Review Pluang, Amankah untuk Trading?

Pluang baru saja menambahkan daftar aset investasi yang bisa Anda akses di aplikasinya. Salah satunya adalah crypto. Bagi Anda yang tertarik dengan dunia investasi atau trading crypto, simak review aplikasi Pluang di sini!

Pluang adalah salah satu aplikasi dari broker atau sekuritas resmi di Indonesia yang bisa membantu Anda terjun ke dunia investasi multi aset. Pluang juga menawarkan beberapa fitur yang membantu Anda berinvestasi seperti leverage, investasi rutin hingga sinyal yang berisi analisa teknikal.

Tentu bagi Anda yang masih asing dengan dunia investasi namun tertarik mencobanya perlu tahu seperti apa review dari Pluang mulai dari kelebihan, kekurangan, biaya yang dibutuhkan dan minimal deposit yang wajib disetorkan. Semua tentu akan kami ulas di sini!

Review aplikasi Pluang
Aplikasi Pluang

Apa itu Pluang?

Pluang adalah salah satu platform yang menyediakan layanan trading dan investasi dalam satu aplikasi yang tersedia di handphone para nasabahnya. Juga merupakan aplikasi manajemen investasi yang multi aset, memudahkan nasabahnya terhubung dengan aset seperti saham, reksa dana, kripto dan emas.

apa itu aplikasi pluang

Aplikasi Pluang ini berada di bawah PT Bumi Santosa Cemerlang. Perusahaan ini didirikan pada 2015 oleh sepasang suami istri bernama Claudia Kolonas dan Richard Chua. Namun aplikasinya baru benar-benar dirils pada 21 Januari 2018.

Keduanya (pendiri Pluang) merupakan lulusan Harvard Business School yang ingin menciptakan peluang yang luas kepada masyarakat Indonesia mengakses aset investasi yang tak terbatas layaknya penduduk Amerika Serikat. Sehingga melalui Pluang Anda bisa memiliki saham Google, Nvidia hingga Apple!

Review Pluang: Ini fitur-fitur unggulannya!

Pluang sebagai aplikasi investasi yang mempermudah akses investor Indonesia, menyediakan fitur-fitur unggulan baik untuk investor maupun trader profesional.

FiturPenjelasan
LeverageMerupakan fitur yang disediakan untuk trader profesional. Leverage adalah fitur di mana trader bisa memperbesar daya beli sehingga bisa membeli banyak aset untuk memaksimalkan keuntungan ketika pergerakan pasar sesuai dengan ekspektasi.
Pluang menyediakan pilihan 2x dan 4x leverage. Di mana untuk fitur 2x leverage hanya membutuhkan modal awal 50% dari total eksposur dan 4x leverage membutuhkan modal awal 25% dari total eksposur.
Advanced OrderFitur untuk mengelola risiko dan memanfaatkan peluang dengan Limit Order, Stop Order, Stop Limit Order, Stop Loss dan Take Profit.
Chart TeknikalMerupakan fitur yang menyediakan indikator teknikal dan alat gambar yang didukung oleh trading view.
SinyalFitur ini merupakan rangkuman analisa teknikal beragam saham AS. Mulai dari analisa Bollinger Bands & Stochastic, Ensemble Trend, MACD dan RSI Convergence.
Investasi RutinIni merupakan fitur bagi investor untuk membantu mempraktekan metode dollar-cost saving. Jadi investor bisa menginvestasikan sejumlah uang secara rutin terlepas dari apakah harga di pasar sedang naik atau turun dan juga mengurangi risiko membeli aset di waktu yang salah.
Yield USDMerupakan fitur yang memberikan keuntungan tiap bulannya kepada nasabah yang memilik saldo dalam dolar Amerika Serikat di aplikasi Pluang.
PocketIni adalah fitur yang membantu Anda berinvestas pada sekumpulan aset berdasarkan suatu tema atau tren. Jadi sebagai nvestor pemula Anda tidak perlu bingung lagi dan takut salah memilh aset.
Pluang memiliki pocker Hello California, Tech Giants, The Future is AI, Dividen Enablers, Sporting Success dan banyak lag untuk sekumpulan saham Amerika Serikat.

Produk investasi yang disediakan Pluang

Aplikasi Pluang ini menyediakan berbagai aset yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Pluang menyediakan 900+ aset yang terdiri dari saham Amerika Serikat, mata uang crypto, reksa dana dan emas

Trading mata uang Crypto

Review aplikasi Pluang: Crypto

Anda bisa melakukan trading mata uang crypto di aplikasi Pluang. Pilihannya mulai dari Bitcoin hingga alternatif coin (Altcoin). Pluang memiliki 250+ aset crypto yang bisa Anda pilih. Pluang juga menyediakan banyak tipe order seperti order instan untuk mengurang slippage dan Advanced Order seperti limit, stop dan stop limt untuk mengeksekusi strategi trading Anda.

>> Cara memilih kripto terbaik di 2024

Saham & Futures Saham AS

pluang broker

Pluang memberikan akses kepada Anda untuk langsung berinvestasi pada 560+ saham Amerika Serikat. Anda bisa memiliki saham perusahaan besar seperti Microsoft (MSFT), Apple Inc (AAPL), Nvidia Cordp (NVDA) dan banyak lagi dari berbagai macam sektor. Pembelian saham AS di Pluang juga bisa disesuaikan dengan kemampuan investor. Sehingga Anda bahkan bisa membeli 0,01 lot saham tidak perlu membeli 1 lot saham.

Pluang juga menyediakan aset berjangka dalam bentuk Futures saham Amerika Serikat (AS). Ada dua produk yang ditawarkan yaitu S&P 500 Index dan Nasdaq 100.

Reksa Dana & ETF

Khusus produk Reksa Dana, Pluang hanya menyediakan akses untuk produk dalam negeri. Adapun produk Reksa Dana yang disediakan hingga lebih dari 65 produk Reksa Dana Pasar Uang hingga Reksa Dana Saham.

pluang pialang

Selain itu, kini Pluang juga menyediakan Anda akses untuk memilik ETF berdasarkan indeks saham Amerika Serikat. Saat ini sudah ada 50 ETF yang bisa Anda beli dan jadikan aset investasi.

>> Panduan lengkap cara memilih dan berinvestasi di ETF

Emas

Ini adalah produk investasi yang bisa Anda pilih di Pluang untuk jangka waktu yang sangat panjang. Berinvestasi di produk ini berarti Anda memilki emas digital yang sudah bersertifikat MUI. Nah, Anda bisa mencetak atau menarik kepemilikan emas digital ini menjad emas fisik Antam.

Review Pluang: Fee, Komisi & Biaya buka akun

Secara umum berkut biaya yang dikenakan saat akan membuka akun dan melakukan transaksi di Pluang:

Minimal deposit: Rp 100 juta untuk Pluang Plus dan mulai hanya dengan Rp 5000 untuk akun biasa.

Adapun biaya lain yang dikenakan sesuai dengan jenis transaksi yang Anda pilih. Berikut rinciannya:

Biaya trading saham di Pluang

Biaya transaksi: 0,30% untuk Pluang reguler dan 0,20% untuk Member Pluang Plus.

Pajak dividen: 15% tanpa leverage dan 30% dengan leverage

Biaya leverage: baya transaksi dan pajak dividen sebesar 30%

Spread indeks saham AS: 0,875% untuk produk Micro E-mini S&P 500 dan Micro E-Mini Nasdaq 100.

Pasar yang dapat diakses: Amerika Serikat

Biaya trading Crypto di Pluang

Floating spread jual-beli: bervariasi berdasarkan token

PPN: 0,11%

Minimal transaksi: Rp 5000

Maksimal transaksi: Rp 75.000

Biaya investasi Reksa Dana di Pluang

Investasi Reksa Dana di aplikas Pluang tidak dikenakan biaya admin maupun biaya transaksi. Namun tetap berlaku biaya transfer antar bank untuk pembelian atau penjualan Reksa Dana jika ada perbedaan bank kustodian Reksa Dana dengan rekening bank Anda.

Biaya investasi emas di Pluang

Minimal deposit: 0,01 gram

Biaya admin: gratis

Aplikasi/platform tersedia: Android dan iOs

Review Pluang: Keamanan & regulasi

Salah satu faktor penting dalam memilih broker terbaik di Indonesia adalah keamanannya. Review Pluang kali ini tentu memastikan bahwa broker lokal ini sudah terjamin keamanannya.

Pluang diawasi oleh Bappebti dan Kementerian Perdagangan. Pluang Emas dikelola risikonya oleh PT Pluang Emas Sejahtera. Sementara itu produk Indeks Pluang dan saham Amerika Serikat (AS) dikelola oleh PT PG Berjangka di bawah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan Kementerian Perdagangan.

Lebih lanjut perdagangan aset crypto difasilitasi oleh PT Bumi Sentosa Cemerlang yang juga sudah terdaftar di Bappebti. Pluang juga menggunakan layanan kustodian dar Fireblocks untuk aset kripto.

Selain itu, Pluang juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta memperoleh izin darii Kementerian Komunkasi dan Informatika Republk Indonesia (Kominfo) dengan nomor 001419/DJAI.PSE/04/2022.

Review Pluang: Cara buka akun

Salah satu aspek yang perlu Anda ketahui dalam review aplikasi Pluang ini adalah cara mendaftarkan akun atas nama diri Anda sendiri. Caranya cukup mudah, pertama-tama Anda harus mengunduh aplikasi Pluang melalu App Store di iOs atau Google Play Store di Android.

Setelah mengunduh aplikasi Pluang, silahkan pilih menu register atau daftar. Isi seluruh data yang diinstruksikan. Kemudian lakukan verifkasi email.

Setelah itu Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi identitas. Hal ini dibutuhkan untuk bisa bertransaksi di aset emas dan crypto. Cara melakukan verifikasi identitas di Pluang:

  • Buka menu Akun di bagian pojok kanan atas
  • Pilih menu Verifikasi Identitas
  • Pilih menu Verifikas Dasar
  • Lakukan proses pengambilan foto e-KTP, foto diri dan memasukkan nama, nomor KTP dan tanggal lahir.

Proses verfikasi ni membutuhkan waktu 1-2 hari kerja. Jika akun Anda sudah terverifikasi nantinya Pluang akan memberikan pemberitahuan melalui alamat e-mail yang sudah Anda daftarkan.

Cara login akun di Pluang

Untuk bisa bertransaksi baik investasi atau trading di Pluang, Anda harus login terlebih dahulu. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi Pluang kemudian klik login atau masuk
  • Masukkan no HP atau alamat email yang sudah Anda daftarkan
  • Anda akan menerima kode OTP, silahkan masukkan kode di aplikas

Langkah ini hanya diperlukan untuk login yang pertama. Jika sudah pernah login sebelumnya, Anda hanya perlu memasukkan PIN atau melakukan autentifikasi wajah atau sidik jar.

Cara isi saldo deposit di Pluang

Jika Anda pengguna baru, saat login di aplikasi Pluang cukup klik menu Top Up di halaman depan. Kemudian pilih saldo apa yang akan kalian tambahkan.

Pluang menyediakan isi saldo Rupiah, Dollar Amerika Serikat dan Margin Dollar. Klik Top Up pada setiap menu yang Anda pilih. Kemudian plih metode yang ingn Anda gunakan yaitu langsung dari BCA, Virtual Account atau e-wallet. Setelah itu masukkan nominal yang Anda inginkan dan ikuti langkah yang diinstruksikan oleh aplikasi.

Review Pluang: Kelebihan & kekurangan trading pakai aplikasi ini

Untuk membantu Anda membuat keputusan apakah layak menggunakan aplikasi Pluang di tahun 2024 ini, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan aplikasi Pluang:

Kelebihan trading menggunakan Pluang adalah:

  • Dalam satu aplikasi Pluang, banyak aset investasi yang bisa Anda pilih
  • Merupakan aplikasi dari broker legal di Indonesia. Tercatat di OJK, Bappebti, Kementerian Perdagangan dan Kominfo
  • Ramah bagi investor pemula
  • Memberikan informasi yang jelas mengenai biaya yang dikenakan
  • Cocok untuk Anda yang memiliki modal kecil karena minimal deposito mulai dari Rp 5.000

Kekurangan trading menggunakan Pluang adalah:

  • Belum cocok untuk trader profesional yang membutuhkan platform dan sistem yang lebih canggih
  • Tampilan aplikasi masih cukup membingungkan bagi investor pemula
  • Data harga yang ditampilkan terkadang mengalami delay

Opini para pengguna Pluang

Tentu dalam sebuah review aplikasi Anda juga perlu tahu bagaimana pendapat orang-orang yang sudah menggunakannya. Lalu bagaimana pendapat atau opini pengguna aplikasi Pluang?

Di App Store, Pluang mendapatkan nilai 4.1 dari 5. Penilaian ini diberikan oleh 2.800 pengguna. Selain itu untuk jenis aplikasi keuangan, Pluang berada di nomor 77.

Review aplikasi Pluang: rating di App Store
Review aplikasi Pluang di App Store

Peringkat ini berada di bawah aplikasi Binance, Indodax, Ajaib, TokoCrypto dan Stockbit. Penilaian ini dapat disimpulkan bahwa secara umum pengguna puas dengan aplikasi Pluang. Namun Pluang masih belum menjadi pilihan teratas sebagai platform investasi.

pluang ulasan

Bagaimana pendapat kami? Review Pluang 2024

Setelah memberikan beberapa penjelasan review Pluang mulai dari fitur, biaya, kelebihan dan kekurangannya, apakah aplikasi ini layak direkomendasikan?

Jika Anda adalah seorang investor yang ingin terhubung ke pasar investasi di Amerika Serikat dengan mudah, maka Pluang bisa menjadi salah satu aplikasi yang kami sarankan. Sebab saat ini di Indonesia masih jarang aplikasi handphone yang menyediakan akses mudah ke pasar saham maupun crypto Amerika Serikat. Aplikasi in juga cocok untuk Anda yang baru akan mengenal dunia crypto.

Namun kami mengingatkan sekali lagi bahwa ada biaya yang akan dikenakan untuk transaksi saham atau produk investasi lainnya. Pluang telah memberikan informasi mengenai baya apa saja yang akan dikenakan.

Lebih lanjut, Pluang juga terus mengembangkan fitur-fiturnya untuk lebih memenuhi kebutuhan para trader profesional. Jika Anda seorang traders maka sebaiknya menyimak bagaimana perkembangan aplikasi Pluang ke depan, apakah bisa memenuhi kebutuhan trading harian.

Review Pluang: Cara mengajukan komplain

Tenang saja, jika Anda mengalami kendala saat menggunakan aplikasi ini ada beberapa cara untuk menyampaikan keluhan dan komplain ke pihak Pluang. Berikut detailnya!

📍Alamat kantor: The Plaza Office Tower Lantai 15 Unt 15B-C, Jl MH Thamrin Kav 28-30, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 10350

Layanan customer services Pluang tersedia melalui email, live chat dan call center. Berikut datanya:

📧 Email: [email protected] untuk informasi produk atau layanan Pluang.

✅Live chat: tersedia di aplikasi Pluang

📞Call Center: (021) 8063 0065 khusus Senin-Jumat pukul 09.00 – 18.00 WIB kecuali hari libur.

Bisakah saya membeli saham Amerika Serikat di Pluang? Apakah Pluang legal di Indonesia? Apakah aplikasi Pluang aman?

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Bisakah saya membeli saham Amerika Serikat di Pluang?

Pluang adalah aplikasi trading dan investas beragam aset. Anda bisa melakukan jual dan beli saham Amerika Serikat, aset crypto, emas dan reksa dana di aplikasi ini. Saat ini tersedia akses investas ke 560 lebih saham Amerika Serikat.

Apakah Pluang legal di Indonesia?

Pluang adalah aplikasi legal di Indonesia yang berada di bawah PT Bumi Sentosa Cemerlang. Setiap produk yang disediakan aplikasi Pluang memiliki izin resmi dari Bappebti dan OJK.
Saham AS dan indeks saham AS di bawah PT PG Berjangka mendapat rating A++ dari Bappebti per Januari 2024.
Crypto di bawah PT Bumi Sentosa Cemerlang sebagai pedagang fisik aset crypto berlisensi dan diawasi oleh Bappebti.
Reksa Dana di bawah PT Sarana Santosa Sejat (Pluang Grow) sebagai agen penjual efek reksa dana berlisensi dan diawasi oleh OJK.
Emas di bawah PT Pluang Emas Sejahtera terdaftar sebagai pedagang fisik emas digital berlisensi dan diawasi oleh Bappebti.

Apakah aplikasi Pluang aman digunakan?

Aplikasi Pluang aman digunakan namun sebagai investor Anda juga perlu tahu transaksi investasi tidak lepas dari berbagai risiko karena kondisi pasar.

Artikel Terkait