Perusahaan Terbaik di Indonesia, Begini Profilnya

Di Bursa Efek Indonesia (BEI) ada ratusan saham terdaftar, namun apa saja perusahaan terbaik di Indonesia yang layak dibeli sahamnya? Sebenarnya Anda bisa menentukan daftar perusahaan terbaik dengan cara melakukan analisa fundamental dan analisa teknikal.

Namun untuk bisa melakukan analisa tersebut, setiap investor pemula harus banyak belajar. Sayangnya, tak ada yang pernah benar-benar belajar saat terjun ke dunia investasi saham. Sebab pasar saham cukup fluktuatif dan dipengaruhi banyak faktor yang berbeda. Dengan pertimbangan tersebut, kami akan menyajikan profil 12 saham terbaik di Bursa Efek Indonesia.

Perusahaan Terbaik 2024 di  Bursa Efek Indonesia 🇮🇩

Harga saham dan kondisi perusahaan selalu mengalami perubahan karena memang sifat investasi ini dinamis. Sehingga tidak ada yang pernah benar-benar bisa merekomendasikan beli suatu saham untuk jangka waktu yang panjang. Sebelum merekomendasikan, seorang pialang atau analis perlu melihat kembali banyak hal mulai dari fundamental perusahaan hingga kondisi ekonomi makro dan siklus bisnis perusahaan.

Namun bagi Anda yang benar-benar kebingungan saham apa saja yang terbaik di BEI, kami menyajikan daftarnya. Daftar saham terbaik ini berdasarkan kinerjanya yang bagus maupun kepopuleran saham tersebut.

Daftar 12 Perusahaan Terbaik 2024 di Bursa Efek Indonesia
Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI)
Bank Central Asia Tbk (BBCA)
Bukit Asam Tbk (PTBA)
Gojek Tokopedia Tbk (GOTO)
Bumi Resources Tbk (BUMI)
Aneka Tambang Tbk (ANTM)
Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO)
Bank Mandiri Tbk (BMRI)
Telkom Indonesia Tbk (TLKM)
Astra International Tbk (ASII)
Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI)
Unilever Indonesia Tbk (UNVR)

Perusahaan Bank Terbaik di Indonesia yang sahamnya bisa dimiliki

Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI)

Bank BRI

Saham BBRI termasuk saham perbankan dengan kapitalisasi tertinggi di IHSG bersama dengan BCA dan Bank Mandiri. Kapitalisasi pasar BRI per akhir 21 Juni 2024 sebesar Rp 651,18 triliun setara 5,51% dari seluruh kapitalisasi pasar di pasar saham.

bbri saham
Grafik saham BBRI per 25 Juni 2024. Sumber: RTI

BRI juga tercatat dalam daftar saham yang nilainya paling banyak diperdagangkan yaitu dengan nilai transaksi Rp 14,29 triliun. Jumlah volume perdagangan per akhir Mei 2024 yaitu Rp 2,98 miliar. Alasan lain kenapa saham BBRI masih sangat prospektif untuk investasi adalah masuk sebagai anggota indeks LQ45. Bahkan bisa dikatakan saham BBRI adalah anggota tetap LQ45 dan memiliki bobot yang besar. BBRI juga rutin membagikan dividen.

Bank Central Asia Tbk (BBCA)

saham BBCA daftar 12 saham terbaik Indonesia

Saham milik bank BCA mengalami pertumbuhan yang konsisten karena sejak melantai di bursa pada tahun 2000 hingga 2024, BBCA mengalami pertumbuhan sebesar 2.595,65%. Oleh karena itu, hal ini memberikan kepercayaan kepada investor untuk berinvestasi di dalamnya. 

Saham BCA juga mendapatkan predikat saham blue-chip karena memiliki basis pelanggan yang luas, diversifikasi produk yang baik, serta kemampuan saham tersebut bertahan dalam kondisi perekonomian yang sulit terutama pada saat Covid.

BBCA saham terbaik

Grafik saham BBCA per 25 Juni 2024. Sumber: RTI

Dalam 5 tahun terakhir, BCA telah melakukan pembayaran dividen secara konsisten dan stabil. Pembayaran dividen tertinggi terjadi pada awal tahun 2021, yaitu sebesar Rp 432 per lembar sahamnya. Kebijakan dividen yang stabil dan meningkat seiring dengan pertumbuan laba bank membuat para investor tertarik untuk berinvestasi pada saham BCA.

Stabilitas yang bank BCA miliki sebagai institusi keuangan menjadi salah faktor penting bagi para investor karena bank ini memiliki rasio kecukupan modal yang kuat, pengelolaan risiko yang baik, serta likuditas yang cukup.

Bank Mandiri Tbk (BMRI)

Volume perdagangan saham tercatat BMRI 3,97 miliar dengan nilai transaksi Rp 24,51 triliun per Mei 2024. Ini menunjukkan saham BMRI yang likuid sehingga investor mudah dalam menjual maupun membeli.

Selain itu kapitalisasi pasar BMRI per Mei 2024 sebesar Rp 545,16 triliun. Menjadi saham perbankan dengan kapitalisasi pasar yang besar adalah salah satu alasan BMRI masuk dalam daftar rekomendasi saham terbaik di Indonesia.

Nilai dividen yang dibagikan BMRI juga konsisten cukup besar serta meningkat dalam lima tahun terakhir. Pada tahun buku 2018 BMRI membagikan dividen Rp 241,21 per lembar saham. Kemudian di tahun buku 2023 mereka membagikan dividen Rp 353,96.

bmri saham
Grafik harga saham BMRI per 25 Juni 2024

Saham BMRI juga memiliki basis pelanggan yang luas, diversifikasi produk yang baik, serta kemampuan saham tersebut bertahan dalam kondisi perekonomian yang sulit terutama pada saat Covid. Sempat mengalami penurunan kinerja saat Covid-19, BMRI kembali kuat di tahun 2021 hingaa kuartal I-2024 ini.

Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI)

Rekomendasi perusahaan terbaik di BEI berikutnya adalah BBNI. Perbankan milik negara ini memiliki volume perdagangan BBNI 1,7 miliar dengan nilai transaksi Rp 8,19 triliun per Mei 2024. Sementara itu kapitalisasi pasar saham BBNI Rp 162,47 triliun. Saham BBNI merupakan saham favorit investor asing.

bbni saham grafik
Grafik harga saham BBNI per 25 Juni 2024

Dari sisi kinerja, rata-rata pertumbuhan kredit sepanjang 2020-2023 sebesar 7,9% per tahun. BBNI juga rutin membagikan dividen. Adapun dividen tertinggi pada tahun buku 2022 yaitu Rp 392,78 per lembar.

Perusahaan Tambang Terbaik di Indonesia yang sahamnya bisa dimiliki

Bukit Asam Tbk (PTBA)

PTBA menjadi salah satu perusahaan yang menarik bagi para investor karena memiliki kegiatan operasional yang cukup beragam. Kegiatan operasional ini meliputi jasa survei umum, eksplorasi, eksploitasi, pengolahan, pemurnian, pengangkutan dan perdagangan, dan memberikan jasa konsultasi terkait dengan industri pertambangan batu bara beserta produk turunannya.

Dari sisi kelangsungan usaha untuk jangka panjang, PTBA jadi perusahaan tambang yang menjanjikan. Perusahaan pelat merah ini merupakan salah satu produsen batu bara terbesar di indonesia. Saat ini cadangan batu bara sebesar 3,02 miliar ton per Januari 2024 dan sumber daya 5,85 miliar ton.

ptba saham grafik
Grafik harga saham PTBA dianggap undervalue per 25 Juni 2024

Sebagai gambaran, Indonesia Mining Assosiation (IMA) mengatakan bahwa Indonesia memiliki total sumber daya dan cadangan batu bara hingga 134,24 miliar ton batu bara. Apabila digunakan sendiri dalam negeri dengan asumsi 250 juta ton per tahun, maka umur cadangan batu bara RI bisa bertahan hingga 500 tahun lamanya.

Bumi Resources Tbk (BUMI)

Pada kuartal IV-2020, para investor dibuat heboh dengan harga saham ini. Pasalnya, setelah tidur menjadi saham gocap harga BUMI mulai naik perlahan.

Saham BUMI termasuk saham yang populer di kalangan investor lama. Saham BUMI ini meroket dan melakukan perubahan bisnis saat Grup Bakrie masuk ke perusahaan pada 20 Juni 1997. Dengan kepemilikan 51% Grup Bakrie membuat BUMI mengakusisi Kaltim Prima Coal (KPC) dan Arutmin dan berkembang menjadi eksportis batu bara nasional terbesar.

Lalu BUMI menjadi perusahaan berskala global setelah Tata Power dari India masuk di tahun 2007. Hal ini membuat banyak investor tertarik pada saham BUMI hingga pada Juni 2008 harga sahamnya naik 983% menjadi Rp 8.750 per unit. Namun sayang dengan anjloknya harga batu bara, harga saham BUMI masih belum pulih hingga saat ini.

bumi saham grafik
Grafik harga saham BUMI per 25 Juni 2024

Kinerja keuangan BUMI, untungnya, mengalami perbaikan. BUMI mencatatkan laba bersih Rp 1,07 triliun per kuartal I-2022. Laba per saham tercatat naik menjadi Rp 12 dari yang per akhir kuartal IV-2023 nol rupiah. Ini membuat saham BUMI masuk dalam rekomendasi saham terbaik.

Aneka Tambang Tbk (ANTM)

antm saham grafik

Hingga Juli 2024 nanti, saham ANTM masih menjadi konstituen Indeks LQ45. Ini berarti saham ANTM masih menjadi saham yang dianggap likuid, memiliki kapitalisasi pasar yang besar dan memiliki fundamental yang bagus.

Per 21 Juni 2024, kapitalisasi pasar ANTM sebesar Rp 29,56 triliun. Dalam 5 tahun terakhir, saham ANTM bergerak naik 21,78% sehingga saham ini masih cocok untuk jangka panjang.

Sejak tahun 2018, ANTM juga tercatat rutin membagikan dividen. Terakhir, pada tahun buku 2023 ANTM membagikan dividen Rp 128,07 per lembar. Nilai dividen ini terus mengalami peningkatan sejak tahun 2018. Maka ANTM masuk dalam daftar rekomendasi saham terbaik di BEI.

Adaro Energy Tbk (ADRO)

Rekomendasi saham terbaik selanjutnya didasarkan pada nilai perdagangan dan kapitalisasi pasarnya. Per akhir Mei 2024, saham ADRO tercatat diperdagangkan dengan volume 822,17 miliar.

Nilai transaksi perdagangan ADRO tercatat sebesar Rp 2,1 triliun. Sedangkan nilai kapitalisasi pasar ADRO tercatat sebesar Rp 88,6 miliar.

adro saham grafik
Grafik harga saham ADRO per 25 Juni 2024

Dari sisi kinerja, ADRO juga memiliki kinerja yang baik dalam lima tahun terakhir. Pendapatan saham batu bara swasta ini naik 86,45% dalam lima tahun, diikuti dengan laba bersih yang naik 409,55%.

Saham ini juga menjadi favorit para investor lantaran konsistensinya membagikan dividen. Nilai dividen yang dibagikan juga meningkat sejak tahun 2018. Peningkatannya mencapai 471%. Pada tahun buku 2023 ADRO membagikan dividen Rp 209,31%.

Perusahaan Teknologi Terbaik di Indonesia yang sahamnya bisa dimiliki

Gojek Tokopedia Tbk (GOTO)

saham GOTO perusahaan terbaik di Indonesia karena kepopulerannya

GOTO merupakan gabungan dari dua perusahaan start up besar Indonesia yang menjadi satu yaitu Gojek dan Tokopedia. Saham GOTO tercatat per akhir Mei 2024 sebagai saham teraktif di BEI.

Volume transaksi saham ini mencapai 99,46 miliar, dengan nilai transaksi Rp 11,64 triliun. Sayangnya, secara fundamental kinerja GOTO masih belum membaik lantaran masih mencatatkan rugi bersih.

goto saham grafik

Namun perusahaan ini masih dipercaya oleh para investor karena berpotensi dalam hal ekspansi perusahaan mulai dari transportasi, e-comerce, hingga finansial. Hal tersebut merupakan potensi besar karena memberikan banyak saluran pendapatan. Selain itu GOTO memiliki basis pengguna yang cukup besar.

Perusahaan Telekomunikasi Terbaik di Indonesia:

Telkom Indonesia Tbk (TLKM)

Rekomendasi saham terbaik selanjutnya adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor telekomunikasi. Di sektornya, TLKM adalah perusahaan yang memimpin pangsa pasar.

Melalui anak usahanya Indihome, Telkom berhasil menguasai 87% pangsa pasar di tahun 2022. Telkom melalui anak usaha lainnya di segmen mobile yaitu Telkomsel juga terus berkeinginan menguasai pangsa pasar dengan pertumbuhan 5,7% pelanggan seluler serta peningkatan pendapatan.

tlkm saham grafik
Grafik harga saham TLKM per 25 Juni 2024

Selain itu, harga saham TLKM yang terus mengalami penurunan menjadi peluang yang menarik bagi investor. Masih mencatatkan laba yang bagus, membuat harga saham TLKM kini terdiskon. Dari price book to value (PBVR) saham TLKM sekitar 2,06 kali dan terhitung murah.

Perusahaan Konsumer Terbaik di Indonesia yang Sahamnya bisa dimiliki

Astra International Tbk (ASII)

perusahaan terbaik di Indonesia: ASII

Saham ASII masuk dalam daftar rekomendasi saham terbaik dan banyak disukai investor karena termasuk dalam emiten konglomerasi. Saham ini merajai pangsa pasar mobil nasional 56% sepanjang 2023. Sepanjang 2023 ASII berhasil menjual mobil secara nasional sebanyak 560.717 unit.

Saham ini menawarkan diversifikasi bisnis sehingga kinerjanya stabil dalam jangka waktu panjang. Pasalnya ASII juga punya anak usaha di bidang keuangan yakni Federal International Finance (FIF) yang mencatatkan kinerja positif dalam penyaluran biaya.

asii saham grafik

Per Maret 2024, ASII berhasil mencatatkan laba bersih Rp 7,46 triliun. Adapun penjualan ASII mencapai Rp 81,21 triliun. Selain kinerja yang solid ASII disukai karena rutin membagikan dividen dalam lima tahun terakhir.

Unilever Indonesia Tbk (UNVR)

perusahaan terbaik di Indonesia: UNVR

Selanjutnya, meski sempat terdepresiasi cukup dalam saham UNVR masih kami rekomendasikan sebagai perusahaan terbaik di Indonesia yang sahamnya bisa Anda miliki. Pertama, kapitalisasi pasar UNVR masih cukup besar Rp 119,03 triliun. Per Mei 2024 kapitalisasi tersebut menduduki peringkat 12. Ini menunjukkan UNVR masih disukai pasar dan cukup likuid.

saham UNVR
Grafik harga saham UNVR per 25 Juni 2024

Dari sisi kinerja, UNVR juga cukup solid. Produk-produk UNVR di pasar masih cukup merajai. Seperti pada kategori skin cleansing dan oral care yang menguasai 99% pangsa pasar berdasarkan data Juni 2023.

Di sisi lain, UNVR cocok untuk investor jangka panjang yang menantikan pendapatan pasif dari dividen. UNVR dikenal sebagai emiten yang rutin membagikan dividen kepada para pemegang sahamnya. Adapun total dividen yang dibayarkan pada level 99% ke atas dari total laba bersih yang mereka dapat.

Kesimpulan rekomendasi perusahaan terbaik di Indonesia

Dari 12 saham di atas, kami merekomendasikan berdasakan kinerja solid yang perusahaan laporkan kepada BEI. Beberapa saham mungkin memiliki kinerja yang buruk namun masih cukup populer di kalangan investor. Hal ini lumrah terjadi karena pergerakan saham terkadang bergerak berdasarkan sentimen yang melingkupinya.

Jika Anda ingin berinvestasi jangka panjang maka pelajari kinerja keuangan perusahaan. Mulai dari rasio profitabilitas seperti ROA, ROI dan ROE. Lihat juga konsistensi perusahaan membagikan dividen untuk para pemegang sahamnya.

Pada akhirnya, Anda harus mengenali perusahaan sebelum membeli sahamnya. Jangan membeli karena rekomendasi seseorang yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Perusahaan apa saja yang bagus untuk jangka panjang?

12 perusahaan terbaik di Indonesia di atas dapat kami rekomendasikan sebagai saham yang bagus untuk jangka panjang. Untuk menentukan mana yang paling bagus untuk jangka panjang lihat bagaimana perusahaan mencatatkan laba dalam lima tahun terakhir dan konsistensi perusahaan membagikan dividen. Di sisi lain Anda juga harus bisa melihat siklus bisnis serta ekonomi makro yang akan mempengaruhi kinerja perusahaan.

Apa perusahaan yang sahamnya termahal di Indonesia?

Per Juni 2024 saham termahal di Indonesia adalah saham PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA). Saham ini mencapai Rp 240.000 per lembar atau sekitar Rp 24 juta per lot.

Artikel Terkait