Micro S&P 500 Futures: Apa itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Mari kita pelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang micro S&P 500 futures: apa itu, bagaimana cara kerjanya, nilai tick dan poinnya, jam perdagangannya, tanggal jatuh temponya, perbandingan antara futures mini dan futures mikro, broker terbaik untuk perdagangan futures micro, serta alternatif untuk futures.

Micro S&P 500 Futures
Sumber: NinjaTrader

Apa itu S&P 500?

S&P 500 dibuat pada 4 Maret 1957 oleh Standard & Poor’s, sebuah perusahaan pemeringkat keuangan yang didirikan pada tahun 1941 setelah penggabungan antara Standard Statistics Company dan Poor’s Publishing.

Ini adalah indeks pasar saham yang terdiri dari 500 saham yang diperdagangkan di bursa paling representatif dari pasar Amerika Utara NYSE.

Ini terdiri dari 500 perusahaan dengan kapitalisasi besar di pasar saham Amerika Serikat dan anggotanya membentuk sekitar 80% dari seluruh kapitalisasi pasar saham Amerika. Hal ini menjadikannya paling representatif dari situasi pasar yang sebenarnya.

Bagaimana Cara Berinvestasi di S&P 500?

Jika kita ingin berinvestasi di indeks S&P 500, kita memiliki berbagai alternatif untuk melakukannya:

  • Melalui saham: membeli saham perusahaan dalam indeks dalam proporsi yang sama dengan bobot yang mereka miliki di S&P 500.
  • Melalui futures: dengan derivatif ini, kita bisa berdagang naik dan turun menggunakan leverage.
  • Melalui opsi: selain opsi tradisional pada E-mini S&P 500, CME Group baru-baru ini mencantumkan opsi E-Micro, dengan jatuh tempo mingguan, akhir bulan, dan triwulanan.
  • Melalui reksa dana dan ETF: dengan kendaraan keuangan ini, kita bisa berinvestasi dengan mereplikasi indeks.

Dengan demikian, setelah mengetahui berbagai dan banyak opsi yang ada untuk berinvestasi di S&P 500, mari kita lihat yang menjadi perhatian kita: micro S&P 500 futures.

Apa itu Micro S&P 500 Futures?

Micro S&P 500 futures adalah versi yang lebih kecil dari futures tradisional indeks ini, seperti halnya futures mini dan keduanya diperdagangkan di Chicago Mercantile Exchange (CME).

Ini adalah kontrak futures S&P 500 terkecil yang ada dan ini memberikan sejumlah keuntungan menarik bagi investor. Alasannya karena memerlukan jaminan yang lebih kecil dan oleh karena itu membutuhkan modal yang lebih sedikit untuk beroperasi.

Satu kontrak futures E-mini S&P 500 memiliki nilai per poin sebesar 50 dolar sedangkan kontrak mikro 10 kali lebih kecil, yaitu 5 dolar per poin.

Micro S&P 500 futures, seperti halnya futures mini, dirancang untuk memungkinkan lebih banyak investor berinvestasi dalam indeks ini. Hal ini dilakukan agar investor yang memiliki keterbatasan modal atau ingin mengurangi risiko dapat tetap berpartisipasi, berbeda dengan futures S&P 500 tradisional yang memerlukan modal lebih besar.

Bagaimana Cara Kerja Micro S&P 500 Futures?

Micro S&P 500 futures diperdagangkan di Chicago Mercantile Exchange (CME) yang merupakan bagian dari CME Group dan memiliki underlying indeks saham S&P 500.

Hal ini memungkinkan investor untuk berspekulasi tentang pergerakan indeks saham dengan mengambil posisi baik bullish maupun bearish.

Cara kerjanya sederhana. Pertama, kita memutuskan apakah kita ingin mengambil posisi naik atau turun di S&P 500 berdasarkan apa yang kita yakini akan dilakukan oleh indeks.

Jika kita percaya bahwa indeks akan naik, kita membeli. Jika kita percaya bahwa indeks akan turun, kita menjual (short selling). Untuk itu, kita harus memilih jumlah kontrak terlebih dahulu. Makin banyak kontrak yang kita miliki, makin banyak uang yang akan kita peroleh atau hilangkan untuk setiap tick yang bergerak sesuai atau berlawanan dengan kita.

Berapa Nilai Satu Tick dalam Micro S&P 500 Futures?

Satu tick adalah pergerakan terkecil yang dapat terjadi di pasar, baik naik maupun turun. Pada indeks S&P 500, pergerakan ini sebesar 0,25 poin. Misalnya, jika harga indeks berada di 3200 dan naik, langkah berikutnya adalah 3200,25, 3200,50, 3200,75, 3201, dan seterusnya. Hal yang sama berlaku untuk penurunan. Jadi, dalam S&P 500, satu tick adalah perubahan harga sebesar 0,25 poin.

Dengan demikian, kita bisa mengatakan bahwa 1 poin terdiri dari 4 tick. Dalam kasus kontrak micro futures, nilai 1 tick adalah 1,25 dolar, karena pergerakan 1 poin bernilai 5 dolar.

Sebagai contoh, misalkan harga indeks S&P 500 bergerak sebesar 10 poin. Ingatlah bahwa untuk setiap tick (0,25 poin), nilai kontrak akan berubah sebesar 1,25 dolar sehingga total perubahan untuk 10 poin adalah 50 dolar.

Mari kita lihat perhitungannya: 10 poin * 4 (jumlah tick per poin) * 1,25 (nilai per tick) = 50 dolar.

Jam Berapa Mereka Bisa Diperdagangkan?

Micro S&P 500 futures dapat diperdagangkan hampir sepanjang hari. Berikut ini jadwal perdagangan umumnya:

  1. Senin hingga Jumat:
    • Pembukaan Minggu: Mulai pukul 17:00 waktu Chicago (CST) pada hari Minggu.
    • Perdagangan Berlanjut: Terus berlanjut hingga pukul 16:00 waktu Chicago (CST) pada hari Jumat.
    • Jeda Harian: Ada jeda perdagangan harian dari pukul 16:00 hingga 17:00 waktu Chicago (CST) setiap hari, dari Senin hingga Kamis.
  2. Akhir Pekan:
    • Pasar akan ditutup dari pukul 16:00 waktu Chicago (CST) pada hari Jumat dan dibuka kembali pada pukul 17:00 waktu Chicago (CST) pada hari Minggu.

Pastikan untuk memeriksa waktu perdagangan yang spesifik dengan broker atau platform trading Anda karena waktu ini bisa berubah tergantung pada hari libur dan penyesuaian musiman.

Jatuh Tempo Micro S&P 500 Futures

Kontrak micro S&P 500 futures memiliki jatuh tempo atau tanggal kadaluwarsa yang ditetapkan berdasarkan siklus triwulanan. Berikut ini rincian jatuh tempo dari kontrak tersebut:

  • Maret
  • Juni
  • September
  • Desember

Tanggal jatuh tempo spesifik biasanya adalah hari Jumat ketiga pada bulan tersebut. Pada hari itu, kontrak berakhir dan penyelesaian dilakukan berdasarkan harga penutupan terakhir dari indeks S&P 500. Penting untuk memperhatikan tanggal jatuh tempo ini jika Anda memiliki posisi terbuka untuk menghindari penyelesaian yang tidak diinginkan atau untuk menggulirkan posisi ke kontrak berikutnya.

Apa Perbedaan Utama Micro Futures dan E-Mini?

Mini futures dan micro S&P 500 futures diperdagangkan di Chicago Mercantile Exchange (CME) sebagai kontrak berjangka dengan ukuran lebih kecil dibandingkan standar.

Salah satu fitur utamanya adalah bahwa mini dan mikro mengurangi jumlah investasi awal yang diperlukan, yaitu sekitar 5 hingga 50 kali lebih kecil daripada futures S&P 500 standar.

Untuk mini futures S&P 500, nilai setiap perubahan (tick) adalah sebesar 12,5 dolar per kontrak sehingga nilai setiap satu poin penuh adalah 50 dolar.

Sedangkan untuk micro S&P 500 futures, nilai setiap perubahan (tick) adalah sebesar 1,25 dolar sehingga pergerakan satu poin setara dengan 5 dolar.

Apa Kriteria Broker untuk Berinvestasi di Micro S&P 500 Futures?

Diperlukan broker yang memenuhi serangkaian persyaratan seperti:

  • Harus diatur dengan benar oleh otoritas yang berwenang.
  • Tersedia data harga dan volume secara real-time dengan kedalaman pasar dan tanpa biaya atau dengan biaya minimal.
  • Komisinya harus rendah. Sebagai contoh, komisi untuk setiap kontrak micro S&P 500 futures adalah 1,25 dolar.
  • Jaminan yang diminta harus sesuai dengan yang diminta oleh Clearing House CME Group pada akhir hari, bukan jumlah yang lebih tinggi.  
  • Harus memiliki platform lengkap, dengan segala jenis pesanan, grafik canggih, kutipan pasar waktu nyata. Solusi web dan solusi untuk ponsel dan tablet.
  • Platform harus mudah digunakan dan cepat dalam segala hal yang berkaitan dengan pesanan. Layanan pelanggan dan jam dukungan pelanggan yang luas, sangat penting saat beroperasi dengan produk seperti futures. Produk ini merupakan produk kompleks dan ditujukan untuk profil risiko tinggi.

Alternatif Investasi Selain Micro S&P 500 Futures

Selain Micro S&P 500 futures, Anda juga bisa melakukan investasi atau trading di instrumen lain. Berikut ini kami sediakan penjelasannya melalui artikel-artikel di bawah ini.

Trading Forex untuk Pemula: Panduan Lengkap serta Tips dan Trik

Apa Itu Exchange Traded Funds (ETF) dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa Itu Trading Mata Uang Kripto? – Panduan Lengkap

Investasi Saham Small Cap: Kelebihan dan Kekurangan

FAQs – Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berapa nilai tick dari micro S&P futures?

Untuk Micro E-mini S&P 500 futures (/MES), nilai tick atau fluktuasi harga minimum adalah 0,25 poin indeks, atau $1,25 per kontrak (sepersepuluh dari $12,50 per kontrak untuk /ES). Nilai satu kontrak dihitung dengan mengalikan level indeks saat ini dengan $5.

Apakah perdagangan micro futures layak dilakukan?

Dengan biaya masuk yang lebih rendah dan persyaratan margin yang lebih kecil, micro futures bisa menjadi cara yang efisien untuk mendiversifikasi portofolio Anda.

Artikel Terkait