Analisis Saxo Bank: Ulasan, Produk, Komisi dan Banyak Lagi

Mari kita membahas Saxo Bank, sebuah bank investasi asal Denmark yang memungkinkan Anda melakukan trading dengan berbagai instrumen keuangan dari pasar global. Anda bisa berinvestasi sendiri atau memilih portofolio yang dikelola oleh para ahli.

Di Saxo Bank, Anda memiliki pilihan untuk membeli saham, ETF dan produk lainnya secara langsung sehingga Anda bisa menjaga investasi Anda dalam jangka panjang. Berikut ini, kami akan melakukan review tentang Saxo Bank, mengulas produk yang ditawarkan beserta komisinya.

Tentang Saxo Bank Indonesia

Saxo Bank, sebuah bank investasi Denmark yang didirikan pada tahun 1992, menawarkan layanan trading dan investasi online. Perusahaan ini diawasi oleh beberapa otoritas keuangan di seluruh dunia, termasuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia.

Saxo Bank ulasan

Sebagai penyedia layanan global, Saxo Bank beroperasi melalui entitas hukum terpisah di berbagai wilayah dunia. Layanan yang ditawarkan oleh entitas tersebut mungkin memiliki perbedaan, terutama dalam hal biaya dan produk yang ditawarkan. Dalam ulasan ini, kami fokus pada Saxo Markets yang berkantor di Singapura.

Dengan regulasi dari otoritas keuangan terkemuka, rekam jejak yang solid, dan pengalaman perbankan yang panjang, Saxo Bank menunjukkan tanda-tanda keamanan yang baik.

Saxo adalah bank investasi terkemuka di industri dan memiliki sejumlah lisensi resmi, seperti:

  • Otoritas Pengawasan Keuangan Denmark atau Financial Supervisory Authority(FSA)
  • Otoritas Perilaku Keuangan Inggris atau Financial Conduct Authority (FCA)
  • Otoritas Pasar Italia
  • Bank Sentral Ceko atau Czech National Bank (CNB)
  • Bank Sentral Belanda atau De Nederlandsche Bank (DNB)
  • Otoritas Moneter Singapura atau Monetary Authority of Singapore (MAS)
  • Otoritas Pengawasan Pasar Keuangan Swiss (FINMA)
  • ACPR dan AMF di Prancis
  • Bank Sentral AS atau The Fed
  • Agensi Layanan Keuangan Jepang atau Japan Financial Services Agency (JFSA)
  • Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong atau Securities and Futures Commission (SFC)
  • Komisi Sekuritas dan Investasi Australia atau Australian Securities & Investments Commission (ASIC)

Sebagai bentuk komitmen terhadap pelanggan dan untuk memastikan transparansi serta praktik yang adil, bank ini tunduk pada pedoman Kode Etik FX global. Dengan kata lain, Saxo Bank dapat diandalkan dan memiliki kerangka regulasi yang kokoh.

Pembukaan Akun dan Deposit Minimal Saxo Bank

Membuka akun Saxo sepenuhnya dilakukan secara digital, praktis, dan dapat diakses di banyak negara dan bahasa. Meski demikian, besaran deposit minimal bisa cukup tinggi di beberapa negara, dan proses verifikasinya mungkin memakan waktu.

Namun, deposit minimal bervariasi tergantung negara tempat tinggal dan jenis akun yang dipilih. Sebagai contoh, klien yang tinggal di Indonesia tidak memerlukan deposit minimal jika mendaftar di website Saxo Bank global dan memilih akun Classic.

Deposit Minimal Per Negara

Deposit minimal yang dibutuhkan untuk akun Classic adalah 0 atau tidak memerlukan deposit minimum.

Periksa persyaratan deposit minimal untuk akun Classic di berbagai negara dalam tabel berikut:

NegaraMininum deposit
IndonesiaTanpa minimum deposit
Denmark
Norwegia
Tanpa minimum deposit
SingapuraTanpa minimum deposit
AustraliaAUD 3000
Hong Kong$2,000

Deposit minimal berdasarkan jenis akun

Saxo Bank menawarkan tiga jenis akun untuk registrasi melalui website Saxo global (jenis akun dapat berbeda di negara lain):

  • Classic: tanpa minimum deposit
  • Platinum: minimum deposit USD 200.000
  • VIP: minimum deposit USD 1 juta

Dengan akun Platinum dan VIP, Anda dapat menikmati struktur harga yang lebih menguntungkan dan pemegang akun Platinum memiliki kontak pribadi mereka sendiri.

Selain itu, Saxo Bank juga melayani pembukaan akun untuk korporat.

Akun Saxo Bank

Berikut adalah fitur utama dari akun Saxo:

ClassicPlatinumVIP
Harga masuk yang kompetitifHarga lebih rendah hingga 30% Harga terbaik dari Saxo Bank
Dukungan teknis 24 jam selama 5 hari kerjaDukungan teknis 24 jam selama 5 hari kerjaDukungan teknis 24 jam selama 5 hari kerja
Layanan dan dukungan digital terbaik di kelasnyaLayanan dan dukungan digital terbaik di kelasnyaLayanan dan dukungan digital terbaik di kelasnya
Tanpa minimum depositLayanan pelanggan prioritas dalam bahasa lokalManajer pribadi yang berbahasa lokal
Deposit minimal: USD 200.000Akses langsung ke ahli trading Saxo 24/5
Akses 1:1 ke SaxoStrats
Undangan acara eksklusif
Deposit minimal: USD 1 juta

Dengan membuka akun Saxo Bank, Anda bisa mengakses lebih dari 71.000 instrumen keuangan di berbagai bursa utama dunia. Nikmati komisi rendah dan trading dengan mudah melalui platform yang bisa diatur sesuai keinginan Anda. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan dukungan pelanggan digital yang responsif untuk menjawab semua pertanyaan dan kebutuhan Anda.

Produk dan Market Saxo Bank

Ragam pilihan investasi di Saxo Bank merupakan salah satu keunggulannya yang paling menonjol. Dengan hanya satu akun, Anda dapat berinvestasi di berbagai pasar keuangan utama di seluruh dunia melalui banyak jenis instrumen investasi.

Instrumen Keuangan
Saham
ETFs
Reksa dana
Obligasi
Futures
Opsi
Forex
Cryptocurrency

Saham

Lebih dari 23.500 di lebih dari 50 pasar global, termasuk London, New York, Hong Kong, Paris, Italia, Helsinki, Australia, Singapura, Toronto, AS, Spanyol, Tokyo, dan lainnya.

Serta, indeks pasar utama yang terkait dengan negara-negara tersebut:

  • Nasdaq (AS)
  • S&P 500 (AS)
  • DAX 40 (Jerman)
  • CAC 40 (Prancis)
  • FTSE 100 (Inggris)
  • IBEX 35 (Spanyol)
  • Hang Seng (Hong Kong)
  • Nikkei 225 (Jepang)

ETF

ETF adalah pilihan investasi yang bagus untuk jangka panjang karena mempermudah Anda melakukan diversifikasi investasi hanya dengan satu transaksi pembelian. Saat Anda membeli saham dalam ETF, sebenarnya Anda sedang berinvestasi dalam sekelompok saham dari perusahaan-perusahaan dengan kapitalisasi terbesar di sektor ekonomi, negara, atau pasar tertentu.

Di Saxo Bank, tersedia lebih dari 7.000 ETF yang mencakup berbagai sektor, seperti teknologi, kesehatan, dan lainnya, yang diperdagangkan di lebih dari 30 bursa. Selain itu, dengan memiliki akun di Saxo Bank, Anda dapat mengakses penelitian mengenai ETF, ide-ide investasi, analisis dari para ahli, dan berbagai informasi lainnya.

Obligasi

Obligasi pemerintah adalah jenis investasi dengan pendapatan tetap yang bisa Anda gunakan untuk menyeimbangkan portofolio investasi Anda dan mengurangi risiko di pasar saham. Di Saxo Bank, Anda bisa berinvestasi di lebih dari 5.900 obligasi dari pemerintah dan perusahaan dari berbagai negara dan mata uang.

Secara umum, obligasi memberikan informasi tentang pengembalian investasi sebelumnya, yang umumnya lebih rendah dibandingkan potensi pengembalian dari investasi di pasar saham.

Meskipun begitu, obligasi bisa menjadi pilihan yang baik untuk melindungi nilai investasi Anda saat kondisi ekonomi tidak pasti atau sedang mengalami resesi.

Opsi (Options)

Banyak pilihan pasar opsi yang bisa diakses di Saxo Bank. Anda bisa trading di bursa terkenal, seperti Chicago Board Options Exchange (CBOE) atau Euronext. Tapi, ada juga pasar lain yang mungkin kurang familiar seperti Hong Kong Stock Exchange (SEHK).

Tampilan produk options pada Saxo Bank

Tidak hanya itu, kamu bisa trading opsi untuk berbagai jenis aset, seperti mata uang, saham, indeks, suku bunga, futures, dan komoditas. Saat ini, Saxo Bank menyediakan akses ke hingga 20 pasar opsi.

Futures

Seperti halnya opsi, Saxo Bank menawarkan banyak pasar futures (berjangka) yang beragam. Dengan Saxo Bank, Anda bisa melakukan perdagangan berjangka pada jenis aset berikut:

  • Komoditas
  • Saham
  • Indeks saham
  • Obligasi
  • Mata uang

Crypto ETP

Cryptocurrency kini telah menjadi bagian penting dalam ekonomi global dan banyak bank investasi telah mulai memasukkan produk-produk ini dalam jajaran layanan mereka termasuk Saxo Bank. Melalui ETF kripto dan ETN kripto, Anda bisa melakukan trading dengan cara yang sama seperti saham, tanpa menggunakan leverage, sehingga risikonya tidak berlipat ganda.

Produk kripto pada Saxo Bank

Dengan ETF dan ETN kripto, Anda bisa mendapatkan akses ke cryptocurrency dengan jumlah yang kecil. Ini memungkinkan Anda untuk berdagang dengan bagian-bagian kecil dari Bitcoin, Ethereum, Cardano, Solana, Polkadot, Tezos, Litecoin, Bitcoin Cash, Terra, dan banyak lagi.

Portofolio yang Dikelola (Managed Portfolios)

Jika Anda tidak punya waktu atau pengetahuan yang cukup untuk trading di pasar keuangan dengan baik, di Saxo Bank Anda bisa ikut berinvestasi dalam portofolio yang dikelola oleh ahli. Mereka berusaha untuk mengalahkan market dan mendapatkan keuntungan terbaik.

Tiap portofolio ada untuk berbagai tingkat risiko, cocok dengan profil investor, apakah konservatif, moderat, atau agresif. Ahli-ahli di sini mengikuti strategi investasi untuk mencari keuntungan maksimal, sesuai dengan tujuan dan profil yang telah ditetapkan sebelumnya.

Tarif dan Komisi Saxo Bank

Saxo Bank menawarkan skema pengurangan komisi berdasarkan jenis akun pelanggan.

Komisi pada pasar saham

PasarClassicPlatinumVIP
Amerika
NASDAQ / NYSE / NYSE MKT0,08%
Min 1 USD
0,05%
Min 1 USD
0,03%
Min 1 USD
Bursa Saham Toronto / Pertukaran Risiko TSX0,08%
Min 5 CAD
0,05%
Min 5 CAD
0,03%
Min 5 CAD
Eropa / Timur Tengah / Afrika
Bursa BME Spanyol0,12%
Min 5 EUR
0,08%
Min 5 EUR
0,05%
Min 5 EUR
Deutsche Börse (XETRA)0,08%
Min 3 EUR
0,05%
Min 3 EUR
0,03%
Min 3 EUR
Euronext Dublin0,12%
Min 5 EUR
0,08%
Min 5 EUR
0,05%
Min 5 EUR
Bursa Saham London0,08%
Mín 3 GBP
0,05%
Mín 3 GBP
0,03%
Mín 3 GBP
Borsa Italiana / Bursa Saham Milan0,08%
 Mín 3 EUR
0,05%
 Mín 3 EUR
0,03%
 Mín 3 EUR
NASDAQ OMX Kopenhagen0,08%
Mín 10 DKK
0,05%
Mín 10 DKK
0,03%
Mín 10 DKK
NASDAQ OMX Helsinki0,08%
Mín 3 EUR
0,05%
Mín 3 EUR
0,03%
Mín 3 EUR
NASDAQ OMX Stockholm0,08%
Mín 10 SEK
0,05%
Mín 10 SEK
0,03%
Mín 10 SEK
Euronext Amsterdam0,08%
Mín 2 EUR
0,05%
Mín 2 EUR
0,03%
Mín 2 EUR
Euronext Brussels0,08%
Mín 2 EUR
0,05%
Mín 2 EUR
0,03%
Mín 2 EUR
Euronext Lisbon0,08%
Mín 2 EUR
0,05%
Mín 2 EUR
0,03%
Mín 2 EUR
Euronext Paris0,08%
Mín 2 EUR
0,05%
Mín 2 EUR
0,03%
Mín 2 EUR
Bursa Saham Praha0,25%
Mín 75 CZK
0,15%
Mín 75 CZK
0,1%
Mín 75 CZK
SIX Swiss Exchange0,08%
Mín 3 CHF
0,05%
Mín 3 CHF
0,03%
Mín 3 CHF
Wiener Börse / Bursa Saham Wina0,12%
Mín 5 EUR
0,08%
Mín 5 EUR
0,05%
Mín 5 EUR
Bursa Saham Warsawa0,12%
Mín 10 PLN
0,08%
Mín 10 PLN
0,05%
Mín 10 PLN
Bursa Saham Johannesburg0,3%
Mín 50 ZAR
0,25%
Mín 50 ZAR
0,2%
Mín 50 ZAR
Asia / Pasifik   
Bursa Saham Australia0,08%
Mín 3 AUD
0,05%
Mín 3 AUD
0,03%
Mín 3 AUD
Bursa Saham Hong Kong0,08%
Mín 15 HKD
0,05%
Mín 15 HKD
0,03%
Mín 15 HKD
Bursa Saham Malaysia0,2%
Mín 50 MYR
0,15%
Mín 50 MYR
0,1%
Mín 50 MYR
Shanghai-Hong Kong Stock Connect0,08%
Mín 15 CNH
0,05%
Mín 15 CNH
0,03%
Mín 15 CNH
Bursa Saham Singapura0,08%
Mín 3 SGD
0,05%
Mín 3 SGD
0,03%
Mín 3 SGD
Bursa Saham Tokyo0,08%
Mín 800 JPY
0,05%
Mín 800 JPY
0,03%
Mín 800 JPY

Sebagai bagian dari paket layanan tersebut, biaya penyimpanan saham ETF/ETC dan obligasi (ketika Anda memiliki posisi terbuka) akan menjadi 0,15% per tahun, dengan biaya minimum bulanan sebesar 5 EUR. Bagi klien Platinum, biaya penyimpanan akan menjadi 0,12% per tahun, tanpa biaya bulanan tambahan. Sementara untuk klien VIP, biaya hanya sebesar 0,09% per tahun. Biaya penyimpanan ini juga akan dikenakan PPN sebesar 25% bagi penduduk di dalam Uni Eropa (UE), sedangkan untuk penduduk di luar UE, PPN akan mengikuti aturan lokal yang berlaku.

Mari kita lihat komisi lain yang diterapkan oleh Saxo Bank pada produk lainnya:

Instrumen KeuanganKomisi
FuturesMulai dari $1 per kontrak
ObligasiMulai dari 0,05% per transaksi
OpsiMulai dari $0,75 per transaksi
ETF yang terdaftar di AS$1
Forex (EURUSD)Mulai dari 0,7 pips

Harap diperhatikan bahwa biaya dan tarif lainnya mungkin berbeda tergantung pada produk yang Anda perdagangkan. Yang pasti, di Saxo Bank, semua biaya ini akan ditampilkan secara jelas dan diinformasikan kepada Anda sebelum Anda melakukan setiap investasi.

Komisi non-dagang

Saxo Bank memiliki tarif non-dagang yang relatif tinggi. Broker tidak mengenakan biaya akun atau penarikan , tetapi ada biaya tinggi untuk inaktivitas. Mari kita lihat.

Biaya inaktivitas tergantung pada tempat tinggal Anda:

  • Untuk klien di Inggris, ini disebut komisi platform dan mencapai £25 per kuartal. Biaya ini dikenakan jika Anda hanya memiliki dana tunai di akun Anda. Jika Anda membayar biaya penitipan (lebih lanjut tentang ini nanti) selama periode yang ditentukan, Anda tidak akan dikenakan biaya platform.
  • Untuk klien di luar Inggris, biaya inaktivitas adalah $150 setelah enam bulan (180 hari) inaktivitas. Inaktivitas di sini artinya tidak melakukan paling tidak satu transaksi.
Komisi non-dagang 
Komisi pemeliharaan atau platformYa
Komisi karena inaktivitasYa
Komisi depositTidak
Komisi penarikanTidak

Untuk saham, ETF, atau obligasi di akun Anda, Saxo Bank akan mengenakan biaya penitipan :

  • Untuk penduduk Inggris, ini adalah 0,12% per tahun dari posisi terbuka dengan minimum 10 Euro/bulan. Biaya dihitung setiap hari tetapi didebit setiap bulan.
  • Untuk sebagian besar negara lain, ini adalah 0,25% per tahun dari posisi terbuka, tetapi minimumnya adalah 5 Euro/bulan. Untuk klien Platinum dan VIP, komisi penitipan dikurangi menjadi 0,20% dan 0,12%, masing-masing. Biaya penitipan adalah layanan yang dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) , sehingga PPN diterapkan di atas biaya penitipan. Untuk investor yang tinggal di dalam UE, tarif PPN Denmark sebesar 25% diterapkan, sementara untuk investor yang tinggal di luar UE, tidak ada PPN.
saxo bank analisis

Anda juga dapat mengenakan biaya untuk konversi mata uang jika Anda melakukan transaksi aset yang ditetapkan dalam mata uang yang berbeda dari mata uang akun Anda. Tarif konversi mata uang dihitung sebagai tarif spot FX rata-rata ±1%. Untuk klien Platinum dan VIP, mereka dikenakan margin keuntungan yang lebih rendah (0,5% dan 0,3%, masing-masing).

Biaya pemeliharaan akan dikenakan untuk posisi futures dan opsi pendek yang dipegang semalam.

Platform Saxo Bank: SaxoTraderGO dan SaxoTraderPRO

Saxo Bank memiliki platform trading sendiri dan Anda dapat mengakses salah satu mode dengan hanya memiliki satu akun Saxo saja.

SaxoTraderGO

Platform yang telah meraih berbagai penghargaan ini memungkinkan Anda untuk mengakses semua produk yang ditawarkan oleh Saxo Bank, seperti saham, ETF, kripto, obligasi, futures, opsi, dan yang lainnya. Anda dapat dengan mudah mengatur grafik sesuai keinginan Anda di satu layar, lalu menyeretnya ke layar komputer kedua, atau mengaksesnya dari ponsel Anda di mana pun Anda berada.

saxo tradergo

Platform ini ideal untuk investor individu karena menyediakan berbagai alat analisis teknikal dan fundamental yang dibutuhkan untuk merancang strategi Anda. Di sini, Anda dapat menemukan paket grafik, analisis performa, rantai opsi, dan fitur-fitur lainnya yang sangat berguna.

SaxoTraderPRO

Jika Anda seorang investor profesional atau ahli, pilihan terbaik adalah platform SaxoTraderPRO. Anda akan menemukan beragam fitur yang lebih canggih, perintah algoritmik, paket grafik yang lebih lengkap, hingga bisa membuka enam layar sekaligus dengan kemampuan manajemen yang lebih tinggi. Platform ini juga dilengkapi dengan ruang kerja yang luas dan tautan antarmodul yang memungkinkan kamu untuk merancang strategi pasar yang lebih kompleks dan rumit. Kamu bisa mengakses platform ini baik dari PC maupun MAC.

saxo traderpro

Layanan pelanggan Saxo Bank

Layanan pelanggan dari Saxo tersedia dalam banyak bahasa, dengan dukungan telepon dan email yang berfungsi dengan baik meskipun ada masalah kecil. Tapi sayangnya, tidak ada fitur obrolan langsung dan layanan ini tidak tersedia 24/7.

Saxo menawarkan banyak pilihan bahasa tidak hanya di platform trading-nya, tetapi juga untuk dukungan pelanggan. Mereka bahkan mendukung bahasa minor seperti Hungaria.

Secara keseluruhan, layanan pelanggan Saxo cukup cepat dan efisien, dengan tanggapan yang baik melalui telepon dan email. Namun, menunggu untuk tersambung melalui telepon bisa memakan waktu dan balasan email biasanya memerlukan waktu sekitar satu hari.

Anda juga bisa mencoba menggunakan chatbot yang menggunakan kecerdasan buatan (AI). Chatbot ini bisa memberikan jawaban untuk pertanyaan dasar seperti “berapa biaya tidak aktif?”, tetapi tidak bisa menjawab pertanyaan yang lebih spesifik karena hanya program komputer.

Layanan telepon pelanggan Saxo hanya tersedia dari Senin hingga Jumat antara pukul 9 pagi hingga 5.30 sore waktu setempat di 16 kantor di seluruh dunia.

Review Saxobank Indonesia

Saxo Bank adalah perusahaan global yang menawarkan layanan keuangan dan mengoperasikan beberapa entitas hukum di berbagai negara. Meskipun layanan yang ditawarkan mungkin sedikit berbeda antara entitas, Saxo Markets global adalah yang akan kami ulas kali ini.

Entitas ini diatur oleh otoritas keuangan yang diakui dan memiliki pengalaman panjang dalam dunia perbankan. Faktor ini tentu menandakan keamanannya.

Pengalaman pribadi kami dengan platform trading Saxo Bank positif karena memberikan akses ke berbagai pasar dan produk dengan desain yang intuitif. Saxo juga menyediakan berbagai produk yang sesuai dengan kebutuhan trader berpengalaman.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Biaya trading obligasi, opsi, dan futures di Saxo Bank cukup tinggi. Selain itu, setoran minimum yang diperlukan juga tinggi, mulai dari $ 2.000 untuk akun biasa dan $ 200 ribu untuk akun Platinum. Tidak adanya dukungan pelanggan melalui chat langsung atau layanan 24/7 juga menjadi kekurangan.

Secara keseluruhan, Saxo Bank cocok untuk mengelola investasi, tetapi disarankan bagi investor dan trader berpengalaman dengan pengetahuan pasar keuangan yang baik karena biaya dan kompleksitas alat investasinya. Bagi investor yang kurang berpengalaman, Saxo Bank mungkin terasa mahal dan rumit sehingga bisa diabaikan.

Keuntungan SaxobankKekurangan Saxobank
Ideal untuk trader berpengalaman❌Komisi untuk penyimpanan dan inaktivitas
Tidak ada biaya untuk setoran dan penarikan❌Tanpa chatbot yang efisien
Komisi rendah untuk dana dan forex❌Komisi tinggi untuk opsi, futures, dan saham

FAQs – Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk transfer dari Saxo Bank?

Biasanya pada hari yang sama jika diterima sebelum batas waktu mata uang atau paling lambat pada hari berikutnya. Bank penerima Anda mungkin tidak langsung memproses dana pada hari yang sama saat dana meninggalkan Saxo Bank. Untuk penutupan akun, prosesnya akan dilakukan dalam waktu dua hari kerja setelah semua pemeriksaan yang diperlukan selesai.

Dari negara mana Saxo Bank berasal?

Kami memulai perjalanan kami di Kopenhagen, Denmark pada tahun 1992 dengan visi yang jelas: membuat pasar keuangan global dapat diakses oleh lebih banyak orang. Pada tahun 1998, kami meluncurkan salah satu platform perdagangan online pertama di Eropa, menyediakan alat profesional dan akses mudah ke pasar keuangan global bagi siapa saja yang ingin berinvestasi.

Apakah saya bisa menyimpan beberapa mata uang di akun Saxo saya?

Anda dapat mengisi dan menyetorkan akun Saxo Anda dengan 18 mata uang berbeda dan membuka sub-akun untuk beralih antara mata uang yang berbeda. Sub-akun hanya tersedia untuk klien Platinum dan VIP.

Artikel Terkait