Rekomendasi Buku Terbaik Belajar Investasi di Pasar Saham

Kami menyiapkan daftar rekomendasi buku terbaik yang bisa Anda temukan untuk belajar tentang investasi di pasar saham. Beberapa buku ini bisa membuat pemula dan yang tidak begitu pemula dapat belajar lebih banyak tentang dunia saham. Terutama karena seperti yang banyak orang ketahui, di pasar saham, Anda tidak pernah belajar semuanya. Kita bisa menemukan buku tentang psikologi, analisis fundamental, dan analisis teknikal.

Rekomendasi buku investasi saham bagi pemula

Sebelum memulai, jika Anda ingin menikmati pengalaman yang lebih menyenangkan dalam proses belajar tentang pasar saham, keuangan, dan pasar finansial, Anda bisa mengunjungi rekomendasi kami tentang film, serial, dan dokumenter terbaik tentang pasar saham dan keuangan di Netflix.

Top 10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Investasi di Pasar Saham

Berikut ini kami telah mengumpulkan buku-buku terbaik untuk belajar tentang investasi di pasar saham

Top 10 Buku Terbaik untuk Belajar Berinvestasi di Pasar Saham
One up in Wall Street oleh Peter Lynch
Trading for A Living oleh Alexander Elder
Tomorrow’s Gold: Asia’s age of discovery oleh Marc Faber
Technical Analysis of the Financial Markets oleh John J. Murphy
The Snowball: Warren Buffett and the Business of Life oleh Alice Schroder
The Intelligent Investor oleh Benjamin Graham
The Great Crash 1929 oleh John Kenneth Galbraith
Market Wizards oleh Jack D. Schwager
Cara Ampuh Investasi ala Warren Buffet dan Lo Kheng Hong oleh Ratna Dewi Pudiastuti
The little book that beats the market oleh Joel Greenblatt

#10 Tomorrow’s Gold: Asia’s age of discovery oleh Marc Faber

Tomorrow’s Gold adalah buku rekomendasi saham yang menjelaskan tentang pertumbuhan ekonomi Asia yang ditulis oleh Marc Faber. Dalam buku ini, Faber berpendapat bahwa Asia sedang berada di tengah-tengah ledakan ekonomi yang akan melampaui revolusi industri dunia Barat. Bahkan, ia berpendapat bahwa Barat tidak lagi akan menjadi pusat ekonomi dunia dan bahwa Asia siap untuk mendominasi di abad ke-21.

Rekomendasi buku saham: pertumbuhan ekonomi Asia oleh Marc Faber

The gold of tomorrow menawarkan pandangan yang tajam tentang kebangkitan Asia dan implikasinya bagi masa depan ekonomi dunia. Faber juga menganalisis tantangan yang dihadapi Asia, seperti degradasi lingkungan dan kemiskinan.

Secara keseluruhan, Tomorrow’s Gold menawarkan perspektif unik tentang benua Asia dan potensi pertumbuhan serta kemakmurannya. Bacaan wajib bagi siapa saja yang tertarik untuk memahami kebangkitan Asia. Sangat menonjol adalah kumpulan grafik historis yang luar biasa tentang pasar keuangan.

#9 The Snowball: Warren Buffett and the Business of Life oleh Alice Schroder

Rekomendasi buku soal pengalaman investasi saham Warren Buffet

The Snowball adalah buku karya Aloce Schroder yang menawarkan kepada pembaca pengalaman unik dari seorang investor kawakan Warren Buffet.

Buku ini menceritakan bagaimana Warren Buffet yang mampu memilih perusahaan (saham), delegasi wewenang dan menangani masalah secara sukses. Kisah hidupnya seperti bola salju yang selalu diluncurkan, terus mengakumulasi kekayaan.

#8 The Great Crash 1929 oleh John Kenneth Galbraith

Rekomendasi buku saham: resesi di tahun 1929 kejatuhan pasar saham

The Great Crash 1929 adalah buku karya John Kenneth Galbraith tentang kejatuhan pasar saham tahun 1929 dan Depresi Besar yang mengikutinya. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1954 dan telah dicetak ulang beberapa kali. Dalam buku ini, Galbraith berpendapat bahwa kejatuhan pasar saham disebabkan oleh faktor-faktor berikut:

  • Irasionalitas psikologi massa.
  • Spekulasi dengan leverage besar.
  • Overproduksi.
  • Distribusi pendapatan yang tidak merata.
  • Intervensi pemerintah melalui regulasi ekonomi

Selain itu, buku ini juga membahas cara-cara pencegahan depresi/resesi ekonomi di masa depan. Secara keseluruhan, meskipun waktu telah berlalu dan beberapa aspek dari buku ini mungkin agak ketinggalan zaman, tetap merupakan karya penting dalam sejarah ekonomi.

#7 Cara Ampuh Investasi ala Warren Buffet dan Lo Kheng Hong

Rekomendasi buku saham: pengalaman Lo Kheng Hong

Buku ini akan menjabarkan strategi investor terkenal dunia Warren Buffet dan investor kenamaan Indonesia Lo Kheng Hong. Keduanya memiliki karakter yang berbeda, namun setiap strategi mereka patut dipelajari karena keberhasilannya.

Buku ini mencakup dari dasar-dasar cara kerja bursa saham hingga topik yang lebih maju seperti manajemen risiko dan strategi investasi. Selain itu, penulis menawarkan saran dan tips langsung tentang cara menjadi investor saham yang sukses.

👉 Bagaimana cara kerja pasar saham?

#6 The little book that beats the market

The little book that beats the market oleh Joel Greenblatt, adalah teks investasi klasik yang telah membantu banyak orang mencapai kesuksesan di pasar saham.

Buku ini berfokus pada “rumus ajaib” Greenblatt untuk berinvestasi, yang menurutnya dapat mengalahkan pasar dalam jangka panjang. Meskipun rumusnya bisa kompleks, buku ini melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menjelaskannya dengan istilah sederhana. Buku ini menjelaskan cara menemukan perusahaan yang undervalued dan berinvestasi di dalamnya dalam jangka panjang untuk mengalahkan pasar.

Secara umum, buku ini menawarkan saran praktis tentang cara menemukan perusahaan-perusahaan tersebut dan berinvestasi di dalamnya, serta berbagai studi kasus dan contoh dunia nyata untuk menggambarkan kekuatan rumus ajaib.

#5 Market Wizards oleh Jack D. Schwager

Market Wizards adalah buku klasik tentang trading yang ditulis oleh Jack D. Schwager. Buku ini terdiri dari wawancara dengan beberapa trader paling sukses pada dekade 1980-an, di antaranya kita menemukan Jim Simons, Peter Lynch atau Warren Buffet, yang berbagi ide, strategi, teknik, cara berpikir, dan cara mereka mengambil keputusan.

Market Wizards adalah bacaan penting bagi setiap trader serius, karena menawarkan wawasan internal tentang bagaimana para trader terbaik dalam bisnis ini beroperasi. Bagaimanapun, buku ini tidak hanya untuk trader profesional; juga bisa bermanfaat bagi siapa saja yang ingin belajar lebih banyak tentang pasar dan cara trading dengan efektif.

#4 Trading for A Living oleh Alexander Elder

Hidup dari trading tidak semudah kelihatannya. Untuk berhasil, Anda harus memiliki pengetahuan yang solid tentang pasar dan mampu mengendalikan emosi.

Alexander Elder, penulis buku ini, berbagi ide-idenya tentang metode trading yang efektif untuk mengalahkan pasar:

  • Memperlakukan perdagangan sebagai bisnis
  • Mengelola modal Anda sedemikian rupa sehingga serangkaian kerugian tidak membuat kita keluar dari pasar.
  • Psikotrading
  • Mengetahui cara menempatkan stops dan mengambil keuntungan.

Dengan cara ini, penulis menjelaskan bahwa sebagian besar orang yang mencoba hidup dari trading gagal karena mereka tidak memiliki rencana atau sistem, dan tidak melacak kemajuan mereka. Akibatnya, mereka akhirnya membuat kesalahan karena kelalaian yang merugikan mereka.

Anda juga harus disiplin dan sabar, dan selalu ingat bahwa tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan.

#3 Technical Analysis of the Financial Markets oleh John J. Murphy

Banyak orang menganggap buku ini sebagai kitab suci analisis teknikal. 

Di dalamnya, Murphy menawarkan analisis mendetail tentang berbagai kekuatan yang mendorong pasar keuangan:

  • Indikator ekonomi.
  • Peristiwa politik.
  • Psikologi pasar.
  • Dan yang terpenting, penjelasan menyeluruh tentang analisis teknikal dan potensinya untuk memprediksi pergerakan pasar di masa depan.

Dia percaya bahwa kekuatan penawaran dan permintaan yang mengatur harga. Pemahaman tentang kekuatan ini dapat memberikan wawasan tentang pergerakan harga di masa depan. Buku Murphy penuh dengan grafik mendetail dan penjelasan tentang bagaimana menggunakan analisis teknikal untuk memprediksi tren pasar.

Meskipun beberapa pembaca mungkin menemukan gaya Murphy padat dan menantang, ini adalah buku yang harus dibaca untuk memahami secara mendalam kunci untuk analisis teknikal yang baik.

#2 One up in Wall Street oleh Peter Lynch

One up on Wall Street, oleh Peter Lynch, adalah buku yang menawarkan pandangan tentang dunia investasi. Mencakup serangkaian topik, mulai dari cara memilih saham hingga kapan menjualnya, di mana salah satu pelajaran terpenting yang diajarkan Lynch adalah pentingnya penelitian.

Menekankan bahwa investor tidak boleh menaruh uang mereka di perusahaan tanpa terlebih dahulu melakukan pekerjaan rumah mereka. Ini berarti meluangkan waktu untuk memahami perusahaan, keuangannya, dan sektor tempat perusahaan beroperasi.

Dengan meneliti secara mendalam, investor dapat meminimalkan risiko kerugian dan memaksimalkan peluang mereka untuk mendapatkan keuntungan.

Sebagai catatan, Peter Lynch adalah manajer legendaris dari dana saham Amerika terbesar dan terbaik selama beberapa dekade hingga tahun 90-an, Fidelity Magellan.

#1 The Intelligent Investor oleh Benjamin Graham

The Intelligent Investor oleh Benjamin Graham sebagai karya klasik tentang investasi dan menurut Warren Buffett mungkin adalah buku terbaik tentang investasi yang pernah ada. Diterbitkan pertama kali pada tahun 1949, buku ini telah terjual lebih dari satu juta eksemplar dan masih dicetak hingga saat ini.

Rekomendasi buku saham: The Investor Intelligent versih Bahasa Indonesia

Dalam buku ini, Graham menguraikan filosofinya tentang value investing, yang ide dasarnya adalah membeli saham yang dijual di bawah nilai intrinsiknya, yaitu menemukan saham-saham yang diremehkan oleh pasar.

Walaupun ada banyak cara berbeda untuk mengukur nilai intrinsik, pendekatan Graham berfokus pada faktor-faktor berikut:

  • Kekuatan keuntungan.
  • Potensi pertumbuhan dividen.
  • Kekuatan neraca.
  • Pentingnya diversifikasi dan manajemen risiko.

Ide-ide Graham sama relevannya hari ini seperti saat buku itu terbit pertama kali. Buku ini menunjukkan bahwa mereka yang menjadi pemenang di pasar saham 50 tahun yang lalu, hari ini masih akan menjadi pemenang.

Jika Anda ingin ulasan yang lebih mendetail tentang buku terbaik tentang keuangan, investasi, dan pasar saham, jangan lewatkan video ini.

Rekomendasi Buku lain untuk belajar berinvestasi di pasar saham

Rekomendasi buku lain untuk belajar berinvestasi di pasar saham
Seeking Wisdom
This Time is Different: Eight Centuries of Financial Folly oleh Carmen M. Reinhart & Kenneth Rogoff
The age of turbulence: Buku refleksi oleh Alan Greenspan
The Art of Thinking Clearly
Your Money and Your Brain
Investasi Saham ala Swing Trader Dunia
Merdeka Finansial dengan Investasi Saham
Formula Mencari Investasi Saham Terbaik
Poor Charlie’s Almanack: The Essential Wit and Wisdom by Charles Munger
Behavioural Finance: Insight into Irrational Minds and Markets
How to Invest in the Stock Market from scratch for the long term
One Step Ahead of Wall Street
Technical Analysis and Candlestick for Medium and Ling-term Investors Starting from Scratch

Secrets for Profiting in Bull and Bear Markets

This Time is Different: Eight Centuries of Financial Folly Carmen M. Reinhart & Kenneth Rogoff

Sebuah karya sejarah yang sangat baik menganalisis krisis ekonomi besar yang menunjukkan sifat berulang dalam pikiran manusia dan kesalahan serupa di semua periode krisis.

Seeking Wisdom: Darwin to Munger

Orang yang telah melakukan kesalahan dan tidak memperbaikinya melakukan kesalahan yang lebih besar.

Konfusius

Beginilah buku ini mulai mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut: Mengapa kita berperilaku seperti yang kita lakukan? Apa yang kita harapkan dari kehidupan? Apa yang mengganggu tujuan kita? Dokumen ini menawarkan eksplorasi multidisiplin yang luar biasa terhadap pengetahuan yang akan mengubah cara berpikir dan bertindak dalam bisnis dan kehidupan bagi mereka yang membacanya.

The Art of Thinking Clearly oleh Rolf Dobelli

Apakah Anda pernah menjual saham terlalu cepat atau menginvestasikan waktu dan uang dalam proyek yang akhirnya menjadi bencana? Di dalam buku ini ada 99 bab singkat dan praktis menggambarkan kesalahan paling umum dalam berpikir dan bernalar yang sering orang seperti Anda atau saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Memahami alasannya dapat mengubah hasilnya.

Poor Charlie’s Almanack: The Essential Wit and Wisdom by Charles Munger

Buku ini menawarkan Anda kesempatan untuk meningkatkan aspek-aspek seperti bisnis, investasi, dan bidang lain dalam hidup Anda dengan bantuan Warren Buffet dan Charlie Munger, melalui konferensi, laporan, dan buku dari yang terakhir. Bersiaplah untuk menikmati dan belajar dari humor, kebijaksanaan, dan pengalaman Charlie Munger.

Behavioural Finance: Insight into Irrational Minds and Markets

Dalam buku ini, James Montier menganalisis beberapa masalah perilaku paling penting yang dihadapi oleh investor. Serta menjelaskan bagaimana hambatan psikologis yang paling umum dapat mempengaruhi keputusan investasi sehingga menjadi kegagalan. Untuk itu, buku ini akan membahas serangkaian alat untuk mengidentifikasi dan menghindari situasi semacam ini.

Your Money & Your Brain oleh Jason Zweig

Mengapa orang pintar membuat keputusan keuangan yang bodoh? Bagaimana mereka bisa menghindarinya? Buku ini, melalui psikologi, ilmu saraf, dan ekonomi, menawarkan pemahaman yang lebih baik tentang proses pengambilan keputusan keuangan dan kesalahan utama yang kita buat di dalamnya.

Security Analysis

Ini karya terbaik Benjamin Graham. Dia menjelaskan berbagai nilai investasi, karakteristik, kelebihan, dan kekurangannya. Buku ini berusaha membantu setiap jenis investor untuk mendasarkan keputusan mereka pada ide-ide yang solid dan dapat diandalkan tanpa didasarkan pada keputusan yang tidak rasional.

How to Invest in the Stock Market from scratch for the long term

Buku rekomendasi ini memberi tahu kita bahwa hanya beberapa orang bisa kaya hanya dengan berinvestasi di waktu yang sempit di pasar saham. Namun sangat memungkinkan untuk bisa mendapatkan keuntungan jangka panjang dengan menerapkan beberapa aturan.

One Step Ahead of Wall Street

Ini adalah buku yang menjelaskan keberhasilan finansial oleh Peter Lynch. Dia menjelaskan bagaimana mendapatkan keuntungan yang sama seperti investor profesional karena peluang investasi yang tersedia bagi setiap orang. Selalu berusaha, seperti judulnya, untuk berada di depan apa yang terjadi di Wall Street.

10-baggers yang sangat diinginkan adalah yang dikenal sebagai melipatgandakan keuntungan yang telah diperoleh sebelumnya, seperti yang dia katakan, beralih dari portofolio saham yang baik ke portofolio bintang.

Technical Analysis and Candlestick for Medium and Long-term Investors Starting from Scratch

Buku lain yang menjelaskan bagaimana melakukan analisis teknikal yang baik dan memahami bagaimana candlestick bekerja di dunia perdagangan. Tidak benar bahwa analisis teknikal hanya untuk profesional dan mereka yang pandai matematika, buku ini membuktikan sebaliknya. Diperlukan logika dan akal sehat.

Secrets for Profiting in Bull and Bear Markets

Buku ini, yang ditulis oleh Stan Weinstein, memberikan indikator dasar untuk mulai berinvestasi dan mengetahui serta menganalisis bagaimana investasi kita bekerja.

Investasi Saham ala Swing Trader Dunia

Rekomendasi buku investasi saham ini memberikan penjelasan mendasar secara sederhana mengenai:

  • Pengenalan pasar modal di Indonesia
  • Analisa teknikal yang banyak digunakan di dunia
  • Cara membaca analisa teknikal
  • Jurnal harian dari transaksi-transaksi saham
  • Cara membeli saham dengan harga murah dan menjual dengan harga mahal
  • Cara mengelola dana investasi

Merdeka Finansial dengan Investasi Saham

Buku ini menjelaskan dengan berinvestais saham, Anda bisa mendapatkan kebebasan finansial. Buku ini menjelaskan bagaimana caranya agar terus cuan dalam investasi ataupun trading saham dengan rumus 3M + 1D

Formula Mencari Investasi Saham Terbaik

Buku ini membahas sektor mana yang menarik, cenderung mengalami kenaikan, mengalami tekanan, perubahan klasifikasi sektor di Bursa Efek Indonesia dan bagaimana kita perlu menyesuaikan portofolio kita

Mungkin tidak semua orang akan setuju dengan buku-buku ini. Selain itu beberapa buku yang sangat bagus dan penting mungkin tidak ada. Namun saya telah mencoba meneliti di antara yang paling dicari di media sosial. Saya akan menghargai jika Anda memberi tahu saya jika ada buku yang sangat penting yang hilang untuk dimasukkan, sehingga kita semua dapat membantu orang yang ingin belajar.

Apakah Anda setuju dengan buku-buku yang ada di blog? Apakah Anda merekomendasikan buku lain yang tidak ada di sini?

Singkatnya, ini adalah beberapa buku terbaik tentang investasi dan keuangan, banyak di antaranya ditulis oleh beberapa investor terbaik dalam sejarah. Apakah menurut Anda ada yang kurang?

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Buku apa yang direkomendasikan untuk mengetahui bagaimana kerja saham?

Jika Anda mencari buku dalam Bahasa Indonesia, maka rekomendasi buku investasi saham adalah Investasi Saham ala Swing Trader Dunia. Dalam Bahasa Inggris Anda bisa membaca How to Invest in the Stock Market from scratch for the long term.

Buku apa yang direkomendasikan untuk memilih saham yang benar?

Dalam memilih saham yang benar, Anda harus melakukan analisa fundamental dan teknikal. Namun jika Anda membutuhkan panduan, coba baca Secrets for Profiting in Bull and Bear Markets dan The Intelligent Investors.

Artikel Terkait