Review Indodax: Kelebihan & Kekurangan Crypto Platform

Indodax adalah salah satu aplikasi di handphone yang memudahkan investor mengakses pasar mata uang crypto. Tentu Indodax sebagai platform beli crypto hadir dengan fitur penting yang dibutuhkan oleh trader seperti chart, analisa teknikal dan stop loss. Lalu bagaimana review Indodax?

Dalam review Indodax kali ini kami akan mengulas benarkah Indodax aman untuk trading atau investasi? Apa saja kelebihan dan kekurangan platform yang satu ini untuk jual-beli aset mata uang crypto.

Review Indodax: Kelebihan & Kekurangan
Review Indodax: Kelebihan & Kekurangan

Indodax: Apa itu?

Indodax merupakan salah satu platform exchange mata uang kripto terbesar yang ada di Indonesia. Indodax menawarkan kepada para pengguanya perdagangan pada mata uang kripto seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Ripple (XRP), dan lebih dari 160 aset kripto lainnya di seluruh dunia selama 24 jam. Melaui Indodax Anda dapat membeli mata uang kripto yang ada pada bursa perdagangannya dengan menggunakan mata uang Rupiah. Platform exchange tersebut didikan pada tahun 2014 dan saat ini meraih kepercayaan sebagai penyedia utama platform investasi yang berbasiskan pada mata uang kritpo.

indodax crypto

Platform exchange Indodax tentu saja sudah terdaftar dan diawasi oleh Bappebti sehingga dapat menjamin keamanan aset kripto yang dimiliki oleh para penggunanya. Pada tahun 2019, Indodax telah mendapatkan dua sertifikasi internasional yaitu ISO 9001: 2015 dan ISO 27001 : 2013. Indodax mendapatkan sertifikasi internasional kembali pada tahun 2021 yaitu ISO 27017 : 2015. Terhitung sudah tiga kali Indodax memiliki sertifikasi ISO.

Dengan jumlah pengguna terverifikasi dan aktif sebanyak 2,7 juta orang saat ini, Indodax menjadi platform exchange mata uang kripto yang sangat populer di kalanan investor yang ada di Indonesia. Indodax merupakan salah satu platform exchange yang merupakan perusahaan Indonesia dan menggunakan mata uang Rupiah sebagai alat tukar ketika kita ingin berinvestasi kripto. Perdagangan mata uang kritp dengan Indodax dapat dilakukan hanya dengan mengunduh aplikasi mobile yang ada pada Google Playstore maupun App Store.

Para investor yang sudah terverifikasi di Indodax dapat melakukan setoran dana maupun penarikan dana secara langsung selama 24 jam. Platform exchange tersebut beroperasi setiap hari, bahkan di saat hari libur Anda masih dapat melakukan akses kapan saja dan dari mana saja.

Sejarah Indodax

PT. Indodax Nasional Indonesia atau yang kita sering sebut dengan Indodax merupakan perusahaan yang berbasis pada teknologi yang memperjual belikan aset digital berupa kripto dan menjadi salah satu platform exchange kripto terbesar di Indonesia. Indodax telah aktif melayani penggunanya yang berasal dari 80 negara di seluruh dunia dan lebih dari 160 aset kripto yang diperdagangkan. Indodax mulai beroperasi pada tahun 2014, didirikan oleh Oscar Darmawan dan William Sutanto dengan nama yang semulanya adalah Bitcoin Indonesia atau bitcoin.co.id.

Pada awal karirnya, Oscar melihat pasang surut yang terjadi pada aset digital yang ada di ranah internasional. Hal tersebut membuat Oscar kemudian melakukan analisis untuk memahami tantangan yang ada pada platform aset digital. Oscar kemudian memutuskan kembali ke tanah air untuk memluai usahanya sendiri yang bergerak di bidang teknologi internet.

Oscar kemudian bertemu dan berkenalan dengan William Sutanto yang saat itu sudah memahami Bitcoin. Ternyata William merupakan rekan satu sekolah Oscar. William kemudian mengajak Oscar belajar ke China yaitu mempelajari bisnis tentang bisnis exchange mata uang kripto.

Pada tahun 2018 tepatnya pada bulan Maret, nama Bitcoin Indonesia resmi berganti menjadi Indodax dengan kepanjangan Indonesia Digital Asset Exchange (indodax.com). Tahun 2020 nama perusahaan Indodax berganti kembali menjadi Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange. Perubahan nama tersebut memiliki tujuan penambahan dukungan terhadap para pengguna.

Review Indodax: Apa saja fitur-fitur unggulannya?

Fitur keamanan Two-Factor Authentication (2FA)

Fitur Two-Factor Authentication (2FA) ini ada guna melakukan peningkatan keamaan pada setiap transaksi yang dilakukan oleh pengguna Indodax. Pengamanan dilakukan Indodax dengan menggunakan verifikasi pada e-mail, SMS, dan melaui Google Authenticator yang menjadi salah satu fitur yang cukup aman tanpa harus merepotkan penggunanya.

Fitur trading, deposit, dan withdraw yang mudah

Fitur tersebut menjadi fitur yang memudahkan trader ketika akan melakukan deposit ataupun penarikan dana dalam bentuk mata uang Rupiah atau mata uang kripto. Kegiatan trading juga dapat dilakukan oleh pengguna dengan mudah yaitu hanya dengan menggunakan smartphone, tablet, maupun laptop hanya dengan menggunakan 1 akun saja.

Fitur Analisa Chart

Fitur analisa chart yang dimiliki Indodax memudahkan para trader atau para investor yang tertarik untuk melakukan transaksi. Fitur ini juga sangat bermanfaat dalam optimalisasi keuntungan dan mengurangi risiko kerugian dari transaksi yang dilakukan para trader.

Fitur Stop Loss

Fitur tersebut merupakan fitur yang memiliki fungsi untuk mengelola risiko akibat fluktuasi harga yang sering terjadi pada pasar mata uang kripto. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menentukan harga yang tetap untuk mengaktifkan trading otomatis.

Review Indodax: produk investasi yang disediakan

Indodax merupakan salah satu platform exchange terpopuler yang adai di Indonesia, menyediakan lebih dari 160 mata uang kripto yang diperdagangkan. Indodax juga memperdagangkan stablecoin dengan pasangan perdagangan seperti USDT (USD Tether) dengan IDR (Rupiah). Berikut akan kami bahas beberapa koin-koin kripto dan stablecoin ternama yang diperdagangkan oleh Indodax:

Bitcoin (BTC)

Bitcoin merupakan mata uang kripto tertua yang ada. Bitcoin diciptakan pada tahun 2008 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto, yang identitas aslinya hingga saat ini tidak diketahui. Bitcoin memiliki tujuan yaitu menciptakan sistem pembayaran alternatif bagi mata uang fiat atau mata uang tradisional yang sepenuhnya terdesentralisasi sehingga tidak lagi bergantung pada bank sentral apa pun. Peredaran Bitcoin hanya dibatasi hingga 21 juta koin saja dan akan mengalami halving Bitcoin pada periode tertentu. Dengan harga US$ 66 ribu saat ini, Bitcoin berada pada posisi pertama sebagai mata uang terpopuler saat ini dengan kapitalisasi pasar US$ 1.298,40 Miliar.

Ethereum (ETH)

Ethereum merupakan platform virtual yang menggunakan teknologi blockchain. Hal tersebut dapat memungkinkan dilakukannya suatu pengembangan aplikasi, pemeliharaan aset, dan penggunaan mata uang kripto aslinya (Ether, atau ETH). Hal tersebut memiliki arti bahwa Ethereum merupakan ruang digital di mana berbagai operasi dapat dilakukan menggunakan ETH sebagai mata uang kripto yang terdesentralisasi. Ethereum saat ini menempati peringkat kedua sebagai mata uang kripto terpopuler yang ada di dunia. Saat ini, satu koin Ethereum memiliki harga US$ 3,3 ribu dengan kapitalisasi pasar sebesar US$ 401,52 Miliar.

Ripple (XRP)

Ripple merupakan jaringan pembayaran pertama dan terutama dari RippleNet. Ripple bukan mata uang kripto itu sendiri dan tidak berdasarkan pada teknologi Blockchain seperti halnya Bitcoin. RippleNet merupakan platform pembayaran “terdesentralisasi” berbasis buku besar terdistribusi (“interledger protocol” atau “distributed ledger“) dan perangkat lunak bebas yang berfokus pada pengembangan pembayaran internasional. XRP saat ini berharga US$ 0,58 dengan kapitalisasi pasar sebesar US$ 31,9 Miliar.

USD Tether (USDT)

Tether (USDT) merupakan mata uang kripto yang beracuan pada nilai dolar AS (USD), dengan begitu dapat dipastikan bahwa harga satu koin Tether setara dengan nilai tukar satu dolar Amerika Serikat. Meskipun masih terdapat volatilitas harga, namun volatilitas yang terjadi masih minim. Di antara berbagai stablecoin di sektor mata uang kripto, Tether adalah mata uang digital yang paling menonjol. Saat ini harga satu Tether adalah US$ 1 dengan kapitalisasi pasar sebesar US$ 106,62 Miliar.

Tentu saja beberap koin kripto dan stablecoin tersebut dapat diperdagangkan dengan mata uang Rupiah pada Indodax sehingga sangat memudahkan kita dalam menjangkau aset kripto tersebut. Hal ini menjadi tujuan utama dari Indodax untuk memudahkan penggunanya dalam memperoleh aset kripto.

Review Indodax: Berapa Fee di Indodax?

Indodax memberikan fee yang sangat transparan dan kompetitif kepada para penggunaya. Berikut merupakan rincian dari fee deposit maupun penarikan dalam Rupiah:

Fee Deposit Rupiah

Tipe DepositMetodeMinimal Deposit (Rp)Maksimal Deposit (Rp)Biaya Transaksi < Rp 500.000Biaya Transaksi ≥ Rp 500.000
Bank TransferBCA Direct1.000.000200.000.000.00000
Transfer Antar Bank10.00010.000.000 (Xpresi)
15.000.000 (BCA Blue)
20.000.000 (BCA Gold)
25.000.000 (Platinum)
2.0000
Sinarmas (Transfer Bank Luar Negeri1.000.000Sesuai dengan limit transfer rekening pengirimi)00
Virtual AccountVA BRI10.0002.000.000.0002.0000
VA Mandiri10.000200.000.0002.0000
VA Permata10.0002.000.000.0002.0000
E-WalletOVO10.00010.000.0001,67%1,67%
QRIS (Shopeepay, LinkAja, Gopay)10.00010.000.0000,70%0,70%
Gopay10.00010.000.0002,00%2,00%
RetailIndomaret10.0005.000.0007.0007.000
Alfamart10.0002.500.0004.4404.440
Sumber: indodax

Fee Penarikan Rupiah

MetodeBiayaMinimal (Rp)Maksimal Per Transaksi (Rp)Maksimal Penarikan Harian
Rekening BankRp 10.000100.0005.000.000.000Sesuai limit penarikan harian
PulsaRp 0100.000200.000Sesuai limit penarikan harian
Sumber: indodax

Fee Deposit dan Penarikan Aset Digital

  • Fee deposit aset digital ke Indodax tidak dikenakan biaya.
  • Besaran fee withdrawal / penarikan aset digital bervariasi tergantung dengan pilihan jaringan yang Anda pilih.
  • Untuk mengetahui besaran fee withdrawal / penarikan aset digital, silakan ikuti langkah berikut ini : 

Via Website Indodax

  • Klik menu ‘Wallet’.
  • Pilih aset digital yang ingin dilakukan penarikan.
  • Klik ‘Withdraw’.
  • Silakan baca seksama pop up warning yang ada, lalu silakan pilih jaringan yang diinginkan.
  • Pada kolom ‘Total Penarikan’ terdapat keterangan biaya penarikan tersebut.

Via Aplikasi Indodax

  • Klik menu ‘Wallet’.
  • Pilih aset digital yang ingin dilakukan penarikan.
  • Klik ‘Tarik’.
  • Pilih metode penarikan ‘Alamat
  • Lalu silakan pilih jaringan koin yang diinginkan.
  • Pada keterangan ‘Info Aset Digital’ terdapat informasi biaya penarikan tersebut.

Review Indodax: Keamanan & Regulasi

Indodax merupakan platform exchange mata uang kripto terbesar di Indonesia yang terdaftar dan diawai sejak tahun Januari 2020 oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) yang berada di bawah Kementerian Perdagangan RI. Platform ini terdaftar di Bappebti dengan nomor 002/BAPPEBTI/CP-AK/01/2020.

Demi mendukung aktivitas jual beli aset kripto yang Anda miliki, INDODAX juga telah menerapkan fitur keamanan berlapis dan menerapkan fitur Two Factor Authentication (2FA). Namun, pengguna INDODAX tetap harus waspada dengan kejahatan siber yang mungkin dapat terjadi, seperti phishing, malware, ransomware, hacking, dan lain sebagainya.

Cara Membuka Akun di Indodax

  • Kunjungi website https://INDODAX.com/ lalu klik “Daftar”.
  • Pada bagian Buat Akun, isi data diri secara lengkap dan benar, kemudian klik “Syarat & Ketentuan” untuk membaca syarat dan ketentuan umum pelanggan aset kripto di INDODAX.
  • Setelah membaca Syarat & Ketentuan, klik “Saya Setuju” untuk menyetujui dan Anda dapat melanjutkann proses registrasi dengan klik “Buat Akun”.
ulasan Indodax
Membuat Akun Indodax
  • Cek inbox pada alamat email yang didaftarkan, lalu Anda akan menerima kode verifikasi berupa 6 digit alphanumeric. 
  • Anda kemudian dapat melanjutkan proses dengan melakukan verifikasi email dan memasukkan kode 6 digit alphanumeric tersebut.
  • Lakukan verifikasi nomor handphone yang didaftarkan dengan cara permintaan kode Verifikasi yang akan dikirimkan melalui WhatsApp.
  • Masukkan kode verifikasi yang diterima berupa 4 digit numerik yang dikirimkan via WhatsApp yang bernama “ADA OTP”.
  • Pastikan kode verifikasi yang dimasukkan sudah benar dan sesuai pada kolom yang tersedia pada halaman verifikasi akun ini kemudian klik “Selanjutnya”.
  • Akun INDODAX Anda telah berhasil terdaftar dan dapat langsung melakukan verifikasi akun pada aplikasi INDODAX.

Cara Verifikasi Akun di Indodax

Verifikasi akun merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum Anda mulai bertransaksi dengan Indodax. Berikut merupakan langkah-langkah dalam melakukan verifikasi (KYC) pada platform Indodax:

  • Setelah berhasil mendaftarkan akun dan melakukan verifikasi email, Anda akan diarahkan untuk melakukan verifikasi (KYC).Proses KYC hanya dapat dilakukan di aplikasi Indodax mobile sehingga Anda harus memastikan sudah mengunduhnya. Persiapkan juga E-KTP untuk melanjutkan proses verifikasi.
  • Lakukan login pada aplikasi Indodax dan pilih menu pengaturan akun.
  • Klik “Verifikasi sekarang” dan “Mulai verifikasi”Ada 3 langkah untuk melakukan KYC di Indodax.
  • Pertama, untuk verifikasi e-KTP klik “Mulai”.
  • Setelah Anda mengisi negara asal, klik “Ambil Foto/tombol shutter kamera”. Tempatkan e-KTP Anda dengan kotak/grid yang disediakan. Setelah berhasil, dan sudah sesuai pilih “Lanjut”.
  • Silakan periksa kembali data e-KTP Anda lalu pilih “Simpan”. Selanjutnya ke langkah kedua yaitu Personal Data. Pilih “Lanjut”, kemudian lakukan pengisian data pribadi Anda dengan lengkap dan jujur sesuai dengan identitas Anda. Jika sudah selesai, pilih “Lanjut” dan “Simpan”. Konfirmasi data Anda kembali, dan jika sudah sesuai pilih “Konfirmasi
  • Langkah ketiga yaitu Face Detection. Klik “Lanjut” atau “Next” setelah itu pilih “Mulai Tes Sekarang” Pastikan kamera di handphone Anda berfungsi dengan baik. Jangan gunakan kacamata, masker, dan memiliki pencahayaan yang cukup. Anda perlu mengikuti arahan yang tertera pada layar Anda agar sistem dapat melakukan verifikasi pada wajah Anda. Proses ini sangat penting untuk dilakukan agar dapat memastikan keabsahan akun Anda. Perekaman hanya berlangsung beberapa detik, perhatikan waktu perekaman Anda. Jika sudah berhasil, maka akan terlihat halaman selanjutnya dan Anda hanya perlu klik “Lanjut”.
  • Setelah menyelesaikan tiga tahap KYC di atas, Anda perlu menyetujui Syarat dan Ketentuan dengan klik tombol “Setuju & Kirim”.
  • Anda hanya perlu menunggu maksimal 1×24 jam untuk proses verifikasi yang akan dilakukan oleh tim Indodax. Jika berhasil, Anda akan mendapat email. Aktifkan juga fitur push notification di handphone Anda untuk informasi hasil KYC Anda.
  • Di beberapa kasus, terdapat kemungkinan proses KYC memerlukan waktu lebih karena pemeriksaan lebih lanjut yang diperlukan. Di saat ini terjadi, Anda hanya perlu menunggu dengan tenang dan proses KYC Anda akan selesai dalam kurang dari 2×24 jam.

Cara Deposit di Indodax

Untuk melakukan deposit Rupiah di Indodax, terdapat 2 alur baru sehingga memudahkan dan membuat layanan menjadi lebih cepat. Dua tipe deposit tersebut adalah Open Deposit dan Closed Deposit. Open Deposit merupakan deposit yang dilakukan oleh pengguna tanpa harus mengisi nominal deposit serta nomor virtual account-nya selalu statis. Closed Deposit merupakan deposit yang dilakukan dengan mengisi nominal deposit serta kode pembayarannya akan selalu berubah.

Berikut merupakan langkah deposit yang dapat dilakukan melaui aplikasi Indodax yang ada di handphone Anda:

apa itu indodax dan cara kerjanya
Deposit di Indodax
  • Masuk ke menu “Wallet”, lalu Anda akan melihat saldo akun Anda.
  • Pilih “Setor”.
  • Silakan pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  • Setelah memilih metode pembayaran, pilih selanjutnya.
  • Apabila memilih metode pembayaran Virtual Account, salin nomor akun bank yang tertera, kemudian ikuti petunjuk yang ada.

Cara Membeli Kripto di Indodax

Berikut merupakan cara ketika Anda ingin membeli kripto di Indodax. Cara yang kami contohkan adalah membeli Dogecoin di Indodax.

  • Lakukan login pada akun Indodax. Pastikan akun Anda juga sudah menjadi akun yang terverifikasi.
  • Pastikan sudah ada dana yang didepositkan ke dalam akun Anda.
  • Pilih menu “Spot Market” dan lakukan pencarian terhadap pasangan perdagangan antara DOGE/IDR.
  • Pilih opsi “Beli Dogecoin” di bagian perdagangan.
  • Lakukan pengisian jumlah Dogecoin yang ingin Anda beli.
  • Konfirmasi pesanan beli tersebut.

Review Indodax: Kelebihan & Kekurangan

Sebagai platform exchange, tentu saja Indodax memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal ini tidak boleh dilewatkan saat memberikan review Indodax. Pada bagian ini kami akan membuat daftar beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Indodax sehingga Anda dapat melakukan pertimbangan ketika akan memilih platform exchange tersebut.

Indodax memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya sebagai platform terpopuler bagi orang yang berkecimpung dalam dunia kripto, antara lain:

  • Indodax merupakan platform exchange yang terdaftar resmi di Bappebti.
  • Terdapat 3 pilihan bahasa yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indondesia, dan Bahasa Mandarin.
  • Menggunakan mata uang Rupiah untuk bertransaksi kripto.
  • Menyediakan perdagangan puluhan aset kripto seperti BTC, ETH, DOGE, XRP, dan masih banyak lagi.
  • Kemudahan dalam bertransaksi hanya dengan menggunakan smartphone.
  • Keamaan yang terjamin oleh sistem Two-Factor Authentication (2FA)
  • Adanya Customer Service yang dapat membantu memecahkan masalah kapan saja lewat live chat, telepon, atau email.

Indodax memiliki beberapa kekurangan yang dapat Anda jadikan pertimbangan ketika akan menggunakan platform tersebut, antara lain:

  • Tidak adanya pilihan untuk melakukan deposit dengan menggunakan kartu kredit.
  • Tidak memiliki fitur Order Cancel Order (OCO) yang dapat diatur secara otomatis. Hal tersebut menyebabkan pengguna harus melakukan pembatalan transaksi jual beli secara manual.

Review Indodax: begin kata penggunanya

Review Indodax App store
Rating Indodax di App Store

Beberapa review Indodax dari para pengguna mengatakan bahwa platform exchange Indodax sebagai platform terbaik. Hal tersebut dikarenakan fitur-fitur yang dimiliki oleh Indodax sederhana dan mudah dipahami oleh trader yang baru saja berkecimpung di dunia kripto. Proses KYC dari Indodax juga tergolong cepat. Tidak hanya itu proses untuk melakukan deposit dan penarikan juga cepat. Hal tersebut yang membuat Indodax memperoleh nilai rating 4,6 dari 7,2 ribu rating yang telah dilakukan oleh penggunanya.

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Mata uang kripto apa saja yang diperdagangkan di Indodax?

Indodax menawarkan perdagangan beberap mata uang kripto terpopuler yang ada di dunia seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Ripple (XRP), dan Dogecoin (DOGE). Masih banyak mata uang kripto lainnya yang termasuk ke dalam daftar terpopuler yang diperdagangkan oleh Indodax.

Melalui apa saja kita dapat melakukan deposit di Indodax?

Indodax menawarkan beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk melakukan deposit pada akun. Beberapa cara tersebut adalah melalui transfer bank, virtual account, ewallet, dan retail. Sayangnya, Indodax belum dapat menggunakan kartu kredit untuk melakukan deposit.

Berapa biaya minimal withdrawal dan minimal penarikan saldo di Indodax?

Ketika Anda akan melakukan penarikan saldo di Indodax melaui bank transfer biaya yang akan dikenakan adalah sebesar Rp 10 ribu dengan minimal penarikan saldo sebesar Rp 100 ribu. Untuk penarikan saldo menjadi pulsa, Anda tidak dikenakan biaya dan minimal penarikan saldonya adalah sebesar Rp 100 ribu.

Artikel Terkait