10 Saham IHSG dengan Proyeksi Dividen Tertinggi Tahun 2024

Membeli saham yang menjanjikan dividen yang baik adalah strategi investasi yang menarik, terutama dalam jangka panjang. Dalam artikel ini kita akan melihat saham yang memberikan dividen tertinggi di Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada tahun 2023. Perusahaan-perusahaan ini terdaftar di bursa dan memberikan dividen yield yang tinggi kepada pemegang sahamnya.

Saham dengan dividen yang tinggi

Sebagian besar dari kita tahu bahwa Eropa adalah wilayah besar pertama di dunia yang mengembangkan ekonomi modern berbasis pertanian dan pengembangan industri. Menurut Komisi Eropa, UE memiliki produk domestik bruto (PDB) per kapita sebesar 25.000 euro untuk 500 juta konsumennya”. Eropa adalah mitra dagang utama dari 80 negara. Eropa memiliki ekonomi yang besar, tetapi bukan ekonomi terbesar di dunia. Gelar itu masih dimiliki oleh Amerika Serikat dan kemungkinan besar Cina akan menjadi ekonomi terbesar di masa depan. Selain Cina, Indonesia sebagai negara yang ada di Asia juga diperhitungkan karena menjadi negara yang berkembang dengan populasi penduduk keempat terbanyak di dunia. Karena itu, Indonesia juga menjadi salah satu negara tujuan untuk para investor yang mencari perusahaan yang stabil dan dapat diandalkan untuk diinvestasikan.

Dividen Terbaik 2024: Proyeksi di IHSG

Total dividen yang dibayarkan pada musim dividen 2023 dari laba full year 2022 mencapai Rp 357,2 triliun, naik 58,1% dibandingkan dividen yang dibayarkan pada musim dividen 2022 sebesar Rp 226 triliun. Ini tentu saja merupakan sinyal yang menggembirakan, menunjukkan kinerja pasar yang baik.

Sektor perbankan dan energi telah mendukung pemulihan pembayaran dividen.

Total dividen yang dibayarkan kepada investor saham pada musim dividen 2024 diprediksi mencapai Rp 320,2 triliun menurut Analis PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Handiman Soetoyo.

Pada periode tahun ini, pembayaran yang sangat ditunggu-tunggu dari perusahaan yang terdaftar di IHSG tiba dan tidak ada keraguan bahwa pemegang saham perusahaan yang terdaftar mengharapkan untuk mendapatkan dividen terbaik 2024 di IHSG dan mengetahui kapan gilirannya untuk menerima pembayaran.

Daftar Dividen Terbaik IHSG 2024

Bukan hanya mereka yang sudah menjadi pemegang saham yang tertarik pada saham dividen, tetapi juga mereka yang mencoba untuk berinvestasi tertarik untuk mengetahui saham mana yang memiliki dividen tertinggi. Ini akan memungkinkan mereka tidak hanya mendapatkan pengembalian dari kinerja dividen mereka selama tahun ini, tetapi juga untuk berinvestasi di beberapa perusahaan yang terdaftar di IHSG.

Berikut ini adalah kalender 2024 untuk saham dengan dividen tinggi dibayar oleh perusahaan yang terdaftar di IHSG. Selain mengetahui saham mana yang memiliki dividen, apa yang akan menentukan jumlah dividen dan bulan di mana Anda akan menerimanya selama tahun mendatang akan tergantung pada perusahaan yang sahamnya Anda miliki.

Untuk fokus pada saham dengan dividen tertinggi pada 2024, Anda perlu memilih saham yang telah membayar dividen tinggi kepada pemiliknya (dalam istilah teknis disebut pemangku kepentingan). Berikut ini daftar saham yang diproyeksikan membagikan dividen untuk tahun 2024

Peringkat saham dengan proyeksi dividen tinggi tahun 2024

JudulProyeksi yield (%)Dividen per saham (Rp)Tanggal Dividen 2024 (berikutnya)
1. Adaro Indonesia Energy11%Juni 2024 dan Januari 2025
2. Indo Tambangraya Megah18%4.493April 2024
3. Bank Rakyat Indonesia6%331April 2024
4. United Tractors11%2.387Mei 2024 dan Oktober 2024
5. Asuransi Tugu Pratama Indonesia13%135Mei/Juni 2024
6. Unilever Indonesia5,17%135,03Juli 2024
7. Gudang Garam5,96%1.194,04Juli 2024
8. Semen Indonesia4,05%244,18Mei 2024
9. Telkom Indonesia4,1%163,91Juli 2024
10. Indofood Sukses Makmur3,88%256,03Juli 2024

Namun, penting untuk diingat bahwa perkiraan pengembalian dalam persentase hanyalah perkiraan, seperti yang ditunjukkan oleh namanya sendiri, jadi data mungkin berfluktuasi dan berubah.

Di mana Membeli Saham dengan Dividen Terbaik

Kami memberikan Anda pilihan broker terbaik untuk berinvestasi dengan strategi buy and hold di dividen terbesar 2024.

BrokerDeposito minimumProduk
IndopremierRp 100 ribuSaham, reksa dana
StockbitRp 100 ribuSaham, reksa dana, obligasi, kripto
RHBRp 100 ribuSaham, bonds, waran terstruktur

Indopremier

Sekuritas Indopremier merupakan sekuritas swasta terbesar di Indonesia yang menawarkan investasi di pasar modal. Indopremier melayani klien individu maupun korporasi dengan berbagai produk, seperti saham, reksa dana, ETF, perencanaan keuangan, dan investment banking.

Stockbit

Stockbit adalah perusahaan sekuritas digital yang menyediakan sarana investasi pasar modal yang mudah, aman, dan nyaman. Sekuritas ini berdiri sejak tahun 1990 dengan nama Mahakarya Artha Sekuritas dan berganti nama menjadi Stockbit Sekuritas Digital pada Desember 2021. Stockbit memiliki aplikasi investasi sosial yang memungkinkan investor berdiskusi dan bertransaksi saham secara online. Selain itu, Stockbit menawarkan berbagai produk, seperti reksa dana, ETF, e-IPO, dan aset kripto.

RHB

RHB adalah perusahaan sekuritas asal Malaysia yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 1990. Perusahaan ini memiliki izin untuk menjembatani aktivitas investasi antara investor dengan pasar modal. RHB menawarkan berbagai produk dan layanan, seperti transaksi saham dan obligasi, transaksi saham online, transaksi saham margin, corporate finance, dan riset investasi.

Saham IHSG dengan Dividen Tertinggi Tahun 2023

Dalam tabel ini ada 10 perusahaan yang membagikan dividen dengan persentase terbesar pada tahun 2023.

Perusahaan TickerDividen
Bukit AsamPTBA42,24%
Indo Tambangraya MegahITMG34,81%
Adaro Energy IndonesiaADRO29,08%
Mitrabara AdiperdanaMBAP28,97%
United TractorsUNTR28,87%
Matahari Departement StoreLPPF28,53%
Total Bangun PersadaTOTL22,73%
Panin SekuritasPANS15,34%
Puradelta LestariDMAS13,75%
Baramulti SuksessaranaBSSR12,89%

👉 Temukan para dividend kings di sini

Saham IHSG dengan Average Dividen Yield Tertinggi Selama 3 tahun

Perusahaan TickerDividen
MerckMERK20,43%
Hexindo AdiperkasaHEXA19,75%
Unggul Indah CahayaUNIC18,66%
Indo Tambangraya MegahITMG11,17%
BFI Finance IndonesiaBFIN9,12%
Colorpak IndonesiaCLPI7,82%
Adira Dinamika MultiADMF7,71%
Bank Pembangunan Daerah Jawa TimurBJTM7,61%
Jasuindo Tiga PerkasaJTPE7,49%
Samudera IndonesiaSMDR7,48%

Bagaimana Mencari Saham dengan Dividen Tertinggi?

Saham terbaik untuk dibeli untuk mendapatkan dividen ditandai oleh:

  • Pendapatan Tinggi: saham dengan dividen tinggi
  • Pertumbuhan Kuat: saham dengan pertumbuhan konstan
  • Risiko Rendah: saham dengan volatilitas rendah

Apa yang harus dipelajari saat memilih perusahaan?

  • Pertumbuhan yang terus menerus dan stabil: aliran pendapatan yang meningkat.
  • Rendah hutang: perusahaan dengan tingkat hutang yang tinggi bisa runtuh. Rasio hutang/laba harus lebih dari 5/6.
  • Keuntungan kompetitif: misalnya kepemilikan paten atau sebagian besar pasar.
  • Profitabilitas jangka panjang: periksa dividend yield.

Lihat juga panduan kami: investasi di saham dengan dividen tinggi langkah demi langkah 👇🏼

Mengapa Membeli Saham yang Membayar Dividen Tertinggi?

Jawabannya cukup sederhana: untuk reinvestasi dividen, setelah mendapatkan keuntungan dari bunga majemuk.

Beberapa perusahaan tidak menawarkan dividen, karena mereka lebih memilih untuk reinvestasi laba dalam ekspansi bisnis. Perusahaan yang lebih cenderung membayar dividen adalah mereka yang sudah mapan di pasar.

Ingatlah selalu bahwa investasi dalam dividen adalah investasi jangka panjang, karena dalam jangka pendek mungkin mengalami volatilitas tinggi (bahkan ketika saham yang diinvestasikan dianggap aman). Jadi, investasikan di perusahaan yang mapan dengan sejarah pembayaran dividen dan aliran pendapatan yang stabil.

Mengingat perang antara Rusia dan Ukraina dan dengan berbagai sektor komoditas yang terkena dampak, mungkin di hadapan kekurangan beberapa produk, saham perusahaan di sektor ini dapat memberikan hasil yang menarik. Jika Anda ingin bermain aman, mungkin lebih baik berfokus pada perusahaan yang terdaftar yang membayar dividen terbaik, meskipun ini akan tergantung pada kinerja keuangan setiap perusahaan.

Bagaimana Dividen Dikenakan Pajak?

Dividen adalah pembagian laba perusahaan kepada pemegang saham. Dalam konteks pajak, dividen biasanya dikenakan pajak. Pajak dividen dapat terjadi di dua tingkatan: pajak korporasi dan pajak individu. Perusahaan membayar pajak atas laba yang dihasilkannya, dan setelah itu, sisa laba dibagikan sebagai dividen. Pada tingkat individu, penerima dividen juga mungkin dikenakan pajak.

Negara biasanya memberlakukan tarif pajak dividen yang lebih rendah daripada tarif pajak penghasilan biasa sebagai insentif untuk berinvestasi dalam saham. Namun, peraturan mengenai pajak dividen dapat bervariasi antar negara dan bergantung pada kondisi keuangan individu penerima dividen.

Di Indonesia, ada dua jenis pajak dividen: pajak final dan pajak penghasilan. Pajak final dividen dikenakan pada perusahaan yang membayarkan dividen, biasanya sebesar 10% dari jumlah dividen yang dibayarkan. Sementara itu, pajak penghasilan dividen dikenakan pada individu penerima dividen sesuai dengan tarif pajak penghasilan yang berlaku, yang rentangnya dari 5% hingga 30% tergantung pada total penghasilan tahunan.

Pajak ini dihitung dari jumlah dividen setelah dipotong pajak final. Meskipun pajak dividen memberikan kontribusi kepada penerima dividen, peraturan ini dapat berubah, dan sebaiknya selalu merujuk pada perundang-undangan pajak yang berlaku.

FAQs – Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Apakah dividen dilaporkan di SPT?

Namun, jika tidak memenuhi syarat maka dividen yang diterima atau diperoleh wajib pajak menjadi objek PPh. Dividen yang menjadi objek PPh maupun dikecualikan dari objek PPh wajib dilaporkan dalam SPT tahunan PPh badan menggunakan form SPT 1771.

Siapa yang memotong pajak atas dividen?

Menurut pajak, Dividen yang diterima oleh orang pribadi merupakan Objek Pajak penghasilan yang bersifat Final dengan tarif 10%. Pajak ini akan dipotong oleh pemberi penghasilan atau perusahaan dimana wajib Pajak orang pribadi tersebut mendapatkan dividen.

Bagaimana cara bebas pajak dividen?

Agar dapat dibebaskan dari pengenaan pajak, dividen yang diterima orang pribadi harus diinvestasikan kembali di Indonesia. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 18 Tahun 2021, terdapat kriteria investasi, tata cara pelaporan, serta jangka waktu investasi yang harus dipenuhi agar mendapat pembebasan pajak.

Artikel Terkait