12 Industri Paling Menghasilkan Uang dan Cara Berinvestasi

Industri apa yang menghasilkan pendapatan terbanyak? Mungkin sudah ada beberapa nama sektor yang terlintas di pikiran Anda seperti telekomunikasi atau energi dan Anda tidak salah.

Industri paling menguntungkan di dunia

Bagaimana jika kita juga menambahkan bisnis yang beroperasi di luar hukum? Bagaimana peringkat sektor terbesar dan dengan pendapatan terbesar di dunia? Dalam ulasan kali ini, kita akan melihat lebih jauh TOP 12 peringkat industri yang menghasilkan uang terbanyak di dunia untuk memperjelas keputusan keuangan Anda.

Top 12 Industri yang menghasilkan uang terbanyak di dunia

Menurut laporan dari IBIS World daftar sektor global berdasarkan omset bisnis, berikut urutannya:

  1. Telekomunikasi
  2. Eksplorasi dan produksi gas dan minyak
  3. Kesehatan dan medis
  4. Dana pensiun
  5. Real estate
  6. Mobil (baru dan bekas)
  7. Asuransi
  8. Perbankan
  9. Produksi mobil
  10. Pariwisata
  11. Farmasi
  12. Pertahanan

Baik, mari kita bahas satu per satu.

Telekomunikasi

Telekomunikasi telah berubah dari layanan pelengkap menjadi kebutuhan utama dalam 15 tahun terakhir dan masih memiliki banyak ruang untuk terus tumbuh untuk penetrasi lebih lanjut di negara-negara berkembang.

Permintaan di sektor telekomunikasi terus tumbuh dan pendapatannya dinamis, karena semakin banyak layanan yang terus dikembangkan. Pada 2023, konsumen muda terus menjadi penggerak utama industri telekomunikasi.

Berikut adalah data utamanya:

  • 💰 Pendapatan: USD 1,7 triliun
  • 👥 Karyawan: 2 juta
  • 🏢 Perusahaan: 26.018
Nilai total dan variasi tahunan telekomunikasi antara 2011 hingga 2023.

Prospek 2024 – 2029

Apa yang bisa kita harapkan dari sektor Telekomunikasi dalam beberapa tahun mendatang? Untuk sisa dekade ini, diproyeksikan peningkatan kompetitif di pasar yang sudah berkembang yang akan berfokus pada perang harga dengan kemungkinan konsentrasi dalam sektor tersebut.

Juga diharapkan peningkatan langganan di pasar negara berkembang , disertai formula untuk menyesuaikannya dengan nilai rendah mata uang mereka dalam hal keuntungan global.

Semua ini akan memiliki dampak pada pendapatan, yang akan terus tumbuh seiring dengan perkembangan teknologi kabel ke teknologi nirkabel, yang akan mencakup kebutuhan untuk peningkatan teknologi sarana dan prasarana peralatan.

  • Perusahaan: Verizon Communications
  • Ticker: VZ
  • ISIN: US92343V1044
  • Perusahaan: Comcast
  • Ticker: CMCSA
  • ISIN: US20030N1019
  • Perusahaan: American Tower
  • Ticker: AMT
  • ISIN: US03027X1000

Lihat lebih banyak →

👉 Ini broker beli saham luar negeri terbaik di Indonesia.

Eksplorasi dan produksi gas dan minyak

Sektor energi adalah salah satu pemain utama pada tahun 2022 dan terus menjadi yang terdepan pada tahun 2024, meskipun dalam hal ini ada penurunan dalam pendapatannya. Bahkan, sektor ini telah lebih dari dua dekade menandai peran penting dalam peningkatan atau penurunan irama ekonomi global.

Industri ini menghadapi tantangan penurunan karbon yang signifikan dari ekonomi negara maju, yang tidak menghalangi mereka untuk mencatat tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 9,6% dalam lima tahun terakhir.

Sejak 2022, gas telah menggantikan minyak sebagai pemimpin dalam pendapatan, bertepatan dengan konflik antara Rusia dan Ukraina dan kenaikan harga, meskipun Amerika Serikat tetap menjadi produsen utama di tingkat global.

Berikut adalah data utamanya:

  • 💰 Pendapatan: USD 5,3 triliun
  • 👥 Karyawan: 3 juta
  • 🏢 Perusahaan: 123.000
Nilai total dan variasi tahunan minyak antara 2011 hingga 2023.

Prospek 2024 – 2029

Dalam satu dekade mendatang kita akan terus melihat peningkatan sektor ini, yang akan terus mencari formula untuk tumbuh dalam lingkungan yang mendukung peningkatan penggunaan energi terbarukan dibandingkan dengan fosil. Sektor ini didominasi oleh perusahaan multinasional besar di mana empat terbesar menghasilkan 40% dari pendapatan global.

Selain itu, perlu diperhatikan peran Amerika Serikat sebagai produsen dunia dan semakin banyak distributor, mengingat ketegangan geopolitik yang telah membatasi pasokan di Eropa, faktor krusial lain yang perlu diperitimbangkan.

TOP Perusahaan Minyak Terbesar

NomorNamaSingkatan
1Saudi Aramco2222.SR
2Exxon Mobil CorporationXOM
3ChevronCVX
4ShellSHEL.L
TOP Perusahaan Minyak Terbesar

Lihat lebih banyak →

👉 Cara dan Strategi Memperoleh Keuntungan dari Berinvestasi Minyak

Asuransi kesehatan dan jiwa

Sektor asuransi adalah yang ketiga dalam hal omset. Pendapatan industri ini telah menurun selama 5 tahun terakhir meskipun permintaan terus meningkat. Alasannya adalah perang harga antara perusahaan asuransi dan dampak Covid pada laporan keuangan.

Meskipun ini adalah industri yang menawarkan produk penting kepada setiap individu, industri ini rentan terpapar perubahan makroekonomi dan politik yang besar.

Pendorong utama sektor ini adalah kebijakan kesehatan publik secara menyeluruh, yang semakin populer.

Berikut adalah data utamanya:

  • 💰 Pendapatan: USD 5 triliun
  • 👥 Karyawan: 3 juta
  • 🏢 Perusahaan: 2.834
Sektor asuransi: Nilai total dan variasi tahunan dari 2011 hingga 2023.

Prospek 2024 – 2029

Sektor ini dihadapkan debat yang semakin umum tentang kebutuhan layanan medis universal, yang akan berdampak langsung pada pendapatannya dengan mengurangi jumlah polis swasta.

Mereka juga harus menyesuaikan produk dan kondisinya dengan populasi yang semakin menua di mana jumlah orang berusia lebih dari 65 tahun terus bertambah.

Selama dekade mendatang kita akan terus melihat proses terpusat, dengan hanya perusahaan yang lebih besar yang mampu menghadapi tantangan ini.

Dana pensiun

Industri ini mengelompokkan dana pensiun perusahaan untuk karyawan mereka, sesuatu yang baru-baru saja populer di Indonesia, tetapi sangat umum di negara lain. Ini adalah investasi yang difokuskan pada pensiun karyawan, yang sekarang ingin dipromosikan di Indonesia melalui rencana pensiun kerja.

Pendapatan dan volume sektor ini sangat terkait dengan perkembangan pasar keuangan, karena perputaran dana ini adalah melalui investasi.

Ini adalah data utamanya:

  • 💰 Pendapatan: USD 4,3 triliun
  • 👥 Karyawan: 152.000
  • 🏢 Perusahaan: 239.000
Dana pensiun: Nilai total dan variasi tahunan dalam jutaan pendapatan dari 2011 hingga 2023.

Prospek 2024 – 2029

Sektor ini masih didominasi oleh dana pensiun Amerika, yang menampung dua dari enam dana terbesar di dunia.

Ini adalah sektor yang sangat bergantung pada regulasi setiap wilayah dan juga pada perkembangan ekonomi secara umum.

Tantangan utamanya dalam dekade mendatang akan menjadi penuaan populasi, yang dapat membatasi ruang geraknya dan meningkatkan jumlah penarikan. Tren ini sudah mulai terasa dalam perubahan dari sistem manfaat yang ditentukan ke sistem kontribusi yang telah ditentukan.

👉 Rekomendasi Dana Pensiun Terbaik, Mana Yang Paling Untung?

Real Estate

Industri kelima yang menggerakkan uang terbanyak di dunia adalah Real Estate atau investasi properti dan real estate. Kinerja sektor ini sangat terkait dengan aktivitas komersial dan cenderung mengikuti langkah-langkah ekonomi global. Ketika ekonomi global meningkat, sektor ini juga meningkat, walaupun begitu pendapatannya telah turun dalam 5 tahun terakhir.

Ini adalah sektor yang sangat terfragmentasi di mana sebagian besar perusahaan hanya beroperasi dalam segmen kecil dari pasar.

Berikut adalah data utamanya:

  • 💰 Pendapatan: USD 4,3 triliun
  • 👥 Karyawan: 152.000
  • 🏢 Perusahaan: 239.000
Real Estate: Nilai total dan variasi tahunan dalam jutaan pendapatan dari 2011 hingga 2023.

Prospek 2024 – 2029

Industri ini mengalami tahun 2023 yang hebat karena pemulihan aktivitas yang berhubungan dengan akhir pasca pandemi COVID-19. Pasar seperti Amerika telah pulih, meskipun sekarang mulai menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan berlebih. Apa yang dilakukan segmen ini akan menentukan pertumbuhan di wilayah tersebut dan dapat menjadi panduan untuk Eropa dan negara-negara maju lainnya.

Di Asia, pasar real estate Cina menghadapi tantangan sendiri karena tingkat utang terlampau tinggi.

Penjualan mobil (baru dan bekas)

Sektor otomotif adalah yang keenam dalam hal omset, meskipun pertumbuhannya telah turun 0,6% dalam lima tahun terakhir. Penjualan mobil sangat terkait dengan pertumbuhan ekonomi dan aktivitas ekonomi dan telah terpengaruh oleh Covid.

Tren dalam beberapa tahun terakhir adalah peningkatan segmen mobil bekas, yang diperkirakan akan terus seperti itu dalam beberapa tahun mendatang.

Berikut adalah data utamanya:

  • 💰 Pendapatan: USD 4,3 triliun
  • 👥 Karyawan: 6 juta
  • 🏢 Perusahaan: 453.000
Penjualan mobil: Nilai total dan variasi tahunan dalam pendapatan dari 2011 hingga 2023.

Prospek 2024 – 2029

Para produsen Cina telah tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir dan mulai mendominasi sektor ini, yang memaksa pesaing lainnya untuk meninjau kembali harga, layanan, dan produk mereka untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru ini.

Diharapkan bahwa pertumbuhan sektor ini sangat terkait dengan pengembangan pasar-pasar berkembang, yang meningkatkan permintaan mereka dan akan terus melakukannya dalam 5 tahun ke depan.

Asuransi dan Mikroasuransi

Industri asuransi telah menghadapi perubahan besar dalam beberapa tahun terakhir dan telah mendapat manfaat dari peningkatan penetrasi di pasar-pasar berkembang. Bahkan, munculnya kelas menengah di Cina telah sangat membantu pertumbuhannya.

Selain itu, peningkatan asuransi untuk karyawan juga telah membantu, serta bentuk-bentuk asuransi baru, seperti mikroasuransi.

Berikut adalah data utama mereka:

  • 💰 Pendapatan: USD 2,9 triliun
  • 👥 Karyawan: 3 juta
  • 🏢 Perusahaan: 9.951
Asuransi: Total nilai dan variasi pendapatan tahunan dari 2011 hingga 2023.

Prospek 2024 – 2029

Industri asuransi telah melihat penurunan kinerja dalam 5 tahun terakhir, sebagian karena lingkungan suku bunga rendah telah memperlambat pendapatan dari operasi.

Dalam beberapa tahun mendatang diharapkan ada peningkatan dari segmen seperti asuransi mobil, di mana permintaan diharapkan akan meningkat lagi dalam lingkungan mobilitas yang lebih tinggi. Pertumbuhan ini akan ditambah dengan permintaan yang secara historis stabil, seperti asuransi rumah.

Perbankan Komersial

Pengembangan industri perbankan sangat lekat dengan perkembangan ekonomi umum dan kepercayaan konsumen, yang sangat penting untuk iklim pinjaman. Dalam 5 tahun terakhir, sektor ini telah mengalami pertumbuhan sebesar 1,5%.

Suku bunga tinggi tahun lalu telah mempengaruhi pemberian agunan, hal ini dapat berubah dalam jangka pendek dan menengah.

Sektor ini juga telah melihat bagaimana Eropa telah menurun. Jumlah lokasi komersial di Eropa telah turun karena kurangnya kepercayaan konsumen dan perpindahan aset ke wilayah lain yang lebih stabil secara ekonomi.

Berikut adalah data utama mereka:

  • 💰 Pendapatan: USD 2,8 triliun
  • 👥 Karyawan: 7 juta
  • 🏢 Perusahaan: 10.080
Perbankan Komersial: Total nilai dan variasi pendapatan tahunan dari 2011 hingga 2023.

Perspektif 2024 – 2029

Evolusi sektor perbankan sangat dan akan terus berkaitan erat dengan suku bunga. Industri ini telah terbiasa dengan suku bunga rendah selama waktu yang lama dan sekarang harus melakukan penyesuaian dengan skenario baru.

Sebagian besar keberhasilannya akan bergantung pada kemampuan pemerintah untuk menciptakan ekonomi bertingkat yang memungkinkan mereka untuk mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi tanpa menghambat pertumbuhan.

Diharapkan kredit komersial dan konsumen akan tetap menjadi sumber pendapatan utama.

Beberapa bank dengan kapitalisasi pasar terbesar

 NomorNamaSingkatan
 1JP Morgan Chase & Co.JPM
 2Bank of AmericaBAC
 3Industrial & Commercial Bank of China601398.SHA
 4Wells Fargo & CoWFC
Tabel bank dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia

Produksi Otomotif

Dalam beberapa tahun terakhir, produsen otomotif telah mendapatkan keuntungan dari lingkungan makroekonomi yang stabil dan suku bunga yang historis rendah, yang telah mendorong kredit.

Namun, pandemi memiliki dampak besar pada bisnis mereka yang masih mereka pulihkan. Transisi ke kendaraan hibrida dan listrik diharapkan dapat meningkatkan penjualan di tahun-tahun mendatang.

Berikut adalah data utama mereka:

  • 💰 Pendapatan: USD 2,6 triliun
  • 👥 Karyawan: 3 juta
  • 🏢 Perusahaan: 757
Produksi Otomotif: Total nilai dan variasi pendapatan tahunan dari 2011 hingga 2023.

Prospek 2024 – 2029

Ketidakstabilan harga bahan baku telah mempengaruhi industri otomotif dan akan terus berlanjut di dekade mendatang.

Tren industri sekarang berfokus pada kendaraan ramah lingkungan, yang semakin banyak dicari dan yang Uni Eropa ingin jadikan standar di sektor ini. Perusahaan yang mengambil keuntungan dalam area ini akan mendominasi pasar dalam beberapa tahun ke depan.

Dalam hal ini, ada pergerakan produsen besar ke pasar kunci, yang berarti membuka pabrik di tempat-tempat seperti Asia dan pasar berkembang.

Pariwisata

Setelah henti selama pandemi, pariwisata telah pulih dengan cepat, meskipun sekarang menghadapi tantangan dampaknya terhadap lingkungan untuk perjalanan jarak jauh. Ini telah berarti peningkatan perjalanan domestik secara umum.

Di sisi lain, internet telah mengurangi hambatan masuk bagi operator baru dan meningkatkan persaingan dalam industri terkait.

Berikut adalah data utama mereka:

  • 💰 Pendapatan: USD 2,3 triliun
  • 👥 Karyawan: 12 juta
  • 🏢 Perusahaan: 897.000
Pariwisata: Total nilai dan variasi pendapatan tahunan dari 2011 hingga 2023.

Prospek 2024 – 2029

Stabilisasi ekonomi seharusnya membantu sektor pariwisata. Tantangan terbesar industri adalah peningkatan kesadaran lingkungan dari konsumen dan kecenderungan untuk mencari nilai yang lebih ekonomis.

Internet telah memungkinkan pengurangan harga dan konsumen memiliki lebih banyak pilihan untuk merencanakan perjalanan mereka sendiri.

Farmasi

Sektor farmasi telah tumbuh secara stabil dalam beberapa tahun terakhir terutama sejak Covid, meskipun dengan tingkat yang relatif rendah. Penuaan populasi di ekonomi maju adalah salah satu pendorong utama pertumbuhan masa depan dalam bisnis yang stabil.

Eropa telah mengkonsolidasikan dirinya sebagai hub produksi global terbesar dengan perbedaan yang signifikan.

Berikut adalah data utama dari industri farmasi global:

  • 💰 Pendapatan: USD 1,2 triliun
  • 👥 Karyawan: 2 juta
  • 🏢 Perusahaan: 17.183
Farmasi: Total nilai dan variasi pendapatan tahunan dari 2011 hingga 2023.

Perspektif 2024 – 2029

Industri harus mendapatkan manfaat dari penuaan populasi global, serta penyakit baru yang mungkin muncul karena virus yang semakin resisten terhadap obat-obatan.

Berikut adalah 5 perusahaan terbesar di dunia dalam industri farmasi.

NomorNamaPenjualan
1Johnson & Johnson440.040 juta USD
2Eli Lilly329.130 juta USD
3Novo Nordisk314.6500 miliar USD
4Merck275.140 miliar USD
5Abbvie261.180 miliar USD
Tabel lima perusahaan terbesar farmasi di dunia

Pada 2021, sebelum Perang Ukraina, perusahaan senjata melaporkan rekor penjualan sebesar 564.000 miliar euro. Semua ini, meskipun pandemi, hambatan dan faktor lain yang mungkin telah mempengaruhi pendapatan mereka.

Persenjataan

Ini adalah 7 perusahaan senjata terbesar di dunia yang diurutkan berdasarkan penjualan:

NomorNama
1Boeing
2Airbus
3Lockheed Martin
4General Dynamics
5Northrop Grumman
6Raytheon
7BAE Systems
Tabel 7 perusahaan senjata terbesar di dunia

Industri lain yang menguntungkan di luar hukum

Obat-obatan

Perdagangan ilegal narkoba, termasuk budidaya, produksi, distribusi, dan penjualan, kemungkinan adalah industri yang menghasilkan uang paling banyak di dunia. Mustahil untuk mengetahui pasti berapa banyak, karena sebagian besar adalah uang haram.

PBB memperkirakan bahwa industri ini menghasilkan lebih dari 300.000 miliar dolar. Namun, angka tersebut kemungkinan jauh lebih tinggi.

Sebuah laporan yang disebut Transnational Crime and the Developing World, dari think tank Global Financial Integrity, beberapa tahun yang lalu memperkirakan bahwa ukuran pasar di seluruh dunia menghasilkan antara 426.000 dan 652.000 miliar dolar dalam satu tahun saja, menyimpulkan bahwa penjualan narkoba bisa mencakup 1% dari perdagangan dunia.

Jelas, Anda tidak bisa berinvestasi dalam bisnis ilegal, tetapi perlu diingat bahwa ganja sudah dilegalkan di beberapa wilayah. Dan sejak 2017, sudah ada beberapa ETF ganja dan cannabis:

  • Canopy Growth Corp
    • Ticker: WEED
    • ISIN: CA1380351009
  • Cronos Group
    • Ticker: CRON
    • ISIN: CA22717L1013
  • Aurora Cannabis
    • Ticker: ACB
    • ISIN: CA05156X8843
  • Tilray Corp
    • Ticker: TLRY
    • ISIN: US88688T1007

👉 Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat merujuk ke halaman perdagangan komoditas kami.

Perdagangan manusia

Industri perdagangan manusia dapat menghasilkan hampir sebanyak uang seperti narkoba atau senjata. Diperkirakan, termasuk perdagangan migran, jumlah total dapat mencapai 39.000 triliun euro, angka yang benar-benar mengerikan.

Sebagian besar aktivitas kriminal ini terkonsentrasi di negara-negara Asia seperti Myanmar, China, Kamboja, atau Thailand, tetapi juga di Amerika Selatan dan Afrika.

Pemalsuan

Diperkirakan bahwa industri pemalsuan, terutama teknologi, menghasilkan sekitar 500.000 juta euro per tahun di dunia dan beberapa studi seperti yang dilakukan oleh Euromonitor memberikan tidak kurang dan tidak lebih dari 10% dari perdagangan dunia.

Merek yang paling terpengaruh menurut OECD adalah Nike diikuti oleh merek-merek berikut: Rolex, Ray Ban, Louis Vuitton, Adidas, Apple dan Samsung.

Bagaimana kita berinvestasi di industri tersebut?

Berinvestasi dalam industri ilegal tidak mungkin, kecuali Anda ingin melakukan tindak pidana. Untuk sektor dan industri lainnya, ada berbagai formula untuk berinvestasi di yang paling menghasilkan uang dan menambahkannya ke portofolio Anda.

Berikut adalah yang paling penting:

Saham

Ini akan menjadi alternatif investasi klasik. Memilih perusahaan terbaik dari sektor yang paling menghasilkan uang. Misalnya, membeli saham Samsung atau Apple untuk mendapatkan eksposur di sektor Telekomunikasi.

Keuntungan dari membeli saham individu adalah Anda memilih saham apa yang Anda inginkan, kapan membeli dan kapan menjual. Anda juga mengontrol berat yang Anda inginkan dalam portofolio Anda.

Bagian negatifnya adalah Anda memerlukan pengetahuan untuk berinvestasi dan juga modal tertentu untuk memiliki portofolio yang terdiversifikasi dengan baik. Dalam seri video ini, Anda akan menemukan pengetahuan yang Anda butuhkan.

Di sisi lain, Anda akan memerlukan perantara keuangan atau broker untuk berinvestasi. Dalam artikel-artikel ini, Anda dapat menemukan yang terbaik.

👉 Broker Saham Indonesia terbaik terdaftar OJK

👉 Saham dengan Dividen yang Terus Meningkat Selama Lebih Dari 50 Tahun

ETFs

ETFs atau dana yang diperdagangkan mungkin adalah cara terbaik untuk mendapatkan eksposur ke seluruh sektor. Mereka adalah alat yang sangat fleksibel, dengan biaya terjangkau dan syarat minimum yang rendah.

Secara singkat, ETFs mereplikasi perilaku indeks, yang dalam hal ini akan menjadi indeks sektoral. Indeks ini adalah jumlah dari saham-saham yang paling mewakili industri sehingga, mengikutinya, berarti mengikuti perkembangan seluruh sektor.

Berikut adalah daftar beberapa artikel ETF terbaik untuk Anda baca:

Reksadana investasi

Terakhir, Anda juga bisa memilih manajemen aktif untuk berinvestasi di sektor dan tren tertentu. Berbeda dengan ETF, reksadana investasi tradisional akan mencari perusahaan terbaik di sektor untuk berinvestasi di dalamnya, mengikuti tren yang paling menguntungkan. Dengan demikian, akan mencoba untuk mengalahkan ETF sektoral yang menjadi referensinya.

Berikut adalah beberapa contoh:

Juga ada dana investasi indeks, yang filosofinya seperti ETF, tetapi variasinya lebih sedikit dan sangat sedikit yang berinvestasi di sektor tertentu, setidaknya di Indonesia.

Seberapa besar keuntungan yang diperoleh sektor ini di bursa?

Sekarang kita fokus pada industri yang sah yang menggerakkan uang paling banyak di dunia, kenyataannya adalah bahwa keuntungan berubah tergantung pada konteks ekonomi. Misalnya, perbankan telah mengalami beberapa tahun dengan keuntungan negatif karena kebijakan suku bunga dan periode krisis seperti pandemi.

Sekarang, menghadapi masa-masa yang tidak pasti karena situasi ekonomi dunia.

Minyak, sebaliknya, telah berperilaku sangat baik, mengingat kenaikan harga karena keputusan OPEC dan konflik Rusia, di antara hal lainnya.

Hal yang sama terjadi pada industri farmasi, yang telah diuntungkan oleh kebutuhan akan obat-obatan dan vaksin untuk melawan COVID-19.

Sektor pertahanan adalah salah satu yang telah memperoleh keuntungan positif, mengingat peningkatan belanja pertahanan di banyak negara, perang Ukraina dan konflik militer lainnya di seluruh dunia.

Pada akhirnya, ini adalah peringkat dari 12 industri paling menguntungkan di dunia, sekarang kami membiarkan keputusan untuk berinvestasi atau tidak di dalamnya, menjadi keputusan pribadi Anda sendiri. Apa yang ada di benak Anda untuk memulai investasi? Ceritakan kepada kami di komentar.

Artikel Terkait