Apa Itu ETP, ETC, dan ETF Bitcoin?


ETP, ETC, dan ETF Bitcoin merupakan instrumen keuangan yang terdaftar di bursa saham terstruktur. Tujuannya adalah untuk menyediakan cara yang lebih aman, transparan, mudah diakses, dan menguntungkan (dalam hal biaya yang lebih rendah) bagi para investor untuk melakukan investasi di pasar yang tidak diatur seperti pasar kripto.

Meskipun demikian, apakah ETF Bitcoin sudah bisa diperdagangkan? Jawabannya adalah Anda sudah bisa membeli atau menjual ETF Bitcoin. Sejak 10 Januari 2024, regulator sekuritas AS atau Securities and Exchange Commission (SEC) sudah menyetujui perdagangan ETF Bitcoin di bursa. Kini, Anda dapat menemukan alternatif lain untuk membeli dan menjual Bitcoin tanpa harus memiliki kepemilikan Bitcoin.

Apa itu ETP?

ETP, singkatan dari Exchange Traded Product, merujuk pada produk keuangan yang diperdagangkan di pasar saham, mirip dengan saham. Namun, yang membedakan ETP adalah kemampuannya untuk mereplikasi pergerakan aset keuangan atau portofolio aset keuangan, seperti indeks, komoditas, atau mata uang.

ETP Bitcoin
Sumber: CryptoRank

Ada tiga jenis ETP Bitcoin:

  • ETF (Exchange Traded Funds)
  • ETC (Exchange Traded Commodity)
  • ETN (Exchange Traded Notes)

Baru-baru ini, bursa Eropa telah menerima produk keuangan semacam itu dengan kripto. Meskipun demikian, ETP menawarkan transparansi dan keamanan yang sama seperti pasar keuangan lainnya.

Apa itu ETF Bitcoin?

Apa itu ETF BItcoin? Ini sejalan dengan Exchange Traded Fund (ETF), yaitu, dana investasi yang diperdagangkan di bursa saham. Sesuai dengan namanya, ETF adalah produk investasi yang unitnya diperdagangkan di pasar saham, menjadikannya sebagai kombinasi antara dana investasi dan saham.

Proses investasi dilakukan melalui broker, mirip dengan pembelian saham dari portofolio investasi yang beragam dan dengan strategi tertentu. Oleh karena itu, ETF Bitcoin adalah produk yang menggunakan cryptocurrency sebagai aset utamanya.

Apa itu ETC Bitcoin?

Bersama dengan ETF, terdapat produk serupa bernama ETC. Satu-satunya perbedaan antara ETC dan ETF adalah bahwa ETC berusaha mencerminkan perkembangan komoditas.

Secara umum, ETC menawarkan tingkat diversifikasi yang lebih rendah dibandingkan ETF. Hal ini karena ETF bertujuan untuk mereplikasi indeks yang terdiri dari beragam nilai.

Apa Keuntungan Yang Ditawarkan Oleh ETC Bitcoin?

ETC memberikan manfaat bagi investor dalam hal investasi di aset digital. ETC juga mempermudah proses negosiasi, dan menyediakan penyimpanan aset institusional dengan dukungan dan pengembalian fisik yang sepenuhnya dijamin.

Keunggulan tambahan adalah bahwa ETC ini diterbitkan di Jerman dan tunduk pada regulasi Jerman, diperdagangkan di XETRA serta bursa ETF Eropa. Sebelum ETC baru ini, opsi investasi dalam mata uang kripto telah ada dalam bentuk Bitcoin, Ethereum, Litecoin, dan Bitcoin Cash, yang telah diperdagangkan di XETRA. Sayangnya, produk ETC ini belum banyak tersedia di broker-broker yang ada.

ETC Group: ETC di Bitcoin, Ethereum, Ripple, Solana, dan Cardano

ETC Group telah meluncurkan sejumlah ETC kripto baru dalam beberapa bulan terakhir, termasuk Bitcoin, Ethereum, Solana, Ripple, Litecoin, dan Cardano. Produk-produk ini dikeluarkan oleh ETC Group melalui penawaran primer dalam mata uang euro dan dolar, serta dipasarkan dan didistribusikan oleh HANetf.

ETC crypto
Sumber: ETC Group

ETC Group dikenal sebagai penyedia tepercaya untuk produk-produk bernilai yang didukung oleh aset digital institusional, seperti ETC (Exchange Traded Commodities) kripto. Produk-produk ini diperdagangkan di Deutsche Börse XETRA, sebuah platform perdagangan elektronik inovatif yang dioperasikan oleh Bursa Jerman.

ETN Bitcoin

Di sisi lain, Exchange Traded Notes (ETN) adalah instrumen keuangan yang dapat diperdagangkan di pasar. Mereka merupakan bentuk utang yang bertujuan untuk melacak kinerja indeks atau sekelompok saham. Penerbit ETN menjanjikan pengembalian yang sesuai dengan perilaku aset keuangan saat jatuh tempo.

Selain itu, ETN juga dapat melacak pergerakan harga komoditas, mata uang, bahkan Bitcoin.

Biasanya, ETN atau produk serupa yang terkait dengan Bitcoin diperdagangkan di pasar Eropa dengan status utang yang dijamin, yang tidak menghasilkan bunga (dalam konteks ini, mereka diatur oleh aturan pasar Swiss). Dengan demikian, ETN sering digunakan sebagai cara untuk berinvestasi dalam Bitcoin.

Apa Saja ETF, ETC, dan ETN Untuk Berinvestasi di Bitcoin?

Terdapat varian ETP lain yang memiliki tujuan serupa (melakukan fungsi yang serupa, bahkan mungkin identik).

Berikut ini beberapa jenis ETP yang saat ini tersedia untuk melakukan investasi dalam Bitcoin.

ProdukTickerISIN
Bitcoin Capital Active ETPBTCACH0548689600
Bitcoin ETPBTCEDE000A27Z304
21 Shares Bitcoin ETPABTCCH0454664001
21Shares Short Bitcoin ETPSBTCCH0514065058
Bitcoin Tracker One XBT ProviderBITCOIN XBSE0007126024
VanEck Vectors Bitcoin ETNVBTCDE000A28M8D0
CoinShares Physical BitcoinBITCGB00BLD4ZL1

Bitcoin Capital Active ETP (BTCA)

Ini merupakan Exchange Traded Product (ETP) pertama yang diperdagangkan di SIX Swiss Exchange (bursa Swiss), yang diluncurkan oleh Bitcoin Capital. Produk ini merupakan inovasi yang signifikan serta mudah dikelola baik oleh investor institusional maupun individual. Entitas FiCAS bertanggung jawab atas administrasi produk investasi kripto ini, yang menjadi pelopor dalam jenis produk tersebut.

Salah satu fitur utamanya adalah kemampuannya sebagai produk manajemen aktif yang mampu merespons pergerakan pasar yang tak terduga. Infrastruktur dan manajemen risikonya membuatnya menjadi salah satu ETP yang paling menarik untuk berinvestasi di Bitcoin.

Data Teknis 
ISINCH0548689600
TickerBTCA
MarketSIX Swiss Exchange, Börse Stuttgart, Vienna Stock Exchange
Mata Uang DasarCHF, EUR, USD
Underlying15 aset digital teratas (BTC, ETH, DOT, ADA, XLM, XRP, dan lainnya)
DomisiliSwiss
Tanggal Peluncuran15 Juli 2020
Harga Emiten100 CHF
Denominasi1 Unit
Ukuran Perdagangan Minimal1 Unit
Jatuh TempoOpen Ended
Jenis ProdukETP
Jenis StrategiDiscretionary
Biaya Manajemen2% per tahun
Biaya Kinerja (absolut)20% di atas High Watermark
PenerbitBitcoin Capital AG
AdministratorCAIAC Fund Management AG
KustodianCoinbase, Kraken, Crypto Broker
Manajer AsetFiCAS AG

BTCetc – Bitcoin Exchange Traded Crypto (BTCE)

BTCetc – Bitcoin Exchanged Traded Crypto (disebut juga Bitcoin ETP) baru saja diluncurkan di Bursa Efek Swiss (SIX Swiss Exchange), yang merupakan pemimpin global dalam produk kripto yang diatur. Anda juga bisa menemukan produk ini di tempat lain di Eropa, seperti Deutsche Boerse, di mana lebih dari satu juta unit BTCE diperdagangkan dalam sehari.

Inisiatif ini berasal dari ETC Group, salah satu dari enam penyedia ETP yang menawarkan investasi di Bitcoin di pasar ini. Secara keseluruhan, ada sekitar 34 ETP yang tersedia untuk berinvestasi di Bitcoin.

BTCE adalah produk dengan dukungan penuh dari Bitcoin secara fisik. Setiap unit memberikan hak kepemilikan atas jumlah Bitcoin yang telah ditetapkan sebelumnya kepada pemiliknya. CEO ETC Group, Bradley Duke, menyoroti kualitas produk ini dalam hal perlindungan untuk para pemegangnya.

Data Teknis 
ISINDE000A27Z304
TickerBTCE
MarketDeutsche Börse XETRA, SIX Swiss Exchange, Cboe NL, dan lainnya
Mata Uang DasarUSD, EUR, CHF, GBP
Underlying100% BTC
DomisiliJerman
Tanggal Peluncuran18 Juni 2020
Denominasi1 unit
Ukuran Perdagangan Minimal1 unit
Jatuh TempoOpen Ended
Bentuk HukumKeamanan Utang
Jenis ProdukETC
Biaya Manajemen2% per tahun
PenerbitETC Issuance GmbH
AdministratorAPEX Corporate Trustees (UK) Limited
KustodianBitGO Trust Company
RegistrarClearstream Banking AG

21Shares Bitcoin ETP (ABTC)

ETC Bitcoin, yang dikeluarkan oleh 21Shares, telah mulai diperdagangkan di beberapa bursa di Eropa (seperti Swiss, yang menjadi pelopor dalam produk semacam ini; Jerman, dan Austria). Mata uang ini dapat diperdagangkan dalam USD, CHF, EUR, dan GBP.

Nilai tukar mata uang kripto utama ini telah berkembang pesat, sejalan dengan aset yang mendasarinya. Saat ini, nilainya telah melampaui USD 100 juta dalam aset yang dikelola (investasi dalam ETP Bitcoin sedang meningkat).

Data Teknis 
ISINCH0454664001
TickerABTC
MarketSIX Swiss Exchange, Börse Stuttgart, Nasdaq OMX, dan lainnya
Mata Uang DasarUSD, EUR, GBP, JPY, CHF
Underlying100% BTC
Tanggal Peluncuran24 Februari 2019
Biaya Manajemen1,49% per tahun
Penerbit21Shares AG
KustodianCoinbase Custody Trust Company, Zodia Markets Holdings Limited
Market MakerFlow Traders, GHCO
Agen PenjaminThe Law Debenture Trust Corporation PLC

21Shares Short Bitcoin ETP (SBTC)

21Shares Short Bitcoin ETP mencoba untuk memberikan keuntungan yang berlawanan dengan pergerakan harga Bitcoin sepanjang hari. Hal ini dicapai dengan meminjam mata uang kripto untuk dijual secara bersamaan di pasar.

Dengan kata lain, produk ini memungkinkan investor untuk mendapatkan eksposur terhadap pergerakan harga Bitcoin yang turun tanpa menggunakan derivatif keuangan. Caranya adalah dengan membeli ETP ini melalui broker.

Data Teknis 
ISINCH0514065058
TickerSBTC
MarketSIX Swiss Exchange, Gettex, Euronext Paris, dan lainnya
Mata Uang DasarEUR, USD
UnderlyingBTC
Tanggal Peluncuran20 Januari 2020
Biaya Manajemen2.5%
Biaya Pinjaman4.02%
Penerbit21Shares AG
KustodianCoinbase Custody Trust Company, Copper Technologies (Switzerland) AG
Market MakerFlow Traders
Agen PenjaminThe Law Debenture Trust Corporation PLC

Bitcoin Tracker One XBT Provider (BITCOIN XB)

Bitcoin Tracker One XBT Provider berhasil mencatat pertumbuhan sebesar 262,29% pada tahun 2020. Perusahaan Skandinavia, XBT Provider, menyediakan akses ke Bitcoin melalui produk Exchange Traded Product (ETP) ini. XBT Provider merupakan bagian dari Coinshares Group.

Produk ini merupakan yang pertama kali terdaftar dengan paparan langsung ke Bitcoin, pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 dan terdaftar di Nasdaq/OMX Stockholm. Sertifikat ini dihargai dalam mata uang krona Swedia sehingga terdapat paparan terhadap risiko mata uang.

Produk Bitcoin dari XBT Provider berhasil mencapai total nilai sebesar USD 100 juta, menjadi tonggak penting dalam perkembangan industri.

VanEck Vectors Bitcoin ETN (VBTC)

VanEck Vectors adalah perusahaan pengelola dana yang didirikan pada tahun 1955. Mereka dikenal karena inovasi dan upaya terus-menerus dalam mengidentifikasi tren baru. Dalam upaya ini, mereka meluncurkan strategi investasi baru dengan menciptakan instrumen keuangan yang memungkinkan investasi dalam Bitcoin.

Mereka telah memperkenalkan ETN yang diperdagangkan dalam mata uang euro dan terdaftar di Bursa Jerman. Nilai ETN ini meningkat sebesar 31,83% dari tanggal 1 hingga 19 Januari 2021.

Data Teknis 
ISINDE000A28M8D0
TickerVBTC
MarketDeutsche Börse, SIX Swiss Exchange, Euronext Amsterdam, Euronext Paris
Mata Uang DasarEUR, USD, CHF
DomisiliLiechtenstein
Tanggal Peluncuran19 November 2020
Struktur ProdukFisik (Replikasi Penuh)
Pengelolaan PendapatanReinvestasi
Biaya Manajemen1% per tahun
Index ProviderMarketVector Indexes GmbH
KustodianBank Frick & Co. AG
Perusahaan ManajemenVanEck ETP AG

CoinShares Physical Bitcoin (BITC)

CoinShares Physical Bitcoin (dikenal dengan kode BITC) merupakan ETP terbaru yang diperkenalkan oleh salah satu perusahaan pinoir di bidang ini, yaitu CoinShares. Sebagaimana ETP lainnya yang memungkinkan investasi dalam Bitcoin, produk ini dapat diperdagangkan dalam mata uang EUR, CHF, GBP, dan USD.

Produk ini juga didukung oleh Bitcoin secara fisik, yang berarti nilai dan kepemilikan Bitcoin secara langsung dilacak dan dipertahankan. Peluncuran produk ini cukup baru dan hal ini telah menyebabkan peningkatan dalam penawaran ETP, ETC, dan ETN untuk investasi dalam Bitcoin.

ETF Bitcoin

ETF Bitcoin merupakan jenis dana investasi yang melacak harga pasar Bitcoin (BTC). Ketika harga Bitcoin mengalami kenaikan, nilai dana tersebut juga akan naik. Sebaliknya, jika harga BTC turun, nilai ETF akan turun pula. Jenis dana ini biasanya beroperasi di pasar saham konvensional dan tidak dapat diakses melalui bursa kripto.

Pada akhir tahun 2021, regulator di Amerika Serikat akhirnya memberikan izin untuk diperdagangkan dua jenis ETF Bitcoin, yaitu ProShares Bitcoin Strategy dan Valkyrie Bitcoin Strategy.

Berikut adalah beberapa ETF yang mengikuti harga Bitcoin di mana Anda dapat berinvestasi:

ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO)

Bitcoin Strategy ETF dari ProShares merupakan ETF pertama yang menggunakan kontrak berjangka Bitcoin dan diperdagangkan di Bursa Saham New York di Amerika Serikat. Pada bulan Oktober 2021, SEC juga menyetujui ETF terkait Bitcoin dari Volt Equity, memungkinkan investor untuk berinvestasi dalam perusahaan dengan eksposur terhadap Bitcoin.

Valkyrie Bitcoin Strategy (BTF)

Valkyrie Bitcoin Strategy (BTF) mulai diperdagangkan di Nasdaq dengan kode saham BTF pada tahun 2021. Peluncuran ini terjadi setelah mendapatkan izin dari Komisi Bursa dan Sekuritas Amerika Serikat. BTF secara utama berinvestasi dalam kontrak berjangka Bitcoin dan Ether. Menariknya, produk ini rutin membagikan dividen.

Purpose Bitcoin ETF (BTCC)

Purpose Bitcoin ETF adalah dana perdagangan pertama yang memilih untuk melacak nilai Bitcoin. Dikeluarkan oleh Purpose Investments, ETF ini diperdagangkan dengan kode BTTC di Bursa Efek Toronto (TSX) Kanada, mulai Februari 2021. BTCC dikelola oleh Purpose Investments dan per April 2024, BTC yang dimiliki mencapai 27.670 BTC.

Evolve Bitcoin ETF (EBIT)

Muncul bersamaan dengan penawaran Purpose Bitcoin ETF dalam periode yang sama, Evolve mengumumkan pencatatan sahamnya di Bursa Toronto dengan nama Evolve Bitcoin ETF, yang diperdagangkan dengan kode saham (EBIT).

Cryptocurrencies ETF (ETC)

Pada tanggal 29 September 2021, Cryptocurrencies ETF, sebuah jenis ETF dari Evolve, resmi diperdagangkan di Bursa Toronto (TSX) dengan kode ETC. Produk ini menonjol dari ETF lainnya karena tidak hanya melacak pergerakan harga Bitcoin, tetapi juga Ethereum. Komposisi dalam portofolio ETC adalah 74% BTC dan 26% ETH.

Nasdaq Crypto Index ETF (HASH11)

Nasdaq Crypto Index ETF (HASH11) yang diperkenalkan oleh Hashdex dari Brasil merupakan produk perdagangan pertama yang mengikuti nilai keranjang atau indeks kriptokurensi, bukan hanya Bitcoin.

  • Nasdaq Crypto Index (NCI) dikembangkan melalui kerjasama dengan Nasdaq.
  • ETF ini melacak kinerja beberapa kriptokurensi, seperti Bitcoin, Ethereum, Litecoin, Chainlink, Uniswap, Polkadot, Decision, dan Stellar.

ETF Australia di Bitcoin dan Ethereum

Australia juga memperkenalkan Exchange-Traded Fund (ETF) pertamanya yang terkait dengan Bitcoin dan Ethereum. Perusahaan yang menyediakan ETF ini adalah 21Shares, yang merupakan perusahaan penerbit produk yang diperdagangkan di bursa (ETP) yang berbasis di Swiss. Sementara itu, ETF Securities yang merupakan penyedia utama ETF memiliki dua dana investasi yang diperdagangkan dengan eksposur langsung dan menguntungkan ke cryptocurrency.

  • 21Shares Bitcoin ETF
  • 21Shares Ethereum ETF

Kedua ETF ini diperdagangkan di bursa CBOE Australia dan akan secara langsung mencerminkan harga Bitcoin dan Ethereum dalam dolar Australia. Mereka didukung sepenuhnya oleh aset yang disimpan secara aman di cold wallet oleh bursa Coinbase.

Hashdex Nasdaq Bitcoin Reference Price ETF (BITH11)

Hashdex Nasdaq Bitcoin Reference Price ETF (BITH11) menonjol dari pesaingnya dengan menjadi yang pertama dalam kategorinya yang berkelanjutan. Tujuannya adalah untuk mengurangi jejak karbon yang dihasilkan oleh operasinya. Untuk mencapai hal tersebut, dana tersebut mengalokasikan 0,15% dari total aset bersih tahunannya ke dalam obligasi karbon dan proyek-proyek untuk mengurangi emisi karbon dari jaringan blockchain. Selain itu, dana ini mengikuti indeks harga referensi Bitcoin dari Nasdaq.

ETFs BitcoinTicker
ETF Bitcoin ProShares BitcoinBITO
Valkyrie Bitcoin StrategyBTF
Purpose Bitcoin ETFBTCC
Purpose Bitcoin ETFEBIT
Cryptocurrencies ETFETC
Nasdaq Crypto Index ETFHASH11
Hashdex Nasdaq Bitcoin Reference Price ETFBITH11

WisdomTree ETPs

WisdomTree menawarkan delapan produk perdagangan yang diperdagangkan di bursa (ETP) terkait aset kripto, seperti SOLW, ADAW, dan DOTW. Selain produk-produk yang telah disebutkan, mereka juga menawarkan:

  • WisdomTree Bitcoin (BTCW)
  • WisdomTree Ethereum (ETHW)
  • WisdomTree Crypto Market (BLOC)
  • WisdomTree Crypto Altcoins (WALT)
  • WisdomTree Crypto Mega Cap Equal Weight ETPs (MEGA)

Anda dapat mengakses ETP terkait aset kripto dari WisdomTree di beberapa bursa, termasuk Börse Xetra, SIX, Bursa Efek Swiss, serta bursa Euronext di Amsterdam dan Paris.

Berinvestasi dalam mata uang kripto, baik secara individual maupun melalui dana investasi adalah langkah yang memerlukan persiapan matang. Ini melibatkan pemahaman mendalam tentang topik tersebut dan penyesuaian dengan perkembangan dunia kripto yang makin meluas ke berbagai sektor. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam produk-produk semacam itu, penting untuk mempersiapkan diri secara menyeluruh untuk mengurangi risiko kerugian finansial.

FAQs – Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Kapan ETF Bitcoin disetujui?

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) resmi menyetujui pengajuan ETF Bitcoin Spot oleh 11 perusahaan pada hari Kamis, 11 Januari 2024.

Siapa saja yang mengajukan ETF Bitcoin?

Beberapa perusahaan yang mengelola investasi, seperti BlackRock, ARK, VanEck, dan Grayscale, telah mengajukan permohonan untuk mengeluarkan ETF pertama yang mengikuti pergerakan mata uang kripto terbesar di dunia.

Apa yang terjadi jika ETF Bitcoin disetujui?

Jika sampai akhirnya ETF Bitcoin spot ataupun ETF Ethereum spot disetujui, maka hal tersebut akan menjadi angin segar bagi BTC, ETH, dan aset kripto lainnya.

Jika Anda ingin mengetahui lebih detail mengenai Bitcoin, Anda bisa membaca artikel kami yang membahas tentang cara aman berinvestasi di Bitcoin.

Artikel Terkait