Head and Shoulders Pattern (HnS)

Head and Shoulders atau kepala bahu adalah salah satu pattern di dalam analisis grafik. Head and Shoulders terbentuk dari pergerakan harga pada grafik yang mengantisipasi perubahan tren dalam harga aset keuangan tertentu.

Pola HnS digambar di grafik dengan perkembangan harga aset, dan mengindikasikan perubahan tren setelah munculnya pola ini. Disebut demikian karena grafiknya, seperti yang akan kita lihat nanti, menunjukkan bahu, kepala, dan bahu lainnya, seolah-olah itu adalah badan manusia.

pattern adalah
@investopedia

Pola HnS adalah salah satu pola paling representatif dan penting dalam analisis grafik. Dalam konteks ini, kita berbicara tentang pola yang dapat diandalkan yang muncul di akhir tren yang relevan, yang berubah arah ketika bahu, kepala, bahu muncul.

Chartisme dan Analisis Grafik

Sebelum melanjutkan, penting untuk berhenti sejenak dan mempelajari tentang chartisme dan analisis grafik. Karena pola HnS adalah sebuah pola yang digunakan dalam jenis analisis ini, maka berguna untuk mengetahuinya agar dapat memahami lebih dalam nantinya.

Dengan demikian, chartisme atau analisis grafik adalah cabang dari analisis teknikal yang mempelajari grafik harga, berusaha mencari pola yang memungkinkan kita untuk memprediksi harga masa depan dari suatu aset tertentu.

Konsep chartisme berasal dari kata chart, yang dalam bahasa Inggris berarti grafik.

Jadi, ketika kita merujuk pada chartisme, kita berbicara tentang cabang yang mencoba mencari pola perilaku dalam harga suatu aset tertentu, dan untuk melakukannya kita menggunakan grafik harga. Dalam konteks ini, perlu dicatat bahwa kita berbicara tentang analisis teknikal, yaitu cabang dari analisis pasar saham yang percaya pada kemampuan untuk memperkirakan harga masa depan aset berdasarkan studi grafik yang menggambarkan evolusi harga aset tersebut.

Pola kepala bahu merupakan pola yang diamati dan dipertimbangkan oleh jenis analisis ini.

Apa itu Head and Shoulders (HnS)?

Pada sebuah grafik, pola kepala bahu dapat diidentifikasi setelah melihat evolusi yang mirip dengan yang diamati pada grafik yang ditunjukkan di bawah ini. Dengan kata lain, ketika grafik menggambar figur serupa dengan yang ditunjukkan, Anda dapat melihat bahu, kepala, dan bahu lainnya.

head and shoulders pattern

Apakah Ada Kebalikan Dari HnS?

Sama seperti ada bahu kepala bahu, juga ada bahu kepala bahu terbalik, atau juga disebut bahu kepala bahu bullish.

Seperti halnya pola HnS, ada juga pola HnS terbalik (inverted HnS), atau yang juga disebut sebagai pola bullish HnS.

apa itu head and shoulders pattern

Meskipun keduanya adalah pola yang berbeda, dalam praktiknya, keduanya mengantisipasi hal yang sama, yakni perubahan tren. Perbedaannya adalah jika itu adalah pola bullish HnS, perubahan akan terjadi ke arah tertentu, sementara jika itu adalah pola bearish HnS, perubahan akan terjadi ke arah yang berlawanan.

Seperti yang terlihat dalam grafik, pola ini disebut terbalik karena gambar yang dihasilkannya sama dengan pola kepala-bahu tradisional, namun terbalik. Gambar dalam kasus ini mencerminkan tubuh, namun terbalik.

Contoh Head and Shoulders

Berikut ini contoh grafik yang terdapat pola HnS. Anda bisa melihat setelah harga menjebol bahu kanan, harga cenderung melanjutkan penurunannya atau terjadi perubahan tren.

FAQs – Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Apa itu inverted head and shoulder?

Pola ini terdiri dari tiga puncak, dengan puncak tengah (bahu) lebih rendah dari puncak sebelumnya (kepala). Pola ini mengindikasikan bahwa tekanan jual melemah dan tekanan beli mulai mendominasi pasar.

Apa itu HNS pattern?

Pola Kepala dan Bahu (Head and Shoulders Pattern) adalah satu pola grafik yang sering terlihat dalam analisis teknikal. Biasanya, pola ini muncul ketika harga sedang bergerak naik dan dianggap sebagai tanda bahwa harga akan berbalik arah.

Artikel Terkait