Review Tokocrypto, Broker Resmi Crypto di Indonesia

Tokocrypto adalah salah satu broker atau sekuritas resmi di Indonesia yang bisa membantu Anda terjun ke dunia investasi mata uang kripto. Tentu bagi Anda yang masih asing di dunia investasi mata uang kripto ini perlu tahu seperti apa review dari Tokocrypto mulai dari kelebihan, kekurangan, biaya yang dibutuhkan dan minimal deposit yang wajib disetorkan. Semuanya tentu akan kami ulas di sini!

Review Tokocrypto
Review Tokocrypto

Platform exchange alias jual beli mata uang crypto (kripto) ini memiliki fitur yang mungkin cocok dengan Anda yang tertarik di dunia trading. Fitur yang dimiliki antara lain instant trade, Bot (cryptohero), Tokonews dan Toko Token. Yuk simak penjelasannya dalam artikel ini!

Apa itu Tokocrypto?

Tokocrypto merupakan platform exchange mata uang kripto pertama yang ada di Indonesia. Menjadi mitra resmi dari Binance, Tokocrypto menawakan perdagangan yang mudah dan aman pada mata uang kripto seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Dogecoin (DOGE), dan banyak mata uang kripto lainnya dan dapat dibeli dengan menggunakan mata uang Rupiah. Platform exchange tersebut didikan oleh sekelompok penggemar mata uang kripto pada tahun 2017 dengan tujuan memajukan industri kripto yang ada di Indonesia.

Platform exchange Tokocrypto tentu saja sudah terdaftar dan diawasi oleh Bappebti sehingga menjamin keamanan aset kripto yang Anda miliki. Tokocrypto juga menawarkan antarmuka pengguna yang ramah sehingga menjadikannya sebagai platform exchange mata uang kripto yang paling populer di antara para pengguna.

Dengan jumlah pengguna yang lebih dari 4 juta orang saat ini, Tokocrypto menyediakan opsi untuk melakukan perdangan dengan website atau dengan menggunakan aplikasi mobile yang dapat diunduh di Google Playstore atau App Store.

Yang membuat menarik adalah Tokocrypto juga memiliki koin kripto yang dapat digunakan untuk melakukan pertukaran pada aset kripto lainnya, menabung, melakuan setoran dan penarikan dana, melakukan program DeFi antar platform, serta melakukan transaksi pada NFT (Non-fungible Token).

Sejarah Tokocrypto

PT. Aset Digital Berkat atau lebih dikenal dengan naman Tokocrypto merupakan perusahaan yang didirikan oleh Pang Xue Kai pada tahun 2017 dengan pendanaan awal yang berasal dari perusahaan asal Singapura yaitu QCP Capital. Tokocrypto secara publik diperkenalkan pada tahun 2018 dengan tujuan utama menghadirkan konten serta informasi terbaru tentang aset kripto, menjangkau komunitas kripto dan blockchain untuk berbagi pengetahuan, serta mengikutsertakan publik dalam proyek pada aset digital di Indonesia dan Asia Tenggara

Pada bulan Mei tahun 2020, Tokocrypto melakukan pembaharuan sistem perdagangan yang dimilikinya dengan melakukan peluncuran Tokocrypto 2.0. Kali ini sistem perdagangannya sudah didukung oleh sistem dari Binance Cloud.

Hingga saat ini, Tokocrypto merupakan platform exchange yang paling populer yang ada di Indonesia dikarenakan memiliki beberapa fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh platform lain. Hal tersebut membuat pengguna yang sudah berpengalaman maupun pengguna yang masih awam dapat dengan mudah memiliki aset digitalnya.

Ini Fitur-Fitur Unggulan Tokocrypto

Sebagai salah satu platform exchange mata uang kripto yang paling populer, Tokocrypto memiliki beberapa fitur unggulan yang membedakannya dengan platform lain, fitur-fitur unggulan tersebut, yaitu:

FiturPenjelasan
ExchangeFitur tersebut ditawarkan oleh Tokocrypto dengan cara mendukung lebih dari 100 pasangan perdangan pada aset kripto yang dapat dilakukan juga dengan BIDR (stablecoin yang memiliki acuan pada mata uang Rupiah. Platform exchange tersebut juga memiliki fitur limit dan stop limit.
Instant TradeFitur ini dapat memberikan akses kepada pengguna untuk melakukan perdagangan mata uang kripto dengan cara yang instan dan mudah pada lebih dari 340 koin yang dapat diperdagangkan.
Bot (Cryptohero)Fitur Cryptohero merupakan bot kripto yang langsung terhubung pada platform Tokocrypto sehingga dapat memberikan bantuan kepada pengguna untuk melakukan trading pada aset kripto secara otomatis secara 24 jam dalam 7 hari. Bot ini juga menawarkan fitur backtestin dan strategi kustom.
TokonewsFitur ini memberikan update kepada pengguna dengan menyajikan berita terkini, webinar, penyajian artikel edukatif tentang kiat-kiat berinvestasi kripto, dan podcast yang membahas seputar kripto. Fitur ini sangat membantu para pengguna yang masih awam terhadap dunia kripto sehingga dapat mempelajarinya dari tutorial para ahli atau pengguna yang sudah lama berinvestasi pada kripto.
Toko Token (TKO)Toko Token denga ticker TKO merupakan token yang dimiliki oleh Tokocrypto. Token ini dapat digunakan untuk melakukan pembayaran fee dan mendukukng transaksi yang dilakukan di platform Tokocrypto. Token ini dapat diperoleh melalui program loyalitas, staking, dan launchpad.

Produk investasi yang disediakan Tokocrypto

Mata Uang Kripto

Tokocypto sebagai platform exchange mata uang kripto yang paling populer di Indonesia menyediakan lebih dari 340 koin yang dapat diperdagangkan termasuk stablecoin. Stablecoin merupakan mata uang kripto yang memiliki acuan nilai terhadap mata uang fiat seperti dolar AS dan Rupiah.

Platform tersebut juga menyediakan perdagangan koin-koin terpopuler, seperti:

Bitcoin (BTC)

Bitcoin merupakan mata uang kripto tertua yang ada. Bitcoin dibuat pada tahun 2008 oleh Satoshi Nakamoto, nama alias untuk seseorang yang identitas aslinya tidak diketahui. Bitcoin memiliki tujuan yaitu menciptakan sistem pembayaran alternatif untuk mata uang fiat atau tradisional yang sepenuhnya terdesentralisasi sehingga tidak bergantung pada bank sentral apa pun. Peredaran Bitcoin hanya dibatasi hingga 21 juta koin saja dan akan mengalami halving Bitcoin pada periode tertentu. Dengan harga US$ 66 ribu saat ini, Bitcoin berada pada posisi pertama sebagai mata uang terpopuler saat ini dengan kapitalisasi pasar US$ 1.298,40 Miliar.

Ethereum (ETH)

Ethereum merupakan platform virtual yang menggunakan teknologi blockchain. Hal tersebut dapat memungkinkan dilakukannya suatu pengembangan aplikasi, pemeliharaan aset, dan penggunaan mata uang kripto aslinya (Ether, atau ETH). Hal tersebut memiliki arti bahwa Ethereum merupakan ruang digital di mana berbagai operasi dapat dilakukan menggunakan ETH sebagai mata uang kripto yang terdesentralisasi. Ethereum saat ini menempati peringkat kedua sebagai mata uang kripto terpopuler yang ada di dunia. Saat ini, satu koin Ethereum memiliki harga US$ 3,3 ribu dengan kapitalisasi pasar sebesar US$ 401,52 Miliar.

Solana (SOL)

Solana diluncurkan pada Maret 2020. Seperti Ethereum, jaringannya mendukung dApps, smart contract, dan token yang tidak dapat dipertukarkan. Namun, sistem verifikasi bukti kepemilikan dan bukti sejarah Solana yang unik membuatnya lebih cepat dan lebih murah apabila dibandingkan Ethereum. Sayangnya, jaringan Solana telah mengalami gangguan sejak peluncurannya, sehingga merusak kredibilitasnya di dunia kripto. Jaringan Solana mati selama hampir 20 jam pada bulan Februari 2023. Investor tetap diuntungkan dengan harga solana mendapat dorongan besar dari keputusan pengadilan XRP, dan mengalami kenaikan hingga tiga digit pada tahun 2023 sehingga menjadikannya mata uang kripto dengan kinerja terbaik. Soala menempati posisi ketiga sebagai mata uang kripto terpopuler dengan kapitalisasi pasar US$ 82,4 Miliar.

Dogecoin (DOGE)

Berawal dari asal muasal yang cukup unik yaitu diciptakan sebagai koin meme, kini Dogecoin menjadi salah satu koin kripto yang populer di kalangan para investor kripto. Dogecoin merupakan mata uang kripto terdesentralisasi dan mata uang kripto open source yang memiliki blockchain-nya sendiri sehingga sifatnya berbeda dengan Bitcoin dan Ethereum, Dogecoin mulai populer ketika Elon Musk memberikan pernyataan bahwa kita dapat membeli mobil Tesla dengan menggunakan Dogecoin. Saat ini satu koin Dogecoin memiliki harga US$ 0,18 dengan kapitalisasi pasar sebesar US$ 25,78 Miliar.

Selain beberapa mata uang kripto populer yang dipasarkan, Tokocrypto juga menyediakan perdagangan untuk token yang dimilikinya sendiri yaitu Toko Token (TKO)

Toko Token (TKO)

TKO atau Toko Token merupakan token hybrid yang dimiliki oleh Tokocrypto dengan kapitalisasi pasar yang mencapai US$ 287 Juta. Token tersebut dapat digunakan juga untuk melakukan jual beli koin kripto, melakukan transaksi NFT, staking, dan lain-lain.

Di pasar perdagangan, TKO hanya tersedia sebanyak 500 juta koin saja dan pembuatannya dilakuan dengan menggunakan sistem blockchain. Hal tersebut membuat TKO sulit untuk dimanipulasi atau dipalsukan. TKO merupakan token milik Tokocrypto yang saat ini telah diperdagangkan di seluruh dunia dan transaksinya dapat dilakukan 24 jam. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan TKO telah hadir pada platfrom exchange Binance dan Pancake Swap. Saat ini harga satu token TKO bernilai US$ 0,57.

Berapa Fee di Tokcrypto?

Tokocrypto merupakan platform exchange yang memiliki rincian fee yang transparan dan kompetitif pada setiap transaksi yang dilakukan oleh para penggunanya. Adapun beberapa fee tersebut terdiri dari fee deposti, fee withdrawal, fee trading, dan fee instant trade yang merupakan fitur unggulan dari Tokocrypto. Berikut merupakan rincian beberapa fee dari Tokocrypto

  • Fee Deposit: Untuk melakukan deposit, pengguna akan dikenakan biaya sebesar 2% pada deposit melalui e-wallet (Gopay, Shopeepay, Link Aja, atau Dana). Deposit yang dilakukan tanpa melalui e-wallet tidak dikenakan biaya.
  • Fee Withdrawal: Biaya penarikan dana atau withdrawal pada platform exchange Tokocrypto akan dikenakan biaya per penarikan sebesar Rp 10 ribu untuk BIDR sedangkan untuk penarikan kripto akan dikenakan biaya sesuai dengan jaringan.
  • Fee Trading: Fee bagi pengguna ketika akan melakukan trading akan dikenakan biaya sebesar 0,31% bagi pengguna yang memiliki akun biasa. Pengguna dengan akun VIP akan dikenakan fee yang lebih rendah yaitu sebesar 0,22%. Biaya trading juga dapat menjadi lebih rendah ketika Anda melakukan pembayaran dengan menggunakan TKO.
  • Fee Instant Trade: Fee yang akan dikenakan pada pengguna ketika melakukan instant trade akan bervariasi yaitu tergantung pada aset yang diperdagangkan.

Minimal Penarikan di Tokocrypto

Platform exchange Tokocrypto memiliki batas minimal untuk melakukan penarikan. Batas minimal ini berbeda-beda tergantung pada metode penarikan dan aset yang akan ditarik oleh pengguna. Berikut merupaakn rincian batas minimal penarikan di Tokocrypto:

  • Minimal Penarikan FIAT: Untuk melakukan penarikan dengan metode penarikan FIAT yang dapat dilakukan dengan transfer bank, virtual account, e-wallet, atau melalui minimarket, penggunakan harus melakukan pnerikan minimal Rp 50 ribu
  • Minimal Penarikan Kripto: Untuk melakukan penarikan aset kripto batas minimal penarikan bervariasi. Apabila Anda akan melakukan penarikan pada BIDR, batas minimal penarikannya adalah Rp 50 ribu. Sedangkan untuk aset kripto lainnya, batas minimal penarikan tergantung kepada jumlah minimal yang telah ditentukan oleh jaringan aset tersebut.

Keamanan Tokocrypto

Tokocrypto merupakan platform exchange mata uang kripto pertama di Indonesia yang terdaftar dan diawai sejak tahun 2019 oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) yang berada di bawah Kementerian Perdagangan RI. Platform ini terdaftar di Bappebti dengan nomor 001/BAPPEBTI/CP-AK/11/2019.

Platform exchange tersebut berusaha dengan maksimal untuk menjaga keamaan dana penggunanya. Hal tersebut dilakukan dengan tindakan nyata berupa merilis Proof of Reserves (RoR) yang juga disebut dengan Bukti Cadangan. Butki Cadangan tersebut diimplementasikan melalui audit Merkle Tree dan zk-SNARKs (Zero-Knowledge Succinct Non-Interactive Argument of Knowledge) sehingga hasilnya lebih akurat.

Tidak hanya platform saja yang bertugas untuk menjaga keamaan aset pengguna. Namun, pengguna juga dapat melakukan penjagaan keamanan akunnya dengan mengaktifkan fitur passkey.

Cara Membuka Akun di Tokocrypto

  • Buka www.tokocrypto.com kemudian klik Daftar.
  • Lakukan pengisian kolom dengan nama email, kemudian kombinasi kata sandi min 8 karakter (huruf besar / kecil, simbol, dan nomor) ID Referensi (Opsional) dan pilih dari mana Anda mengetahui Tokocrypto. Setelah itu klik jika telah membaca dan setuju dengan ketentuan pengguna. Kemudian klik Daftar.
Review Tokocrypto
Mendaftar Akun di Tokocrypto
  • Harap konfirmasi email Anda untuk mendapatkan kode konfirmasi. Ini untuk memvalidasi email Anda.
  • Apabila verifikasi akun Anda telah berhasil, makan akan muncul tampilan Info Dasar akun Anda.

Verifikasi Akun di Tokocrypto

  • Masuk ke akun.
  • Klik “Info Dasar” dan lakukan KYC verifikasi.
  • Pilih KYC tingkat 1 lalu klik “Verifikasi Sekarang”.
  • Lakukan pemilhan kebangsaan, pilih kebangsaan Indonesia jika Anda adalah WNI.
  • Lakukan pengunggahan foto KTP Anda
  • Lakukan pengisian informasi sesuai dengan yang tertera pada KTP.
  • Lakukan pengambilan gambar selfie secara normal dan gerakan acak.
  • Klik tombol selesai, cek email untuk melihat konfrimasi dari Tokocrypto.
  • Data KYC Anda diproses dalam beberapa hari kerja.

Cara Login di Tokocrypto

  • Jika ingin melakukan Login, Silahkan buka laman utama Tokocrypto disini kemudian klik Masuk.
Review Tokocrypto
Login ke Tokocrypto
  • Masukkan alamat email dan kata sandi sesuai yang didaftarkan di Tokocrypto. Kemudian klik Masuk.
  • Input Kode OTP jika anda sudah mengaktifkan security yang digunakan. Pilihannya ke Halaman Akun selanjutnya 2 FA terdiri dari 2 pilihan yaitu Otentikasi Google (Google Authenticator) atau Otentikasi SMS.
  • Setelah proses log in selesai, Anda akan masuk ke laman dashboard Anda.

Cara Deposit di Tokocrypto

Deposit Melalui Fiat dengan Bank Permata

  • Pada menu utama, pilih transaksi lain
  • Pilih Pembayaran Transfer
  • Pilih pembayaran lainnya
  • Pilih pembayaran Virtual Account
  • Masukkan nomor virtual account anda
  • Pada halaman konfirmasi, akan muncul nominal yang dibayarkan, nomor, dan nama merchant, lanjutkan jika sudah sesuai
  • Pilih sumber pembayaran anda dan lanjutkan
  • Transaksi anda selesai
  • Ketika transaksi anda sudah selesai, invoice anda akan diupdate secara otomatis.Ini mungkin memakan waktu hingga 5 menit

Deposit Melalui Fiat Selain Bank Permata

  • Pada menu utama, pilih transaksi lain
  • Pilih Transfer
  • Pilih transfer antar bank lain
  • Masukkan kode 13 (Kode Bank Permata) dan lanjut
  • Masukkan nominal yang anda ingin bayarkan. Harus sesuai dengan nominal invoice anda
  • Masukkan nomor virtual account anda
  • Pada halaman konfirmasi,akan muncul nominal yang dibayarkan, nomor, dan nama merchant, lanjutkan jika sudah sesuai
  • Transaksi anda selesai
  • Ketika transaksi anda sudah selesai, invoice anda akan diupdate secara otomatis.Ini mungkin memakan waktu hingga 5 menit.

Deposit dengan Kripto

Review Tokocrypto
Deposit di Tokcrypto dengan Menggunakan Kripto
  • Klik Kripto
  • Pilih jenis asset 
  • Kemudian pilih jaringan yang sesuai dengan tujuan Anda
  • Klik salin alamat/memo (fitur ini memudahkan Anda untuk menyalin wallet address tujuan)

Cara Beli Koin di Tokocrypto

Berikut merupakan cara yang dapat Anda lakukan untuk membeli aset kripto di plaftorm Tokocrypto. Tentunya hal tersebut dapat Anda lakukan ketika Anda telah melakukan deposit terlebih dahulu. Sebagai contoh, kami akan menggunakan cara untuk membeli Bitcoin pada Tokocrypto.

  • Login ke Akun Tokocrypto Anda, kemudian pilih menu “Pertukaran.
  • Di halaman pertukaran, ketik “btc” pada kolom pencarian, kemudian pilih pasangan IDR.
  • Pilih “BTC/IDR” (Anda sudah memiliki IDR setelah melakukan deposit).
  • Pilih menu pesanan Limit atau Pasar atau Stop-Limit, lalu masukkan jumlah BTC yang Anda ingin beli pada kolom pilihan “Beli.”
Review Tokocrypto
Membeli BTC di Tokocrypto
  • Klik tombol hijau untuk “Beli BTC.”
  • Tunggu sampai pemberitahuan”Berhasil” muncul dan masuk ke Order Book.
  • 7. Kemudian, jika sudah berhasil beli akan masuk ke “Riwayat Pesanan.” Lakukan pengecekan dengan klik “Riwayat Order.”

Kelebihan & Kekurangan Trading Menggunakan Tokocrypto

Sebagai platform exchange, tentu saja Tokocrypto memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada bagian ini kami akan menyebutkan beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Tokocrypto sehingga Anda dapat mempertimbangkannya.

Tokocrypto memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya sebagai platform terpopuler bagi orang yang berkecimpung dalam dunia kripto, antara lain:

  • Keamanan dan legalitas terjamin dengan izin dari Bappebti.
  • Memiliki fitur yang lengkap sehingga sangat cocok untuk trader pemula hingga trader berpengalaman.
  • Fee yang kompetitif dan transparan.
  • Memiliki komunitas yang aktif dengan dukungan yang sangat kuat.
  • Memiliki likuiditas yang tinggi, sehingga memberikan kemudahan dalam menjual dan membeli aset kripto.
  • Menyediakan pilihan metode deposit dan penarikan yang beragam, dapat melalui virtual account dan melalui e-wallet.

Tokocrypto memiliki beberapa kekurangan yang dapat Anda jadikan pertimbangan ketika akan menggunakan platform tersebut, antara lain:

  • Jumlah aset kripto yang tersedia pada Tokocrypto masih terbatas apabila dibandingkan dengan bursa global seperti Binance dan Coinbase.
  • Bagi trader berpengalaman dan profesional, beberapa fitur yang tersedia di Tokocrypto mungkin masih terasa kurang.
  • Masih perlu untuk melakukan peningkatan performa dan stabilitas platform Tokocrypto karena masih sering mengalami masalah ketika terjadi lonjakan volume dan transaksi perdagangan.

Opini para pengguna Tokocrypto

Beberapa opini dari pengguna yang telah menggunakan platform Tokocrypto mengatakan bahwa Tokocrypto merupakan platform exchange yang memiliki user interface yang sangat sangat ramah pengguna sehingga pengguna tidak kebingungan ketika menggunakan platform tersebut. Pada App Store, Tokocrypto mendapatkan rating sebesar 4,3 dari 5 yang diambli dari total 9,9 ribu rating yang telah diberikan oleh penggunanya.

Review Tokocrypto
Rating Tokocrypto di App Store

Pengguna menjadi semakin percaya terhadap Tokocrypto dikarenkakan platform tersebut telah bekerjasama dengan Binance yang dikenal sebagai platform exchange terbesar di dunia. Selain itu, Tokocrypto juga didukung dengan sistem keamaan yang berlapis seperti 2 factor authentication sehingga para pengguna tidak khawatair dengan masalah keamaan yang akan terjadi.

Hal penting lainnya adalah Tokocrypto menawarkan likuiditas yang tinggi sehingga dapat dipastikan pengguna dapat melakukan transaksi dengan mudah.

Apabila pengguna mengalami kendala dapat langsung menghubungi Customer Service Tokocrypto yang sangat responsif dan dapt diandalkan. Pengguna dapat menghubungi CS Tokocrypto melalui aplikasi Whatsapp, Email, ataupun fitur Live Chat yang ada pada aplikasi Tokocrypto untuk mendapatkan penanganan yang tepat atas masalah yang dihadapi.

Berkat fitur yang dimiliki oleh Tokocrypto, pengguna tidak hanya bisa melakukan perdagangan saja namun juga memperoleh edukasi melalui Tokonews. Oleh karena itu, pengguna juga dapat memperoleh informasi terkait perkembangan aset kripto dan promosi yang ada pada platform tersebut.

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Apakah Tokocrypto aman?

Tokocrypto merupakan platform exchange yang aman dan terpercaya dan telah mendapatkan izin resmi dari Bappebti sebagai pedagang fisik aset kripto sejak tahun 2019. Tokocrypto dalam menjaga keamanan data dan aset penggunanya menggunakan berbagai teknologi dan protokol keamanan, seperti enkripsi data, cold storage, firewall, dan 2FA, guna melindungi akun dan aset pengguna dari serangan siber dan pencurian.

Berapa fee di Tokocrypto?

Tokotcrypto merupakan platform yang menawarkan fee yang transparan dan kompetitif sehingga dapat menarik para pengguna baru. Fee tersebut tergolong menjadi fee deposit, fee withdrawal, fee trading, dan fee instant trade. Masing-masing fee bergantung pada metode dan jenis aset kripto yang diperdagangkan.

Apa itu TKO?

TKO atau Toko Token merupakan token utilitas yang dimiliki oleh Tokocrypto yang dapat digunakan sebagai alat pertukaran. TKO dapat diperoleh dengan cara ikut berpartisipasi dalam program loyalitas, staking, serta launchpad yang diadakan oleh Tokocrypto.

Artikel Terkait