Review Gotrade Indonesia: Biaya, Kelebihan & Kekurangan

Gotrade Indonesia menyediakan akses mudah bagi investor untuk masuk ke pasar saham Amerika Serikat (AS). Namun seperti apa review Gotrade Indonesia? Apakah aplikasi ini aman dan termasuk broker atau sekuritas dengan biaya dan komisi yang rendah?

gotrade review indonesia

Berinvestasi di saham merupakan salah satu cara mendapatkan pendapatan pasif yang cukup lumayan dibandingkan hanya menyimpan tabungan di deposito perbankan. Pasalnya pergerakan harga-harga saham bisa meningkat jauh lebih tinggi ketimbang bunga atau imbal hasil deposito yang mengikuti perkembangan kebijakan suku bunga Bank Indonesia.

Apalagi jika Anda memilki kesempatan besar masuk ke pasar negara maju seperti Amerika Serikat yang memiliki nilai ekonomi jauh lebih tinggi dibandingkan Indonesia. Nah salah satu cara berinvestasi dengan mudah untuk mengakses pasar saham Amerika Serikat (AS) adalah melalui Gotrade Indonesia.

Tentu aplikasi ini hadir dengan fitur yang bisa membantu Anda mendapatkan cuan dari investasi di saham Amerika Serikat. Mulai dari fitur rekomendasi dari para ahli hingga price alert yang bisa memberitahu Anda bahwa harga saham sudah menyentuh harga yang Anda inginkan. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak review aplikasi Gotrade Indonesia!

Review Gotrade: Aplikasi apakah itu?

Aplikasi Gotrade Indonesia dikenal dengan taglinenya yaitu Aplikasi Beli Saham Amerika di Indonesia. Anda bisa bergabung bersama dengan 600.000 investor Indonesia untuk berinvestasi di saham-saham Amerika Serikat (AS) seperti Google dan Netflix hanya dengan Rp 15.000.

apa itu gotrade indonesia

Sesuai dengan penjelasan di atas maka Gotrade adalah aplikasi broker legal yang bisa membantu Anda membeli dan menjual saham-saham AS hanya dengan menggunakan handphone. Selama terhubung dengan internet, maka investasi saham AS bisa dilakukan di manapun.

Gotrade awalnya adalah sebuah aplikasi investasi saham AS yang didirikan oleh TR8 Securities Inc pada awal 2021. Melansir Katadata, Gotrade saat itu berada di bawah regulasi Labuan Financial Servce and Securites Act 2010 d Malaysia.

Pada saat itu Gotrade sempat bisa digunakan di Indonesia, namun Satgas Waspada Investasi menyatakan Gotrade adalah broker ilegal karena tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun akhirnya Gotrade menunjukkan keseriusannya dengan mendaftarkan diri ke OJK dan Bappebti dengan menggunakan nama GoTrade Indonesia.

Gotrade Indonesia kini didukung oleh PT Valbury Asia Futures, pialang atau broker berjangka yang sudah mengantongi lisensi dari Badan Pengatur Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) pada 2023.

Gotrade Indonesia menyediakan akses membeli dan menjual saham AS dari Indonesia melalui kontrak penuh dengan Alpaca Securities LLC sebuah dealer-broker berlisensi FINRA di Amerika Serikat. Serta semua perdagangan tercatat di Bursa Berjangka Jakarta.

Review Gotrade: apa saja fitur yang disediakan?

Sebelum memilih broker untuk beli saham Amerika Serikat di Indonesia, Anda perlu tahu fitur-fitur yang disediakan setiap broker atau sekuritas. Kemudan bandingkan, mana fitur yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan investasi maupun trading Anda. Berikut beberapa fitur yang disediakan oleh Gotrade Indonesia:

FiturPenjelasan
Trading SignalFitur ini memberikan informasi terupdate mengenai rekomendasi beli atau tidak suatu aset investasi. Informasi ini disampaikan oleh Wakil Penasihat Berjangka.
Active PositionsMerupakan fitur dari Gotrade Indonesia yang mengumpulkan data kepemilikan Anda di pasar Amerika Serikat. Anda bisa dengan mudah melihat saham dan nilainya saat itu.
Reinvest DividendMerupakan fitur investasi ulang dividen yang Anda dapatkan kembali ke akun Anda. Fitur ini mempermudah Anda menambahkan nilai kepemilikan saham dari dividen yang didapatkan secara otomatis namun Anda tetap bisa mengaturnya untuk jeda.
Komunitas saham ASFitur yang mempermudah penggunanya mendapatkan informasi terbaru mengenai saham-saham AS yang disediakan di Gotrade.
Price AlertFitur yang berfungsi untuk memberi tahu Anda nila suatu saham sudah menyentuh harga tertentu yang sudah ditentukan sebelumnya. Anda bisa mendapatkan pemberitahuan saat harga saham AS naik sesuai keinginan atau mengalami penurunan signifikan sehingga sebagai investor bisa dengan cepat bertindak untuk mendapatkan keuntungan atau mencegah kerugian yang terlalu dalam.
Stop OrderMembantu Anda supaya tidak kelelahan memantau monitor secara harian. Melalui fitur ini Anda bisa secara otomatis menjual saham di harga tertentu. Cukup dengan mengatur harga berhenti di bawah harga saat ini.

Review Gotrade: produk investasi yang disediakan

Saham Amerika Serikat

Gotrade Indonesia memberikan kemudahan akses bagi investor di Indonesia yang ingin memiliki saham Amerika Serikat. Saat ini Gotrade Indonesia menyediakan 600 lebih saham terdaftar yang bisa Anda miliki secara legal. Menariknya Anda tidak perlu membeli saham sebanyak 1 lot, standar yang digunakan saat ini. Bahkan Anda bisa membeli sesuai dengan kebutuhan Anda. Bahkan Anda bisa mulai hanya dengan US$ 1 atau sekitar Rp 15.900 atau mulai dari 0,000000001 lembar saham.

>>> Rekomendasi saham terbaik di Indeks Dow Jones Amerika Serikat

ETF

ETF merupakan dana kolektif dengan aset dasar indeks saham. Saat ini Gotrade juga sudah menyediakan produk ETF bagi Anda yang lebih suka menggunakan produk investasi dengan risiko yang lebih rendah ketimbang memiliki dan memantau pergerakan saham tunggal Anda. Ada sekitar 50 produk ETF yang bisa Anda bel saat ini.

>>> ETF terbaik untuk berinvestasi di Indonesia

Review Gotrade: biaya dan komisi yang dikenakan

Saat melakukan jual beli saham Amerika Serikat di Gotrade Indonesia, Anda akan dikenakan beberapa biaya.

BiayaNominal
SpreadsGRATIS
DepositGRATIS
Deposit FX fees0,3%
KBI deposit feeRp 3.000
Biaya pemrosesan bankRp 5.750
Biaya penarikan saldo atau withdrawalsUS$ 2
Withdrawal FX fees0,03%
Biaya transaksi0,3%
PPN11%

Pertama, biaya yang dikenakan adalah biaya aktivitas perdagangan (TAF) SEC dan FINRA. Ini merupakan biaya yang dikenakan saat menjual saham Amerika Serikat yang dibebankan kepada nasabah. Biayanya yaitu:

  • Biaya SEC = total harga transaksi x US$ 5,10 / 1.000.000
  • TAF = US$ 0,000119 per saham untuk setiap penjualan sekuritas ekuitas tertutup dengan nilai maksimal US$ 5,95 per perdagangan.

Nah biaya ini sangat kecil dan berlaku pembulatan ke nilai satu sen terdekat. Sehingga jika Anda menjual saham AAPL seharga US$ 150 maka dikenakan biaya SEC US$ 0,000765 menjadi US$ 0,01 dan biaya TAF sebesar US$ 0,000119 dibulatkan menjad US$ 0,01 sehingga totalnya US$ 0,02.

Kedua, Gotrade Indonesia mengenakan biaya 0,3% untuk setiap perdagangan dan sudah termasuk biaya PPN 11%. Sehingga untuk membeli saham senilai US$ 10 maka dikenakan biaya US$ 0,03. Namun biaya minimal yang dikenakan adalah sebesar US$ 0,10.

Ketiga, Gotrade Indonesia mengenakan fee proses transfer antar bank sebesar Rp 5.750 dan fee nilai tukar dengan spread 0,3%.

Keempat, Gotrade Indonesia juga mengenakan fee penarikan dana sebesar US$ 2 per penarikan dan fee nilai tukar dengan spread 0,1%.

Kelima, jika Anda mendapatkan dividen tunai dari kepemilikan saham maka dikenakan pajak dividen yang berlaku di Amerika Serikat yaitu 15% dari jumlah bruto diividen.

Bagaimana keamanan dan legalitas Gotrade?

Salah satu syarat mengurangi risiko dalam berinvestasi atau trading adalah memilih broker legal. Sebab dengan memilih broker legal, maka perlindungan konsumen atau nasabah lebih terjamin dengan adanya payung hukum.

Gotrade Indonesia adalah salah satu pialang atau broker online legal untuk berinvestas ke instrumen pecahan saham Amerika Serikat bagi penduduk Indonesia.

Seperti dijelaskan di atas, Gotrade Indonesia beroperasi melalui pialang kontrak berjangka dan komoditas PT Valbury Asia Futures yang sudah terdaftar di Bappebti dengan nomor 184/BAPPEBTI/SI/II/2003.

Gotrade Technologies juga merupakan sistem resmi Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) untuk menyelenggarakan Penyaluran Amanat ke Bursa Luar Negeri atas kontrak derivatif saham asing berdasarkan Perjanjian Kerja sama Penggunaan Sistem Transaksi Berbasis Aplikasi antara PT Jakarta Future Exchange, PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) dan Gotrade Technologies Pte., Ltd., tertanggal 28 Maret 2022.

Review Gotrade: apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Hal utama dari review Gotrade Indonesia tentu membantu Anda menentukan pilihan, apakah Gotrade Indonesia jadi broker beli saham AS terbaik di Indonesia? Untuk membantu Anda, maka berikut rincian kelebihan dan kekurangan Gotrade Indonesia:

Kelebihan Gotrade Indonesia

  • Bisa membeli saham Amerika Serikat dengan nilai yang murah mulai dari 0,000000001 lembar saham atau bisa juga mulai dari US$ 1.
  • Hanya memerlukan deposit US$ 2 untuk mengaktifkan akun supaya bisa langsung membeli saham Amerika Serikat.
  • Aplikasinya cukup ringan dan mudah digunakan di handphone
  • Memiliki fee dan spread yang kompetitif
  • Memiliki fitur saran beli dari ahlinya langsung mengingat sulit bagi investor Indonesia mengakses informasi pasar saham di AS secara utuh dan cepat

Kekurangan Gotrade Indonesia

  • Lebih cocok untuk investor jangka panjang, bukan trader harian
  • Hanya menyediakan instrumen investasi saham dan ETF
  • Beberapa investor menyebutkan biaya pertukaran USD ke Rupiah cukup mahal
  • Membutuhkan waktu yang lama untuk proses penarikan dana
  • Masih terbatasnya akses top up saldo ke Gotrade Indonesia dan penarikan dana
  • Belum memiliki fitur pemantauan pergerakan harga di pasar secara real-time

Review Gotrade: opini penggunanya!

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan Gotrade Indonesia, ada baiknya Anda tahu bagaimana opini para investor yang sudah menggunakannya.

Adapun Gotrade Indonesia bisa diunduh di App Store maupun Google Play Store. Nah di App Store, ternyata Gotrade Indonesia tidak cukup populer. Namun dari segi penilaian, para penggunanya merasa cukup puas dengan Gotrade Indonesia.

Review Gotrade Indonesia di App Store
rating Gotrade Indonesia di App Store

Gotrade Indonesia mendapatkan rating 4.7 dari 5. Jumlah pengguna yang memberi penilaian terhadap aplikasi ini sebanyak 1.800 pengguna. Adapun, yang menjadi catatan adalah Gotrade Indonesia berada di peringkat 156 pada kategori aplikasi finansial.

Gotrade Indonesia kalah populer dibandingkan Indodax, Binance, Bibit, Ajaib, Tokocrypto, Stockbit, Pintu, MetaTrader5, Pluang, Triv, IPOT, Octa Trading App, Nanovest dan MetaTrader4.

Review Gotrade Indonesia di Google Playstore
Review Gotrade Indonesia di Google Playstore

Sedangkan di Google Playstore, Gotrade Indonesia mendapatkan rating 4.6 dengan jumlah pengguna yang memberi penilaian sebanyak 6.000 orang.

Para pengguna menganggap aplikasi Gotrade Indonesia memiliki tampilan UI/UX yang mudah dipahami. Selain itu fitur rekomendasi dari para ahli juga dianggap sangat membantu untuk memilih saham apa saja yang baiknya dibeli. Namun di sisi lain, mereka mengeluhkan soal sulitnya proses penarikan dana usai menjual kepemilikan saham. Nah menariknya, customer services dari Gotrade Indonesia cukup cepat memberikan tanggapan dari setiap keluhan maupun pujian dari para penggunanya.

Bagaimana cara menyampaikan keluhan ke Gotrade Indonesia?

Sebagai jaminan atas perlindungan nasabah, jika Anda memiliki keluhan atau terancam keamanannya Anda bisa segera memberitahu pihak Gotrade Indonesia. Berikut daftar kontak yang bisa Anda hubungi:

  • email: [email protected]
  • Live chat: heygotrade.com
  • Alamat: Menara Karya Lantai 9 Jalan H.R Rasuna Said Blok X-5 Kav-12, Jakarta 12950, Indonesia.

Cara membeli saham AS di aplikasi Gotrade

Berikut kami berikan informasi cara membeli saham Amerika Serikat (AS) menggunakan aplikasi Gotrade Indonesia.

Cara mendaftar atau membuka akun Gotrade

Untuk mendaftarkan diri Anda di Gotrade Indonesia, Anda harus berdomisili di Indonesia dan berusia minimal 21 tahun. Data yang dibutuhkan adalah e-KTP. Setelahnya, Anda bisa mengunduh (download) aplikaso Gotrade di smartphone Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Gotrade Indonesia setelah Anda mengunduhnya
  • Silakan pilih masuk menggunakan akun Google, akun Apple atau menggunakan email
  • Isi nama Anda dan klik Mulai
  • Masukkan No HP dan lakukan verifikasi data
  • Lakukan verifikasi data diri sesuai dengan data di dalam e-KTP Anda
  • Lakukan langkah selanjutnya sesuai instruksi pada aplikasi

Cara top up atau tambah deposit di Gotrade Indonesia

Setelah akun Anda jadi, langkah selanjutnya untuk bisa berinvestasi saham AS di Gotrade Indonesia adalah menambahkan saldo deposit Anda. Berikut cara to up atau tambah deposit di Gotrade Indonesia:

  • Buka aplikasi Gotrade Indonesia pada smartphone Anda
  • Pilih ikon $ pada bagian bawah tampilan aplikasi Gotrade Indonesia
  • Kemudian pilih Deposit to Gotrade
  • Masukkan nominal deposit dalam rupiah yang Anda inginkan
  • Klik Preview Deposit
  • Pilih metode pembayaran yaitu dengan Virtual Account atau E-Wallet
  • Lakukan langkah selanjutnya sesuai dengan yang diinstruksikan sesuai dengan metode yang Anda pilih

Cara membeli atau menjual saham AS di Gotrade

Anda harus memastikan seluruh data diri Anda sudah terverifikasi di aplikasi Gotrade Indonesia untuk melanjutkan jual-beli saham AS. Adapun cara membeli atau menjual saham AS di Gotrade Indonesia, sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Gotrade Indonesia kemudian pilih Discover yang terletak di bagian bawah layar.
  • Cari saham yang Anda inginkan dengan mengetikkan nama atau tickernya
  • Klik nama saham yang Anda cari tadi
  • Klik tombol Trade untuk membeli atau menjual saham.
  • Masukkan jumlah pembelian atau penjualan yang Anda inginkan dan selesaikan transaksi Anda

Cara withdraw deposit dari Gotrade

Anda tentu ingin merealisasikan keuntungan dari investasi Anda. Caranya adalah dengan melakukan penarikan deposit atau withdraw. Berikut cara withdraw deposit dari Gotrade Indonesia:

  • Buka aplikasi Gotrade Indonesia pada smartphone Anda
  • Pilih ikon $ pada bagian bawah tampilan aplikasi Gotrade Indonesia
  • Kemudian pilih Withdraw from Gotrade
  • Pilih akun atau rekening penerima
  • Masukkan nominal yang ingin Anda tarik dalam bentuk USD, minimal withdraw yaitu US$ 10
  • Setelah itu lakukan instruksi yang diperintahkan dan tunggu deposit Anda masuk ke rekening bank atas nama Anda dalam beberapa hari ke depan

Bagaimana pendapat kami, apakah Gotrade layak jadi broker terbaik beli saham AS?

Lalu apakah Gotrade Indonesia adalah aplikasi broker terbaik untuk membeli saham Amerika Serikat yang legal di Indonesia? Jawabannya tergantung pada preferensi Anda.

gotrade AS saham

Gotrade Indonesia dikenal dengan tampilan aplikasi yang sangat ramah bagi penggunanya terutama investor pemula. Hal ini membuat Gotrade sangat direkomendasikan bagi Anda yang memang lebih suka menabung atau berinvestasi jangka panjang ketimbang trading. Sebab saat ini kebijakan trading di Gotrade Indonesia dibatasi hanya tiga kali setiap 5 hari.

Lebih lanjut, Gotrade Indonesia juga bukan merupakan aplikasi investasi yang sangat populer. Gotrade Indonesia kalah dari Indodax yang menyediakan aset crypto, Ajaib dan Bibit yang merupakan aplikasi broker untuk aset lokal, dan kalah dari Pluang maupun Nanovest yang juga menyediakan akses ke pasar saham AS.

Pluang misalnya, menyediakan aset seperti ETF dan crypto. Sedangkan Gotrade Indonesia saat ini hanya menyediakan aset ETF dan saham tunggal. Ini yang perlu menjadi perhatian bagi Anda yang akan menggunakan Gotrade Indonesia. Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memperhatikan berbagai jenis produk keuangan karena hanya menyediakan saham dan ETF yang sangat sederhana untuk menginvestasikan uang Anda.

Di sisi lain, yang perlu menjadi catatan oleh calon penggunanya adalah Gotrade Indonesia masih terus melakukan perkembangan. Beberapa pengguna memiliki kesempatan untuk mencoba fitur advanced yang berfungsi untuk trading dengan lebih profesional. Jadi tidak menutup kemungkinan Gotrade juga akan ramah bagi Anda para trader.

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Apakah Gotrade Indonesia legal?

Gotrade adalah aplikasi broker legal yang bisa membantu Anda membeli dan menjual saham-saham AS. Gotrade Indonesia kini didukung oleh PT Valbury Asia Futures yang sudah terdaftar di Bappebti dengan nomor 184/BAPPEBTI/SI/II/2003.

Bagaimana cara beli saham luar negeri di aplikasi Gotrade?

Cara beli saham luar negeri di aplikasi Gotrade Indonesia sangatlah mudah. Anda tentu harus sudah memiliki akun yang terverifikasi di Gotrade Indonesia. Jika sudah, maka Anda bisa langsung membuka aplikasi Gotrade Indonesia dan memilih saham yang Anda inginkan.

Kapan pasar saham luar negeri buka?

Saat ini Gotrade hanya menyediakan akses ke pasar saham Amerika Serikat. Adapun pasar saham Amerika Serikat buka pada pukul 09.30 hingga 16.00 Eastern Times. Ini berarti buka pada pukul 21.30 hingga 04.00 WIB atau 20.30 – 03.00 WIB saat Daylight Saving Time.

Artikel Terkait