Saham Terbaik di Indeks Euro Stoxx 50: Panduan Investasi Cerdas

Euro Stoxx 50 adalah indeks saham dari wilayah Eropa yang diperkenalkan pada 26 Februari 1998 oleh STOXX, sebuah perusahaan khusus yang merupakan bagian dari Grup Deutsche Börse. Indeks ini terdiri dari 50 saham dari 11 negara di Eropa. Saham tersebut mewakili perusahaan blue-chip yang dianggap sebagai pemimpin di sektor mereka dan mencakup sekitar 57% dari kapitalisasi total pasar saham negara yang diwakili.

Sebagai tambahan, ada futures dan opsi lain untuk trading pada saham di indeks EURO STOXX 50. Produk keuangan ini diperdagangkan di Eurex, adalah di antara produk yang paling likuid di Eropa dan di dunia.

Berinvestasi dalam saham berkinerja tinggi di Euro Stoxx dapat menguntungkan dengan beberapa alasan di bawah ini:

  • Diversifikasi geografis: Euro Stoxx mencakup perusahaan yang berbasis di berbagai negara Eropa. Tentu ini memberikan investor kesempatan untuk mendapatkan manfaat dari diversifikasi geografis. Diversifikasi geografis ini juga mengurangi risiko yang terkait dengan investasi di satu pasar nasional saja.
  • Diversifikasi sektoral: Indeks ini mencakup perusahaan dari berbagai sektor yang luas. Ini berarti investor bisa mendapatkan manfaat dari diversifikasi sektoral dan mengurangi paparan terhadap risiko khusus dari sektor tertentu.
  • Berpeluang mendapatkan dividen: Banyak perusahaan yang terdaftar dalam indeks ini mendistribusikan dividen kepada pemegang saham mereka, yang dapat menjadi sumber pendapatan yang stabil bagi investor.
  • Potensi untuk pertumbuhan modal: beberapa perusahaan yang terdaftar dalam indeks ini memiliki potensi pertumbuhan jangka panjang yang kuat, yang dapat berarti keuntungan signifikan bagi investor.

Temukan dalam artikel ini apakah layak berinvestasi di Eurostoxx 50.

Cara memilih saham terbaik dari Euro Stoxx 50

Kriteria yang paling umum yang dapat digunakan untuk memilih saham dalam indeks Euro Stoxx 50 ini meliputi:

  • Perspektif masa depan: Mengevaluasi prospek perusahaan dengan melakukan penelitian tentang tren di sektor tempat perusahaan beroperasi, serta strategi pertumbuhannya dan perkiraan dari analis pasar.
  • Stabilitas keuangan: Melakukan penilaian stabilitas keuangan mencakup analisis neraca, hutang, dan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan arus kas positif.
  • Dividen: Riwayat dividen perusahaan dan keberlanjutan pembayaran tersebut, merupakan indikasi penting tentang bagaimana investasi dapat menjadi sumber pendapatan pasif
  • Evaluasi: Menilai apakah saham saat ini overvalued (mahal) atau undervalued (murah) dibandingkan dengan nilai intrinsiknya. Penilaian ini biasanya menggunakan indikator seperti Price/Earnings Ratio (PER) yang dapat membantu menentukan apakah ini adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi.
  • Volatilitas: volatilitas saham adalah kriteria seleksi penting untuk mempertimbangkan risiko yang terkait dengan investasi: saham yang terlalu volatile mungkin tidak cocok untuk investor dengan toleransi risiko rendah.
  • Posisi di sektor: Membandingkan perusahaan dengan pesaingnya dapat memberikan perspektif tentang posisinya di sektor dan kemampuannya untuk bersaing secara efektif.
  • Tren makroekonomi: Memperhatikan tren makroekonomi, seperti suku bunga, inflasi, dan kebijakan ekonomi, dapat mempengaruhi pilihan saham.

Saham Terbaik dari Indeks Euro Stoxx 50

Melihat kriteria yang tercantum dalam paragraf sebelumnya mengenai cara memilih saham terbaik di Indeks Euro Stoxx 50, berikut adalah daftar saham terbaik dari indeks, yang akan kita bahas secara detail dalam bagian ini.

  • Adidas
  • Airbus
  • Allianz
  • BNP Paribas
  • Danone
  • Deutsche Telekom
  • Essilor Luxottica
  • Intesa Sanpaolo
  • LVMH

ADIDAS

  • Kapitalisasi (USD): US$ 37,1 miliar per 26 Februari 2024
  • Dividen YLD: 0,37%
  • P/E normalisasi: -259 per Februari 2024
  • PROFIL PERUSAHAAN: Adidas beroperasi di bidang desain, pengembangan, produksi, dan pemasaran produk olahraga dan berbasis di Jerman. Segmen penjualan perusahaan mencakup Eropa, Adidas Amerika Utara, Reebok Amerika Utara, Asia-Pasifik, Rusia / CIS, Amerika Latin, negara berkembang, Adidas Golf, Runtastic dan operasi pusat lainnya. Setiap divisi ini mengelola kegiatan grosir, ritel, dan online untuk distribusi dan penjualan merek adidas dan Reebok ke pelanggan ritel dan konsumen akhir. Perusahaan memiliki lebih dari 14.000 toko franchise tunggal dan lebih dari 150.000 dengan lebih dari 2.300 toko ritel, pengecer. Produk bermerk adidas dan Reebok mencakup sepatu, pakaian, dan aksesori, seperti tas dan bola.
  • Ringkasan Keuangan: Untuk semester yang berakhir pada 31 Desember 2023, pendapatan Adidas AG turun 5% menjadi US$ 23,22 miliar. Laba operasional turun 60% menjadi US$ 290,5 juta. Pihak Adidas mengatakan penurunan pendapatan mencerminkan pelemahan nilai mata uang yang diprediksi masih akan mempengaruhi kinerja keuangan di tahun 2024. Penjualan juga dipengaruhi oleh berkurangnya penjualan langsung ke grosir sebagai strategi perusahaan mengurangi tingkat persediaan yang tinggi. Selain itu, penghentian bisnis Yeezy juga memberikan dampak negatif pada pendaptan Adidas. Baca analisis saham Adidas.

AIRBUS

Investasi di Saham Eropa
  • Kapitalisasi (USD): US$ 126,66 miliar
  • Dividen YLD: 1,04%
  • P/E normalisasi: 79,85 (menggunakan EPS Desember 2023)
  • PROFIL PERUSAHAAN: Airbus beroperasi di sektor pertahanan dan aerospace dan memiliki kantor pusat utama di Belanda. Dari sudut pandang struktur perusahaan, perusahaan ini dibagi menjadi tiga segmen: Airbus Pesawat Komersial, Airbus Helikopter dan Airbus Pertahanan dan Ruang Angkasa. Segmen Airbus Pesawat Komersial berfokus pada desain, produksi, pemasaran dan penjualan komponen pesawat dan pesawat komersial, serta konversi pesawat dan layanan terkait. Segmen Airbus Helikopter mengkhususkan diri dalam desain, produksi, pemasaran dan penjualan helikopter sipil dan militer, juga menyediakan layanan terkait ruang angkasa. Segmen Airbus Pertahanan dan Ruang Angkasa menangani produksi pesawat militer tempur dan pelatihan, elektronik pertahanan dan solusi keamanan global, serta produksi dan pemasaran rudal. Di sini Anda dapat menemukan analisis saham Airbus.
  • Ringkasan Keuangan: Untuk laporan keuangan tahunan yang berakhir pada 31 Desember 2023, pendapatan Airbus SE meningkat 11% menjadi US$ 70,98 miliar. Laba konsolidasi menurun 13,55% menjadi US$ 4,99 miliar. Peningkatan pendapatan konsolidasi mencerminkan kenaikan penjualan Airbus sebesar 15%. Sementara itu penjualan Airbus Helikopter stabil di angka 346 unit dari sebelumnya 344 unit di tahun 2022 dan pendapatan naik 4%. Adapun pendapatan segmen Airbus pertahanan dan Antariksa naik 2%. Laba bersih dikompensasi oleh peningkatan biaya penelitian dan pengembangan sebesar 5,78% menjadi US$ 3,53 miliar.

ALLIANZ

  • Kapitalisasi (USD): US$ 104,04 miliar
  • Dividen YLD: 5,61%
  • P/E normalisasi :11,41 (menggunakan EPS Desember 2023)
  • PROFIL PERUSAHAAN: Allianz adalah holding dari grup asuransi dengan nama yang sama dan memiliki kantor pusat utama di Jerman. Dari sudut pandang struktur perusahaan, divisi perusahaan mencakup Kerusakan, Hidup/Kesehatan, Manajemen Aset dan Perusahaan, dan sektor lainnya. Allianz menawarkan berbagai layanan reasuransi, terutama kepada perusahaan asuransi grup, tetapi juga kepada pihak ketiga. Divisi Kerusakan menyediakan berbagai produk dan layanan asuransi untuk pelanggan individu dan perusahaan. Divisi Hidup/Kesehatan menawarkan produk asuransi untuk cakupan risiko kematian, penyakit dan cacat permanen, baik secara individu maupun dalam bentuk grup. Divisi yang menangani Manajemen Aset menyediakan layanan alokasi aset baik kepada pelanggan institusional maupun ritel dan mengelola investasi untuk aktivitas asuransi Grup Allianz. Segmen Perusahaan dan Lainnya mencakup aktivitas manajemen perusahaan seperti perbendaharaan, investasi perbankan dan aset alternatif.
  • Ringkasan Keuangan: Untuk semester yang berakhir pada 30 Juni 2023, pendapatan Allianz SE turun 43% menjadi US$ 45,59 miliar euro. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham biasa meningkat 78% menjadi US$ 4,74 miliar. Pendapatan mencerminkan penurunan Fin Inc/Exp dari Insur Contr Iss-IFRS 17 dari EUR15,5B menjadi -EUR13,72B, Fin Inc/Exp frm reinsur ContrHeld-IFRS17 turun 72% menjadi EUR300M. Laba bersih mencerminkan peningkatan pendapatan segmen Hidup/Kesehatan sebesar 41% menjadi US$ 2,73 miliar.

BNP Paribas

  • Kapitalisasi (USD): US$ 68,66 miliar
  • Dividen YLD: 7,04%
  • P/E normalisasi: 5,93
  • PROFIL PERUSAHAAN: PARIBAS S.A. adalah bank Prancis. Dari sudut pandang struktur perusahaan, bank ini dibagi menjadi dua divisi: Retail Banking, dan Corporate and Institutional Banking (CIB). Yang pertama mencakup jaringan perbankan ritel dan layanan keuangan khusus baik di Prancis maupun di luar negeri. Divisi ini lebih lanjut dibagi antara pasar domestik dan internasional untuk layanan keuangan. Pasar domestik mencakup BNL banca commerciale (BNL bc, ), Perbankan ritel Italia, Perbankan ritel Prancis (FRB), Perbankan ritel Belgia (BRB) dan aktivitas domestik lainnya seperti Perbankan ritel Luksemburg (LRB). Layanan keuangan internasional mencakup BancWest, Eropa-Mediterranea, Keuangan pribadi, Asuransi dan Manajemen kekayaan dan sumber daya. Cabang bisnis CIB mencakup Perbankan Institusional, Pasar global dan Penyimpanan Sekuritas. Beroperasi melalui Financiere des Paiements Electroniques SAS.
  • Ringkasan Keuangan: Untuk laporan keuangan yang berakhir pada 31 Desember 2023, pendapatan bunga BNP Paribas SA meningkat dari US$ 44,56 miliar menjadi US$ 77,61 miliar. Margin bunga bersih setelah penyisihan kerugian kredit naik 10,6% menjadi US$ 11,22 miliar. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham biasa, tidak termasuk item luar biasa, naik 11,44% menjadi US$ 11,9 miliar. Pendapatan bunga bersih setelah penyisihan kerugian kredit mencerminkan penurunan aset yang menghasilkan bunga dan peningkatan liabilitas yang menghasilkan bunga.

Danone

  • Kapitalisasi (USD): US$ 43,74 miliar
  • Dividen YLD: 3,48%
  • P/E normalisasi: 44,4
  • PROFIL PERUSAHAAN: DANONE berpusat di Prancis dan mengelola aktivitas grup dengan nama yang sama baik melalui operasi yang dikendalikan secara langsung maupun melalui pengelolaan tidak langsung yang dilakukan melalui partisipasi dalam perusahaan lain yang dikendalikan. Dari sudut pandang struktur perusahaan, perusahaan ini terorganisir dalam empat divisi: Air, Nutrisi Medis, Nutrisi di Tahun-tahun Pertama Kehidupan, Produk Susu Segar. Bagian Air mencakup air kemasan alami, termasuk Aquadrinks (air beraroma dan diperkaya dengan jus buah alami), jus buah, dan vitamin. Bagian Produk Susu Segar bertanggung jawab atas produksi dan distribusi produk susu fermentasi, yogurt, dan produk segar lainnya. Divisi Nutrisi Medis ditujukan untuk orang dengan penyakit tertentu atau orang tua dengan kesehatan yang buruk yang mendapatkan produk khusus. Bagian Nutrisi di Tahun-tahun Pertama Kehidupan ditujukan untuk fase yang dimulai dari kehamilan hingga usia dua tahun dan oleh karena itu berfokus pada nutrisi di seribu hari pertama, memproduksi dan mendistribusikan makanan bayi dan bayi baru lahir dan sebagai pelengkap menyusui.
  • Ringkasan Keuangan: Untuk semester yang berakhir pada 30 Juni 2023, pendapatan Danone SA meningkat 6% menjadi US$ 15,37 miliar. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham biasa meningkat 48% menjadi US$ 1,18 miliar. Pendapatan mencerminkan peningkatan segmen Essential Dairy & Plant-based sebesar 6% menjadi US$ 8,13 miliar, peningkatan segmen Specialized Nutrition sebesar 5% menjadi US$ 4,61 miliar, peningkatan segmen Water sebesar 8% menjadi US$ 2,61 miliar, peningkatan segmen Amerika Utara sebesar 9% menjadi US$ 3,71 miliar dan peningkatan segmen Eropa sebesar 6% menjadi US$ 5,1 miliar.

DEUTSCHE TELEKOM

  • Kapitalisasi (MLN): 102.421
  • Dividen YLD: 3,4%
  • P/E normalisasi 9,69
  • PROFIL PERUSAHAAN: Deutsche Telekom beroperasi dalam telekomunikasi dan teknologi informasi (IT) dan berpusat di Jerman. Dari segi geografis, perusahaan ini beroperasi di Jerman pada jaringan tetap dan seluler; di Amerika Serikat, dalam telepon seluler; di berbagai negara Eropa mengelola aktivitas pada jaringan tetap dan seluler melalui perusahaan nasional yang sesuai. Divisi lain yang penting dari grup ini adalah Solusi untuk Sistem, yang mengelola sistem teknologi informasi dan komunikasi (TIC) untuk perusahaan multinasional dan institusi sektor publik.
  • Ringkasan Keuangan: Untuk semester yang berakhir pada 30 Juni 2023, pendapatan Deutsche Telekom AG turun 1% menjadi 55,05 miliar euro. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham biasa, tidak termasuk item luar biasa, turun 38% menjadi 3,21 miliar euro. Pendapatan mencerminkan penurunan 63% dari segmen Pengembangan Grup, menjadi 27 juta euro. Laba bersih juga mencerminkan pendapatan dari penjualan dan penjualan aset, turun 99% menjadi 19 juta euro (pendapatan).

Essilor Luxottica

  • Kapitalisasi (USD): US$ 96,29 miliar
  • Dividen YLD: 2,03%
  • P/E normalisasi: 38,33
  • PROFIL PERUSAHAAN: Essilor Luxottica SA, berpusat di Prancis dan bergerak dalam desain, produksi, dan pemasaran lensa, bingkai, dan kacamata matahari dan kacamata, serta menyediakan layanan untuk spesialis penglihatan dan membuat alat dan peralatan untuk laboratorium resep. Dari segi struktur perusahaan, perusahaan ini terorganisir dalam tiga divisi: Kacamata Matahari dan Baca, yang mencakup kacamata baca dan kacamata matahari tanpa resep. Peralatan, yang mencakup mesin dan barang konsumsi yang digunakan di fasilitas dan laboratorium resep. Lensa dan Alat Optik, yang mencakup lensa korektif dan alat optik untuk optik dan optometris. Di antara merek utama yang dikelola oleh perusahaan, yang beroperasi di Eropa, Amerika Utara, Asia Pasifik, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin, termasuk Varilux, Oakley dan Ray-Ban.
  • Ringkasan Keuangan: Untuk laporan keuangan tahunan yang berakhir pada 31 Desember 2023, pendapatan Essilor Luxottica SA meningkat 7,1% menjadi US$ 27,54 miliar. Laba bersih per akhir 2023 tercatat meningkat 3% menjadi US$ 3,2 miliar. Pendapatan mencerminkan peningkatan 3,7% dari segmen Direct to Consumer menjadi US$ 14,31 miliar, peningkatan 3,4% dari segmen Professional Solutions menjadi US$ 13,23 miliar, peningkatan 10,3% dari segmen Asia Pasifik menjadi US$ 3,27 miliar dan peningkatan 12,17% dari segmen Amerika Latin menjadi US$ 1,14 miliar. Kenaikan di dua wilayah ini didorong oleh pasar utama Tiongkok dan Brasil.

INTESA SANPAOLO

  • Kapitalisasi (USD): US$ 58,83 miliar
  • Dividen YLD: 7,29%
  • P/E normalisasi: 7,52
  • PROFIL PERUSAHAAN: INTESA SANPAOLO adalah grup perbankan dengan kantor pusat di Italia. Dari segi struktur perusahaan, perusahaan ini disusun melalui enam divisi: Banca dei Territori, IMI Corporate & Investment Banking, International Subsidiary Banks, Asset Management, Private Banking dan Insurance. Banca dei Territori menangani kegiatan pinjaman tradisional dan pengumpulan deposit di Italia dan layanan keuangan yang terkait dengan kegiatan ini. IMI Corporate & Investment Banking menangani perbankan korporasi, perbankan investasi dan keuangan publik di Italia dan luar negeri. International Subsidiary Banks menangani pengawasan operasi komersial perusahaan di pasar internasional melalui cabang dan afiliasi. Private Banking menyediakan produk dan layanan khusus untuk individu dan orang dengan kekayaan bersih tinggi. Asset Management mengembangkan solusi manajemen aset, sementara Insurance mengelola anak perusahaan Intesa Sanpaolo Vita S.p.A. dan Fideuram Vita S.p.A. dan menawarkan berbagai produk asuransi. Bank memiliki kehadiran internasional.
  • Ringkasan Keuangan: Untuk semester yang berakhir pada 30 Juni 2023, margin bunga Intesa Sanpaolo SpA telah meningkat dari US$ 7,15 miliar menjadi US$ 15,73 miliar. Margin bunga setelah penyisihan kerugian kredit telah meningkat 54% menjadi US$ 8,6 miliar. Laba bersih meningkat 80% menjadi US$ 4,58 miliar. Margin bunga setelah kerugian kredit mencerminkan peningkatan 58% dari segmen bank regional menjadi US$ 2,9 miliar dan peningkatan segmen bank asing dari US$ 565 juta menjadi US$ 1,14 miliar.

LVMH

Diversifikasi dengan Indeks Euro Stoxx 5
  • Kapitalisasi (USD): US$ 459,7 miliar
  • Dividen YLD: 1,54%
  • P/E normalisasi: 27,77
  • PROFIL PERUSAHAAN: LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton berbasis di Prancis dan beroperasi di sektor mode dan mewah. Dari segi struktur perusahaan, perusahaan ini terorganisir dalam enam divisi: Wine and Spirits, Fashion and Leather Goods, Perfumes and Cosmetics, Watches and Jewelry, Selective Retailing and Other Activities. Beberapa merek paling bergengsi yang dapat dikaitkan dengan grup ini termasuk Luis Vuitton, Christian Dior dan Givenchy dalam mode dan barang kulit; Luis Vuitton, Christian Dior dan Givenchy dalam Wine and Spirits; Parfums Christian Dior, Parfums Givenchy Guerlain, Benefit Cosmetics, Fresh dan Make Up For Ever, dalam sektor Perfumes and Cosmetics. Dalam sektor Selective Retailing, ia mengelola merek seperti DFS, Miami Cruiseline, Sephora dan Le Bon Marche Rive Gauche. Di antara merek yang paling relevan dalam sektor Watches and Jewelry, kita dapat menyoroti TAG Heuer, Hublo, Zenith, Bulgari, Chaumet dan Fred. Dari segi geografis, perusahaan beroperasi di seluruh dunia.
  • Ringkasan Keuangan: Untuk laporan keuangan akhir tahun yang berakhir pada 31 Desember 2023, pendapatan LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton SE meningkat 13% menjadi US$ 93,5 miliar. Laba bersih meningkat 7,74% menjadi US$ 16,46 miliar. Pendapatan mencerminkan peningkatan segmen Mode dan Kulit sebesar 9% menjadi US$ 45,74 miliar, peningkatan segmen Penjualan Ritel Selektif sebesar 20% menjadi US$ 19,39 miliar, peningkatan di segmen parfum dan kosmetik sebesar 7% menjadi US$ 8,97 miliar. Dari segi geografis terlihat peningkatan segmen Eropa (17%), Jepang (7%) dan Asia (31%).

Investasi di Euro Stoxx 50 di Indonesia

Dengan broker online IndonesiaFXPro Anda investor Indonesia dapat berinvestasi dalam saham Euro Stoxx 50 dengan kondisi yang menguntungkan. Tarif berubah tergantung pada jenis akun yang dipilih, seperti yang diusulkan di bawah ini. Terdapat 4 jenis akun yang bisa Anda pilih dengan minimal deposito terendah US$ 50 (standard akun) dan deposito tertinggi US$ 30.000 (elite akun)

euro stoxxx 50 indonesia FX pro

Salah satu keuntungan lain dari berinvestasi dalam saham dengan IndonesiaFXPro adalah pada semua akun FxPro, MT4 & MT5 lainnya, tidak membebankan komisi apa pun pada instrumen apa pun. Anda hanya dikenakan biaya spread, menerapkan mark-up kecil (dan biaya swap apa pun yang berlaku). IndonesiaFXPro juga memiliki akun trading bebas swap yang halal. Tidak ada biaya swap untuk indeks spot, kontrak berjangka dan saham. Tidak ada batas untuk jumlah deposito maksimum, uang dapat ditransfer atau ditarik kapan saja dan tersedia di semua paket tarif.

Jika Anda tertarik untuk membuka rekening yang membayar bunga, saya akan memberikan daftar untuk menemukan rekening deposito terbaik.

Sektor kunci di Indeks Saham Euro Stoxx 50

Sektor yang paling menjanjikan yang ada dalam indeks termasuk:

  • Teknologi: Sektor teknologi telah secara tradisional menjadi sektor kunci di Eropa Barat, dengan perusahaan seperti SAP SE (SAP) di Jerman dan ASML Holding NV (ASML) di Belanda dan juga mengingat perkembangan terbaru yang terkait dengan inovasi digital dan kecerdasan buatan dianggap sebagai sektor dengan potensi tinggi
  • Energi: Dengan penekanan pada transisi ke sumber energi yang lebih bersih, perusahaan energi Eropa sedang berinvestasi dalam energi terbarukan. TotalEnergies SE (TTE) di Prancis dan Royal Dutch Shell (RDSA) di Belanda adalah contoh perusahaan yang mengadopsi transisi ini.
  • Kesehatan: Dengan penuaan populasi Eropa, sektor kesehatan terus berkembang. Perusahaan seperti Novartis (NOVN) di Swiss dan Sanofi (SAN) di Prancis adalah aktor penting dalam sektor ini.
  • Keuangan: Bank dan lembaga keuangan baru-baru ini mendapat manfaat dari peningkatan suku bunga dan, setelah jalur konsolidasi yang diikuti setelah krisis keuangan dan utang berdaulat pada dekade terakhir, sekarang muncul sebagai peluang yang menyeimbangkan sikap defensif yang terkait dengan sektor yang sangat diatur dan prospek pertumbuhan yang berasal dari investasi semua lembaga utama dalam fintech, di antara bank-bank terbesar di Eropa adalah BNP Paribas (BNP) di Prancis dan Banco Santander (SAN) di Spanyol.
  • Sektor Telekomunikasi: Perusahaan seperti Deutsche Telekom AG (DTE) di Jerman dan Telefonica SA (TEF) di Spanyol beroperasi dalam sektor telekomunikasi dan bisa dianggap sebagai investasi defensif.

Dalam konteks Eropa, kita tidak bisa mengabaikan pentingnya dan pengaruh indeks lain yang signifikan ketika kita berbicara tentang EuroStoxx 50. Indeks DAX 30 mewakili mesin ekonomi Jerman, mencantumkan 30 perusahaan teratas yang terdaftar di Jerman. Saham FTSE MIB, di sisi lain, adalah benchmark referensi untuk pasar saham Italia, mengumpulkan 40 perusahaan teratas yang terdaftar di Bursa Italia.

Menuju ke selatan, indeks IBEX 35 mencerminkan kinerja 35 perusahaan paling likuid di pasar terus menerus Spanyol. Akhirnya, indeks CAC mewakili 40 perusahaan teratas yang terdaftar di Bursa Paris. Memahami kinerja dan tren dalam indeks ini sangat penting, karena mereka memberikan gambaran lengkap tentang lanskap saham Eropa, melengkapi analisis kita tentang EuroStoxx 50.

Indeks EuroStoxx 50 dengan IndonesiaFXPro: CFD

Jika Anda ingin berinvestasi dalam saham Eurostoxx dengan CFD, broker IndonesiaFXPro adalah salah satu yang menawarkannya. Ini memungkinkan Anda untuk menjual secara short.

CFD Berbasis Indeks Euro Stoxx 50

Anda sudah memiliki akun yang dibuka dan ingin membuka posisi CFD pada EuroStoxx 50 di MetaTrader Anda, ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka situs resmi IndonesiaFXPro dan login atau daftarkan akun
  • Pilih kolom Pasar di kiri atas
  • Pilih Indeks
  • Cari di bawah ‘Simbol’ indeks EuroStoxx 50 (STOXX50)
  • Jika Anda tidak menemukannya, Anda bisa menulisnya di kolom pencarian
  • Klik dua kali pada simbol
  • Dalam jendela yang muncul Anda akan melihat semua parameter yang diperlukan untuk membuka posisi
  • Klik ‘Jual’ atau ‘Beli’
Ketentuan untuk perdagangan Eurostoxx 50 dengan IndonesiaFXPro
Kontrak minimum0,01
Kenaikan harga minimum dalam ukuran kontrak 0,01 indeks
Kontrak maksimum0
Margin minimum0
Komisi pembukaan per dolarUS$ 0,000035
Leverage1:1500
Nilai 1 tick1 EUR

Admirals

8/ 10

Pasar

Europa, Amerika Serikat, Asia, Australia

Instrumen perlindungan volatilitas dan risiko

Berbagai macam aset untuk diinvestasikan

Akun demo dan copy trading

Platform profesional seperti MT4 dan MT5

Deposito minimal:

Rp100.00

Daftar saham Eurostoxx 50

TickerPasar PenawaranNamaKantor Pusat Sektor
ADS.DEJerman FWB: ADSAdidasJermanPakaian Olahraga
ADYEN.ASEropa Euronext: ADYENAdyenBelandaInfrastruktur Perangkat Lunak
AD.ASEropa Euronext: ADAhold DelhaizeBelandaRitel
AI.PAEropa Euronext Paris: AIAir LiquidePerancisKimia
AIR.PAEropa Euronext: AIRAirbusPerancisAerospace
ALV.DEJerman FWB: ALVAllianzJermanAsuransi
ABI.BREropa Euronext: ABIAnheuser-Busch InBev
Naamloze vennootschap
BelgiaMakanan dan Minuman
ASML.ASEropa Euronext: ASMLASML HoldingBelandaTeknologi
CS.PAEropa Euronext: CSAXAPerancisAsuransi
BAS.DEJerman FWB: BASBASFJerman Kimia
BAYN.DEJerman FWB: BAYNBayerJermanKimia
BBVA.MCSpanyol BMAD: BBVABBVASpanyolPerbankan
SAN.MCSpanyol BMAD: SANBanco SantanderSpanyolPerbankan
BMW.DEJerman FWB: BMWBMWJermanIndustri Otomotif
BNP.PAEropa Euronext Paris: BNPBNP ParibasPerancisPerbankan
CRG.IREropa Euronext Dublin: CRGCRHIrlandiaKonstruksi dan material
BN.PAEropa Euronext: BNDanonePerancisMakanan dan minuman
DB1.DEJerman FWB: DB1Deutsche BörseJermanKeuangan
DPW.DEJerman FWB: DPWDeutsche PostJermanLogistik
DTE.DEJerman FWB: DTEDeutsche TelekomJermanTelekomunikasi
ENEL.MIEropa BIT: ENELEnelItaliaUtilitas listrik
ENI.MIEropa BIT: ENIEniItaliaPetroleum
EL.PAEropa Euronext: EIEssilorLuxotticaPerancisIndustri Optikal
FLTR.IREropa Euronext: FLTRFlutter EntertainmentIrlandiaBookmaking
RMS.PAEropa Euronext: RMSHermèsPerancisMewah
IBE.MCSpanyol BMAD: IBEIberdrolaSpanyolUtilitas listrik
ITX.MCSpanyol BMAD: ITXInditexSpanyolPakaian
IFX.DEJerman FWB: IFXInfineon TechnologiesJermanSemikonduktor
INGA.ASEropa Euronext: INGAING GroupBelandaPerbankan
ISP.MIEropa BIT: ISPIntesa SanpaoloItaliaPerbankan
KER.PAEropa Euronext: KERKeringPerancisMewah
KNEBV.HEFinlandia Nasdaq Helsinki: KNEBVKoneFinlandiaRekayasa dan layanan
OR.PAEropa Euronext: ORL’OréalPerancisBarang pribadi dan rumah tangga
LIN.DEJerman FWB: LINLinde plcIrlandiaKimia
MC.PAEropa Euronext: MCLVMH Moët Hennessy Louis VuittonPerancisBarang pribadi dan rumah tangga
MBG.DEJerman FWB: MBGMercedes-Benz GroupJermanIndustri otomotif
MUV2.DEJerman FWB: MUV2Munich ReJermanAsuransi
RI.PAEropa Euronext: RIPernod RicardPerancisAlkohol
PHIA.ASEropa Euronext: PHIAPhilipsBelandaPeralatan perawatan kesehatan
PRX.ASEropa Euronext: PRXProsusBelandaInternet Konsumen
SAF.PAEropa Euronext: SAFSafranPerancisAerospace
SAN.PAEropa Euronext: SANSanofiPerancisIndustri farmasi
SAP.DEJerman FWB: SAPSAPJermanTeknologi
SU.PAEropa Euronext: SUSchneider ElectricPerancisBarang dan Layanan
SIE.DEJerman FWB: SIESiemensJermanBarang dan Jasa
STLAM.MIEropa Euronext BIT: STLAStellantisBelandaIndustri Otomotif
TTE.PAEropa Euronext: TTETotalEnergiesPerancisPetroleum
DG.PAEropa Euronext: DGVinci SAPerancisKonstruksi dan material
VOW.DEJerman FWB: VOWGrup VolkswagenJermanIndustri Otomotif
VNA.DEJerman FWB: VNAVonoviaJermanReal estat
Diperbarui pada September 2023

Investasi dalam saham pertumbuhan Eurostoxx 50

Di antara manfaat utama yang berasal dari investasi dalam saham dengan potensi pertumbuhan tinggi (investasi dalam saham pertumbuhan) kita dapat menyoroti:

  • Perlindungan terhadap Inflasi: Secara historis, kinerja pasar saham selalu menjamin pengembalian positif dalam istilah nyata yang mampu menyeimbangkan erosi daya beli yang disebabkan oleh inflasi dan fenomena ini sebagian dijelaskan oleh kemampuan sebagian besar perusahaan untuk menyesuaikan harga produk dan layanan mereka dalam konteks inflasi positif atau tinggi.
  • Penilaian Modal: Saham perusahaan dengan potensi pertumbuhan yang solid dalam jangka panjang cenderung menghargai secara signifikan dan variasi yang diamati dalam periode antara cenderung didistribusikan antara fluktuasi positif dan negatif di sekitar tren yang meningkat.
  • Dividen: banyak perusahaan yang terdaftar mendistribusikan dividen secara teratur kepada pemegang saham mereka dan ini dapat menjadi sumber pendapatan pasif yang valid bagi investor selain menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan arus kas positif yang stabil yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang.

FAQ

Kenapa saya harus mempertimbangkan untuk berinvestasi di Euro Stoxx 50?

Berinvestasi di Euro Stoxx 50 bisa memberikan diversifikasi portofolio Anda di berbagai negara dan sektor di Eripa, sehingga bisa membuat risiko Anda juga lebih terbagi.
Indeks ini mencakup perusahaan-perusahaan dengan potensi pertumbuhan yang kuat, kemampuan melawan inflasi dan riwayat pembayaran dividen sehingga menjadi pilihan yang menarik baik untuk apresiasi modal maupun sebagai pendapatan pasif.

Bagaimana cara saya sebagai investor Indonesia berinvestasi di Euro Stoxx 50?

Anda bisa berinvestasi di Euro Stoxx melalui berbagai macam produk keuangan termasuk exchange-traded funds (ETF), instrumen pendanaan bersama seperti reksadana atau langsung membeli saham perusahaan konstituen Euro Stoxx 50. Anda bisa membelinya di IndonesiaFXPro.
Adapun menggunakan instrumen ETF dan pendanaan bersama menawarkan cara mudah untuk mendapatkan eksposur ke seluruh konstituen indeks dalam satu instrumen saja.

Apa saja sektor utama yang terwakili dalam Euro Stoxx 50?

Indeks Euro Stoxx 50 mencakup berbagai sektor termasuk teknologi, energi, kesehatan, keuangan dan telekomunikasi. Perusahaan terkemuka dalam sektor ini seperti SAP SE di bidang teknologi dan TotalEnergies SE di bidang energi yang berkontribusi pada diversifikasi dan potensi pertumbuhan indeks.

Artikel Terkait