus Securities and Exchange Commision di Siprus.
  • Virtual Assets Regulatory Authority di Uni Emirat Arab.

Tidak Cocok bagi Trader Pemula

Selain belum terdaftar dan diawasi Bappebti, Bybit juga memiliki kekurangan lain yaitu tidak cocok untuk trader pemula. Hal ini bisa kita lihat dari berbagai trading tools tingkat lanjut yang disediakan Bybit kepada trader. Tentu bagi trader pemula, mereka masih banyak yang belum memahami bagaimana cara kerja dari masing-masing trading tools tersebut dan membutuhkan waktu untuk mempelajarinya secara menyeluruh.

Apakah Bursa Bybit Aman bagi Trader? Ini Pendapatan Kami

Jika kita lihat dari fitur keamanan yang disediakan Bybit bagi pengguna, crypto exchange ini sudah memenuhi faktor keamanan sebagai bursa dan penyimpanan aset crypto. Salah satunya dengan memproteksi nasabah dengan penyimpanan dana secara offline di cold wallet dan memberikan fitur KYC yang menjadi persyaratan untuk mencegah pencucian uang dan pembiayaan terorisme.

Untuk trader Indonesia, Anda bisa berinvestasi di berbagai pilihan perdagangan kripto lewat aplikasi Bybit. Namun, Anda perlu berhati-hati karena Bybit hingga saat ini belum memenuhi persyaratan sebagai crypto exchange legal di Indonesia karena tidak terdaftar dan diawasi Bappebti.

Sehingga, sebaiknya Anda memilih berinvestasi kripto melalui platform crypto exchange yang sudah teregulasi oleh Bappebti seperti Indodax, Tokocrypto, dan crypto exchange resmi Bappbeti lainnya dengan mempertimbangkan faktor legalitas dan keamanan saat bertransaksi jual/beli aset crypto.

Kesimpulan Kelebihan dan Kekurangan Bybit di Mata Trader

Sebagai kesimpulan kami tentang review Bybit, kami telah merangkum kelebihan dan kekurangan crypto exchange Bybit di tabel berikut ini.

KelebihanKekurangan
✅ Menyediakan trading tools tingkat lanjut❌ review bybit Tidak terdaftar dan diawasi Bappebti
✅ Pilihan perdagangan kripto yang variatif❌ Platform tidak cocok untuk trader pemula
✅ Menawarkan Bybit Insurance Fund bagi nasabah
✅ Menyediakan aplikasi seluler
✅ Dukungan layanan pelanggan 24/7

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Apakah Bybit Legal di Indonesia?

Bybit sebagai crypto exchange asing belum memenuhi persyaratan sebagai bursa dan penyimpanan aset crypto legal di Indonesia dan tidak terdaftar di Bappebti. Namun, Bybit sudah mengantongi izin operasional secara legal dari AFSA, SEC, VARA untuk beroperasi di Kazakhstan, Siprus, dan Uni Emirat Arab.

Apa Platform yang Disediakan Bybit?

Metatrader 4 untuk perangkat seluler dan komputer, dan aplikasi Bybit yang tersedia di Google Play Store dan App Store

Apa Saja Pilihan Jenis Akun yang Tersedia di Bybit?

Tersedia 3 jenis akun (Standard Account, Unified Trading Account, Demo)

Berapa Biaya Trading di Bybit?

Biaya trading di Bybit mulai dari 0,0100% untuk taker fee dan 0,0000% untuk maker fee, besaran biaya trading tersebut tergantung levep VIP dan level Supreme VIP akun Anda.

Artikel Terkait