10 Sekuritas Terbaik, Pilihan Aman untuk Investasi

10 sekuritas terbaik di Indonesia, ada apa saja? Memilih sekuritas terbaik adalah strategi penting yang harus Anda lakukan pertama kali. Anda sebaiknya memilih sekuritas yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya investasi Anda.

terbaik sekuritas indonesia

Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan daftar 10 sekuritas terbaik berdasarkan kepopuleran, kemudahan penggunaan platform dan volume transaksi terbesar yang diakomodasi. Dari 10 sekuritas terbaik, kami mengulas lima terbaik yang menjadi pilihan kami untuk direkomendasikan.

Apa itu sekuritas?

Melansir Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang mendapatkan izin dari OJK sebagai perantara pedagang efek (broker-dealer), penjamin emisi (underwriter) atau kegiatan lain sesuai ketentuan Pengawas Pasar Modal.

Sehingga sekuritas bisa juga disebut sebagai broker. Namun cakupan sekuritas lebih luas jika dibandingkan broker. Bisa juga broker adalah salah satu bentuk usaha yang dilakukan oleh sekuritas. Broker ini bertugas untuk mendampingi investor saat melakukan transaksi jual-beli saham dan merekomendasikan saham kepada investor sesuai dengan aturan yang berlaku.

Saat ini terdapat 89 sekuritas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Melansir Bisnis Indonesia, realisasi transaksi saham dari sekuritas periode akhir Desember hingga 31 Januari 2024 saja bisa tembus Rp 469,59 triliun.

10 Sekuritas terbaik di Indonesia untuk investasi

Berikut data 10 sekuritas terbaik di Indonesia yang bisa kami rekomendasikan. Namun perlu diingat, mengingat perdagangan terus berjalan maka nilai transaksi saham yang dipegang sekuritas bisa mengalami perubahan.

PeringkatNama SekuritasNilai Transaksi
1Mirae Asset SekuritasRp 25,36 triliun
2Indo Premier SekuritasRp 20,31 triliun
3J.P Morgan Sekuritas IndonesiaRp 32,82 triliun
4UBS Sekuritas IndonesiaRp 32,6 triliun
5BNI SekuritasRp 10,75 triliun (rata-rata transaksi
harian per Desember 2023)
6Mandiri SekuritasRp 39,04 triliun
7Maybank Kim Eng SecuritiesRp 34,10 triliun
8CIMB Sekuritas IndonesiaRp 29,4 triliun
9CLSA IndonesiaRp 19,76 triliun
10Trimegah SekuritasRp 12,4 triliun
Data per 31 Januari 2024, sumber: Bisnis Indonesia

Ulasan 5 Sekuritas Terbaik untuk pilihan Investasi

rekomendasi 10 sekuritas terbaik di Indonesia

Dari 10 sekuritas terbaik untuk pilihan Anda berinvestasi, kami memilih 5 sekuritas terbaik yang paling kami rekomendasikan. Berikut penjelasannya!

Mirae Asset Sekuritas

rekomendasi sekuritas terbaik di Indonesia

Mirae Asset Sekuritas menjadi salah satu sekuritas dengan nilai transaksi cukup tinggi. Per 31 Desember 2023 nilai transaksi mencapai Rp 183,50 triliun.

Mirae Asset Sekuritas merupakan sekuritas asal Korea Selatan. Mirae Asset Sekuritas cukup populer dengan kehadiran aplikasi investasi atau trading saham di smartphone sehingga memudahkan investor pemula untuk masuk ke pasar saham Indonesia.

Berikut adalah informasi penting  Mirae Asset Sekuritas:

  • 🏆 Regulasi: OJK
  • 💼 Instrumen investasi: saham, obligasi, reksa dana, ETF dan structure warrant
  • 💲 Komisi: 0,15% untuk transaksi beli dan 0,25% untuk transaksi jual. Khusus akun day trade 0,08% untuk pembelian dan 0,18% untuk penjualan.
  • 💲Minimal deposito: Rp 10 juta untuk akun syariah, day trading dan reguler atau Rp 3 juta khusus mahasiswa.
  • 📈 Platform: HOTS untuk PC & Laptop, Neo HOTS Mobile untuk Android dan iOS
  • 🖥️ Jenis akun: Reguler, Margin, Day Trade dan Syariah
KelebihanKekurangan
✅ Pendaftaran bisa dilakukan secara online.❌ Hanya memberikan akses di pasar Indonesia.
✅ Komisi untuk akun Day trade tergolong murah❌ Nilai deposito cukup besar yakni Rp 10 juta untuk umum dan Rp 3 juta untuk mahasiswa.
✅ Fitur di aplikasi HOTS cukup lengkap baik untuk trading atau investasi.❌ Pendaftaran online hanya bisa dilakukan oleh pemilik rekening BCA.

Indo Premier Sekuritas Indonesia

indopremier sekuritas

Indo Premier Sekuritas adalah salah satu sekuritas yang kami rekomendasikan. Terutama karena minimal deposito yang ramah bagi investor dengan modal terbatas.

Lebih lanjut, Indo Premier Sekuritas juga cukup populer di kalangan investor ritel karena kemudahan yang ditawarkan. Aplikasi IPOT milik Indo Premier Sekuritas bisa digunakan dan dipelajari dengan mudah oleh investor pemula.

Berikut adalah informasi penting dari Indo Premier Sekuritas:

  • 🏆 Regulasi: OJK
  • 💼 Instrumen investasi: Saham, reksa dana dan ETF
  • 💲 Komisi: 0,29% untuk jual dan 0,19% untuk beli
  • 💲Minimal deposito: – atau Rp 100.000
  • 📈 Platform: IPOT untuk mobile maupun PC/Laptop
  • 🖥️ Jenis akun: reguler dan syariah 
KelebihanKekurangan
✅ IPOT mobile mudah digunakan di iOS maupun Android.❌ Hanya memberikan akses di pasar Indonesia.
✅ Sudah memiliki fitur Robo TradingFee transaksi jual-beli aset investasi terutama saham terhitung cukup mahal yaitu 0,29% untuk jual dan 0,19% untuk beli.
✅ Minimal deposito sangat kecil, bahkan dikabarkan bisa buka akun dengan Rp 0.❌ Tampilan UI/UX masih kurang bagus serta server dikatakan banyak pengguna masih lambat dan kerap mengalami masalah

J.P Morgan Sekuritas Indonesia

Nilai transaksi yang besar menunjukkan bahwa suatu sekuritas cukup dipercaya oleh nasabahnya. Sehingga para nasabah menyuntikkan dana dalam jumlah besar ataupun banyak nasabah dengan modal terbatas yang terus menggunakan sekuritas tersebut.

J.P Morgan Sekuritas termasuk salah satu sekuritas dengan nilai transaksi yang cukup besar. Nilai transaksi sejak Desember 2023 hingga akhir Januari 2024 tercatat mencapai Rp 32,82 triliun.

J.P Morgan Sekuritas merupakan perusahaan sekuritas asal Amerika Serikat. Sekuritas ini berdiri pada 12 Mei 1989 dan terdaftar di BEI pada tahun 1992. Menariknya J.P Morgan Sekuritas punya akses untuk masuk ke pasar saham Amerika Serikat (AS).

Berikut informasi penting J.P Morgan Sekuritas:

  • 🏆 Regulasi: BEI, OJK dan Bappebti
  • 💼 Instrumen investasi: saham, ETF, fixed income, mutual funds dan opsi
  • 💲 Komisi: 0
  • 📈 Platform: JPMorgan Private Bank untuk iOS dan Android.
  • 🖥️ Jenis akun: General Investment, Traditional IRA, Roth IRA
KelebihanKekurangan
✅ Menyediakan akses ke beragam aset investasi❌ Pendaftaran harus dilakukan di kantor JP Morgan, kemudian nasabah akan mendapatkan akses untuk login online.
✅ Menyediakan akses ka pasar saham internasional❌ Akses informasi bagi investor pemula sangatlah terbatas.
✅ Bebas biaya komisi❌ Belum memiliki kantor cabang di seluruh wilayah di Indonesia untuk kemudahan membuka akun.

UBS Sekuritas Indonesia

terbaik sekuritas indonesia

UBS Sekuritas Indonesia berasal dari Swiss, memiliki kantor pusat di Zurich dan Basel. UBS termasuk sekuritas global yang menyediakan jasa keuangan untuk swasta, perusahaan dan institusi. UBS Sekuritas memiliki kantor di lebih dari 50 negara dan lokasi.

UBS Sekuritas termasuk salah satu sekuritas yang sudah cukup lama berdiri yakni tahun 1982. Membawa nama besar broker global dan sudah berdiri lama membuat UBS Sekuritas cukup terpercaya. Selain itu nilai transaksi saham UBS Sekuritas di kuartal III-2023 termasuk yang tertinggi mencapai Rp 286,38 triliun.

Berikut informasi penting UBS Sekuritas:

  • 🏆 Regulasi: OJK
  • 💼 Instrumen investasi: saham, produk derivatif seperti forex, fixed income dan CFD
  • 💲 Komisi: 0
  • 💲Minimal deposito: Rp 1 miliar
  • 📈 Platform: UBS Neo
  • 🖥️ Jenis akun: –
KelebihanKekurangan
✅ Menyediakan banyak pilihan instrumen investasi❌ Registrasi tidak bisa dilakukan secara online, harus mendatangi kantor sekuritas ini.
✅ Menyediakan akses ke pasar luar negeri❌ Kantor cabang belum tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga investor di kota kecil kesulitan membuka akun di UBS Sekuritas.
✅ Sekuritas legal yang menyediakan akses ke pasar luar negeri❌ Minimal deposito sangat besar sehingga lebih cocok untuk investor institusional

BNI Sekuritas

Indonesia sekuritas terbaik

BNI Sekuritas menjadi satu-satunya sekuritas pelat merah alias perusahaan milik negara yang kami rekomendasikan masuk di 5 besar sekuritas terbaik.

Kami merekomendasikan BNI Sekuritas karena kemudahannya dalam membuat akun secara online melalui aplikasi BIONS. Selain itu BNI Sekuritas memiliki fee transaksi yang cukup rendah, meski bukan yang terendah.

Berikut informasi penting dari BNI Sekuritas:

  • 🏆 Regulasi: OJK
  • 💼 Instrumen investasi: saham, reksa dana, surat utang
  • 💲 Komisi: 0,27% untuk transaksi jual dan 0,17% untuk transaksi beli secara online. Adapun untuk layanan hybrid, transaksi jual dikenakan fee 0,35% dan transaksi beli 0,25%.
  • 💲Deposito awal: Rp 1.000.000 untuk layanan online dan Rp 5.000.000 untuk layanan hybrid
  • 📈 Platform: BIONS untuk Android dan iOS, BIONS Desktop untuk Windows, MacOS dan Linux
  • 🖥️ Jenis akun: Reguler, Syariah dan Margin
KelebihanKekurangan
✅ Menggunakan aplikasi online trading BIONS cukup mudah❌ Aplikasi BIONS cukup berat saat digunakan sehingga sering muncul masalah
✅ Keamanan terjaga karena milik BUMN.❌ Nilai deposito awal cukup besar
✅ Memiliki charts yang lengkap untuk memudahkan para trader profesional❌ Aplikasi tidak ramah bagi investor pemula

👉 Broker Terbaik Beli Saham Indonesia, Ini Daftarnya!

Cara Menentukan Sekuritas Terbaik

Kami menentukan 10 sekuritas terbaik tentu dengan kriteria tertentu, mulai dari kepopuleran hingga kredibilitasnya. Kepopuleran ini bisa dilihat dari jumlah pengunduh aplikasi dan opini dari para penggunanya. Sedangkan kredibilitas bisa dilihat dari tahun berdiri, nilai transaksi, legalitas dan keamanan akunnya.

Keamanan

Keamanan adalah hal paling penting dalam memilih sekuritas. Terutama karena Anda mempercayakan uang kepada sekuritas melalui akun yang Anda buat serta data penting lainnya.

Pastikan memilih sekuritas di Indonesia yang sudah terdaftar di OJK, Bappebti dan Bursa Efek Indonesia. Biasanya broker internasional belum memiliki izin ini, namun tidak menutup kemungkinan mereka bisa berizin dan biasanya akan memiliki situs resmi Indonesia dan memiliki kantor di Indonesia.

Aset investasi yang ditawarkan

Salah satu karakteristik yang harus Anda lihat saat memilih sekuritas adalah memberikan akses yang luas pada instrumen investasi. Saat ini banyak instrumen investasi seperti saham, futures, CFD, mata uang kripto dan lainnya. Selain itu jika Anda beruntung carilah broker atau sekuritas yang juga bisa memberi akses Anda ke pasar luar negeri secara legal.

Platform yang mudah digunakan

Jika Anda lebih suka trading maka pilih sekuritas yang menyediakan platform profesional ketimbang platform yang sederhana. Pasalnya trading membutuhkan data real-time sehingga butuh alat yang mumpuni. Pasalnya sekuritas harus bisa menyajikan informasi dengan sangat cepat dan melakukan perintah investor dengan sangat cepat seperti order beli dan jual.

Selain itu, setiap platform yang dimiliki setiap sekuritas haruslah mudah dipahami (di luar fiturnya yang rumit untuk kebutuhan profesional). Tampilan dan peletakan menu haruslah ramah bagi penggunanya.

Biaya yang murah

Sekuritas dengan komisi yang murah bisa mengurangi biaya yang harus Anda keluarkan. Sehingga keuntungan yang didapatkan bisa lebih maksimal.

Komisi merupakan biaya yang dikenakan oleh sekuritas dari transaksi yang Anda lakukan. Ada beberapa sekuritas yang memberikan komisi 0 rupiah, namun memberikan spreads tinggi. Jadi perhatikan betul-betul komponen biaya yang dikenakan pada Anda.

Memiliki kantor di Indonesia

Tentu hal paling utama untuk menjamin keamanan dan keluhan Anda tersampaikan dengan baik, pilih sekuritas yang memiliki kantor di Indonesia dengan layanan customer service yang responsif. Jadi Anda bisa menyampaikan keluhan dan saran kapanpun dan mudah dalam mengakses pihak sekuritas.

Sekuritas terbaik sesuai gaya investasi Anda

Bagaimana cara memilih sekuritas terbaik?

Seluruh sekuritas di atas tentu sudah sesuai dengan kriteria sebagai sekuritas terbaik yang bisa Anda pilih. Namun, mana sekuritas yang benar-benar cocok untuk Anda?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus memahami dua hal ini:

  • Apa profil investasi Anda? Tentu berbeda jika Anda baru saja memulai karir Anda di dunia investasi dengan mereka yang sudah beberapa tahun berada di dunia investasi dan makin profesional dengan pengalaman yang dimiliki. Hal ini juga berlaku dengan Anda yang akan menginvestasikan uang dengan jumlah sedikit atau dengan aset yang tinggi.
  • Apa gaya investasi yang Anda sukai? Memilih sekuritas yang paling cocok untuk Anda tergantung pada gaya investasi Anda. Mulai dari yang lebh suka buy and hold, mencari pendapatan pasif dari dividen hingga investor aktif yang suka trading atau scalpingh.

Investasi jangka panjang (buy and hold)

Berinvestasi di pasar saham bisa membuat Anda merasa stres dengan pergerakan harga yang sangat bergejolak. Namun tak masalah jika Anda lebih suka menabung saham, sebuah strategi paling mudah untuk investor baru adalah strategi ini.

Strategi yang juga disebut strategi buy and hold berarti membuat Anda akan memegang sebuah saham dalam jangka yang panjang. Jadi pilih sekuritas yang aman dengan kebijakan komisi yang menguntungkan bagi Anda.

👉 Saham Terbaik di Indonesia 2024, Layak Dibeli!

Mendapatkan pasif income dari dividen

Salah satu cara populer untuk meningkatkan pendapatan pasif di pasar saham adalah berinvestasi di perusahaan yang rajin membagikan dividen. Jika Anda suka dengan strategi ini maka pilih sekuritas yang bisa memberikan komisi 0 Rupiah lantaran dari dividen yang Anda dapatkan akan dikenai pajak penghasilan (PPh) final 10% kecuali diinvestasikan kembali di instrumen investasi dalam negeri.

>>> 10 Saham IHSG dengan Proyeksi Dividen Tertinggi Tahun 2024

>>> Memahami pajak penghasilan di dunia investasi

Trading

Trading di pasar saham bisa sangat menguntungkan namun juga sangat berisiko. Jika Anda berencana untuk trading, pilih sekuritas yang terpercaya, mudah, memiliki alat lengkap dan eksekusi cepat. Pastikan sekuritas memiliki alat yang memadai untuk mendukung analisa teknikal, analisa fundamental dan memudahkan Anda mengatur aset saat pasar beroperasi.

>>> mengenal teknik day trading

>>> mengenal swing trading

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Di mana tempat bermain saham yang aman?

Tempat bermain saham ini berarti berinvestasi atau trading saham. Tentunya tempat bermain saham yang aman adalah sekuritas yang sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Bappebti. Namun ini tidak menghilangkan risiko dalam berinvestasi.

Apakah sekuritas dan broker itu sama?

Broker adalah pialang yang bertugas membantu investor membeli dan menjual aset investasi serta memberikan rekomendasi. Sementara itu sekuritas memiliki banyak kegiatan usaha seperti perantara pedagang efek (broker-dealer), penjamin emisi (underwriter) atau kegiatan lain sesuai ketentuan Pengawas Pasar Modal. Jika broker hanya bisa sebagai perantara maka sekuritas bisa membantu perusahaan melantai di bursa efek atau menerbitkan emisi seperti surat utang.

Apa saja aplikasi saham terbaik yang cocok untuk pemula?

Berdasarkam 10 sekuritas terbaik di Indonesia yang kami buat di atas maka aplikasi saham terbaik yang cocok untuk pemula adalah IPOT milik Indo Premier Sekuritas, BIONS milik BNI Sekuritas, HOTS milik Mirae Asset Sekuritas, MOST milik Mandiri Sekuritas dan Trima+ milik Trimegah Sekuritas. Anda tinggal menyesuaikan komisi yang dikenakan dan minimal deposito. Pilih yang sesuai dengan bujet Anda!

Artikel Terkait