Cara Membeli Saham NVIDIA dan Analisis Mendalam

Dalam dunia teknologi yang berkembang pesat saat ini, Nvidia (NVDA) telah muncul sebagai pemain kunci yang mendorong inovasi dalam grafis dan solusi kecerdasan buatan (AI). Hal ini telah merevolusi interaksi kita dengan dunia digital, mencakup video game, cloud computing (komputasi awan), autonomous vehicle (kendaraan otonom), dan sebagainya. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan peluang investasi di saham NVIDIA, ditambah dengan wawasan tentang sejarah perusahaan, model bisnis, dan pencapaian terbaru.

Saham NVIDIA

Apa Itu NVIDIA?

NVIDIA Corporation, sebuah perusahaan teknologi global yang bermarkas di Santa Clara, California, didirikan pada tahun 1993 oleh Chris Malachowsky, Jensen Huang, dan Curtis Priem. Awalnya NVIDIA berfokus pada graphics processing unit (GPU) untuk pasar game dan profesional. Di sektor game, NVIDIA telah merambah ke system on chip (SoC) untuk sektor mobile dan otomotif.

Perusahaan ini telah berperan penting dalam membentuk grafis komputer dan simulasi lingkungan virtual. Kemajuan kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin merupakan bidang baru yang digeluti oleh NVIDIA.

Sebagai hasilnya, selain menjadi produsen kartu grafis terkemuka untuk para gamer, NVIDIA juga telah membuat kemajuan signifikan dalam aplikasi AI, pengendalian otonom, dan komputasi awan. Hal ini menempatkan NVIDIA sebagai batu penjuru dalam infrastruktur teknologi modern.

Berkat kinerja yang mengesankan dan proyeksi pertumbuhan yang optimis dipicu oleh booming AI, NVIDIA masuk di antara perusahaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. NVIDIA berdiri di dalam ‘Magnificent 7’, bersama Apple, Microsoft, Alphabet (Google), Meta (sebelumnya Facebook), Amazon, dan Tesla.

👉 Informasi lebih lanjut: ETF Terbaik pada Indeks Dow Jones

Data Umum Saham NVIDIA

Saham NVIDIA (NVDA) diperdagangkan di NASDAQ. Harga penutupan terakhir saham NVDA adalah USD 877,35 per tanggal tulisan ini dibuat (28 April 2024). Rentang harga saham dalam satu tahun terakhir (April 2023 – April 2024) adalah antara USD 262,20-974. Volume perdagangan saham mencapai USD 40 juta dan kapitalisasi pasar mencapai USD 2,03 triliun. Sementara itu, pendapatannya mencapai USD 60,92 miliar dengan rasio harga terhadap pendapatan (P/E) adalah 68,86.

NamaNvidia Corporation
TickerNVDA
ISINUS67066G1040
Dimana itu terdaftar?Nasdaq

Siapa CEO NVIDIA?

CEO nvidia
Jensen Huang, CEO NVIDIA
Sumber: businessinsider

Sejak berdirinya pada tahun 1993, Jensen Huang telah memimpin NVIDIA dan menjabat sebagai CEO. Dia telah menjadi kunci dalam pengembangan dan pertumbuhan perusahaan. Di bawah bimbingannya, NVIDIA telah berkembang menjadi perusahaan teknologi terkemuka, terkenal dengan inovasi perintisnya dalam komputasi grafis dan kecerdasan buatan (AI).

Siapa Pemilik NVIDIA?

Kepemilikan NVIDIA melampaui tim manajemennya, sebagian besar berada di tangan investor institusional atau dana investasi global utama.

Berikut ini adalah daftar yang menunjukkan pemegang saham terbesar di NVIDIA, sebuah perusahaan di garis depan pengembangan AI:

Vanguard Trust8,28%
BlackRock Advisors7,3%
Fidelity Management & Research5,18%
State Street Corp3,7%
Jensen Huang (CEO Nvidia)3,52%
Sumber: MarketScreener.

Jensen Huang adalah satu-satunya individu di antara pemegang saham utama, membedakan dirinya dari investor institusional.

Komposisi Pemegang saham NVIDIA
Sumber: Techopedia

Dimana Membeli Saham NVIDIA?

Contoh Praktis Dengan Gotrade

Panduan ini akan membimbing Anda melalui proses pembelian saham NVIDIA menggunakan Gotrade. Broker ini terkenal karena aplikasinya mudah digunakan dan hanya membutuhkan modal kecil untuk investasi.

Anggaplah Anda sudah memiliki akun di Gotrade, kami akan fokus hanya pada aspek operasional. Jika Anda belum membuka akun, silakan merujuk ke bagian dalam artikel ini yang membahas pengaturan akun dengan Gotrade.

👉Review Gotrade Indonesia: Biaya, Kelebihan & Kekurangan

Langkah 1: Cari saham NVIDIA (ticker: NVDA)

Setelah masuk ke Gotrade dari smartphone, temukan fitur pencarian aset di tengah bawah yang berbentuk kaca pembesar. Di bagian ini, ketik “NVIDIA” atau “NVDA“:

Setelah itu, Anda dapat melihat harga terakhir dan grafiknya. Di bagian ini, Anda juga bisa melihat data market cap, PER, dan dividend yield-nya.

Langkah 2: Analisis saham NVIDIA

Langkah selanjutnya adalah menganalisis harga NVIDIA saat ini dan memutuskan apakah sahamnya layak untuk investasi. Di halaman saham NVIDIA yang sudah Anda buka, Anda bisa scroll ke bawah untuk melihat data lainnya. Di Gotrade tersedia data EPS selama 5 kuartal terakhir. Selain itu, ada juga berita-berita yang berkaitan dengan saham NVIDIA.

Dengan informasi fundamental dan teknikal ini, Anda dapat membuat keputusan untuk berinvestasi di NVIDIA dan menentukan alokasi modal berdasarkan kapasitas keuangan Anda.

Langkah 3: Atur pesanan dan beli saham NVIDIA

Sekarang, kita akan beralih ke pembelian saham NVIDIA dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  • Buat pesanan pembelian: Klik tombol hijau yang bertuliskan “trade“.
  • Atur pesanan pembelian: Pilih jenis pembelian apakah berdasarkan value uang atau jumlah saham. Sebagai tambahan informasi, Anda bisa membeli saham secara fraksional (pecahan) sesuai kebutuhan.

👉 Jika Anda ingin mencari saham lain yang terdaftar di bursa Nasdaq, Anda bisa menyimak artikel Investasi di Nasdaq untuk Investor Indonesia: Panduan Lengkap & Mudah

Kapan NVIDIA Membayar Dividen Pada Tahun 2024?

NVIDIA telah mempertahankan kebijakan dividen yang konsisten, memberi penghargaan kepada pemegang sahamnya dengan pembayaran reguler sejak perusahaan mulai membayar dividen pada tahun 2012.

Berikut adalah detail pembayaran dividen NVIDIA:

  • Tanggal ex-dividen: 29 September 2024
  • Tanggal pembayaran: 4 Juni 2024
  • Rate dividen: USD 0,04 per saham
  • Hasil dividen: 0,02%
dividen nvidia
Sejarah Pembayaran Dividen NVIDIA
Sumber: Nasdaq.com

Seperti yang terlihat dalam sejarah dividen, NVIDIA saat ini memberikan dividen sebesar USD 0,04 per saham setiap kuartal (sekitar 0,02%), meskipun di masa lalu jumlahnya lebih besar.


Baca lebih lanjut tentang dividen di sini:

👉 Raja Dividen: Saham dengan Dividen yang Terus Meningkat Selama Lebih Dari 50 Tahun

👉 10 Saham IHSG dengan Proyeksi Dividen Tertinggi Tahun 2024


Mengapa Perlu Membeli Saham NVIDIA pada Tahun 2024?

Ada beberapa alasan menarik mengapa investor mempertimbangkan membeli saham NVIDIA.

Kepemimpinan di Pasar Chip (GPU)

NVIDIA telah menetapkan dirinya sebagai kekuatan utama dalam produksi unit pemrosesan grafis (GPU) dan mengungguli pesaingnya. Chip sangat penting tidak hanya untuk industri game, tetapi juga untuk aplikasi kecerdasan buatan (AI) dan pusat data. Diversifikasi NVIDIA ke area ini menjamin permintaan yang stabil untuk produknya di berbagai sektor yang berkembang.

Rencana Stock Split 1:10

Pada presentasi terakhir yang dilakukan pada Mei 2024, NVIDIA mengumumkan stock split dengan rasio 1 banding 10 yang akan berlaku efektif mulai 7 Juni 2024. Ini berarti bahwa untuk setiap 1 saham akan dipecah menjadi 10 saham. Jika saat ini saham diperdagangkan sekitar USD 1.000 per saham, bulan depan mereka akan diperdagangkan sekitar USD 100 per saham, tetapi dengan peningkatan pada modal kerja sebesar 10 kali lipat. Dengan praktik ini, kapitalisasi pasar tetap sama, tetapi dalam pandangan investor, saham NVIDIA tampak lebih terjangkau.

Kenaikan Historis dalam Dividen Triwulan

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, NVIDIA telah membagikan dividen triwulan sejak pertengahan tahun 2012. Sejak itu, perusahaan telah menjaga kebijakan dividen yang konsisten, meskipun jumlahnya bervariasi, selalu meningkat secara bertahap.

Jadi, dalam beberapa tahun terakhir, dividen tahunan adalah USD 0,16 per saham, yang berarti bahwa dividen triwulan adalah USD 0,04 per saham. Nah, mulai dengan distribusi dividen triwulan berikutnya, yang direncanakan September 2024 akan mengalami peningkatan sebesar 150%. Dividennya naik dari USD 0,04 per saham menjadi USD 0,10 per saham. Mengesankan, bukan?

Laporan Keuangan Yang Cemerlang pada Kuartal I 2024

Kekuatan NVIDIA di pasar GPU telah menghasilkan laporan keuangan yang luar biasa, secara konsisten melebihi harapan investor dengan tingkat pertumbuhan yang signifikan.

Faktanya, jika kita melihat pendapatan kotor pada kuartal terakhir, nilainya mencapai USD 26 miliar, 260% lebih tinggi dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Namun, yang lebih mengesankan adalah struktur modalnya, dengan EBITDA pada kuartal pertama 2024 sebesar USD 14 miliar, meningkat 732% dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Semua ini membuat perusahaan mencapai laba per saham sebesar USD 6,12 per saham, ketika ekspektasi analis hanya USD 5,65 per saham. Sebagai contoh, sebagian pertumbuhan ini berasal dari segmen pusat data dengan total pendapatan kotor sebesar USD 22,6 miliar, yang berarti pertumbuhan sebesar 427% dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, area bisnis lainnya, seperti segmen gamifikasi atau visualisasi grafis juga berkontribusi.

Secara keseluruhan, NVIDIA berhasil melampaui prediksi analis, menunjukkan pertumbuhan tahunan sebesar 20%. Kinerja yang konsisten ini menunjukkan mengapa saham NVIDIA bisa menjadi investasi yang menarik pada tahun 2024.

Harga Saham NVIDIA dan Pertumbuhannya di Pasar Saham

Kinerja historis harga saham NVIDIA telah terbukti sangat menguntungkan bagi investor jangka panjang. Fondasi operasional yang solid dari NVIDIA telah memberikan perusahaan dan sahamnya potensi pertumbuhan yang stabil dan patut ditiru.

Harga NVIDIA per Mei 2024
harga NVIDIA per 23 Mei 2024 | Sumber: XTB

Perjalanan saham NVIDIA di bursa ditandai dengan harganya yang naik turun, tetapi harganya masih menunjukkan tren naik. Fundamental perusahaan yang kuat selalu memberikan justifikasi yang solid untuk tren positif jangka panjang ini.

Ledakan Kecerdasan Buatan

NVIDIA berperan penting dalam mengembangkan kecerdasan buatan (AI). Mereka menyediakan perangkat keras penting yang dibutuhkan untuk menggerakkan teknologi pembelajaran mendalam dan komputasi kognitif. Ini memberi NVIDIA keunggulan dalam persaingan karena AI dianggap sebagai kemajuan besar, seperti munculnya internet atau revolusi industri. Jadi, NVIDIA punya peran sentral dalam mengarahkan kemajuan teknologi masa depan.

NVIDIA DGX | Sumber: Nvidia.com

Rekomendasi Para Ahli Untuk Saham NVIDIA

Investasi dalam saham NVIDIA umumnya dilihat positif dalam komunitas investasi, meskipun perusahaan diperdagangkan dengan nilai yang tinggi.

Sebagai contoh, analisis Yahoo Finance mengungkapkan konsensus dari 45 analis yang merekomendasikan beli dengan target harga yang jauh di atas level saat ini. Yang menarik, hampir tidak ada rekomendasi untuk menjual atau pandangan skeptis tentang saham tersebut.

rekomendasi nvidia dari analis
Sumber: Yahoo Finance

Keyakinan positif ini muncul dari konsistensi prestasi NVIDIA yang selalu melampaui harapan para analis, terutama dalam hal Earnings Per Share (EPS) – yang menjadi tolok ukur utama dalam penilaian fundamental. Pendapat baik yang sama juga berlaku untuk pendapatan dan laba perusahaan.

Kesimpulan

NVIDIA berada di garis depan kemajuan teknologi sehingga membuat sahamnya menjadi pertimbangan yang menarik bagi investor. Dengan pertumbuhan finansial yang konsisten dan posisi sentral dalam mendorong revolusi AI, NVIDIA mewujudkan perpaduan inovasi dan potensi investasi, menawarkan kesempatan unik untuk berpartisipasi dalam masa depan industri teknologi.

FAQs – Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Bagaimana NVIDIA berkontribusi pada AI?

NVIDIA menyediakan perangkat keras penting untuk pengembangan AI, memungkinkan kemajuan dalam pembelajaran mendalam dan komputasi kognitif.

Apa yang membuat GPU NVIDIA sangat penting?

GPU NVIDIA sangat penting untuk komputasi berkinerja tinggi, permainan, dan aplikasi AI, mendorong permintaan di berbagai sektor.

Bagaimana kinerja saham NVIDIA secara historis?

Saham NVIDIA telah menunjukkan pertumbuhan signifikan, sangat menarik bagi investor jangka panjang karena trajektori naik yang stabil dan kemajuan teknologi.

Artikel Terkait