ETF Vanguard Terbaik untuk Keuntungan Investasi Jangka Panjang

Vanguard terkenal sebagai pelopor pengelola aset yang terkemuka. Vanguard terkenal akan komitmen terhadap kualitas produk instrumen investasinya. Pada artikel ini, kami akan menyoroti beberapa keuntungan dan memberikan daftar ETF terbaik dari Vanguard yang telah direkomendasikan oleh beberapa pakar.

Dengan pengelolaan aset yang mengesankan yaitu sebesar US$ 7 triliun pada berbagai jenis pendanaan yang komperhensif, Vanguard telah menempatkan dirinya sebagai salah satu pengelola aset terbesar yang paling berpengaruh di dunia. Vanguran menjangkau lebih dari 30 juta investor yang berasal dari 170 negara.

Mari kita mencari tahu faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kisah suksesnya yang mendunia dan melihat sejarah Vanguard yang luar biasa.

Sejarah Vanguard

Vanguard didirikan pada tahun 1975 dengan John C. Bogle sebagai pendirinya. Visi Bogle sederhana dan revolusioner yaitu seorang manajer harus memprioritaskan kepentingan para nasabahnya di atas segalanya.

Salah satu kontribusi utama Vanguard terhadap dunia investasi adalah mempelopori pendekatan dengan menawarkan reksa dana indeks dengan biaya yang sangat kompetitif. Berdasarkan beberap penelitian yang telah dilakukan secara konsisten menunjukkan bahwa biaya tinggi menjadi penghalang untuk mencapai keuntungan jangka panjang karena berdampak pada keuntungan investor.

Kemampuan Vanguard untuk menawarkan biaya yang kompetitif dapat dikaitkan dengan struktur kepemilikannya yang unik. Tidak seperti banyak manajer aset lainnya yang dimiliki oleh perusahaan atau pemegang saham eksternal, Vanguard dimiliki oleh dana investasinya sendiri. Struktur ini memastikan bahwa semua keuntungan diinvestasikan kembali dengan tujuan mencapai biaya rendah bagi para pihak yang ikut dalam pendanaan.

John Bogle termasuk orang pertama yang menekankan bahwa sebagian besar dana yang dikelola secara aktif gagal untuk konsisten dalam mengungguli indeks acuannya. Filosofi Bogle yang utama yaitu berpegang pada suatu gagasan bahwa jika seseorang tidak dapat melampaui pasar, maka ia harus sejalan dengan pasar.

Dengan melakukan penawaran pada harga terendah yang dimungkinkan, Vanguarg berhasil mengungguli sebagian besar investasi aktif. Faktanya, Vanguard merupakan pelopor dalam mempromosikan investasi terindeks pada tahun 1990-an dan telah memperluas penawarannya sehingga dapat menjangkau reksa dana indeks dalam skala global.

ETF Vanguard Saham Terbaik

Daftar ETF ini merupakan daftar ETF dengan aset terbesar, Vanguard masuk pada posisi teratas. Berikut merupakan daftar ETF Vanguard Saham Terbaik dengan aset indeks saham di pasar Amerika Serikat.

ETF Vanguard Saham TerbaikTICKERTERYTD
Vanguard U.S Momentum Factor ETFVFMO0.13%12.85%
Vanguard S&P Mid-Cap 400 Growth ETFIVOG0.15%12.57%
Vanguard S&P 500 Growth ETFVOOG0.10%11.23%
Vanguard Russel 1000 Growth ETFVONG0.08%10.05%
Vanguard Growth ETFVUG0.04%9.94%
Vanguard Mega Cap Growth ETFMGK0.07%9.86%
Sumber: Vanguard.com per 14 Maret 2024

Mari kita bahas beberapa ETF Vanguard Saham terbaik dari daftar yang telah diberikan:

Vanguard U.S Momentum Factor ETF

ETF berinvestasi pada saham dengan kinerja terbaru yang kuat. Portofolio ETF ini mencakup beragam saham yang mewakili perusahaan berkapitalisasi besar, menengah dan kecil, sektor tertentu dan kelompok industri. Cocok untuk investor jangka panjang. Di mana 80% dana akan dinvestasikan pada aset-aset yang diterbitkan oleh perusahaan Amerika Serikat.

Berikut merupakan rincian portofolionya:

Vanguard U.S Momentum Factor ETF
Sumber: vanguard.com
terbaik vanguard etf
Sumber: vanguard.co.uk
Vanguard U.S Momentum Factor ETF
Sumber: vanguard.co.uk

Vanguard S&P Mid-Cap 400 Growth ETF

ETF ini bertujuan mereplikasi indeks S&P MidCap 400 Growth yang terdiri dari perusahaan yang sedang bertumbuh di S&P 400. ETF ini berfokus pada penelurusan yang cermat pada imbal hasil indeks yang dianggap sebagai ukuran imbal hasil saham dengan pertumbuhan kapitalisasi menengah Amerika Serikat (AS) secara keseluruhan.

Berikut merupakan rincian portofolionya:

Vanguard S&P Mid-Cap 400 Growth ETF
Sumber: vanguard.co.uk
Sumber: vanguard.co.uk
vanguard etf terbaik composition
Sumber: vanguard.co.uk

Vanguard S&P 500 Growth ETF

ETF ini bertujuan mereplikasi indeks S&P 500 Growth, yang terdiri dari perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang di S&P 500.

Berikut merupakan rincian portofolionya:

Vanguard S&P 500 Growth ETF
Sumber: vanguard.co.uk
Vanguard S&P 500 Growth ETF composition
Sumber: vanguard.co.uk
Vanguard S&P 500 Growth ETF portfolio
Sumber: vanguard.com

ETF Pendapatan Tetap Terbaik dari Vanguard

ETF Vanguard Pendapatan Tetap TerbaikTickerTERYTD
Vanguard Ultra-Short Bond ETFVUSB0.10%0.85%
Vanguard Short-Term Inflation-Protected Securities ETFVTIP0.04%0.57%
Vanguard Emerging Market Government Bond ETFVWOB0.20%0.31%
Vanguard Short-Term Corporate Bond ETFVCSH0.04%0.29%
Vanguard Short-Term Tax-Exempt Bond ETFVTES0.07%0.09%
Vanguard Short-Term Treasury ETFVGSH0.04%0.07%
Sumber: vanguard.com

ETF Campuran Terbaik

Berikut merupakan daftar dari ETF Vanguard campuran terbaik yang ada di pasar Eropa

ETF Vanguard Campuran TerbaikTICKERTERYTD
Vanguard LifeStrategy 80% Equity UCITS ETF AccumulatingV80A0.25%6.27%
Vanguard LifeStrategy 80% Equity UCITS ETF DistributingV80D0.25%6.18%
Vanguard LifeStrategy 60% Equity UCITS ETF DistributingV60D0.25%4.36%
Vanguard LifeStrategy 60% Equity UCITS ETF AccumulatingV60A0.25%4.30%
Sumber: justetf.com

Broker ETF Vanguard di Indonesia

Gotrade Indonesia

gotrade vanguard etf

Untuk dapat melakukan jual beli ETF Vanguard di Indonesia, Anda dapat menggunakan aplikasi mobile Gotrade Indonesia. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Playstore untuk perangkat Android atau App Store untuk perangkat iOs. Platform ini hanya dapat digunakan dengan perangkat mobile Anda dan tidak dapat digunakan dengan perangkat lain.

Hal ini justru memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas jual beli ETF Vanguard.

Interactive Brokers

Interactive Brokers berinvestasi etf vanguard

Interactive Brokers adalah salah satu broker internasional yang menyediakan berbagai produk ETF yang diterbitkan oleh Vanguard. Mengingat Interactive Brokers adalah broker internasional maka pilihan ETF Vanguard terbaik bisa lebih banyak Anda dapatkan. Anda bisa memulai investasi di ETF mulai dari US$ 1000. Pembelian produk ETF di Interactive Brokers untuk wilayah Asia-Pasifik dikenakan komisi mulai dari 0,015%.

Saxo Bank

saxo bank etf vanguard terbaik

Saxo Bank juga merupakan salah satu broker internasional yang menyediakan produk ETF terbaik dari Vanguard. Untuk kawasan Asia Pasifik, komisi transaksi ETF dikenakan mulai dari SGD 3. Adapun minimal pembelian ETF bisa mulai dari US$ 1. 

Untuk Interactive Brokers dan Saxo Bank, jika Anda membuka akun di kedua broker tersebut maka Anda akan masuk di pasar saham kawasan Asia Pasifik atau Amerika Serikat. Maka segala regulasi yang perlu diikuti adalah di kedua wilayah tersebut.

ETF Vanguard yang Diperdagangkan di Indonesia

Berikut merupakan daftar ETF Vanguard yang dapat diperjual belikan dengan menggunakan platform mobile Gotrade Indonesia:

ETF VanguardTICKERTERYTD
Vanguard Dividend Appreciation ETFVIG0.06%5.82%
Vanguard FTSE Emerging Markets ETFVWO0.08%2.14%
Vanguard FTSE Developed Markets ETFVEA0.05%4.55%
Vanguard Global ex-U.S. Real Estate ETFVNQI0.12%-3.54%
Vanguard High Dividend Yield ETFVYM0.06%5.98%
Vanguard Information Technology ETFVGT0.10%8.31%
Vanguard Real Estate ETFVNQ0.12%-1.89%
Vanguard Total International Bond ETFBNDX0.07%-0.40%
Vanguard Total Stock Market ETFVTI0.03%7.93%
Vanguard Total Bond Market ETFBND0.03%-0.91%
Vanguard Value ETFVTV0.04%6.69%
Sumber: vanguard.co.uk

Kesimpulan ETF Vanguard Terbaik

Kesimpulannya, Vanguard menjadi pelopor pengelola aset dan sangat dihormati serta dipuji atas komitmennya terhadap kepentingan investor dan kemampuannya menawarkan biaya yang kompetitif melalui struktur kepemilikannya yang unik.

Dengan lebih dari US$7 triliun aset yang dikelola di berbagai jenis pendanaan, Vanguard telah memperkuat posisinya sebagai salah satu pengelola aset terbesar dan paling berpengaruh di dunia.

👉 ETF Terbaik untuk Berinvestasi dari Indonesia

👉 Bagaimana Cara Memilih ETF untuk Mengoptimalkan Investasi?

👉 ETF: Panduan Lengkap Mengenal & Cara Berinvestasi ETF?

Pertanyaan yang sering diajukan

Apakah ETF Vanguard cocok untuk investasi jangka panjang?

Ya, ETF Vanguard sangat cocok untuk investasi jangka panjang. Vanguard berfokus pada biaya yang rendah, portofolio yang terdiversifikasi, dan kepatuhan terhadap strategi pengindeksan. Hal ini menjadikan ETF Vanguard sebagai pilihan yang menarik bagi investor dengan pandangan investasi jangka panjang.

Bagaimana Vanguard mampu menawarkan biaya yang kompetitif untuk ETF-nya?

Kemampuan Vanguard untuk memberikan biaya yang kompetitif untuk ETF-nya dapat dikaitkan dengan struktur kepemilikannya yang unik. Tidak seperti banyak pengelola aset lainnya, Vanguard dimiliki oleh dana investasinya sendiri. Struktur ini memungkinkan Vanguard untuk beroperasi secara nirlaba dengan semua keuntungan diinvestasikan kembali untuk memberi manfaat bagi para peserta dananya.

Bisakah ETF Vanguard cocok untuk investor konservatif dan berorientasi pada pertumbuhan?

Ya, ETF Vanguard menawarkan opsi bagi investor konservatif dan berorientasi pertumbuhan. Vanguard menyediakan beragam ETF yang bervariasi terhadap gaya investasi, sektor, dan kelas aset yang berbeda.

Artikel Terkait