ETF Ethereum: Alternatif Berinvestasi Altcoin

ETF Ethereum menjadi alternatif lain apabila Anda ingin berinvestasi kripto. Pada 23 Mei 2024, para investor kripto menerima berita penting yaitu lampu hijau terhadap ETF yang menggunakan mata uang kripto ETH. Sehingga peristiwa tersebut menjadikannya sebagai ETF pertama dari altcoin (mata uang kripto selain Bitcoin).

ETF Ethereum sebagai alternatif berinvestasi altcoin

Pada artikel ini kami akan menjelaskan apa itu ETF Ethereum? Bagaimana cara membelinya? Konkekuensi apa yang dapat timbul? Yuk, simak untuk tahu lebih jelas!

👉 Kripto Altcoin: Pahami sebelum Trading!

👉Apa itu Stablecoin: Cara Kerja, Jenis & Tempat Membelinya

Apa itu ETF Ethereum?

ETF Ethereum (Exchange Traded Funds Ethereum) merupakan produk keuangan yang memberikan kesempatan kepada investor untuk berinvestasi di Ethereum tanpa perlu membelinya secara langsung. Hal tersebut karena reksa dana ini memiliki ETH dan harganya meniru koin ETH.

Dengan begitu, ETF tersebut memang memiliki Ether (nama asli mata uang kripto dari blockhain Ethereum) yang harganya sesuai dengan harga koinnya. Sehingga ETF ini membeli dan memegang ETH sebagai aset dasar dan menawarkan investor yang membeli kontrak ETF. Dengan membelinya, investor akan mendapatkan bagian proporsional dari kepemilikan altcoin tersebut.

👉 Informasi lebih lanjut untuk memilih instrumen investasi: Reksa Dana Indeks vs ETF: Mana Yang Lebih Baik untuk Investor Pasif?

ETF Ethereum vs ETH

Alasan ETF tersebut menjadi menarik adalah karena teregulasi. Dengan begitu, ETF ini memungkinkan pihak yang memiliki modal besar namun hanya dapat berinvestasi pada produk yang teregulasi, untuk berinvestasi pada mata uang kripto. Meskipun secara tidak langsung, namun mereka dapat meperoleh keuntungan seperti berinvestasi secara langsung.

ETF Ethereum sebagai alternatif berinvestasi altcoin

Oleh karena itu, dengan adanya persetujuan ETF kripto membuka kemungkinan modal yang besar mengalir ke mata uang kripto. Meskipun belum terbukti secara 100%, namun hal ini membuka peluang baru adanya modal yang sebelumnya tidak dapat berinvestasi pada mata uang kripto tersebut.

Namun, Anda tidak dapat berinvestasi ETF ini di Indonesia apabila menggunakan broker mata uang kripto yang sudah teregulasi Bappebti. Sama seperti produk Ethereum ETP atau ETN, belum bisa dibeli dengan broker resmi teregulasi di Indonesia. Anda harus menggunakan broker luar negeri yang menyediakan perdagangan ETF Ethereum.

Hal tersebut karena perdagangan ETF mata uang kripto di Indonesia masih dalam tahap pembahasan. Sadangkan untuk berinvestasi secara langsung pada ETH, Anda dapat menggunakan beberapa broker resmi di Indonesia untuk membelinya.

👉Reksa Dana & ETF BlackRock: Rekomendasi Investasi

👉 Ini ETF Terbaik dari Invesco untuk melengkapi portofilo Anda!

👉 ETF Vanguard Terbaik untuk Keuntungan Investasi Jangka Panjang

Jenis ETF Ethereum

Terdapat dua jenis ETF Ethereum pada pasar. Berikut merupakan kedua jenis ETF tersebut:

  • ETF Spot: Merupakan cara berinvestasi ETF denan membeli dan menyimpannya secara langsung. Nilai ETF ini secara langsung mengacu pada harga ETH pada pasar saat ini. Namun, ETF jenis ini hanya berlaku di Amerka Serikat.
  • ETF Derivatif: ETF ini meniru pergerakan harga Ethereum dengan menggunakan berbagai instrumen keuangan, termasuk futures ETH. Persetujaun jenis ETF ini oleh karena terdiri dari berbagai aset keuangan yang tujuannya meniriu harga ETH (regulasinya lebih longgar karena tidak berinvestasi pada aset tunggal). Hal tersebut juga karena tidak membutuhkan penyimpanan secara langsung pada ETH. Sehingga para investor tidak perlu repot-repot dalam menyimpan asetnya.

👉 Penjelasan Ethereum: Apa dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Waktu Persetujuan ETF Ethereum oleh SEC

Persetujuan ETF Spot Ethereum oleh SEC secara remsi terjadi pada 23 Mei 2024. Namun, oleh karena masih terdapat beberapa pemenuhan persyaratan terkait dengan regulasi dan administratif sebelum peluncuruan, ETF ini belum dapat investor perdagangkan. Berikut merupakan beberapa persyaratannya:

  • Formulir S-1: Penerbit ETF harus mengajukan dan mendapat persetujuan formulir S-1 dari SEC. Formulir ini menjadi tahap awal pendaftaran yang terdiri dari informasi rinci ETF tersebut (strategi investasi, risiko terkait, dan struktur pendanaan). Peninjauannya menjadi proses yang memakan waktu, karena SEC akan meminta revisi atau informasi tambahan sebelum memberikan persetujuan akhir.
  • Perjanjian pencatatan: Penerbit ETF juga harus membuat perjanjian dengan bursa yang menjadi tempat perdagangan ETF tersebut (NYSE, Nasdaq, atau CBOE). Perjanjian ini memastikan kepatuhan ETF terhadap bursa sehingga perdagangannya dapat terlaksana dengan baik.
  • Kepatuhan regulasi tambahan: Selain pendaftaran S-1, penerbit harus memastikan kepatuhan mereka terhadap aturan SEC lainnya. Pertauran tersebut mencakup kontrol tambahan terhadap transparansi, pencegahan manipulasi pasar, dan lain-lain. Semuanya bertujuan melindungi para investor.
  • Persiapan internal penerbit: Penerbit harus menyelesaikan persiapan internel mereka sendiri sebelum peluncuran. Hal tersebut mencakup penyelesaian perjanjian kustodian, pengaturan proses operasional, pelatihan staf untuk menangani operasi ETF.
  • Pemasaran: Sebelum peluncuran, penerbit biasanya melakukan kegiatan pemasaran untuk memberi tahu calon investor tentang ETF ini (tanpa likuiditas dari investor, produk akan hilang) dapat melalui siaran pers, presentasi kepada investor, atau kegiatan pemasaran lainnya untuk memunculkan minat pada produk ini.

Setelah menyelesaikan serangkaian persiapan di atas, perdagangan ETF secara resmi akan terjadi pada bursa. Sehingga investor dapat membelinya.

8 ETF Spot Ethereum yang Disetujui SEC

Terdapat 8 ETF Spot Ethereum yang telah SEC setujui saat pengumuman 23 Mei 2024. Berikut merupakan daftarnya:

  • Grayscale Ethereum Trust
  • iShares Ethereum Trust
  • Invesco Galaxy Ethereum ETF
  • Fidelity Ethereum Fund
  • VanEck Ethereum Trust
  • Franklin Ethereum ETF
  • Bitwise Ethereum ETF
  • ARK/21 Shares Ethereum ETF

Kemudian, pada gambar di bawah ini kami akan menyediakan informasi ETF Ethereum beserta dengan ticker dan manajer terkait.

👉 Dan baiklah, karena kita telah berbicara tentang ETF Ether, saya lampirkan artikel berikut tentang saudara-saudaranya yang lebih besar dengan semua yang perlu Anda ketahui: ETFs Bitcoin – Apa itu dan di mana membelinya?

👉 ETF BITO: ProShares Bitcoin Strategy Fund, Apa Itu?

Terdaftar di mana saja ETF Ethereum?

ETF ini dapat investor perdagangkan pada NYSE (New York Stock Exchange), NASDAQ, dan Chicago Board Options Exchange (CBOE). Perlu Anda ingat bahwa ketiga bursa tersebut merupakan bursa AS. Sehingga perdagangan ETF spot ETH masih bersifat eksklusif untuk invesotr AS hingga saat ini.

ETF Ethereum di Indonesia

Perlu Anda ketahui bahwa pada 8 ETF ETH yang mendapat persetujuan dari SEC tersebut, perdagangannya hanya dapat terjadi di AS.

Hong Kong Menjadi negara pertama di Asia yang telah menyetujui perdagangan ETF Ethereum. Selain itu ada juga ETF Bitcoin yang sudah mendapat persetujuan di negara tersebut. Sehingga instrumen investasi pada mata uang kripto ini belum dapat terjadi di Indonesia.

Perdagangan Bitcoin di Indonesia hanya bisa menggunakan intrumen investasi spot market dan futures. Tentu saja investasi pada kripto akan memiliki risiko yang tinggi karena volatilitasnya.

Apa itu ETP, ETN, dan ETC?

Suatu ETP (Exchange Traded Product) merupakan instrumen investasi perdagangannya terjadi pada bursa saham dan mereplikasi pergergarakan harga aset yang mendasarinya (indeks, komoditas, maupaun mata uang kripto).

Berikut merupakan tiga jenis ETP berdasarkan aset yang mendasarinya:

  • ETF (Exchange Traded Funds)
  • ETN (Exchange Traded Notes)
  • ETC (Comodity Traded Funds)

Sebuah ETP (“Exchange Traded Product”, yaitu, Produk yang Diperdagangkan di Bursa), adalah instrumen keuangan yang diperdagangkan di bursa saham -seperti saham perusahaan- dan yang mereplikasi pergerakan harga aset dasar yang diikutinya (baik itu indeks, komoditas, atau mata uang kripto).

Ada tiga jenis ETP, tergantung pada aset yang membentuknya:

  • ETP dari dana yang diperdagangkan di bursa (ETF)
  • ETP dari catatan yang diperdagangkan di bursa (ETN)
  • ETP dari komoditas atau commodities (ETC).

👉 Apa Itu ETP, ETC, dan ETF Bitcoin?

Oleh karena itu, ETP Ethereum merupakan produk yang diperdagangkan pada bursa dengan mengikut harga ETH, bukan melalui pembelian ETH secara langsung. Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan leverage pada derivatif keuangan.

Bagaimana Berinvestasi Ethereum Melalui Produk yang Terdaftar? | 9 ETP Ethereum

Anda tidak dapat melakukan pembelian ETP Ethereum karena belum ada broker Indonesia yang menyediakan jenis investasi pada altcoin tersebut. Namun, Anda dapat menggunakan beberapa broker internasional untuk melakukannya.

Melalui broker internasional tersebut, Anda dapat melakukan perdagangan pada bursa Eropa. Tetapi tentunya broker ini tidak terdaftar pada OJK maupun Bappebti. Berikut merupakan beberapa ETP yang terdaftar pada bursa Eropa:

ETP EthereumTickerTERProfitabilitas 1 TahunVolatilitas 1 Tahun
VanEck Ethereum ETNVETH1%62,71%50,30%
WisdomTree Physical EthereumETHW0,35%64,20%50,11%
21Shares Ethereum ETPAETH0,21%62,01%50,79%
Global X Ethereum ETPET0X0,65%62,60%49,58%
ETC Group Physical EthereumZETH1,49%63,80%49,80%

Alternatif Lain: Membeli Ethereum Secara Langsung

Meskipun pada artikel ini kita membahas ETF Ethereum, yang cenderung condong pada investor intitusi, bagi sebagian investor individu membeli secara langsung masih menjadi pilihan utama. Hal ini karena para investor individu tidak memerlukan instrumen keuangan lainnya. Berikut merupakan broker tempat membeli Ethereum secara langsung:

Indodax

Indodax, merupakan aplikasi kripto yang mempertegas keamanannya dengan telah terdaftar dan diawasi Bappebti serta memperoleh sertifikasi ISO sebagai bukti standar keamanan internasional. Selain itu, adanya sistem keamanan 2FA memberikan jaminan keamanan bagi Anda ketika sedang bertransaksi.

  • 🏆 Regulasi: Bappebti
  • 💼 Aset keuangan: Indodax memperdagangkan lebih dari 200 aset kripto
  • 💲Komisi
    • Tidak ada biaya atau fee ketika melakukan deposit.
    • Besaran fee withdrawal / penarikan aset digital bervariasi tergantung dengan pilihan jaringan yang Anda pilih.
  • 💰Minimal deposit: Berkisar antara Rp 10 ribu – Rp 1 juta
  • 📈 Platform: Aplikasi Indodax (Android & iOS)

Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan Indodax:

KelebihanKekurangan
✅ Indodax merupakan platform exchange yang terdaftar resmi di Bappebti❌ Tidak adanya pilihan untuk melakukan deposit dengan menggunakan kartu kredit
✅ Menggunakan mata uang Rupiah untuk bertransaksi kripto❌ Tidak memiliki fitur Order Cancel Order (OCO) yang dapat diatur secara otomatis. Hal tersebut menyebabkan pengguna harus melakukan pembatalan transaksi jual beli secara manual
✅ Keamaan yang terjamin oleh sistem Two-Factor Authentication (2FA)
✅ Terdapat 3 pilihan bahasa yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Mandarin

Ubit Indonesia

Upbit Indonesia jadi salah satu broker pilihan untuk memperdagangkan aset digital seperti Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH). Upbit merupakan platform trading kripto asal Korea yang kini telah resmi mendapatkan izin untuk melakukan perdagangan kripto di Indonesia.

  • 🏆 Regulasi: Bappebti
  • 💼 Aset keuangan: Upbit memperdagangkan lebih dari 150 aset kripto
  • 💲Komisi
    • Fee Deposit: Gratis.
    • Fee Withdrawalfee penarikan bergantung pada jenis aset yang Anda pilih.
  • 💰Minimal deposit: Tidak ada minimal deposit
  • 📈 Platform: Aplikasi Upbit Global (Android & iOS)
KelebihanKekurangan
✅ Memiliki fitur unggulan yang beragam❌ Platform tersebut tidak tersedia di beberapa negara seperti Amerika Serikat
✅ Fitur keaman yang kuat berkat dukungan dari Kakao Corp❌ Terbatasnya dukungan terhadap mata uang fiat
Antarmuka yang ramah bagi para trader pemula.❌ Respon teradap keluhan pelanggan terkadang tidak responsif
✅ Biaya yang transparan dan kompetitif

👉 10 Bursa Kripto Terbaik di Dunia dan Indonesia

21Shares Crypto Basket Index sebagai Alternatif Terdiversifikasi

Terdapat pilihan lain yaitu dengan berinvestasi pada ETP yang terdiversifikasi. Aset ini menjadikan ETH sebagai portofolionya, namun juga menjadikan koin kripto utama lainnya seperti Bitcoin.

21Shares Crypto Basket Index, menjadi produk investasi yang menawarkan paparan yang terdiversifikasi pada beberapa mata uang kripto. Hal ini bekerja dengan cara mengikuti kinerja indeks yang terdiri dari beberapa koin kripto utama. Koin-koin tersebut penentuannya berdasarkan kapitalisasi pasar, misalnya pada Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH). Pembobotannya berdasarkan kapitalisasi pasar, sehingga semakin tinggi kapitalisasinya, maka akan semakin besar bobotnya.

Berikut merupakan komposisi koin kripto pada indeks tersebut:

  • Bitcoin (49%)
  • Ethereum (37%)
  • Solana (7,20%)
  • XRP (2,92%)
  • Polkadot (2,83%)
Perubahan Harga 21Shares Crypto Basket Index ETP

Tujuan utama dari 21Shares Crypto Basket Index adalah untuk memberikan investor cara yang sederhana dan efisien untuk mendapatkan eksposur ke pilihan mata uang kripto yang terdiversifikasi tanpa harus membelinya dan mengelolanya secara individual.

Mengapa Berinvestasi Ether di 2024? Perspektif Ekosistem Kripto

Ada berbagai alasan berinvestasi di Ethereum pada tahun 2024. Ethereum, menjadi mata uang kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasarnya dan telah mengukuhkan posisinya sebagai platform penting untuk smartcontract dan aplikasi terdesentralisasi. Selain itu, ETH telah mengalami perkembangan yang pesat dan memiliki prospek masa depan yang bagus.

Tentu saja kita tidak bisa mengabaikan riwayat revaluasi Ether, sehingga banyak investor menyadari bahwa revaluasi tersebut tidak akan terjadi kembali. Namun, mereka masih berharap bahwa akan ada peningkatan besar pada harga ETH karena usianya yang masih muda dan memilik potensi pertumbuhan yang baik.

Perubahan Harga ETH

Kita dapat melihatnya pada gambar di bawah yang menunjukkan grafik pertumbuhan harga ETH sejak awal mula muncul. Dari gambar tersebut terlihat perutumbhan harga ETH yang kurang dari US$ 1 hingga mencapai US$ 4000.

Berikut merupakan alasan lain yang memperkuat Ethereum sebagai salah satu investasi yang baik saat ini:

8 ETF Spot Ethereum Mendapat Persetujuan

Persetujuan ETF spot Ethereum oleh SEC menjadi tonggak penting bagi ETH. ETF ini memungkinkan investor besar AS untuk memperoleh paparan dari Ethereum tanpa perlu mengelola portofolio digital (banyak dari mereka tidak dapat melakukannya karea harus berinvestasi pada aset yang teregulasi) atau khawatir akan keamanan asetnya. Dengan adanya akses tersebut, investor institusional dapat menanamkan modalnya yang besar ke Ethereum.

Mata Uang Kripto Terbesar Kedua

Tidak hanya menjadi mata uang kripto terbesar kedua, Ethereum juga memiliki kapitalisasi pasar serta adopsi dan pengembangan proyek pada blockchain yang besar.

Hingga saat ini, ETH mendukung sebagian besar aplikasi terdesentralisasi yang mencakup keuangan terdesentralisasi (DeFi) hingga Non-fungible Tokens (NFT). Jaringan ETH memiliki komunitas pengembang yang aktif serta ekosistem aplikasi yang semakin luas dan berkembang, sehingga memperkuat posisinya pada pasar.

Bagian Penting dari Smart Contracts

Smart contract merupakan kontribusi berbeda yang Ethereum bawa ke dunia. Kontrak tersebut memungkinkan perjanjian terlaksana secara otomatis ketika memenuhi kondisi tertentu (ditentukan oleh pembuat smart contract) tanpa campur tangan manusia.

Oleh karena lebih sedikit membutuhkan campur tangan manusia dalam beragam prosedur teknologinya, sehingga dapat mengurangi biaya dan meminimalisir human error. Tidak hanya itu, kecepatan prosedur akan semakin meningkat. Hal-hal ini yang membuat smart contract menjadi semakin penting dan merevolusi berbagai industri.

Selain itu, sifat smart cotract yang 100% transparan dan tidak dapat diubah, dapat meningkatkan kepercayaan antara pihak terlibat dan dapat mengurangi risiko penipuan. Semua syarat tersebut dikodekan dalam blockchain, sehingga dapat risiko manipulasi dan penipuan.

Aplikasi Keuangan Terdesentralisasi (DeFi) dan Token Non-Fungible (NFT) berdasarkan pada smart contract. Smart Contracts memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam aktivitas keuangan seperti pinjaman, tabungan, dan perdagangan tanpa perantara konvensional. NFT juga menggunakan kontrak pintar untuk memverifikasi kepemilikan dan keaslian aset digital yang unik tersebut.

Penerapan Smart contract dapat di semua sektor, sebagai contoh pada rantai pasokan, hal tersebut dapat menyediakan transparansi asal, keterlacakan, dan penanganan produk.

Ekspektasi Penurunan Suku Bunga pada Tahun 2024

Setelah suku bunga mengalami kenaikan tercepat sepanjang sejarah AS (juga sebagian besar dunia) dan bertahan pada suku bunga di atas 5% dalam jangka waktu yang cukup lama(sebelumnya menimbulkan krisis ekonomi), pasar melihat kemungkinan FED menurunkan suku bunga. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari krisis dan masalah keuangan yang lebih serius.

Namun, hal tersebut terjadi ketika terjadi krisis ekonomi sehingga membutuhkan stimulus. Gambar di bawah menunjukkan tingkat inflasi yang belum mencapai target sebesar 2%.

Tingkat inflasi di Amerika Serikat (AS).Sumber: tradingeconomics

Investor melihat adanya peluang penurunan suku bunga sehingga dapat merangsang perekonomian (hal tersebut menyebabkan kenaikan pada aset dengan risiko tinggi termasuk Ethereum).

Namun, secara historis, penurunan suku bunga terjadi ketika adanya krisis, bukan karena pengendalian inflasi. Sehingga penurunan suku bunga secara tidak biasa menjadi tanda yang baik.

Berikut merupakan hal yang menjadi acuan ketika terjadi penurunan suku bunga:

  • Jika FED menurunkan suku bunga karena inflasi mendekati 2%, akan menjadi kabar yang sangat baik untuk pasar.
  • Jika, sebaliknya, FED menurunkan suku bunga karena masalah perekonomian, kemungkinan besar masalah tersebut sangat relevan dan berdampak negatif pada pasar.

Ulasan ETF Spot Ethereum: Apakah menjadi kabar bagus?

Pertama-tama, mari kita lihat poin positif dari persetujuan ETF spot ETH. Berikut merupakan beberapa implikasi penting dari persetujuan ETF ini:

  • Legitimasi Ethereum
  • Masuknya modal baru dan lebih besar
  • Aksesibilitas yang lebih besar untuk berinvestasi di Ethereum
  • Regulasi yang lebih ketat, secara teori dapat mengurangi risiko

Namun, bagi para investor kripto yang melihat mata uang kripto sebagai investasi dengan kebebasan pada mata uang yang terdesentralisasi, hal tersebut merupakan kemunduran. Dengan adanya ETF Ethereum, mata uang kripto tersebut akan dikuasai oleh investor intitusional sehingga akan lebih sedikit Ether yang tersedia untuk masyarakat.

Meskipun siapa saja yang memiliki ETH, berhak untuk menyampaikan suaranya terkait pengambilan keputusan pada protokol, hal tersebut sulit bagi mereka. Oleh karena dengan adanya ETF Ethereum, berlawanan dengan tujuan awal dari mata uang kripto.

Namun, tujuan Anda berinvestasi Ethereum bukan kaena nilainya pada gagasan awal proyek dan menganggapnya sebagai peluang investasi yang menguntungkan, ETF menjadi kabar baik bagi Anda. Hal tersebut karena ETF memberikan otoritas dan transparansi pada dunia kripto.

Berinvetasi ETF Ethereum: Kelebihan & Kekurangan

Untuk mengakhiri artikel ini, mari kita meliha bebearpa kelebihan dan kekurangan yang dapat mempengaruhai Ethereum sebagai salah satu alternatif investasi. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan dari berinvestasi ETF ETH:

Kelebihan Kekurangan
Inovasi teknologi dengan smart contract dan aplikasi terdesentralisasi  ❌ Riwayatnya yang masih pendek (tidak tahu kinerja ETH pada saat krisis)
Penerimaan institusional yang meningkat  ❌ Volatilitas tinggi dan bahaya penurunan yang signifikan
✅ Diversifikasi portofolio❌ Beberapa investor mungkin tidak sepenuhnya memahami apa yang mereka investasikan
✅ Kemungkinan revaluasi besar di masa depanKompetisi yang semakin meningkat
✅ Saat ini ETH memiliki sifat deflasi, setelah pembaruan pada Ethereum 2.0

Pada akhrinya, dengan kemunculan ETF Ethereum, investor institusional dapat berinvestasi pada produk keuangan yang telah ada selama sepuluh tahun ini. Ethereum sedikit demi sedikit telah mendapatkan tempat di hati investor dengan toleransi dan selera tertentu bagi aset yang sedikit lebih eksotis.

👉 Kripto Terbaik Indonesia 2024: Bitcoin, Ethereum, Tether

👉 Informasi lebih lanjut bagaimana mata uang kripto dioptimalkan penggunaannya: Apa itu Crypto Loan (Pinjaman Kripto)?

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Bagaimana cara kerja ETF Ethereum?

Ethereum ETF (Exchange-Traded Fund) adalah jenis reksa dana yang mengikuti harga Ethereum, sebagai mata uang kripto yang populer. Hal ini memungkinkan investor untuk membeli dan menjual saham ETF di bursa saham konvensional, sehingga lebih mudah untuk berinvestasi di Ethereum tanpa perlu membeli atau mengelola aset kripto secara langsung.

Apakah berinvestasi pada ETF kripto aman?

Berinvestasi dalam ETF kripto bukannya tanpa risiko. Oleh karena pasarnya yang sangat berfluktuasi, dengan harga berfluktuasi secara signifikan dalam waktu singkat. Selain itu, lanskap peraturan untuk kripto terus berkembang, dan perubahan peraturan pasti akan berdampak pada kinerja dan ketersediaan ETF ini.

Artikel Terkait