Trading Dengan ChatGPT: Panduan Dasar untuk Pemula

Prinsip utama dalam trading selalu sama, yaitu temukan strategi yang berhasil dan terapkan dengan konsisten tanpa menyimpang. Jadi, dalam panduan trading dengan ChatGPT ini, langkah pertama adalah menemukan strategi yang berhasil dan itu adalah tanggung jawab awal. Namun, untuk langkah kedua, yaitu menerapkannya dengan konsisten, kami akan menunjukkan cara mengujinya, tidak peduli apa asetnya, jangka waktunya, atau kondisi pasar. Setelah Anda cukup percaya diri, Anda yang akan menentukan sejauh mana bisa menggunakannya.

Selain itu, kita akan membahas semua ini secara bertahap dan dengan cara yang paling mudah dipahami. Hal ini berkat revolusi terbaru dalam kecerdasan buatan, yaitu ChatGPT.

Trading dengan chatgpt

Apakah Bisa Trading Dengan ChatGPT?

Di era digital, kecerdasan buatan sedang merevolusi banyak sektor dan trading tidak terkecuali. ChatGPT tidak dirancang khusus untuk melakukan operasi trading secara mandiri.

Namun, ini bisa menjadi alat yang berharga bagi para trader dalam hal analisis dan konsultasi. Melalui model bahasa canggihnya, ChatGPT dapat menyediakan kode pemrograman yang dapat diintegrasikan pengguna ke dalam platform trading.

Atau dengan kata lain, ChatGPT memungkinkan Anda untuk mendapatkan kode strategi yang dapat dimasukkan ke dalam beberapa platform trading terkemuka yang ada. Hal ini bertujuan untuk menguji efektivitas historisnya.

Ini memungkinkan para trader memanfaatkan kemampuan analisis data dan prediksi model, meskipun keputusan akhir tetap diambil oleh manusia. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan volatilitas dan risiko yang terkait dengan trading.

👉 Informasi lebih lanjut: Apa Itu Trading Mata Uang Kripto? – Panduan Lengkap.

Alat apa yang Dibutuhkan untuk Melakukan Trading dengan ChatGPT?

Baik, jadi secara tidak langsung bisa, tapi sekarang muncul pertanyaan besar. Alat apa yang harus saya gunakan untuk memulai trading dengan bantuan ChatGPT? Dan terutama, apakah alat tersebut gratis atau berbayar? Mari kita lihat:

ChatGPT

Jelas, jika Anda ingin trading dengan bantuan ChatGPT, setidaknya Anda harus memiliki akun di chatbot yang paling populer saat ini.

Namun, jangan khawatir, ini sangat mudah. Cukup hubungkan akun Google Anda ke chatbot untuk mendapatkan akses ke versi 3.5, yang gratis. Dalam panduan ini, kami akan menggunakan versi ChatGPT 4 yang berbayar dan jauh lebih kuat, tetapi Anda harus tahu bahwa dengan ChatGPT 3.5, Anda juga bisa melakukannya.

TradingView

Seperti yang Anda ketahui, TradingView adalah platform sosial untuk trader dan investor di berbagai aset keuangan (saham, futures, dan pasar valuta asing). Platform ini menawarkan grafik canggih, berbagai alat analisis teknikal, dan komunitas aktif di mana pengguna bisa berbagi dan mendiskusikan pandangan serta strategi pasar mereka.

Namun, untuk panduan ini, kami ingin menekankan penggunaan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh TradingView, yaitu PineScript. PineScript memungkinkan pengguna untuk membuat indikator dan strategi khusus. Dengan ini, pengguna dapat merancang dan menguji indikator teknikal serta sistem trading otomatis mereka sendiri. Hal ini memberikan fleksibilitas dan adaptabilitas yang besar sesuai dengan kebutuhan setiap trader.

Dan meskipun ada opsi berbayar, fungsi ini 100% gratis.

👉 Untuk informasi lebih lanjut: Review TradingView: Tools untuk Trading

Apa yang Harus Diketahui Sebelum Mulai Trading dengan ChatGPT?

Hal terpenting yang perlu diingat saat trading menggunakan ChatGPT adalah bahwa AI ini, meskipun sangat canggih, tidak bisa meramalkan masa depan atau membuat keputusan berdasarkan analisis pasar waktu nyata. Jika menggunakan saran dari ChatGPT untuk menjalankan strategi trading, AI ini hanya akan mengikuti parameter yang ditetapkan secara ketat.

Ini berarti bahwa, jika diberikan serangkaian kondisi, ChatGPT akan memberikan saran untuk membuka atau menutup posisi tanpa mempertimbangkan konteks atau situasi pasar saat itu. Misalnya, jika aturan trading menetapkan harus membeli ketika indikator teknikal mencapai nilai tertentu, sinyal di TradingView akan muncul setiap kali kondisi tersebut terpenuhi, tanpa mempertimbangkan faktor eksternal lainnya atau situasi pasar global.

Dengan demikian, Anda akan membutuhkan tiga hal untuk mulai trading dengan ChatGPT, yaitu:

  • Strategi yang jelas
  • Kerangka waktu
  • Aset

Dalam kasus ini, kami akan memilih yang berikut ini:

  • Strategi: Indikator “Supertrend”
  • Kerangka waktu: Candlestick 4 jam
  • Aset: Bitcoin/EUR

Bagaimana Cara Trading Dengan ChatGPT Untuk Pemula? Panduan Langkah Demi Langkah

Karena ini adalah panduan untuk pemula, artikel ini tidak akan terlalu rumit. Kita hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Menetapkan indikator di TradingView dan menyalin kode di Editor Pine
  2. Meminta ChatGPT untuk menghasilkan strategi trading
  3. Memasukkan kode baru di Editor Pine TradingView
  4. Melakukan Manajemen Risiko
  5. Menetapkan peringatan

Langkah 1: Atur Indikator di TradingView dan Salin Kodenya ke Pine Editor

Pertama-tama, seperti yang telah disebutkan, kita pergi ke TradingView dan tampilkan grafik Bitcoin/EUR dalam kerangka waktu 4 jam, hanya dengan indikator Supertrend yang diluncurkan di grafik.

Setelah itu, kita akan mencari kode dari indikator tersebut pada harga Bitcoin/EUR. Untuk melakukannya:

  • Klik ikon kecil “View Source Code” di kiri atas (ditandai dengan kotak merah).
  • Selanjutnya, Anda akan melihat di Pine Editor TradingView (pada tangkapan layar ditandai dengan kotak hijau), semua informasi akan ditampilkan dalam bahasa Pine (bahasa pemrograman TradingView).
  • Salin semua kode tersebut apa adanya, tanpa perubahan apa pun.
Trading dengan chatgpt kombinasi dengan tradingview

Langkah 2: Meminta ChatGPT untuk Menghasilkan Strategi Trading

Langkah selanjutnya akan melibatkan serangkaian interaksi dengan ChatGPT. Pertama-tama, kita akan menempelkan kode yang telah kita salin sebelumnya ke dalam ChatGPT. Chatbot ini kemudian akan menjelaskan arti dari kode tersebut dalam format teks. Setelah itu, kita akan meminta chatbot untuk membuat strategi berdasarkan teks yang kita berikan.

Bisakah Anda menggunakan kode yang baru saja saya berikan untuk membuat strategi dalam bahasa PineScript yang membeli ketika indikator Supertrend menembus harga BTC/EUR dari bawah ke atas, dan menjual ketika menembus harga yang sama dari atas ke bawah?

Berikut ini hasil screenshot-nya

Trading dengan chatgpt isi pinescript

Apa yang telah kita lakukan di sini adalah sebagai berikut:

Kami mendapatkan PineScript dari TradingView yang mendefinisikan strategi menggunakan indikator Supertrend untuk menghasilkan sinyal beli dan jual berdasarkan persilangan harga penutupan dengan nilai indikator Supertrend.

Strategi ini akan melakukan pembelian (posisi long) ketika harga penutupan melintasi Supertrend dari bawah ke atas dan akan melakukan penjualan (posisi short) ketika harga penutupan melintasi Supertrend dari atas ke bawah.

Meskipun tangkapan layar terpotong, tidak masalah. Sekarang, Anda hanya perlu menyalin dan menempelkan kode ini ke editor PineScript di TradingView dan menguji strategi ini pada pasangan BTC/EUR untuk melihat bagaimana kinerjanya pada data historis.

Langkah 3: Masukkan kode baru di editor Pine TradingView

Sekarang, kita kembali ke TradingView dan di Editor Pine, tepat di tempat kita telah menyalin kode yang awalnya kita masukkan ke ChatGPT. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buat salinan kode untuk dapat bekerja. Jika tidak, Anda tidak akan diizinkan untuk mengeditnya. Cukup klik tombol biru yang menonjol.
  2. Hapus kode lama yang ada di editor (tanda kotak hijau).
  3. Tempelkan kode baru yang telah diberikan oleh AI (tanda kotak hijau).
  4. Jika Anda mau, Anda bisa memberi nama pada Script tersebut. Dalam kasus ini, kami memilih nama “Supertrend BTC/EUR Strategy” (tanda kotak biru).
  5. Klik simpan (tanda kotak oranye).
  6. Terakhir, klik terapkan pada grafik (tanda kotak ungu).

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memastikan bahwa script Anda diperbarui dengan kode terbaru yang diberikan oleh AI dan siap digunakan dalam analisis trading Anda.

Langkah 4: Meningkatkan Manajemen Risiko

Setelah selesai, seperti yang dijelaskan pada langkah 3, grafik berikut akan ditampilkan.

Dengan keterangan sebagai berikut ini:

  • Panah biru menunjukkan pembukaan posisi (membeli)
  • Panah merah menunjukkan penutupan posisi (menjual)
  • Panah ungu menunjukkan pembukaan posisi pendek, yang berarti bertepatan dengan panah merah

Dan seperti yang kita amati pada tangkapan layar, untuk seluruh periode tersebut, kita akan mendapatkan:

  • Keuntungan sebesar 40,48%.
  • Kerugian maksimum 7,16%
  • Semua dalam total 126 transaksi

Namun, angka-angka ini cukup fantastis karena tidak memperhitungkan hal yang sangat mendasar dalam trading, yaitu komisi, yang bagi trader berarti harapan matematis negatif. Oleh karena itu, kita akan menyesuaikan angka-angka tersebut dengan sedikit manajemen risiko.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pergi ke roda pengaturan (kotak merah pada tangkapan layar berikutnya), dan dari sana ke tab properti.

Selanjutnya, kita akan mulai mengoptimalkan tabel tersebut. Perlu dicatat bahwa bagian ini sangat subjektif, saya akan menempatkan nilai-nilai yang Anda lihat di bawah ini, tetapi Anda bisa menggunakan nilai yang berbeda sesuai kebutuhan Anda.

Mari kita lihat.

Ini adalah parameter yang telah dioptimalkan:

  • Modal awal: 5.000 euro (bukan 1.000.000)
  • Mata uang acuan: Euro
  • Ukuran pesanan: 5% dari total kekayaan
  • Penggunaan piramida: 1
  • Komisi: 1 euro per pesanan

Sekarang, dengan memperhitungkan komisi, kita akan mendapatkan keuntungan nyata yang sedikit lebih rendah, yaitu 36% untuk periode tersebut karena adanya komisi.

Langkah 5: Tetapkan Peringatan

Dan langkah terakhir yang harus kita lakukan adalah menetapkan peringatan untuk melakukan setiap transaksi segera setelah strategi memberikan sinyal.

Untuk itu, buka jam di kanan atas TradingView dan buka pop-up peringatan untuk mengaturnya sebagai berikut ini:

  • Kondisi: Masukkan script yang telah kita simpan, dalam hal ini “Supertrend BTC/EUR Strategy”
  • Kadaluarsa: Atur selama mungkin agar tidak perlu memperbaruinya setiap hari
  • Nama peringatan: Misalnya, “Peringatan Supertrend”
  • Simpan

Sekarang, setiap kali indikator Supertrend menyentuh harga, baik naik maupun turun, kita akan diberitahu, dan keputusan untuk membeli atau menjual ada di tangan kita. Setiap kali peringatan muncul, kita harus memprogram ulang peringatan berikutnya.

Apakah Mungkin untuk Meningkatkan Strategi?

Tentu. Seperti yang kita lihat, strategi selama periode dua setengah tahun ini tidak terlalu menguntungkan. Hanya 36%, meskipun perlu dicatat bahwa dalam periode yang sama, Bitcoin kehilangan sekitar 10%.

Faktor yang menghambat kita untuk memaksimalkan keuntungan selama periode tersebut (01 Januari 2021 – Agustus 2023) adalah banyaknya transaksi yang dilakukan saat harga tetap datar dengan fluktuasi ringan. Hal ini menyebabkan peningkatan kerugian yang signifikan karena biaya komisi.

Artinya, strategi Supertrend efektif ketika ada pergerakan tren, tetapi cukup merugikan ketika harga berfluktuasi datar. Oleh karena itu, kita akan menggabungkan strategi Supertrend dengan indikator volume. Kita hanya akan memperhatikan indikator Supertrend ketika ada lonjakan volume BTC/EUR yang diperdagangkan. Dengan kata lain, kita akan mencoba meningkatkan strategi dengan menggunakan ChatGPT.

Untuk itu:

  • Kami menyalin kode sumber dari indikator Supertrend. Ini adalah kode dari langkah pertama, di mana hanya indikator Supertrend yang muncul di atas harga BTC/EUR.
  • Kami pergi ke ChatGPT dan menempelkan kode tersebut. Seperti yang kamu tahu, ChatGPT akan memberikan penjelasan tentang kode tersebut – lihat langkah 2.
  • Selanjutnya, untuk mengurangi jumlah operasi, kami menyusun strategi kami dan menulis salinan kode berikut di ChatGPT.

Bisakah kamu menggunakan kode yang baru saja saya berikan untuk membuat strategi dalam PineScript? Strategi ini didasarkan pada pembelian ketika indikator Supertrend menembus harga BTC/EUR dari bawah ke atas dan penjualan ketika menembus harga yang sama dari atas ke bawah. Namun, hanya mempertimbangkan transaksi dengan volume perdagangan yang 30% lebih tinggi dari volume rata-rata untuk periode yang sama.

  • Dengan demikian, kami akan menyalin kode yang dikembalikan dalam PineScript dari TradingView, seperti yang kami lakukan di langkah 3.

Dan seperti yang kita lihat, sekarang keuntungan kita akan meningkat menjadi 50% untuk seluruh periode. Kuncinya adalah, alih-alih melakukan 126 transaksi seperti sebelumnya dengan semua biaya komisinya, sekarang hanya akan ada 58 transaksi yang ditutup (baik posisi panjang maupun pendek). Transaksi ini memiliki volume yang lebih besar sehingga bisa menjadi awal dari sebuah tren.

Tentu saja, seperti yang kami jelaskan di langkah 4, Anda bebas menetapkan manajemen risiko sesuai keinginan Anda.

Apakah Trading Dilakukan Secara Otomatis Saat Menggunakan ChatGPT?

Tidak, setidaknya tidak menurut apa yang dijelaskan dalam artikel ini. Di sini, yang dijelaskan adalah bagaimana menguji strategi pada data masa lalu, mengidentifikasi titik masuk dan keluar, dan bagaimana menetapkan peringatan untuk potensi operasi pada masa depan. Namun, keputusan akhir untuk membeli atau menjual di setiap titik yang ditunjukkan oleh strategi sepenuhnya ada padamu.

Trading otomatis dengan ChatGPT adalah konsep yang lebih maju dan melampaui apa yang telah ditunjukkan di sini. Untuk benar-benar mengotomatisasi perdagangan Anda dengan ChatGPT, Anda perlu mengikuti serangkaian langkah:

  • Membuat bot trading, misalnya, dalam bahasa yang “lebih sederhana” seperti Python.
  • Memasukkan strategi ke dalam bot tersebut. Hal ini dapat Anda capai dengan bantuan ChatGPT.
  • Menghubungkan bot dengan broker atau exchanger Anda melalui API KEY sehingga memungkinkan trading dilakukan secara otomatis sesuai dengan kondisi yang ditetapkan.
  • Menjalankannya.

Hanya dengan mengikuti langkah-langkah ini Anda benar-benar akan memasuki dunia trading otomatis dengan ChatGPT.

Disclaimer: Apa yang Benar-Benar Penting Dalam Artikel ini?

Membongkar rahasia trading bukanlah tentang mencari “strategi terbaik”, tetapi tentang menemukan proses di balik setiap keputusan.

Yang ingin kami tekankan bukanlah apakah strategi yang ditunjukkan di sini lebih baik daripada yang lain atau tidak. Fokus utamanya adalah pada perjalanan, langkah demi langkah yang telah ditunjukkan untuk memanfaatkan alat yang sangat powerful, seperti ChatGPT dan TradingView.

Oleh karena itu, tujuannya adalah untuk mengungkap bagaimana melakukan uji coba trading, mengevaluasi potensi keuntungannya, dan melakukannya dengan cara yang efisien dan terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut, Google penuh dengan praktik, saran, serta buku dan video di mana Anda dapat menemukan berbagai strategi yang lebih baik. Sekarang giliran Anda untuk mulai mencobanya, seperti yang dijelaskan dalam artikel ini.

Apakah Disarankan untuk Melakukan Trading dengan ChatGPT?

George Soros mengatakan bahwa jika Anda merasa sangat senang dalam berinvestasi, itu menandakan Anda mungkin melakukan sesuatu yang salah. Trading yang sukses sebenarnya cenderung membosankan karena hanya fokus pada penggunaan strategi yang terbukti efektif berulang kali.

Apakah ChatGPT bisa menjadi kartu as untuk mengotomatisasi sistem trading setelah menunjukkan strateginya? Jawaban secara tegas adalah tidak. Trading memerlukan latihan, backtesting, pengalaman, dan pemahaman pasar. ChatGPT bisa memberikan data historis tentang bagaimana performansi dari strategi Anda, bukan memimpin secara otomatis.

Namun, tidak semuanya hitam atau putih. Jika ChatGPT digunakan untuk backtesting historis, ini bisa memberikan wawasan berharga untuk memperbaiki keputusan trading pada masa depan. Meskipun, ChatGPT sebaiknya dilihat sebagai kopilot yang berpengalaman, bukan autopilot. Anda tetap sebagai kapten yang mengambil keputusan terakhir.

Kelebihan dan Kekurangan Trading dengan ChatGPT

Dengan demikian, berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari trading dengan ChatGPT

KelebihanKekurangan
✅ Akses ke analisis data lanjutan❌ Risiko tidak memperhatikan pelatihan yang cukup tentang trading dan keuangan
✅ Mempercepat proses backtesting historis❌ Dapat membuat kita terputus dari pasar dan realitas keuangan saat ini
✅ Memungkinkan menguji strategi apa pun, pada jenis aset apa pun (saham, indeks, forex, komoditas, mata uang kripto)❌ Risiko over confidence pada parameter yang telah ditentukan sebelumnya
✅ Memudahkan akses ke bahasa pemrograman, yang sebaliknya memerlukan seorang ahli atau berjam-jam pelatihan❌ Kurang cocok untuk keputusan real time
✅ Fleksibilitas dalam adaptasi dan pemahaman strategi

Panduan lain yang menarik

Terakhir, seperti biasa kami memberikan akses ke artikel lainnya tentang trading yang mungkin juga menarik bagi Anda:

👉 Trading dengan opsi: Jika Anda ingin memahami bagaimana instrumen ini dapat memperkaya portofolio dan strategi Anda, kami mengundang Anda untuk menjelajahi panduan terperinci kami.

👉 Trading futures: Futures mewakili janji untuk membeli atau menjual pada tanggal mendatang. Hal ini menawarkan kepada investor cara untuk melindungi dan meningkatkan aset mereka. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana futures dapat menjadi bagian integral dari strategi investasi Anda, kami mendorong Anda untuk mengunjungi artikel kami.

👉 Trading dengan cryptocurrency: Cryptocurrency telah merevolusi lanskap keuangan, menawarkan peluang dan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Jika Anda ingin memahami cara melakukan trading dengan cryptocurrency sebagai bagian dari strategi investasi Anda, Anda dapat mengunjungi artikel ini.

Singkatnya, dunia trading terus berkembang dan penggabungan alat berbasis kecerdasan buatan seperti ChatGPT adalah bukti dari hal tersebut. Namun, melakukan trading dengan ChatGPT bukanlah formula ajaib yang menjamin keuntungan, tetapi menawarkan perspektif baru yang telah mendemokratisasi akses ke analisis, backtesting strategi, dan bahasa pemrograman, yang sebelumnya memerlukan bertahun-tahun studi.

FAQs – Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah kita bisa menggunakan ChatGPT untuk trading?

Meskipun model ChatGPT tidak akan mengambil keputusan investasi atau trading untukmu, model ini tentu dapat membantu dalam proses tersebut. Menggunakan ChatGPT untuk trading saham tidak hanya menyederhanakan analisis data keuangan yang kompleks, tetapi juga membuatnya mudah dipahami bagi trader dengan berbagai tingkat pengalaman.

Dapatkah ChatGPT memprediksi pasar saham?

Sebuah studi oleh para sarjana dari Universitas Chicago menemukan bahwa ChatGPT dapat melampaui analis manusia dalam memprediksi pendapatan saham, seperti yang dilaporkan oleh The Financial Times. Ini adalah awal dari dunia kecerdasan buatan (AI) dan kita semua hidup di dalamnya.

Dapatkah ChatGPT membantu saya dalam trading harian?

ChatGPT menawarkan berbagai strategi untuk trader harian, termasuk trading momentum, mengikuti tren, dan scalping. Dengan menggunakan algoritma AI canggih platform ini, trader dapat dengan cepat mengidentifikasi pola dan tren di pasar serta membuat keputusan berdasarkan informasi tersebut.

Artikel Terkait