Review TradingView: Tools untuk Trading

TradingView merupakan penyedia grafik perdagangan yang sangat populer bagi trader dan investor yang berasal dari berbagai latar belakang tingkat pengetahuan. TradingView juga menyediakan jaringan sosial di mana orang-orang dapat berbagi pikiran, mengkostumisasi script untuk peningkatan grafik, dan melakukan diskusi yang memiliki tema atas opini mereka.

Review TradingView: Tools untuk Trading

Dalam artikel ini, kita akan melihat apa itu TradingView, bagaimana cara kerjanya dan broker apa yang menggunakannya? Yuk, simak artikel ini untuk lebih jelasnya!

TradingView: Apa itu?

TradingView adalah platform perdagangan multi-broker yang membuat Anda tidak hanya dapat mengeksekusi pesanan pembelian dan penjualan aset, namun juga mempelajari analisis teknis. Hal tersebut dikarenakan platform tersebut menawarkan berbagai informasi menarik kepada para trader sehingga membantu mereka mempersiapkan diri sebelum melakukan trading di pasar.

Platform ini juga berfungsi sebagai jejaring sosial di mana lebih dari 30 juta penggunanya dapat berinteraksi untuk berbagi proyeksi pasar, analisis, statistik, dan lainnya. Semua informasi ini memungkinkan pengguna TradingView untuk menjelajahi kondisi pasar global sehingga dapat melakukan perdagangan yang lebih terinformasi.

Dengan sumber data trading yang profesonal, Anda dapat dengan mudah melakukan analisis harga aset, volume, serta riwayat harganya. Selain itu, tersedia juga data penting dari suatu perusahaan yang memungkinkan Anda melakukan penyaringan dan pelacakan terhadap perusahaan yang sesuai denan kriteria Anda.

TradingView diciptakan untuk melakukan analisis teknis, namun seperti yang telah disebutkan, platform tersebut juga beguna bagi setiap investor.

TradingView dirancang untuk analisis teknis tetapi, seperti yang disebutkan, dapat berguna untuk setiap investor.

👉 Jika Anda ingin tahu aplikasi trading yang menarik, temukan pada artikel ini: (NEED TO ADD BEST TRADING PLATFORM AFTER IT UPLOADED)

TradingView: Bagaimana cara kerjanya?

Fungsi TradingView ditujukan untuk meningkatkan pengalaman fungsional setiap pengguna dan memberikan informasi yang berguna kepada pedagang.

Tabel dan Grafik TradingView

TradingView menawarkan 12 jenis grafik, termasuk Renko, Point & Figure, Kagi, grafik candlestick dan garis. Semua grafik ini dapat dikustomisasi secara terpisah maupun dapat menampilkan 8 grafik dalam satu layar. Anda juga dapat melakukan sinkronisasi antar grafik untuk melakukan pembacaan yang lebih detail.

Grafik TradingView memiliki kualitas yang tinggi sehingga dapat dijadikan dasar untuk melakukan analisis teknis. Grafik ini lengkap dipadukan dengan indikator, alat gambar, serta elemen analisis keuangan.

Gabungan tersebut membuat grafik dapat disesuaikan dengan gaya dan kebutuhan trader serta dapat dioperasikan dengan komputer maupun perangkat seluler. Berikut yang akan Anda temukan pada self-hosted library pada TradingView:

  • Grafik ringan: Grafik ini menawarkan performa maksimal dengan desain yang minimalis. Grafik tersebut gratis dan bersifat open source.
  • Grafik analisis teknis: Grafik ini merupakan grafik yang gratis, akurat, dan dapat disesuaikan. Grafik tersebut memiliki puluhan fitur untuk melakukan analisis pasar dengan rinci berdasarkan pergerakan harga. Grafik ini memiliki performa tinggi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan para trader.
  • Platform Trading dan Bagan: Visualisasi trading yang dapat membantu trader membuat keputusan dengan cepat, memantau portofolio, menyelesaikan pesanan, dan lain-lain.

Alat Analisis Teknis

Platform tersebut merupakan salah satu platform yang menyediakan indikator terlengkap dan alat untuk melakukan analisis teknis yang baik. Berikut merupakan karakteristik yang dimiliki oleh platform TradingView:

  • Tersedia lebih dari 100 indikator teknis yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Tersedia lebih dari 100.000 indikator teknis yang telah dibuat oleh komunitas pada TradingView.
  • Memiliki 50 smart drawing tools.
  • Memiliki pengenalan pola candelstick.
  • Memiliki indikator profil volume.
Review TradingView: Tools untuk Trading
Grafik TradingView dengan menerapkan Trend Line dan Fibonacci pada perdagangan Bitcoin

Semua alat ini memungkinkan Anda untuk melakukan konfigurasi bagan dan membuat beberapa strategi berbeda dengan jumlah yang tak terbatas, tergantung pada jenis dan aktivitas perdagangan yang Anda lakukan.

👉 Analisis Teknikal: Kunci Rahasia Trading Yang Sukses

👉Pelajari Dow Theory: Panduan Lengkap Analisis Teknikal

👉Indikator Teknikal Terbaik Untuk Trading

Alat Analisis Fundamental

Banyak investor menggabungkan analisis teknikal dan analisis fundamental dalam penentuan strategi mereka, itulah sebabnya platform yang menawarkan kedua jenis alat ini akan sangat dihargai. TradingView menjadi platform yang menyediakan lebih dari 100 bidang dan indeks dasar yang dapat digunakan untuk melakukan analisis keuangan secara terperinci pada pasar saham. Anda juga dapat melihat laporan keuangan dan riwayat data dari keuntungan yang akan membantu Anda mengevaluasi keadaan perusahaan atau sektor ekonomi tertentu.

Review TradingView: Tools untuk Trading
Penerapan EPS (Earning per Shares)

👉 Bagaimana Cara Menilai Perusahaan Berdasarkan Analisis Fundamental?

Filter

TradingView juga memiliki filter-nya sendiri. Platform tersebut memiliki 3 filter utama dalam pasar keuangan yaitu saham, forex, dan mata uang kripto. Dengan menggunakan filter saham, Anda juga dapat memilih ETF selain saham yang biasa. Hal tersebut tidak dilakukan oleh semua filter.

TradingView memiliki pilihan filter yang tidak terbatas. Filter pada tingkat pertama adalah negara, yang berpengaruh pada bursa yang akan kita gunakan. Selain filter tersebut menyediakan data yang bersifat fundamental seperti kapitalisasi pasar, ada juga filter yang berdasarkan pada indikator teknis. Contohnya, Anda dapat menyaring saham dengan indikator RSI oversold apabila sendang mencari kemungkinan sinyal rebound.

Pada TradingView juga tersedia filter berdasarkan peringkat yang menampilkan rekomendasi strong sell hingga strong buy. Pemeringkatan ini diukur dari serangkaian indikator teknis yang terlihat jelas dalam detail teknis pada setiap saham.

Notifikasi

Notifikasi perdagangan merupakan hal yang penting ketika sedang memantau pasar. Notifikasi ini otomatis dan bersifat gratis yang dikirimkan kepada trader dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Ketika suatu pasar memenuhi suatu kondisi yang telah ditetapkan, peringatan tersebut akan dikirimkan ke trader untuk memberi tahu waktunya untuk masuk atau keluar dari posisi.

Notifikasi perdagangan dari TradingView sangat efektif dan mudah digunakan dikarenakan dapat diatur dengan perangkat apa pun. Anda dapat menentukan hingga 12 kondisi peringatan seperti peringatan mengenai indikator, pergerakan harga, dan strategi perdagangan.

Notifikasi pada TradingView menggunakan Pine ScriptTM yang dirancang dengan elegan, sederhana dan sangat efektif. Dengan bahasa pemrograman tersebut, trader yang berpengalaman akan lebih mudah untuk menerapkan indikatornya sendiri sehingga dapat menerima peringatan dan tidak melewatkan keadaaan trading terbaik.

Broker yang Terintegrasi dengan TradingView

Perlu dicatat bahwa TradingVIew bukanlan platform trading itu sendiri. Platform tersebut mendukung beberapa broker di mana Anda dapat menghubungkannya untuk melakukan perintah beli atau jual. Namun apabila broker yang Anda gunakan tidak didukung oleh TradingView, maka Anda tidak dapat trading secara langsung dengan platform tersebut.

Platform ini mendukung beberapa broker pilihan yang memiliki keseuaian dengan ketentuan kualitas yang disediakan server-nya. Namun, perlu diingat bahwa di Indonesia tidak ada broker yang terdaftar Bappebti yang dapat disinkronisasikan dengan TradingView. Berikut merupakan beberapa broker yang didukung oleh TradingView:

Interactive Brokers

Dengan menggunakan Interactive Brokers, Anda dapat memiliki akses untuk menggunakan TradingView sehingga Anda dapat melakukan berbagai jenis analisis termasuk teknis maupun fundamental dengan menggunakan grafik yang jauh lebih intuitif jika dibandingkan dengan Trader WorkStation.

Dengan melakukan perdagangan melalui TradingView, Anda akan disediakan beragam pilihan investasi yang tersedia di 150 lebih pasar global. Pengguna dapat melakukkan perdagangan saham, opsi, futures, valas, obligasi, reksa dana, mata uang kripto, dan aset-aset lainnya.

apa itu tradingview

Selain itu, ketika kita akan mendepositkan dana pada akun Interactive Brokers, Anda dapat melakukannya dengan 26 mata uang yang berbeda sehingga memberikan fleksibilitas kepada para investor.

Interactive Broker

Berikut informasi tambahan dari Interactive Brokers:

  • 💶 Minimum Deposit: US$ 0
  • 📝 Regulasi: CBI, SEC, FINRA, NYSE, ASIC, dan FCA
  • ⭐️ Skor Penilaian: 4,4 dari 5 (Penilaian di TradingView)

👉 Interactive Brokers: Panduan Lengkap Tentang Keamanan, Pasar, dan Komisi

iBroker

TradingView juga tersedia bagi para pengguna iBroker. Broker tersebut mengintegrasikan fungsinya dengan platform yang telah banyak mendapatkan penghargaan. Dengan adanya integrasi antara TradingView dan iBroker, memungkinkan trader untuk memperoleh manfaat penuh dari grafik berkualitas tinggi, alat analisis fundamental seperti berita, kalender makro, peringatan, dan masih banyak lagi.

Hanya dengan membuka akun biasa pada iBroker, Anda dapat melakukan perdagangan secara real-time. Hal tersebut menjadi keuntungan yang luar biasa, mengingat ketika Anda hanya memiliki akun gratis pada TradingView, Anda tidak dapat melakukan perdagangan secara real-time.

Review TradingView: Tools untuk Trading

Kelola akun iBroker Anda dengan terintegrasi dan bergabung dengan komunitas TradingView untuk berbagi ide tentang trading, strategi perdagangan, dan prediksi pasar.

ibroker tradingview

Berikut informasi tambahan dari iBroker:

  • 💶 Minimum Deposit: US$ 0
  • 📝 Regulasi: CNMV
  • ⭐️ Skor Penilaian: 4,1 dari 5 (Penilaian di TradingView)

ActivTrades

TradingView dan broker ActivTrades telah bekerjasama sehingga dapat memberikan trader pengalaman trading yang lebih baik serta memungkinkan trader mendapatkan hasil yang lebih maksimal dengan bantuan antarmuka grafik perdagangan yang baik dari TradingView pada platform ActiveTrades.

Berikut merupakan tiga langkah sederhana untuk menghubungkan kedua platform tersebut:

  1. Lakukan registrasi pada platform ActivTrades untuk mendapatkan akun ActivTrades.
  2. Lakukan registrasi pada platform TradingView sehingga dapat melakukan login di TradingView. Setelah login, pilih tab Trading Panel pada halaman grafik. Kemudian lakukan pemilihan broker ActivTrades.
  3. Langkah terakhir adalah menghubungkan kedua platform tersebut dengan masuk ke dalam akun ActivTrades sehingga dapat memberikan otorisasi untuk menghubungkan keduanya.
activtrades trading view

Setelah ketiga langkah tersebut dilakukan, maka AtivTrades akan terhubung dengan TradingView.

Review TradingView: Tools untuk Trading

Berikut informasi tambahan dari ActivTrades:

  • 💶 Minimum Deposit: US$ 10
  • 📝 Regulasi: CSSF dan FCA
  • ⭐️ Skor Penilaian: 4,6 dari 5 (Penilaian di TradingView)

Oanda

Kerjasama Oanda dengan TradingView yang menggabungkan fitur komunitas milik TradingView, grafik yang kuat, serta alat analisis yang harganya transparan dengan kecepatan eksekusi yang baik, sistem manajemen risiko yang secara penuh terotomasi, dan data pasar milik Oanda.

tradingview broker indonesia

Oanda telah mendapat penghargaan sebagai “Broker Terpopuler” selama tiga tahun berturut-turut oleh komunitas yang ada pada Trading View. Penghargaan tersebut diperoleh pada tahun 2020, 2021, dan 2022.

Berikut keunggualan dengan integrasi TradingView pada Oanda:

  • Anda dapat menemukan semua alat analisis hanya dalam satu platform
  • Memiliki pengalaman lintas platform yang sudah terbukti
  • Memiliki komunitas yang kuat
  • Menyediakan grafik dengan kualitas tinggi
Review TradingView: Tools untuk Trading

Berikut informasi tambahan dari Oanda:

  • 💶 Minimum Deposit: US$ 0
  • 📝 Regulasi: BVI dan KNF
  • ⭐️ Skor Penilaian: 4,5 dari 5 (Penilaian di TradingView)

👉 Analisis Broker OANDA: Ulasan, Keamanan, Platform, dan Komisi

TradingView Demo

Fitur lain dari TradingView adalah simulasi trading yang memungkinkan Anda menguji strategi langsung pada grafik secara real-time, baik dengan strategi Anda sendiri maupun strategi yang telah ada. Dengan fungsi ini Anda akan mendapatkan laporan secara rinci berkaitan dengan hasil simulasi dan kinerja strategi untuk menentukan strategi tersebut efektif atau tidak.

Paper Trading

Paper trading merupakan fitur dari TradingView yang dikenal sebagai simulasi trading. Fitur tersebut mirip dengan akun demo, dengan karakteristiknya yang dapat melakukan simulasi pada grafik yang terjadi secara real-time.

Paper trading pada TradingView memungkinkan trader dapat membuka possi dengan uang fiktif untukd apat berlatih dengan strategi pembelian dan penjualan saham yang telah mereka susun. Dengan akun simulasi tersebut Anda akan diberikan saldo sebesar US$ 100 ribu dan dapat diisi ulang kapan saja.

Pine Editor

Pine Editor pada TradingView merupakan alat yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan menyesuaikan indikator serta strategi perdagangan pada platform TradingView. Fitur tersebut diberi nama Pine dikarenakan menggunakan bahasa pemrograman Pine Script untuk mengembangkan skrip dan algoritma yang dikostumisasi.

Pine Editor memberikan kempampuan untuk menulis dan melakukan uji pada indikator teknis yang Anda buat, sistem trading, serita peringatan yang telah dikostum. Pengguna dapat mengakses Pine Editor secara langsung pada platform TradingView dan menggunakannya untuk menentukan aturan dan kondisi pada strategi perdagangan yang mereka miliki.

Selain itu, bahasa pemrograman Pine Script mudah untuk dipelajari. Apalagi saat ini sudah ada Chat GPT yang semakin memudahkan And untuk menggambarkan strategi dalam bahasa pemrograman Pine Script. Anda dapat melakukannya hanya dengan menyalin dan langsung memasukkannya ke dalam Pine Editor pada TradingView

Aplikasi TradingView

Platform TradingView juga dirancang untuk berfungsi dengan lancar pada perangkat seluler melalui aplikasi mobile yang tersedia untuk iOS dan Android.

iOSAndroid
Kompatibilitas– iPhone
– iPad
– iPod Touch
Telepon genggam dan tablet Android
Versi Terbaru (Mei 2024)2.85.01.20.27.0.1001280
Ukuran Unduhan106,7 MB33,14 MB
Minimum OS yang dibutuhkaniOS 15 atau lebih baruAndroid 8.0 atau lebih baru
Penyedia AplikasiTradingView, Inc.TradingView, Inc.
HargaGratisGratis
Versi ProTersediaTersedia

Tarif Platform TradingView

Baik versi desktop maupun aplikasi basic dari TradingView tidak berbayar. Anda dapat memanfaatkan fitur inti yang ada pada platform serta melihat analisis dari trader ahli yang termasuk ke dalam jejaring sosial trading terbesar di dunia ini. Namun, TradingView juga menyediakan versi berbayar yang menawarkan beberapa manfaat khusus. Berikut merupakan rincian tarif pada akun berbayarnya:

Versi Akun Berbayar TradingViewFiturBiaya TahunanBiaya Bulanan
Akun Essential– 2 grafik per tab
– 5 indikator per grafik
– 10 ribu historical bar
– 20 peringatan harga
– 20 peringatan teknis
– 10 grafik paralel
Rp 1,359 jutaRp 340 ribu
Akun Plus– 4 grafik per tab
– 10 indikator per grafik
– 10 ribu historical bar
– 100 peringatan harga
– 100 peringatan teknis
– 20 grafik paralel
Rp 2,849 jutaRp 679 ribu
Akun Premium– 8 grafik per tab
– 25 indikator per grafik
– 20 ribu historical bar
– 400 peringatan harga
– 400 peringatan teknis
– 50 grafik paralel
Rp 5,999 jutaRp 1,359 juta
Sumber: TradingView

Mendapatkan TradingView secara Gratis

Untuk akun TradingView basic, Anda tidak dikenakan biaya dan mendapatkan beberapa fitur seperti, satu grafik per tab, algoritma, peringata, indikator, kalender ekonomi, dan akun paper trading. Namun, dengan akun tersebut Anda hanya bisa menggunakan TradingView dalam satu perangkat saja pada satu waktu.

ProRealTime: Alternatif terbaik

ProRealTime merupakan platform alternatif terbaik selain TradingView yang menyediakan grafik aset keuangan.

Dengan kegunaan Platfrom Web ProRealTime yang baru, Anda dapat mengakses grafik pada sejumlah besar aset seperti indeks, saham, komoditas, valas, atau mata uang kripto secara real-time (dengan delay 15 menit) secara gratis. Hal tersebut juga tidak membutuhkan registrasi serta Anda dapat melakukan analisis dalam kurung waktu kurang dari 5 menit

prorealtime vs tradingview

Berikut merupakan beberapa informasi detail tentang ProRealTime:

  • 💼 Instrumen keuangan: +300.000 (saham, indeks, komoditas, mata uang, mata uang kripto, dan lain-lain)
  • 📈 Alat analisis: +100
  • 💲Harga: US$ 0 (tidak perlu registrasi)
  • 🕓 Real time: Ya (dengan delay sekitar 15 menit
  • 💻 Jenis akun: ProRealTime web (gratis), ProRealTime VIP, dan mobile.
  • 💶 Minimum Deposit: US$ 3225,02
  • 📝 Regulasi: L’Autorité de contrôle prudentiel et de résolution (ACPR) yang berasal dari Prancis.
  • ⭐️ Skor Penilaian: 4.8 dari 5 (berdasarkan Trustpilot.com)

Dengan berjalannya waktu apabila Anda ingin naik tingkat ke akun ProRealTime VIP yang memiliki lebih banyak fungsi, termasuk filter.

Kami menyarankan kepada Anda untuk terlebih dahulu mencoba akun yang gratis dan tidak perlu registrasi. Berikut langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

  1. Pergi ke situs web dari ProRealTime.
  2. Klik tombol biru “Platform Web
Review TradingView: Tools untuk Trading

Setelah melakukan langkah tersebut Anda akan diarahkan ke halaman grafik dan mulai melakukan analisis grafik Anda sendiri.

Kelebihan & Kekurangan

Sebagai kesimpulan, kami dapat memberikan pernyataan bahwa TradingView merupakan platform yang dapat diandalkan, komperhensif, dan menyediakan sebagian besar dari kebutuhan para trader. Mengingat adanya akun basic dan akun berbayar yang biayanya tidak terlalu mahal, platform ini dapat menjadi pilihan yang menarik.

Kita juga dapat melihat beberapa ulasan yang diberikan oleh para penggunanya.

ulasan TradingView

Apabila kita mengambil penilaian yang ada pada App Store, kita dapat melihat bahwa platform ini sudah memiliki lebih dari 10 juta unduhan dengan penilaian rata-rata 4,9 dari 5 atas 11 ribu penilaian yang telah diberikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa banyak orang yang puas akan platfrom tersebut.

Tidak heran jika platform ini telah digunakan oleh 50 juta pengguna yang termasuk para trader baru maupun trader yang telah berpengalaman. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan dari TradingView:

KelebihanKekurangan
✅ Memiliki grafik yang canggih dan dapat disesuaikan Terdapat beberapa fungsi yang hanya tersedia pada akun Essential, Plus, dan Premium
✅ Memiliki berbagai jenis indikator teknis dan smart drawing tools Kualitas profil beberapa aset yang rendah seperti ETF
✅ Memiliki lebih dari 50 juta pengguna
✅ Memiliki performa baik pada perangkat mobile
✅ Memliki alat analisis fundamental
✅ Tersedia akun demo dengan saldo awal yang besar

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Berapa biaya pada TradingView?

Biaya pada TradingView tergantung pada jenis akun. Untuk akun basic, Anda tidak dikenakan biaya untuk menggunakannya. Namun untuk akun berbayar seperti Essential, Plus, dan Premiun, Anda akan dikenakan biaya tahunan mulai dari Rp 1,359 juta hingga 5,999 juta.

Fitur penting apa saja yang ada pada TradingView?

TradingView memiliki fitur penting seperti tabel dan grafik yang berkualitas tinggi, memiliki alat untuk melakukan analisis teknis dan fundamental, memiliki berbagai macam filter dan indikator, serta dapat diintegrasikan degnan beberapa broker.

Broker apa saja yang dapat diintegrasikan dengan TradingView?

Terdapat beberapa broker yang dapat diintegrasikan dengan TradingView seperti Interactive Broker, iBroker, ActivTrades, dan Oanda. Namun perlu diingat bahwa broker-broker tersebut walaupun sudah teregulasi di luar negeri, belum terdaftar pada Bappebti. Untuk dapat mengakses broker tersebut Anda harus menggunakan VPN.

Artikel Terkait

Golden Cross: Apa itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Golden cross adalah sinyal perdagangan dalam analisis teknikal yang terjadi ketika moving average yang lebih kecil melintasi moving average yang lebih besar ke atas. Hal ini menunjukkan kemungkinan perubahan tren naik. Strategi ini telah memenangk...